10 Rekomendasi Sandal Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sandal Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sandal outdoor merupakan pilihan yang tepat apabila Anda sedang malas memakai sepatu, tetapi membutuhkan alas kaki yang lebih dari sekadar sandal jepit. Pada saat kondisi basah, sandal outdoor dapat mengering dengan cepat. Kekuatan dan kestabilannya juga mumpuni untuk digunakan di medan-medan yang cukup sulit.

Kali ini kami akan membahas cara memilih sandal outdoor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Usai penjelasan tersebut, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi sandal outdoor terbaik yang layak untuk Anda miliki. Simaklah artikel berikut sampai selesai!

Daftar isi

Cara memilih sandal outdoor

Selain memilih berdasarkan tampilannya, ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli sebuah sandal outdoor. Sangat disayangkan bukan jika Anda akhirnya membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan? Jadi, ada baiknya Anda mengingat poin-poin berikut ini.

Pilihlah ukuran yang pas dengan kaki Anda

Pilihlah ukuran yang pas dengan kaki Anda

Agar nyaman saat pemakaian, penting untuk memilih ukuran sandal outdoor yang benar-benar pas di kaki. Cara yang paling mudah untuk itu adalah memilih sandal berukuran 0,5 cm atau 1 cm lebih besar daripada panjang telapak kaki Anda. Khusus untuk Anda yang sering melepas dan memakai sandal, pilihlah ukuran yang lebih besar daripada itu.

Penting sekali untuk mengetahui ukuran pasti dari kaki telanjang Anda. Bisa jadi sandal outdoor yang cocok di kaki Anda berukuran lebih kecil daripada ukuran sepatu yang biasa Anda kenakan. Umumnya sepatu digunakan setelah pemakaian kaus kaki, berbeda dengan sandal outdoor yang kebanyakan digunakan telanjang kaki. Lain produsen juga bisa membuat ukuran sandal outdoor berbeda.

Perlu digarisbawahi bahwa biasanya produsen luar negeri mengeluarkan sandal outdoor ukuran untuk pria, wanita, dan anak-anak. Sedangkan produsen dalam negeri umumnya hanya mengeluarkan satu size chart saja.

Tentu sangat baik untuk meminta pendapat kepada orang-orang yang telah berulang kali membeli sandal outdoor. Namun, tidak ada salahnya juga untuk mencoba sendiri sandal outdoor sebelum membeli.

Pilih bentuk yang sesuai dengan kebutuhan

Pada umumnya, sandal outdoor diklasifikasikan menjadi tiga tipe, yakni tipe belt, tipe shoe, dan tipe clog. Masing-masing memiliki bentuk yang berbeda, begitu juga kegunaan dan cara memakainya. Kami akan menjelaskan fitur dan medan yang cocok untuk setiap tipe sandal di bagian berikut ini.

Tipe belt, tidak mudah lepas walau digunakan dalam air

Tipe belt, tidak mudah copot walau digunakan dalam air

Jika Anda memerlukan sandal untuk melintasi daerah berair, pilihlah sandal outdoor tipe belt. Sandal ini sangat pas dan stabil di kaki karena tali-tali pengikatnya dapat diatur sedemikian rupa agar kencang melekat. Sandal ini sulit untuk mengapung ketika digunakan di dalam air bahkan saat aliran menjadi deras sekalipun.

Jika Anda membutuhkan sandal yang tidak mudah lepas, kami sarankan untuk memilih sandal outdoor tipe belt yang memiliki dua atau tiga tali pengunci. Semakin banyak tali penguncinya, semakin erat daya kekang sandal ini di kaki Anda.

Tipe shoe, memperkecil cedera di daerah bebatuan

Tipe shoe, memperkecil cedera di daerah bebatuan

Bagi Anda yang membutuhkan alas kaki untuk melintasi daerah penuh rintangan semisal daerah berbatu, pilihlah sandal outdoor tipe shoe yang memiliki pelindung pada bagian jari-jari kakinya. Dengan memilih alas kaki yang hampir tertutup seperti ini, Anda dapat menghindari cedera seperti luka gores. Gerak kaki Anda juga akan menjadi lebih ringan.

Sayangnya, sandal dengan pelindung jari-jari kaki ini buruk dalam hal sirkulasi udara dibandingkan dengan tipe lainnya. Jika Anda khawatir soal pengeringan dan drainasenya, lebih baik memilih produk berbahan jaring yang memiliki lubang-lubang drainase pada bagian insole.

Tipe clog, mudah untuk dipakai dan dilepas

Tipe clog, mudah untuk dipakai dan dilepas

Jika Anda mencari sandal outdoor yang mudah untuk dilepas, pilihlah sandal tipe clog. Seperti yang Anda lihat, bentuk dari sandal ini dikenal luas publik lewat produk keluaran Crocs. Desain sandal ini hampir menutup bagian jari-jari hingga tempurung kaki. Produk tanpa tambahan sabuk pengikat di bagian tumit merupakan pilihan paling tepat jika Anda mendambakan sandal yang mudah dilepas.

Bagi yang sering keluar masuk tenda saat camping, bisa jadi sandal ini akan sangat bermanfaat. Begitu juga untuk Anda yang memerlukan sandal untuk penggunaan di beranda rumah. Apabila Anda tidak menginginkan alas kaki yang mudah dilepas, lebih baik memilih sandal yang memiliki sabuk di bagian tumitnya.

Periksa bahan yang cocok untuk keperluan Anda

Pada dasarnya, sandal outdoor yang mudah kering dan berumur panjang terbuat dari bahan poliester. Akan tetapi, saat berbicara kenyamanan dan soal muat tidaknya di kaki, Anda perlu memperhatikan bahan-bahan lain yang digunakan. Gunakanlah penjelasan berikut ini sebagai patokan bahan-bahan terbaik yang digunakan untuk membuat sandal outdoor.

Bahan rubber dan EVA, sempurna sebagai alas kaki untuk melewati aliran air

Bahan rubber dan EVA, sempurna sebagai alas kaki untuk melewati aliran air

Bagi Anda yang sering melewati aliran air baik sungai maupun laut, pilihlah sandal yang terbuat dari material rubber ataupun EVA. Kedua bahan tersebut bersifat menolak air sehingga sandal Anda akan mudah kering meskipun baru dicelupkan ke dalam air.

Yang terbaik di antara dua bahan tersebut adalah bahan EVA. Bahan ini ringan, fleksibel, dan memiliki durabilty yang baik. Keunggulan lainnya adalah material ini sulit kotor dan mampu menyerap getaran sehingga dapat sedikit mengurangi rasa lelah. Jika Anda membutuhkan sandal untuk bergerak lebih aktif, patut rasanya mencoba sandal berbahan EVA.

Bahan mesh (jala), cocok untuk kegiatan pesisir dan lahan basah

Bahan mesh (jala), cocok untuk kegiatan pesisir dan lahan basah

Pilihlah sandal outdoor berbahan mesh (jala) jika Anda menginginkan alas kaki yang aman untuk digunakan lahan basah. Anda dapat menggunakannya untuk melintasi daerah pesisir juga daerah-daerah yang tidak terlalu banyak air seperti saat memancing.

Mesh merupakan material yang sulit untuk meneteskan air meskipun sedang basah, di sisi lain bahan ini juga cepat kering. Bahan ini sangat menunjang kenyamanan ketika dikenakan dalam waktu yang lama karena bobotnya yang ringan. Saat kotor karena lumpur atau pasir, Anda tidak perlu bersusah payah untuk membersihkannya, cukup mencucinya dengan air saja. Fleksibilitas dari bahan ini juga cepat menyesuaikan dengan bentuk kaki Anda. Begitu pun saat Anda melakukan gerakan yang intens.

Pilihlah sol yang kesat

Pilihlah sol yang kesat

Sangat penting untuk menggunakan sandal outdoor yang kesat, terutama sewaktu berjalan di tepi pantai atau semacamnya. Agar terhindar dari kemungkinan terpeleset saat menjelajah, yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa desain, material, dan fleksibilitas dari outsole. Saat ini, sol luar terbaik dalam urusan daya cengkeraman (antiselip) adalah sol berbahan EVA.

Jika Anda memilih sol dengan berdaya cengkeram baik, Anda dapat berjalan dan memahami mana medan yang tidak stabil dan licin ketika menjelajah dengan menapakinya. Sayang, bagian sol dari sandal outdoor semacam itu umumnya tipis. Jadi, Anda tidak dapat melindungi telapak Anda dari batu tajam atau pecahan kaca. Jika Anda menggunakannya di medan yang sulit dan berbatu, akan lebih baik untuk memilih sandal outdoor yang solnya sedikit lebih tebal.

Pilihlah sandal yang memiliki sirkulasi udara dan drainase yang baik

Pilihlah sandal yang memiliki sirkulasi udara dan drainase yang baik

Pilihlah sandal outdoor yang memiliki sirkulasi udara dan drainase yang baik sehingga Anda dapat dengan nyaman menggunakannya. Tidak peduli saat kaki berkeringat ataupun menggunakannya di bawah air, Anda akan tetap merasa nyaman. Anda tidak perlu takut akan masalah kesehatan apabila menggunakan sandal yang memiliki sirkulasi udara dan drainase yang baik. Bahkan tak masalah jika harus memakai sandal tersebut basah-basahan di sungai atau di laut setiap hari sekalipun.

Mesh merupakan material yang memiliki dua kemampuan tersebut sehingga sangat memungkinkan untuk Anda menggunakannya di berbagai medan. Kelebihan lain dari bahan mesh adalah fleksibilitasnya dan kemampuannya untuk kering dengan cepat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Inilah kepraktisan yang ditawarkan oleh sandal dengan bahan mesh.

10 Rekomendasi sandal outdoor terbaik

Seperti yang telah kami janjikan sebelumnya, kami akan memperkenalkan sepuluh sandal outdoor yang layak untuk Anda miliki. Berpedomanlah kepada penjelasan sebelumnya untuk mencari tahu mana sandal yang sesuai dengan keperluan.

10. Consina Adventure Trekker

10. Consina Adventure Trekker

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 225.000

Kurangi gesekan dengan kulit lewat tambahan padding

Consina Adventure Trekker memberikan kenyamanan bagi penggunanya melalui desain tali pengunci sandal yang dilengkapi dengan padding. Selain membuat kaki makin nyaman, tambahan bantalan tersebut akan mengurangi gesekan terhadap kulit.

Pengguna juga dimanjakan lewat sol yang empuk sebagai pijakan. Hal ini dapat mengurangi rasa lelah sewaktu menggunakannya untuk berjalan. Dengan segala kelebihan tersebut, Consina Adventure Trekker tentu pantas dijadikan teman untuk berpetualang bagi Anda yang menitikberatkan pada kenyamanan alas kaki.

9. Eiger Caldera Man Roll Strap

9. Eiger Caldera Man Roll Strap

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 202.000

Fleksibel, sanggup menapak dengan baik di tanjakan maupun turunan!

Caldera Man merupakan pilihan tepat bagi Anda yang mendambakan alas kaki untuk kebutuhan sehari-hari maupun penjelajahan alam. Eiger merancang sandal ini dengan bentuk yang fleksibel ditambah sol luar berbahan rubber. Paduan itulah yang membuat Caldera Man sanggup menapak dengan baik di berbagai medan, baik tanjakan, turunan, pun jalan datar.

Sistem penguncian yang digunakan pada Eiger Caldera Man adalah hook and loop. Selain mudah untuk melepas dan memakainya, sistem ini memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengatur tingkat keketatan tali pengunci. Tak perlu khawatir untuk mengajaknya basah-basahan karena sandal ini menggunakan bahan yang cepat kering.

8. Eiger Sandal Toe Citadel

8. Eiger Sandal Toe Citadel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 337.500

Didesain untuk menemani di segala medan

Eiger Toe Citadel merupakan alas kaki yang didesain untuk kegiatan outdoor segala medan. Anda dapat membawanya menyisir tanah, sungai, jalan berbatu, jalan berumput, dan lain-lain. Eiger menggabungkan mesh dan kain sintetis sebagai bahan penutup tempurung kaki. Desainnya yang sedemikian rupa membuatnya memiliki sirkulasi udara yang baik.

Tak perlu khawatir saat harus bergesekan dengan batu karena alas kaki ini memiliki pelindung pada bagian mata kaki dan jari. Untuk outsole, Eiger merancangnya agar antiselip, fleksibel, dan tahan abrasi. Jadi, bukan tidak mungkin produk ini menjadi pilihan yang tepat untuk para pemancing.

7. Quechua Men’s ARPENAZ 50 hiking sandals

7. Quechua Men’s ARPENAZ 50 hiking sandals

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 300.000

Klop bagi Anda yang hobi jalan kaki!

Bagi Anda yang hobi berjalan atau mendaki ringan saat weekend, Quechua Arpenaz 50 dapat menjadi teman yang baik. Sandal ini memiliki sol dalam berbahan EVA yang empuk yang membuat pengguna tetap merasa rileks sewaktu berjalan. Selain itu, bobotnya yang ringan akan menunjang laju langkah dan menghemat tenaga Anda.

Bagian sol luarnya terbuat dari bahan rubber yang memiliki daya cengkeram baik. Di bagian depan terdapat pelindung jari-jari kaki berupa moncong yang dapat menghindarkan pengguna dari kontak langsung dengan kerikil. Sistem penguncian talinya sandal ini juga terbilang praktis.

6. Teva Sanborn Universal Sandals for Men

6. Teva Sanborn Universal Sandals for Men

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 600.000

Nyaman walau digunakan seharian!

Apakah Anda sedang mencari sandal outdoor yang layak untuk menemani aktivitas selama sehari penuh? Bisa jadi produk yang satu ini dapat menjadi jawaban untuk Anda. Teva merancang sandal ini agar ringan, nyaman dan empuk untuk digunakan.

Empuk dan ringannya produk ini ditunjang oleh bahan EVA yang digunakan sebagai material bagian midsole. Bagian insole-nya juga unik karena menggunakan tambahan bahan mesh sebagai alas telapak kaki. Jadi, keringat dari kaki pengguna akan terserap dengan baik. Tak perlu khawatir soal bau karena bahan tersebut breathable.

5. Quechua Men’s ARPENAZ 100 hiking sandals

5. Quechua Men’s ARPENAZ 100 hiking sandals

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 480.000

Memberikan kenyamanan walau medan tidak rata

Quechua Arpenaz 100 merupakan sandal outdoor yang didesain untuk keperluan pendakian ringan. Dilengkapi dengan crosscontact sole, produk ini memastikan perjalanan Anda tetap nyaman walaupun medan yang Anda lalui tidak rata. Bobot keseluruhannya ringan dengan pengaplikasian bahan EVA sebagai bahan sol.

Alas kaki tahan air ini memiliki tali-tali pengunci yang telah dimodifikasi dengan tambahan bantalan empuk. Selain itu, yang membedakan sandal outdoor ini dengan yang lainnya adalah sistem pengunciannya yang sudah memakai gesper snap-fit buckle selayaknya ransel gunung.

4. Crocs Men’s Swiftwater Sandal

4. Crocs Swiftwater Sandal

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 379.500

Sandal tipe shoe yang nyaman walau diajak basah-basahan!

Sandal yang satu ini sangat ringan, tetapi juga memiliki ketahanan yang baik. Di bagian atasnya, Crocs mengaplikasikan bahan mesh untuk mendukung sistem sirkulasi udara secara optimal. Kain mesh yang mudah kering ini hampir menutupi seluruh bagian kaki.

Bentuk sol dari sandal ini terbilang cukup unik. Di bagian depannya terdapat penutup yang siap melindungi jari-jari Anda dari batu-batu kecil sungai. Selain itu, sol dalamnya sangat nyaman karena penggunaan bahan berteknologi Croslite temuan Crocs. Produk ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang mengidamkan sandal outdoor tipe shoe untuk menjajaki lahan basah.

3. Crocs Yukon Vista Clog

3. Crocs Yukon Vista Clog

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 639.200

Sisi lain dari sandal trademark Crocs, dengan varian kulit asli

Pada dasarnya, sandal ini memiliki bentuk yang sama dengan sandal clog keluaran produk Crocs yang lain. Namun, brand yang iconic dengan logo buaya ini memberikan detail berbeda dengan menambahkan kulit asli di beberapa bagian sisi sandal. Anda dapat menemukannya di bagian permukaan atas serta tali pengikat yang berada di bagian tumit.

Ketika dilihat sepintas, barang ini memang terkesan gerah saat digunakan. Namun, sandal ini memiliki lubang-lubang yang membuat udara dapat keluar masuk tanpa terganggu. Selain empuk, dingin, dan nyaman, sandal ini sangat fleksibel dan mampu menahan getaran dengan baik sehingga dapat mengurangi rasa lelah. Inilah alas kaki yang tepat untuk Anda yang malas menggunakan sepatu.

2. Adidas Cyprex Ultra II Sandals

2. Adidas Cyprex Ultra II Sandals

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 664.300

Tak hanya tahan basah, mendukung juga untuk medan-medan trail!

Adidas Cyprex Ultra II Sandals merupakan pilihan terbaik untuk mendukung aktivitas trail dan kegiatan underwater yang Anda lakukan. Tali penguncinya yang cepat kering dapat diatur dengan mudah. Sandal ini juga mempunyai tambahan berupa sabuk tumit layaknya sandal tipe clog. Jadi, pengguna dapat lebih mudah untuk memakai atau melepas sandal ini.

Sol dalamnya yang empuk sangat nyaman digunakan saat mendaki. Selain itu, sandal ini juga dilengkapi dengan sol luar berteknologi paten Traxion yang memudahkan Anda saat menjajaki medan-medan yang kasar. Untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan gemar beraktivitas di medan yang berat, tak perlu ragu untuk membeli sandal ini!

1. Jack Wolfskin Seven Seas Sandal

1. Jack Wolfskin Seven Seas Sandal

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 800.000

Nyaman dan bandel di segala medan!

Apabila Anda mencari sandal outdoor yang bandel di segala medan, Anda dapat menjatuhkan pilihan kepada Jack Wolfskin Seven Seas. Sebagai sandal tipe belt, Jack Wolfskin Seven Seas ditunjang dengan tiga tali pengunci yang dapat disesuaikan tingkat keketatannya. Di bagian tumit dan mata kaki terdapat bantalan-bantalan empuk yang akan memanjakan Anda.

Jack Wolfskin memberikan sol dalam yang empuk dari bahan EVA sebagai alas pijakan, yang mendukung performa sandal ini agar mampu menyerap getaran ketika digunakan ketika berjalan. Menyempurnakan fitur-fitur sebelumnya, sandal ini juga dilengkapi dengan sol luar yang fleksibel dan dapat mencengkeram dengan baik. Jadi, tak perlu ragu untuk menggunakannya ke medan mana pun.

Kesimpulan

Dari beberapa produk yang telah kami jelaskan di atas, kira-kira manakah yang paling Anda suka? Terlihat sepele, namun ternyata sandal outdoor memiliki beberapa macam tipe dengan spesifikasi kegunaan yang berlainan Perlu diingat agar Anda memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas. Jangan sampai salah membeli barang! Untuk apa membuang uang demi hal yang tidak diperlukan?