• 10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Mesin gergaji atau saw machine adalah gergaji yang bekerja secara otomatis sehingga lebih praktis dibandingkan dengan gergaji manual. Mesin gergaji tersedia dalam berbagai merek, seperti Bosch, Hitachi, dan Stanley Steel yang masing-masing punya karakteristik tersendiri sehingga seringkali membuat bingung saat ingin membelinya.

Pada artikel kali ini kami akan membantu Anda dengan memberi tips mengenai hal-hal yang perlu diketahui saat memilih mesin gergaji. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 9.952 Views
Daftar isi

Apa itu mesin gergaji?

Perlu Anda catat bahwa yang dimaksud mesin gergaji di sini adalah tipe reciprocating saw atau saber saw. Sebelum kami memberikan tips memilih mesin gergaji, ada baiknya kita mengenal lebih baik mengenai mesin gergaji terlebih dahulu.

Mengenal berbagai tipe mesin gergaji

Mengenal berbagai tipe mesin gergaji
Terdapat beberapa tipe mesin gergaji. Di antaranya adalah tipe reciprocating saw atau saber saw, tipe jigsaw, dan tipe circular. Tipe reciprocating saw atau saber saw memotong dengan gerakan mata pisau seperti gergaji pada umumnya. Kemudian, tipe jigsaw memotong dengan gerakan mata pisau naik turun. Sementara tipe circular, memotong dengan memanfaatkan gerakan mata pisau yang berputar.
Masing-masing tipe memiliki kelebihannya tersendiri sehingga Anda perlu memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Nah, agar informasi yang kami sampaikan lebih mendetail, kali ini kami akan mengkhususkan pada pembahasan mesin gergaji reciprocating saw atau saber saw saja.

Berbagai keuntungan bekerja menggunakan mesin gergaji

Berbagai keuntungan bekerja menggunakan mesin gergaji
Mesin gergaji tipe jigsaw akan memudahkan Anda untuk memotong bentuk yang berkelok-kelok secara tepat. Sedangkan gergaji tipe circular lebih tepat digunakan untuk memotong secara lurus dengan lebih baik dan cepat.
Mesin gergaji tipe reciprocating saw yang akan kita bahas pada artikel kali ini, biasanya digunakan untuk pekerjaan menggergaji secara umum, seperti sekadar memotong ranting kayu dan triplek di rumah Anda. Mesin gergaji ini juga bisa digunakan juga untuk memotong kayu, besi, dan plastik. Namun, tentu saja dengan mata pisau yang memang khusus untuk masing-masing bahan tersebut.
Karena prinsip kerja mata pisaunya, mesin gergaji tipe reciprocating saw dapat dibilang lebih mudah digunakan dibanding kedua tipe lainnya. Memotong sesuatu di tempat yang sulit dijangkau seperti genteng dan kolong lantai tentu akan lebih mudah bila Anda memiliki mesin gergaji tipe ini.

Cara memilih mesin gergaji

Setelah mengetahui karakteristik mesin gergaji dengan berbagai tipe, sekarang kita masuk pada pembahasan cara memilih mesin gergaji tipe reciprocating saw atau saber saw (selanjutnya disebut ‘mesin gergaji’ saja). Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti spesifikasi dan tipe sumber tenaga yang digunakan. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini!

Pilih tipe sumber tenaga yang paling menguntungkan bagi Anda

Pilih tipe sumber tenaga yang paling menguntungkan bagi Anda
Pada umumnya, mesin gergaji memiliki 2 tipe sumber tenaga, yaitu baterai dan listrik. Mesin gergaji yang dilengkapi dengan baterai adalah pilihan terbaik agar Anda dapat bekerja dengan nyaman dan tidak terganggu oleh ribetnya kabel. Adanya baterai barangkali membuat Anda berpikir bahwa mesin gergaji dengan baterai berbobot besar. Namun, sebetulnya sebagian mesin gergaji yang bersumber tenaga listrik pun seringkali berbobot besar karena spesifikasi yang lengkap. Gergaji mesin seperti itu umumnya digunakan oleh para profesional.
Di sisi lain, keberadaan baterai pun menjadi penting karena kegiatan menggergaji seringkali dilakukan di luar ruangan di mana tidak tersedia socket listrik. Namun, tipe baterai memiliki batas waktu pengoperasian dan daya pemotongnya akan semakin melemah seiring berkurangnya daya baterai. Untuk Anda yang ingin menggunakan mesin gergaji dalam waktu lama tanpa harus terinterupsi pengisian daya, kami merekomendasikan mesin gergaji dengan sumber tenaga listrik.

Periksa daya pemotong agar pekerjaan semakin mudah dilakukan

Ketika memilih mesin gergaji, periksalah daya pemotongnya. Pada umumnya, produk yang lebih mahal memiliki daya pemotong yang lebih baik. Namun, Anda tidak memerlukan produk dengan daya pemotong terbaik, melainkan produk yang daya pemotongnya sesuai dengan tujuan penggunaan dan anggaran Anda.

Periksa spesifikasi mesin gergaji dengan teliti

Periksa spesifikasi mesin gergaji dengan teliti
Ketika memilih mesin gergaji, periksalah daya pemotong maksimal yang dapat dilakukannya. Pada kemasan mesin gergaji biasanya tercantum ketebalan dan jenis benda yang dapat dipotong oleh mesin. Keterangan ini ditampilkan secara berbeda-beda tergantung pada masing-masing produsen.
Frekuensi gerakan mata pisau atau SPM (strokes per minute) dan panjang tarikan atau length of stroke juga umumnya dicantumkan berupa angka pada kemasan produk. Namun, pada penggunaannya, frekuensi gerakan mata pisau akan berubah tergantung pada jenis benda yang dipotong. Kemudian, semakin lebar hasil potongannya, maka semakin besar pula ukuran mesin gergaji.
Nah, dengan mengetahui kemampuan mesin gergaji, Anda tentunya dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan?

Lebih menguntungkan bila produk dapat diganti mata pisaunya

Lebih menguntungkan bila produk dapat diganti mata pisaunya
Daya pemotong mesin gergaji ditentukan juga oleh mata pisaunya. Ketika daya pemotong mesin gergaji mulai menurun, bisa jadi mata pisaunya sudah tumpul atau berkarat. Mengganti mata pisaunya dengan yang baru dapat menjadi solusi.
Untuk menekan biaya, sebagian orang membeli mesin gergaji dengan harga terjangkau, lalu mengganti mata pisaunya dengan produk yang lebih berkualitas. Hasilnya, daya pemotong mesin mumpuni, tetapi harga tetap sesuai budget.

10 Rekomendasi mesin gergaji terbaik

Untuk lebih membantu Anda dalam memilih mesin gergaji, kami akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga jajaran produk berikut ini dapat memberikan inspirasi untuk Anda dalam memilih produk yang tepat!

10. Makita JR3050T

Rp 2.380.000,00

8. AEG US400XE

Rp 1.700.000,00

2. Stanley Steel 365

Rp 1.950.000,00

Kesimpulan

Ketika memilih mesin gergaji, hal terpenting adalah memeriksa spesifikasi dan kenyamanan dalam pemakaiannya. Bukan hanya itu, Anda juga harus mempertimbangkan anggaran serta frekuensi dan durasi penggunaannya. Dengan memilih produk yang sesuai dengan tujuan penggunaan, tentu nilai fungsinya bisa lebih optimal.
Semakin mahal mesin gergaji, umumnya semakin lengkap pula spesifikasinya. Namun, produk dengan harga terjangkau pun tidak kalah karena Anda dapat mengakalinya dengan trik-trik smart, seperti mengganti mata pisaunya. Nah, kami harap Anda dapat menemukan partner kerja yang tepat melalui artikel ini.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bor listrik saat ini bukanlah merupakan perkakas khusus untuk tukang saja. Mesin bor merupakan alat yang sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek Do It Yourself (DIY).Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya. Ada bor listrik untuk profesional dan ada juga untuk pemula. Artikel ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memilih bor listrik. Selain itu, kami juga memberi 10 rekomendasi bor listrik terbaik untuk Anda. Mari disimak!
    DIY & tools
    34.608 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi mungkin kurang kuat dibanding memakai lem logam. Pada saat membeli, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya merek. Masing-masing produk memiliki karakteristik tersendiri, misalnya tahan panas, tahan air, dan tahan guncangan.Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lem untuk logam dan juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih. Merek yang sudah populer seperti Aica-Aibon, UHU, Loctite, dan Dextone pun ada, lho. Selamat membaca!
    DIY & tools
    30.214 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Lalu, harus pilih yang mana? Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Mulai dari desain sederhana yang bisa dipakai dalam waktu lama sampai desain antik berkelas ada di sini. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    DIY & tools
    2.631 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, Hitachi, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!
    DIY & tools
    13.577 Views
  • 10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Impact wrench atau pembuka baut digunakan untuk mengencangkan mur dan baut serta untuk mengganti roda. Anda akan menemukan impact wrench keluaran Bosch, Hitachi, Stanley, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi dan harga. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi impact wrench terbaik.Sebenarnya ada juga impact wrench yang dapat Anda hubungkan dengan kompresor. Namun, kali ini kami akan membatasi hanya pada tipe pembuka baut elektrik saja. Tidak ada salahnya Anda membeli impact wrench karena alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda, lho!
    DIY & tools
    10.573 Views
  • 10 Rekomendasi Trolley Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Trolley Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Trolley barang adalah alat yang digunakan untuk membantu Anda ketika memindahkan barang yang berat. Terdapat berbagai jenis trolley barang. Nah, menggunakan trolley yang tidak sesuai tentunya malah akan menghambat pekerjaan Anda, bukan?Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan tips-tips penting yang perlu Anda ketahui saat hendak membeli trolley barang. Kami juga akan memperkenalkan produk-produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama.
    DIY & tools
    2.924 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori