• 10 Rekomendasi Meja Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Meja Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Meja Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Meja Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Meja Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Meja Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Meja lipat bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya saat berkemah, sebagai meja tambahan, atau hal-hal lainnya. Ukuran meja lipat juga sangat bervariasi, mulai dari yang kecil dan pendek sampai yang berukuran besar dan tinggi. Di pasaran sendiri, terdapat begitu banyak produk meja lipat. Apakah Anda jadi bingung hendak memilih yang mana?

Sekarang, kami akan merekomendasikan meja lipat dengan desain dan material bervariasi keluaran IKEA, Funika, Atria, dan sebagainya. Kami juga akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih produk meja lipat. Mari simak selengkapnya dan temukan meja lipat favorit Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 26 Juni 2020
  • 5.824 Views
Daftar isi

Cara memilih meja lipat

Apa saja poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih meja lipat? Kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Pilih produk dengan material yang tepat

Pertama, Anda perlu mengecek material meja lipat pilihan Anda. Dengan mengetahui karakteristik dari masing-masing material, Anda pun akan semakin mudah menemukan produk yang tepat.

Bahan aluminium yang ringan dan tahan lama

Bahan aluminium yang ringan dan tahan lama
Meja lipat berbahan aluminium memiliki bobot ringan dan daya tahan yang baik. Hal tersebut membuat meja aluminium tergolong populer dan banyak digunakan. Selain itu, harganya pun cenderung bersahabat. Terutama jika Anda tidak terlalu mementingkan tampilan, meja lipat berbahan aluminium pantas diperhitungkan.

Bahan baja yang kuat, tetapi cukup berat

Bahan baja yang kuat, tetapi cukup berat
Karakteristik dari material baja adalah tahan terhadap panas bahkan saat diletakkan di atas api. Hal itulah yang membuat meja lipat berbahan baja cocok untuk dibawa saat berkemah atau ketika mengadakan acara barbeque. Saat Anda letakkan oven atau wajan panas di atasnya sekalipun, dijamin permukaan meja lipat ini tidak akan bengkok.
Meski begitu, meja baja memiliki bobot lebih berat dibanding bahan lainnya. Hal tersebut membuatnya kurang pas untuk sering dipindah-pindah. Bila bagian atasnya berupa mesh, bobotnya memang bisa berkurang. Namun, tetap saja meja baja kurang tepat dibawa saat berkemah sendirian atau saat ingin mengurangi beban bawaan. Disarankan Anda menggunakan meja ini saat sedang bersama-sama teman atau keluarga Anda. Sayangnya, meja lipat baja masih tergolong sulit ditemukan di Indonesia.

Bahan kayu yang memberi kesan natural

Bahan kayu yang memberi kesan natural
Meja lipat kayu memiliki daya tarik utama berupa tampilannya yang natural. Sayangnya, selain poin tersebut meja kayu tidak memiliki keunggulan lain. Ada meja lipat berbahan lain yang lebih durable, ringan, dan ekonomis. Meski begitu, tampilan bahan kayu akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Hal tersebut akan membuatnya terlihat semakin unik. Bagi Anda yang menyukai produk dengan tampilan natural yang khas, meja lipat kayu adalah opsi tepat.

Bahan plastik yang harganya terjangkau dan berbobot ringan

Bahan plastik yang harganya terjangkau dan berbobot ringan
Meja lipat berbahan plastik umumnya dijual dengan harga yang terjangkau dan memiliki bobot yang ringan. Desain yang ditawarkan meja lipat plastik pun lebih variatif sehingga dapat Anda pilih sesuai keinginan. Namun, daya tahannya lebih inferior ketimbang material lain sehingga kurang awet untuk digunakan dalam waktu lama. Apabila sering terkena sinar matahari langsung, warnanya akan cepat memudar dan kualitasnya akan semakin menurun.

