• 10 Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)

Bukan rahasia lagi bahwa kandungan DHA, EPA, dan omega 3 pada minyak ikan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Saat ini, minyak ikan atau fish oil sudah sangat digemari masyarakat Indonesia. Anda dapat menemukan varian fish oil dengan mudah di apotik atau farmasi.


Karena itu, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih fish oil terbaik. Temukan rekomendasi suplemen minyak ikan terbaik untuk dewasa dan anak dari berbagai merek, seperti Blackmores, Puritan’s Pride, dan lainnya. Baca juga tips dari biotechnologist, Marceline Noviani, agar Anda dapat memilih produk yang bagus.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Marceline Noviani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 02 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Biotechnologist, Marceline Noviani

Profil pakar: Biotechnologist, Marceline Noviani

Marceline merupakan seorang lulusan Bioteknologi yang aktif mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat. Pemahamannya tentang gizi dan kesehatan memotivasinya untuk mendirikan jasa katering sehat, Brocoonpo Food, pada 2018.


Selain itu, wanita yang akrab disapa Celine ini juga sering membagikan tentang bahayanya diet ekstrem melalui media sosial. Marceline bahkan pernah melakukan penelitian di Korea Selatan terkait hubungan antara sel kanker payudara dengan kandungan lemak pada manusia.

Apa manfaat minyak ikan (fish oil) untuk kesehatan?

Apa manfaat minyak ikan (fish oil) untuk kesehatan?
Minyak ikan (fish oil) biasanya diambil dari ikan mackerel, salmon, sarden, dan lain sebagainya. Minyak ikan biasanya dikemas dalam bentuk softgel sebagai suplemen makanan. Kandungan utama minyak ikan adalah DHA dan EPA yang dikenal sebagai asam lemak tak jenuh. Zat ini tidak bisa dihasilkan oleh tubuh sehingga Anda hanya bisa memperolehnya dari makanan yang Anda konsumsi.

DHA dan EPA memiliki banyak khasiat untuk tubuh Anda. Berikut sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan.

  • Membantu mengaktifkan sel-sel otak sekaligus meningkatkan konsentrasi dan daya ingat
  • Mampu mengurangi mood swing yang timbul karena adanya kecemasan atau mental disorder lainnya
  • Membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan imunitas
  • Mengurangi kolesterol dan lemak darah
  • Melindungi kesehatan jantung

Minyak ikan juga cocok digunakan sebagai suplemen untuk orang yang sedang diet ataupun latihan fisik. Hal itu karena minyak ikan mampu menekan degradasi otot dan penumpukan lemak.


Minyak ikan hanya bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi ikan berlemak. Namun, tidak mudah untuk memakan ikan berlemak dalam jumlah cukup setiap harinya. Maka dari itu, sekarang sudah banyak produk minyak ikan berwujud sotfgel ataupun cair yang mudah dikonsumsi. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengubah menu makanan Anda dan tetap dapat memperoleh khasiat optimal dari minyak ikan.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Sebagai salah satu suplemen kesehatan, minyak ikan dipercaya dapat menurunkan kadar trigliserida yang meningkat. Trigliserida sendiri merupakan sejenis lemak yang ditemukan dalam darah. Memiliki kadar lemak darah yang tinggi ini bisa membuat Anda lebih berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minyak ikan (fish oil)

Setelah Anda mengetahui tentang minyak ikan dan manfaatnya, sekarang kami akan menjelaskan cara memilihnya. Anda bisa menjadikan poin-poin berikut sebagai acuan.

Pilih produk yang mengandung banyak EPA dan DHA

Pilih produk yang mengandung banyak EPA dan DHA

Ketika memilih minyak ikan, Anda harus mengetahui seberapa banyak kandungan EPA dan DHA di dalamnya. Tentu Anda ingin menikmati manfaat dari minyak ikan secara maksimal. Untuk itu, jumlah minimum yang harus Anda konsumsi adalah 1.000 mg dan paling banyak 5.000 mg per hari.


Jumlah tersebut sudah termasuk dengan EPA dan DHA yang mungkin Anda konsumsi melalui makanan sehari-hari. Umumnya orang yang tidak setiap hari mengonsumsi ikan memperoleh zat tersebut dari makanan sehari-hari sebanyak 300 mg. 


Di sisi lain, untuk orang yang setiap hari mengonsumsi ikan, perkirakan dahulu banyaknya DHA dan EPA yang diperoleh dari makanan. Bila Anda belum mencapai jumlah seperti yang telah disebutkan tadi, tambahkanlah melalui berbagai produk minyak ikan yang tersedia.


Saat ini, terdapat banyak produk minyak ikan dengan rekomendasi takaran kurang dari 500 mg per hari. Bila Anda tidak mengonsumsi ikan setiap hari, pilihlah produk dengan rekomendasi takaran lebih dari 500 mg per hari. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda bisa merasakan manfaat optimal dari minyak ikan.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Minyak ikan mengandung EPA dan DHA. Namun, sebenarnya, selain dari minyak ikan, Anda juga bisa menemukan kandungan DHA dari minyak alga. Hal ini bisa jadi pilihan yang lebih baik untuk Anda yang tidak mengonsumsi ikan. 


Ada beberapa orang yang enggan meminum minyak ikan karena berbagai alasan. Kekhawatiran akan bahan kimia beracun seperti logam berat yang terakumulasi dalam ikan akibat pencemaran laut merupakan salah satu alasannya. 


Untuk mengatasi hal ini, mengonsumsi suplemen minyak ikan yang diekstrak dari ikan kecil bisa menjadi solusinya. Ikan kecil seperti sarden dan teri menduduki rantai makanan yang lebih rendah sehingga memiliki konsentrasi kontaminan yang juga rendah. 

Periksa jumlah, ukuran, dan bentuk minyak ikannya

Periksa jumlah, ukuran, dan bentuk minyak ikannya
Meski ada yang berbentuk cair atau kapsul, kebanyakan minyak ikan dikemas dalam bentuk softgel. Produk dengan ukuran kapsul atau softgel yang kecil akan lebih mudah Anda konsumsi. Meski begitu, ukurannya yang kecil bisa membuat Anda harus mengonsumsi hingga empat kapsul sekaligus. 

Di sisi lain, ada juga produk dengan ukuran kapsul atau softgel yang besar. Produk seperti ini biasanya disarankan untuk dikonsumsi satu atau dua butir saja. Namun, bisa saja Anda merasa kesulitan saat hendak menelannya karena ukurannya yang lebih besar.


Anda juga harus memperhatikan bentuk kapsul atau softgel-nya. Meski berukuran kecil, bila bentuknya tidak mendukung, Anda akan tetap kesulitan menelannya. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan ukuran, jumlah, dan bentuk yang paling sesuai dan memudahkan Anda untuk mengonsumsinya.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Selain EPA dan DHA, terdapat jenis asam lemak lain pada suplemen fish oil yang Anda konsumsi. Hal ini menjadi alasan mengapa Anda mungkin hanya mendapatkan 300 mg EPA dan DHA dalam kapsul 1000 mg. Produk suplemen yang baik seharusnya mencantumkan jumlah EPA dan DHA per kapsul.


Minyak ikan biasanya dijual dalam bentuk kapsul atau softgel untuk menutupi aroma menyengat dari minyak ikan. Bentuk seperti ini juga lebih mudah untuk ditelan. Kapsul ataupun softgel bisa dibuat dari gelatin sapi, gelatin ikan, ataupun bahan nabati. Gelatin berbahan dasar laut atau nabati akan menjadi pilihan tepat bagi orang yang tidak mengonsumsi gelatin sapi.

Utamakan produk yang tidak beraroma

Utamakan produk yang tidak beraroma
Ada kapsul minyak ikan yang mengeluarkan aroma amis saat lapisan softgel-nya terbuka atau bocor. Beberapa produk bahkan sudah tercium amis meski belum dikonsumsi. Hal tersebut memang wajar mengingat minyak ikan diambil dari ikan. 

Namun, bisa jadi Anda termasuk orang yang tidak mampu menoleransi hal tersebut. Jika demikian, pilihlah produk yang mengeluarkan aroma seminimal mungkin. Dengan begitu, Anda akan merasa makin nyaman dan bisa konsisten mengonsumsinya.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Aroma amis khas ikan mungkin sangat mengganggu bagi sebagian orang. Meskipun begitu, efek samping yang paling umum dari hasil konsumsi minyak ikan adalah gangguan pencernaan dan gas. Mengonsumsi suplemen dalam bentuk kapsul dapat membantu meminimalkan aroma dan efek samping dari minyak ikan tersebut.

10 Rekomendasi minyak ikan (fish oil) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minyak ikan (fish oil) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 25 September 2022:
Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Blackmores Odourless Fish Oil 1000 memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Nordic NaturalsDHA Xtra Omega-3 Fish Oils yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 10 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Marceline Noviani.

Gambar produk
1
Blackmores  Odourless Fish Oil 1000 1

Blackmores

2
OM3 Heart Omega-3 1

OM3 Heart

3
K-Max  Alaska Deep Sea Fish Oil 1000mg 1

K-Max

4
Sea-Quill  Omega-3 Salmon 1

Sea-Quill

5
Healthy Care  Fish Oil 1000mg Omega 3 1

Healthy Care

6
Nature’s Health  Omega Junior 1

Nature’s Health

7
Samco Farma Cod Liver Oil Cap Ikan Paus 1

Samco Farma

8
Ultigar Glucosamine Omega 3 Fish Oil 500 mg 1

Ultigar

9
Nature's Health Virgin Salmon Omega 3 Fish Oil 1

Nature's Health

10
Nordic Naturals DHA Xtra Omega-3 Fish Oils 1

Nordic Naturals

Nama produk

Odourless Fish Oil 1000

Omega-3

Alaska Deep Sea Fish Oil 1000mg

Omega-3 Salmon

Fish Oil 1000mg Omega 3

Omega Junior

Cod Liver Oil Cap Ikan Paus

Glucosamine Omega 3 Fish Oil 500 mg

Virgin Salmon Omega 3 Fish Oil

DHA Xtra Omega-3 Fish Oils

Keunggulan

Odourless, bebaskan Anda dari aroma amis

Ukuran kapsulnya mini, jadi lebih mudah ditelan

Produk ekonomis yang minim alergen

Makin cepat diserap tubuh berkat soy lecithin

Konsumsi jadi lebih tenang tanpa adanya pemanis atau perisa buatan

Enak dikunyah dengan rasa jeruk yang menyegarkan

Harganya paling ramah di kantong!

Dikombo dengan glukosamina, kesehatan tulang dan sendi makin terjaga

Makin nyaman mengonsumsi suplemen minyak ikan berkat adanya rasa lemon

EPA dan DHA-nya superbanyak, tubuh fit senantiasa

Harga mulai dariRp 80.000,00Rp 45.000,00Rp 130.000,00Rp 144.532,00Rp 235.000,00Rp 155.000,00Rp 18.500,00Rp 31.600,00Rp 175.000,00Rp 575.000,00
Isi30, 90, 200, 400 softgel30, 60 kapsul100, 300 kapsul30, 60, 100, dan 120 softgel400 kapsul30 chewable softgel50, 100 softgel30, 100 kapsul lunak50 softgel60, 90 softgel
Konsumsi harian2 softgel1-2 kapsul2 kapsul1 softgel1–3 kapsul1-2 softgel2-4 softgel3 kapsul lunak1 softgel2 softgel
Kandungan EPA & DHAEPA: 180 mg・DHA: 120 mgEPA: 180 mg・DHA: 120 mgEPA: 360 mg・DHA: 240 mgEPA: 390 mg・DHA: 240 mgEPA: 180 mg・DHA: 120 mg EPA: 85 mg・DHA: 55 mgTidak disebutkanTidak disebutkanEPA: 100 mg・DHA: 100 mgEPA: 410 mg・DHA: 960 mg
Tautan produk
10

Nordic NaturalsDHA Xtra Omega-3 Fish Oils

Mulai dari Rp 575.000,00

Isi60, 90 softgel
Konsumsi harian2 softgel
Kandungan EPA & DHAEPA: 410 mg・DHA: 960 mg
9

Nature's HealthVirgin Salmon Omega 3 Fish Oil

Mulai dari Rp 175.000,00

Isi50 softgel
Konsumsi harian1 softgel
Kandungan EPA & DHAEPA: 100 mg・DHA: 100 mg
8

UltigarGlucosamine Omega 3 Fish Oil 500 mg

Mulai dari Rp 31.600,00

Isi30, 100 kapsul lunak
Konsumsi harian3 kapsul lunak
Kandungan EPA & DHATidak disebutkan
7
Isi50, 100 softgel
Konsumsi harian2-4 softgel
Kandungan EPA & DHATidak disebutkan
6
Isi30 chewable softgel
Konsumsi harian1-2 softgel
Kandungan EPA & DHAEPA: 85 mg・DHA: 55 mg
5
Isi400 kapsul
Konsumsi harian1–3 kapsul
Kandungan EPA & DHAEPA: 180 mg・DHA: 120 mg
4
Isi30, 60, 100, dan 120 softgel
Konsumsi harian1 softgel
Kandungan EPA & DHAEPA: 390 mg・DHA: 240 mg
3

K-Max Alaska Deep Sea Fish Oil 1000mg

Mulai dari Rp 130.000,00

Isi100, 300 kapsul
Konsumsi harian2 kapsul
Kandungan EPA & DHAEPA: 360 mg・DHA: 240 mg
2
Isi30, 60 kapsul
Konsumsi harian1-2 kapsul
Kandungan EPA & DHAEPA: 180 mg・DHA: 120 mg
1
Isi30, 90, 200, 400 softgel
Konsumsi harian2 softgel
Kandungan EPA & DHAEPA: 180 mg・DHA: 120 mg

Tips dari biotechnologist kami, Marceline Noviani

Tips dari biotechnologist kami, Marceline Noviani

Tidak ada rekomendasi khusus tentang kadar minyak ikan yang harus dikonsumsi seseorang. Semuanya tergantung pada berbagai faktor seperti usia dan kondisi kesehatan tiap-tiap orang. 


Bahkan, menurut banyak penelitian, mengonsumsi lebih dari 20 gram minyak ikan per hari dapat menyebabkan banyak efek samping. Anda dapat memulai mengonsumsi minyak ikan dengan kadar yang rendah setiap hari dan berkonsultasi dengan dokter sebelum meningkatkan dosis. 


Bila Anda merasa terganggu dengan aroma tidak sedap atau efek samping lainnya, cobalah mengurangi kadar minyak ikan yang dikonsumsi. Setelah itu, coba amati apakah mengurangi kadar konsumsi dapat membantu mengatasi masalah tersebut. 


Perhatikanlah apabila Anda mengalami komplikasi serius, seperti reaksi alergi, ruam, muntah, atau kesulitan bernapas. Jika sudah begitu, Anda harus segera berhenti mengonsumsi minyak ikan dan mencari bantuan darurat.

Baca juga rekomendasi berbagai suplemen lainnya di sini

Mengonsumsi krill oil bersamaan dengan fish oil bisa memberi Anda efek lebih optimal. Tergantung kebutuhan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen astaxanthin dan spirulina. Anda bisa membaca lebih jauh mengenai beragam suplemen tersebut di sini.

Kesimpulan

Minyak ikan dengan banyak kandungan DHA dan EPA tidak harus mahal. Ada pula minyak ikan dengan harga terjangkau yang tinggi kandungan DHA dan EPA. Anda bisa menyesuaikannya dengan dana yang dimiliki.

Anda juga harus dapat memperkirakan seberapa banyak minyak ikan yang harus dikonsumsi. Dengan begitu, Anda bisa merasakan manfaatnya secara optimal. Oleh karena itu, pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen collagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, rekomendasi collagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan review collagen yang bagus dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti VectorLabs, Evolene, dan Optimum Nutrition juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  •  10 Rekomendasi Suplemen Probiotik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Probiotik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak semua bakteri merugikan manusia. Beberapa bakteri juga memberikan manfaat yang menakjubkan, termasuk untuk pencernaan dan sistem imun. Kelompok bakteri baik ini disebut dengan probiotik. Untuk meningkatkan populasi bakteri baik di dalam tubuh, penggunaan suplemen probiotik bisa dipertimbangkan. Ada banyak suplemen probiotik yang bagus di apotek dan toko online. Untuk memandu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen probiotik. Review suplemen probiotik untuk orang dewasa dan anak-anak dari berbagai merek juga akan kami sajikan. Anda bisa memilih produk Liprolac, Rillus, hingga L-BIO®. Mari simak pembahasannya!
    Vitamin & suplemen
  • 8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    Curcuma Plus merupakan satu-satunya suplemen vitamin anak yang mengandung temulawak organik dan telah dipercaya sejak 1995. Selain kandungan temulawak organik dalam Curcuma Plus juga mengandung multivitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak mulai usia 1 tahun sehingga siap dukung optimalkan tumbuh kembang anak.Di artikel ini kami akan memperkenalkan delapan multivitamin anak usia 1 tahun ke atas dari Curcuma Plus. Anda tak perlu ragu membeli Curcuma Plus karena kualitasnya yang bagus dan sudah bersertifikasi BPOM serta halal dari MUI. Harga vitamin Curcuma Plus pun sangat terjangkau.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran ada beberapa rekomendasi merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Tianshi, dan Blackmores. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penggemuk badan terbaik yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Coenzyme Q10 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Coenzyme Q10 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Coenzyme Q10 atau yang lebih dikenal sebagai vitamin jantung Q10 ternyata memiliki banyak manfaat. Selain sebagai penunjang pengobatan penyakit jantung, vitamin ini dapat meningkatkan energi dan memiliki efek anti-aging. Pada dasarnya, coenzyme Q10 diproduksi secara alami oleh tubuh, tetapi jumlahnya menurun seiring bertambahnya umur. Pada kondisi tersebut, suplemen coenzyme Q10 diperlukan untuk menunjang kesehatan. Di pasaran tersedia berbagai merek coenzyme Q10, di antaranya Doctor’s Best, Konilife, Blackmores, dan Nutrimax. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih coenzyme Q10 yang bagus beserta memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori