10 Rekomendasi Meja Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Meja Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Meja lipat sering kali digunakan untuk kegiatan berkemah atau piknik. Karena mudah dibawa bepergian, meja lipat ini dianggap lebih praktis dan ukurannya yang tidak terlalu besar dirasa pas untuk mendukung kegiatan-kegiatan santai. Material meja lipat yang banyak dijual saat ini pun bervariasi, ada yang terbuat dari kayu, aluminium, atau plastik.

Kali ini kami akan merekomendasikan produk meja lipat dengan desain dan material yang bervariasi. Tidak lupa, kami juga akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih produk meja lipat. Sesuaikan juga pilihan meja lipat Anda dengan anggaran yang Anda miliki, ya!

Daftar isi

Cara memilih meja lipat

Apa saja poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih meja lipat? Kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Pilihlah produk dengan bahan berkualitas

Setiap produk meja lipat memiliki material yang berbeda-beda dan setiap material memiliki karakteristiknya masing-masing. Carilah produk meja lipat dengan bahan berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bahan aluminium yang ringan dan tahan lama

Bahan aluminium yang ringan dan tahan lama

Meja lipat berbahan aluminium memiliki bobot yang ringan. Bahan aluminium juga memberi daya tahan lebih baik sehingga produk meja lipat dengan bahan tersebut dapat dipakai dalam jangka panjang. Dari segi harga, meja lipat dengan bahan aluminium juga memiliki harga terjangkau jika dibandingkan dengan meja lipat dengan material lainnya.

Bahan baja yang memiliki desain unik

Bahan baja yang memiliki desain unik

Karakteristik dari material baja adalah tahan terhadap panas bahkan saat diletakkan di atas api. Meskipun Anda meletakkan oven atau wajan panas sekalipun, dijamin permukaan meja lipat ini tidak akan bengkok.

Karakteristik material baja lainnya yaitu pada bobot yang lebih besar dibandingkan dengan meja lipat berbahan lain. Jenis ini sangat cocok untuk kegiatan di luar ruangan seperti berkemah. Namun, produk ini cukup jarang ditemukan di toko online di Indonesia. Anda bisa mencarinya di toko furnitur.

Bahan kayu yang memberi kesan natural

Bahan kayu yang memberi kesan natural

Material kayu memiliki tekstur alami yang karakteristiknya sangat lekat dengan alam. Walau memiliki daya tahan yang baik, nyatanya material kayu juga memiliki bobot yang cukup berat. Selain itu, harganya pun juga lebih mahal dibanding dengan meja lipat jenis lainnya. Namun, hal ini tidak menjadi masalah jika Anda menyukai hal-hal berbau vintage atau yang bersifat natural.

Bahan plastik yang menawarkan harga terjangkau

Bahan plastik yang menawarkan harga terjangkau

Meja lipat dengan material plastik umumnya dijual dengan harga yang terjangkau. Tidak hanya itu, dari meja lipat jenis ini Anda dapat menemukan hal-hal fungsional lainnya yang tidak dapat ditemukan pada meja lipat bermaterial lain, contohnya tempat meletakkan botol. Desain yang ditawarkan meja lipat plastik juga lebih variatif sehingga dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

Untuk kenyamanan, pilihlah produk dengan tinggi berkisar 30 – 40 cm

Untuk kenyamanan, pilihlah produk dengan tinggi berkisar 30 - 40 cm

Sesuai tingginya, meja lipat dibagi menjadi dua kategori. Pertama, meja lipat model rendah dengan tinggi 20 – 40 cm yang nyaman digunakan saat Anda sedang berkumpul dan memilih untuk duduk secara lesehan. Produk jenis ini kami rekomendasikan untuk Anda yang gemar melakukan kegiatan piknik.

Kedua, meja lipat dengan tinggi di atas 40 cm. Ketinggiannya dinilai paling pas apabila Anda duduk dengan bangku kecil atau kursi portable. Oleh karena itulah, pilihlah produk kursi lipat yang mudah diatur tinggi rendahnya. Misalnya, meja lipat dengan kaki berbentuk pipa yang mudah dibongkar pasang dan diatur ketinggiannya. Jadi, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan pemakaian.

Pilihlah produk dengan ukuran yang mudah disimpan dan dibawa bepergian

Pilihlah produk dengan ukuran yang mudah disimpan dan dibawa bepergian

Karena terkadang hanya digunakan pada acara tertentu, penting untuk Anda memperhatikan ukuran dari produk meja lipat tersebut. Pilihlah produk yang mudah disimpan dan tidak memakan banyak ruang sehingga saat tidak digunakan Anda tidak kesulitan menyimpannya.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan saat membawa meja lipat untuk kegiatan lain di luar rumah. Anda harus membayangkan apakah ukuran meja lipat sudah pas sehingga tidak akan menyulitkan Anda saat membawanya untuk kegiatan di luar rumah. Kami sarankan untuk tidak memilih produk dengan ukuran terlalu kecil. Pada saat camping misalnya, meja lipat ini bisa Anda fungsikan bukan hanya sebagai tempat makanan dan minuman, tetapi juga untuk lampu meja. Dengan demikian, semua barang yang Anda perlukan dapat ditata rapi di atas meja.

Periksalah kemampuan meja lipat dalam menahan beban

Periksalah kemampuan meja lipat dalam menahan beban

Jika hendak membeli meja lipat, lebih baik Anda memeriksa terlebih dahulu kapasitas yang dimiliki meja lipat tersebut dalam menahan beban. Utamakan produk yang memiliki stabilitas baik terutama di bagian kaki meja. Hal ini dikarenakan beban di atas meja akan ditumpukan ke bagian kaki meja.

Mungkin saat beban yang diletakkan ringan, hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap stabilitas meja lipat. Jika Anda akan meletakkan berbagai makanan dan minuman, Anda harus memastikan bahwa produk meja lipat tersebut cukup kokoh dan aman. Hindarkan membeli produk yang terlalu murah karena biasanya produk yang dijual dengan harga murah menggunakan bahan-bahan dengan kualitas seadanya.

Pilihlah produk yang mudah dirakit

Pilihlah produk yang mudah dirakit

Cara melipat dan cara merakit produk meja lipat yang satu dengan lainnnya mungkin saja berbeda. Beberapa meja lipat terkadang harus dipasang satu per satu mulai dari kaki hingga permukaannya. Hal ini akan memakan waktu lama.

Poin penting yang harus diperhatikan adalah kemudahan pemasangan kaki meja sehingga dapat menghemat waktu Anda saat mempersiapkan kegiatan piknik atau acara lainnya. Karena meja lipat adalah barang yang mudah digunakan, Anda harus memilih produk yang mudah dirakit, mudah disimpan, dan tidak membutuhkan banyak waktu serta tenaga saat merakitnya.

10 Rekomendasi meja lipat terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi beberapa produk meja lipat terbaik untuk membantu Anda memilih yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

10. Atria Laptop Table Portable Georg

10. Atria Laptop Table Portable Georg

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 179.900

Bahannya ringan dan nyaman dibawa bepergian

Untuk Anda yang mempunyai anak yang masih bersekolah, meja lipat ini dapat menjadi pilihan untuk mendukung aktivitas belajar anak Anda. Permukaan mejanya dapat diangkat sehingga proses membaca menjadi lebih nyaman karena anak Anda tidak harus mengangkat buku. Tinggi kakinya juga dapat Anda atur sesuai kebutuhan.

Selain itu, produk ini juga ringan karena dibuat dari bahan plastik sehingga tidak akan merepotkan Anda jika dibutuhkan untuk dibawa bepergian. Walau bagian mejanya berbahan plastik, tetapi bagian kaki meja dan rangkanya berbahan besi sehingga kuat dan kestabilannya pun sangat terjaga.

9. Dhaulagiri Folding Table Camping Ultralight

9. Dhaulagiri Folding Table Camping Ultralight

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 268.900

Tidak hanya bagian rangka, mejanya pun dapat dilipat!

Meja lipat yang satu ini cocok untuk Anda yang hobi melakukan kegiatan di alam lepas seperti hiking atau berkemah. Rangkanya dibuat dari bahan aluminium sedangkan untuk bagian mejanya berbahan nilon. Untuk bagian bawah meja, bahan POM juga dipilih sebagai pelapis yang akan menambah kekuatan produk ini saat digunakan. Tidak perlu khawatir untuk meletakkan berbagai barang atau perlengkapan Anda di atasnya!

Tidak hanya dilipat, rangka meja ini bahkan dapat ditekuk supaya ukurannya menjadi lebih pendek. Bagian mejanya pun terpisah dengan rangkanya dan tentunya dapat dilipat pula sehingga semakin praktis dan memungkinkan Anda untuk menaruhnya di dalam backpack. Di salah satu sisinya juga terdapat kantong yang dapat Anda gunakan untuk meletakkan barang-barang kecil seperti smartphone. Praktis, bukan?!

8. Ikea Brada

8. Ikea Brada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Tidak memiliki banyak waktu untuk perawatan? Anda dapat memilih produk ini!

Produk ini adalah jenis meja lipat yang dikhususkan untuk penyangga laptop. Anda dapat meletakkannya di lantai, di kasur, atau bahkan menggantungnya di dinding. Berbahan kayu, produk ini berhasil memberi kesan minimalis nan elegan yang pas untuk interior apa pun.

Perawatannya pun mudah, Anda cukup mengelapnya dengan kain basah setiap dua minggu sekali untuk menghilangkan debu yang menempel. Pilihan yang tepat untuk Anda yang tidak banyak memiliki waktu untuk membersihkan furnitur di rumah. Produk ini dapat Anda gunakan sebagai penyangga laptop dengan ukuran maksimal 17 inci atau untuk meletakkan barang-barang lainnya dengan beban maksimal 10 kilogram.

7. Krisbow Meja Lipat Adjustable

7. Krisbow Meja Lipat Adjustable

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 377.000

Kombinasi bahan HDPE dan powder coating menghasilkan meja lipat berbobot ringan

Anda mencari meja lipat dengan desain minimalis? Kami rekomendasikan meja lipat dari brand Krisbow ini untuk Anda. Dengan meja berwarna putih dan kaki meja berwarna hitam, produk ini dapat digunakan untuk berbagai macam acara bahkan untuk acara-acara tematik karena lebih mudah dimodifikasi.

Uniknya lagi, Anda dapat mengatur tinggi produk ini sesuai dengan kebutuhan Anda dengan tinggi berkisar 35 – 71,5 cm. Produk ini dibuat dari kombinasi bahan HDPE dan powder coating yang ringan dan kuat untuk dapat menghasilkan produk meja lipat berkualitas. Tentunya produk ini juga akan memudahkan Anda dalam hal penyimpanan karena saat dilipat lebarnya hanya sekitar 5 cm.

6. Ikea Tarno

6. Ikea Tarno

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 429.900

Warna kayu alami yang akan mempercantik sudut ruangan Anda

Bagi Anda yang menyukai pernak-pernik berbahan kayu, kami rekomendasikan meja lipat ini. Dengan bahan kayu yang dilapisi dengan cat kayu transparan, produk ini terlihat semakin alami dan lebih tegas warna kayunya. Namun, tidak kami sarankan Anda untuk menaruh produk ini di luar ruangan tanpa pelindung. Cahaya matahari atau air hujan dapat membuat warnanya cepat pudar dan membuat kayunya cepat lapuk.

Berdimensi 55 cm x 54 cm x  70 cm, produk ini akan membuat interior ruangan Anda semakin menarik. Meja lipat ini dapat Anda jadikan sebagai tempat meletakkan pot bunga, pernak-pernik, dan tentunya dapat pula dijadikan sebagai meja untuk menaruh makanan atau minuman.

5. Ivaro Indachi Folding Table FT-02

5. Ivaro Indachi Folding Table FT-02

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.570.000

Memindahkan meja jadi lebih mudah karena ada roda di bagian kakinya

Produk meja lipat dari Ivaro ini dibuat dengan bahan melamin yang tidak mudah pudar warnanya. Berukuran 120 cm x 70 cm x 75 cm, Anda tidak memerlukan meja lain untuk mendukung kegiatan Anda karena ukurannya yang sudah cukup besar. Anda dapat menggunakannya untuk kegiatan di luar atau di dalam ruangan.

Produk ini menjadi sangat tipis ketika dilipat. Anda bisa menyimpannya di mana saja bahkan di dalam celah antara lemari dan dinding. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan roda pada kaki mejanya sehingga Anda tidak harus mengangkat meja. Cocok untuk Anda yang sering mengadakan acara di rumah seperti arisan atau kumpul keluarga

4. Funika Foldable Table and Chair Set

4. Funika Foldable Table and Chair Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 356.200

Lebih hemat karena sudah dapat kursi lipatnya juga!

Anda mencari meja lipat yang juga dilengkapi dengan kursi? Produk dari Funika ini dapat menjadi pilihan! Menawarkan produk set meja dan kursi lipat, Funika ingin memudahkan berbagai kegiatan Anda seperti saat bekerja, belajar, atau bersantai. Dari segi harga, produk ini juga sangat terjangkau. Dengan harga yang ditawarkan, Anda akan memiliki meja lipat lengkap dengan kursinya.

Dengan bahan kayu tipis warna cokelat muda, produk ini terlihat manis dan mampu memberi kesan minimalis. Di setiap ujung kaki meja ataupun kursinya terdapat karet pelindung yang akan menjaga agar produk ini tidak mudah bergeser atau mudah menekuk. Selisih tinggi antara meja dan kursinya juga tidak terlalu jauh. Jadi, Anda tidak perlu menunduk untuk meraih barang yang ada di atas meja saat posisi duduk.

3. Atria Meja Lipat Piknik Hobbit Silver

3. Atria Meja Lipat Piknik Hobbit Silver

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 789.900

Anda hobi berpiknik dengan keluarga? Meja lipat ini wajib Anda miliki!

Untuk kemudahan Anda saat akan mengadakan kegiatan di luar ruangan, kami rekomendasikan produk ini untuk Anda. Meja lipat yang satu ini juga dilengkapi dengan kursi yang tentunya akan membuat Anda lebih praktis karena tidak harus membawa kursi secara terpisah. Produk ini dapat menahan beban hingga 70 kg pada bagian mejanya dan beban hingga 120 kg pada bagian kursinya.

Dibuat dari bahan aluminium yang tahan panas, produk ini tetap terasa nyaman digunakan bahkan saat cuaca panas. Untuk mendukung kegiatan Anda di luar ruangan, lubang payung juga dapat Anda temukan pada produk ini. Selain itu, Anda juga dapat merakitnya tanpa kursi jika Anda tidak membutuhkannya. Pada saat dilipat, produk ini berukuran 87 cm x 11 cm x 40 cm, tidak terlalu besar sehingga tidak memakan banyak ruang saat disimpan.

2. Funika Folding Coffee Table

2. Funika Folding Coffee Table

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 345.000

Jika Anda hobi membaca, produk ini cocok untuk Anda!

Produk dari Funika ini memiliki ukuran 80 cm x 40 cm x 42 cm. Tidak hanya sebagai meja lipat, produk ini juga dapat digunakan sebagai media belajar yang dapat digunakan di ruang tamu bahkan di atas kasur. Dibuat dengan bahan kayu pilihan, meja lipat ini sama sekali tidak berbau dan tidak mudah melengkung. Selain itu, Funika Folding Coffee Table juga kuat dan warnanya pun tahan lama.

Pada salah satu kaki meja terdapat rak kecil yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan buku, cocok untuk Anda yang hobi menghabiskan waktu luang dengan membaca buku. Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu panjang dan produk ini tetap terlihat seperti baru. Tidak hanya multifungsi, produk ini juga akan menambah daya tarik tersendiri dengan warna kayu alami yang dapat Anda letakkan di mana pun sesuai keinginan.

1. Ikea Saltholmen

1. Ikea Saltholmen

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 547.000

Kuat dan tahan lama dengan bahan powder coated steel!

Jika umumnya meja lipat didesain dengan bentuk persegi, Ikea justru menawarkan meja lipat dengan bentuk bulat. Cocok diletakkan di teras atau sudut kamar untuk bersantai sambil minum teh atau kopi. Anda dapat mencari kursi dengan tinggi 71 cm untuk menyamakan tinggi dari meja lipat ini. Produk ini juga mudah dipasang dan membutuhkan waktu yang sangat singkat agar dapat terpasang sempurna.

Produk ini juga tidak membutuhkan perawatan khusus karena bahan powder coated steel sebagai material utamanya dikenal kuat dan tahan lama. Sesekali, Anda cukup membersihkannya dengan larutan pembersih dan membilasnya dengan air jika terkena hujan. Agar lebih tahan lama, Anda juga dapat menutupnya dengan bahan antiair jika produk ini Anda letakkan di luar ruangan.

Kesimpulan

Mungkin cukup banyak hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih meja lipat terbaik. Namun, hal tersebut dapat membantu Anda untuk mendapatkan meja lipat yang berkualitas. Anda dapat memilih satu di antara produk-produk yang sudah kami rekomendasikan di atas agar mendapatkan produk meja lipat yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.