Pilih ketinggian meja yang pas atau bisa diubah-ubah

Pilih ketinggian meja yang pas atau bisa diubah-ubah
Berdasarkan tingginya, meja lipat dibagi menjadi dua kategori. Pertama, meja lipat model rendah dengan ketinggian di bawah 40 cm. Meja seperti ini nyaman digunakan saat Anda sedang ingin duduk lesehan saat bekerja atau belajar. Selain itu, meja lipat dengan ketinggian ini juga bisa Anda gunakan saat piknik atau berkemah. Bahkan, bila mau Anda bisa menggunakannya juga di dalam tenda, lho. Karena itu, jenis ini termasuk cukup versatile meski umumnya tidak bisa menampung terlalu banyak barang.
Kedua, meja lipat dengan tinggi di atas 40 cm. Meja seperti ini bisa Anda jadikan meja tambahan di samping meja utama Anda. Bila Anda ingin memanfaatkannya sebagai meja outdoor, pastikan Anda menyesuaikan dengan ketinggian kursi yang Anda miliki. Ada juga meja lipat tinggi yang ketinggiannya bisa Anda ubah sesuai kebutuhan. Meja seperti ini akan lebih fleksibel untuk digunakan.

Pilih ukuran meja yang mudah dibawa dan disimpan

Pilih ukuran meja yang mudah dibawa dan disimpan
Biasanya, meja lipat tidak secara rutin digunakan. Sangat penting agar meja pilihan Anda mudah disusun saat dibutuhkan sekaligus mudah disimpan saat tidak digunakan. Periksa terlebih dahulu ukuran meja lipat baik saat digunakan maupun tidak digunakan.
Bukan berarti meja lipat harus berukuran kecil. Maksudnya adalah agar Anda memilih meja dengan ukuran yang pas, tidak terlalu besar saat digunakan dan mudah disimpan. Sebelum membeli, cobalah membayangkan terlebih dahulu tempat dan tujuan penggunaan dari meja tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih terbayang ukuran meja yang pas dan sesuai kebutuhan Anda.

Periksa kestabilan dan kapasitas beban meja

Periksa kestabilan dan kapasitas beban meja
Meja lipat yang kurang stabil tidak hanya sulit digunakan, tetapi juga dapat membahayakan. Untuk mengetahui kestabilan dan keamanan pengggunannya, Anda bisa mengecek kapasitas bebannya terlebih dahulu. Jika meja lipat hanya digunakan untuk meletakkan sedikit barang mungkin tidak akan menjadi masalah. Lain halnya bila Anda menggunakan meja lipat untuk meletakkan banyak benda yang berat. Produk yang kapasitas bebannya besar tentu akan lebih aman digunakan.
Selain itu, produk yang harganya terlalu murah bisa jadi agak sulit dirakit dan kurang stabil. Hal ini memang tidak akan langsung terlihat saat awal penggunaan. Oleh karena itu, Anda bisa mencari informasi tambahan melalui review pengguna.

Periksa kemudahan perakitannya

Periksa kemudahan perakitannya
Cara melipat dan cara merakit produk meja lipat yang satu dengan lainnya mungkin saja berbeda. Anda akan menemukan meja lipat yang kaki dan permukaan mejanya sudah tergabung menjadi satu. Namun, ada juga meja lipat yang harus dipasang satu per satu bagiannya saat ingin digunakan.
Produk yang pemasangannya terpisah memang jadi lebih compact, tetapi Anda akan sulit menggunakannya dengan cepat saat dibutuhkan. Tentu saja hal itu jadi melenceng dari tujuan penggunaan awalnya, yakni untuk memberi Anda kemudahan. Jadi, jangan luput untuk memeriksa waktu dan tenaga yang dibutuhkan saat merakit meja pilihan Anda, ya!

10 Rekomendasi meja lipat terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi meja lipat terbaik. Anda bisa memilih produk yang paling sesuai dengan preferensi Anda.
10
Ukuran saat digunakan55 cm × 32 cm × 24 cm
MaterialMeja : MDF (medium density fibreboard), rangka dan kaki : steel pipe
Bobot2,2 kg
9
Ukuran saat digunakan55 cm × 42 cm × 40 cm
MaterialAluminium dan kain nilon
Bobot0,74 kg
8
Ukuran saat digunakan42 cm × 30 cm × 21 cm
MaterialVeneer lapisan kayu yang direkatkan, veneer bambu
Bobot1,04 kg
7
Ukuran saat digunakan76 cm × 50 cm × 35-71,5 cm
MaterialHDPE (high density polyethylene) dan powder coating
BobotTidak disebutkan
6
Ukuran saat digunakan55 cm × 54 cm × 70 cm
MaterialKaki : plastik PP; daun meja : kayu akasia; kaki/rel/tumpuan/ : baja dan lapisan serbuk poliester
Bobot5,94 kg
5
Ukuran saat digunakan45 cm × 34,5 cm × 21,5 cm
MaterialAluminium
Bobot1,08 kg
4
Ukuran saat digunakan48 cm × 38 cm × 66 cm
MaterialTidak disebutkan
Bobot5,8 kg
3
Ukuran saat digunakan84 cm × 48 cm × 30,8 cm
MaterialParticle board
Bobot5,8 kg
2
Ukuran saat digunakanDiameter × tinggi : 65 cm × 71 cm
MaterialMeja : baja dan polyester powder coating; kaki : plastik; dan locking ring : stainless steel
Bobot7,8 kg
1
Ukuran saat digunakan131 cm × 82,5 cm × 66 cm
MaterialAluminium
BobotTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk meja lipat terbaik

Gambar produk
1
Atria Meja Lipat Piknik Hobbit 1

Atria

2
IKEA SALTHOLMEN Table, Outdoor 1

IKEA

3
Funika Folding Coffee Table 1

Funika

4
Funika Foldable Table and Chair Set 22110 1

Funika

5
Bulin Meja Lipat Aluminium 1

Bulin

6
IKEA TÄRNÖ Meja, Luar Ruang 1

IKEA

7
Krisbow Meja Lipat Adjustable 1

Krisbow

8
IKEA BRÄDA Alas Laptop, Lapisan Bambu 1

IKEA

9
Dhaulagiri Folding Table Camping Ultralight 1

Dhaulagiri

10
Atria Laptop Table Portable Georg 1

Atria

Nama produk

Meja Lipat Piknik Hobbit

SALTHOLMEN Table, Outdoor

Folding Coffee Table

Foldable Table and Chair Set 22110

Meja Lipat Aluminium

TÄRNÖ Meja, Luar Ruang

Meja Lipat Adjustable

BRÄDA Alas Laptop, Lapisan Bambu

Folding Table Camping Ultralight

Laptop Table Portable Georg

KeunggulanMeja sekaligus kursi, super...Kuat dan tahan lama dengan ...Compact dan ada rak buku, s...Sepaket dengan satu kursi, ...Kuat dan mudah dibawa, siap...Lebih awet dan natural deng...Tingginya mudah diubah, mak...Harganya tidak bikin kanton...Permukaan mejanya bisa dili...Atur saja kemiringannya ses...
HargaRp 1.237.900,00Rp 542.000,00Rp 160.000,00Rp 450.000,00Rp 293.400,00Rp 434.900,00Rp 299.000,00Rp 152.500,00Rp 224.900,00Rp 220.000,00
Ukuran saat digunakan131 cm × 82,5 cm × 66 cmDiameter × tinggi : 65 cm × 71 cm84 cm × 48 cm × 30,8 cm48 cm × 38 cm × 66 cm45 cm × 34,5 cm × 21,5 cm55 cm × 54 cm × 70 cm76 cm × 50 cm × 35-71,5 cm42 cm × 30 cm × 21 cm55 cm × 42 cm × 40 cm55 cm × 32 cm × 24 cm
MaterialAluminiumMeja : baja dan polyester powder coating; kaki : plastik; dan locking ring : stainless steelParticle boardTidak disebutkanAluminiumKaki : plastik PP; daun meja : kayu akasia; kaki/rel/tumpuan/ : baja dan lapisan serbuk poliesterHDPE (high density polyethylene) dan powder coatingVeneer lapisan kayu yang direkatkan, veneer bambuAluminium dan kain nilonMeja : MDF (medium density fibreboard), rangka dan kaki : steel pipe
BobotTidak disebutkan7,8 kg5,8 kg5,8 kg1,08 kg5,94 kgTidak disebutkan1,04 kg0,74 kg2,2 kg
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai perlengkapan outdoor lainnya di sini

Agar acara outdoor berjalan dengan nyaman dan menyenangkan, berbagai perlengkapan perlu Anda persiapkan. Kursi outdoor, down jacket, pisau, dan berbagai peralatan lainnya sangat tepat untuk Anda bawa saat melakukan kegiatan outdoor. Anda bisa mengenali lebih jauh mengenai rekomendasi berbagai perlengkapan outdoor di sini.

Kesimpulan

Meja lipat sangat praktis digunakan terutama dalam berbagai kegiatan luar ruangan. Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu material dari meja lipat pilihan Anda.
Selain itu, ketahui juga ukuran dan ketinggian meja lipat tersebut. Poin kemudahan perakitan pun penting untuk Anda perhatikan. Semakin mudah dirakit, semakin mudah pula meja tersebut digunakan. Pilihlah meja lipat yang tepat dan nikmati momen bersantai Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Outdoor & sports
    327.036 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Saat ini sudah banyak produsen sepeda lipat, seperti Apollo, Evergreen, United Trifold, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki karakteristiknya sendiri, sehingga seringkali membuat kita bingung saat memilih.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sepeda lipat. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepeda lipat terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!
    Outdoor & sports
    350.916 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena menyehatkan dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran merek-merek ternama, seperti Polygon, United, Element, dan sebagainya. Komponen-komponennya pun tergolong banyak sehingga acap kali membuat bingung, khususnya bagi para pemula.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Kemudian, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan bersepeda Anda. Simak informasinya dan temukan road bike favorit Anda di sini!
    Outdoor & sports
    134.512 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini, kami akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula atau untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silakan disimak!
    Outdoor & sports
    111.204 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang berencana membeli sepeda hybrid, apakah saat ini Anda sedang bingung dalam memilihnya? Sekarang sudah banyak sepeda hybrid yang dijual di pasaran keluaran merek ternama, misalnya Polygon, United, Pacific, dan sebagainya. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri sehingga tidak sedikit pemula yang bingung soal patokan seperti apa yang sebaiknya diperhatikan saat memilih sepeda hybrid.Kali ini kami akan mengulas tentang sepeda hybrid yang direkomendasikan untuk pemula dengan harga cukup terjangkau namun berkualitas, dan mengurutkannya dalam format ranking. Kami akan membandingkan segi harga, kemampuan produk, dan ulasan dari pengguna yang sudah membelinya. Tentu saja kami juga akan menjelaskan tentang cara memilih sepeda hybrid yang tepat. Jadikanlah ulasan kami ini sebagai step awal serta referensi dalam menemukan sepeda hybrid yang paling cocok untuk Anda!
    Outdoor & sports
    72.873 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bersepeda adalah salah satu kegiatan yang banyak digemari orang dari berbagai kalangan dan usia. Sama seperti mengendarai sepeda motor, helm adalah benda penting yang wajib digunakan saat mengendarai sepeda. Khususnya dalam kegiatan bersepeda dengan jarak yang jauh, helm akan melindungi kepala Anda jika terjatuh.Berbagai brand terkenal seperti Endura, Limar, dan Rockbros berlomba membuat helm sepeda yang ringan, modis, dan berharga terjangkau. Kami akan menjelaskan kepada Anda poin penting dalam memilih helm sepeda. Kami pun akan memberikan rekomendasi helm sepeda terbaik yang layak Anda miliki. Yuk, disimak!
    Outdoor & sports
    46.278 Views
  • 10 Rekomendasi Knee Supporter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Knee Supporter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lutut adalah bagian tubuh yang penting dalam menopang badan Anda. Jika lutut cedera, beraktivitas pun akan terasa sangat menyulitkan. Untuk menghindari cedera lutut ataupun membantu penyembuhannya, dibutuhkan penyokong lutut atau knee supporter. Knee supporter juga biasa digunakan untuk manula yang terkena artritis.Menggunakan knee supporter yang sesuai akan membuat Anda lebih nyaman dalam beraktivitas. Kali ini kami akan membahas berbagai tips dalam memilih knee supporter yang tepat. Setelahnya, kami akan memberikan rekomendasi knee supporter terbaik keluaran LP Support, Mueller Sports Medicine, dan sebagainya. Yuk, disimak!
    Outdoor & sports
    11.173 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori