1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Dekorasi ruangan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Wallpaper dinding adalah pilihan praktis dan relatif terjangkau bagi Anda yang ingin mengganti desain sebuah ruangan. Ada begitu banyak wallpaper dengan berbagai motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan perabot rumah Anda. Namun, wallpaper seperti apakah yang tepat untuk dipilih?


Kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wallpaper dinding yang bagus untuk membantu Anda memutuskan pilihan. Sebelum itu, simak dulu tips memilih wallpaper dinding dari kami. Setelahnya, berbagai merek wallpaper dinding terbaik misalnya Tridee, Flower Story, dan LUX akan kami berikan juga. Selamat membaca dan temukan produk yang menjadi favorit Anda!

Diperbaharui 06-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih wallpaper dinding

Wallpaper dinding tersedia di pasaran dengan variasi desain dan harga yang berbeda-beda. Nah, agar mudah menemukan produk yang tepat sehingga tidak mubazir, berikut kami paparkan hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

① Ketahui jenis wallpaper dinding

Secara garis besar, wallpaper dinding dibagi menjadi dua tipe. Tipe pertama adalah wallpaper sticker yang bisa langsung ditempelkan ke dinding. Tipe selanjutnya adalah wallpaper yang perlu diberikan perekat, seperti lem atau double tape. Kedua tipe ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Wallpaper sticker: Praktis dan mudah dipasang

Wallpaper sticker: Praktis dan mudah dipasang

Wallpaper jenis sticker sudah memiliki perekat pada bagian belakang sehingga Anda tidak perlu repot mengoleskan lem lagi. Pada wallpaper yang menggunakan lem, Anda harus segera menempelkannya sebelum lem mengering. Tentu hal tersebut terasa menyulitkan bagi sebagian orang meskipun tersedia alat khusus untuk mengoleskan lem pada dinding.


Nah, dengan tipe sticker, Anda bisa menempelkan wallpaper tanpa ada batasan waktu sehingga akan lebih mudah. Namun, beberapa orang sedikit ragu menggunakan produk ini karena perekatnya mungkin akan meninggalkan bekas pada dinding. Tidak perlu khawatir, cairan pengelupas bisa dengan mudah menghilangkan bekas perekat jika hal itu terjadi.

Wallpaper tipe lem atau double tape: Digunakan untuk area dinding yang luas

Wallpaper tipe lem atau double tape: Digunakan untuk area dinding yang luas

Dalam beberapa tahun terakhir, tipe wallpaper yang menggunakan lem ataupun double tape mengalami perkembangan pesat. Anda dapat dengan mudah memasang dan melepas wallpaper seperti halnya pada tipe sticker. Gunakanlah wallpaper tipe ini jika Anda tidak menemukan wallpaper sticker favorit Anda.


Sebagai informasi, lem yang diaplikasikan pada wallpaper akan berubah menjadi transparan setelah mengering. Kemudian, karena lem ini larut dalam air, Anda cukup menyekanya dengan air untuk membersihkan sisa lem. Namun, Anda membutuhkan beberapa peralatan tambahan seperti cutter untuk memotong wallpaper dan kuas roller untuk mengoleskan lem.

② Cek motif wallpaper dinding yang banyak disukai

Motif wallpaper dinding memang sangatlah bervariasi. Namun, motif kayu dan motif bunga merupakan sebagian dari motif yang paling umum dijumpai dan digunakan. Mari simak pembahasan singkatnya lebih lanjut.

Motif kayu, populer untuk memberi kesan natural pada ruangan

Motif kayu, populer untuk memberi kesan natural pada ruangan

Ketika Anda ingin menguatkan nuansa warm dan natural dari suatu ruangan, wallpaper dinding motif kayu sangat tepat digunakan. Guratan kayu yang tampak seperti asli akan menguatkan nuansa alami di ruangan. Jika Anda sandingkan dengan berbagai furnitur dan hiasan dari kayu lainnya, aksen natural akan terasa makin kuat. Namun, pastikan untuk menyeimbangkan warnanya agar tidak tampak monoton.


Kami juga memiliki artikel yang khusus membahas wallpaper dinding motif kayu. Apabila penasaran, Anda bisa mengeklik tautan di bawah ini.

Motif bunga, tampak cantik dan feminin

Motif bunga, tampak cantik dan feminin

Motif bunga termasuk salah satu pilihan motif terpopuler saat Anda ingin menonjolkan tampilan cantik dan feminin pada ruangan. Tergantung motif bunganya, Anda bisa mendapatkan kesan modern atau malah vintage dengan motif shabby chic. Namun, penting untuk memilih furnitur yang tampak simpel. Pasalnya, furnitur yang memiliki banyak motif akan menjadi tidak seimbang ketika dipasangkan dengan wallpaper motif bunga yang ramai.


Kami juga merangkum berbagai wallpaper motif bunga lainnya yang bisa Anda jadikan referensi. Simak tautan berikut untuk informasi selengkapnya.

Motif bata, umum digunakan untuk menguatkan kesan unfinished

Motif bata, umum digunakan untuk menguatkan kesan unfinished
Sumber: shopee.co.id

Kini makin banyak orang yang menyukai ruangan bertema unfinished. Nah, hal itu bisa didapat dengan menggunakan wallpaper dinding bermotif batu bata. Baik bata putih maupun bata merah, keduanya akan memberi kesan unfinished yang menarik. Namun, batu bata merah juga cocok untuk digunakan di ruangan bertema industrial.

③ Pilih produk dengan bahan yang sesuai agar dapat menempel dengan baik

Pilih produk dengan bahan yang sesuai agar dapat menempel dengan baik

Jika Anda sudah pernah memasang wallpaper dan hendak menempelkan wallpaper baru, Anda harus memeriksa dua hal. Hal tersebut adalah memeriksa bahan dari wallpaper lama dan wallpaper baru yang akan dipasang.


Periksalah dengan cermat karena mungkin saja wallpaper baru tidak cocok dengan bahan wallpaper lama sehingga tidak bisa menempel. Pastikan Anda membaca keterangan produk dengan teliti agar tidak salah membeli, ya.


Jika Anda hendak menempelkan wallpaper untuk pertama kalinya, periksa juga kesesuaian bahan wallpaper tersebut dengan dinding rumah. Ada berbagai jenis bahan yang digunakan untuk wallpaper, seperti vinyl, PVC, non woven, dan foam. Setelah melakukan pemeriksaan, pilihlah wallpaper dengan material yang paling cocok untuk dinding rumah Anda.

④ Pastikan memilih produk yang tidak mengandung zat berbahaya

Pastikan memilih produk yang tidak mengandung zat berbahaya

Saat memilih wallpaper, orang cenderung mengutamakan kecocokan motif dengan desain ruangan saja. Namun, Anda juga perlu memastikan bahwa wallpaper yang Anda pilih tidak mengandung zat berbahaya.


Jika Anda sensitif terhadap zat kimia tertentu, sedikit paparan saja akan menimbulkan efek yang tidak nyaman. Kabar baiknya, produsen yang memproduksi wallpaper dinding makin memperhatikan hal ini sehingga kebanyakan produk dapat dikatakan aman.


Namun, Anda perlu berhati-hati ketika membeli produk impor karena bisa saja produk berkualitas rendah lolos dari pengawasan. Jika Anda memesan secara online, sebaiknya hindari website yang terkesan mencurigakan walau harga produknya murah. Pilihlah situs belanja online yang aman dan tepercaya serta memiliki jaminan perlindungan bagi pembeli.

10 Rekomendasi wallpaper dinding terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wallpaper dinding terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wallpaper Bata Merah

 Wallpaper Bata Merah 1枚目

Mengubah dapur Anda menjadi seperti kafe di London

2

Wallpaper Dinding 3D Batu Bata

 Wallpaper Dinding 3D Batu Bata 1枚目

Segarkan ruangan dengan pola batu bata yang antik

3

Kitchen Tools Happy Kitchen

 Kitchen Tools Happy Kitchen 1枚目

Ceriakan suasana dapur dengan wallpaper sticker happy kitchen ini

4

Wallpaper Dinding Bunga Shabby Klasik 3D

 Wallpaper Dinding Bunga Shabby Klasik 3D 1枚目

Wallpaper dinding aesthetic untuk menghiasi ruangan Anda

5

Wallpaper Dinding Motif Batik

 Wallpaper Dinding Motif Batik 1枚目

Motif khas Indonesia yang unik dijadikan hadiah

6

Wallpaper Dinding Motif Luar Angkasa

 Wallpaper Dinding Motif Luar Angkasa 1枚目

Angkasa dalam kamar tidur anak, perluas imajinasinya!

7

Tridee

Wallpaper Dinding 3D Plain Wood

Tridee Wallpaper Dinding 3D Plain Wood 1枚目

Terbuat dari bahan organik, anak aman Anda pun tenang

8

Flower Story

Wallpaper Dinding Bunga

Flower Story Wallpaper Dinding Bunga 1枚目

Hadirkan nuansa shabby chic dengan pemilihan motif bunga ini

9

LUX

Wallpaper Dinding Biru Polos

LUX Wallpaper Dinding Biru Polos 1枚目

Suasana ruang keluarga jadi lebih cerah

10

LUX

Wallpaper Dinding Motif Rustic

LUX Wallpaper Dinding Motif Rustic 1枚目

Rasakan atmosfer pedesaan dengan wallpaper rustic ini

Perincian produk
Close
No.1

Mengubah dapur Anda menjadi seperti kafe di London

Kelebihan:
  • Mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Bahannya cukup tipis sehingga mudah robek

Anda pasti akan kesulitan untuk mendekorasi rumah dengan batu bata merah sungguhan. Hal ini dikarenakan batu bata merah sungguhan membutuhkan perawatan khusus dan biayanya pun relatif mahal. Jika Anda kurang teliti, batu bata bisa menimbulkan masalah, terutama jika banyak anak-anak di rumah. Mereka akan mudah terluka jika terbentur bata sungguhan, bukan?


Nah, dengan wallpaper ini, Anda dapat menyulap dapur ataupun ruang makan menjadi bergaya ala kafe di kota London. Gaya unfinished yang menarik bisa Anda dapatkan dengan biaya yang terjangkau. Selain itu, Anda pun tidak perlu khawatir anak-anak akan terluka lagi.
No.2

Wallpaper Dinding 3D Batu Bata

Mulai dari Rp20.000,00

Segarkan ruangan dengan pola batu bata yang antik

Kelebihan:
  • Antinoda dan mudah dibersihkan
  • Empuk

Kekurangan:

  • Ukurannya kecil sehingga harus membeli banyak jika ingin menutupi area besar

Bagi Anda yang menyukai desain minimalis dan manis, gunakanlah wallpaper bermotif batu bata ini pada satu sisi dinding ruangan. Setelahnya, padukan dengan furnitur berwarna alami, seperti cokelat atau hitam untuk menonjolkan atmosfer ruangan. Wallpaper ini pun bisa jadi alternatif bagi Anda yang menginginkan dekorasi ruangan dari batu bata, tetapi tidak permanen.

No.3

Kitchen Tools Happy KitchenAY6017

Mulai dari Rp15.000,00

Ceriakan suasana dapur dengan wallpaper sticker happy kitchen ini

Kelebihan:

  • Lemnya tidak mengelupas tembok

Kekurangan:

  • Hanya bisa menempel di tembok yang menggunakan cat tembok

Jika Anda ingin membuat suasana dapur lebih ceria dan menyenangkan, mengapa tidak mempertimbangkan wallpaper sticker satu ini? Berbeda dari produk wallpaper dinding kebanyakan, wallpaper ini memiliki ukuran kecil dengan gambar-gambar alat masak. Anda bisa menempelkan setiap alat masak tersebut secara terpisah sesuai selera. Tampilan dapur pun jadi lebih menarik!

No.4

Wallpaper Dinding Bunga Shabby Klasik 3D

Mulai dari Rp128.000,00

Wallpaper dinding aesthetic untuk menghiasi ruangan Anda

Kelebihan:

  • Motif timbul sehingga terkesan lebih mewah
  • Tidak mudah robek dan gampang dibersihkan

Kekurangan:

  • Pembelian belum termasuk lem

Ini dia rekomendasi wallpaper dinding aesthetic yang sayang untuk Anda lewatkan! Produk ini memiliki tampilan cantik dengan motif timbul yang terkesan mewah. Tentu cocok untuk dijadikan wallpaper ruang tamu atau kamar tidur Anda. Pilihan warnanya pun cukup beragam, Anda bisa memilihnya sesuai wanra furnitur lain dalam ruangan.

No.5

Wallpaper Dinding Motif BatikC236

Mulai dari Rp85.000,00

Motif khas Indonesia yang unik dijadikan hadiah

Kelebihan:

  • Bahan tebal dan bertekstur

Kekurangan:

  • Pembelian belum termasuk lem

Motif ini sangat identik dengan masyarakat Indonesia karena memiliki motif batik. Anda dapat memasang wallpaper ini, baik di ruang tamu atau di ruang tidur. 


Anda juga dapat menjadikannya sebagai hadiah untuk teman atau kerabat, bahkan sampai yang tinggalnya di luar negeri, lho. Hal ini dapat mengenalkan budaya batik asli Indonesia sampai ke mancanegara. Produk ini pas untuk Anda yang ingin memberikan hadiah unik kepada teman Anda. 

No.6

Wallpaper Dinding Motif Luar Angkasa

Mulai dari Rp30.999,00

Angkasa dalam kamar tidur anak, perluas imajinasinya!

Kelebihan:
  • Motif gambar tidak luntur

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer menyatakan warna yang didapat bisa berbeda antara satu roll dengan roll lainnya

Apakah Anda kebingungan mencari wallpaper dinding yang cocok untuk kamar tidur anak Anda? Produk ini dapat menjadi solusinya. Biarkan imajinasi anak Anda menjelajah ke luar angkasa dengan wallpaper bermotif galaksi ini. Dengan background berwarna biru, wallpaper ini bisa membuat kamar tidur anak Anda menjadi lebih hidup.


Produk ini juga sudah berperekat sehingga Anda bisa dengan mudah menempelkan wallpaper ini pada dinding atau langit-langit. Untuk membuatnya makin nyata, Anda bisa memadukannya dengan pencahayaan ruangan yang sesuai. Dengan begitu, anak Anda akan merasa seperti sedang memandang ruang angkasa dari jarak dekat.
No.7

TrideeWallpaper Dinding 3D Plain WoodTPW–POE05

Mulai dari Rp118.800,00

Terbuat dari bahan organik, anak aman Anda pun tenang

Kelebihan:
  • Bahan kedap suara
  • Diklaim terbuat dari bahan organik
  • Antiair sehingga mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Anda harus membeli banyak jika ingin menutupi area yang luas

Perpaduan desain plain wood dari wallpaper ini dan dinding putih akan memberikan tampilan bersih. Ruangan pun terlihat lebih terang dengan warnanya yang netral. Selain itu, atmosfer hangat yang ditimbulkan produk ini bisa menjadi alternatif bagi Anda penggemar gaya rustic nan cantik.


Diklaim menggunakan bahan organik yang alami dan kedap suara, produk ini mampu bertahan hingga 6 tahun. Bagi Anda yang sensitif terhadap bahan kimia, produk inilah solusi untuk Anda. Anak Anda pun akan aman bermain di dekatnya. Tidak hanya itu, bahan ini pun antiair sehingga Anda bisa membersihkannya dengan mudah menggunakan air.
No.8

Flower StoryWallpaper Dinding BungaF7

Mulai dari Rp186.500,00

Hadirkan nuansa shabby chic dengan pemilihan motif bunga ini

Kelebihan:
  • Memiliki beberapa pilihan warna dari motif yang sama
  • Diklaim tahan lebih 5 tahun
  • Bahan tebal dan bertekstur

Kekurangan:

  • Pembelian belum termasuk lem

Apakah Anda menyukai ruangan dengan kesan bersih dan tenang? Kini Anda akan mendapatkannya dengan rekomendasi dari kami, yakni wallpaper motif bunga dari Flower Story ini. Desain cantik dengan motif bunga akan memberi kesan lembut dan feminin pada ruangan Anda. Selain itu, motif ini juga cocok untuk ruangan bertema shabby chic. Siapkan renda yang sesuai untuk melapisi furnitur Anda, ya!

No.9

LUXWallpaper Dinding Biru Polos5-34 PRB

Mulai dari Rp49.900,00

Suasana ruang keluarga jadi lebih cerah

Kelebihan:
  • Ada emboss halus sehingga lebih eksklusif

Kekurangan:

  • Membutuhkan banyak roll untuk menutupi area yang luas


Wallpaper dinding ini dapat membuat ruang keluarga Anda terasa lebih sejuk dan nyaman dengan warna birunya yang lembut. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin mengganti wallpaper lama Anda dengan wallpaper baru. Lalu, Anda bisa dengan mudah memasang wallpaper ini karena cara pemasangannya tinggal ditempel saja!

No.10

LUXWallpaper Dinding Motif Rustic5-75 PRB

Mulai dari Rp60.000,00

Rasakan atmosfer pedesaan dengan wallpaper rustic ini

Kelebihan:
  • Lemnya tidak merusak tembok

Kekurangan:

  • Membutuhkan banyak roll untuk menutupi area yang luas

Jika Anda menyukai interior bergaya pedesaan, Anda harus mencoba wallpaper dengan motif rustic ini. Ciri khas desain rustic adalah memberi kesan klasik dalam nuansa alami pedesaan. Namun, motif ini tetap cocok dipadukan dengan rumah modern bergaya minimalis, lho. Warnanya yang kalem pun akan membuat suasana ruangan tidak terkesan kotor dan suram.

Baca juga rekomendasi wallpaper dapur dan lem wallpaper dinding di sini

Tidak hanya wallpaper, Anda juga bisa memajang hiasan atau bingkai foto di dinding rumah kesayangan Anda. Namun, banyaknya produk di pasaran bisa saja membuat Anda bingung saat memilih bingkai foto atau hiasan dinding. Nah, Anda pasti terbantu dengan membaca penjelasan dari kami melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan beberapa produk rekomendasi yang bisa didapatkan secara online. Sudahkah Anda menemukan motif wallpaper yang Anda sukai? Wallpaper adalah alternatif yang praktis untuk mengganti suasana di dalam rumah.


Pemilihan wallpaper yang tepat pasti akan membuat desain interior rumah Anda tampak lebih menarik. Silakan gunakan poin-poin dalam artikel ini ketika memilih. Yuk, segera dekor ulang ruangan Anda dengan wallpaper favorit!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer