10 Rekomendasi Rak TV Terbaik yang Memuat Banyak Barang (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Rak TV Terbaik Yang Memuat Banyak Barang (Terbaru Tahun 2019)

Televisi atau TV bisa dikatakan sudah menjadi barang elektronik wajib di setiap rumah. Biasanya TV diletakkan di atas rak TV bersama barang lain, seperti DVD, buku, atau pajangan. Jika desain rak yang digunakan kurang pas, tentu akan terlihat berantakan dan memengaruhi keindahan interior ruangan, bukan?

Jadi, kini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi rak TV terbaik yang dapat memuat banyak barang. Anda akan menemukan rak TV berkualitas keluaran IKEA, Anya-Living, Livien Furniture, dan sebagainya dalam artikel ini. Mari simak dan temukan produk yang paling tepat untuk Anda!

Daftar isi

Cara memilih rak TV yang memuat banyak barang

Selain untuk meletakkan TV, rak TV juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang lainnya. Berikut poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih rak TV yang bisa memuat banyak barang.

Pilih tipe rak TV yang sesuai dengan ruangan Anda

Preferensi rak TV terbaik bagi masing-masing orang bisa berbeda tergantung pada ruangan tempat rak tersebut diletakkan. Berdasarkan lokasi penempatannya, terdapat tiga tipe rak TV. Berikut akan kami jelaskan lebih detail.

Tipe rendah, tidak memakan banyak tempat

Tipe rendah, tidak memakan banyak tempat

Rak TV tipe rendah tidak terlalu menonjol saat diletakkan dalam ruangan. Hal tersebut membuatnya sangat mudah ditempatkan di area dan ruang mana pun. Tipe ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin ruangan tetap lega sambil tetap memperoleh tempat untuk penyimpanan barang.

Tipe tinggi, muat untuk menyimpan banyak barang

Tipe tinggi, muat untuk menyimpan banyak barang

Rak TV tipe tinggi berkapasitas besar dan memiliki tempat penyimpanan terpisah di sekeliling area peletakan TV. Berbeda dengan rak TV standar, tipe ini mengombinasikan rak menyimpan TV dengan tempat penyimpanan berkapasitas besar. Namun, ukurannya yang besar dan cenderung tinggi membuat produk ini sangat menonjol saat dipajang. Tergantung ukuran ruangannya, bisa jadi ruangan akan terasa penuh.

Tipe sudut, solusi tepat memanfaatkan ruang mati

Tipe sudut, solusi tepat memanfaatkan ruang mati

Rak TV tipe ini merupakan rak yang biasanya digunakan untuk meletakkan TV di sudut ruangan. Kami rekomendasikan tipe ini untuk Anda yang memiliki sudut mati tak terpakai di rumah. Dengan begitu, sudut mati tersebut akan jadi berguna dan ruangan Anda bisa tetap terasa lega.

Pilih rak TV dengan ukuran yang tepat

Pilih rak TV dengan ukuran yang tepat

Saat memilih rak TV yang bisa memuat banyak barang, perhatikan juga ukurannya. Anda perlu mengecek terutama tinggi dan lebar rak tersebut.

Pertama, pilihlah rak TV yang lebih lebar dari TV Anda. Adanya space yang tersisa di kiri dan kanan akan membuat TV terlihat lebih seimbang. Selain itu, TV juga akan lebih stabil saat ditaruh.

Kemudian, Anda bisa memilih produk yang memungkinkan TV berada sedikit di bawah pandangan mata Anda saat menonton. Tentu saja tinggi rendah pandangan mata Anda ke arah TV juga dipengaruhi postur tubuh dan jarak dari TV. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan tinggi sesuai jarak Anda biasa menonton TV.

Pilih rak TV yang kapasitas bebannya memadai

Pilih rak TV yang kapasitas bebannya memadai

Saat mengecek kapasitas beban rak TV, perhitungkan bobot TV serta seluruh barang yang akan Anda simpan di rak tersebut. Hal tersebut sangat penting terutama bila Anda hendak membeli rak TV horizontal yang panjang. Lapisan bawah produk seperti ini cenderung mudah bengkok bila bobotnya berlebihan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih produk berkaki lima dengan tambahan satu kaki pada bagian tengah.

Pilih rak TV sesuai cara Anda menaruh barang

Pilih rak TV sesuai cara Anda menaruh barang

Berdasarkan cara penyimpanan barangnya, ada dua tipe rak TV. Tipe pertama adalah rak TV tertutup. Bagian belakang rak ini tertutup seluruhnya dan bagian depan tempat penyimpanannya dilengkapi penutup. Tipe kedua adalah rak TV terbuka yang tidak dilengkapi penutup, baik di sisi depan maupun belakangnya. Untuk menyimpan barang, akan lebih tepat bila Anda menggunakan rak TV tertutup. Di sisi lain, rak TV terbuka lebih cocok untuk dijadikan tempat menaruh berbagai benda penghias ruangan.

Keunggulan rak TV tertutup adalah barang-barang di dalamnya bisa tersimpan dengan rapi, termasuk untuk menyembunyikan kabel-kabel (bila raknya dilengkapi lubang kabel). Barang pun lebih terlindung dari debu dan lebih mudah dibersihkan. Sementara itu, rak TV terbuka juga memiliki keunggulan tersendiri, misalnya kemudahan menata kabel dan sirkulasi udara yang optimal. Dengan begitu, panas yang dihasilkan perangkat elektronik pun tersalur sempurna. Rak TV terbuka juga cenderung tidak memberi kesan penuh sehingga pas diletakkan pada ruangan yang tidak terlalu besar.

Nah, ada juga rak TV tertutup dengan desain kombinasi, misalnya area peletakan DVD-nya sengaja didesain terbuka. Pilihlah tipe yang paling sesuai dengan kondisi ruangan dan barang-barang Anda.

Untuk rak kayu, pilih produk dengan finishing cat yang sesuai

Untuk rak kayu, pilih produk dengan finishing cat yang sesuai

Tampilan dari rak TV bisa berbeda tergantung dari bahan pembuatnya. Bila Anda mempertimbangkan gaya interior ruangan, produk berbahan kayu akan menimbulkan nuansa berkelas. Produk berbahan kayu juga cocok dengan ruangan bergaya desain ala Asia dan Western. Tidak aneh bila rak TV berbahan kayu semakin populer, bukan? Jika Anda memilih rak TV dari bahan kayu, sebaiknya Anda memperhatikan finishing catnya. Finishing merupakan proses pemberian lapisan pada kayu dengan menggunakan cat atau lainnya.

Finishing cat untuk rak TV umumnya menggunakan nitro cellulose (NC) lacquer dan polyurethane (PU). Untuk Anda yang menginginkan hasil finishing tampak alami, kami merekomendasikan untuk memilih jenis NC lacquer. Sementara, untuk hasil finishing yang awet, glossy, dan tidak mudah tergores, pilihlah finishing jenis PU.

Ada juga rak TV kelas atas yang finishing-nya menggunakan cat minyak. Namun, cat minyak memerlukan perawatan minimal setahun sekali karena rentan terhadap goresan benda lain. Hal tersebut sangat penting bila Anda berencana menggunakan rak TV tersebut untuk jangka panjang.

10 Rekomendasi rak TV terbaik yang memuat banyak barang

Selanjutnya kami akan memberikan sepuluh rekomendasi rak TV terbaik yang memuat banyak barang. Simak dan temukan rak yang pas dengan kebutuhan Anda!

10. IKEA MOSJÖ

10. IKEA MOSJÖ

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 749.000

Kabel-kabel tersusun rapi dengan adanya lubang khusus untuk kabel

Anda tidak ingin melihat kabel peralatan elektronik berantakan di rak TV? Produk ini adalah partner yang pas! Adanya lubang kabel di bagian bawah memungkinkan Anda mengarahkan seluruh jalur kabel ke lubang tersebut. Dengan begitu, kabel-kabel dari segala peralatan elektronik di rak pun bisa tersusun rapi dan mudah diatur.

Mampu menahan beban hingga 45 kg, Anda bisa dengan tenang meletakkan TV dan menyimpan berbagai barang pada produk ini. Selain itu, ketinggian rak tambahannya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan sehingga semakin praktis. Warnanya yang hitam pun akan mudah Anda pasangkan pada interior ruangan apa pun.

Ukuran 90 cm × 40 cm × 38 cm
Material Partikel, kertas foil, dan fibreboard
Perlu dirakit Ya

9. Anya Living Rak TV VR-7209.7

9. Anya Living Rak TV VR-7209.7

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 499.000

Harganya bersahabat, dilengkapi tempered glass pula!

Adanya rak kaca membuat produk ini terlihat semakin menawan dan memberikan kesan luas pada ruangan. Tenang saja, kacanya tidak mudah pecah karena menggunakan bahan tempered glass. Anda pun tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk memilikinya. Jadi, jika Anda menginginkan rak TV dengan kaca yang kuat dan harga terjangkau, produk ini pilihannya.

Ukuran 120 cm × 39,5 cm × 56,5 cm
Material Tidak disebutkan
Perlu dirakit Ya

8. Anya Living Rak TV VR-7545

8. Anya Living Rak TV VR-7545

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 415.000

Gampang dipindahkan ke mana pun dengan adanya roda

Mungkin Anda pernah merasa kesulitan ketika membersihkan kolong meja karena rak yang berat dan susah digeser. Nah, ada baiknya Anda mengganti rak TV dengan produk berkualitas ini. Produk ini sudah dilengkapi dengan roda sehingga Anda bisa mudah memindahkannya saat dibutuhkan.

Tidak hanya itu, ukurannya yang tergolong compact juga membuat produk ini cocok untuk melengkapi ruangan berukuran kecil. Ruangan Anda tak akan terasa sumpek saat rak TV ini diletakkan di dalamnya. Mengingat harganya pun tergolong bersahabat, produk ini terlihat semakin menarik, bukan?

Ukuran 79,5 cm × 39,8 cm × 45,5 cm
Material Tidak disebutkan
Perlu dirakit Ya

7. Unihome Furniture Rak TV 120

7. Unihome Furniture Rak TV 120

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 698.000

Dilengkapi sliding door, makin mudah dibuka di tempat sempit

Saat diletakkan di ruang sempit, pintu rak TV bisa sulit terbuka penuh karena terhalang benda lain. Dengan produk yang satu ini, Anda tak perlu lagi menghadapi persoalan tersebut! Penggunaan sliding door pada rak ini memungkinkan Anda membuka pintu secara penuh tanpa perlu khawatir terhalang benda di sekeliling, asyik!

Ukuran 120 cm × 40 cm × 55 cm
Material Particle board
Perlu dirakit Ya

6. Bufet Sudut Kayu Jati

6. Bufet Sudut Kayu Jati

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.920.000

Ruangan terasa lebih lega, sudut mati pun bisa dimanfaatkan!

Jika Anda ingin memaksimalkan seluruh area dalam ruangan terutama bagian sudut yang jarang terpakai, ini solusinya. Letakkan saja rak yang sudah jadi ini di sudut ruangan sekaligus dengan TV, buku, atau pajangan lainnya. Barang-barang rapi tersimpan, ruangan pun terkesan lebih lega dan bersih. Bersantai sambil menonton TV tentu terasa semakin menyenangkan!

Ukuran Panjang × tinggi : 100 cm × 80 cm
Material Kayu jati
Perlu dirakit Tidak

5. Anya-Living TV Stand / Meja TV / Rak TV Scult

5. Anya-Living TV Stand / Meja TV / Rak TV Scult

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 732.700

Tampilannya stylish dan kekinian banget!

Rak TV tipe terbuka ini memiliki desain yang sangat dinamis. Lekukan garis plus warna monokrom membuatnya terkesan sangat kekinian. Warna glossy plus finishing paper lamination pun membuat produk ini semakin keren.

Tidak hanya itu, rak ini juga bisa diputar sesuai kondisi ruangan sehingga semakin fleksibel untuk digunakan. Bagi Anda yang mencari rak TV dengan tampilan stylish saat dipajang, tak perlu ragu untuk memilih produk ini. Segera rakit dan pajang produk yang minimalis, tetapi elegan ini dalam ruangan Anda!

Ukuran 147 cm × 39 cm × 48 cm
Material MDF dan particle board
Perlu dirakit Ya

4. Prodesign Lambda LDATV 125

4. Prodesign Lambda LDATV 125

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.179.000

Tidak hanya ramping, desainnya pun sangat unik!

Untuk Anda yang ingin menghiasi ruangan dengan rak TV berdesain lain dari biasanya dan tak makan tempat, ini jawabannya! Dengan ukuran yang ramping, Anda bisa meletakkan rak ini tanpa perlu menyediakan space terlalu besar di dalam ruangan. Desainnya pun sangat unik dan modern, tentu cocok Anda pajang di ruang bergaya kontemporer.

Ukuran 125 cm × 46 cm × 187 cm
Material Fibreboard dan PVC (polivinil klorida)
Perlu dirakit Ya

3. CREÖVA Furniture Gold Rak Lemari TV Ambalan Kaca

3. CREÖVA Furniture Gold Rak Lemari TV Ambalan Kaca

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.580.000

Jadikan ruangan Anda semakin mewah dengan rak TV ini

Ukurannya yang besar membuat produk ini mampu menyita perhatian orang yang berada dalam ruangan. Perpaduan warna wood chocolate dengan hitam pun membuat rak ini terkesan eksklusif saat dipajang. Banyaknya space yang tersedia memungkinkan Anda menyimpan rapi peralatan elektronik seperti DVD player atau bahkan game console.

Apalagi, produk ini juga dilengkapi ambalan berbahan tempered glass sehingga terkesan semakin high-class. Ambalannya pun banyak dan bisa digunakan untuk memajang berbagai aksesori ruangan. Produk ini wajib dimiliki jika Anda mencari rak TV yang muat banyak barang dan memiliki tampilan mewah.

Ukuran 195 cm × 60 cm × 181 cm
Material Particle board
Perlu dirakit Tidak diketahui

2. Eufurnia Rak TV LHS Garret

2. Eufurnia Rak TV LHS Garret

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.849.000

Tempat penyimpanannya sangat banyak, makin mudah menata banyak barang

Anda ingin menyimpan banyak barang secara terpisah sesuai kategorinya masing-masing? Produk ini adalah partner yang tepat. Tempat penyimpanan yang disediakan sangat banyak sehingga Anda bisa menyimpan barang secara terpisah hingga dua puluh jenis barang!

Tidak hanya itu, area untuk meletakkan TV-nya juga muat untuk TV berukuran 43 inci. Adanya penutup berbahan kaca pada beberapa bagian rak akan memastikan barang yang Anda simpan aman dari debu. Perhatikan petunjuk perakitannya dengan cermat agar produk ini bisa terpasang sempurna, ya!

Ukuran 185 cm × 45 cm × 194,8 cm cm
Material Tidak disebutkan
Perlu dirakit Ya

1. Livien Furniture Milano Dresser

1. Livien Furniture Milano Dresser

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 4.132.700

Tampak memukau dan cocok dengan berbagai gaya interior

Finishing NC membuat rak TV yang satu ini tampil semakin natural dan memukau. Dipadukan dengan kombinasi warna putih dan cokelat, produk ini pun jadi semakin cantik. Tidak hanya itu, rak ini juga minim ornamen sehingga mudah dikombinasikan dengan berbagai gaya interior ruangan.

Penggunaan kayu mahoni membuat produk ini semakin awet untuk digunakan jangka panjang. Tempat penyimpanannya pun cukup banyak dengan model rak yang tertutup. Dijamin barang-barang Anda akan tersimpan dengan rapi. Tentu produk ini tak boleh dilewatkan bila Anda mencari rak TV cantik yang pas dengan segala interior ruangan.

Ukuran 184 cm × 42 cm × 62 cm
Material Mahoni, MDF (medium-density fibreboard), dan premium fibreboard
Perlu dirakit Tidak

Baca juga rekomendasi meja TV putih di sini

Belakangan ini, meja TV putih semakin populer karena mudah dipadukan dengan berbagai gaya interior ruangan. Tidak hanya itu, banyak juga produk yang dilengkapi ruang penyimpanan tambahan sehingga semakin fungsional untuk digunakan. Yuk, baca lebih detail mengenai cara memilih dan rekomendasi meja TV putih terbaik di sini!

Kesimpulan

Rak TV yang bisa memuat banyak barang sangat fungsional untuk memajang TV sekaligus menyimpan berbagai barang. Anda bisa memilih produk dengan ukuran dan kapasitas beban sesuai kebutuhan.

Tidak hanya itu, gunakan juga tipe rak TV yang sesuai dengan kondisi ruangan Anda. Kenali juga sistem penyimpanan barangnya agar Anda tidak salah membeli produk. Jika Anda menyukai produk berbahan kayu, cek juga finishing-nya, ya. Selamat memilih!