mybest
Meja

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Perlengkapan outdoor
  4. 10 Meja Lipat Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Meja Lipat Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Meja Lipat Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Meja Lipat Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Meja Lipat Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Meja Lipat Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Meja Lipat Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024)

Meja lipat bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk berkemah atau sebagai meja tambahan. Ukuran meja lipat juga bervariasi, mulai dari yang kecil dan pendek hingga yang berukuran tinggi besar. Ada begitu banyak produk meja lipat di pasaran, mana yang sebaiknya Anda pilih?

Sekarang, kami akan menjelaskan tips memilih meja lipat dan merekomendasikan produk dari merek yang bagus, seperti IKEA, Krisbow, Atria, dan sebagainya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Hanya meja lipat berkualitas yang akan Anda dapati dalam artikel ini, selamat memilih!
Diperbaharui 14/07/2023
Adlai Yulianus
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Cara memilih meja lipat

Apa saja poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih meja lipat? Kami akan menjelaskannya untuk Anda berikut ini.

1

Ketahui material yang digunakan

Pertama, Anda perlu mengecek material meja lipat pilihan Anda. Dengan mengetahui karakteristik dari tiap-tiap material, Anda pun akan lebih mudah menemukan produk yang tepat.

Bahan aluminium: Ringan dan tahan lama

Bahan aluminium: Ringan dan tahan lama

Meja lipat berbahan aluminium memiliki bobot ringan dan daya tahan yang baik. Hal tersebut membuat meja aluminium tergolong populer dan banyak digunakan. Kebanyakan produk juga dijual dengan harga yang bersahabat. Terutama jika Anda tidak terlalu mementingkan tampilan, meja lipat berbahan aluminium pantas diperhitungkan.


Selain itu, bahan aluminium lebih tahan karat. Sayangnya, bahan ini mudah melengkung bila terkena panas tinggi atau mudah tertekuk, bahkan patah. Kini banyak meja lipat yang menggunakan aluminium di bagian kaki saja, sedangkan bagian atas mejanya dibuat dari kain, vinyl, atau kulit.

Bahan baja: Kuat, tetapi cukup berat

Bahan baja: Kuat, tetapi cukup berat
Karakteristik dari material baja adalah tahan terhadap panas bahkan saat diletakkan di atas api. Hal itulah yang membuat meja lipat berbahan baja cocok untuk dibawa saat berkemah atau ketika mengadakan acara barbeque. Saat Anda letakkan oven atau wajan panas di atasnya sekalipun, permukaan meja lipat ini tidak akan bengkok. 

Meski begitu, meja baja memiliki bobot cukup berat dan masih sulit ditemukan di Indonesia. Jika lokasi berkemah Anda dapat diakses langsung oleh kendaraan, meja berbahan baja bisa menjadi pertimbangan utama karena tidak terkendala berat.

Bahan kayu: Memberi kesan natural

Bahan kayu: Memberi kesan natural
Kayu merupakan bahan yang paling awal digunakan untuk meja. Meja lipat kayu memiliki daya tarik utama berupa tampilannya yang natural. Selain itu, beberapa tipe kayu seperti jati bisa bertahan sampai puluhan tahun. Tampilan bahan kayu sendiri akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Hal tersebut akan membuatnya terlihat tambah unik.


Bila Anda menyukai produk dengan tampilan natural yang khas, meja lipat kayu adalah opsi tepat. Namun, mempertimbangkan aspek ekonomis dan kelestarian alam, kayu mulai digantikan oleh bahan lain yang bisa dibuat secara massal di pabrik.

Bahan plastik: Harganya terjangkau dan berbobot ringan

Bahan plastik: Harganya terjangkau dan berbobot ringan

Meja lipat berbahan plastik umumnya dijual dengan harga yang terjangkau dan berbobot ringan. Desain yang ditawarkan meja lipat plastik pun lebih variatif. Namun, daya tahannya lebih inferior ketimbang material lain sehingga kurang awet untuk digunakan dalam waktu lama. 


Meja lipat dengan bahan plastik tidak tahan panas, mudah pecah, dan menjadi getas setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu. Apabila sering terkena sinar matahari langsung, warnanya pun akan cepat memudar dan kualitasnya bisa menurun.

2

Cek ukuran meja

Cek ukuran meja
Berdasarkan tingginya, meja lipat dibagi menjadi dua kategori. 

  • Meja lipat model rendah dengan ketinggian di bawah 40 cm, nyaman digunakan saat Anda sedang ingin duduk lesehan. Selain itu, meja lipat dengan ketinggian ini juga bisa Anda gunakan saat piknik atau berkemah, bahkan di dalam tenda. Oleh karena itu, jenis ini termasuk cukup versatile meski umumnya tidak bisa menampung terlalu banyak barang.

  • Meja lipat dengan tinggi di atas 40 cm, bisa Anda jadikan meja tambahan di samping meja utama. Bila Anda ingin memanfaatkannya sebagai meja outdoor, pastikan Anda menyesuaikan dengan ketinggian kursi yang dimiliki. Ada juga meja lipat tinggi yang ketinggiannya bisa Anda ubah sesuai kebutuhan sehingga lebih fleksibel untuk digunakan.

Meja lipat biasanya tidak secara rutin digunakan. Sebaiknya Anda memilih meja dengan ukuran yang pas, tidak terlalu besar saat digunakan sekaligus masih mudah disimpan.

3

Periksa kestabilan dan kapasitas beban meja

Periksa kestabilan dan kapasitas beban meja
Meja lipat yang kurang stabil tidak hanya sulit digunakan, tetapi juga dapat membahayakan. Untuk mengetahui kestabilan dan keamanan penggunaannya, Anda bisa mengecek kapasitas bebannya terlebih dahulu. Jika meja lipat hanya digunakan untuk meletakkan sedikit barang mungkin kestabilan bukanlah poin utama. 

Lain halnya bila Anda menggunakan meja lipat untuk meletakkan banyak benda yang berat. Meja lipat yang kapasitas bebannya besar tentu akan lebih aman untuk ditempatkan banyak benda. Selain itu, meja lipat yang harganya terlalu murah bisa jadi agak sulit dirakit dan kurang stabil.


Di samping itu, stabilitas meja lipat sangat ditentukan oleh model kaki meja. Model meja lipat dengan bentuk kaki yang bentuknya “penuh” akan lebih stabil dibandingkan dengan yang kakinya berbentuk tiang.

4

Periksa kemudahan perakitannya

Periksa kemudahan perakitannya
Cara melipat dan cara merakit produk meja lipat yang satu dengan lainnya mungkin saja berbeda. Anda akan menemukan meja lipat yang kaki dan permukaan mejanya sudah tergabung menjadi satu. Namun, ada juga meja lipat yang harus dipasang satu per satu bagiannya saat ingin digunakan.

Produk yang pemasangannya terpisah memang jadi lebih compact, tetapi Anda akan sulit menggunakannya dengan cepat saat dibutuhkan. Tentu saja hal itu jadi melenceng dari tujuan penggunaan awalnya, yakni untuk memberi Anda kemudahan. Jadi, jangan luput untuk memeriksa waktu dan tenaga yang dibutuhkan saat merakit meja pilihan Anda, ya!


Saat ini, sudah banyak meja lipat yang kemasannya dapat digulung sehingga lebih praktis saat dibawa. Akan tetapi, meja lipat seperti ini biasanya berukuran agak besar dan tinggi, jadi mungkin Anda perlu kendaraan saat membawanya. Di sisi lain, sekarang ada juga meja lipat kecil yang bisa digulung sampai hanya sebesar tas pinggang.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi meja lipat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk meja lipat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Nankai

Meja Belajar (6 Warna)285-04

Nankai Meja Belajar (6 Warna) 1

Rp39.000

Lebih Murah

Meja lipat compact yang ada slot gadget dan botolnya

2

Meja Lipat Portable Kaki BulatFT-1

 Meja Lipat Portable Kaki Bulat 1

Rp239.000

Menengah

Bisa dilipat jadi koper dan kapasitas bebannya tinggi

3

Atria

Meja Laptop Georg

Atria Meja Laptop Georg 1

Rp249.000

Menengah

Atur saja kemiringannya sesuka Anda!

4

Krisbow

TABLE ADJUSTABLE 76CM278640

Krisbow TABLE ADJUSTABLE 76CM 1

Rp349.000

Agak Mahal

Tingginya mudah diubah, makin fleksibel untuk digunakan

5

Atria

Meja Lipat Hobbit Picnik

Atria Meja Lipat Hobbit Picnik 1

Rp699.000

Lebih Mahal

Meja sekaligus kursi, makin fungsional saat piknik!

6

Set Meja dan Kursi Lipat Kayu Serbaguna

 Set Meja dan Kursi Lipat Kayu Serbaguna 1

Rp298.000

Menengah

Sudah sepaket dengan satu kursi, makin ekonomis!

7

Dhaulagiri

DH Folding Table Ultralight501

Dhaulagiri DH Folding Table Ultralight 1

Rp228.900

Menengah

Permukaan mejanya bisa dilipat agar makin mudah dibawa

8

Changsen

Aluminium Folding Table8826

Changsen Aluminium Folding Table 1

Rp129.000

Agak Murah

Kuat dan mudah dibawa, siap dibawa bertualang

9

Mikado

Folding Table Medium Mermaid

Mikado Folding Table Medium Mermaid 1

Rp209.000

Menengah

Berhiaskan gambar mermaid, makin mudah disukai anak

10

IKEA

BRÄDA

IKEA BRÄDA 1

Rp179.000

Menengah

Ekonomis dan bisa digantung di dinding

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NankaiMeja Belajar (6 Warna)285-04

Meja Belajar (6 Warna) 1
Sumber: nankai.co.id
Meja Belajar (6 Warna) 2
Sumber: nankai.co.id
Meja Belajar (6 Warna) 3
Sumber: nankai.co.id
Harga referensi
Rp39.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp39.000
Lebih Murah

Meja lipat compact yang ada slot gadget dan botolnya

Kelebihan:
  • Ada slot gadget dan botol minum

Kekurangan:

  • Bahan MDF rentan rusak jika terus terpapar air dan rayap

Selain bisa dilipat, permukaan meja ini dilengkapi dengan slot gadget Anda bisa menempatkan handphone, tablet, atau gadget lain di slot tersebut. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi slot botol agar minuman Anda bisa ditempatkan dengan lebih rapi.


Ukurannya pun compact sehingga mudah disimpan dan pas digunakan di area yang tidak terlalu luas misalnya di ranjang. Produk ini sangat pas dipilih bila Anda membutuhkan meja lipat kecil sebagai partner saat menggunakan gadget.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Meja Lipat Portable Kaki BulatFT-1

Harga referensi
Rp239.000
Menengah

Bisa dilipat jadi koper dan kapasitas bebannya tinggi

Kelebihan:

  • Bisa dilipat jadi seperti koper, makin mudah disimpan dan dibawa

Kekurangan:
  • Dalam kondisi terbuka ukurannya agak besar, perlu space khusus untuk bisa ditempatkan

Jika Anda mencari meja lipat besi berdesain minimalis yang dapat ditempatkan banyak benda sekaligus gampang dipindahkan, produk ini solusinya. Dapat dilipat sehingga hanya menjadi seukuran koper, meja lipat yang cocok digunakan jualan ini sangat mudah dibawa bepergian. Selain itu, kapasitas bebannya pun tinggi sehingga tidak mudah patah meski ditempatkan berbagai benda.

No.3

AtriaMeja Laptop Georg

Harga referensi
Rp249.000
Menengah

Atur saja kemiringannya sesuka Anda!

Kelebihan:
  • Varian warna yang ditawarkan melimpah

Kekurangan:

  • Bahan MDF rentan rusak akibat rayap atau air

Tidak hanya cocok dibawa untuk kegiatan outdoor, meja ini juga pas digunakan untuk belajar. Sudut kemiringannya bisa Anda ubah hingga 40°, Anda pun akan makin nyaman belajar menggunakan laptop atau buku. Tak perlu ragu memilih produk ini jika Anda mencari meja lipat dengan sudut kemiringan yang bisa diubah, ya!


Selain itu, ada bagian yang bersifat permanen dan tidak bisa dimiringkan. Anda bisa menggunakannya untuk meletakkan mouse, minuman, dan sebagainya. Saat dilipat, produk ini berubah menjadi hanya berukuran 55 cm × 32 cm × 4 cm. Masih mudah untuk disimpan atau diselipkan di belakang lemari, bukan?
No.4

KrisbowTABLE ADJUSTABLE 76CM278640

Harga referensi
Rp349.000
Agak Mahal

Tingginya mudah diubah, makin fleksibel untuk digunakan

Kelebihan:

  • Tingginya bebas Anda ubah sesuai kebutuhan

Kekurangan:

  • Tidak tersedia varian warna lain

Produk ini adalah salah satu opsi untuk Anda yang menyukai produk dengan fleksibilitas penggunaan mumpuni. Ketinggian produk ini dapat Anda atur dengan rentang jarak yang cukup besar, mulai dari 35 cm hingga 71,5 cm. Dengan begitu, baik saat menggunakan kursi pendek atau kursi tinggi, produk ini tetap dapat digunakan, fleksibel!

No.5

AtriaMeja Lipat Hobbit Picnik

Harga referensi
Rp699.000
Lebih Mahal

Meja sekaligus kursi, makin fungsional saat piknik!

Kelebihan:
  • Hadirkan empat kursi sekaligus meja saat dibuka, praktis

Kekurangan:

  • Untuk kategori meja lipat secara umum, harganya tergolong tinggi

Anda gemar piknik ramai-ramai atau mencari meja lipat yang sangat fungsional digunakan saat piknik? Produk ini tidak boleh Anda lewatkan. Meja lipat ini sangatlah fungsional karena saat dibentangkan akan berubah menjadi meja lengkap dengan empat kursi. Padahal, saat dilipat produk ini hanya berukuran 87 cm x 11 cm x 40 cm sehingga tergolong mudah disimpan.


Meja dan setiap kursinya pun memiliki kekuatan mumpuni karena mampu menahan beban besar. Setiap kursinya kuat menahan beban hingga 120 kg, sementara mejanya berkapasitas beban 70 kg, lho! Dapat dilipat menjadi koper, produk ini pun menjadi makin praktis digunakan untuk acara piknik Anda.
No.6

Set Meja dan Kursi Lipat Kayu Serbaguna

Harga referensi
Rp298.000
Menengah

Sudah sepaket dengan satu kursi, makin ekonomis!

Kelebihan:

  • Sudah satu set dengan kursi

Kekurangan:

  • Material kayu rentan rusak akibat rayap atau air

Ketika membeli produk ini, Anda akan memperoleh meja lipat lengkap dengan kursi. Desain kursinya pun senada dengan meja sehingga akan terlihat makin cantik saat diletakkan di dalam atau luar ruangan. Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan dana tambahan untuk membeli kursi secara terpisah, produk ini solusinya.

No.7

DhaulagiriDH Folding Table Ultralight501

Harga referensi
Rp228.900
Menengah

Permukaan mejanya bisa dilipat agar makin mudah dibawa

Kelebihan:

  • Permukaan meja bisa dilipat sehingga muat di kantong kecil

Kekurangan:

  • Material kain rentan robek jika terkena benda tajam

Jika Anda mencari meja lipat yang sangat mudah dibawa dan disimpan, ini dia jawabannya! Tidak hanya bisa dilipat, rangka meja ini bahkan dapat ditekuk agar menjadi lebih pendek. Bagian mejanya pun terpisah dengan rangka dan dapat dilipat sehingga secara keseluruhan hanya berukuran 57 cm × 7 cm. Tak sulit untuk dibawa-bawa, deh!

No.8

ChangsenAluminium Folding Table8826

Harga referensi
Rp129.000
Agak Murah

Kuat dan mudah dibawa, siap dibawa bertualang

Kelebihan:

  • Tahan karat berkat bahan aluminium

Kekurangan:

  • Meja lipat ini tergolong pendek, lebih cocok dijadikan meja lesehan

Produk ini adalah opsi tepat jika Anda mencari meja lipat yang kuat dan mudah dibawa ke mana pun. Penggunaan bahan aluminium berkualitas membuat meja lipat ini menjadi tidak mudah rusak. Dalam kondisi terlipat, produk ini memiliki ukuran hanya sebesar 40 cm x 29 cm x 6 cm cm. Tentu tidak memakan banyak tempat penyimpanan, bukan? 

No.9

MikadoFolding Table Medium Mermaid

Harga referensi
Rp209.000
Menengah

Berhiaskan gambar mermaid, makin mudah disukai anak

Kelebihan:

  • Tampil menarik dengan gambar mermaid

Kekurangan:

  • Untuk kategori meja lipat medium, harganya tergolong agak tinggi

Untuk dihadiahkan pada anak perempuan yang menyukai benda yang tampilannya sweet, produk ini layak Anda perhitungkan. Gambar mermaid pada permukaan meja ini membuatnya terlihat makin manis sekaligus feminin. Dengan begitu, anak perempuan Anda pun makin tertarik menggunakannya. Ukurannya medium, lebih dari cukup untuk ditempatkan buku atau perlengkapan belajar lainnya.

No.10

IKEABRÄDA

Harga referensi
Rp179.000
Menengah

Ekonomis dan bisa digantung di dinding

Kelebihan:

  • Bisa digantung, makin mudah disimpan

Kekurangan:

  • Ukurannya tidak terlalu besar, kurang cocok ditempatkan banyak benda

Meja lipat berkualitas keluaran IKEA ini dapat Anda gantung di dinding agar lebih hemat tempat penyimpanan. Bagian permukaannya pun didesain tahan panas dan segala tumpahan. Dengan kualitas seperti itu, nyatanya produk ini memiliki harga yang masih bersahabat. Sangat pas dipilih oleh Anda yang ingin memperoleh meja lipat tanpa perlu keluar banyak dana.

Baca juga rekomendasi meja lipat dan kursi lipat lainnya di sini

Tidak hanya meja, sekarang pun banyak beredar kursi lipat yang nyaman digunakan. Untuk mempermudah anak belajar, meja lipat untuk belajar pun layak Anda miliki. Anda bisa membaca mengenai seluruh produk tersebut di sini.

Kesimpulan

Meja lipat sangat praktis digunakan terutama dalam berbagai kegiatan luar ruangan. Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu material dari meja lipat pilihan Anda.

Selain itu, ketahui juga ukuran dan ketinggian meja lipat tersebut. Poin kemudahan perakitan pun penting untuk Anda perhatikan. Makin mudah dirakit, makin mudah pula meja tersebut digunakan. Pilihlah meja lipat yang tepat dan nikmati momen bersantai Anda!

5 Rekomendasi Meja Lipat terbaik

No. 1: NankaiMeja Belajar (6 Warna)285-04

No. 2: Meja Lipat Portable Kaki BulatFT-1

No. 3: AtriaMeja Laptop Georg

No. 4: KrisbowTABLE ADJUSTABLE 76CM278640

No. 5: AtriaMeja Lipat Hobbit Picnik

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Perlengkapan outdoor
  4. 10 Meja Lipat Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.