10 Rekomendasi Kunci Terbaik untuk Koper (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kunci Terbaik untuk Koper (Terbaru Tahun 2018)

Saat melakukan perjalanan lokal maupun internasional dalam waktu yang lama, tentunya Anda akan menggunakan koper untuk membawa barang-barang Anda. Selain lebih ringkas, koper juga lebih aman ketika diletakkan dalam bagasi pesawat.

Kunci koper tambahan diperlukan untuk mencegah kerusakan saat disimpan di bagasi maupun untuk mengamankan koper Anda agar tidak bisa dibuka oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Simak artikel kami berikut ini untuk mengetahui cara memilih kunci koper yang baik, beserta rekomendasi produk terbaiknya!

Daftar isi

Cara memilih kunci untuk koper

Sebelum memberitahukan rekomendasi kunci terbaik untuk koper Anda, kami akan menjabarkan terlebih dahulu bagaimana cara memilih kunci yang paling baik untuk koper Anda. Mari simak lebih lanjut!

Pilihlah yang mempunyai logo TSA (Transportation Security Administration)

Pilihlah yang mempunyai logo TSA (Transportation Security Administration)

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Amerika Serikat (AS), Anda perlu mengetahui bahwa pemeriksaan koper di sana sangatlah ketat. Setelah beberapa kali serangan teroris, negara ini meningkatkan pengamanannya guna mencegah hal serupa terjadi lagi. Dalam pemeriksaan, biasanya staf TSA di bandara akan memilih koper secara acak dan memeriksa isinya. Jika pada waktu itu Anda mengunci koper Anda, pihak bandara berhak untuk merusak kuncinya dan membuka koper Anda untuk memeriksa isinya.

Kunci TSA dihadirkan untuk menghindari situasi seperti ini. Kunci TSA adalah kunci khusus yang dikembangkan oleh Departemen Keamanan Transportasi AS yang disetujui oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri AS. Kunci ini bisa dibuka dengan 2 cara, yaitu dengan sandi angka dan dengan anak kunci. Namun, Anda hanya dapat membuka kunci dengan sandi angka. Anak kuncinya hanya dapat dipegang dan digunakan oleh pihak-pihak yang berwenang, seperti petugas TSA.

Saat ini, sebagian besar kunci untuk koper adalah kunci yang memiliki logo TSA. Saat Anda memilih kunci untuk koper Anda, pastikan untuk memilih kunci yang memiliki tanda berlian merah. Walaupun tujuan perjalanan Anda bukan ke AS, tidak ada salahnya untuk menggunakan kunci TSA tersebut dari awal.

Pilihlah satu dari 3 tipe kunci berikut : tipe sabuk pengaman, gembok atau kawat

Terdapat 3 tipe kunci koper yang dapat Anda jumpai di pasaran saat ini. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Model sabuk pengaman yang juga berfungsi sebagai penanda

Model sabuk pengaman yang juga berfungsi sebagai penanda

Model kunci koper yang pertama ini berupa sabuk pengaman. Cara penggunaannya adalah dipasang mengelilingi koper. Sabuk ini juga dilengkapi dengan sandi angka sehingga koper Anda tidak dapat dibuka oleh orang lain.

Keuntungan lainnya adalah sabuk ini juga berfungsi sebagai penanda. Seringkali ketika menunggu koper di ruang bagasi, Anda bingung membedakan antara koper milik Anda dengan koper orang lain yang memiliki bentuk atau warna yang sama. Sabuk ini dapat menjadi penanda yang mudah terlihat sehingga Anda tidak akan salah mengambil koper.

Berbagai desain dari kunci tipe ini juga dapat mempercantik penampilan koper Anda. Selain itu, penggunaan kunci sabuk ini juga berguna untuk mencegah isi koper Anda jatuh berserakan seumpama koper ditangani secara kasar oleh pihak bagasi bandara.

Model gembok yang menambah tingkat keamanan

Model gembok yang menambah tingkat keamanan

Model kunci gembok berikut ini merupakan jenis kunci yang paling umum digunakan oleh masyarakat saat ini karena cara penggunaannya yang praktis dan juga tingkat keamanannya yang cukup baik.

Kunci gembok ini digunakan dengan cara dipasang pada lubang yang terdapat pada kedua ritsleting koper sehingga koper Anda tidak akan dapat terbuka karena kedua ritsleting tersebut saling terkait satu sama lain. Kunci jenis gembok ini sendiri terbagi menjadi 2 macam, ada yang dapat dibuka dengan anak kunci dan ada juga yang dapat dibuka dengan kode angka. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Model kawat yang sangat fungsional

Model kawat yang sangat fungsional

Kunci koper model kawat berikut ini akan sangat memudahkan Anda saat membawa koper lebih dari satu. Selain itu kunci ini juga dapat digunakan untuk tujuan lain selain mengunci koper.

Misalnya, ketika Anda sedang duduk menunggu waktu keberangkatan di bandara yang sangat padat, Anda tentu merasa cemas akan keamanan barang bawaan Anda. Dengan kunci tipe kawat ini, Anda dapat mengikat barang bawaan Anda pada kursi, troli, ataupun tiang di sekitar Anda sehingga lebih aman dan mudah diawasi. Panjang dari kawat ini bervariasi, tetapi panjang ideal yang disarankan adalah sekitar 1,5 meter.

10 Rekomendasi kunci terbaik untuk koper

Berikut 10 kunci terbaik untuk koper yang kami rekomendasikan untuk Anda. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian Anda.

10. Gembok Travel Mini Padlock Color

10. Gembok Travel Mini Padlock Color

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.888

Kuat dan ekonomis, gembok mini ini dapat mengamankan koper Anda!

Jika Anda berencana pergi ke kota lain dengan menggunakan jasa angkutan umum, gembok ini cukup untuk mengamankan koper Anda. Dengan bahan tembaga campuran yang dilapisi plastik ABS (akrilonitril butadiene styrene), gembok ini kuat dan sulit dipatahkan. Harganya juga sangat murah! Untuk Anda yang ingin proteksi koper tambahan namun budget sedang minim, beli kunci ini saja.

Ukuran gembok yang kecil ini juga membuatnya mudah disimpan di kantong tas atau saku jaket karena tidak membutuhkan banyak tempat. Warna kunci dan gembok yang berwarna sama dapat memudahkan Anda dalam mencari kunci koper tersebut sehingga dapat membuka koper Anda lebih cepat.

9. Generic Travel Lock 3 Kombinasi TSA338

9. Generic Travel Lock 3 Kombinasi TSA338

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 71.100

Desain unik sesuai genggaman, memasukkan kode jadi lebih mudah

Kunjungan ke negara asing yang belum Anda ketahui tingkat keamanannya tentu akan membuat Anda ingin memastikan koper dan barang lainnya aman. Untuk mengamankan koper Anda tersebut, gunakanlah gembok ini! Gembok ini dibuat dengan menggunakan bahan logam berkualitas baik sehingga gembok ini sulit untuk dibuka secara paksa oleh orang asing. Selain itu, sudah ada lambang TSA-nya juga, lho!

Bentuknya yang sesuai dengan genggaman juga memudahkan Anda untuk memasukkan 3 digit angka ketika Anda akan membuka gembok. Untuk mengganti kode angka awal ke kode angka yang Anda inginkan juga sangatlah mudah. Anda dapat melakukan perjalanan dengan tenang tanpa perlu mengkhawatirkan keamanan barang bawaan Anda.

8. Luggage Strap Belt 3 Digit PIN with TSA Lock

8. Luggage Strap Belt 3 Digit PIN with TSA Lock

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.000

Sabuk koper dengan panjang yang fleksibel

Untuk Anda yang sering membawa banyak barang dalam koper hingga koper menggembung, ada baiknya Anda menggunakan kunci koper berikut ini. Kunci koper ini berupa sabuk yang panjangnya dapat diatur dari 120 hingga 180 cm. Anda dapat menyilangkan kunci koper ini pada kedua sisi atau hanya pada satu sisi dengan lilitan sebanyak dua kali.

Dengan begitu, sabuk ini dapat membuat koper Anda tetap tertutup meskipun Anda membawa banyak barang. Sabuk ini juga sudah memiliki tanda TSA sehingga ketika Anda akan bepergian ke Amerika atau negara lainnya, koper Anda tidak akan dirusak oleh petugas yang akan memeriksa koper. Keuntungan lainnya dari kunci sabuk ini adalah motifnya yang menarik sehingga koper Anda dapat dengan mudah dikenali.

7. Master Lock Fusion Padlock 192D

7. Master Lock Fusion Padlock 192D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 154.100

Gembok dengan warna-warni yang memikat

Tidak suka menghafal kombinasi angka atau huruf? Pilihlah gembok dengan anak kunci berikut ini! Gembok ini menggunakan anak kunci yang dirancang memiliki warna kepala kunci yang sama dengan gemboknya. Tersedia 4 warna yang berbeda, yaitu hijau, biru, merah, dan ungu.

Hal ini akan memudahkan Anda yang menggunakan 2 koper atau lebih ketika bepergian. Anda tidak perlu mencoba satu persatu anak kunci mana yang cocok, karena Anda hanya perlu mengambil anak kunci yang warnanya sama dengan gembok Anda. Desain dari gembok dan anak kuncinya yang menarik ini akan membuat Anda menyukainya.

6. Freebang Lock Luggage 4 Digits Code Padlock

6. Freebang Lock Luggage 4 Digits Code Padlock

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 94.000

Kombinasi 4 angka yang akan menambah keamanan koper Anda!

Bagi Anda yang menginginkan keamanan lebih pada koper Anda, cobalah untuk membeli gembok ini. Dengan menggunakan 4 digit angka kombinasi sebagai pengamannya sehingga orang lain akan semakin sulit bila mencoba membuka dengan menebak-nebak kode kombinasi Anda.

Gembok ini juga terbuat dari stainless steel sehingga tidak mudah dipatahkan, lebih tahan karat, dan kuat terhadap perubahan cuaca. Desain yang lucu dan warna tombol angka yang berwarna-warni turut menambah keistimewaan gembok ini.

5. Suitcase Luggage TSA Lock Padlock

5. Suitcase Luggage TSA Lock Padlock

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.500

Gembok dengan kabel besi! Solusi terbaik untuk pengamanan koper ekstra ketat!

Bagi Anda yang memiliki koper dengan ritsleting yang tidak dilengkapi dengan bolongan khusus untuk gembok, kami sarankan untuk menggunakan gembok tipe ini. Gembok ini dapat menyatukan kedua ritsleting tanpa membuatnya terlalu terhimpit sehingga ketika koper Anda dipindahkan dengan cara dilempar atau terkena tekanan besar lainnya, ritsleting koper Anda tidak akan terlepas.

Kunci ini juga dapat digunakan pada tas jinjing, tas punggung, atau barang bawaan Anda lainnya. Bahannya yang menggunakan zinc alloy berkualitas tinggi dan kabel besi yang panjang serta fleksibel, membuat gembok tidak dapat dibuka oleh orang asing. Gembok tanpa anak kunci ini juga telah dilengkapi dengan lubang kunci TSA, sehingga jika Anda akan berkunjung ke negeri Paman Sam, Anda tidak perlu mengganti gembok baru.

4. Peakinbags Heavy Duty Cross Luggage Strap

4. Peakinbags Heavy Duty Cross Luggage Strap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.000

Tingkatkan keamanan koper Anda dengan sabuk yang disilangkan permanen berikut ini!

Untuk memastikan keamanan koper Anda selama bepergian menggunakan pesawat, Anda dapat menggunakan sabuk koper berikut ini. Sabuk ini terdiri dari 2 tali yang disatukan secara menyilang sehingga dapat mengunci koper Anda dari keempat sisi. Dipadukan dengan penutup koper, dapat dipastikan koper Anda akan aman dari tangan-tangan jahil di bandara.

Kedua tali yang disilangkan secara permanen membuat sabuk tidak mudah digeser dan orang asing tidak dapat melepaskannya dengan mudah. Selain itu, sabuk ini juga dilengkapi dengan kode pengaman yang hanya dapat dibuka dengan 3 digit angka yang telah Anda atur. Sangat cocok untuk Anda yang sering kehilangan anak kunci gembok karena lupa di mana meletakkannya.

3. Retractable Flexible Cable Combination Lock

3. Retractable Flexible Cable Combination Lock

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Menjaga koper Anda kini lebih mudah. Kaitkan saja pada tiang!

Membawa beberapa barang saat bepergian? Khawatir dengan keamanan koper dan barang-barang Anda saat duduk atau mengantri? Kunci koper ini solusinya. Anda hanya perlu mengaitkan koper serta barang bawaan lainnya pada kursi atau tiang yang kuat, dan Anda tidak perlu lagi repot mengawasi barang-barang tersebut.

Dengan panjang maksimal 90 cm, Anda dapat dengan leluasa mengikat koper dan barang bawaan Anda sekaligus. Kawatnya pun terbuat dari stainless steel, sehingga sangat kuat dan aman. Kunci tipe ini sangat cocok untuk para traveler yang tidak suka menaruh koper dan barang-barangnya di bagasi dan lebih suka membawanya masuk ke kabin pesawat. Praktis dan aman!

2. Master Lock USA Padlock

2. Master Lock USA Padlock

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 185.100

Gembok dengan desain kenop kombinasi seperti brankas

Gembok dengan kombinasi angka ini memiliki tampilan yang tidak biasa. Cara membuka gembok ini memiliki gaya yang sama dengan cara membuka brankas, yaitu dengan cara memutar kenopnya. Putar kenop sekali ke kanan untuk memperoleh angka pertama, lalu ke kiri hingga memperoleh angka kedua, kemudian ke kanan lagi hingga diperoleh angka ketiga.

Cara mengunci kembali gembok ini juga sangatlah mudah, hanya tinggal memasukkan shackle-nya kembali ke dalam gembok dan gembok akan langsung terkunci. Cocok sekali untuk Anda yang suka lupa untuk mengacak kembali kombinasi angka setelah menutup gembok. Dengan gembok ini, walaupun Anda lupa mengacak kembali gembok tersebut, orang lain tetap tidak dapat membuka gembok Anda.

1. Master Lock TSA Luggage Lock 4691DWD

1. Master Lock TSA Luggage Lock 4691DWD

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 178.999

Kata favorit Anda pun kini bisa dijadikan sandi kunci koper!

Jika selama ini Anda merasa kesulitan untuk menghafal kombinasi angka untuk membuka gembok koper Anda, cobalah gembok dari Master berikut ini. Gembok ini menggunakan kombinasi 4 digit huruf untuk membuka kuncinya. Kombinasi 4 digit huruf tersebut dapat membentuk kurang lebih 10.000 kata dan Anda dapat memilih satu kata yang Anda sukai sehingga dapat dengan lebih mudah mengingatnya.

Gembok ini didesain dengan jendela tampilan huruf di samping sehingga membuat Anda dapat lebih mudah melihat sandi huruf yang Anda masukkan. Gembok ini juga menggunakan baja berkualitas tinggi sehingga gembok tidak dapat dipotong atau digergaji. Dilengkapi dengan lambang TSA sehingga waktu travelling Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Kesimpulan

Kunci untuk koper sangatlah membantu Anda untuk tetap merasa tenang ketika di dalam perjalanan karena Anda yakin bahwa barang bawaan Anda akan terjaga dengan baik.

Oleh karena itu, bagaimana dengan kunci koper rekomendasi kami? Kunci koper manakah yang menjadi pilihan Anda? Pastikan untuk menggunakan kunci koper yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar perjalanan menjadi lebih nyaman. Happy travelling!