10 Rekomendasi Matras Terbaik untuk Bayi dan Balita (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Matras Terbaik untuk Bayi dan Balita (Terbaru Tahun 2018)


Bayi dan balita yang berumur 0 sampai 3 tahun biasanya masih membutuhkan waktu tidur dalam jumlah banyak, baik malam maupun siang hari. Salah satu kunci utama membuat bayi atau balita Anda mudah tidur pada siang hari adalah jenis matras yang Anda gunakan. Matras bayi bentuknya lebih mudah dibawa-bawa dan lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan kasur bayi.

Jika Anda bingung memilih matras terbaik untuk bayi atau balita Anda, simak saja artikel ini. Kami akan memberikan tips cara memilih matras terbaik untuk bayi dan balita, serta kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaiknya.

Daftar isi

Apa itu matras bayi dan balita?

Apa itu matras bayi dan balita?

Matras bayi dan balita adalah alas tidur yang bentuknya compact serta cocok dibawa kemana-mana. Matras bayi berukuran lebih kecil, sekitar 60 x 120 cm, dan diperuntukkan bagi bayi yang baru lahir hingga 2 tahun. Sedangkan untuk balita yang berumur 3-5 tahun dan mulai aktif bergerak, sebaiknya menggunakan matras balita yang berukuran 75 x 140 cm.

Bukankah saat bayi tidur sebaiknya diletakkan di kasur bayi? Kedua produk tersebut sama-sama bisa digunakan untuk menidurkan bayi. Namun, matras lebih ringan dan dapat dibawa kemana-mana. Ini akan sangat berguna ketika Anda sedang berkunjung ke rumah saudara ataupun sedang bermain dengan bayi di ruang keluarga. Berbeda dengan kasur bayi yang biasanya dipagari agar bayi tidak kemana-mana dan lebih sulit dipindah-pindahkan.

Untuk keempukan dan kenyamanan, kasur bayi memang lebih direkomendasikan untuk menidurkan bayi dalam jangka waktu yang lama. Namun, untuk tidur siang yang jangka waktunya tidak terlalu lama, matras bayi lebih direkomendasikan karena lebih ringkas dan tidak merepotkan Anda.

Matras ini sangat cocok digunakan untuk bayi yang sudah mulai berguling dan merangkak. Jika Anda meletakkan bayi di atas kasur, bayi ada kemungkinan untuk bergerak ke pagarnya dan terjatuh. Matras bayi lebih aman karena bayi tidak akan terjatuh dari ketinggian. Matras untuk tidur siang ini sangat direkomendasikan sebagai tempat tidur bayi dan balita yang mulai memasuki fase berguling dan merangkak.

Cara memilih matras untuk tidur siang

Memang sangat sulit untuk menemukan matras bayi dan balita karena banyaknya pilihan yang dijual di pasaran. Di sini kami akan membantu Anda memilih matras yang baik dengan memperhatikan hal-hal yang harus dicermati.

Pilihlah bahan polyester agar mudah untuk dicuci

Pilihlah bahan polyester agar mudah untuk dicuci

Matras ini akan sering digunakan oleh bayi dan balita. Matras tersebut pasti akan cepat kotor karena ketumpahan susu bayi, keringat, dan liur yang menempel di matras. Jika memilih bahan yang sulit dicuci maka Anda akan kesulitan untuk membersihkannya ketika kotor. Sekalipun Anda berhasil untuk mencucinya, ada kemungkinan akan sulit untuk dikeringkan.

Jika Anda memilih bahan polyester, maka akan mudah untuk dicuci dan dapat dikeringkan dengan cepat. Selain itu, untuk Anda yang merasa mencuci menggunakan tangan terlalu merepotkan, bahan polyester juga bisa dicuci dengan mesin cuci sehingga lebih praktis. Dengan matras yang selalu bersih, Anda pun tidak perlu merasa khawatir dengan keamanan bayi Anda.

Jika Anda sering bepergian dengan bayi Anda, pilihlah matras yang ringan dan kompak

Jika Anda sering bepergian dengan bayi Anda, pilihlah matras yang ringan dan kompak

Sebaiknya Anda memilih matras bayi dan balita yang mudah dilipat agar praktis untuk dibawa kemana-mana. Namun, Anda harus lebih cermat dalam memilih karena di dalam matras itu sendiri ada busa tebal yang mungkin akan memberatkan.

Jika Anda hanya akan menggunakan matras bayi dan balita tersebut di rumah, sebaiknya pilih yang tebal karena akan lebih empuk dan nyaman untuk bayi dan balita Anda. Sebaliknya, pilihlah matras yang ringan jika Anda ingin membawa matras tersebut saat bepergian ke luar rumah. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda ya!

Pilihlah desain favorit Anda untuk meningkatkan mood saat mengasuh anak

Pilihlah desain favorit Anda untuk meningkatkan mood saat mengasuh anak

Matras bayi dan balita banyak dijual dengan desain yang unik dan menarik. Selain mengutamakan desain yang cocok dengan bayi, Anda perlu juga memperhatikan motifnya.

Ketika bayi Anda lahir, tentu banyak kerabat yang akan mengunjungi Anda dan bermain dengan bayi. Dengan begitu matras pilihan Anda juga akan banyak dilihat orang. Mengapa tidak jadikan bayi Anda semakin imut dan menggemaskan dengan memilih matras bayi dengan motif yang menarik?

Sangat disarankan untuk memilih desain yang Anda juga senang ketika melihatnya karena matras bayi tersebut akan Anda lihat setiap harinya saat mengasuh bayi. Jadikan aktivitas mengasuh bayi menyenangkan!

Sesuaikan jangka waktu pemakaian dengan usia dan ukuran tubuh bayi atau balita

Sesuaikan jangka waktu pemakaian dengan usia dan ukuran tubuh bayi atau balita

Matras tidur bayi dan balita tersedia dengan berbagai ukuran yang dapat digunakan sesuai dengan umur bayi. Matras dengan ukuran yang kecil dapat digunakan sampai dengan umur 1 tahun. Untuk matras ukuran besar dapat digunakan anak usia 4-5 tahun. Bayi berumur 0-2 bulan menghabiskan sebagian waktunya untuk tidur dan barulah pada umur 1 tahun waktu tidurnya sedikit berkurang. Namun, penting untuk memastikan anak Anda tidur dengan cukup hingga usia 6 tahun.

Jika Anda memutuskan untuk memakai matras dalam beberapa tahun ke depan, maka Anda dapat membeli dengan ukuran yang besar dan tidak perlu menggantinya. Sedangkan untuk pemakaian jangka pendek, sebaiknya Anda memilih dengan ukuran yang kecil. Matras bayi berukuran 60 x 120 cm akan aman untuk sampai bayi berumur 1 tahun. Matras dengan ukuran 75 x 140 cm dapat dipakai sampai umur 5 tahun.

10 Rekomendasi matras bayi terbaik untuk tidur siang

Setelah Anda melihat hal-hal  yang perlu diperhatikan ketika memilih matras bayi, sekarang kita lihat 10 rekomendasi matras bayi terbaik

10. Babybee Matras Pad Latex

10. Babybee Matras Pad Latex

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 770.000

Tulang belakang bayi Anda akan terlindungi dengan matras ini

Jika Anda mencari matras yang dapat membantu menopang tulang belakang dan memberikan kenyamanan untuk bayi saat tidur, pilihlah matras ini. Matras berbahan 100% lateks ini didesain khusus sesuai kontur tubuh bayi sehingga bayi tidak mengalami masalah pada tulang belakang pada saat tumbuh kembangnya.

Sangat cocok untuk digunakan oleh bayi sampai kurang lebih berumur 1 tahun. Selain itu, jika Anda khawatir karena bahan kain yang digunakan akan membuat bayi akan kepanasan, tenang saja karena matras ini menggunakan kain serat bambu yang akan mempunyai daya serap dan sirkulasi udara yang baik. Yuk segera beli produk ini untuk pertumbuhan tulang belakang bayi yang sempurna!

9. Dialogue Hand Carry Baby Matress Puppet

9. Dialogue Hand Carry Baby Matress Puppet

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 155.000

Matras praktis dan mudah digunakan dengan harga ekonomis

Jika mencari matras yang praktis dalam pemakaiannya dengan harga yang ekonomis, maka pilihlah matras ini. Sangat praktis karena bantal dan selimutnya menyatu dengan matras sehingga Anda tidak perlu membawanya secara terpisah. Bayi Anda pasti akan menyukai bagian bantalnya karena didesain dengan karakter kucing yang sangat menarik perhatian bayi.

Ukuran dari matras ini 87 x 43 cm sehingga dapat digunakan bayi kurang lebih sampai umur 1 tahun. Selain itu, Anda dapat menggulung matras ini dan membawanya seperti tas karena dilengkapi dengan tali panjang yang dapat Anda sesuaikan dengan panjang yang dibutuhkan. Jadi akan sangat memudahkan Anda ketika bepergian ke mall atau tempat lainnya dengan bayi.

8. Stephen Joseph All Over Print Nap Mats

8. Stephen Joseph All Over Print Nap Mats

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.046.988

Bebaskan anak berimajinasi dengan motif yang penuh di sekelilingnya

Matras ini didesain dengan motif yang penuh di sekelilingnya sehingga akan sangat menarik perhatian anak dan bagus untuk perkembangan daya imajinasi anak. Produk ini tersedia dalam berbagai motif dan warna untuk dipilih. Anak Anda dapat memilih sesuai dengan kesukaannya. Matras ini dapat digunakan sampai dengan usia kurang lebih 3 tahun.

Untuk kenyamanan Anda tidak perlu khawatir, matras ini menggunakan bahan polyester yang lembut dan menyerap keringat. Selain itu, bagian bantal di matras ini dapat dilepas sehingga sangat bermanfaat untuk anak Anda yang tidak terlalu suka menggunakan bantal ketika tidur.

7. Iopoio Kids Nap Mat Betty the Butterfly

7. Iopoio Kids Nap Mat Betty the Butterfly

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.259.675

Waktu dipakai nyaman, waktu digulung menggemaskan

Faktor utama dalam memilih matras untuk anak pastilah kenyamanannya. Matras bayi ini sangat nyaman saat digunakan karena terbuat dari 100% polyester yang sangat lembut. Saat bersentuhan dengan kulit anak Anda, tidak akan terasa gatal sehingga anak Anda bisa tidur dengan nyaman. Motif kupu-kupu berwarna merah muda cocok sekali dengan anak perempuan Anda.

Matras ini juga bisa digulung dan digendong seperti tas anak-anak sehingga Anda bisa mengajarkan anak Anda tanggung jawab sejak kecil dengan membawa matras tidurnya sendiri. Tenang saja, ringan kok! Cocok untuk anak Anda yang sudah berusia 3-5 tahun. Melihat anak Anda membawa matras tidur sendiri dengan motif lucu pasti sangat menggemaskan, ya?

6. Lolli Living Sparow Mat- Deer

6. Lolli Living Sparow Mat- Deer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.327.000

Matras kepala rusa yang menggemaskan dan disukai bayi

Bayi akan sangat menyukai apapun yang berbentuk boneka. Matras tidur siang ini sangat menarik untuk bayi karena bagian di atasnya berbentuk kepala rusa yang menggemaskan. Bayi Anda akan disibukkan dengan kegiatan bermain dengan kepala rusa bahkan sampai tertidur. Selain itu, kegiatan mengganti popok akan menjadi mudah karena bayi Anda akan merasa nyaman berada di matras.

Namun, ukuran matras ini tidak terlalu besar sehingga hanya dapat digunakan oleh bayi kurang dari umur 1 tahun. Jika Anda hanya mencari matras untuk pemakaian jangka pendek, maka matras boneka ini dapat menjadi pilihan. Anda juga bisa menjadikan produk ini hadiah untuk teman Anda yang baru memiliki bayi lho!

5. Wildkin Olive Kids Robots Nap Mat

5. Wildkin Olive Kids Robots Nap Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.437.480

Rapikan matras lebih mudah dengan tali velcro

Jika anak Anda pencinta robot maka matras ini wajib dibeli untuk melengkapi koleksinya. Sangat cocok untuk digunakan untuk anak yang berusia 3 tahun ke atas. Matras ini sangat ringan sehingga anak dapat membawanya dengan mudah ketika menginap di rumah kakek neneknya ataupun acara sekolah.

Ketika menggunakan matras ini, anak dapat menyesuaikan dalam memasang dan melepas bantal ketika tidur sesuai kenyamanan mereka. Matras ini menggunakan tali pengikat velcro sehingga anak dengan mudah merapikan dan menggulung matras ini. Hal ini akan membantu anak belajar untuk bertanggung jawab membereskan barangnya sehabis mereka tidur.

4. Mamadoo Kids Smart

4. Mamadoo Kids Smart

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.991.000

Cegah sindrom kepala peyang dengan matras ini

Terkadang matras dengan kualitas yang kurang baik ketika dipakai akan melekuk dan sulit untuk dapat kembali ke bentuk semula. Namun, berbeda dengan matras ini. Terbuat dari bahan kapas lembut dan busa berkualitas tinggi yang tidak akan mudah melekuk, matras ini dapat mencegah sindrom kepala peyang.

Kepadatan busanya sangat pas untuk balita sehingga anak merasa sedang tidur di dada Anda. Matras ini akan sangat membantu Anda karena mudah dilipat, dibawa dan ada pegangan untuk membawanya. Namun karena bentuknya agak besar, matras ini lebih cocok untuk digunakan di rumah ataupun hendak menitipkan di rumah orang tua Anda.

3. Urbant Infant Nap Mat

3. Urbant Infant Nap Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.111.000

Memudahkan kerja Anda karena dapat dikeringkan dengan mesin pengering

Matras yang sulit pencuciannya atau membutuhkan waktu yang lama untuk kering pastinya membuat Anda kesal. Bayi Anda jadi tidak bisa memakainya dalam jangka waktu tertentu. Urban Infant Nap Mat mungkin bisa menjadi solusi Anda karena bahannya yang tidak terlalu tebal dan bisa dikeringkan menggunakan mesin pengering. Pekerjaan Anda menjadi lebih cepat selesai.

Kemudahan dalam pencucian dan pengeringan produk ini membuatnya cocok untuk anak Anda yang baru lahir. Bayi baru lahir pasti sering mengompol, mengeluarkan air liur dan berkeringat sehingga Anda harus sering-sering membersihkannya. Matras ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama sampai dengan umur 3-4 tahun. Motifnya menarik, pasti disukai ibu dan juga si bayi!

2. Petitmon Cool Mat Bunny

2. Petitmon Cool Mat Bunny

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.200.000

Dengan teknologi Honeycomb 3D, bayi Anda terhindar dari overheating dan ruam kulit

Masalah umum yang terjadi pada bayi adalah munculnya biang keringat atau ruam kulit. Penyebabnya antara lain bayi terpapar hawa panas yang cukup lama atau berkeringat karena tidur terlalu lama, apalagi Anda tinggal di negara tropis. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakanlah matras bayi Peticool ini.

Teknologi honeycomb 3D pada matras ini mampu mengalirkan sirkulasi udara dengan baik sehingga kulit bayi terhidar dari overheating dan biang keringat. Jadi Anda tidak perlu khawatir bayi akan berkeringat karena sistem sirkulasi udara yang cukup efektif yang akan menyerap keringat dan mencegah pertumbuhan bakteri.

1. Folding Pack and Play Mattress

1. Folding Pack and Play Mattress

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.672.000

Matras super nyaman, teman bayi saat lagi aktif-aktifnya!

Bayi yang baru mulai tumbuh kebanyakan sangat aktif bergerak sehingga Anda perlu menyiapkan tempat yang aman dan nyaman untuknya bermain. Matras ini sangat bisa Anda andalkan karena bahan lateks alami yang dibungkus dengan kain katun membuatnya sangat nyaman untuk bayi. Bisa digunakan untuk tempat bermain sekaligus tidur.

Dengan bahan yang lembut, bayi Anda akan sangat menikmati waktu bermainnya sambil berguling-guling hingga tertidur. Matras ini juga sangat mudah disimpan karena terdiri dari 3 bagian yang mudah dilipat, Anda pun jadi lebih hemat tempat. Ada harga ada kualitas. Berikanlah sarana terbaik untuk tumbuh kembang bayi Anda dengan matras ini!

Kesimpulan

Kami sudah merekomendasikan 10 matras bayi terbaik untuk tidur siang kepada Anda. Apakah Anda sudah menemukan matras terbaik untuk bayi Anda?

Saat memilih matras bayi, utamakan kenyamanan bahannya saat bersentuhan dengan kulit anak Anda. Jangan sampai Anda membeli matras yang terlalu murah atau terlalu mahal, tetapi tidak terpakai karena anak Anda tidak nyaman. Selamat memilih!