mybest
Aksesori koper

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Travelling
  3. Perlengkapan travelling
  4. 10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2024)

Saat melakukan perjalanan lokal atau internasional dalam waktu yang lama, tentunya Anda akan menggunakan koper untuk membawa barang bawaan. Agar barang bawaan lebih aman, gunakanlah gembok koper. Namun, gembok koper yang sekilas terlihat mirip mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. 

Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih gembok untuk koper Anda. Kami pun menyiapkan sepuluh rekomendasi produk gembok koper terbaik merek HIROKI, DELSEY, KRISBOW dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh travel blogger kami, Rijal Fahmi Mohamadi. Mari simak terus artikel ini!
Diperbaharui 14/07/2023
Rijal Fahmi Mohamadi
Pakar
Travel blogger
Rijal Fahmi Mohamadi

Fahmi adalah seorang digital marketer dan juga travel blogger. Ia gemar berpetualang, touring, menemukan tempat unik, human interest stories, serta menjelajahi budaya dan festival lokal. Penulis travel blog catperku.com ini pernah merilis dua buku traveling dalam bahasa Indonesia. Dua buku tersebut yaitu The Traveler Notes: Bali, The Island Of Beauty dan The Traveler Notes: Bersenang-Senang Di Bali, Bertualang Di Lombok. Anda bisa menyapa Fahmi lewat Instagram-nya.

Profil Rijal Fahmi Mohamadi
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gembok koper

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat hendak memilih gembok koper. Simak penjelasan kami selengkapnya di bawah ini. 

1

Pertimbangkan produk berlogo TSA (Transportation Security Administration)

Pertimbangkan produk berlogo TSA (Transportation Security Administration)
Jika Anda berencana untuk mengunjungi Amerika Serikat (AS), Anda perlu mengetahui bahwa pemeriksaan koper di sana sangatlah ketat. Setelah beberapa kali serangan teroris, negara ini meningkatkan pengamanannya guna mencegah hal serupa terjadi lagi. Dalam pemeriksaan, biasanya staf di bandara akan memilih koper secara acak dan memeriksa isinya. Jika pada waktu itu Anda mengunci koper, pihak bandara berhak untuk merusak kuncinya dan membuka koper Anda untuk memeriksa isinya.

Kunci gembok TSA dihadirkan untuk menghindari situasi seperti ini. Kunci TSA adalah kunci khusus yang dikembangkan oleh Departemen Keamanan Transportasi AS dan disetujui oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri AS. Gembok TSA hanya bisa dibuka dengan dua cara yaitu dengan sandi angka dan dengan kunci khusus. Namun, Anda hanya dapat membuka kunci dengan sandi angka. Kunci khususnya hanya boleh dipegang dan digunakan oleh pihak-pihak yang berwenang seperti petugas TSA.


Saat ini, sebagian besar gembok koper memiliki logo TSA. Saat Anda hendak memilih gembok untuk koper Anda, pertimbangkanlah produk yang memiliki tanda berlian merah. Walaupun tujuan perjalanan Anda bukan ke Amerika, tidak ada salahnya untuk menggunakan gembok TSA dari awal.

2

Sesuaikan tipenya dengan kebutuhan Anda

Ada dua tipe gembok koper yang dapat Anda jumpai di pasaran, yakni gembok manual dan bersandi angka. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Gembok dengan sandi angka, tak takut kunci hilang, deh!

Gembok dengan sandi angka, tak takut kunci hilang, deh!

Mengikuti perkembangan zaman, gembok koper yang cara membuka kuncinya menggunakan sandi angka makin digemari. Bukan hal aneh mengingat Anda tidak perlu repot membawa anak kunci secara terpisah jika mengunci koper menggunakan gembok jenis ini. Hal tersebut penting dan terasa fungsional terutama bila Anda bepergian sembari membawa kunci rumah, mobil, dan sebagainya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa terbebas dari risiko anak kunci gembok hilang yang mengakibatkan gembok perlu dibuka paksa.


Meski begitu, Anda wajib mengingat kode kunci yang sudah ditetapkan. Bagi orang yang sudah berumur atau anak kecil hal ini bisa terasa merepotkan. Tidak hanya itu, dalam kondisi pencahayaan yang kurang membuka gembok koper bersandi angka tidaklah mudah.

Gembok manual, praktis digunakan semua kalangan usia

Gembok manual, praktis digunakan semua kalangan usia

Gembok tradisional ini tidak pernah lekang oleh waktu! Kemudahan penggunaan menjadikan gembok manual pilihan utama bagi banyak orang untuk mengunci koper. Cukup masukkan anak kunci ke lubang kunci, putar sedikit dan gembok pun terbuka. Sangat praktis! Orang yang sudah lanjut usia atau anak-anak sekalipun bisa dengan mudah membuka dan mengunci gembok jenis ini.


Penting diingat, pastikan Anda memiliki kunci cadangan agar gembok tetap bisa dibuka meski kunci yang Anda pegang hilang. Selain itu, risiko anak kunci yang bengkok, hilang, atau berkarat juga ada bila Anda memilih menggunakan gembok tipe ini.

3

Kenali material yang digunakan

Kenali material yang digunakan

Saat ini, tidak jarang produsen membuat gembok koper dengan menggabungkan beberapa bahan sekaligus. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengecek material dari gembok koper koper incaran.


  • Gembok koper berbahan ABS (akrilonitril butadiena stiren) atau plastik sejenis lainnya, ringan dan tahan air. Ditambah dengan harganya yang sangat terjangkau, tidak heran gembok plastik makin disukai.


  • Gembok berbahan metal, seperti kuningan, baja, dan sebagainya, memiliki banyak penggemar. Meski rentan akan karat, gembok koper metal sangat sulit dirusak. Terlebih bila diameter belenggunya besar, gembok pun makin sulit dijebol.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi gembok koper terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gembok koper terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Rijal Fahmi Mohamadi.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Dexpro

Brass PadlockGKN

Dexpro Brass Padlock 1

Rp5.999

Agak Murah

Ada tiga pilihan ukuran, lho!

2

Hendso

Top Security Padlock 30mm

Hendso Top Security Padlock 30mm 1

Rp7.999

Agak Murah

Elegan dan dilengkapi tiga anak kunci

3

Siyota

Digital Lock 10

Siyota Digital Lock 10 1

Rp28.500

Menengah

Tombol angkanya model timbul, tak perlu putar-putar lagi

4

Stationery Lock

 Stationery Lock 1

Rp7.500

Agak Murah

Amankan sekaligus hiasi koper dengan gembok imut

5

Mini Padlock Carabiner044

 Mini Padlock Carabiner 1

Rp18.500

Menengah

Bisa dijadikan carabiner juga, lho!

6

HIROKI

Security Luggage PadlockTSA-338

HIROKI Security Luggage Padlock 1

Rp75.000

Agak Mahal

Lekukannya sesuai genggaman, memasukkan kode pun lebih mudah

7

Techdoo

Gembok Koper Kecil 4 DigitAGM102

Techdoo Gembok Koper Kecil 4 Digit 1

Rp79.000

Agak Mahal

Kombinasi empat angka yang akan menambah keamanan koper Anda!

8

KRISBOW

Gembok Koper 3 Kombinasi Angka Zinc Alloy

KRISBOW Gembok Koper 3 Kombinasi Angka Zinc Alloy 1

Rp71.200

Agak Mahal

Gembok TSA yang harganya minim

9

CISI

Luggage Padlock

CISI Luggage Padlock 1

Rp24.900

Menengah

Kuat dan ekonomis, siap mengamankan koper Anda!

10

DELSEY

TSA Key Padlock

DELSEY TSA Key Padlock 1

Rp200.000

Lebih Mahal

Mengunci ritsleting kecil kian mudah berkat dimensi kecil

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

DexproBrass PadlockGKN

Brass Padlock 1
Sumber: shopee.co.id
Brass Padlock 2
Sumber: shopee.co.id
Brass Padlock 3
Sumber: shopee.co.id
Brass Padlock 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp5.999
Agak Murah
Harga referensi
Rp5.999
Agak Murah

Ada tiga pilihan ukuran, lho!

Kelebihan:

  • Dibandingkan produk sejenis, harganya tergolong terjangkau


Kekurangan:

  • Hanya ada satu varian warna

Bisa jadi Anda terbiasa bepergian menggunakan beberapa koper yang berbeda ukuran dan memiliki perbedaan size ritsleting. Nah, gembok ini adalah partner tepat untuk menemani Anda jalan-jalan. Tersedia dalam tiga pilihan ukuran, Anda bisa memilih varian yang paling pas dengan ritsleting koper yang hendak dibawa. Tenang saja, harga produk juga masih ramah kantong sehingga membeli banyak pun tidak membuat dompet kosong.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

HendsoTop Security Padlock 30mm

Harga referensi
Rp7.999
Agak Murah

Elegan dan dilengkapi tiga anak kunci

Kelebihan:
  • Anda akan memperoleh tiga anak kunci sekaligus

Kekurangan:

  • Tidak tersedia varian warna lain


Adanya tiga anak kunci membuat Anda tidak perlu keluar dana lebih untuk mempersiapkan kunci cadangan gembok ini. Selain itu, penggunaan warna chrome di belenggu dan bodi menjadikan gembok ini terkesan simpel, tetapi tetap elegan. Anda yang menyukai desain minimalis atau tidak ingin repot membuat kunci duplikat tentu tepat membeli gembok koper ini.

No.3

SiyotaDigital Lock 10

Harga referensi
Rp28.500
Menengah

Tombol angkanya model timbul, tak perlu putar-putar lagi

Kelebihan:

  • Tersedia sepuluh tombol angka untuk memudahkan Anda memasukkan kode angka

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran

Anda yang kurang suka dengan metode rotate lock sebaiknya mempertimbangkan produk ini. Setiap angka dari 0–9 memiliki tombol tersendiri. Untuk membuka gembok ini, Anda cukup menekan kombinasi lima angka yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan begitu, proses input angka saat gembok hendak dibuka pun bisa berlangsung kian cepat.

No.4

Stationery Lock

Harga referensi
Rp7.500
Agak Murah

Amankan sekaligus hiasi koper dengan gembok imut

Kelebihan:

  • Pilihan karakternya ada banyak

Kekurangan:

  • Belum memenuhi standar TSA

Jangan heran bila anak kecil atau pencinta item bertema karakter kartun mudah jatuh hati dengan produk ini. Memiliki bodi berwujud berbagai karakter kartun menggemaskan, produk ini sangatlah imut.


Bukan hanya itu, desain karakter yang disediakan tergolong beragam, Anda tidak akan kesulitan menemukan varian yang paling disuka. Untuk menonjolkan kesan cute atau membuat koper Anda tampil beda dengan hadirnya berbagai tokoh kartun, gunakanlah produk ini.

No.5

Mini Padlock Carabiner044

Harga referensi
Rp18.500
Menengah

Bisa dijadikan carabiner juga, lho!

Kelebihan:

  • Tampil colourful, makin khas


Kekurangan:

  • Belum memenuhi standar TSA

Penggunaan warna pastel plus dial warna-warni menjadikan produk ini terlihat mencolok saat Anda pasang ke koper yang dibawa. Tidak hanya itu, hal tersebut juga membuat produk ini makin mudah disukai oleh wanita.


Menariknya lagi, produk ini diklaim dapat difungsikan sebagai carabiner. Anda bisa menggunakannya untuk mengaitkan botol minum, tongkat selfie, atau perlengkapan lainnya. Pencinta produk multifungsi sebaiknya tidak melewatkan gembok koper ini.

No.6

HIROKISecurity Luggage PadlockTSA-338

Harga referensi
Rp75.000
Agak Mahal

Lekukannya sesuai genggaman, memasukkan kode pun lebih mudah

Kelebihan:
  • Ada beberapa pilihan warna

Kekurangan:

  • Bahan metal hanya terdapat pada tangkai kunci

Kunjungan ke negara asing yang belum Anda ketahui tingkat keamanannya tentu membuat Anda ingin memastikan koper tetap terjaga. Untuk itu, Anda memerlukan kunci yang dapat diatur dengan mudah dan cepat seperti produk ini. 


Kunci ini memiliki bentuk yang sesuai dengan genggaman sehingga memudahkan Anda memasukkan tiga digit angka ketika akan membuka gembok. Hal ini membuat Anda mudah mengambil barang di dalam koper sekaligus langsung menutupnya kembali dengan cepat. Selain itu, produk ini juga sudah ada lambang TSA-nya, lho!

No.7

TechdooGembok Koper Kecil 4 DigitAGM102

Harga referensi
Rp79.000
Agak Mahal

Kombinasi empat angka yang akan menambah keamanan koper Anda!

Kelebihan:

  • Pilihan warnanya ada banyak

Kekurangan:

  • Dial berbahan ABS, rentan pecah bila terbanting keras


Bagi Anda yang menginginkan keamanan lebih untuk koper, cobalah membeli gembok ini. Dengan menggunakan empat digit angka kombinasi sebagai pengaman, orang lain pun akan makin sulit jika berniat membuka koper Anda. Di samping itu, pilihan warna yang ditawarkan pun tergolong banyak. Menemukan gembok yang warnanya paling Anda suka pun tak lagi terasa sulit.

No.8

KRISBOWGembok Koper 3 Kombinasi Angka Zinc Alloy

Gembok Koper 3 Kombinasi Angka Zinc Alloy 1
Sumber: ruparupa.com
Gembok Koper 3 Kombinasi Angka Zinc Alloy 2
Sumber: ruparupa.com
Harga referensi
Rp71.200
Agak Mahal
Harga referensi
Rp71.200
Agak Mahal

Gembok TSA yang harganya minim

Kelebihan:

  • Sudah bersertifikasi TSA

Kekurangan:

  • Hanya ada dua pilihan warna


Untuk kategori gembok TSA , produk dari KRISBOW ini memiliki harga yang sangat ramah kantong. Anda yang ingin memiliki gembok TSA tanpa keluar banyak dana tentu tepat mempertimbangkan produk ini. Meski begitu, jangan ragukan kualitasnya. Bahan zinc alloy menjadikan produk ini nyaman digunakan sekaligus lebih tahan lama.

No.9

CISILuggage Padlock

Harga referensi
Rp24.900
Menengah

Kuat dan ekonomis, siap mengamankan koper Anda!

Kelebihan:

  • Ekonomis dan varian warnanya banyak

Kekurangan:

  • Bahan plastik rentan berubah warna jika terus terpapar panas matahari

Jika Anda berencana pergi ke kota lain dengan menggunakan jasa angkutan umum, gembok ini cukup untuk mengamankan koper Anda. Dengan bahan kuningan berlapis plastik, gembok ini pun kian kuat dan sulit dipatahkan. Harganya juga sangat murah, lho! Untuk Anda yang ingin proteksi koper tambahan, tetapi bujet sedang minim, beli gembok ini saja.

No.10

DELSEYTSA Key Padlock

Harga referensi
Rp200.000
Lebih Mahal

Mengunci ritsleting kecil kian mudah berkat dimensi kecil

Kelebihan:

  • Sudah memenuhi standar TSA

Kekurangan:

  • Dibandingkan produk sejenis, harganya tergolong tinggi

Dengan ketebalan hanya 1,3 cm, gembok TSA ini sangatlah tipis. Hal tersebut membuat produk ini kian mudah diselipkan atau disimpan dalam kantong kecil tas saat tidak digunakan. Selain itu, dimensinya yang tipis juga membuatnya mudah digunakan bersama gembok lain, misalnya untuk mengunci ritsleting besar. Jika Anda butuh gembok slim, pertimbangkanlah produk ini.

Baca juga rekomendasi kunci pengaman lainnya di sini!

Selain kunci untuk koper, mungkin Anda juga sedang mencari kunci pengaman untuk motor atau sepeda Anda. Karena itu, kami juga sudah menyiapkan artikel mengenai kunci pengaman motor dan kunci sepeda untuk road bike dan sepeda hybrid. Penasaran bagaimana cara memilih sekaligus apa saja rekomendasi produk pilihan kami? Simak informasi selengkapnya dari artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Gembok koper sangatlah membantu agar Anda tetap merasa tenang ketika di dalam perjalanan. Dengan menggunakan gembok koper, Anda bisa yakin bahwa barang bawaan Anda terjaga dengan baik.

Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan, sudahkah Anda menemukan gembok koper yang paling sesuai kebutuhan? Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi agar perjalanan Anda makin nyaman. Happy travelling!

5 Rekomendasi Gembok Koper terbaik

No. 1: DexproBrass PadlockGKN

No. 2: HendsoTop Security Padlock 30mm

No. 3: SiyotaDigital Lock 10

No. 4: Stationery Lock

No. 5: Mini Padlock Carabiner044

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Travelling
  3. Perlengkapan travelling
  4. 10 Gembok Koper Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.