10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Dispenser lumrah kita temui di rumah, kosan maupun perkantoran. Dispenser sangat memudahkan kita dalam menyediakan air minum untuk masak maupun konsumsi. Saat ini sudah tersedia berbagai macam merek dispenser , seperti Unilever, Maspion Uchida dan Polytron yang tidak kalah dengan dispenser merek luar negeri.

Bagaimana cara memilih dispenser serta apa yang perlu diperhatikan saat memilih dispenser? Mari ikuti artikel menarik ini yang mengulas tentang cara memilih dispenser serta 10 rekomendasi dispenser terbaik. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda sekeluarga dalam memilih dispenser ya!

Daftar isi

Cara memilih dispenser

Hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih dispenser bergantung pada penempatan yang Anda inginkan, kebutuhan air dalam rumah tangga, serta beberapa fitur pelengkap lain seperti pengaman dispenser. Kami akan membahasnya satu persatu untuk mempermudah pemahaman Anda.

Pilih tipe tower atau tabletop? Untuk yang lebih hemat tempat, pilih tabletop

Pilih tipe tower atau tabletop? Untuk yang lebih hemat tempat, pilih tabletop

Secara umum, terdapat 2 jenis dispenser yaitu dispenser tipe tower dan dispenser tipe tabletop. Dispenser tipe tower umumnya berukuran lebih besar dan lebih kokoh sehingga lebih berat dibandingkan tipe tabletop. Selain itu, dispenser tipe tower membutuhkan ruang yang lebih luas dibandingkan dispenser tipe tabletop sehingga Anda perlu mempertimbangkan ruang penempatannya jika memilih dispenser tipe tower.

Apabila dispenser tipe tower menyulitkan Anda karena terlalu berat dan membutuhkan ruang yang cukup besar, Anda bisa memilih dispenser tipe tabletop. Dispenser tipe tabletop adalah dispenser yang umumnya berbobot ringan serta bisa Anda letakkan di mana saja, seperti meja atau rak sehingga Anda memiliki opsi tempat pemasangan lebih banyak.

Setelah Anda memilih tipe dispenser yang sesuai, hal penting lain yang perlu Anda perhatikan saat menyimpan dispenser adalah akses terhadap sumber listrik atau power supply. Jangan sampai tempatnya sudah ada, tetapi power supply-nya jauh!

Pilih berdasarkan tipe air

Ada tiga jenis air yang bisa Anda simpan di dispenser yaitu air alami, air RO dan air keran. Pilihlah dispenser yang sesuai dengan tipe air yang Anda inginkan.

Air alami, sedikit proses pengolahan dengan kandungan mineral yang tinggi

Air alami, sedikit proses pengolahan dengan kandungan mineral yang tinggi

Air alami adalah air yang diambil langsung dari mata air pegunungan, misalnya yang terkenal di Indonesia adalah dari Sukabumi. Proses pengolahan air alami sangat minim sehingga kandungan mineralnya tidak hilang selama proses industri dan kadar mineralnya tetap tinggi saat sampai pada konsumen. Sumber mata air alami dengan kandungan mineral tinggi umumnya diambil dari mata air pegunungan atau dengan mengamati cekungan air tanah.

Saat ini sudah banyak air minum mineral dalam kemasan yang tersedia dalam berbagai ukuran, termasuk air mineral dalam kemasan galon yang umumnya dimasukkan pada dispenser. Apabila Anda ingin merasakan kesegaran dan air minum yang sehat, Anda bisa memilih air alami yang kaya akan kandungan mineral.

Air reverse osmosis (RO), baik untuk memasak

Air reverse osmosis (RO), baik untuk memasak

RO adalah singkatan dari reverse osmosis yang merupakan proses pemurnian air dengan menggunakan membran berukuran 0,0001 mikron untuk menyaring mikroorganisme patogen dan logam berat yang terdapat dalam air. Anda yang senang memasak bisa menggunakan air RO karena air RO tidak memiliki rasa sehingga tidak akan mempengaruhi hasil akhir masakan Anda.

Selama proses RO, ada kemungkinkan hilangnya sejumlah mineral akibat proses penyaringan yang terlalu intensif. Untuk itu, beberapa mineral ditambahkan ke dalam air RO untuk menggantikan mineral yang hilang selama proses penyaringan. Namun, penambahan mineral ke dalam air RO merupakan proses buatan yang tidak alami sehingga beberapa orang kurang suka dengan produk akhir air RO.

Air keran atau tap water untuk mencuci

Air keran atau tap water untuk mencuci

Saat ini air keran di Indonesia masih jarang yang bisa diminum langsung, meskipun di beberapa universitas di Jakarta mulai menyediakan tap water yang bisa langsung diminum. Namun, umumnya penggunaan air keran masih seputar mencuci peralatan masak atau menyiram tanaman.

Wacana air keran bisa langsung diminum pernah mencuat di akhir tahun 2014, dimana kepala BPPSPAM (Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum) optimis bahwa air keran bisa langsung diminum pada tahun 2019, seperti yang sudah banyak diterapakan di negara maju. Jika hal ini terealisasi di masa mendatang, Anda tidak perlu repot lagi untuk membeli air galon kemasan dan Anda bisa langsung meminum air dengan segera dari keran.

Semakin banyaknya tap water yang bisa langsung dikonsumsi membuat Anda bisa lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli dari perusahaan air minum. Mari kita dukung bersama kemajuan Indonesia dalam menyediakan air minum yang bersih dan layak!

Cek area pengiriman, sesuaikan dengan jarak dan metode pengiriman

Cek area pengiriman, sesuaikan dengan jarak dan metode pengiriman

Sebelum membeli Anda harus memeriksa dahulu area pengirimannya. Meskipun produknya bagus dan sesuai selera Anda, jika areanya terlalu jauh pasti akan merugikan Anda karena biaya kirimnya mahal. Selain itu, beberapa produsen atau distributor juga mengharuskan adanya asuransi atau packing tambahan untuk melindungi dispenser sehingga membuat biaya pengiriman bertambah mahal.

Biasanya setiap website yang menjual produk elektronik menyertakan laman Q&A atau Question and Answers bagi konsumen yang ingin mencari tahu dan bertanya-tanya lebih lanjut. Jelajahi laman tersebut dan pastikan tidak ada pertanyaan yang mengganjal sebelum Anda memutuskan membeli.

Biasanya lokasi tokonya tertera di website tempat Anda membeli dispenser, sebaiknya Anda kalkulasi dahulu jaraknya!

Pilih berdasarkan tipe botol

Botol galon yang Anda pakai di rumah, secara umum terbagi menjadi 2 jenis yaitu botol galon yang dikembalikan ke produsen untuk dipakai ulang, serta botol galon sekali pakai. Ada beberapa perbedaan dari kedua jenis botol galon ini yang akan dipaparkan pada ulasan di bawah ini.

Tipe galon yang bisa dipakai ulang, lebih efisien

Tipe galon yang bisa dipakai ulang, lebih efisien

Pengisian galon air minum isi ulang dikelola oleh sistem perusahaan air minum. Saat isinya habis, Anda dapat menukarkan galon tersebut dengan yang galon lainnya. Galon kosong tersebut dibersihkan terlebih dahulu oleh perusahaan, kemudian bisa diisi ulang kembali sehingga lebih ramah lingkungan.

Botol galon yang bisa dipakai ulang terbuat dari bahan plastik dengan kode nomor 7. Botol ini secara rutin dibersihkan dan dijaga kualitasnya oleh perusahaan air minum tersebut. Jika masih layak akan diisi ulang, jika tidak barulah dibuang. Perawatannya dilakukan oleh tenaga profesional dan ada standarisasinya sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Sebaiknya Anda mengumpulkan beberapa galon untuk stok di rumah Anda sehingga Anda tidak perlu setiap saat pergi ke toko isi ulang air minum. Sediakan stok air minum dalam galon untuk pemakaian satu minggu atau maksimal dua minggu. Namun, Anda perlu menyiapkan tempat penyimpanan galonnya.

Tipe sekali pakai, perhatikan aspek kebersihan galon air minum Anda

Tipe sekali pakai, perhatikan aspek kebersihan galon air minum Anda

Pada tahun 2015, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) mengeluarkan surat edaran yang berisi ketentuan jenis plastik yang bisa dipakai untuk galon mineral, yaitu plastik nomor 7. Jika Anda menemukan kode plastik selain nomor 7 pada bagian bawah galon mineral Anda, itu berarti galon tersebut hanya dapat digunakan sekali. Biasanya botol sekali pakai berlogo PET/PETE karena jika digunakan berulang bisa berbahaya untuk kesehatan.

Salah satu kekhawatiran dalam pemakaian galon isi ulang adalah kontaminasi bakteri jika proses pencuciannya tidak baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya produsen galon menggunakan bahan polyethylene lembut yang dapat mencegah bakteri dari luar masuk.

Kelemahan dari produk ini adalah mudah rusak sehingga tidak bisa digunakan untuk pemakaian berulang-ulang. Untuk Anda yang cukup memperhatikan kebersihan dari botol atau galon air minum, sebaiknya gunakan galon sekali pakai. Namun, sisi negatifnya adalah lebih mencemari lingkungan.

Siklus pemeliharaan dan kunci pengaman

Siklus pemeliharaan dan kunci pengaman

Dispenser adalah peralatan rumah tangga yang biasa dipakai setiap hari. Oleh karena itu, Anda harus menjaga dispenser tetap dalam keadaan bersih karena kebocoran pada dispenser dapat membuat sumbatan dan genangan di area tertentu yang bisa menjadi tempat pertumbuhan mikroba atau kontaminan.

Anda juga perlu memperhatikan aspek keamanan dispenser, terutama jika ada anak kecil di rumah yang bisa bermain-main dengan tombol elektrik pada dispenser yang bisa merusak dispenser atau mencelakai anak. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa air panas pada dispenser tetap dalam kondisi tertutup atau terkunci sehingga aman dari jangkauan anak-anak.

10 Rekomendasi dispenser terbaik

Selanjutnya kami akan memberikan beberapa rekomendasi dispenser terbaik. Silakan Anda pilih dan cermati dengan saksama karena dispenser merupakan salah satu peralatan yang dipakai untuk jangka waktu lama. Mari kita lihat!

10. Sekai WD 333

10. Sekai WD 333

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 461.000

Dispenser untuk kamar kos? Pilih yang hemat tempat dan harga terjangkau!

Hidup di kosan memerlukan kecermatan Anda dalam mengatur peletakkan barang dan pengeluaran bulanan, terutama bagi Anda yang masih bergantung pada kiriman uang dari orang tua. Salah satu kebutuhan yang paling dasar untuk Anda adalah minum. Sebaiknya Anda memiliki dispenser di kamar Anda, daripada harus repot-repot ke warung atau keluar kamar untuk mengambil air minum.

Solusi untuk Anda adalah dispenser Sekai WD 333 tipe tabletop yang mungil sehingga cocok diletakkan di ruang terbatas seperti kamar kosan. Apalagi harganya terbilang pas di kantong anak kosan nih! Anda juga akan lebih menghemat pengeluaran untuk minum karena menggunakan air dari galon.

9. Sanex D188

9. Sanex D188

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Khawatir air minum berdebu? Pilih dispenser yang dilengkapi penutup!

Dispenser yang disimpan di ruang terbuka dapat membuat saluran tempat keluarnya air dari dispenser menjadi kotor sehingga air yang diminum terasa berdebu dan menjadi kurang higienis. Sanex D 118 adalah dispenser tipe tabletop yang dilengkapi dengan penutup untuk menghindari masuknya kotoran sehingga air yang Anda minum tetap higienis. Penutup saluran air juga berfungsi mencegah air tidak tumpah dari dispenser.

Produk ini bisa Anda pakai di dalam rumah, atau untuk Anda yang memiliki usaha warung makan, Anda juga bisa menggunakan dispenser ini untuk memberikan air minum bersih dan gratis untuk para pelanggan Anda. Selain itu, berat dispenser ini hanya 2 kg sehingga Anda mudah untuk memindahkan produk ini jika tidak dipakai. Jangan ragu untuk memilih produk ini, ya!

8. Oxone OX128 Water Tank

8. Oxone OX128 Water Tank

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 993.000

Dilengkapi dengan fitur pegangan serta ukuran yang ideal untuk dibawa liburan

Saat camping ceria bersama keluarga di tempat yang jarang tersedia air bersih, misalnya pantai, ada baiknya Anda membawa persediaan air minum. Selain itu, kadang Anda juga membutuhkan air panas untuk menyeduh makanan seperti mie instan. Jangan lupa membawa Oxone OX128 Water Tank ini.

Produk ini memiliki pegangan pada bagian atas sehingga mudah untuk dibawa-bawa. Dari segi ukurannya, produk ini cukup dimasukkan ke mobil keluarga Anda karena hanya berukuran 50 x 30 x 50 cm. Selain itu, dengan kapasitas 15 liter air, sepertinya sudah cukup untuk kebutuhan keluarga Anda selama di perjalanan. Teman yang baik selama di perjalanan nih!

7. Cosmos CWD 5601

7. Cosmos CWD 5601

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 476.000

Tipe tower harga ekonomis yang mudah dipasang dengan cara dirakit

Dispenser tipe tower umumnya berukuran besar sehingga sulit untuk dipindah-pindahkan. Cosmos CWD 5601 merupakan dispenser tipe tower yang terdiri dari dua bagian utama yaitu dispenser di bagian atas serta rak penyimpanan di bagian bawah yang bisa dirakit secara manual. Dengan demikian, Anda tidak akan kerepotan saat ingin memindah-mindahkan dispenser.

Produk ini cocok untuk dipasang di lokasi yang akan merepotkan saat menyimpan dipenser tipe tower seperti lantai 2 rumah Anda. Selain itu, produk ini memiliki harga yang relatif murah untuk ukuran dispenser tipe tower sehingga cocok untuk Anda yang mencari dispenser tipe tower berharga ekonomis. Tidak mau repot memindahkan dispenser tipe tower? Pilih saja produk ini!

6. Modena Lucido DD 7315 W

6. Modena Lucido DD 7315 W

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.699.000

Lebih praktis dengan pemasangan air galon di bagian bawah

Apakah Anda merasa lelah saat harus menaikkan galon berisi air pada bagian atas dispenser? Jika Anda merasa berat atau terlalu lelah menaikkan air galon yang dipasang pada bagian atas, Anda dapat menggunakan Modena Lucido DD 7315 W yang menawarkan kemudahan pemasangan air pada bagian bawah dispenser. Produk ini sangat cocok bagi Anda yang tidak mau lelah atau repot mengangkat galon ke atas dispenser.

Desain dispenser tipe tower dengan galon yang dipasang pada bagian bawah ini juga dapat mencegah air galon tumpah saat dipasang. Setelah air galon dipasang, dispenser ini akan mengambil air dari bagian bawah melalui pompa dengan daya 10 watt saja. Anda bisa menutup tempat penyimpanan galon di bagian bawah dispenser sehingga aman dari jangkauan anak-anak. Tidak mau repot angkat-angkat galon? Pilih saja produk ini!

5. Polytron Hydra Dispenser PWC 777

5. Polytron Hydra Dispenser PWC 777

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.994.000

Dilengkapi dengan warning system yang komplit, aman untuk keluarga

Apabila Anda lupa mematikan pemanas dispenser saat galon habis, panas yang seharusnya disalurkan ke air dapat berpindah ke komponen lain sehingga berpotensi untuk menimbulkan korsleting. Selain itu, penutup galon dispenser yang tidak tertutup secara sempurna dapat mengundang rasa penasaran si kecil untuk memasukkan tangan ke bagian dispenser sehingga dapat mencederai tangan anak Anda.

Tenang saja! Polytron Hydra PWC 777 adalah dispenser tipe tower yang memiliki warning system yang menyeluruh yang akan berbunyi apabila pintu belum tertutup sempurna, air galon habis, atau adanya kerusakan pada pompa air sehingga dapat menjaga keamanan Anda dan keluarga Anda saat menggunakan dispenser. Cocok untuk Anda yang mengutamakan keamanan keluarga nih!

4. Unilever Pureit Ultimate 418

4. Unilever Pureit Ultimate 418

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.700.000

Bisa memasak dan minum sekaligus dengan teknologi RO dan TDS modulator

Saat memasak, penambahan air kadang merusak cita rasa makanan jika air tersebut mengandung mineral yang tidak seimbang. Produk ini adalah dispenser yang dapat mengolah air keran menjadi air layak masak dengan menggunakan teknologi RO, dimana terdapat 6 tahap pemurnian dalam pengolahannya.

Dispenser tipe tabletop ini dilengkapi juga dengan TDS modulator yang berfungsi untuk menambahkan mineral setelah melalui proses pemurnian sehingga Anda juga dapat meminum air mineral setelah Anda lelah memasak. Harganya mungkin terlihat mahal, tetapi jika dibandingkan dengan kualitas dan kelengkapannya cukup sepadan, bukan? Mau minum, mau masak? Tinggal pilih!

3. Maspion Uchida Water Dispenser MDR-042 PAS

3. Maspion Uchida Water Dispenser MDR-042 PAS

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.800.000

Berhemat dengan paket 2 in 1, dispenser sekaligus lemari pendingin

Memimun air mineral dingin, memakan buah segar yang dingin, atau meminum jus dingin, bukanlah ide yang buruk saat musim panas tiba. Dispenser ini adalah dispenser tipe tower yang dilengkapi dengan lemari pendingin di bagian bawah. Saat Anda merasa haus dan air galon habis, Anda tinggal ambil minuman lain di lemari pendingin.

Produk ini cocok untuk Anda yang ingin menghemat ruangan dengan memiliki dispenser dan lemari pendingin dalam satu paket. Anda akan mendapat harga yang ekonomis karena harga produk ini relatif murah dengan adanya lemari pendingin pada dispenser tersebut.

2. Sanken HWD-Z95

2. Sanken HWD-Z95

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.489.000

Dilengkapi fitur dual galon, simpan di atas atau bawah sama-sama ok!

Apabila konsumsi air dalam rumah tangga cukup banyak, Anda akan merasa lelah karena harus mengangkat galon berkali-kali. Dispenser galon bawah belum cukup membantu karena Anda tetap harus menggantinya dalam selang waktu berdekatan. Untuk lebih menghemat waktu dan tenaga Anda, Sanken HWD-Z95 memiliki fitur dual galon yang bisa Anda andalkan!

Produk ini merupakan dispenser tipe tower yang menggunakan teknologi dual galon sehingga Anda dapat mengisi dispenser pada dua posisi sekaligus, yaitu pada bagian atas dan bagian bawah dispenser. Apabila Anda tinggal dengan keluarga besar yang memiliki kebutuhan air minum dalam jumlah banyak, produk ini sangatlah cocok untuk Anda.

1. Unilever Pureit Marvella Hot

1. Unilever Pureit Marvella Hot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.258.700

Minum dari air keran? Kenapa tidak!

Saat ini di Indonesia air keran belum layak diminum langsung tanpa pengolahan karena masih mengandung bakteri yang melebihi batas kewajaran. Unilever Pureit Marvella Hot adalah dispenser yang berfungsi mengolah air keran menjadi air layak minum. Anda tidak perlu khawatir dengan aspek higenis karena produk ini telah memenuhi kriteria higienis internasional dari EPA.

Air yang telah diolah kemudian akan ditampung sebanyak 4 liter yang bisa Anda minum dengan suhu normal atau panas. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin menghemat biaya air minum karena lebih hemat 25% dibandingkan dengan air galon isi ulang dan lebih hemat 82% dibandingkan dengan air galon yang bermerek.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan cara memilih dispenser yang bisa Anda jadikan panduan sebelum membeli dispenser. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda sudah paham mengenai beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam memilih dispenser?

Apabila Anda belum memiliki dispenser, inilah saatnya Anda membeli dispenser yang bisa Anda pilih dari 10 rekomendasi produk yang sudah kami paparkan. Selamat memilih!