• 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Dispenser merupakan peralatan rumah tangga yang bisa memudahkan Anda ketika ingin minum air panas atau dingin dengan segera. Keberadaan dispenser tentunya akan sangat membantu, baik bagi Anda yang tinggal sendiri, memiliki bayi, atau sedang hamil. Namun, banyaknya pilihan water dispenser yang bagus di pasaran mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.


Untuk itu, kami akan merekomendasikan dispenser terbaik dari berbagai merk, seperti Sharp, Miyako, Sanken, Cosmos, dan sebagainya. Sebelum memilih, simaklah tips cara memilih dispenser yang tepat berikut ini. Dengan begitu, Anda pun bisa menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.

  • Pembaharuan terakhir: 19 Oktober 2021
  • 77.519 Views
Daftar isi

Cara memilih dispenser

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum memilih dispenser, seperti ruang untuk meletakkan, harga, fitur, dan sebagainya. Mari simak pembahasannya di bawah ini.

Sesuaikan ukuran dispenser dengan tempat meletakkannya

Terdapat dua jenis dispenser yang dijual di pasaran, yaitu dispenser tipe tower dan tipe tabletop. Sesuaikanlah ukuran dispenser pilihan Anda dengan tempat yang tersedia.

Dispenser tipe tower, lebih kokoh dan stabil

Dispenser tipe tower, lebih kokoh dan stabil

Dispenser tipe tower adalah jenis yang diletakkan di lantai, sedangkan tipe tabletop ditaruh di atas meja. Pada dasarnya, kedua tipe dispenser ini tidak memiliki banyak perbedaan, baik dari segi tekanan air, fungsi child lock, maupun konsumsi dayanya. Hal yang membedakan adalah ketinggiannya.


Tipe tower biasanya memiliki ketinggian 100–130 cm. Desainnya juga kokoh sehingga lebih stabil dan minim risiko jatuh. Namun, Anda perlu mempertimbangkan lokasi untuk meletakkannya karena dispenser tipe tower memiliki ukuran yang besar.


Sebagian besar tipe ini juga memiliki posisi keran di bagian tengah sehingga Anda harus membungkuk ketika mengambil air minum. Jika dispenser dilengkapi nampan untuk meletakkan gelas, hal ini mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, jika tidak ada, tentu Anda yang bertubuh tinggi akan lebih kesulitan saat mengambil air.

Dispenser tipe tabletop, dapat memaksimalkan penggunaan ruangan

Dispenser tipe tabletop, dapat memaksimalkan penggunaan ruangan

Apabila Anda kesulitan menyediakan tempat khusus untuk meletakkan dispenser tipe tower, Anda dapat memilih tipe tabletop. Anda jadi memiliki lebih banyak alternatif area untuk meletakkannya karena tipe ini bisa ditaruh di rak atau meja.


Meski demikian, Anda tetap harus mempertimbangkan ketinggian tempat menaruh dispenser. Sebaiknya dispenser tidak diletakkan di tempat yang terlalu tinggi karena ruang pemasangan galonnya terletak di bagian atas. Jika posisinya terlalu tinggi, Anda akan kesulitan ketika memasang galon dispenser.

Pilih dispenser berdasarkan tipe air

Ada tiga jenis air yang dapat Anda simpan di dispenser, yaitu air alami, air RO (reverse osmosis), dan air keran. Berdasarkan jenis air tersebut, pilihlah dispenser yang sesuai dengan kebutuhan.

Air alami, kandungan mineral yang tinggi dengan sedikit proses pengolahan

Air alami, kandungan mineral yang tinggi dengan sedikit proses pengolahan

Air alami adalah air yang diambil langsung dari sumber mata air, misalnya yang terkenal di Indonesia adalah dari Sukabumi. Proses pengolahan air alami sangat minim sehingga kandungan mineralnya tidak hilang selama proses industri. Air alami dengan kandungan mineral tinggi umumnya diambil dari mata air pegunungan.


Saat ini sudah banyak air minum mineral dalam kemasan yang tersedia dalam berbagai ukuran, termasuk untuk dispenser. Apabila Anda ingin merasakan kesegaran dan air minum yang sehat, Anda dapat memilih air alami yang kaya akan kandungan mineral.

Air RO, baik untuk digunakan memasak atau membuat susu

Air RO, baik untuk digunakan memasak atau membuat susu

RO adalah singkatan dari reverse osmosis yang merupakan proses pemurnian air menggunakan membran berukuran 0,0001 mikron. Membran ini berfungsi menyaring mikroorganisme patogen dan logam berat yang terdapat dalam air.


Pemrosesan pada air RO akan menghasilkan air murni dengan sangat sedikit kotoran atau tanpa kotoran sama sekali. Hal ini termasuk menghilangkan mineral dan garam yang terkandung di dalam air. Tentu saja ini membuat air RO tidak memiliki bau apa pun sehingga cocok untuk memasak atau membuat susu bayi.


Memang disayangkan mineral dalam air ikut tersaring karena proses filtrasi yang ketat. Karena itu, ada juga air RO yang ditambahkan mineral. Namun, mungkin sebagian orang tidak menyukainya karena dianggap bukan air alami lagi.

Air keran atau tap water untuk pengeluaran yang lebih hemat

Air keran atau tap water untuk pengeluaran yang lebih hemat

Di luar negeri, meminum air secara langsung dari keran tanpa dimasak adalah hal biasa. Namun, keran air siap minum baru mulai dikerjakan beberapa tahun ini di Indonesia. Meski demikian, tidak semua daerah memiliki fasilitas keran air siap minum.


Keran air siap minum dapat dijumpai di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan lainnya. Beberapa daerah menyediakan fasilitas keran air siap minum ini di area publik. Tidak dapat dipungkiri, air keran di Indonesia lebih banyak digunakan untuk mencuci baju, memasak, dan sebagainya. Belum banyak air dari keran yang bisa digunakan untuk membuat makanan atau minuman tanpa dimasak terlebih dahulu.


Akan tetapi, beberapa produsen saat ini telah melakukan terobosan terbaru dengan dispenser yang dapat langsung diisi dengan air keran. Selanjutnya, air keran itu akan dimurnikan dalam tabung dispenser tersebut. Dengan adanya pilihan keran air siap minum atau teknologi dispenser yang makin canggih, pengeluaran pun jadi lebih hemat.

Pilih berdasarkan tipe botol galon

Botol galon secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu galon isi ulang dan galon sekali pakai. Untuk informasi lebih lengkap, simaklah ulasan tentang perbedaan keduanya di bawah ini.

Galon isi ulang, lebih efisien dan ramah lingkungan

Galon isi ulang, lebih efisien dan ramah lingkungan

Galon yang diisi ulang biasanya dikelola oleh perusahaan air minum. Ketika habis, Anda cukup menukarkan galon kosong dengan galon baru berisi air dari perusahaan yang sama. Setelah galon-galon kosong dikembalikan ke perusahaan air minum, galon akan dibersihkan dan disterilisasi, kemudian diisi ulang. Proses ini tentunya tidak menghasilkan sampah sehingga dapat dikatakan lebih ramah lingkungan.


Selain itu, perusahaan akan secara rutin membersihkan botol galon dan menjaga kualitas air kemasannya. Seluruh perawatan dilakukan oleh tenaga profesional dan memiliki standar tersendiri. Anda pun tidak perlu khawatir akan kehigienisannya. Galon tipe ini sangat cocok bagi Anda yang memperhatikan kelestarian lingkungan dan ingin menjaga lingkungan dengan lebih baik.


Alangkah baiknya jika Anda memiliki beberapa galon cadangan di rumah. Ini bermanfaat untuk mengantisipasi air galon habis pada saat yang tidak tepat, seperti pada malam hari. Namun, dengan menyimpan galon cadangan, Anda akan membutuhkan ruang penyimpanan ekstra. Karena itu, sebaiknya semua disesuaikan dengan kebutuhan di rumah.

Galon sekali pakai, mengurangi risiko kontaminasi bakteri

Galon sekali pakai, mengurangi risiko kontaminasi bakteri

Pada tahun 2015, BPOM mengeluarkan surat edaran mengenai ketentuan jenis plastik yang bisa dipakai untuk galon, yaitu plastik nomor 7. Jika Anda menemukan kode plastik selain nomor 7 pada bagian bawah galon, berarti galon tersebut hanya dapat digunakan satu kali. Botol sekali pakai biasanya memiliki logo PET/PETE. Jika digunakan berulang kali, tipe ini bisa berbahaya untuk kesehatan.


Salah satu kekhawatiran dalam pemakaian galon isi ulang adalah kontaminasi bakteri jika proses pencuciannya tidak baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya produsen galon menggunakan bahan polyethylene lembut yang dapat mencegah masuknya bakteri dari luar.


Kelemahan dari produk ini adalah mudah rusak sehingga tidak bisa digunakan untuk pemakaian berulang-ulang. Untuk Anda yang cukup memperhatikan kebersihan dari botol atau galon air minum, sebaiknya gunakan galon sekali pakai. Namun, sisi negatifnya adalah penggunaan botol sekali pakai lebih mencemari lingkungan.

Pilih yang memudahkan pemasangan botol galon

Pilih yang memudahkan pemasangan botol galon

Bagian tersulit dari penggunaan dispenser adalah proses penggantian galon air karena bobotnya yang cukup berat. Mengganti galon air bisa cukup menyulitkan, misalnya bagi perempuan, orang bertubuh mungil, atau wanita hamil. Untuk itu, sebaiknya pilihlah model dan tipe dispenser yang memudahkan dan sesuai kebutuhan Anda.


Terdapat dua macam tempat pemasangan botol galon pada dispenser tipe tower, yaitu bagian atas (top loading) dan bagian bawah (bottom loading). Tipe bottom loading lebih memudahkan karena Anda tidak perlu mengangkat botol galon. Produk seperti ini cocok untuk wanita atau orang dengan tubuh yang tidak terlalu tinggi.

Pertimbangkan biaya operasionalnya

Selain tipe dispenser, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya perawatan, konsumsi listrik, jumlah penggunaan air, dan lainnya. Hal ini penting karena dispenser merupakan salah satu alat elektronik yang akan digunakan setiap hari. Untuk itu, simaklah beberapa poin di bawah ini sebelum Anda menentukan pilihan.

Perhatikan jumlah air yang Anda butuhkan

Perhatikan jumlah air yang Anda butuhkan

Ketika menggunakan dispenser, Anda harus memperhitungkan jumlah botol galon yang dibutuhkan selama satu bulan dalam keluarga Anda. Selain untuk menghitung pengeluaran, hal ini juga berguna bagi Anda yang berencana menyimpan beberapa galon air kemasan sebagai cadangan. Selain itu, pilihlah merek yang sesuai dengan kebutuhan keluarga dan perhatikan juga harga setiap galonnya.

Perhatikan harga pembelian dispenser

Perhatikan harga pembelian dispenser

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah harga beli dispenser. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merek dispenser dengan keunggulannya masing-masing. Namun, sebaiknya Anda memilih dispenser yang sesuai dengan kebutuhan keluarga agar harga belinya tidak melebihi anggaran. Pertimbangkan dengan bijak, ya!

Pilih yang hemat energi untuk menekan biaya listrik bulanan

Pilih yang hemat energi untuk menekan biaya listrik bulanan

Karena merupakan salah satu alat elektronik yang dinyalakan setiap hari, Anda harus mengecek besar daya yang dibutuhkan dispenser. Perhatikan juga fitur hemat energi yang terpasang pada produk. Hal ini penting supaya tagihan listrik Anda tidak membengkak. Pilihlah dispenser yang memiliki fitur hemat energi atau ramah lingkungan.

Pilih dispenser yang memiliki fitur keamanan seperti kunci pengaman

Pilih dispenser yang memiliki fitur keamanan seperti kunci pengaman

Sebagai peralatan rumah tangga yang dipakai terus-menerus, dispenser perlu dijaga agar tetap dalam keadaan bersih. Kebocoran pada dispenser dapat mengakibatkan sumbatan atau genangan air di area tertentu. Anda tentu tidak mau area tersebut menjadi tempat pertumbuhan mikrob atau kontaminan, bukan? Pertimbangkan juga biaya perawatan dispenser, misalnya layanan pembersihan secara rutin dari produsen.

Anda juga perlu memperhatikan aspek keamanan dispenser, terutama jika ada anak kecil di rumah. Bisa saja si kecil terluka karena tidak sengaja membuka keran bagian air panas. Jadi, periksalah keberadaan fitur tambahan ini untuk menjaga anak Anda dari kemungkinan terburuk.

10 Rekomendasi dispenser terbaik

Selanjutnya kami akan memberikan sepuluh rekomendasi dispenser terbaik. Silakan memilih dan mencermati dengan saksama dispenser yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
Jenis dispenserTabletop
Posisi botol galonBagian atas
Konsumsi daya350–450 watt
Dimensi27 cm x 23,5 cm x 37 cm
Fitur lainnyaTabung antikarat, antitumpah, pintu penutup
9
Jenis dispenserTabletop dan tower (bisa keduanya)
Posisi botol galonBagian atas
Konsumsi daya420 watt
Dimensi35,5 cm X 36 cm X 96,8 cm
Fitur lainnyaTidak ada
8
Jenis dispenserTower
Posisi botol galonBagian bawah
Konsumsi dayaPemanas: 190 watt・Pendingin: 90 watt
DimensiTidak disebutkan
Fitur lainnyaChild lock, extra hot water
7

SharpTop Loading Water Dispenser

SWD-T40N-PK-BL

Mulai dari Rp 287.000,00

Jenis dispenserTabletop
Posisi botol galonBagian atas
Konsumsi daya384 watt
Dimensi25,4 cm x 29,5 cm x 38,7 cm
Fitur lainnyaDouble safety device, stainless steel hot water tank
6
Jenis dispenserTower
Posisi botol galonBagian bawah
Konsumsi dayaPemanas: 385 watt・Pendingin: 110 watt・Pompa air: 10 watt
Dimensi31 cm x 37 cm x 105 cm
Fitur lainnyaWater storage sensor, self cleaning, child lock, thermostat, CFC-free compressor, dan sebagainya
5

CosmosBottom Loading Dispenser

CWD-7803

Mulai dari Rp 2.250.000,00

Jenis dispenserTower
Posisi botol galonBagian bawah
Konsumsi dayaPemanas: 380 watt ・Pendingin: 100 watt ・Daya masukan: 480 wat
DimensiTidak disebutkan
Fitur lainnyaLED light night, child lock, antibakteri, sistem antibocor
4
Jenis dispenserTabletop
Posisi botol galonMenggunakan air keran
Konsumsi daya36 watt
Dimensi42,3 cm x 38 cm x 16,6 cm
Fitur lainnyaAdvance alert system, 6 lapisan penyaring, auto shut off
3

PolytronHydra Dispenser

PWC 777

Mulai dari Rp 2.399.000,00

Jenis dispenserTower
Posisi botol galonBagian bawah
Konsumsi daya (watt)Pemanas: 450 watt・Pendingin: 65 watt
Dimensi33 cm x 36,5 cm x 113,8 cm
Fitur lainnyaChild lock, easy loading system, anti microbe water pipe, proactive watertank, slider rack, night lamp
2
Jenis dispenserTower
Posisi botol galonBagian bawah
Konsumsi dayaPemanas: 185 watt atau 385 watt・Pendingin: 100 watt
Dimensi32 cm x 38 cm x 102,8 cm
Fitur lainnya
1

SankenDispenser Duo Gallon

HWD-Z95

Mulai dari Rp 3.336.000,00

Jenis dispenserTower
Posisi botol galonBagian atas dan bawah
Konsumsi dayaPemanas: 350 watt・ Pendingin: 85 watt
Dimensi31 cm x 34,5 cm x 105 cm
Fitur lainnyaLED display, child lock, QYA Bacticlean pipe, water sensor, dan sebagainya

Tabel perbandingan produk dispenser terbaik

Gambar produk
1
Sanken Dispenser Duo Gallon 1

Sanken

2
Sharp Water Dispenser 1

Sharp

3
Polytron Hydra Dispenser 1

Polytron

4
Unilever Pureit Slim RO 1

Unilever

5
Cosmos Bottom Loading Dispenser 1

Cosmos

6
Modena Lucido 1

Modena

7
Sharp Top Loading Water Dispenser 1

Sharp

8
Denpoo Water Dispenser 1

Denpoo

9
Miyako Water Dispenser 1

Miyako

10
SANEX Dispenser Air 1

SANEX

Nama produk

Dispenser Duo Gallon

Water Dispenser

Hydra Dispenser

Pureit Slim RO

Bottom Loading Dispenser

Lucido

Top Loading Water Dispenser

Water Dispenser

Water Dispenser

Dispenser Air

Keunggulan

Memasang galon di atas atau bawah sama-sama OK!

Daya pemanasnya bisa diatur sesuai kebutuhan

Kini mengganti air galon bukan perkara berat lagi!

Jadikan air keran layak konsumsi tanpa proses berlebih

Suara kompresornya halus, istirahat Anda pun tidak terganggu

Lebih praktis dengan fitur self cleaning

Desain modern dan minimalis untuk mempermanis ruangan

Suhu air panas yang maksimal dengan konsumsi daya kecil

Area penyimpanannya fleksibel, lho!

Adanya penutup menjaga keran dispenser tetap higienis

Harga mulai dariRp 3.336.000,00Rp 3.400.600,00Rp 2.399.000,00Rp 2.548.000,00Rp 2.250.000,00Rp 4.350.000,00Rp 287.000,00Rp 2.598.000,00Rp 598.800,00Rp 95.000,00
Jenis dispenserTowerTowerTowerTabletopTowerTowerTabletopTowerTabletop dan tower (bisa keduanya)Tabletop
Posisi botol galonBagian atas dan bawahBagian bawahBagian bawahMenggunakan air keranBagian bawahBagian bawahBagian atasBagian bawahBagian atasBagian atas
Konsumsi dayaPemanas: 350 watt・ Pendingin: 85 wattPemanas: 185 watt atau 385 watt・Pendingin: 100 wattPemanas: 450 watt・Pendingin: 65 watt36 wattPemanas: 380 watt ・Pendingin: 100 watt ・Daya masukan: 480 watPemanas: 385 watt・Pendingin: 110 watt・Pompa air: 10 watt384 wattPemanas: 190 watt・Pendingin: 90 watt420 watt350–450 watt
Dimensi31 cm x 34,5 cm x 105 cm32 cm x 38 cm x 102,8 cm33 cm x 36,5 cm x 113,8 cm42,3 cm x 38 cm x 16,6 cmTidak disebutkan31 cm x 37 cm x 105 cm25,4 cm x 29,5 cm x 38,7 cmTidak disebutkan35,5 cm X 36 cm X 96,8 cm27 cm x 23,5 cm x 37 cm
Fitur lainnyaLED display, child lock, QYA Bacticlean pipe, water sensor, dan sebagainyaChild lock, easy loading system, anti microbe water pipe, proactive watertank, slider rack, night lampAdvance alert system, 6 lapisan penyaring, auto shut offLED light night, child lock, antibakteri, sistem antibocorWater storage sensor, self cleaning, child lock, thermostat, CFC-free compressor, dan sebagainyaDouble safety device, stainless steel hot water tankChild lock, extra hot waterTidak adaTabung antikarat, antitumpah, pintu penutup
Tautan produk

Baca juga rekomendasi dispenser lainnya di sini

Jika Anda masih tinggal sendiri, tentu kebutuhan air minum Anda tidak terlalu banyak. Untuk itu, Anda bisa memilih dispenser mini dari rekomendasi produk yang telah kami pilihkan di artikel berikut ini. Ada juga berbagai artikel lainnya yang spesifik membahas dispenser tertentu untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Mari simak pembahasan selengkapnya lewat tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kali ini, kami telah memberikan cara memilih dispenser yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik yang ada di pasaran Indonesia. Pilihlah dispenser dengan mempertimbangkan segi kenyamanan, ekonomi, keselamatan, kebersihan, dan gaya hidup Anda.


Jangan lupa, Anda juga harus memperhitungkan ukuran dispenser berdasarkan luas area yang tersedia. Temukan dispenser yang paling sesuai dan nikmati hari-hari Anda dengan lebih semangat. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap merk kulkas, seperti Panasonic, Sharp, Samsung, Polytron, dan LG tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan, seperti harga, ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda. Yuk, simak terus artikel ini!
    Elektronik dapur
    125.915 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Food processor adalah perkakas dapur multifungsi yang membuat proses memasak menjadi lebih mudah. Tak hanya untuk memotong sayuran, alat ini juga dapat digunakan untuk menumbuk, menguleni, dan mencampur bahan makanan. Namun, karena tersedia dalam beragam karakteristik dan merk, Anda mungkin akan kebingungan saat memilihnya.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips memilih food processor yang bagus sesuai kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produk dari berbagai merk seperti Philips, MITOCHIBA, Oxone, dan Russell Hubbs. Mari simak sampai akhir dan temukan food processor terbaik untuk Anda!
    Elektronik dapur
    176.150 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berfungsi untuk menjaga kesegaran makanan, kulkas menjadi perlengkapan elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki. Ada banyak merk kulkas bagus yang saat ini mendomasi pasaran, seperti Samsung, LG, Polytron, dan Sharp. Mereka memproduksi aneka kulkas dengan fitur canggih, mulai dari kulkas mini, kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, hingga kulkas besar.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Anda bisa memilih kulkas berdasarkan kapasitas, dimensi, merek, dan fiturnya. Mari simak artikel ini sampai akhir dan temukan kulkas yang tepat untuk kebutuhan Anda!
    Elektronik dapur
    168.246 Views
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa yang tidak tahu dispenser? Peralatan dapur yang satu ini sangat berguna menyediakan air panas dan dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser tipe galon bawah yang lebih praktis pemasangan airnya pun sudah banyak dijual di pasaran.Kali ini, kami akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti SHARP, Polytron, dan Electrolux. Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah? Baca artikel ini sampai habis!
    Elektronik dapur
    49.874 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek , Panasonic, Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    163.448 Views
  • 10 Rekomendasi Air Fryer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Air Fryer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak manfaat bisa Anda dapatkan dengan menjalani hidup sehat, salah satunya adalah mendapatkan tubuh yang bugar. Salah satu cara memulai hidup sehat adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berminyak. Air fryer bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menikmati gorengan dengan kalori yang rendah. Berbagai produk dari merk seperti Philips dan Delonghi yang beredar di pasaran pasti membuat Anda bingung, bukan? Karena itu, kami akan memperkenalkan air fryer lebih dalam sekaligus mengulas sepuluh produk air fryer yang bagus. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
    36.859 Views
  • 10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2021)
    10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa makanan, seperti roti dan kue, memang membutuhkan pengadonan. Anda dapat memilih stand mixer yang dapat membantu Anda mengadon tanpa repot memegang mixer. Stand mixer merupakan mixer dengan dudukan dan lengkap dengan bowl serta beater.Di artikel ini kami akan berbagi tips memilih stand mixer. Selain itu, ada juga rekomendasi stand mixer yang bagus sebagai referensi untuk Anda. Stand mixer dari merek Oxone, Philips, Cosmos, Miyako, sampai Kitchenaid ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Jadi, simak artikel ini sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
    18.685 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori