• 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek HanasuiGirlpal, dan The Body Shop.

Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 12 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta.


Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih peeling gel

Karena memicu proses eksfoliasi pada kulit, peeling gel dinilai sebagai produk yang cukup keras. Oleh sebab itu, Anda harus memilih peeling gel yang ramah untuk kulit. Berikut ini beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih peeling gel.

Pilih produk dengan kandungan senyawa asam yang ringan

Pilih produk dengan kandungan senyawa asam yang ringan
Sebenarnya, ada beragam bahan aktif yang dapat membantu proses eksfoliasi kulit. Namun, bahan yang umum digunakan adalah alpha hydroxy acid (AHA), beta hydroxy acid (BHA), dan poly hydroxy acid (PHA). 

  • AHA

AHA adalah senyawa asam yang bersifat larut dalam air dan bekerja di permukaan kulit dalam proses eksfoliasi. Ragam jenis AHA yang banyak ditemukan adalah glycolic acid, lactic acid, malic acid, dan citric acid. Apabila Anda memiliki jenis kulit normal, kering, dan kombinasi, Anda cocok menggunakan produk dengan kandungan AHA.


  • BHA

Senyawa asam yang ukurannya sangat kecil dan bersifat larut dalam minyak adalah BHA. Karena ukurannya sangat kecil, BHA tidak hanya bekerja di permukaan kulit, tetapi masuk ke dalam pori-pori. Salah satu jenis BHA yang umum ditemui adalah salicylic acid. Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, berjerawat, dan berkomedo dapat memilih produk dengan BHA.


  • PHA

Jenis senyawa asam PHA memiliki ukuran molekul yang lebih besar dibandingkan AHA dan BHA. Karena berukuran besar, PHA yang bersifat larut dalam air ini akan bekerja mengeksfoliasi di permukaan kulit saja. Dengan demikian, PHA adalah eksfoliator paling lembut dan minim iritasi. Anda dengan kulit sensitif dan sangat kering bisa memilih produk dengan PHA.

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda
Beberapa merek meluncurkan peeling gel yang dikhususkan untuk jenis kulit tertentu. Agar peeling gel bekerja dengan maksimal tanpa menyebabkan iritasi, pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

  • Kulit berminyak
Masalah yang sering muncul pada pemilik kulit berminyak adalah komedo dan jerawat. Rutin menggunakan peeling gel menjadi salah satu solusi untuk membersihkan sel kulit mati penyumbat pori-pori penyebab komedo serta jerawat. Dalam hal ini, Anda dapat mencari peeling gel dengan kandungan BHA, hyaluronic acid, niacinamide, dan juga vitamin C.

  • Kulit kering

Kulit kering akan menimbulkan tekstur kasar, bersisik, bahkan mengelupas dan pecah-pecah. Hal ini biasanya disebabkan oleh kulit yang tidak mendapat cukup kelembapan. Melakukan eksfoliasi kulit dengan peeling gel bisa membuat tekstur kulit Anda lebih halus dan terjaga kelembapannya. Nah, Anda dapat mencari peeling gel yang mengandung AHA, glycerin, dan Aloe vera.


  • Kulit sensitif

Bagi Anda pemilik kulit sensitif, pilih peeling gel dengan tekstur scrub atau gel yang lembut. Pasalnya tekstur peeling gel yang kasar tidak selalu bisa mengeksfoliasi kulit dengan maksimal. Alih-alih kulit jadi sehat, tekstur yang kasar justru bisa merusak kulit Anda. Selain memperhatikan tekstur, Anda juga dapat mencari peeling gel yang mengandung PHA, Centella asiatica, Aloe vera, dan mugwort.

Periksa manfaat kecantikan lainnya

Periksa manfaat kecantikan lainnya

Tujuan dari eksfoliasi kulit menggunakan peeling gel tidak hanya menghilangkan sel kulit mati dan melembapkan kulit. Berkat formula kandungan di dalamnya, Anda bisa mendapatkan manfaat lain, seperti:


  • Meratakan warna kulit

Hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari, hormonal, penuaan dini, ataupun sedang mengonsumsi obat tertentu memang jadi masalah tersendiri. Namun, Anda bisa mencari peeling gel dengan manfaat mencerahkan kulit atau yang mengandung niacinamide, licorice extract, atau vitamin C.


  • Mencegah penuaan dini

Tanda-tanda penuaan yang sering dialami adalah munculnya flek hitam, garis halus, atau kerutan di wajah. Untuk menyamarkan permasalahan tersebut, cari peeling gel dengan kandungan anti-aging. Selain AHA dan BHA yang efektif mencegah penuaan dini, kandungan niacinamide, vitamin C, atau vitamin E juga dapat dipertimbangkan.


  • Mencegah munculnya jerawat

Pori-pori kulit yang besar bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Karena itu, Anda sebaiknya mencari peeling gel dengan kandungan Centella asiatica untuk mengecilkan pori-pori. Produk dengan salicylic acid atau niacinamide juga mampu mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan bekasnya. Namun, jangan gunakan peeling gel saat jerawat sedang meradang, ya!

Pertimbangkan produk yang dapat digunakan saat mandi supaya praktis dan hemat waktu

Pertimbangkan produk yang dapat digunakan saat mandi supaya praktis dan hemat waktu
Mayoritas peeling gel tidak dianjurkan untuk digunakan di tempat lembap atau berair. Namun, belakangan ini peeling gel yang bisa digunakan saat mandi mulai banyak dijual. Jadi, kami merekomendasikan produk tersebut untuk Anda yang sibuk atau tak punya banyak waktu untuk melakukan perawatan kulit.

10 Rekomendasi peeling gel terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk peeling gel terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 31 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Cure Natural Aqua Gel menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Hanasui Body Spa Exfoliating Gel memiliki angka penjualan tertinggi.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Gambar produk
1
Hanasui Body Spa Exfoliating Gel 1

Hanasui

2
Girlpal Centella Asiatica Peeling Gel 1

Girlpal

3
Holika Holika Enprani Smooth Skin Body Peeling 1

Holika Holika

4
Sensatic Brightening Face Peeling Gel  1

Sensatic

5
The Aubree Watermelon Smooth Peeling Gel 1

The Aubree

6
Some by Mi Yuja Niacin Brightening Peeling Gel 1

Some by Mi

7
Vienna AHA Brightening & Exfoliating Peeling Pack 1

Vienna

8
Benton PHA Peeling Gel 1

Benton

9
The Body Shop Drops of Youth Liquid Peel 1

The Body Shop

10
Hale Reborn AHA-BHA-PHA Peeling Gel 1

Hale

Nama produk

Body Spa Exfoliating Gel

Centella Asiatica Peeling Gel

Enprani Smooth Skin Body Peeling

Brightening Face Peeling Gel

Watermelon Smooth Peeling Gel

Yuja Niacin Brightening Peeling Gel

AHA Brightening & Exfoliating Peeling Pack

PHA Peeling Gel

Drops of Youth Liquid Peel

Reborn AHA-BHA-PHA Peeling Gel

Keunggulan

Rontokkan daki di seluruh tubuh untuk kulit bersih maksimal

Mengecilkan pori-pori, wajah terlihat lebih halus dan segar

Cerahkan siku, lutut, dan tumit yang kusam

Beri sensasi wangi lemon yang menyegarkan

Tekstur lembut dan kaya bahan alami, aman untuk kulit sensitif

Ucapkan selamat tinggal pada kulit kering dan kasar

Bersihkan sebum dan kotoran penyumbat pori-pori

Perbaiki warna kulit tidak merata dengan peeling gel ini

Segarkan kulit setelah beraktivitas seharian

Nutrisi kulit secara optimal dengan formula lengkap AHA, BHA, dan PHA

Harga mulai dariRp 26.000,00Rp 49.000,00Rp 180.000,00Rp 65.000,00Rp 79.000,00Rp 286.250,00Rp 10.500,00Rp 220.000,00Rp 399.000,00Rp 119.000,00
Kandungan exfoliantAHATidak ada keteranganTidak ada keteranganAHATidak ada keteranganPHAAHAPHAAHAAHA, BHA, PHA
Manfaat tambahanMeningkatkan kekenyalan kulitMencerahkan, mengecilkan pori-poriMenghaluskan, mencerahkan kulitMencerahkan, menghaluskanMencerahkanMelembapkan, mencerahkan, anti-agingMencerahkan kulitMenghaluskan, memperbaiki skin toneMenyegarkan, mengurangi pengaruh buruk dari polusiMencerahkan, melembutkan kulit
Jenis kulitSemua jenis Semua jenisTidak disebutkanSemua jenis kulitSensitifKering, kusam, normalKeringSensitifKeringSensitif
Kandungan pelembapGlycerin, natural extractCentella asiatica, glycerin, castor oilCastor oil, butylene glycol, Oryza sativa extract, Centella asiatica extractCentella asiatica, castor oilAloe vera extractGoheung yuja extractButylene glycol, glycerin, Aloe veraGlycerin, ceramide, allantoinGlycerinCentella asiatica, pentylene glycol, allantoin
Isi300 ml100 gr300 ml50 ml50 ml120 ml10 ml, 50 ml70 ml145 ml50 gr
Tautan produk
10
Kandungan exfoliantAHA, BHA, PHA
Manfaat tambahanMencerahkan, melembutkan kulit
Jenis kulitSensitif
Kandungan pelembapCentella asiatica, pentylene glycol, allantoin
Isi50 gr
9

The Body ShopDrops of Youth Liquid Peel

Mulai dari Rp 399.000,00

Kandungan exfoliantAHA
Manfaat tambahanMenyegarkan, mengurangi pengaruh buruk dari polusi
Jenis kulitKering
Kandungan pelembapGlycerin
Isi145 ml
8
Kandungan exfoliantPHA
Manfaat tambahanMenghaluskan, memperbaiki skin tone
Jenis kulitSensitif
Kandungan pelembapGlycerin, ceramide, allantoin
Isi70 ml
7

ViennaAHA Brightening & Exfoliating Peeling Pack

Mulai dari Rp 10.500,00

Kandungan exfoliantAHA
Manfaat tambahanMencerahkan kulit
Jenis kulitKering
Kandungan pelembapButylene glycol, glycerin, Aloe vera
Isi10 ml, 50 ml
6

Some by MiYuja Niacin Brightening Peeling Gel

Mulai dari Rp 286.250,00

Kandungan exfoliantPHA
Manfaat tambahanMelembapkan, mencerahkan, anti-aging
Jenis kulitKering, kusam, normal
Kandungan pelembapGoheung yuja extract
Isi120 ml
5
Kandungan exfoliantTidak ada keterangan
Manfaat tambahanMencerahkan
Jenis kulitSensitif
Kandungan pelembapAloe vera extract
Isi50 ml
4
Kandungan exfoliantAHA
Manfaat tambahanMencerahkan, menghaluskan
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan pelembapCentella asiatica, castor oil
Isi50 ml
3

Holika HolikaEnprani Smooth Skin Body Peeling

Mulai dari Rp 180.000,00

Kandungan exfoliantTidak ada keterangan
Manfaat tambahanMenghaluskan, mencerahkan kulit
Jenis kulitTidak disebutkan
Kandungan pelembapCastor oil, butylene glycol, Oryza sativa extract, Centella asiatica extract
Isi300 ml
2
Kandungan exfoliantTidak ada keterangan
Manfaat tambahanMencerahkan, mengecilkan pori-pori
Jenis kulitSemua jenis
Kandungan pelembapCentella asiatica, glycerin, castor oil
Isi100 gr
1

HanasuiBody Spa Exfoliating Gel

Mulai dari Rp 26.000,00

Kandungan exfoliantAHA
Manfaat tambahanMeningkatkan kekenyalan kulit
Jenis kulitSemua jenis
Kandungan pelembapGlycerin, natural extract
Isi300 ml

Cara efektif memakai peeling gel dan hal-hal yang harus diperhatikan

Peeling gel yang biasa Anda gunakan di rumah sebenarnya adalah jenis peeling dengan efek gommage. Efek tersebut ditandai dengan tampaknya kotoran dan kulit mati dalam bentuk serpihan putih pada akhir proses peeling. Supaya kulit menjadi sehat dan cantik, Anda perlu mengetahui cara pemakaian peeling yang tepat dan efektif. 

Cucilah muka sebelum peeling, lalu kembalikan kelembapan wajah setelah peeling

Cucilah muka sebelum peeling, lalu kembalikan kelembapan wajah setelah peeling
Hal pertama yang harus dilakukan sebelum proses peeling adalah membersihkan kulit dengan cara mencuci muka. Setelah itu, ambil gel sesuai ketentuan tiap-tiap produk. Usapkan gel tipis-tipis ke seluruh wajah yang telah bersih dan pijat wajah secara lembut dengan cara memutar.

Serpihan kotoran dan sel kulit mati akan muncul beberapa saat setelah wajah dipijat. Apabila serpihan kotoran telah muncul, bilas wajah dengan air hangat. Setelah proses peeling selesai, jangan lupa untuk mengembalikan kelembapan wajah dengan menggunakan essence.

Lakukan tes alergi di bagian kulit yang tipis

Lakukan tes alergi di bagian kulit yang tipis
Bila kulit wajah Anda memiliki luka yang terbuka, hindari penggunaan peeling gel untuk sementara waktu. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang memiliki jerawat meradang dan gatal-gatal. 

Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, lebih baik lakukan uji coba terhadap peeling gel terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya di bagian lengan dalam. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah ada efek iritasi, gatal, dan alergi terhadap produk tersebut. 


Selain itu, ingatlah untuk tidak menggunakan peeling gel setiap hari. Waktu yang tepat untuk menggunakan peeling gel adalah 2–3 kali seminggu. Bila Anda terlalu sering mengeksfoliasi kulit, bukan tidak mungkin kulit justru terluka, kering, bahkan warna kulit jadi tidak merata.

Baca juga rekomendasi produk perawatan kulit lainnya di sini

Selain menggunakan peeling gel, Anda juga bisa mempertimbangkan produk masker, lulur, atau body scrub. Semua produk tersebut bisa merawat kulit Anda dan menjaga kelembapannya. Cek rekomendasi produk terbaiknya di artikel berikut ini.

Kesimpulan

Sebagai salah satu produk penting dalam rangkaian perawatan kulit, pemilihan peeling gel pun tidak bisa sembarangan. Produk ini berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit sehingga rentan menimbulkan iritasi.

 
Untungnya saat ini terdapat banyak pilihan peeling gel yang dapat disesuaikan dengan kondisi kulit. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memilih exfoliating gel terbaik, ya! Selamat memilih dan merawat kulit dengan peeling gel!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Exfoliating Toner Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Exfoliating Toner Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sudahkah exfoliating toner masuk dalam skincare routine Anda? Tak cuma membersihkan secara mendalam, pemakaian dalam jangka panjang bisa membuat wajah jadi glowing, lho. Makin tertarik mencoba step skincare yang satu ini, ya?Exfoliating toner lokal yang ada di pasaran menawarkan harga yang beragam dan tidak kalah bagusnya dengan produk impor. Sebut saja merek skincare, seperti Avoskin, SOMETHINC, dan Wardah. Kami akan menyajikan tips memilih exfoliating toner lokal terbaik dan merekomendasikan produk yang bagus untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori