1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Matras Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Matras Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Matras Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Matras Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Matras Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Matras Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Matras Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Matras bayi biasa digunakan untuk tidur, area bermain, ataupun belajar merangkak bagi si kecil. Dibandingkan kasur, matras lebih compact dan mudah dibersihkan. Matras juga bisa digunakan di ruang keluarga. Namun, ukuran dan ketebalannya beragam. Bahkan, masih ada ibu yang ragu membutuhkan matras atau tidak.

Kali ini kami akan membagikan berbagai tips dalam memilih matras bayi yang bagus. Beberapa varian matras ada yang antiair dan model lipat dengan motif karakter. Kami juga akan memberikan rekomendasi matras bayi terbaik dari berbagai merek, seperti Dr. Bebe, IKEA, dan Speeds. Simak bersama, yuk!

Diperbaharui 10-22-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa saja fungsi matras bayi?

Apa saja fungsi matras bayi?

Masih banyak ibu yang ragu memakai matras bayi untuk si kecil. Sebenarnya, ada berbagai manfaat yang membuat ibu dan bayi senang jika menggunakan matras. 


  • Matras bayi portabel memudahkan Anda untuk menaruh bayi sambil mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Dengan begitu, ibu bisa dengan tenang mengerjakan pekerjaan rumah sembari mengawasi si kecil yang sedang tidur. 

  • Penggunaan matras meminimalkan kasur jadi kotor karena aktivitas bayi. Biasanya matras digunakan untuk mengganti pakaian, popok, hingga area bermain bayi. Untuk itu, beberapa matras menawarkan keunggulan waterproof ataupun mudah dibersihkan jika kotor.

  • Tersedia matras bayi yang dilengkapi mainan untuk melatih motorik. Dengan begitu, Anda tidak perlu kebingungan memilih mainan tambahan di kasur si kecil.

  • Matras bayi lipat mudah dibawa dan praktis digunakan saat bepergian.

Apakah Anda sudah menemukan fungsi yang paling cocok bagi Anda dalam memilih matras bayi? Pastikan Anda juga menentukan matras yang ukurannya sesuai dengan si kecil, ya!

Cara memilih matras bayi

Memang tidak mudah untuk menemukan matras bayi dan balita karena banyaknya pilihan yang dijual di pasaran. Kami akan membantu Anda memilih matras yang baik dengan memperhatikan hal-hal yang harus dicermati.

① Pilih bahan yang mudah dibersihkan

Pilih bahan yang mudah dibersihkan

Kulit bayi bersentuhan langsung dengan matras saat dipakai sehingga lebih baik memilih produk yang bahannya mudah dicuci. Matras yang terjaga kebersihannya tak hanya praktis untuk ibu, tetapi juga nyaman untuk bayi. Oleh karena itu, mengetahui bahan pembuatan matras bayi juga penting agar Anda tidak salah memilih.


  • Padding poliester, tidak membutuhkan waktu lama untuk mengering.

  • Foam XPE, memiliki keunggulan tahan air atau waterproof. Selain itu, foam XPE dikenal memiliki tekstur kuat, antirobek, ringan, dan tidak berbau. Apabila ada kotoran, bahan ini cukup dibersihkan dengan lap kering.

  • Katun, sejuk dan lembut di kulit bayi. Beberapa jenis katun yang dipakai pada matras bayi memiliki klaim mudah kering saat dibersihkan, contohnya seersucker.

② Cari produk yang bisa dilipat dan mudah dibawa

Cari produk yang bisa dilipat dan mudah dibawa

Bagi orang tua, kenyamanan bayi saat tidur adalah hal utama. Namun, kemudahan perawatan juga faktor yang patut dipertimbangkan karena memiliki banyak kelebihan. Akan terasa lebih praktis jika Anda memiliki matras portabel ringan yang bisa dibawa bepergian. Pilihlah produk yang saat dilipat memiliki ketebalan dan ukuran yang pas untuk dibawa bepergian.


Saat di rumah, Anda bisa memilih kasur matras bayi tebal yang nyaman. Jadi, sesuaikanlah penggunaan matras dengan kondisi dan kegiatan.

③ Gunakan produk berukuran besar untuk penggunaan jangka panjang

Gunakan produk berukuran besar untuk penggunaan jangka panjang

Jika Anda ingin menggunakan matras dalam jangka waktu lama sampai bayi tumbuh, pilihlah matras yang berukuran besar. Makin besar usianya, bayi akan melakukan lebih banyak gerakan. Oleh sebab itu, matras kasur bayi yang lebih panjang dan lebar akan membuat si kecil lebih leluasa bergerak. 


  • Bayi baru lahir atau newborn memiliki tinggi badan sekitar 40–55 cm. Untuk digunakan newborn, Anda dapat memilih matras bayi berukuran ±60 cm.

  • Bayi usia 6–12 bulan di Indonesia biasanya memiliki tinggi badan sekitar 57–74 cm. Matras sepanjang 80–90 cm dapat dipilih untuk bayi pada rentang usia 6–12 bulan.

  • Untuk anak usia 1–2 tahun rata-rata tinggi badannya mencapai 7290 cm. Matras bayi dengan panjang 100 cm cocok untuk anak berumur 1–2 tahun.

  • Pada usia 3 tahun, si kecil lebih aktif bergerak dan mulai banyak yang dikerjakannya. Siapkanlah play mat berukuran 150–200 cm untuk anak berusia 3 tahun ke atas.

④ Pertimbangkan manfaat tambahan yang dimiliki

Setelah mengetahui fungsi matras untuk bayi, Anda juga dapat mengetahui keunggulan lain yang dimiliki dari matras pilihan Anda. Ada yang dilengkapi kelambu atau mainan untuk melatih motorik si kecil. 

Dilengkapi kelambu, terbebas dari gigitan nyamuk atau serangga lainnya

Dilengkapi kelambu, terbebas dari gigitan nyamuk atau serangga lainnya

Apabila lokasi rumah Anda banyak sarang nyamuk, tentu ini menjadi hal yang mengkhawatirkan untuk si kecil. Pasalnya, gigitan nyamuk akan membuat bayi rewel karena gatal dan terkena penyakit tertentu. 


Untuk mengatasi masalah tersebut, carilah matras lantai untuk bayi yang dilengkapi kelambu. Namun, kebanyakan kasur bayi set kelambu ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga sulit dibawa bepergian

Dipadukan mainan, melatih motorik anak dan tampilan makin menggemaskan

Dipadukan mainan, melatih motorik anak dan tampilan makin menggemaskan

Orang tua dapat menstimulasi penglihatan bayi dari usia menjelang sebulan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan mainan yang digantung pada matras atau play mat-nya. Bayi akan mengikuti gerakan mainan tanpa harus menggerakkan kepalanya. Agar memudahkan Anda melatih motorik si kecil, play mat yang dilengkapi mainan perlu Anda pertimbangkan. 


Mainan colorful ini pun menciptakan matras bayi makin menggemaskan. Selain itu, beberapa produsen play mat bayi juga menyediakan produk dengan musik atau suara supaya bayi tidak bosan. Di samping menstimulasi penglihatan dan gerakan, ritme musik dapat merangsang otak dan meningkatkan perkembangan bicara.

10 Rekomendasi matras bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk matras bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Speeds

Karpet Lipat XPE

Speeds Karpet Lipat XPE 1枚目

Matras bayi lipat yang antiair dan cute

2

Canel & Co

Baby Play Gym and Piano Play Mat

Canel & Co Baby Play Gym and Piano Play Mat 1枚目

Latih motorik halus dan kasar sejak dini

3

Elha Baby

Matras Bayi + Bantal Guling

Elha Baby Matras Bayi + Bantal Guling 1枚目

Saatnya piknik bersama si kecil dengan matras empuk dan ekonomis

4

Elephant

Baby Mattress

Elephant Baby Mattress 1枚目

Dukung pertumbuhan tulang dengan matras tidur bayi berdensitas medium

5

Omiland

Kasur Lipat Panda Series + Kelambu

Omiland Kasur Lipat Panda Series + Kelambu 1枚目

Matras bayi bergambar panda yang dilengkapi kelambu, bebas gigitan nyamuk, deh!

6

Dr. Bebe

Baby Play Mat

Dr. Bebe Baby Play Mat 1枚目

Buat si kecil berimajinasi dengan motifnya yang beragam

7

Snobby

Matras Bayi Set Artsy Series

Snobby Matras Bayi Set Artsy Series 1枚目

Nyaman untuk dibawa traveling karena bisa dilipat

8

Mini Tiny

Multifunction Mattress

Mini Tiny  Multifunction Mattress  1枚目

Temani si kecil merangkak dengan karpet lipat motif, bisa dibolak-balik juga!

9

IKEA

SKÖTSAM Alas Ganti Popok Bayi

IKEA SKÖTSAM Alas Ganti Popok Bayi 1枚目

Matras bayi IKEA berbahan plastik, unik dan BPA free!

10

Little Friends

Baby Playmat

Little Friends Baby Playmat 1枚目

Ciptakan keseruan mandi bola dengan play mat

Perincian produk
Close
No.1

SpeedsKarpet Lipat XPELX-027

Mulai dari Rp170.000,00

Matras bayi lipat yang antiair dan cute

Kelebihan:

  • Dapat dilipat sehingga praktis dibawa bepergian
  • Bahannya empuk, tidak berbau, dan tidak membekas saat disentuh

Kekurangan:

  • Bagian permukaan rentan sobek jika tergores benda tajam

Apakah Anda mencari matras bayi yang multifungsi? Beralihlah ke matras lipat bayi dari brand Speeds ini! Karpet lipat ini terbuat dari foam XPE yang dikenal empuk, tidak berbau, dan tidak membekas saat disentuh. Produk ini cocok digunakan bayi untuk belajar merangkak, bermain, berjalan, ataupun sebagai alas tidur. 


Anda juga tidak perlu khawatir ketika air tumpah karena matras lipat bayi ini bersifat waterproof. Produk ini juga diklaim memiliki ketahanan mencapai 3–5 tahun. Apakah Anda tertarik mencobanya?

No.2

Canel & CoBaby Play Gym and Piano Play Mat

Mulai dari Rp239.000,00

Latih motorik halus dan kasar sejak dini

Kelebihan:

  • Dilengkapi mainan gantung dan pijakan musik
  • Mudah dipindah-pindahkan

Kekurangan:
  • Ukurannya terbatas sehingga hanya dianjurkan untuk bayi newborn sampai usia satu tahun

Melatih perkembangan si kecil pasti jadi hal yang mengesankan bagi orang tua. Tahapannya bisa dimulai dari melatih merangkak, duduk, berbicara, dan lainnya. Saat memasuki usia sebulan, si kecil pun sudah dapat distimulasi perkembangannya, lho! 


Latih penglihatan dan gerakan motorik bayi dengan produk dari Canel & Co satu ini! Play mat ini dilengkapi dengan mainan gantung dan piano pada bagian pijakan kaki. Bayi pun akan tertarik untuk bermain dan bergerak di play mat favoritnya!

No.3

Elha BabyMatras Bayi + Bantal Guling

Mulai dari Rp93.000,00

Saatnya piknik bersama si kecil dengan matras empuk dan ekonomis

Kelebihan:

  • Dilengkapi bantal dan guling
  • Praktis dibawa bepergian

Kekurangan:

  • Ukuran cukup kecil sehingga hanya bisa digunakan untuk bayi usia newborn hingga satu tahun

Apakah Anda sedang mencari matras karakter dengan harga ekonomis? Produk satu ini sangat pas jadi pilihan Anda. Matras ini dilengkapi bantal dan juga guling dengan motif karakter yang menarik. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau untuk matras compact. Hanya saja, produk ini cukup kecil. Jadi, gunakan untuk bayi sampai berumur setahun saja, ya.

No.4

ElephantBaby Mattress

Mulai dari Rp420.000,00

Dukung pertumbuhan tulang dengan matras tidur bayi berdensitas medium

Kelebihan:

  • Memiliki densitas medium yang bagus untuk pertumbuhan tulang dan mencegah terjadinya SIDS (sudden infant death syndrome)
  • Lapisan kain berbahan cotton microtex yang lembut dan adem untuk kulit bayi

Kekurangan:

  • Tidak bersifat portabel sehingga sulit dibawa bepergian

Apakah Anda sedang mencari merk matras bayi yang bagus untuk baby box di rumah? Coba saja produk dari Elephant ini! Matras bayi ini memiliki densitas medium yang bagus untuk pertumbuhan tulang belakang si kecil. Selain itu, produk ini juga mengklaim dapat mencegah terjadinya SIDS (sudden infant death syndrome) pada bayi. Pasalnya, kondisi ini terjadi saat posisi bayi sedang tidur. 


Keunggulan lainnya adalah lapisan kain dari cotton microtex membuat si kecil makin nyaman tidur karena kelembutan bahannya. Anda juga dapat memilih ketebalan yang ingin digunakan di baby box, yaitu, ukuran 5 cm atau 10 cm. 

No.5

OmilandKasur Lipat Panda Series + KelambuOBK5311

Mulai dari Rp220.000,00

Matras bayi bergambar panda yang dilengkapi kelambu, bebas gigitan nyamuk, deh!

Kelebihan:

  • Dilengkapi kelambu sehingga bayi terjaga dari gigitan nyamuk
  • Dilengkapi perlak sebagai penahan basah dari ompol
  • Produk dapat dilipat sehingga bisa menghemat tempat

Kekurangan:

  • Matras bayi tidak didesain portabel, kurang praktis dibawa


Kasur bayi kelambu ini adalah solusi untuk Anda yang mencari perlengkapan tidur si kecil terbebas dari nyamuk. Dengan menggunakan kelambu, area tidur bayi pun makin aman dan nyaman. Si kecil pun tidak akan rewel karena digigit nyamuk.


Produk ini juga dilengkapi perlak sebagai penahan basah dari ompol. Di samping itu, kasur lantai untuk bayi ini dapat dilipat sehingga dapat menghemat tempat.

No.6

Dr. BebeBaby Play Mat

Mulai dari Rp459.000,00

Buat si kecil berimajinasi dengan motifnya yang beragam

Kelebihan:

  • Memiliki berbagai varian motif yang menarik untuk si kecil
  • Memiliki tekstur halus yang aman untuk bayi

Kekurangan:

  • Tidak dapat dibawa bepergian atau traveling

Bila ingin si kecil tumbuh menjadi anak yang kreatif, produk ini bisa jadi pilihan. Baby Play Mat dari Dr. Bebe ini memiliki berbagai varian motif yang bisa Anda pilih. Motif lucu pada produk ini mampu membangkitkan imajinasi, si kecil pun tumbuh jadi anak yang kreatif. Bahan yang digunakan pun bertekstur halus karena memiliki bulu-bulu lembut yang aman untuk bayi. 

No.7

SnobbyMatras Bayi Set Artsy SeriesTPM 5801

Mulai dari Rp105.700,00

Nyaman untuk dibawa traveling karena bisa dilipat

Kelebihan:

  • Terbuat dari cotton twill dan poliester sehingga kain lebih awet dan lembut untuk bayi

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan alas matras terlalu tipis untuk bayi

Bayi membutuhkan tidur yang cukup untuk menunjang pertumbuhannya. Bila Anda mencari matras empuk dan nyaman untuk bayi, produk dari Snobby ini sangat direkomendasikan. Matras anak bayi ini terbuat dari poliester dan cotton twill lembut yang mampu membuat bayi tidur nyenyak. Produk ini juga mudah dibawa ke mana-mana berkat kainnya yang bisa dilipat dengan padat. 

