• 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Dispenser adalah peralatan rumah tangga yang memudahkan Anda dalam menyajikan air minum. Keberadaan dispenser tentunya sangat membantu ketika ingin menyeduh kopi, susu, teh, atau yang ingin air dingin. Saat ini ada berbagai macam dispenser air di pasaran termasuk yang tipe low watt untuk menghemat energi.

Untuk itu, kami menyajikan cara memilih dispenser yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga merekomendasikan berbagai merek dispenser terbaik, seperti SHARP, Miyako, Sanken, Cosmos, dan banyak lagi. Simak penjelasan kami berikut ini, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 September 2022
Daftar isi

Cara memilih dispenser

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum memilih dispenser, seperti ruang untuk meletakkan, harga, fitur, dan sebagainya. Mari simak pembahasannya di bawah ini.

Sesuaikan ukuran dispenser dengan tempat meletakkannya

Terdapat dua jenis dispenser yang dijual di pasaran, yaitu dispenser tipe tower dan tipe tabletop. Sesuaikanlah ukuran dispenser pilihan Anda dengan tempat yang tersedia.

Dispenser tipe tower, lebih kukuh dan stabil

Dispenser tipe tower, lebih kukuh dan stabil

Tipe tower adalah dispenser yang dapat diletakkan di lantai. Tipe tower umumnya memiliki ketinggian 100–130 cm. Ukurannya yang cukup tinggi membuat dispenser ini tidak memerlukan meja tambahan. Desainnya juga kukuh sehingga lebih stabil dan minim risiko jatuh. 


Posisi keran dispenser tower berada di bagian tengah sehingga Anda harus membungkuk ketika mengambil air minum. Saat ini, terdapat tiga jenis dispenser tower berdasarkan letak galon airnya, yaitu dispenser galon atas, galon bawah, dan kombinasi keduanya.

Dispenser tipe tabletop, dapat memaksimalkan penggunaan ruangan

Dispenser tipe tabletop, dapat memaksimalkan penggunaan ruangan

Apabila Anda kesulitan menyediakan tempat khusus untuk meletakkan dispenser tipe tower, Anda dapat memilih tipe tabletop. Penempatan dispenser tipe ini lebih fleksibel, bisa diletakkan di rak atau meja. Meski demikian, Anda tetap harus mempertimbangkan ketinggian tempat menaruh dispenser.


Sebaiknya dispenser tidak diletakkan di tempat yang terlalu tinggi karena ruang pemasangan galonnya terletak di bagian atas. Jika posisinya terlalu tinggi, Anda akan kesulitan ketika memasang galon dispenser.

Pilih dispenser berdasarkan tipe air

Ada tiga jenis air yang dapat Anda simpan di dispenser, yaitu air alami, air RO (reverse osmosis), dan air keran. Berdasarkan jenis air tersebut, pilihlah dispenser yang sesuai dengan kebutuhan.

Air alami, kandungan mineral yang tinggi dengan sedikit proses pengolahan

Air alami, kandungan mineral yang tinggi dengan sedikit proses pengolahan

Air alami adalah air yang diambil langsung dari sumber mata air, kemudian dikemas, dan diperjualbelikan. Proses pengolahan air alami sangat minim sehingga kandungan mineralnya tidak hilang selama proses industri. Air alami dengan kandungan mineral tinggi umumnya diambil dari mata air pegunungan.


Saat ini tersedia banyak sekali air minum mineral dengan berbagai ukuran kemasan, termasuk kemasan galon untuk dispenser. Apabila Anda ingin merasakan kesegaran dan air minum yang sehat, Anda dapat memilih air alami yang kaya akan mineral.

Air RO, baik untuk digunakan memasak atau membuat susu

Air RO, baik untuk digunakan memasak atau membuat susu

RO adalah singkatan dari reverse osmosis yang merupakan proses pemurnian air menggunakan membran berukuran 0,0001 mikron. Membran ini berfungsi menyaring mikroorganisme patogen dan logam berat yang terdapat dalam air. 


Pemrosesan pada air RO akan menghasilkan air murni dengan sangat sedikit kotoran atau tanpa kotoran sama sekali. Hal ini termasuk menghilangkan mineral dan garam yang terkandung di dalam air. 


Tentu saja ini membuat air RO tidak memiliki bau apa pun sehingga cocok untuk memasak atau membuat susu bayi. Memang disayangkan mineral dalam air ikut tersaring karena proses filtrasi yang ketat. Karena itu, ada juga air RO yang ditambahkan mineral.

Air keran atau tap water, untuk pengeluaran yang lebih hemat

Air keran atau tap water, untuk pengeluaran yang lebih hemat

Di luar negeri meminum air secara langsung dari keran tanpa dimasak adalah hal biasa. Namun, tidak dengan di Indonesia. Umumnya air keran atau air tanah harus direbus hingga mendidih agar layak diminum. Untuk menikmati air keran dengan sehat, Anda perlu memilih dispenser yang dilengkapi filter penjernih dan sterilisasi air.


Dispenser filter air dapat langsung diisi dengan air keran dan langsung bisa diminum setelah melewati proses penjernihan. Menariknya, dispenser filter air ini tidak membutuhkan daya listrik sama sekali, lho! Anda bisa berhemat biaya air dan listrik sekaligus.

Ketahui tipe botol galon

Botol galon secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu galon isi ulang dan galon sekali pakai. Untuk informasi lebih lengkap, simaklah ulasan tentang perbedaan keduanya di bawah ini.

Galon isi ulang, lebih efisien dan ramah lingkungan

Galon isi ulang, lebih efisien dan ramah lingkungan

Galon isi ulang umumnya dikelola oleh perusahaan air minum sebagai kemasan produk. Ketika air habis, Anda cukup menukarkan galon kosong dengan galon baru berisi air dari merek yang sama. Setelah itu Anda tinggal memasang galon air yang baru ke dispenser. 


Perusahaan air minum tentu melakukan sterilisasi ketat terhadap galon kosong yang akan diisi ulang. Karena menggunakan galon yang sama, proses ini tentunya menekan sampah kemasan sehingga lebih ramah lingkungan. Selain itu, air kemasan galon ini adalah yang paling mudah dijumpai dan dibeli.

Galon sekali pakai, mengurangi risiko kontaminasi bakteri

Galon sekali pakai, mengurangi risiko kontaminasi bakteri

Galon sekali pakai dikembangkan oleh perusahaan air minum kemasan untuk menghindari kontaminasi saat pencucian atau pemasangan galon. Biasanya, produsen galon menggunakan bahan polyethylene lembut yang dapat mencegah masuknya bakteri dari luar.


Galon sekali pakai juga biasanya memiliki logo PET/PETE. Jika digunakan berulang kali untuk air minum, kandungan plastik dari galon ini bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatan. Namun, galon sekali pakai ini tentunya tidak ramah lingkungan.

Periksa apakah botol galon mudah dipasang

Periksa apakah botol galon mudah dipasang

Mengganti galon air bisa cukup menyulitkan, misalnya bagi perempuan, orang bertubuh mungil, atau wanita hamil. Untuk itu, sebaiknya pilihlah model dan tipe dispenser yang memudahkan dan sesuai kebutuhan Anda.


Terdapat dua macam tempat pemasangan botol galon pada dispenser tipe tower, yaitu bagian atas (top loading) dan bagian bawah (bottom loading). Tipe bottom loading lebih memudahkan karena Anda tidak perlu mengangkat botol galon. Produk seperti ini cocok untuk wanita atau orang dengan tubuh yang tidak terlalu tinggi.

Pertimbangkan biaya operasionalnya

Pertimbangkan biaya operasionalnya

Selain tipe dispenser, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya perawatan, konsumsi listrik, jumlah penggunaan air, dan lainnya. Hal ini penting karena dispenser merupakan salah satu alat elektronik yang akan digunakan setiap hari. Untuk itu, simaklah beberapa poin di bawah ini sebelum Anda menentukan pilihan.


  • Perhatikan jumlah air yang dibutuhkan. Anda perlu memperhitungkan jumlah botol galon yang dibutuhkan selama satu bulan. Selain itu, pilihlah merek tepercaya, serta perhatikan harga dan ketersediaannya di dekat tempat tinggal Anda.

  • Perhatikan harga pembelian dispenser. Di pasaran ada banyak merek dispenser dengan keunggulan masing-masing. Pilihlah dispenser yang harga dan keunggulannya sesuai dengan kebutuhan keluarga.

  • Pilih yang hemat energi. Agar tagihan listrik tetap hemat, pilihlah dispenser dengan fitur hemat energi yang daya totalnya biasanya tidak lebih dari 200 watt. Jangan lupa, matikan fitur air dingin atau panas saat tidak sedang membutuhkannya.

Perhatikan fitur keamanan dispenser dan fitur lain yang ditawarkan

Perhatikan fitur keamanan dispenser dan fitur lain yang ditawarkan

Sebagai salah satu alat rumah tangga yang paling sering digunakan, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan fitur-fitur yang dimiliki dispenser. Berikut ini beberapa fitur yang cukup penting untuk Anda pertimbangkan.


  • Child lock. Fitur ini umumnya berupa kunci pada tombol air panas. Adanya pengunci akan mencegah si kecil terkena air panas jika secara tidak sengaja memencet tombol dispenser.
  • Antibakteri dan antijamur. Dispenser galon bawah umumnya dilengkapi dengan tangki penampungan air. Beberapa produk baru melengkapi tangki dan selangnya dengan fitur antijamur dan antibakteri yang menjaga air minum tetap higienis.
  • Self cleaning. Fitur ini memudahkan pembersihan dispenser karena Anda tak perlu membersihkannya secara manual. Beberapa dispenser galon bawah dari merek ternama sudah dilengkapi dengan fitur ini.
  • Fitur canggih lainnya. Anda juga bisa memilih dispenser dengan pengatur suhu air, sensor stok air, touch control, dan lain-lain.

10 Rekomendasi dispenser terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk dispenser terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 31 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Sanken Dispenser Duo Gallon HWD-Z95 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa MITO Dispenser Galon Bawah MD-666 memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
MITO Dispenser Galon Bawah 1

MITO

2
Unilever Pure It Classic 9L 1

Unilever

3
SANEX Dispenser Air 1

SANEX

4
Miyako Water Dispenser 1

Miyako

5
Cosmos Standing Dispenser 1

Cosmos

6
Denpoo Dispenser Aquazone Filter 1

Denpoo

7
Polytron Hydra Dispenser 1

Polytron

8
SHARP Stainless Steel Bottom Loading 1

SHARP

9
Modena Dispenser Air 1

Modena

10
Sanken Water Dispenser Duo Gallon 1

Sanken

Nama produk

Dispenser Galon Bawah

Pure It Classic 9L

Dispenser Air

Water Dispenser

Standing Dispenser

Dispenser Aquazone Filter

Hydra Dispenser

Stainless Steel Bottom Loading

Dispenser Air

Water Dispenser Duo Gallon

Keunggulan

Dengan warna full hitam yang menghadirkan kesan kukuh

Jadikan air keran layak konsumsi tanpa proses berlebih

Adanya penutup menjaga keran dispenser tetap higienis

Tetap bisa minum hingga 2 liter air saat listrik padam

Dilengkapi rak untuk menyimpan berbagai gelas dan botol

Suhu air panas yang maksimal dengan konsumsi daya kecil

Mengganti galon jadi lebih ringan berkat slider rack!

Daya pemanasnya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan

Lebih praktis dengan fitur self cleaning

Memasang galon di atas atau bawah sama-sama OK!

Harga mulai dariRp 1.040.000,00Rp 539.000,00Rp 100.900,00Rp 873.900,00Rp 498.700,00Rp 1.640.000,00Rp 2.144.000,00Rp 2.450.000,00Rp 3.489.000,00Rp 1.649.000,00
Jenis dispenserTowerTabletopTabletopTowerTower atau tabletopTowerTowerTowerTowerTower
Posisi botol galonBagian bawahMenggunakan air keranBagian atasBagian bawahBagian bawahBagian bawahBagian bawahBagian bawahBagian bawahBagian atas dan bawah
Konsumsi daya195 wattTidak ada350–450 watt420 wattPemanas: 385 watt ・Pendingin: 75 watt190 WattPemanas: 340 watt・Pendingin: 160 wattPemanas: 185 watt atau 385 watt・Pendingin: 100 wattPemanas: 385 watt・Pendingin: 110 watt・Pompa air: 10 wattPemanas: 350 watt・ Pendingin: 85 watt
DimensiTidak disebutkan61 cm x 34 cm x 33 cm27 cm x 23,5 cm x 37 cm39 cm x 35 cm x 105 cmTidak disebutkan108 cm x 34 cm x 32 cm33 cm x 36,5 cm x 113,8 cm32 cm x 38 cm x 102,8 cm31 cm x 37 cm x 105 cm31 cm x 34,5 cm x 105 cm
Fitur lainnyaChild lock, pengatur waktu otomatis, bell ringTidak disebutkanTabung antikarat, antitumpah, pintu penutupSafety lock, smart saving hingga 2 liter, suhu air panas hingga 96°CChild lock, rak penyimpanan barangChild lock, antidebu, antivirus, low wattChild lock, stainless steel pipeChild lock, empty bottle indicatorWater storage sensor, self cleaning, child lock, thermostat, CFC-free compressor, dan sebagainyaLED display, child lock, QYA Bacticlean pipe, water sensor, dan sebagainya
Tautan produk
10

SankenWater Dispenser Duo Gallon

HWD-Z73IC

Mulai dari Rp 1.649.000,00

Jenis dispenserTower
Posisi botol galonBagian atas dan bawah
Konsumsi dayaPemanas: 350 watt・ Pendingin: 85 watt
Dimensi31 cm x 34,5 cm x 105 cm
Fitur lainnyaLED display, child lock, QYA Bacticlean pipe, water sensor, dan sebagainya
9
Jenis dispenserTower
Posisi botol galonBagian bawah
Konsumsi dayaPemanas: 385 watt・Pendingin: 110 watt・Pompa air: 10 watt
Dimensi31 cm x 37 cm x 105 cm
Fitur lainnyaWater storage sensor, self cleaning, child lock, thermostat, CFC-free compressor, dan sebagainya
8

SHARPStainless Steel Bottom Loading

SWD-72EHL-BK

Mulai dari Rp 2.450.000,00

Jenis dispenserTower
Posisi botol galonBagian bawah
Konsumsi dayaPemanas: 185 watt atau 385 watt・Pendingin: 100 watt
Dimensi32 cm x 38 cm x 102,8 cm
Fitur lainnyaChild lock, empty bottle indicator
7
Jenis dispenserTower
Posisi botol galonBagian bawah
Konsumsi dayaPemanas: 340 watt・Pendingin: 160 watt
Dimensi33 cm x 36,5 cm x 113,8 cm
Fitur lainnyaChild lock, stainless steel pipe
6

DenpooDispenser Aquazone Filter

DDB-59

Mulai dari Rp 1.640.000,00

Jenis dispenserTower
Posisi botol galonBagian bawah
Konsumsi daya190 Watt
Dimensi108 cm x 34 cm x 32 cm
Fitur lainnyaChild lock, antidebu, antivirus, low watt
5

CosmosStanding Dispenser

CWD-5603

Mulai dari Rp 498.700,00

Jenis dispenserTower atau tabletop
Posisi botol galonBagian bawah
Konsumsi dayaPemanas: 385 watt ・Pendingin: 75 watt
DimensiTidak disebutkan
Fitur lainnyaChild lock, rak penyimpanan barang
4
Jenis dispenserTower
Posisi botol galonBagian bawah
Konsumsi daya420 watt
Dimensi39 cm x 35 cm x 105 cm
Fitur lainnyaSafety lock, smart saving hingga 2 liter, suhu air panas hingga 96°C
3
Jenis dispenserTabletop
Posisi botol galonBagian atas
Konsumsi daya350–450 watt
Dimensi27 cm x 23,5 cm x 37 cm
Fitur lainnyaTabung antikarat, antitumpah, pintu penutup
2
Jenis dispenserTabletop
Posisi botol galonMenggunakan air keran
Konsumsi dayaTidak ada
Dimensi61 cm x 34 cm x 33 cm
Fitur lainnyaTidak disebutkan
1
Jenis dispenserTower
Posisi botol galonBagian bawah
Konsumsi daya195 watt
DimensiTidak disebutkan
Fitur lainnyaChild lock, pengatur waktu otomatis, bell ring

Pertanyaan umum seputar dispenser

Pertanyaan umum seputar dispenser

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar dispenser. Apabila Anda juga penasaran akan hal yang sama, simak jawabannya berikut ini!

Apakah dispenser galon bawah bisa digunakan tanpa listrik?

Dispenser galon bawah menggunakan motor water pump untuk menarik air dari galon menuju tangki penampungan. Dari tangki penampungan, air mengalir keluar dan sampai ke gelas Anda. Untuk menjalankan motor water pump, diperlukan daya listrik. Jadi, dispenser galon bawah tidak bisa digunakan tanpa listrik. Namun, dispenser masih bisa berfungsi selama tangki penampungan masih terdapat sisa air.

Apakah dispenser baru bisa langsung dipakai?

Kami menyarankan untuk tidak langsung memakai dispenser yang baru saja Anda beli. Hal ini karena tangki penampungan air sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu untuk memastikan kebersihannya. Pembersihan ini perlu dilakukan untuk menghindari aroma plastik atau aroma lain di air minum Anda. Informasi yang lebih jelas bisa Anda dapatkan di buku manual atau bertanya langsung kepada penjualnya.

Baca juga rekomendasi dispenser lainnya di sini

Jika Anda masih tinggal sendiri, tentu kebutuhan air minum Anda tidak terlalu banyak. Untuk itu, Anda bisa memilih dispenser mini dari rekomendasi produk yang telah kami pilihkan di artikel berikut ini. Ada juga berbagai artikel lainnya yang spesifik membahas dispenser tertentu untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Simak pembahasan selengkapnya lewat tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kali ini kami telah memberikan cara memilih dispenser yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik yang ada di pasaran Indonesia. Pilihlah dispenser dengan mempertimbangkan segi kenyamanan, ekonomi, keselamatan, kebersihan, dan gaya hidup Anda.


Jangan lupa, Anda juga harus memperhitungkan ukuran dispenser berdasarkan luas area yang tersedia. Temukan dispenser yang paling sesuai dan nikmati hari-hari Anda dengan lebih semangat. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rice cooker wajib dimiliki orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi. Namun, benda yang sering dikenal sebagai magic com ini tidak hanya bisa digunakan untuk menanak. Rice cooker juga cocok untuk menghangatkan, mengukus, dan memasak beragam makanan.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk rice cooker terbaik dari berbagai merek, seperti Yong Ma dan Miyako. Sebelum itu, kami akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang bagus untuk kebutuhan Anda. Dari yang mini, low carbo, sampai yang pintar, seperti Philips HD4515, semuanya ada. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak model kulkas, kulkas satu pintu tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Jangan salah, kulkas satu pintu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki model lain. Ukuran kecil serta daya listrik yang cenderung lebih rendah adalah salah satu contohnya. Ada banyak merek kulkas satu pintu yang bagus di pasaran, seperti Polytron, Sharp, LG, dan AQUA. Untuk Anda yang kini tengah mencari kulkas satu pintu, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan mengulas kulkas satu pintu terbaik yang hemat listrik dan tanpa bunga es. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Diet low carbo atau rendah karbohidrat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Di lain sisi, nasi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Padahal, nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nah, sekarang sudah ada teknologi baru, yaitu rice cooker low carbo.Berkat rice cooker ini, Anda bisa menanak nasi rendah karbohidrat sehingga kesehatan senantiasa terjaga. Di artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi rice cooker low carbo yang bagus dari berbagai merek, seperti Signora, LocknLock, dan Ecohome. Bacalah hingga selesai dan dapatkan produk terbaik Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Showcase Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas Showcase Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kulkas showcase adalah kulkas yang tidak memiliki freezer dan hanya dapat digunakan untuk mendinginkan makanan atau minuman saja. Biasanya, kulkas showcase sering ditemui di toko atau supermarket yang menjual minuman atau makanan dingin. Ada banyak merek yang menawarkan kulkas showcase, seperti GEA, Polytron, MODENA, dan lainnya. Banyaknya produk ini mungkin dapat membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk membantu Anda, kali ini kami akan membahas cara memilih kulkas showcase yang bagus dan merekomendasikan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Silakan simak sampai akhir dan temukan kulkas showcase yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dispenser adalah peralatan dapur yang sangat berguna untuk menyediakan air panas dan air dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser tipe galon bawah alias bottom loading dispenser yang lebih praktis pemasangan galon airnya pun ada di pasaran.Kami pun akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti Sanken, Denpoo, Miyako, Polytron, Arashi, dan SHARP. Jika Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah, baca artikelnya sampai habis!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Berfungsi untuk menjaga kesegaran makanan, kulkas menjadi perlengkapan elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki. Ada banyak merek kulkas terbaik yang saat ini mendominasi pasaran, seperti Samsung, LG, Polytron, dan SHARP. Mereka memproduksi kulkas dengan fitur canggih, seperti kulkas mini, kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, dan kulkas besar.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas yang bagus untuk Anda. Anda bisa memilih kulkas berdasarkan kapasitas, dimensi, merek, dan fiturnya. Mari simak artikel ini sampai akhir dan temukan kulkas yang tepat untuk kebutuhan Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Toshiba Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas Toshiba Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang wajib Anda miliki adalah kulkas. Di antara berbagai produk yang ada di pasaran, kulkas Toshiba layak menjadi pilihan Anda. Pasalnya, merek ini menawarkan kulkas dengan ragam desain, mulai dari 1 pintu, multi door, hingga side by side. Kulkas Toshiba 2 pintu yang hemat listrik pun tersedia.Untuk itu, kali ini kami akan mengulas rekomendasi kulkas Toshiba yang bagus dan terbaru. Sebelumnya, bacalah tips memilih dari kami supaya produk pilihan Anda benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca dan temukanlah kulkas Toshiba terbaik untuk Anda!
    Elektronik dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori