10 Rekomendasi Meja Samping (Side Table) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Meja Samping (Side Table) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Meja samping atau side table biasa diletakkan di samping sofa atau tempat tidur. Meja samping banyak digunakan untuk menyimpan beberapa barang yang dekat dengan jangkauan tangan Anda, seperti minuman atau remote. Berbagai meja samping dengan berbagai material dan gaya dapat Anda temui di pasaran tentunya.

Anda tertarik untuk membeli meja samping? Nah, sebelum membeli, sebaiknya Anda membaca artikel ini terlebih dahulu. Kami akan membahas tentang cara memilih meja samping dan memberikan beberapa rekomendasi untuk Anda. Penasaran? Yuk, dibaca!

Daftar isi

Cara memilih meja samping

Berbeda dengan meja utama, meja samping digunakan untuk meletakkan barang-barang agar mudah Anda ambil. Banyak meja samping yang dapat meningkatkan gaya interior rumah Anda. Tetapi, ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih meja samping. Apa saja ya? Mari kita lihat.

Pilih berdasarkan bentuknya

Pilih berdasarkan bentuknya

Pada umumnya meja samping berbentuk lingkaran atau persegi. Meja samping berbentuk persegi digunakan agar ruangan terpakai seluruhnya tanpa celah. Kedua bentuk meja samping ini memiliki berbagai ukuran yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Pilih berdasarkan material pembuatannya

Pilih berdasarkan material pembuatannya

Material umum yang digunakan dalam pembuatan meja samping adalah kayu dan kaca. Meja samping dari kayu akan memberikan nuansa yang hangat pada ruangan Anda, sedangkan material kaca cocok digunakan sebagai interior yang stylish dan elegan. Sesuaikan dengan gaya ruangan Anda ya.

Pilih meja samping sesuai dengan tema ruangan

Meja samping dengan desain yang sederhana sangat cocok bagi Anda yang menggunakannya sebagai pelengkap interior. Akan tetapi, pilihlah meja samping yang cocok apabila Anda yang ingin menyesuaikan gaya meja samping dengan tema ruangan Anda.

Ada 4 tema ruangan yang akan kami bahas dan tidak semua meja samping pas untuk keempat tema ruangan ini sehingga Anda harus memperhatikan desain dari meja samping tersebut. Apa saja 4 temanya? Mari simak penjelasan berikut.

Gaya Skandinavia dari Eropa Utara

Gaya Skandinavia dari Eropa Utara

Gaya Skandinavia terinspirasi dari Eropa Utara, dimana negara tersebut memiliki musim dingin yang cukup panjang. Gaya Skandinavia memiliki desain yang hangat dan banyak terbuat material kayu. Salah satu ciri khas gaya Skandinavia adalah modelnya yang sederhana.

Gaya abad pertengahan

Gaya abad pertengahan

Gaya ruangan vintage berasal dari era 1940-an dan 1960-an. Penggabungan gaya ini dengan gaya retro dan futuristik akan menghasilkan kesan playful. Furnitur bergaya vintage ini terkadang memiliki harga yang lebih mahal apabila dibandingkan dengan gaya lainnya. Akan tetapi, ada juga meja samping bergaya vintage dengan konsep produksi ulang dengan harga yang lebih terjangkau.

Gaya Asia, cocok untuk negara beriklim tropis

Gaya Asia, cocok untuk negara beriklim tropis

Gaya Asia identik dengan negara Indonesia, terutama Bali. Gaya Asia sangat cocok digunakan untuk negara dengan iklim tropis atau saat musim panas di negara 4 musim. Tak perlu khawatir, meja samping juga nyaman digunakan pada ruangan bergaya Jepang lho.

Gaya antik, memberi kesan elegan dan berkelas

Gaya antik, memberi kesan elegan dan berkelas

Gaya furnitur abad pertengahan akan membuat ruangan Anda terlihat lebih elegan dan berkelas. Model ini terinspirasi dari abad ke-18 sampai abad ke-19. Gaya ini dapat disebut juga sebagai gaya Victoria atau Rococo. Furnitur dengan gaya ini diproses sedemikian rupa agar terkesan memiliki usia yang lama.

Perhatikan fungsinya

Perhatikan fungsinya

Dalam memilih meja samping, fungsi dari meja samping tersebut merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Contohnya, terdapat beberapa meja samping dilengkapi dengan roda agar mudah untuk dipindahkan. Ada pula meja samping yang dapat disesuaikan tinggi dan sudut permukaannya. Selain itu, ada juga meja samping yang dapat digunakan untuk menyimpan majalah dan buku. Jadi, pastikan meja samping pilihan Anda memiliki fungsi sesuai dengan yang Anda inginkan.

Pilih berdasrakan perlu atau tidaknya perakitan?

Pilih berdasrakan perlu atau tidaknya perakitan?

Jika membeli sebuah furnitur, pastikan apakah Anda perlu merakitnya atau tidak. Bagi Anda yang gemar merakit furnitur, terdapat beberapa brand yang memproduksi meja samping yang perlu dirakit terlebih dahulu. Perakitannya pun dibuat semudah mungkin dan hanya membutuhkan waktu yang singkat. Tetapi, jika Anda tidak ingin merakit, pilihlah meja samping yang langsung dapat digunakan.

10 Rekomendasi Meja Samping Terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan 10 rekomendasi meja samping terbaik untuk Anda sehingga Anda dapat lebih muda menentukan meja samping yang cocok untuk ruangan Anda.

10. Palutungan Nakas Side Table

10. Palutungan Nakas Side Table

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.250.000

Meja samping sekaligus kursi

Pastinya Anda akan kebingungan ketika di rumah Anda kedatangan banyak tamu sedangkan Anda kekurangan kursi. Furnitur yang multifungsi akan sangat membantu Anda seperti meja samping yang juga dapat berfungsi sebagai kursi. Meja samping ini terbuat dari kayu jati dan besi sehingga kuat untuk dijadikan kursi.

Tak hanya menjadi kursi, meja samping dengan dimensi 45 x 50 x 55 cm ini juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang. Desain yang sederhana meja samping ini sangat cocok untuk tema minimalis rumah Anda. Anda tertarik untuk membelinya?

9. Meja Kopi Lipat

9. Meja Kopi Lipat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.250.000

Desain yang sederhana dan kompak

Bagi Anda yang tidak ingin menyimpan barang dalam meja samping, meja samping tanpa laci adalah pilihan yang tepat. Meja samping tanpa laci seperti produk ini dapat menemani waktu-waktu santai Anda untuk membaca buku sambil minum kopi atau teh atau untuk sekedar meletakkan remote TV.

Meja samping ini terbuat dari bahan baja yang dilapisi epoxy anti karat sehingga Anda juga dapat menggunakan meja ini di luar ruangan seperti teras rumah. Jika sudah tidak digunakan, meja samping ini dapat Anda lipat dan simpan seperti di celah lemari karena bentuknya yang kompak. Terdapat berbagai pilihan warna meja ini, seperti merah, tosca, hitam, putih, perak, hijau, dan kuning, dimana Anda dapat memilihnya sesuai dengan kesukaan Anda.

8. Meja Rak Side Table Havelin Vintage-146475

8. Meja Rak Side Table Havelin Vintage-146475

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.250.000

Lebih banyak ruang penyimpanan

Selain untuk meletakkan barang agar mudah dijangkau, meja samping juga dapat Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai pernak-pernik. Meja samping dengan 3 laci ini dapat Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan jika sudah tidak ada tempat penyimpanan lagi.

Meja samping ini terbuat dari kayu mindi serta dilapisi dengan kulit sapi. Selain sebagai tempat penyimpanan, desain meja samping ini dapat melengkapi furnitur di ruangan Anda yang bergaya vintage. Kesan vintage pun semakin terasa dengan desain pegangan laci yang berbentuk bulat.

7. IKEA HOL

7. IKEA HOL

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 599.000

Menyimpan barang yang lebih besar

Jika Anda memiliki kamar tamu di rumah dan mungkin kamar ini tidak begitu besar dengan tempat penyimpanan yang sesuai ruangan, Anda dapat menggunakan meja samping sebagai tempat penyimpanan handuk, selimut, maupun barang tamu Anda. Meja samping tersebut harus memiliki ukuran yang cukup besar seperti seri HOL dari IKEA ini agar dapat menyimpan barang yang cukup besar dan lebih banyak.

Meja samping ini terbuat dari solid wood yang pastinya akan awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. Desain anyaman membuat barang di dalamnya tidak akan berbau lembap karena adanya sirkulasi udara dari celah-celah yang cukup lebar. Bentuk dan material meja samping ini cocok untuk Anda yang memiliki rumah bergaya Asia.

6. iFurnholic Macaron Night Stand

6. iFurnholic Macaron Night Stand

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 890.000

Meja samping dengan karakter yang lucu

Bagi Anda yang memiliki kasur langsung di atas lantai tanpa kerangka tempat tidur, bukanlah suatu hal yang tidak mungkin untuk memiliki meja samping. Tinggi meja samping perlu diperhatikan agar cocok diletakkan di sebelah kasur Anda seperti seri Macaron dari iFurnholic dengan tinggi 40 cm ini.

Seri Macaron hadir dengan karakter yang lucu serta pilihan warna yang cerah seperti kue macaron sehingga seri ini cocok sekali untuk Anda maupun anak Anda. Selain itu, ujung meja yang tumpul tidak akan membuat terluka jika terbentur sehingga aman untuk si kecil.

5. IKEA SANDHAUG

5. IKEA SANDHAUG

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.099.000

Dirancang untuk menyembunyikan sambungan kabel

Sambungan kabel yang ada di lantai dapat berbahaya jika Anda memiliki anak di rumah. Agar lebih aman, sembunyikan saja sambungan kabel tersebut ke dalam meja samping dari IKEA ini. Bagian dalam meja samping ini dirancang agar Anda dapat memasukkan sambungan kabel ke dalamnya sehingga Anda dapat lebih mudah mencolok lampu meja atau sekedar mengisi daya baterai ponsel Anda.

IKEA SANDHAUG terbuat dari rotan dengan warna cokelat muda dan putih yang pas untuk ruangan Anda dengan gaya Asia. Bagian dalamnya pun cukup luas untuk menyimpan buku-buku favorit Anda. Penutup bagian atasnya terbuat dari baja yang dapat Anda gunakan juga sebagai baki.

4. Starmax Regina Set Meja Rias

4. Starmax Regina Set Meja Rias

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.799.000

Meja samping multifungsi dengan cermin

Memakai perawatan wajah pagi dan malam akan menjaga agar kulit Anda tetap ternutrisi dan awet muda. Akan tetapi, apabila meja tempat Anda meletakkan perawatan wajah jauh dari ranjang, mungkin Anda akan malas untuk melakukannya. Sebagai solusinya, meja samping dengan cermin ini dapat menjadi pilihan bagi Anda.

Meja samping ini dapat Anda letakkan di samping tempat tidur sehingga Anda tidak lagi malas bergerak ke meja rias. Dengan cermin setinggi 160 cm ini, Anda dapat menggunakannya juga untuk bercermin seluruh badan. Selain itu terdapat 2 laci yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan peralatan kecantikan dan barang lainnya.

3. Multifunction Folding Bedside Laptop Table

3. Multifunction Folding Bedside Laptop Table

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 335.000

Adjustable side table

Apakah Anda adalah orang yang sering menggunakan laptop untuk bekerja? Berkeja dengan nyaman seperti duduk di sofa atau di ranjang sambil bersandar tentunya akan menambah semangat kinerja Anda. Pastinya Anda membutuhkan meja samping yang dapat diatur ketinggiannya untuk meletakkan laptop.

Dengan meja samping ini, Anda dapat mengatur ketinggiannya dari 59 sampai 71 cm sesuai dengan ketinggian yang nyaman untuk Anda bekerja. Tak hanya ketinggian, Anda juga dapat mengatur sudut permukaan meja samping ini sesuai kebutuhan. Jika tidak dipakai, Anda dapat melipat dan menyimpannya agar hemat tempat.

2. Swatch Sonama Oak Side Table

2. Swatch Sonama Oak Side Table

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 298.500

Side table untuk lebih banyak buku

Sepulang kerja atau sebelum tidur mungkin Anda ingin membaca koleksi majalah, koran, atau buku-buku Anda sekedar untuk bersantai. Untuk Anda yang memiliki hobi membaca, meja samping yang memiliki tempat penyimpanan pada keempat sisinya sangat pas untuk Anda sehingga Anda dapat menyimpan koleksi buku Anda dalam meja samping ini. Anda dapat memilih warna cokelat yang lebih gelap atau lebih muda.

Swatch Sonama Oak Side Table juga dapat diputar sehingga Anda dapat mengambil koleksi bacaan Anda dari sisi yang lainnya. Selain itu, bagian atasnya dapat Anda gunakan untuk meletakkan lampu yang dapat menerangi Anda saat membaca maupun minuman dan camilan.

1. RuYiYu-Portable Resin Side Table

1. RuYiYu-Portable Resin Meja Samping

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 530.000

Rakit sendiri meja samping Anda sesuai keinginan

Merakit furnitur memang merupakan suatu kegiatan yang mengasyikan. Apakah Anda merupakan salah satu orang yang gemar merakit furnitur? Nah, meja samping ini cocok sekali untuk Anda. Anda dapat merakitnya sejak awal pembelian dan ketika Anda bosan dengan bentuk yang sudah Anda rakit. Meja ini tersedia dengan 3 pilihan warna menarik seperti kuning, biru, dan hitam.

Meja samping ini dapat Anda letakkan sesuka Anda karena setiap sisinya memiliki roda dan mudah untuk dirakit tanpa menggunakan alat bantu. Anda juga dapat memasang pintunya sesuai dengan posisi Anda meletakkannya, vertikal atau horizontal, dan kenyamaan Anda membuka pintu penyimpanannya.

Kesimpulan

Wah, ternyata banyak meja samping dengan desain yang menarik ya. Jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa poin seperti bentuk, material, fungsi, perakitan, dan juga sesuaikan meja samping dengan tema ruangan Anda agar menjadi senada. Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan budget ya.

Dari rekomendasi yang kami berikan, mana meja samping favorit Anda? Berbentuk bulat? Kotak? Atau meja samping dengan banyak tempat penyimpanan? Semoga Anda terbantu dengan artikel ini ya. Selamat memilih meja samping yang pas!