No.8

Mini Tiny Multifunction Mattress

Mulai dari Rp225.000,00

Temani si kecil merangkak dengan karpet lipat motif, bisa dibolak-balik juga!

Kelebihan:

  • Memiliki dua motif berbeda di setiap sisinya
  • Antiselip dan antiair sehingga lebih aman dan mudah dibersihkan
  • Bisa dilipat sehinga mudah dibawa ke mana pun

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu ukuran

Matras bayi satu ini cukup unik karena memiliki dua motif berbeda di setiap sisinya. Si kecil yang mulai belajar merangkak pasti tertarik dengan motif karakter yang eye-catching ini. Jika mulai bosan dengan motif pertama, balik karpet lipat untuk motif lainnya. 


Dari segi kenyamanan, produk ini cukup nyaman untuk tidur karena memiliki tebal 1 cm. Produk ini juga dilengkapi antiselip dan antiair sehingga lebih aman dan mudah dibersihkan. Selain itu, produk ini juga bisa dilipat sehingga Anda bisa membawanya ke mana pun dengan mudah. Opsi cerdas jika Anda mencari matras bayi portabel yang mampu menampilkan dua desain berbeda dalam satu produk.

No.9

IKEASKÖTSAM Alas Ganti Popok Bayi

Mulai dari Rp129.000,00

Matras bayi IKEA berbahan plastik, unik dan BPA free!

Kelebihan:

  • Praktis dibawa bepergian karena ringan
  • Mudah dilap dan dibersihkan

Kekurangan:

  • Hanya tersedia untuk rentang usia bayi baru lahir, ukurannya terbatas

Apakah Anda gemar traveling bersama keluarga? Memiliki matras tidur portabel ini bisa membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan, lho! Untuk itu, matras bayi IKEA ini wajib Anda pilih untuk kebutuhan si kecil. Keunikan dari produk ini adalah bahannya terbuat dari plastik dan keempat sisinya dapat ditiupkan udara. 


Segala keunggulan tersebut membuat si kecil bisa berbaring dengan aman dan tidak rentan terjatuh. Produk ini pun bisa dilipat kecil sehingga mudah dibawa traveling bersama keluarga. Meskipun terbuat dari plastik, produk ini aman untuk bayi karena BPA free.

No.10

Little FriendsBaby Playmat

Mulai dari Rp1.010.000,00

Ciptakan keseruan mandi bola dengan play mat

Kelebihan:

  • Sisinya terdapat jaring sehingga mainan tidak mudah berserakan ke luar
  • Dilengkapi mainan gantung untuk melatih motorik si kecil

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan tungkai tidak kokoh karena hanya berbahan busa

Apakah Anda ingin mengajak si kecil mandi bola? Hadirkan keseruan tersebut dengan play mat yang satu ini, yuk! Dengan begitu, Anda tidak perlu keluar rumah dan lingkungan bermain buat si kecil pun lebih higienis. Produk ini juga dilengkapi dengan jaring sehingga bola dan mainan tidak berserakan ke luar. Dilengkapi dengan tungkai untuk menggantung mainan, Anda pun dapat melatih motorik si kecil.

Baca juga rekomendasi perlengkapan tidur bayi lainnya di sini

Tak hanya matras, masih ada beberapa perlengkapan tidur yang membuat si kecil tidur dengan nyaman. Karena itu, kami telah menyiapkan beberapa artikel mengenai perlengkapan tidur bayi lainnya. Jika tertarik, Anda bisa membaca artikel di bawah ini.  

Kesimpulan

Kami sudah merekomendasikan sepuluh matras bayi terbaik untuk tidur siang kepada Anda. Apakah Anda sudah menemukan matras terbaik untuk bayi Anda?


Saat memilih matras bayi, utamakan kenyamanan bahannya saat bersentuhan dengan kulit anak Anda. Jangan sampai Anda membeli matras tanpa mempertimbangkan faktor yang dibutuhkan sehingga tidak terpakai oleh anak. Selamat memilih, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer