10 Rekomendasi Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik (Terbaru 2018)

10 Rekomendasi Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik (Terbaru 2018)

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, bila hanya dikonsumsi sedikit setiap harinya, tentu khasiatnya juga tidak akan terasa. Di sisi lain, banyaknya jenis produk minyak ikan yang beredar di pasaran mungkin malah membuat Anda bingung saat hendak membelinya.

Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih minyak ikan. Selain itu, kami juga akan memberikan daftar rekomendasi minyak ikan terbaik yang dapat Anda beli melalui online shop. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa manfaat minyak ikan (fish oil) untuk kesehatan?

Apa manfaat minyak ikan (fish oil) untuk kesehatan?

Minyak ikan (fish oil) biasanya diambil dari ikan mackerel, salmon, sarden, dan lain sebagainya. Minyak ikan biasanya dikemas dalam bentuk softgel. Kandungan utama minyak ikan adalah DHA (Docosahexaenoic Acid) dan EPA (Eiscosapentaenoic Acid) yang dikenal sebagai asam lemak tak jenuh. Zat ini tidak bisa dihasilkan oleh tubuh sehingga Anda hanya bisa memperolehnya dari makanan yang Anda konsumsi.

DHA dan EPA memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda. Sebagai contoh, DHA dan EPA berfungsi untuk membantu mengaktifkan sel-sel otak, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta mengurangi mood swing yang timbul karena adanya kecemasan atau mental disorder lainnya. Selain itu, DHA dan EPA juga membantu mengurangi rasa sakit, menyembuhkan luka, meningkatkan imunitas, mengurangi kolesterol, menurunkan tekanan darah berlebih, melindungi kesehatan jantung, dan sederet manfaat lainnya.

Kemudian, minyak ikan juga cocok digunakan sebagai suplemen untuk orang yang sedang diet maupun latihan fisik. Hal itu disebabkan karena minyak ikan mampu menekan degradasi otot dan penumpukan lemak.

Minyak ikan hanya bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi ikan berlemak. Namun, tidak mudah untuk memakan ikan berlemak setiap hari. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak produk minyak ikan berwujud sotfgel maupun cair yang mudah Anda konsumsi. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengubah menu makanan Anda dan tetap dapat memperoleh khasiat optimal dari minyak ikan.

Cara memilih minyak ikan (fish oil)

Setelah mengetahui apa itu minyak ikan, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih minyak ikan.

Pilihlah yang paling banyak mengandung EPA dan DHA

Pilihlah yang paling banyak mengandung EPA dan DHA

Ketika memilih minyak ikan, Anda harus mengetahui seberapa banyak kandungan EPA dan DHA di dalamnya. Untuk menikmati manfaat dari minyak ikan, jumlah minimum yang harus Anda konsumsi adalah 1.000 mg dan paling banyak 5.000 mg per hari.

Jumlah tersebut sudah termasuk dengan EPA dan DHA yang mungkin Anda konsumsi melalui makanan sehari-hari. Umumnya orang yang tidak setiap hari mengonsumsi ikan memperoleh zat tersebut dari makanan sehari-hari sebanyak 300 mg. Sedangkan untuk orang yang setiap hari mengonsumsi ikan, maka harus diperkirakan lebih dahulu seberapa banyak DHA dan EPA yang diperoleh dari makanan. Bila belum mencapai jumlah seperti yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menambahkannya melalui berbagai produk minyak ikan yang tersedia di pasaran.

Saat ini, terdapat banyak produk minyak ikan dengan rekomendasi takaran kurang dari 500 mg per hari. Bila Anda tidak mengonsumsi ikan setiap hari, tentu Anda harus memilih produk dengan rekomendasi takaran lebih dari 500 mg per hari agar bisa merasakan manfaat optimal dari minyak ikan.

Pastikan jumlah, ukuran, dan bentuk minyak ikannya

Pastikan jumlah, ukuran, dan bentuk minyak ikannya

Meskipun ada yang berbentuk cair maupun kapsul, kebanyakan minyak ikan dikemas dalam bentuk softgel. Produk dengan ukuran kapsul atau softgel yang kecil akan lebih mudah Anda konsumsi. Meski begitu, karena ukuran yang kecil, biasanya Anda harus mengonsumsi hingga 4 kapsul. Di sisi lain, ada juga produk dengan ukuran kapsul atau softgel yang besar sehingga Anda cukup mengonsumsi 1 atau 2 butir saja. Namun, bisa saja Anda merasa kesulitan saat hendak menelannya karena ukurannya yang besar.

Anda juga harus memperhatikan bentuk kapsul atau softgel-nya. Meskipun berukuran kecil, bila bentuknya tidak mendukung, Anda akan tetap kesulitan menelannya. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan ukuran, jumlah, dan bentuk yang paling sesuai dan memudahkan Anda.

Pilihlah produk yang tidak beraroma

Pilihlah produk yang tidak beraroma

Ada kapsul minyak ikan yang mengeluarkan aroma amis saat lapisan softgel-nya terbuka atau saat minyak ikannya tumpah ke luar. Ada juga kapsul yang terasa amis saat Anda kunyah. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah produk yang tidak mengeluarkan aroma apa pun agar Anda merasa semakin nyaman dan bisa konsisten mengonsumsinya.

10 Rekomendasi minyak ikan (fish oil) terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan 10 rekomendasi minyak ikan terbaik. Pilihlah produk yang menurut Anda paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

10. Cod Liver Oil Cap Ikan Paus

10. Cod Liver Oil Cap Ikan Paus

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 44.000

Tidak khawatir kantong bolong berkat harga yang bersahabat

Dikemas dalam bentuk kapsul yang berukuran kecil, produk ini mudah ditelan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Setiap kapsulnya mengandung cod liver oil sebanyak 200 mg. Dengan jumlah fish oil sebanyak ini, produk ini cocok dijadikan suplemen oleh Anda yang hampir setiap hari mengonsumsi ikan.

Produk ini juga mengandung vitamin A dan D untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda. Anda akan merasakan manfaatnya bila rutin mengonsumsinya sebanyak 2-4 kapsul per hari. Mengingat harganya masih sangat terjangkau, produk ini juga sangat cocok bila Anda ingin membeli fish oil dengan dana minim atau baru ingin mulai mengonsumsinya.

9. Southpole Oceanking Deep Ocean Fish Oil Omega 3 + Natural Vitamin E

9. Southpole Oceanking Deep Ocean Fish Oil Omega 3 + Natural Vitamin E

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 159.000

Kandungan antioksidannya bantu Anda tangkal radikal bebas!

Bila Anda mencari fish oil yang dapat membantu menangkal radikal bebas, produk ini adalah opsi yang pas. Kandungan vitamin E pada produk ini bekerja aktif di tubuh Anda sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Dengan begitu, sistem imun Anda akan meningkat dan Anda menjadi semakin jarang sakit.

Apalagi, kandungan Omega 3 sebanyak 1.000 mg pada fish oil ini merupakan jumlah yang cukup ideal untuk menutrisi tubuh Anda. Ditambah EPA sebanyak 180 mg dan 120 mg DHA, tubuh Anda akan semakin bugar dan fit. Untuk memperoleh manfaat terbaik, Anda disarankan mengonsumsi 3 kapsul per hari, sesuai dengan rekomendasi takaran yang tertulis pada label produk ini.

8. Sea-Quill Omega-3 Salmon

8. Sea-Quill Omega-3 Salmon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 400.000

Semakin mudah diserap tubuh, semakin cepat terasa khasiatnya

Menggunakan teknologi fractioned distillation, Anda tidak akan menemukan kandungan kolesterol pada produk ini. Teknologi tersebut juga membuat produk ini mengandung DHA sebanyak 300 mg dan EPA sebanyak 400 mg per kapsulnya. Ditambah kandungan salmon oil sebanyak 1.000 mg per kapsul, tubuh Anda akan semakin fit dengan mengonsumsi produk ini.

Mengandung soy lecithin, kandungan asam lemak tak jenuh pada fish oil ini semakin mudah larut dan diserap tubuh Anda. Untuk Anda yang mencari produk bernutrisi tinggi dan mudah diserap tubuh, Anda dapat memilih produk ini. Apalagi, produk ini berbentuk kapsul lunak sehingga Anda juga mudah untuk mengonsumsinya.

7. Healthy Care Fish Oil 1000mg Omega 3

7. Healthy Care Fish Oil 1000mg Omega 3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 234.000

Lebih sehat tanpa pemanis maupun perasa buatan

Setiap kapsul dari produk ini mengandung minyak ikan hingga 1.000 mg. Selain itu, Anda juga akan memperoleh kandungan EPA sebanyak 180 mg dan DHA sebanyak 120 mg per kapsul yang Anda konsumsi. Bila Anda memakan ikan hanya 2-3 kali seminggu, tentu produk ini cocok untuk dijadikan suplemen makanan Anda.

Tidak mengandung pemanis maupun perasa buatan, produk ini aman untuk Anda konsumsi. Apalagi, produk ini juga bebas merkuri sehingga Anda bisa merasa semakin tenang saat hendak mengonsumsi fish oil ini. Hebatnya lagi, meskipun tidak menggunakan bahan kimia apa pun untuk menekan aroma ikan, aroma amis pada produk ini sangat minim, lho!

6. K-Max Golden Alaska Deep Sea Fish Oil 1000mg

6. K-Max Golden Alaska Deep Sea Fish Oil 1000mg

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 115.000

Aman dikonsumsi oleh segala usia, lho!

Diekstrak dari ikan laut dalam, produk ini tidak mengandung bahan yang dapat membahayakan tubuh Anda. Kemudian, kombinasi omega 3, 6, dan 9 pada produk ini akan memberikan khasiat kesehatan yang baik pada tubuh Anda. Apalagi, bila Anda memenuhi rekomendasi takaran yakni 1-2 butir per hari, tentu khasiatnya akan semakin terasa.

Produk ini juga dapat dikonsumsi oleh balita, cukup setengah atau 1 butir saja per hari. Bila Anda mencari produk yang dapat dikonsumsi oleh segala kalangan usia, tentu produk ini wajib dipertimbangkan. Apalagi, dengan kandungan minyak ikan 1.000 mg, DHA 240 mg, dan EPA 360 mg per kapsul, tentu tubuh Anda akan semakin ternutrisi apabila produk ini dikonsumsi teratur.

5. Now Ultra Omega-3

5. Now Ultra Omega-3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 410.000

Bebas kolesterol dan contaminant berbahaya bagi tubuh

Diproses secara khusus, produk ini tidak mengandung contaminant yang dapat membahayakan tubuh Anda, seperti merkuri, zat metal, PCB (Polychlorinated Biphenyls), dioxin, dan sebagainya. Bila Anda alergi atau mudah mual karena aroma amis ikan, softgel produk ini bersifat enteric coated sehingga aroma amis menjadi minim dan Anda bisa lebih nyaman mengonsumsinya.

Tidak mengandung kolesterol, jantung Anda juga akan tetap terjaga saat mengonsumsi produk ini. Dengan kandungan EPA 500 mg dan DHA 250 mg per softgel, tentu produk ini mampu menutrisi tubuh Anda dengan baik. Untuk Anda yang ingin menyehatkan tubuh tanpa perlu takut terpapar kolesterol maupun contaminant apa pun, produk ini dapat dimasukkan dalam daftar belanja Anda.

4. Moller’s Cod Liver Oil With Fruit Flavor

4. Moller's Cod Liver Oil With Fruit Flavor

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 435.000

Rasa buahnya yang enak akan membuat Anda semakin jatuh hati

Per 5 ml, fish oil ini mengandung 600 mg DHA dan 400 mg EPA, cukup banyak, bukan? Satu sendok fish oil ini tidak hanya mengandung Omega 3 saja, tetapi juga vitamin E yang berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Tidak hanya itu, produk ini juga mengandung vitamin A agar kesehatan mata Anda semakin terjaga.

Dipadukan dengan vitamin D untuk meningkatkan imunitas tubuh, produk ini memberi banyak manfaat kesehatan. Dengan rasa buah yang enak di lidah, Anda akan semakin menyukai produk ini. Nah, bila Anda mencari fish oil berbentuk cair dengan rasa yang enak dan tinggi kandungan Omega 3 untuk dikonsumsi bersama anak Anda, tentu produk ini layak dijadikan opsi.

3. Nature’s Health Omega Junior

3. Nature's Health Omega Junior

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 132.500

Enak dikunyah dengan rasa jeruk yang menyegarkan

Berbentuk chewable softgel, produk ini akan mudah dikunyah oleh anak Anda. Apalagi, produk ini memiliki rasa jeruk sehingga anak Anda akan semakin suka memakannya. Bila Anda mencari fish oil yang enak dikunyah untuk anak-anak, produk ini adalah opsi yang pas.

Anda akan memperoleh 30 chewable softgel per 1 botolnya. Dengan rekomendasi takaran 1-3 softgel per hari, 1 botolnya dapat bertahan minimal 10 hari. Dengan komposisi 250 mg fish oil, 85 mg EPA, dan 55 mg DHA per chewable softgel-nya, tentu konsentrasi, daya tahan, dan kesehatan anak Anda akan semakin meningkat ketika rutin mengonsumsi produk ini, bukan?

2. Puritan’s Pride Maximum Strength Triple Omega 3-6-9 Fish, Flax & Borage

2. Puritan's Pride Maximum Strength Triple Omega 3-6-9 Fish, Flax & Borage

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 420.000

Kandungan Omega 3, 6, dan 9 tinggi hingga 1200 mg per softgel!

Dikemas dalam wujud 240 softgel per botol, tentu produk ini mudah untuk Anda konsumsi. Apalagi, produk ini juga sudah mengalami proses pemurnian sehingga bebas merkuri. Anda juga akan semakin aman mengonsumsinya karena produk ini bebas pengawet, gula, pemanis buatan, gluten, maupun sodium.

Untuk Anda yang tidak setiap hari mengonsumsi ikan, produk ini sangat layak dipertimbangkan. Satu softgel-nya mengandung kombinasi Omega 3, 6, dan 9 hingga 1.200 mg! Apalagi, produk ini juga diformulasikan dengan campuran flaxseed oil agar jantung Anda semakin sehat, dan borage oil yang menyehatkan pembuluh serta melancarkan peredaran darah Anda.

1. Blackmores Odourless Fish Oil 1000

1. Blackmores Odourless Fish Oil 1000

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Hindari aroma amis dengan minyak ikan alami yang odourless

Bila Anda mencari produk berkualitas yang bebas aroma amis, produk ini adalah pilihan terbaik. Dikembangkan tanpa menggunakan surfaktan buatan, produk ini bersifat odourless. Produk ini juga aman untuk Anda konsumsi karena diambil dari ikan sarden, mackerel, dan anchovy dari laut dalam yang pastinya bebas merkuri.

Per kapsulnya mengandung minyak ikan alami sebanyak 1.000 mg. Anda juga akan memperoleh tambahan Omega 3 sebanyak 300 mg yang terdiri dari 180 mg EPA dan 120 mg DHA per kapsulnya. Dalam 1 botol terdapat 400 kapsul, dengan takaran 2 kapsul untuk orang dewasa dan 1 kapsul untuk anak-anak per harinya, produk ini dapat Anda konsumsi selama berbulan-bulan.

Kesimpulan

Minyak ikan dengan banyak kandungan DHA dan EPA tidak harus mahal. Ada pula minyak ikan dengan harga terjangkau yang tinggi kandungan DHA dan EPA. Selain itu, ada juga produk minyak ikan dengan berbagai ukuran dan bentuk. Anda juga bisa memilih produk yang tidak mengeluarkan aroma amis agar Anda bisa mengonsumsinya tanpa rasa enggan.

Kemudian, Anda juga harus dapat memperkirakan seberapa banyak minyak ikan yang harus dikonsumsi agar bisa merasakan manfaat kesehatan dari minyak ikan secara optimal. Oleh karena itu, pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!