10 Rekomendasi Dasi Kupu-kupu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Dasi Kupu-kupu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Salah satu aksesoris pakaian pria yang banyak dikenal adalah dasi kupu-kupu. Dasi ini biasanya digunakan pada acara formal, seperti pesta pernikahan. Namun, sekarang ini terdapat berbagai macam bentuk dan desain dasi kupu-kupu, yang juga dapat digunakan sebagai aksesoris pada pakaian kasual.

Bagaimana cara memilih dasi kupu-kupu yang sangat beragam dalam bentuk corak, warna, bahan dasar, dan beragam variasi lainnya? Tidak perlu bingung, karena kami akan memberitahu beberapa poin yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan dasi kupu-kupu yang terbaik untuk Anda. Selain itu, ada 10 rekomendasi dasi kupu-kupu terbaik yang dapat Anda pilih.

Daftar isi

Cara memilih dasi kupu-kupu

Pada dasarnya, dasi kupu-kupu memiliki bentuk seperti pita yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat menyatu dengan kerah baju. Secara umum, warna dan motif dasi kupu-kupu dapat terlihat sama, tetapi sebenarnya ada beragam jenis dasi kupu-kupu.

Mari kita simak lebih lanjut mengenai dasi kupu-kupu ini dan temukan yang terbaik untuk Anda.

Pilih berdasarkan jenis dasi kupu-kupu

Pertama-tama, kami akan memperkenalkan jenis dasi kupu-kupu. Ada apa saja?

Praktis dan mudah dipakai : dasi kupu-kupu pre-tied

Praktis dan mudah dipakai : dasi kupu-kupu pre-tied

Dasi kupu-kupu pre-tied sudah memiliki bentuk simpul dasi kupu-kupu yang menyerupai pita, dan memiliki tali untuk dipakaikan di leher dengan adanya velcro atau pengait pada bagian belakangnya.

Penggunaannya sangat mudah dibandingkan dasi kupu-kupu lainnya, dan biasanya panjang tali dapat disesuaikan dengan lingkar leher Anda sehingga dasi dapat dikenakan dengan pas. Model ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang akan menggunakan dasi kupu-kupu untuk pertama kalinya.

Lebih fleksibel untuk dibentuk dan lebih formal : dasi kupu-kupu self-tie

Lebih fleksibel untuk dibentuk dan lebih formal : dasi kupu-kupu self-tie

Seperti namanya, dasi kupu-kupu self tie ini masih berbentuk seperti tali dan mengharuskan Anda untuk menyimpulkannya sendiri untuk menjadi simpul dasi kupu-kupu. Hal ini mungkin akan merepotkan Anda yang belum berpengalaman dalam menggunakan dasi kupu-kupu.

Jika dibandingkan dengan dasi kupu-kupu pre-tied, dasi kupu-kupu self-tie dapat memiliki tingkat fleksibel yang lebih tinggi, yaitu dapat dibentuk sesuai dengan keinginan Anda. Tentunya dasi ini akan memberikan tampilan yang lebih keren ketika Anda gunakan pada acara formal.

Pilih berdasarkan desainnya

Pada saat ini, dasi kupu-kupu memiliki bentuk desain yang sangat beragam. Pertimbangkanlah mengenai acara yang akan Anda hadiri dengan menggunakan dasi kupu-kupu pilihan Anda tersebut.

Dasi kupu-kupu modern (semi butterfly) untuk acara formal

Dasi kupu-kupu modern (semi butterfly) untuk acara formal

Desain ini adalah desain dasi kupu-kupu yang paling mendasar, memiliki lebar pada bagian ujungnya sebesar 5,7 cm hingga 7 cm. Pada umumnya, dasi kupu-kupu ini akan memberikan tampilan formal saat Anda kenakan. Namun, dasi ini juga dapat digunakan untuk acara yang lebih santai, tergantung dari bahan dasar yang digunakannya.

Ada juga desain dasi kupu-kupu yang memiliki ukuran lebih besar daripada dasi kupu-kupu modern ini. Akan tetapi, desain tersebut sudah jarang digunakan pada saat ini, walaupun dasi yang dapat disebut sebagai dasi jumbo memiliki desain yang paling klasik.

Sayap kelelawar (batwing) yang berkesan formal maupun kasual

Sayap kelelawar (batwing) yang berkesan formal maupun kasual

Dikenal dengan sebutan sayap kelelawar karena bentuknya yang menyerupai sayap kelelawar, memiliki lebar sekitar 3,8 cm hingga 5,1 cm pada bagian ujungnya. Dasi kupu-kupu ini akan memberikan tampilan formal serta kasual pada yang menggunakannya.

Desain meruncing (diamond point) yang unik, untuk formal maupun kasual

Desain meruncing (diamond point) yang unik, untuk formal maupun kasual

Dasi kupu-kupu ini memiliki ujung yang meruncing tajam, membuatnya memiliki tampilan yang lebih unik dibandingkan jenis lainnya. Tergantung dari bahan dasar yang digunakannya, dasi kupu-kupu ini dapat memberikan kesan formal dan kasual pada penggunanya.

Pilih berdasarkan bahan dasarnya

Setiap jenis kain yang digunakan sebagai bahan dasar dasi kupu-kupu akan memberikan kesan yang berbeda. Tampilan dasi kupu-kupu akan berubah ketika kita menggunakan bahan dasar yang berbeda. Maka dari itu, pemilihan bahan dasar dasi kupu-kupu harus berdasarkan acara yang akan Anda datangi ketika menggunakannya.

Bahan sutra yang begitu mewah

Bahan sutra yang begitu mewah

Kain sutra memiliki kesan mengkilap alami, sangat ideal untuk memberikan kesan mewah dan elegan. Dasi kupu-kupu ini cocok sekali untuk acara formal, dapat Anda padu padankan dengan tuksedo atau setelan berwarna hitam.

Berbagai macam warna dan pola kain sutra dapat Anda pilih, sesuaikanlah dengan penggunaannya dan selera Anda.

Bahan wol yang memberikan kesan hangat

Bahan wol yang memberikan kesan hangat

Bergantung dari tekstur yang dimiliki wol, bahan dasar ini juga dapat digunakan pada acara formal. Kesan yang ditampilkan adalah tampilan yang hangat dan elegan. Bahan ini juga cocok digunakan untuk Anda yang sudah mulai memasuki usia lanjut.

Bahan katun untuk acara informal dan untuk bersantai

Bahan katun untuk acara informal dan untuk bersantai

Dasi kupu-kupu dengan bahan dasar katun pada umumnya jarang dijumpai pada acara formal. Padankanlah dasi kupu-kupu ini dengan pakaian yang lebih santai, seperti dengan jaket, kaos berkerah, atau baju berbahan denim. Untuk Anda yang suka memakai celana jeans, tentunya dasi bahan katun ini juga cocok dipadukan dengan jeans Anda.

10 Rekomendasi dasi kupu-kupu terbaik

Ada berbagai jenis dasi kupu-kupu yang dapat Anda jumpai. Pertimbangkanlah kembali mengenai acara yang akan Anda hadiri dengan dasi kupu-kupu tersebut, dan pilihlah dasi kupu-kupu yang kami rekomendasikan berikut ini.

10. Double Deck Bow Tie T13

10. Double Deck Bow Tie T13

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 41.000

Lebih mewah dengan adanya kepingan emas

Pada saat menghadiri acara pesta pernikahan, tentu akan ada banyak tamu yang menggunakan dasi kupu-kupu. Jika ingin terlihat berbeda, tentu Anda harus memilih dasi kupu-kupu yang berbeda pula.

Gunakanlah dasi kupu-kupu dengan lempengan emas dengan ukiran pada bagian ujungnya. Tampilan Anda akan menjadi terlihat lebih mewah dan berbeda dari tamu lainnya yang hadir pada acara tersebut. Bila dipadankan dengan baik, dasi ini cocok untuk acara formal, dan bisa juga digunakan untuk acara informal yang lebih santai.

9. Dasi Kupu-kupu Diamond Point

9. Dasi Kupu-kupu Diamond Point

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 45.000

Elegan dan maskulin dengan dasi kupu-kupu yang meruncing

Dasi kupu-kupu dengan desain meruncing dapat memberikan kesan lebih elegan dan maskulin kepada yang menggunakannya. Ditambah dengan motif kain yang memiliki sentuhan warna emas, Anda akan terlihat lebih mewah pada saat mengenakannya.

Warna dasi ini pun tidak membosankan karena ada perpaduan warna hitam polos dan motif salur pada bagian dasi yang meruncing. Gunakanlah dasi ini untuk menghadiri acara pernikahan kerabat Anda maupun acara resmi lainnya. Kesan formal pun akan lebih kencang bila Anda memadukannya dengan tuxedo.

8. Little Fresco Dasi Kupu-Kupu Anak

8. Little Fresco Dasi Kupu-Kupu Anak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.000

Dasi kupu-kupu untuk jagoan Anda

Tidak hanya lelaki dewasa yang dapat menggunakan dasi kupu-kupu untuk membuat tampilannya lebih menarik. Anak lelaki Anda pun dapat menggunakannya pada saat acara formal maupun semi formal. Tentunya si kecil akan senang memakai dasi layaknya orang dewasa. Apalagi jika sang ayah juga mengenakan dasi kupu-kupu.

Dasi kupu-kupu dengan motif binatang ini memiliki warna yang cerah, sangat berbeda dengan dasi kupu-kupu orang dewasa pada umumnya. Dengan menggunakan dasi ini, jagoan Anda pun akan terlihat menggemaskan pada acara yang dihadirinya.

7. Hemp Bow Ties and Brown Suspenders Set

7. Hemp Bow Ties and Brown Suspenders Set

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 752.000

Dengan adanya suspender, Anda akan mendapatkan dua tampilan yang berbeda

Sebagai aksesoris pada saat menggunakan setelan jas, dasi kupu-kupu dapat digunakan bersamaan dengan suspender. Memang pada saat mengenakan jas beserta aksesorisnya, Anda akan terlihat formal.

Akan tetapi, ketika Anda melepaskan jas dan suspender Anda terlihat, tampilan Anda akan berubah dalam seketika. Tampilan formal Anda menjadi lebih santai dan Anda pun dapat merasa lebih nyaman dengan tampilan ini. Jadi, dasi ini bisa juga Anda kenakan untuk acara yang informal.

6. Dasi Kupu-kupu Motif Batik

6. Dasi Kupu-kupu Motif Batik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Dasi kupu-kupu dengan sentuhan etnik yang cocok juga untuk hadiah

Ingin menggunakan dasi kupu-kupu yang tetap membawa nuansa khas Indonesia? Dasi kupu-kupu yang menggunakan bahan batik inilah jawabannya, Anda dapat tampil formal dengan sentuhan etnik. Dasi ini juga cocok sebagai hadiah maupun oleh-oleh, terutama untuk orang luar negeri.

Motif batik yang digunakan pada dasi ini memiliki motif mega mendung yang khas dari kota Cirebon, menggambarkan bentuk sekumpulan awan di langit. Ketika menggunakan dasi ini, tentunya ada rasa bangga karena menggunakan produk khas Indonesia.

5. VM Dasi Kupu-kupu Kotak-kotak

5. VM Dasi Kupu-kupu Kotak-kotak

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 40.000

Mudah dipakai, mudah pula dipadu padankan untuk gaya kasual

Ingin terlihat kasual dengan mengenakan dasi kupu-kupu? Tentu bisa. Kenakanlah dasi kupu-kupu yang memiliki motif kotak-kotak berwarna putih dan biru ini, yang tentunya juga cocok dipakai dengan . Dengan tali karet, tentunya dasi ini mudah untuk dipasangkan di kerah baju Anda, tanpa repot.

Tampilan Anda akan menjadi pusat perhatian sewaktu menggunakan dasi kupu-kupu ini, berbeda dari yang lainnya. Pakailah dasi kupu-kupu ini untuk acara informal, seperti pesta ulang tahun sahabat Anda ataupun acara kumpul-kumpul dengan keluarga.

4. Dasi Kupu-kupu Kayu Sholu

4. Dasi Kupu-kupu Kayu Sholu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Sentuhan kayu asli di dasi kupu-kupu, dengan keunikan tersendiri

Pernahkah Anda membayangkan ada sebuah kayu di kerah kemeja Anda? Tidak perlu membayangkan lagi, sekarang sudah tersedia dasi kupu-kupu yang menggunakan bahan dasar kayu. Bahan yang unik, tentunya takkan luput dari perhatian sekeliling Anda. Nuansa etnik pun terasa dari dasi ini.

Dasi kupu-kupu ini memiliki berat yang ringan sehingga Anda tidak perlu khawatir akan rasa tidak nyaman pada saat mengenakannya. Pakailah ini untuk acara yang  informal maupun sebagai aksesoris untuk penampilan Anda sehari-hari. Pastinya Anda akan menjadi pusat perhatian dari teman-teman Anda.

3. Dasi Kupu-kupu Klasik

3. Dasi Kupu-kupu Klasik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Tiga cara pakai yang berbeda, ciptakan sendiri tampilan Anda

Tidak hanya satu cara pakai, tetapi dasi ini dapat digunakan dengan tiga cara penggunaan, menciptakan tampilan yang berbeda-beda. Dasi kupu-kupu ini dapat digunakan secara untied, tidak disimpulkan sama sekali, yang akan membuat Anda terlihat santai.

Cara yang kedua adalah menyimpulkannya dengan menggunakan kain berpola garis di bagian depan, yang akan memberikan kesan santai pada Anda. Cara yang ketiga adalah kain tidak berpola disimpulkan pada bagian depan, dan Anda siap untuk acara formal. Cukup satu dasi untuk kesan dan acara berbeda, tentunya Anda perlu memiliki dasi kupu-kupu ini.

2. VM Dasi Kupu-kupu 1 set

2. VM Dasi Kupu-kupu 1 set

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 60.000

Tampilan lebih lengkap dengan manset dan sapu tangan senada

Selain menggunakan dasi kupu-kupu, tampilan formal Anda akan terasa lebih lengkap dengan adanya manset pada bagian lengan dan sapu tangan pada saku jas. Untuk Anda yang menjadi tuan rumah acara, tentunya penampilan Anda harus menjadi yang nomor satu bukan? Untuk Anda yang ingin memberikan kesan rapi dan formal, set ini juga patut Anda miliki.

Tidak perlu repot untuk mencari masing-masing aksesoris tersebut, karena Anda bisa mendapatkannya satu set dasi kupu-kupu, manset, dan sapu tangan yang memiliki warna senada. Dengan menggunakannya, penampilan Anda tentu tidak perlu diragukan lagi.

1. SWorld Mens Black Self Bow Tie

1. SWorld Mens Black Self Bow Tie

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 920.000

Desain dan warna klasik untuk Anda pengguna setia dasi kupu-kupu

Desain dasi ini mengharuskan Anda untuk membuat simpul dasi kupu-kupu sendiri sehingga dirasa cocok untuk Anda yang sering dan sudah mahir dalam menggunakan dasi kupu-kupu. Penggunaannya akan membuat Anda menjadi terlihat formal, apalagi dengan bahannya yang terbuat dari sutra. Kesan formal muncul tak hanya dari segi desain dan warna, tapi juga bahan sutra yang mewah.

Warna hitam yang klasik juga membuatnya dapat digunakan dalam beberapa acara yang berbeda, tanpa perlu khawatir penampilan Anda menjadi terlihat membosankan. Pilihan yang tepat untuk Anda si pecinta dasi kupu-kupu.

Kesimpulan

Sudahkah menemui dasi kupu-kupu favorit Anda?

Dasi kupu-kupu saat ini dapat digunakan pada acara formal maupun acara informal, dan juga dapat memberikan kesan kasual. Kami menyarankan Anda untuk memilihnya berdasarkan cara memilih dasi kupu-kupu yang sudah kami terangkan sebelumnya.

Warna-warni dan motif beragam yang dimiliki dasi kupu-kupu memang membuatnya menarik untuk Anda pilih. Temukanlah yang Anda sukai, gunakan, dan tampillah secara modis, berbeda dari yang lainnya dengan menggunakan dasi kupu-kupu.