1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Obat-obatan
  6. >
  7. 10 Obat Sariawan yang Ampuh Mengatasi Sariawan - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Obat Sariawan yang Ampuh Mengatasi Sariawan - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Obat Sariawan yang Ampuh Mengatasi Sariawan - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Obat Sariawan yang Ampuh Mengatasi Sariawan - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Obat Sariawan yang Ampuh Mengatasi Sariawan - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Obat Sariawan yang Ampuh Mengatasi Sariawan - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Obat Sariawan yang Ampuh Mengatasi Sariawan - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)

Siapa pun pasti merasa terganggu dengan stomatitis atau yang dikenal sebagai sariawan. Sariawan biasanya muncul di bibir, gusi, langit-langit mulut, bahkan tenggorokan. Tidak hanya orang dewasa, sariawan juga bisa menyerang anak kecil. Salah satu cara menyembuhkannya adalah dengan obat. 


Namun, banyaknya pilihan obat sariawan di apotik tentu membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat sariawan dan membagikan rekomendasi produk terbaik. Ada berbagai jenis obat sariawan dari merek yang bagus, seperti Kuldon, Enkasari, BETADINE, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima.

Diperbaharui 10-07-2022
Pakar
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat. Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Profil dr. Prima Dimalouw
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Sariawan disebabkan karena apa?

Sariawan disebabkan karena apa?

Stomatitis atau seriawan adalah suatu bentuk peradangan pada rongga mulut yang diakibatkan beberapa hal, antara lain:

  • Trauma atau luka akibat makanan atau tergigit
  • Kekurangan vitamin, contohnya vitamin B12
  • Infeksi, contohnya Herpes Virus tipe 1 atau jamur
  • Obat-obatan tertentu, misalnya sedang dalam kemoterapi
  • Kelemahan sistem imun
  • Reaksi alergi
  • Stres
  • Merokok

Jika Anda sedang mengalami seriawan, Anda bisa mengobatinya. Yuk, simak penjelasan di bawah ini agar Anda tak salah dalam memilih obat seriawan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat sariawan yang ampuh mengatasi sariawan

Memilih obat seriawan tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda cermati agar khasiat obat lebih efektif. Untuk itu, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

① Pilihlah produk sesuai jenis dan tempat timbulnya sariawan

Umumnya, terdapat empat jenis obat seriawan, yaitu obat minum, tempel, cair, dan oles. Setiap jenis obat seriawan memiliki keunikan dan khasiat tersendiri. Silakan pilih sesuai dengan kondisi seriawan Anda. 

Jenis oles atau salep, mudah diratakan dan dapat melindungi bagian yang iritasi

Jenis oles atau salep, mudah diratakan dan dapat melindungi bagian yang iritasi

Berbicara tentang obat seriawan, mungkin hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah obat seriawan jenis salep. Jenis ini dapat diratakan dengan mudah menggunakan jari Anda. Untuk itu, jenis ini sangat ideal jika Anda memiliki beberapa seriawan yang tersebar di berbagai tempat


Di sisi lain, selain bahan aktif, jenis salep ini juga mengandung minyak. Minyak ini berfungsi menghalau air dan melindungi area yang sedang iritasi. Namun, jika Anda tidak terbiasa dengan produk tersebut, Anda mungkin merasakan sesuatu yang aneh saat menggunakannya.

Jenis tempel atau plester, bisa langsung menutupi sariawan kecil

Jenis tempel atau plester, bisa langsung menutupi sariawan kecil

Jika Anda memiliki dua hingga tiga seriawan kecil, kami merekomendasikan obat jenis tempel. Jenis ini bekerja seperti plester, bahan aktifnya pun dapat bertahan lebih lama tanpa terbawa air liur. Produk jenis ini sangat baik dalam melindungi area yang iritasi.


Namun, obat seriawan jenis ini memiliki kelemahan mudah terlepas, terutama pada area mulut yang tidak rata. Selain itu, jenis ini tidak bisa digunakan untuk semua tipe seriawan. Jadi, jika hendak menggunakan jenis ini, harap perhatikan letak dan jumlah seriawan Anda.

Jenis cair atau tetes, lebih nyaman digunakan

Jenis cair atau tetes, lebih nyaman digunakan

Obat seriawan jenis oles dan tempel memang nyaman digunakan. Namun, jika tidak terbiasa, Anda mungkin akan merasakan sensasi aneh di mulut. Jika Anda tidak nyaman dengan jenis oles dan tempel, pilihlah jenis cair atau semprot. Formulanya mungkin tidak terlalu kuat, tetapi lebih mudah digunakan.


Selain itu, obat jenis ini cocok untuk seriawan pada tempat-tempat yang sulit dijangkau, seperti mulut bagian dalam atau dekat tenggorokan. Obat dengan tipe ini hadir dalam berbagai bentuk, baik spray maupun drop. Kami menyarankan produk dalam bentuk spray karena lebih mudah digunakan.

Jenis obat minum, membantu mencegah sariawan timbul kembali

Jenis obat minum, membantu mencegah sariawan timbul kembali

Gunakan obat tipe minum untuk pencegahan atau pengobatan pada seriawan yang sering muncul dan sulit sembuh. Kandungan vitamin D sebagai bahan aktifnya akan menyembuhkan seriawan dari dalam tubuh


Selain itu, obat seriawan tipe minum juga dianjurkan bagi Anda yang kesulitan menggunakan obat tipe oles. Jika rasa sakit berlanjut atau tidak tertahankan, silakan hubungi dokter. 

② Tentukan tipe obat berdasarkan gejala yang Anda miliki

Tentukan tipe obat berdasarkan gejala yang Anda miliki
Terdapat dua tipe stomatitis yang umum ditemukan yaitu:

  • Stomatitis aftosa

Stomatitis ini paling umum dialami. Penderitanya akan merasa nyeri, umumnya tanpa demam. Terdapat jejak khas berbentuk lingkaran merah dengan bagian tengah berwarna putih atau kuning. Stomatitis ini biasanya berlangsung sekitar 5–10 hari dan bisa kambuh. Anda bisa mengatasi seriawan tipe ini dengan obat-obatan yang dapat dibeli di pasaran.


  • Stomatitis herpes

Seriawan tipe ini terjadi akibat infeksi virus herpes (umumnya tipe 1). Penderitanya akan mengalami demam tinggi sebelum seriawan muncul. Rasanya sangat nyeri sehingga menyebabkan sulit makan dan minum, bahkan dehidrasi, nyeri di tenggorokan, dan bau napas tak sedap.


Terapi untuk stomatitis herpes biasanya diawali dengan mengonsumsi antiviral (asiklovir). Setelah itu, diberikan obat-obatan topikal yang umumnya mengandung lidokain untuk mengurangi nyeri. Jika Anda mengalami gejala seriawan tipe ini, kami sarankan Anda berobat ke dokter.


Sementara itu, berdasarkan komposisinya, obat seriawan umumnya digolongkan menjadi obat steroid dan nonsteroid.

  • Untuk menyembuhkan peradangan parah pada seriawan, kandungan steroid berupa triamcinolone acetonide adalah yang paling berkhasiat. Zat ini dapat membantu menekan peradangan. 
  • Ketika peradangan telah mereda, Anda dapat menggunakan tipe nonsteroid untuk pengobatan jangka panjang. Tipe nonsteroid, antara lain sodium azulene sulfonate, tranexamic acid (asam traneksamat), serta glycyrrhizic acid yang memiliki efek anti-inflamasi. Ada juga allantoin yang membantu memperbaiki selaput lendir.

Jika seriawan berlangsung lebih dari 10 hari, Anda disarankan berobat ke dokter. Hal tersebut karena beberapa jenis seriawan memang membutuhkan obat-obatan dari resep dokter.

③ Periksalah aturan pakai, terutama jika diberikan untuk anak-anak

Periksalah aturan pakai, terutama jika diberikan untuk anak-anak

Penting sekali untuk memilih jenis obat seriawan yang cocok untuk anak-anak. Jenis oles dan tempel mungkin akan membuat anak merasa tidak nyaman karena ada rasa yang tertinggal di dalam mulut. Jika memungkinkan, sebaiknya gunakanlah jenis cair untuk anak Anda.


Selain itu, pemakaian obat seriawan berbeda-beda tergantung pada usia. Jadi, periksalah terlebih dahulu apakah obat seriawan tersebut sesuai untuk usia anak Anda atau tidak. Ada obat seriawan yang dapat digunakan untuk semua umur, ada juga yang khusus untuk anak usia 5–7 tahun.


Jika Anda tidak yakin, pilihlah obat seriawan yang khusus untuk anak-anak. Obat ini biasanya memiliki formula ringan, tidak perih, dan aman dipakai anak-anak. Anak-anak yang belum terbiasa menggunakan obat seriawan pun bisa menggunakannya dengan nyaman.

10 Rekomendasi obat sariawan yang ampuh mengatasi sariawan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk obat sariawan yang ampuh mengatasi sariawan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Darya-Varia Laboratoria

Kenalog® In Orabase®

Darya-Varia Laboratoria  Kenalog® In Orabase® 1枚目

Kandungan antiseptiknya bisa atasi masalah sariawan yang disertai sakit tenggorokan

2

Jiangsu Yenssen Biotech

Ulceloocin® Oral Ulcer Patch

Jiangsu Yenssen Biotech  Ulceloocin® Oral Ulcer Patch 1枚目

Berbentuk plester, tetap aman meski tertelan!

3

Kimia Farma

Enkasari

Kimia Farma  Enkasari 1枚目

Pilihan obat sariawan yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

4

Novell

Efisol C Lozenges

Novell  Efisol C Lozenges 1枚目

Meredakan infeksi ringan hingga sedang pada rongga mulut

5

Deltomed

Kuldon

Deltomed  Kuldon 1枚目

Tablet herbal yang ampuh atasi panas dalam dan sariawan

6

Kalbe Farma

Aloclair Plus Spray

Kalbe Farma Aloclair Plus Spray 1枚目

Praktis, sariawan di lidah hilang tanpa rasa perih!

7

Ciubros Farma

Gentian Violet

Ciubros Farma Gentian Violet 1枚目

Ampuh atasi jamur pada rongga mulut dan kulit

8

Green Zone Herbal

Mix Saga Green Zone

Green Zone Herbal Mix Saga Green Zone 1枚目

Ampuh sembuhkan sariawan dan juga batuk pada anak

9

Ciubros Farma

Boraks Glycerine 10% (GOM)

Ciubros Farma  Boraks Glycerine 10% (GOM) 1枚目

Obat sariawan yang aman digunakan untuk anak-anak dan bayi

10

Mundipharma

BETADINE® Mouthwash & Gargle

Mundipharma  BETADINE® Mouthwash & Gargle 1枚目

Solusi tepat untuk berbagai macam masalah mulut

Perincian produk
Close
No.1

Darya-Varia Laboratoria Kenalog® In Orabase®

Mulai dari Rp5.671,00

Kandungan antiseptiknya bisa atasi masalah sariawan yang disertai sakit tenggorokan

Kelebihan:
  • Mudah dikonsumsi oleh anak-anak

Kekurangan:

  • Mungkin menimbulkan efek samping berupa gangguan pencernaan

Jika Anda mengalami seriawan yang disertai dengan sakit tenggorokan, produk yang satu ini layak dipilih. Kandungan antiseptik yang terdapat dalam obat ini efektif untuk mengatasi peradangan yang terjadi di rongga mulut dan sekitarnya. Selain itu, obat ini boleh dikonsumsi oleh anak-anak. Karena bentuknya tablet isap seperti permen, anak pun akan senang mengonsumsinya.

No.2

Jiangsu Yenssen Biotech Ulceloocin® Oral Ulcer Patch

Mulai dari Rp73.900,00

Berbentuk plester, tetap aman meski tertelan!

Kelebihan:
  • Ukurannya compact, mudah dibawa
  • Boleh digunakan oleh ibu hamil

Kekurangan:

  • Harga tergolong pricey untuk isi empat buah patch

Inilah inovasi baru obat seriawan masa kini! Karena ukurannya ringkas, obat berbentuk plester ini praktis dibawa ke mana-mana. Apabila seriawan menyerang, tinggal tempelkan pada bagian yang memerlukan. Seriawan pun terlindungi dari senggolan lidah atau gigi Anda sendiri.


Plester seriawan ini dapat terus digunakan hingga seriawan Anda membaik. Agar lebih efektif, gunakan plester ini setelah makan dan pasanglah dengan menggunakan tangan yang kering. Bagaimana jika plester terkelupas lalu tertelan? Anda tidak perlu khawatir. Plester yang dianjurkan oleh dokter gigi ini terbuat dari bahan yang aman apabila tertelan.
No.3

Pilihan obat sariawan yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Kelebihan:
  • Kandungan herbal yang aman untuk bumil dan busui

Kekurangan:

  • Sulit digunakan oleh anak-anak yang belum bisa berkumur dengan benar

Mengandung bahan-bahan alami, Enkasari dapat mengatasi masalah mulut mulai dari seriawan hingga bau napas tidak sedap. Enkasari cocok untuk siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa, lansia, hingga ibu hamil dan menyusui.


Untuk cara pemakaiannya, tinggal tuangkan Enkasari sesuai takaran, lalu pakailah untuk berkumur. Pastikan cairan Enkasari mengenai bagian mulut yang mengalami radang atau seriawan. 
No.4

Novell Efisol C Lozenges

Mulai dari Rp34.400,00

Meredakan infeksi ringan hingga sedang pada rongga mulut

Kelebihan:

  • Bisa mengatasi infeksi ringan dan sedang

Kekurangan:

  • Hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa

EFISOL Lozenges adalah tablet isap dengan kategori obat bebas terbatas. Kandungan dequalinium chloride dan vitamin C-nya ampuh atasi jamur dan bakteri di dalam rongga mulut. Anda bisa menggunakan obat ini untuk mengatasi infeksi ringan hingga sedang. 


Sayangnya, obat ini hanya bisa digunakan untuk orang dewasa. Dosisnya pun harus disesuaikan dengan petunjuk dokter. Selain itu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi obat ini dalam jangka panjang. 

No.5

Tablet herbal yang ampuh atasi panas dalam dan sariawan

Kelebihan:

  • Bisa langsung diminum tanpa rasa perih


Kekurangan:

  • Meski boleh untuk anak-anak, penggunaannya tetap tidak dianjurkan untuk anak di bawah 1 tahun

Banyak orang merasa tidak nyaman menggunakan obat seriawan karena perih. Namun, kini Deltomed menghadirkan Kuldon, tablet herbal dari bahan-bahan alami yang ampuh atasi seriawan. Jadi, bagi Anda yang ingin mengatasi seriawan tanpa rasa perih, Kuldon adalah solusinya. 


Selain itu, Anda bisa mengonsumsi obat ini dengan cara diminum langsung atau dikunyah. Di samping menghilangkan rasa sakit karena seriawan, Kuldon akan memberikan sensasi segar di mulut dan tenggorokan.
No.6

Kalbe FarmaAloclair Plus Spray

Mulai dari Rp101.000,00

Praktis, sariawan di lidah hilang tanpa rasa perih!

Kelebihan:
  • Bisa digunakan mulai dari bayi hingga orang dewasa

Kekurangan:

  • Hanya memiliki kemasan 15 ml saja

Seriawan datang mengganggu, padahal Anda harus beraktivitas di luar ruangan sepanjang hari? Nah, Aloclair Plus Spray ini bisa menjadi sahabat Anda. Obat ini dikemas dalam botol spray, praktis dibawa ke mana saja dan mudah dipakai dalam berbagai situasi. Kandungan lidah buayanya dapat meredakan seriawan dan nyeri di lidah, bibir, dan area mulut.


Selain itu, obat ini tidak menyebabkan rasa perih! Untuk cara penggunaannya, cukup semprotkan produk sebanyak 3–4 kali pada area yang sakit. Anda juga dapat menggunakannya hingga 3–4 kali dalam sehari atau sesuai kebutuhan. 
No.7

Ciubros FarmaGentian Violet

Mulai dari Rp4.500,00

Ampuh atasi jamur pada rongga mulut dan kulit

Kelebihan:

  • Bisa digunakan dengan dua cara, yakni dikumur atau dioles

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam kemasan kecil 10 ml

Gentian Violet mengandung kristal violet yang bertindak sebagai antiseptik. Obat ini dapat Anda gunakan dengan dua cara. Pertama, sebagai obat kumur, campurkan 1–2 tetes obat dengan segelas air. Kedua, sebagai obat oles, teteskan produk pada cotton bud, kemudian oleskan pada bagian yang seriawan.


Selain mengatasi permasalahan seriawan, obat ini juga bisa mengobati infeksi kulit akibat jamur. Jadi, bagi Anda yang ingin mengatasi permasalahan seriawan dan kulit sekaligus, silakan coba produk ini.

No.8

Green Zone HerbalMix Saga Green Zone

Mulai dari Rp18.000,00

Ampuh sembuhkan sariawan dan juga batuk pada anak

Kelebihan:
  • Multifungsi, seriawan dan batuk hilang sekaligus

Kekurangan:

  • Tidak memiliki varian isi yang lebih besar

Anda pasti sedih saat melihat anak Anda tidak bisa makan dengan lahap karena seriawan. Dibuat khusus untuk anak dan balita, produk ini terbuat dari berbagai macam jenis ekstrak dedaunan herba. Dedaunan herba ini dipercaya mampu menyembuhkan luka seriawan dengan cepat.


Tidak hanya itu saja, Mix Saga juga dapat digunakan sebagai obat untuk sakit tenggorokan dan batuk. Produk ini bisa menjadi pilihan pas untuk Anda yang menginginkan obat seriawan anak yang multifungsi. Sakit hilang, anak Anda pun bisa riang kembali.
No.9

Ciubros Farma Boraks Glycerine 10% (GOM)

Mulai dari Rp3.500,00

Obat sariawan yang aman digunakan untuk anak-anak dan bayi

Kelebihan:
  • Aman digunakan oleh bayi dan anak-anak

Kekurangan:

  • Bisa menimbulkan efek samping berupa gangguan pencernaan, ruam kulit, dan mulut kering

Selain menimbulkan rasa perih, terkadang seriawan juga menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Bagi Anda yang menderita seriawan disertai nyeri, Boraks Gliserin 10% (GOM) dapat membantu meredakannya. Dengan obat ini, perih dan nyeri berangsur menghilang sehingga aktivitas pun kembali lancar.


Obat ini aman digunakan oleh orang dewasa, anak-anak, dan bayi. Anda tinggal mengoleskan produk ini pada seriawan. Akan tetapi, berhati-hatilah agar jangan sampai tertelan! Selain itu, perlu diketahui bahwa obat ini efektif untuk digunakan dalam jangka pendek. Penggunaan dalam jangka panjang bisa memiliki efek memperlambat penyembuhan.
No.10

Mundipharma BETADINE® Mouthwash & Gargle

Mulai dari Rp39.700,00

Solusi tepat untuk berbagai macam masalah mulut

Kelebihan:
  • Segala macam masalah mulut dapat diatasi

Kekurangan:

  • Hanya boleh digunakan oleh anak di atas 6 tahun

Anda mengalami masalah mulut seperti seriawan, sakit tenggorokan, gusi bengkak, sakit gigi, dan bau mulut? BETADINE Mouthwash & Gargle adalah jawabannya. Obat kumur ini mengandung povidone-iodine 1% yang bekerja sebagai antiseptik untuk menghilangkan kuman dan bakteri.


Cukup tuangkan 10 ml obat kumur ini, berkumurlah, dan tahan selama 30 detik. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda dapat menggunakannya hingga 3–5 kali sehari. Perlu diperhatikan bahwa obat ini dianjurkan untuk orang dewasa dan anak-anak di atas usia 6 tahun.

Baca juga rekomendasi perawatan gigi dan mulut lainnya di sini

Salah satu penyebab seriawan di mulut adalah bakteri. Karena itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Silakan baca artikel rekomendasi produk perawatan gigi dan mulut lainnya di sini. 

Kesimpulan

Demikianlah beberapa rekomendasi obat seriawan yang telah kami pilihkan. Sudahkah Anda menentukan pilihan? Seriawan bisa saja sembuh seiring dengan berjalannya waktu. Namun, akan lebih nyaman apabila rasa sakit itu hilang secepatnya. 


Asalkan Anda memilih obat yang tepat dan menggunakannya sesuai indikasi, seriawan tidak akan lagi mengganggu kenyamanan. Jika gejala seriawan tidak juga membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer