• 10 Sandal Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Sandal Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Sandal Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Sandal Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Sandal Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Sandal Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Selain sepatu, sandal outdoor atau biasa disebut sandal gunung merupakan pilihan tepat untuk beraktivitas di luar ruangan. Pada saat kondisi basah, sandal outdoor dapat mengering dengan cepat. Kekuatan dan kestabilannya juga mumpuni untuk digunakan di medan-medan yang cukup sulit.


Kali ini, kami akan membahas cara memilih sandal outdoor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi sandal outdoor terbaik seperti Eiger, Arei, Crocs, dan masih banyak lagi. Simak terus untuk menemukan sandal outdoor yang bagus untuk Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Astari Ratnadya S
  • Pembaharuan terakhir: 17 Januari 2022
Daftar isi

Apa kelebihan sandal outdoor?

Sandal outdoor adalah sandal yang cocok untuk kegiatan di luar ruangan seperti berkemah, memancing, dan BBQ. Sandal ini memiliki fitur yang sesuai dengan kaki Anda dan mudah untuk dipakai berjalan. Selain tahan terhadap rendaman air, sandal ini juga akan melindungi telapak kaki Anda dari kerikil dan puing-puing.


Beberapa sandal outdoor juga dijual dengan nama sandal gunung. Namun, tahukah Anda bahwa sandal gunung sebaiknya tidak dipakai untuk mendaki gunung? Hal itu karena saat mendaki gunung, medan yang akan Anda lalui bisa jadi sangat ekstrem. 


Ada banyak rintangan yang dapat membahayakan kaki Anda jika Anda hanya mengenakan sandal. Beberapa contohnya adalah bebatuan tajam, tanaman berduri, gangguan hewan, dan lain sebagainya.


Asal muasal penyebutan sandal gunung adalah sandal ini dapat dipakai saat sudah mencapai puncak gunung. Dengan kata lain, Anda boleh memakai sandal gunung saat sudah berkemah atau bukan saat perjalanan mendaki gunung.

Cara memilih sandal outdoor

Selain tampilannya, ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli sebuah sandal outdoor. Sayang jika Anda akhirnya membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan, bukan? Jadi, ada baiknya Anda mengingat poin-poin berikut ini.

Pilih tipe sandal outdoor menurut desainnya

Umumnya, sandal outdoor dapat diklasifikasikan menjadi empat tipe, yakni tipe belt, tipe shoe, tipe clog, dan tipe jepit. Setiap tipe memiliki bentuk yang berbeda, begitu juga kegunaan dan cara memakainya. Kami akan menjelaskan fitur dan medan yang cocok untuk setiap tipe sandal di bagian berikut ini.

Tipe clog, mudah untuk dipakai dan dilepas

Jika Anda sering melepas sandal saat keluar masuk tenda, pilihlah sandal outdoor tipe clog. Salah satunya contohnya adalah sepatu Crocs yang sudah cukup dikenal di masyarakat. Selain dapat dilepas dan dipakai dengan mudah, sandal ini akan melindungi bagian tumit Anda.


Pada area depan sandal ini terdapat lubang-lubang yang membuat sirkulasi udara di dalam sandal sangat baik. Jika Anda ingin sandal yang tidak mudah terlepas, pilihlah model yang memiliki belt di bagian tumit.

Tipe shoe, memperkecil risiko cedera

Untuk tempat-tempat berbatu seperti tepi sungai, pilih sandal outdoor tipe shoe yang memiliki penutup kaki yang rapat. Karena menutupi tumit, tipe ini akan lebih sulit dilepas dibandingkan dengan tipe clog. Namun, Anda dapat mencegah cedera dan gerakan kaki Anda akan lebih ringan.


Tipe ini akan menutupi jari kaki Anda sehingga sirkulasi udara di dalam sandal sangat terbatas. Jika Anda khawatir tentang sirkulasi udara dan drainase yang buruk, pilihlah sandal berbahan mesh. Anda juga bisa memilih sandal yang memiliki lubang drainase pada bagian insole-nya.

Tipe belt, lebih santai dan tidak mudah terlepas

Jika Anda memerlukan sandal untuk melintasi daerah berair, pilihlah sandal outdoor tipe belt. Sandal ini sangat pas dan stabil di kaki karena tali-tali pengikatnya dapat diatur sedemikian rupa agar kencang melekat. 


Sandal tipe ini tidak akan mudah lepas walaupun digunakan di dalam air. Anda dapat melintasi sungai atau bermain di laut dengan nyaman. Jika Anda membutuhkan sandal yang tidak mudah lepas, pilihlah sandal tipe belt yang memiliki 2–3 tali pengunci.

Tipe jepit, sesuai untuk medan yang tak terlalu ekstrem

Jika Anda berniat beraktivitas atau bepergian ke medan yang tak terlalu ekstrem, pakailah sandal outdoor jepit. Selain sangat simpel, sandal outdoor tipe ini juga tak kalah nyamannya dibanding tipe belt. Bagian solnya dibuat ergonomis mengikuti lekuk telapak kaki. Hal ini menyebabkan kaki Anda tak mudah pegal. Selain itu, strap-nya sudah pasti nyaman dan tidak akan membuat kaki Anda lecet.

Sesuaikan bahan yang cocok dengan medan pemakaian

Pada dasarnya, sandal outdoor yang mudah kering dan berumur panjang terbuat dari bahan poliester. Namun, berbicara kenyamanan dan sandal yang aman bila terkena air, Anda perlu memperhatikan bahan lain yang digunakan. Gunakanlah penjelasan berikut ini sebagai patokan bahan-bahan terbaik yang digunakan untuk membuat sandal outdoor.

Bahan rubber dan EVA, sempurna untuk melewati aliran air seperti sungai dan laut

Bahan rubber dan EVA, sempurna untuk melewati aliran air seperti sungai dan laut

Pilihlah sandal outdoor yang berbahan rubber atau EVA jika Anda ingin mengenakannya di sungai atau laut. Rubber dan EVA adalah bahan antiair sehingga tidak akan lembap dan cepat kering bila terkena air. 


EVA adalah bahan yang terbaik di antara kedua bahan tersebut. Bahan ini ringan, fleksibel, dan memiliki durability yang baik. Keunggulan lainnya adalah material ini sulit kotor dan mampu menyerap getaran sehingga dapat sedikit mengurangi rasa lelah. Jika Anda membutuhkan sandal untuk bergerak lebih aktif, patut rasanya mencoba sandal berbahan EVA.

Bahan poliester, cocok untuk kegiatan pesisir dan lahan basah

Anda bisa memilih sandal berbahan poliester untuk aktivitas di pesisir, lahan basah, memancing, dan sebagainya. Walaupun tidak bisa dipakai di dalam air, Anda bisa memakai sandal ini dengan nyaman di tempat-tempat basah. Selain itu, sandal berbahan poliester juga mudah dibersihkan dari kotoran dan lumpur yang menempel saat aktivitas Anda.


Jika Anda menggunakan bahan mesh yang terbuat dari bahan poliester, sandal Anda akan cepat kering dan tidak mudah lembap. Bahannya juga terbilang ringan sehingga membuatnya nyaman dipakai untuk waktu yang lama. Terakhir, bahan ini sangat pas di kaki sehingga relatif mudah dipakai beraktivitas.

Agar tak mudah tergelincir, pastikan solnya antiselip

Agar tak mudah tergelincir, pastikan solnya antiselip

Pilih produk dengan sol anti-slip sehingga Anda tidak mudah tergelincir bahkan saat berada di air atau daerah berlumpur. Pilih sandal berbahan EVA atau memiliki sol yang tidak rata untuk daya cengkeraman tinggi. Dengan begitu, Anda dapat berjalan di tanah dengan kuat, bahkan di perairan yang tidak stabil dan licin.


Selain itu, perhatikan juga tebal tipisnya sol. Sol yang terlalu tipis tidak akan dapat melindungi kaki Anda dari batu tajam dan pecahan kaca. Untuk tempat berbatu atau tidak ada pijakan yang kuat, pilihlah sandal dengan sol yang agak tebal.

Pertimbangkan sandal yang memiliki sirkulasi udara dan drainase yang baik

Carilah sandal outdoor yang memiliki sirkulasi udara dan drainase yang baik. Dengan begitu, Anda tetap merasa nyaman walaupun kaki berkeringat ataupun berada di bawah air. Sandal outdoor yang cepat kering juga sangat baik. Anda dapat menggunakannya dengan nyaman baik di laut maupun di sungai saat Anda berkemah.


Untuk itu, pilihlah bahan mesh atau sandal yang memiliki lubang drainase pada bagian insole. Anda pun dapat memeras sandal yang fleksibel sehingga membuatnya lebih cepat kering. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

EigerindoEiger Prowess 1.0 Sandals

Mulai dari Rp 389.000,00

10 Rekomendasi sandal outdoor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sandal outdoor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
TipeBelt
Bahan sandalPVC dan phylon
Bahan solTPR (thermoplastic rubber)
Antiselip
Sirkulasi udara
Drainase
9
TipeClog
Bahan sandalKulit asli
Bahan solCroslite™ foam
Antiselip
Sirkulasi udara
Drainase
8
TipeShoe
Bahan sandalSuede, soft EVA pressed
Bahan solRubber
Antiselip
Sirkulasi udara
Drainase
7

AdidasCyprex Ultra II Sandals

Mulai dari Rp 1.000.000,00

TipeBelt
Bahan sandalSintetik
Bahan solEVA dan TRAXION™ outsole
Antiselip
Sirkulasi udara
Drainase
6
TipeBelt
Bahan sandalPolyester, neoprene pad
Bahan solEVA
Antiselip
Sirkulasi udara
Drainase
5
TipeBelt semi shoe
Bahan sandalHi-knitted jersey foam, EVA, kulit sintetis, tekstil webbing
Bahan solRubber
Antiselip
Sirkulasi udara
Drainase
4

TorchSandal Arrafa Actisoft - All Black

Mulai dari Rp 218.000,00

TipeBelt
Bahan sandalNeoprene
Bahan solRubber
Antiselip
Sirkulasi udara
Drainase
3
TipeClog
Bahan sandalPVC
Bahan solTidak disebutkan (antiselip)
Antiselip
Sirkulasi udara
Drainase
2
TipeJapit
Bahan sandalWeebing nylon, EVA
Bahan solRubber
Antiselip
Sirkulasi udara
Drainase
1

EigerKinkajou Roll Strap 2.0

910005627

Mulai dari Rp 249.000,00

TipeBelt
Bahan sandalEVA, rubber
Bahan solRubber
Antiselip
Sirkulasi udara
Drainase

Tabel perbandingan produk sandal outdoor terbaik

Gambar produk
1
Eiger Kinkajou Roll Strap 2.0 1

Eiger

2
Arei Sandal Astec 1

Arei

3
AP Boots AP Clogs 1

AP Boots

4
Torch Sandal Arrafa Actisoft - All Black 1

Torch

5
Connec Columbia 1

Connec

6
Bearpath Bena 1

Bearpath

7
Adidas Cyprex Ultra II Sandals 1

Adidas

8
Outdoor Pro Xenon Black 1

Outdoor Pro

9
Crocs Men's Yukon Vista Clog  1

Crocs

10
Homyped Alpen 02 1

Homyped

Nama produk

Kinkajou Roll Strap 2.0

Sandal Astec

AP Clogs

Sandal Arrafa Actisoft - All Black

Columbia

Bena

Cyprex Ultra II Sandals

Xenon Black

Men's Yukon Vista Clog

Alpen 02

Keunggulan

Cengkeraman mantap, gerak pun makin sigap

Praktis, sandal gunung jepit ini siap membawa kaki Anda berpetualang

Ringan dan ekonomis, cocok untuk sehari-hari

Cocok dipakai untuk jalan santai hingga beribadah umroh!

Kombinasi menarik dari sandal outdoor tipe belt dan shoe

Klop bagi Anda yang hobi traveling sambil foto OOTD

Tak hanya tahan basah, bisa dipakai juga di medan-medan trail!

Didesain untuk menemani di segala medan

Sisi lain dari sandal trademark Crocs, dengan varian kulit asli

Sandal outdoor berkualitas buatan dalam negeri

Harga mulai dariRp 249.000,00Rp 109.000,00Rp 44.900,00Rp 218.000,00Rp 159.000,00Rp 369.000,00Rp 1.000.000,00Rp 350.000,00Rp 759.000,00Rp 499.900,00
TipeBeltJapitClogBeltBelt semi shoeBeltBeltShoeClogBelt
Bahan sandalEVA, rubberWeebing nylon, EVAPVCNeopreneHi-knitted jersey foam, EVA, kulit sintetis, tekstil webbingPolyester, neoprene padSintetikSuede, soft EVA pressedKulit asli PVC dan phylon
Bahan solRubberRubberTidak disebutkan (antiselip)RubberRubberEVAEVA dan TRAXION™ outsoleRubberCroslite™ foamTPR (thermoplastic rubber)
Antiselip
Sirkulasi udara
Drainase
Tautan produk

Cara merawat sandal outdoor

Cara merawat sandal outdoor

Meski bukan alas kaki yang dipakai untuk acara resmi, sandal outdoor juga perlu dirawat sebaik mungkin, lho. Dengan merawatnya dengan baik, umur sandal outdoor Anda bisa jadi lebih panjang. Kalau sudah begitu, Anda tak akan boros membeli lagi dan lagi. Untuk itu, silakan catat dan ikuti instruksi cara merawat sandal outdoor berikut ini.


Peralatan yang perlu disiapkan:

  1. Cairan pembersih (dapat berupa larutan sabun atau deterjen)
  2. Sikat gigi bekas
  3. Kain lap/handuk lembut
  4. Ember kecil

Langkah-langkah pencucian sandal outdoor:

  1. Bersihkan sandal dengan air mengalir untuk sekilas menjatuhkan kotoran yang menempel.
  2. Celupkan sikat ke larutan sabun, lalu gosokkan perlahan ke sandal. Berhati-hatilah untuk tidak menggosok terlalu kencang, terutama pada material yang berserat.
  3. Gosok lebih teliti pada sela-sela sol sandal karena bagian itu rawan didiami kotoran.
  4. Setelah merata, bilas menggunakan air mengalir. Ulangi langkah 1–4 hingga dua atau tiga kali.
  5. Tempelkan handuk atau kain pada sandal secara merata. Hal ini bertujuan untuk menyerap air yang berlebihan sebelum sandal dijemur.
  6. Jemur sandal di tempat yang tidak mendapat sinar matahari secara langsung agar warna tidak memudar.


Setelah rangkaian mencuci selesai, simpan sandal outdoor Anda di tempat yang kering dan tidak lembap. Sebisa mungkin, lakukan pencucian setidaknya satu bulan sekali. Selamat mencoba!

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan kegiatan outdoor lainnya di sini

Selain sandal, Anda dapat menggunakan sepatu untuk trekking atau hiking. Terlebih lagi jika Anda hiking di gunung, Anda juga membutuhkan kaus kaki agar tetap hangat. Nah, terlepas di mana Anda beraktivitas, kegiatan outdoor juga dipengaruhi oleh cuaca, bisa tiba-tiba turun hujan. Untuk itu, Anda pasti membutuhkan tas antiair. Silakan baca artikel rekomendasi produk perlengkapan untuk kegiatan outdoor lainnya di sini.

Kesimpulan

Bagaimana kesan Anda setelah membaca artikel ini? Tidak semudah itu untuk menentukan sandal outdoor. Banyak faktor yang perlu Anda perhatikan, mulai dari tipe, bahan sandal, sampai solnya. Hal tersebut penting dipertimbangkan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan Anda dalam melakukan kegiatan outdoor.


Jika Anda masih bingung dengan produk yang harus Anda pilih, silakan merujuk pada produk rekomendasi yang kami berikan. Semoga Anda bisa menemukan sandal outdoor yang tepat. Salam petualang!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Sepatu pantofel adalah jenis sepatu bermodel formal sehingga cocok digunakan saat menghadiri acara resmi. Perkembangan sepatu pantofel pria makin berkembang. Desainnya makin trendi serta pilihan warnanya beragam. Beberapa sepatu pantofel pria bahkan dilengkapi keunggulan tambahan, contohnya antiselip. Hal tersebut mungkin membuat Anda dilema dalam menentukan pilihan. Karena itu, kami akan membagikan poin-poin tentang cara memilih sepatu pantofel terbaik untuk pria. Selain itu, kami pun akan merekomendasikan sepatu pantofel yang bagus dari merek houseofcuff, Keeve, dan lainnya. Jadi, simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Sepatu pria
  • 10 Merk Sneakers Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Sneakers Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gerakan menggunakan sneakers lokal makin gencar terdengar belakangan ini. Banyak orang mulai percaya diri memakai sneakers dari brand lokal, seperti Ventela, Compass, atau Brodo. Ditambah lagi, komunitas pencinta sepatu merek lokal gencar menggaungkan hashtag #LocalPrideIndonesia sehingga membuat banyak orang makin tertarik. Di beberapa kesempatan, launching produk sneakers lokal dipadati orang-orang yang mengantre untuk membeli. Ini memperlihatkan betapa besarnya antusiasme publik terhadap brand lokal, bahkan tidak kalah dengan sneakers luar. Di artikel kali ini, kami akan membahas tips memilih sneakers lokal yang bagus dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Yuk, ikuti pembahasannya! 
    Sepatu pria
  • 10 Merk Sepatu Sneakers Pria Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Sepatu Sneakers Pria Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    Sneakers sudah menjadi bagian dari gaya berpakaian sehari-hari karena kenyamanannya di kaki. Dahulu, sneakers mungkin identik dengan harga yang tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak brand yang menghadirkan sneakers dengan harga terjangkau dan berkualitas.Agar tidak salah pilih, simak artikel ini untuk mengetahui tips memilih sneakers terbaik dengan harga yang terjangkau. Temukan juga berbagai rekomendasi merek sneakers terbaik untuk pria, seperti NAH Project, Airwalk, dan Diadora. Ikuti terus pembahasannya dan tentukan sneakers favorit Anda di sini!
    Sepatu pria
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sneakers adidas Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Sneakers adidas Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai salah satu merek sepatu terlaris, adidas memiliki beragam rekomendasi sneakers yang bagus. Ada sneakers bergaya kasual untuk hang out, seperti Stan Smith Vulc dan Bravada. Tidak hanya itu, ada juga Ultraboost 21 dan Supernova, tipe sneakers sporty yang didesain adidas untuk aktivitas olahraga.Agar tidak membingungkan Anda, kali ini kami akan memperkenalkan poin-poin yang perlu dipahami sebelum memilih sneakers adidas. Kami juga akan menyertakan sepuluh rekomendasi sneakers adidas untuk Anda pertimbangkan. Bacalah dengan saksama dan temukan sneakers adidas favorit Anda dalam artikel kali ini. Selamat membaca!
    Sepatu pria
  • 10 Rekomendasi Insole Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Insole Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memakai sepatu terlalu lama, terutama sepatu kulit, dapat membuat kaki Anda menjadi sakit dan pegal-pegal. Jika demikian, gunakanlah insole sepatu untuk menjaga kaki Anda tetap nyaman dan mencegahnya sakit. Insole sepatu juga banyak digunakan oleh para atlet, pelari, serta orang-orang yang banyak bergerak menggunakan kaki dalam aktivitas sehari-hari.Kali ini, kami akan memberi Anda tips memilih insole sesuai kebutuhan. Kami juga merekomendasikan merek insole sepatu yang bagus, seperti Aerostreet, Footstep Footwear, dan Decathlon yang bisa dibeli secara online. Mari pahami cara memilih insole yang tepat demi menjamin kenyamanan kaki Anda!
    Sepatu pria
  • 10 Sepatu Merk PUMA Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sepatu Merk PUMA Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Sepatu PUMA adalah salah satu produk yang banyak digunakan atlet karena berkualitas tinggi. Ada banyak ragam sepatu yang diproduksi oleh merk PUMA, seperti sepatu bola, sepatu basket, dan sepatu lari. Ada juga sepatu hasil kolaborasi dengan merk atau tokoh ternama, seperti Porsche dan BTS. Nah, produk manakah yang tepat untuk dipilih? Kami akan menjelaskan beberapa hal yang bisa dipertimbangkan dalam memilih sepatu PUMA. Anda juga bisa mengetahui harga sepatu PUMA pria yang bagus, lengkap dengan ulasannya. Simak informasinya di sini dan pilih sepatu PUMA pria original favorit Anda!
    Sepatu pria
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori