1. TOP
  2. >
  3. Travelling
  4. >
  5. Perlengkapan travelling
  6. >
  7. 10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023)

Saat melakukan perjalanan lokal atau internasional dalam waktu yang lama, tentunya Anda akan menggunakan koper untuk membawa barang bawaan. Agar barang bawaan lebih aman, gunakanlah gembok koper. Namun, gembok koper yang sekilas terlihat mirip mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. 

Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih gembok untuk koper Anda. Kami pun menyiapkan sepuluh rekomendasi produk gembok koper terbaik merek Master Lock, K-Lock, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh travel blogger kami, Rijal Fahmi Mohamadi. Mari simak terus artikel ini!
Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Travel blogger
Rijal Fahmi Mohamadi

Fahmi adalah seorang digital marketer dan juga travel blogger. Ia gemar berpetualang, touring, menemukan tempat unik, human interest stories, serta menjelajahi budaya dan festival lokal. Penulis travel blog catperku.com ini pernah merilis dua buku traveling dalam bahasa Indonesia. Dua buku tersebut yaitu The Traveler Notes: Bali, The Island Of Beauty dan The Traveler Notes: Bersenang-Senang Di Bali, Bertualang Di Lombok. Anda bisa menyapa Fahmi lewat Instagram-nya.

Profil Rijal Fahmi Mohamadi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gembok koper

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat hendak memilih gembok koper. Simak penjelasan kami selengkapnya di bawah ini. 

① Pertimbangkan produk berlogo TSA (Transportation Security Administration)

Pertimbangkan produk berlogo TSA (Transportation Security Administration)
Jika Anda berencana untuk mengunjungi Amerika Serikat (AS), Anda perlu mengetahui bahwa pemeriksaan koper di sana sangatlah ketat. Setelah beberapa kali serangan teroris, negara ini meningkatkan pengamanannya guna mencegah hal serupa terjadi lagi. Dalam pemeriksaan, biasanya staf di bandara akan memilih koper secara acak dan memeriksa isinya. Jika pada waktu itu Anda mengunci koper, pihak bandara berhak untuk merusak kuncinya dan membuka koper Anda untuk memeriksa isinya.

Kunci gembok TSA dihadirkan untuk menghindari situasi seperti ini. Kunci TSA adalah kunci khusus yang dikembangkan oleh Departemen Keamanan Transportasi AS dan disetujui oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri AS. Gembok TSA hanya bisa dibuka dengan dua cara yaitu dengan sandi angka dan dengan kunci khusus. Namun, Anda hanya dapat membuka kunci dengan sandi angka. Kunci khususnya hanya boleh dipegang dan digunakan oleh pihak-pihak yang berwenang seperti petugas TSA.


Saat ini, sebagian besar gembok koper memiliki logo TSA. Saat Anda hendak memilih gembok untuk koper Anda, pertimbangkanlah produk yang memiliki tanda berlian merah. Walaupun tujuan perjalanan Anda bukan ke Amerika, tidak ada salahnya untuk menggunakan gembok TSA dari awal.

② Sesuaikan tipenya dengan kebutuhan Anda

Ada dua tipe gembok koper yang dapat Anda jumpai di pasaran, yakni gembok manual dan bersandi angka. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Gembok dengan sandi angka, tak takut kunci hilang, deh!

Gembok dengan sandi angka, tak takut kunci hilang, deh!

Mengikuti perkembangan zaman, gembok koper yang cara membuka kuncinya menggunakan sandi angka makin digemari. Bukan hal aneh mengingat Anda tidak perlu repot membawa anak kunci secara terpisah jika mengunci koper menggunakan gembok jenis ini. Hal tersebut penting dan terasa fungsional terutama bila Anda bepergian sembari membawa kunci rumah, mobil, dan sebagainya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa terbebas dari risiko anak kunci gembok hilang yang mengakibatkan gembok perlu dibuka paksa.


Meski begitu, Anda wajib mengingat kode kunci yang sudah ditetapkan. Bagi orang yang sudah berumur atau anak kecil hal ini bisa terasa merepotkan. Tidak hanya itu, dalam kondisi pencahayaan yang kurang membuka gembok koper bersandi angka tidaklah mudah.

Gembok manual, praktis digunakan semua kalangan usia

Gembok manual, praktis digunakan semua kalangan usia

Gembok tradisional ini tidak pernah lekang oleh waktu! Kemudahan penggunaan menjadikan gembok manual pilihan utama bagi banyak orang untuk mengunci koper. Cukup masukkan anak kunci ke lubang kunci, putar sedikit dan gembok pun terbuka. Sangat praktis! Orang yang sudah lanjut usia atau anak-anak sekalipun bisa dengan mudah membuka dan mengunci gembok jenis ini.


Penting diingat, pastikan Anda memiliki kunci cadangan agar gembok tetap bisa dibuka meski kunci yang Anda pegang hilang. Selain itu, risiko anak kunci yang bengkok, hilang, atau berkarat juga ada bila Anda memilih menggunakan gembok tipe ini.

③ Kenali material yang digunakan

Kenali material yang digunakan

Anda akan menemukan gembok koper berbahan ABS (akrilonitril butadiena stiren) atau plastik sejenis lainnya. Gembok berbahan plastik tidak hanya ringan, tetapi juga tahan air. Ditambah dengan harganya yang sangat terjangkau, tidak heran gembok plastik makin disukai.


Di sisi lain, gembok berbahan metal, seperti kuningan, baja, dan sebagainya juga memiliki banyak penggemar. Meski rentan akan karat, gembok koper metal sangat sulit dirusak. Terlebih bila diameter belenggunya besar, gembok pun makin sulit dijebol.


Saat ini, tidak jarang produsen membuat gembok koper dengan menggabungkan beberapa bahan sekaligus. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengecek material dari gembok koper koper incaran.

10 Rekomendasi gembok koper terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gembok koper terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Rijal Fahmi Mohamadi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Hendso

Top Security Padlock 30mm

Hendso Top Security Padlock 30mm 1枚目

Elegan dan dilengkapi tiga anak kunci

2

Gembok Koper Mini Karakter

 Gembok Koper Mini Karakter 1枚目

Amankan sekaligus hiasi koper dengan gembok imut

3

Mini Padlock Carabiner

 Mini Padlock Carabiner 1枚目

Bisa dijadikan carabiner juga, lho!

4

Color Padlock 23 mm

 Color Padlock 23 mm 1枚目

Kuat dan ekonomis, siap mengamankan koper Anda!

5

HIROKI

Security Luggage Padlock

HIROKI Security Luggage Padlock 1枚目

Lekukannya sesuai genggaman, memasukkan kode pun lebih mudah

6

DELSEY

TSA Key Padlock

DELSEY TSA Key Padlock 1枚目

Mengunci ritsleting kecil kian mudah berkat dimensi kecil

7

Zehn

Combo Padlock TSA 23mm

Zehn Combo Padlock TSA 23mm 1枚目

Gembok TSA yang harganya minim

8

K-Lock

Kunci U Kombinasi

K-Lock Kunci U Kombinasi 1枚目

Kombinasi empat angka yang akan menambah keamanan koper Anda!

9

Master Lock

Mini Fusion Shrouded Padlocks

Master Lock Mini Fusion Shrouded Padlocks 1枚目

Gembok praktis dengan anak kunci berwarna!

10

Master Lock

Set Your Own WORD Combination TSA-Accepted Luggage Lock

Master Lock  Set Your Own WORD Combination TSA-Accepted Luggage Lock  1枚目

Kata favorit Anda pun kini bisa dijadikan sandi kunci koper

Perincian produk
Close
No.1

HendsoTop Security Padlock 30mm

Mulai dari Rp8.500,00

Elegan dan dilengkapi tiga anak kunci

Adanya tiga anak kunci membuat Anda tidak perlu keluar dana lebih untuk mempersiapkan kunci cadangan gembok ini. Selain itu, penggunaan warna chrome di belenggu dan bodi menjadikan gembok ini terkesan simpel, tetapi tetap elegan. Anda yang menyukai desain minimalis atau tidak ingin repot membuat kunci duplikat tentu tepat membeli gembok koper ini.

No.2

Gembok Koper Mini Karakter

Mulai dari Rp8.000,00

Amankan sekaligus hiasi koper dengan gembok imut

Jangan heran bila anak kecil atau pencinta item bertema karakter kartun mudah jatuh hati dengan produk ini. Memiliki bodi berwujud berbagai karakter kartun menggemaskan, produk ini sangatlah imut.


Bukan hanya itu, desain karakter yang disediakan tergolong beragam, Anda tidak akan kesulitan menemukan varian yang paling disuka. Untuk menonjolkan kesan cute atau membuat koper Anda tampil beda dengan hadirnya berbagai tokoh kartun, gunakanlah produk ini.

No.3

Mini Padlock Carabiner044

Mulai dari Rp6.900,00

Bisa dijadikan carabiner juga, lho!

Penggunaan warna pastel plus dial warna-warni menjadikan produk ini terlihat mencolok saat Anda pasang ke koper yang dibawa. Tidak hanya itu, hal tersebut juga membuat produk ini makin mudah disukai oleh wanita.


Menariknya lagi, produk ini diklaim dapat difungsikan sebagai carabiner. Anda bisa menggunakannya untuk mengaitkan botol minum, tongkat selfie, atau perlengkapan lainnya. Pencinta produk multifungsi sebaiknya tidak melewatkan gembok koper ini.

No.4

Kuat dan ekonomis, siap mengamankan koper Anda!

Jika Anda berencana pergi ke kota lain dengan menggunakan jasa angkutan umum, gembok ini cukup untuk mengamankan koper Anda. Dengan bahan kuningan berlapis plastik, gembok ini pun kian kuat dan sulit dipatahkan. Harganya juga sangat murah, lho! Untuk Anda yang ingin proteksi koper tambahan, tetapi bujet sedang minim, beli gembok ini saja.

No.5

HIROKISecurity Luggage PadlockTSA-338 MR

Mulai dari Rp35.000,00

Lekukannya sesuai genggaman, memasukkan kode pun lebih mudah

Kunjungan ke negara asing yang belum Anda ketahui tingkat keamanannya tentu membuat Anda ingin memastikan koper tetap terjaga. Untuk itu, Anda memerlukan kunci yang dapat diatur dengan mudah dan cepat seperti produk ini. 

Kunci ini memiliki bentuk yang sesuai dengan genggaman sehingga memudahkan Anda memasukkan tiga digit angka ketika akan membuka gembok. Hal ini membuat Anda mudah mengambil barang di dalam koper sekaligus langsung menutupnya kembali dengan cepat. Selain itu, produk ini juga sudah ada lambang TSA-nya, lho!

No.6

Mengunci ritsleting kecil kian mudah berkat dimensi kecil

Dengan ketebalan hanya 1,3 cm, gembok TSA ini sangatlah tipis. Hal tersebut membuat produk ini kian mudah diselipkan atau disimpan dalam kantong kecil tas saat tidak digunakan. Selain itu, dimensinya yang tipis juga membuatnya mudah digunakan bersama gembok lain, misalnya untuk mengunci ritsleting besar. Jika Anda butuh gembok slim, pertimbangkanlah produk ini.

No.7

ZehnCombo Padlock TSA 23mm21152

Mulai dari Rp41.895,00

Gembok TSA yang harganya minim

Gembok TSA dari Zehn ini memiliki harga yang sangat ramah kantong. Anda yang ingin memiliki gembok TSA tanpa keluar banyak dana tentu tepat mempertimbangkan produk ini. Meski begitu, jangan ragukan kualitasnya. Belenggu hardened plus dial yang awet tidak hanya menjadikan produk ini nyaman digunakan, tetapi juga lebih tahan lama.

No.8

K-LockKunci U Kombinasi

Mulai dari Rp180.000,00

Kombinasi empat angka yang akan menambah keamanan koper Anda!

Bagi Anda yang menginginkan keamanan lebih untuk koper, cobalah membeli gembok ini. Dengan menggunakan empat digit angka kombinasi sebagai pengaman, orang lain pun akan makin sulit jika berniat membuka koper Anda. Di samping itu, ukuran belenggu gembok ini pun cukup panjang sehingga cocok untuk mengunci dua koper sekaligus. 

No.9

Master LockMini Fusion Shrouded Padlocks4630EURTAST

Mulai dari Rp154.500,00

Gembok praktis dengan anak kunci berwarna!

Anda tidak suka menghafal kombinasi angka atau huruf? Pilihlah gembok dengan anak kunci ini! Produk ini menggunakan anak kunci yang dirancang memiliki warna kepala kunci yang sama dengan warna gemboknya. Selain itu, adanya empat varian warna metalik yang cerah juga akan memudahkan Anda mengenali koper saat di bagasi.

No.10

Master Lock Set Your Own WORD Combination TSA-Accepted Luggage Lock 4691DWD

Mulai dari Rp149.500,00

Kata favorit Anda pun kini bisa dijadikan sandi kunci koper

Jika selama ini Anda kesulitan menghafal kombinasi angka untuk sandi kunci koper, cobalah produk ini. Gembok TSA dari Master Lock ini menggunakan kombinasi digit huruf untuk membuka kuncinya. Kombinasi empat digit hurufnya bisa Anda bentuk sesuai kata favorit Anda. Jadi, Anda pun akan lebih mudah mengingat kode kunci ini.

Baca juga rekomendasi kunci pengaman lainnya di sini!

Selain kunci untuk koper, mungkin Anda juga sedang mencari kunci pengaman untuk motor atau sepeda Anda. Karena itu, kami juga sudah menyiapkan artikel mengenai kunci pengaman motor dan kunci sepeda untuk road bike dan sepeda hybrid. Penasaran bagaimana cara memilih sekaligus apa saja rekomendasi produk pilihan kami? Simak informasi selengkapnya dari artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Gembok koper sangatlah membantu agar Anda tetap merasa tenang ketika di dalam perjalanan. Dengan menggunakan gembok koper, Anda bisa yakin bahwa barang bawaan Anda terjaga dengan baik.

Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan, sudahkah Anda menemukan gembok koper yang paling sesuai kebutuhan? Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi agar perjalanan Anda makin nyaman. Happy travelling!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer