10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2018)

Celemek bayi atau biasa dikenal dengan baby bib umumnya digunakan untuk mencegah pakaian bayi kotor akibat terkena air liur bayi, tumpahan makanan dan minuman pada saat memberi makan bayi. Dewasa ini celemek bayi hadir dengan berbagai desain yang lucu dan menarik, serta terbuat dari berbagai jenis material yang nyaman untuk bayi.

Bagi Anda, para ibu muda, yang baru memiliki bayi mungkin bingung untuk memilih celemek bayi yang cocok untuk bayi Anda. Kami akan mengulas cara memilih celemek bayi berdasarkan usia bayi, kemudian kami juga akan merekomendasikan celemek bayi yang terbaik untuk bayi Anda.

Daftar isi

Cara memilih celemek bayi

Memilih celemek bayi tidak hanya memperhatikan faktor desainnya yang lucu atau menarik saja. Anda perlu memperhatikan bentuk dan materialnya, apakah produk tersebut akan nyaman digunakan oleh bayi pada usia tertentu.

Di kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan bagaimana cara memiliki celemek bayi yang sesuai dengan pertumbuhan usia bayi Anda. Yuk disimak sampai akhir ulasan ini untuk memudahkan Anda memilih celemek bayi yang pas untuk si kecil ataupun untuk Anda hadiahkan kepada rekan yang memiliki bayi.

Sesuaikan jenis celemek bayi dengan usia bayi

Sesuaikan jenis celemek bayi dengan usia bayi

Umumnya air liur yang mengalir keluar dari mulut bayi berbeda-beda jumlahnya bergantung pada usia si bayi. Demikian juga ketika bayi Anda mulai belajar makan dan minum, kemungkinan makanan dan minuman yang tumpah juga semakin besar. Oleh karena itu, Anda mungkin memerlukan celemek bayi yang berbeda dan lebih banyak jumlahnya untuk digunakan secara bergantian.

Jika bayi Anda mulai belajar bergerak aktif seperti merangkak, berdiri dan berjalan, tentu Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memiliki celemek bayi yang praktis dan tidak akan menghambat gerakan bayi Anda. Berikut mari disimak jenis celemek bayi berdasarkan pertumbuhan usianya.

Usia 0 – 3 bulan, pilihlah beberapa celemek bayi yang berbahan lembut

Usia 0 - 3 bulan, pilihlah beberapa celemek bayi yang berbahan lembut

Ketika bayi Anda baru dilahirkan sampai dengan usia 3 bulan, umumnya tidak banyak air liur yang keluar dari bayi. Kemungkinan yang terjadi adalah muntah atau gumoh saat pemberian susu pada bayi. Oleh karena itu, Anda tidak memerlukan banyak persediaan celemek bayi di rumah, beberapa buah saja sudah cukup.

Kami sarankan Anda membeli celemek bayi dari bahan yang halus karena kulit bayi yang baru lahir umumnya masih sangat halus dan lembut.

Usia 3 – 4 bulan, dibutuhkan banyak persediaan celemek bayi

Usia 3 - 4 bulan, dibutuhkan banyak persediaan celemek bayi

Pada rentang usia ini, biasanya bayi mulai banyak mengeluarkan air liur. Untuk itu persediaan celemek bayi sangat diperlukan di periode ini. Di usia ini, umumnya leher bayi masih belum dapat ditegakkan seperti leher orang dewasa karena lingkar lehernya masih sedikit gemuk.

Anda perlu memiliki celemek bayi dengan lingkaran tali kurang lebih 30 cm untuk memudahkan Anda menggenakannya pada leher bayi Anda. Setelah bayi berusia di atas 4 bulan, biasanya leher bayi mulai dapat ditegakkan.

Sekitar usia 5 bulan, ganti dengan celemek bayi berukuran lebih kecil

Sekitar usia 5 bulan, ganti dengan celemek bayi berukuran lebih kecil

Di usia ini 5 bulan, bayi Anda akan mulai bergerak aktif. Gerakan bayi Anda akan semakin meningkat dari hari ke hari. Leher bayi Anda akan mulai berangsur-angsur dapat ditegakkan dan lingkar lehernya akan mulai semakin mengecil dibandingkan sebelumnya. Umumnya lingkar lehernya sekitar 25-28 cm.

Ketika aktivitas gerakan bayi semakin meningkat, celemek bayi yang berukuran besar akan sangat mengganggu gerakan bayi Anda. Ini saatnya Anda menyingkirkan celemek bayi berukuran besar dari koleksi perlengkapan bayi Anda, meskipun gambar dan desainnya lucu. Ukuran yang besar membuat bayi tidak nyaman, pilihlah yang tidak mengganggu pergerakan bayi.

Usia 6 – 12 bulan, pilih celemek bayi yang pas dengan ukuran lingkar leher

Usia 6 - 12 bulan, pilih celemek bayi yang pas dengan ukuran lingkar leher

Pada periode ini, bayi Anda akan mulai tumbuh gigi, biasanya bayi Anda akan mulai semakin banyak mengeluarkan air liur. Selain itu, pada periode ini bayi Anda juga sudah mulai belajar mengonsumsi makanan. Celemek bayi akan sangat berguna selain untuk mencegah air liur menetes langsung di pakaian bayi, teapi juga untuk mencegah pakaian bayi Anda mudah kotor terkena tumpahan makanan.

Di usia ini, bentuk leher bayi Anda akan semakin jelas. Gunakanlah celemek bayi yang pas ukuran lingkar lehernya sehingga celemek bayinya pas terpasang di bawah dagu bayi Anda.

Pilih material aman untuk bayi dan perhatikan juga cara pemasangannya

Pilih material aman untuk bayi dan perhatikan juga cara pemasangannya

Umumnya kulit bayi Anda masih sangat lembut dan sensitif di usia 0-3 bulan. Di periode usia ini, pastikan Anda memilih material yang aman bagi kulit bayi serta tekstur bahan yang lembut.

Perhatikan juga cara pemasangan celemek bayi, apakah menggunakan tali yang diikatkan pada leher bayi atau menggunakan tape yang direkatkan. Anda perlu memilih material tali ataupun perekat celemek bayi yang tidak akan menimbulkan gatal atau ketidaknyamanan pada leher bayi Anda.

Pilihlah desain yang lucu dan menarik

Pilihlah desain yang lucu dan menarik

Sangat mudah dipahami jika Anda ingin memilih desain yang lucu dan menarik ketika membeli celemek bayi Anda. Namun, selain desain yang lucu dan menarik, Anda juga perlu memperhatikan ukurannya agar tidak menyusahkan bayi Anda ketika bergerak.

10 Rekomendasi celemek bayi terbaik berdasarkan usia

Untuk memudahkan Anda memilih celemek bayi, berikut kami rekomendasikan berbagai produk celemek bayi berdasarkan material, harga dan usia penggunaannya. Silakan disimak sampai akhir.

10. Pigeon Disposable Baby Bibs

10. Pigeon Disposable Baby Bibs

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 81.450

Celemek bayi sekali pakai, buat jalan-jalan Anda selalu menyenangkan

Saat Anda bepergian membawa bayi Anda, akan sangat merepotkan jika harus sering membersihkan pakaiannya karena kotor ketumpahan makanan. Untuk ibu yang sering mengajak bayinya bepergian, kami menyarankan Anda membawa Pigeon Disposable Baby Bib, yakni celemek bayi sekali pakai. Saat celemek sudah kotor, buang saja dan ambil yang baru!

Terbuat dari bahan ultra absorbent, celemek bayi ini dapat menyerap kotoran atau tumpahan susu bayi dengan baik. Pemakaiannya juga mudah karena terdapat velcro strap. Anda hanya perlu menyesuaikan lingkar leher bayi dengan ukuran celemeknya.

9. Marcus & Marcus Baby Bib Giraffe

9. Marcus & Marcus Baby Bib Giraffe

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Dilengkapi kantong penampung makanan, pastikan tak ada yang tercecer!

Ketika bayi Anda mulai menginjak usia 6 bulan, saatnya Anda mulai memberikan makanan pendamping ASI seperti bubur dan buah untuk meningkatkan gizi bayi. Produk keluaran Marcus & Marcus ini terbuat dari bahan silikon berkualitas tinggi yang aman digunakan oleh bayi Anda.

Didesain khusus untuk bayi berusia 6 bulan ke atas yang mulai belajar makan, produk ini dilengkapi dengan kantong pada bagian depannya untuk mencegah makanan jatuh berceceran di lantai sehingga lantai rumah Anda tetap bersih. Bahan silikon berkualitas tingginya aman digunakan pada dishwasher, serta memudahkan Anda untuk membersihkannya setiap kali habis digunakan.

8. Baby Bee Triangle Bibs

8. Baby Bee Triangle Bibs

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 35.000

Katun super lembut, aman untuk kulit bayi baru lahir

Anda yang memiliki bayi baru lahir berusia 0-3 bulan umumnya masih memberikan ASI ekslusif pada bayi Anda. Sisa ASI yang tidak bersihkan bisa mengakibatkan ruam pada kulit bayi. Untuk mencegahnya, kami merekomendasikan celemek bayi bahan katun yang super lembut ini untuk Anda.

Bagian depan celemek bayi ini terbuat dari bahan katun yang dapat menyerap ASI yang menetes, sedangkan bagian belakangnya terbuat dari handuk lembut. Kulit bayi baru lahir sensitif bila mengenakan celemek dari bahan yang kasar. Untuk Anda yang menginginkan produk yang dijamin aman dan tidak menyebabkan alergi, Anda bisa menjadikan produk ini sebagai pilihan.

7. Lusty Bunny Road Sign Bib

7. Lusty Bunny Road Sign Bib

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 17.100

Tali pengikat yang bisa disesuaikan, nyaman di leher bayi!

Usia bayi Anda menginjak usia 3 – 4 bulan? Umumnya di usia ini bayi Anda sudah mulai banyak mengeluarkan air liur. Namun, leher bayi Anda mungkin masih belum dapat ditegakkan dan lingkar leher biasanya masih berukuran lebih besar. Oleh karena itu, kami rekomendasikan Anda produk dari Lusty Bunny ini yang menggunakan tali untuk pemasangannya di leher.

Tali celemek bayi ini dapat Anda sesuaikan panjang pendeknya dengan lingkar leher bayi Anda sehingga pas dengan bayi Anda. Celemek bayi ini bisa digunakan hingga bayi berusia 1 tahun lebih selama lingkar leher bayi belum terlalu besar untuk celemek bayi ini.

6. Waterproof Baby Bib

6. Waterproof Baby Bib

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 21.900

Mudah dibersihkan dan awet, nyaman untuk bayi dan nyaman di hati para Ibu!

Celemek bayi yang berukuran cukup besar ini dapat menutupi bayi hingga bagian bawah sehingga tidak hanya melindungi baju, tetapi juga celana bayi. Dengan menggunakan celemek besar atau smock ini, bayi Anda terbebas dari noda-noda akibat makanan ataupun susu yang tumpah sehingga bayi lebih nyaman dalam beraktivitas.

Lebih menggembirakan lagi untuk sang Ibu karena produk ini terbuat dari EVA foam dan bahan waterproof sehingga noda tidak mudah terserap. Anda jadi lebih mudah ketika membersihkan celemek bayi ini. Kini, Anda pun tidak perlu khawatir repot membersihkannya meski anak Anda mengecak-acak makanannya!

5. Kiddy Bib Parasheet

5. Kiddy Bib Parasheet

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 25.575

Motif penuh warna, buat bayi Anda tampil lebih ceria!

Kiddy mengeluarkan produk celemek bayi dengan harga ekonomis, tetapi dengan kualitas yang baik. Produk ini terdiri dari 2 buah celemek bayi dengan motif kartun lucu yang penuh warna. Bisa digunakan untuk mengajari bayi tentang warna ataupun merangsang bayi lebih interaktif dengan Anda.

Untuk mengenakan celemek bayi ini pada leher bayi Anda, cukup Anda rekatkan perekat yang ada di bagian belakangnya. Desain dan ukuran lingkar leher celemek bayi ini lebih cocok untuk digunakan oleh bayi yang sudah dapat menegakkan lehernya yakni di atas 5 bulan.

4. Silicone Baby Bib

4. Silicone Baby Bib

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 38.000

Dilengkapi tali pengikat yang bisa disesuaikan dengan perkembangan bayi

Anak Anda susah makan, atau nafsu makannya moody? Coba gunakan celemek bayi dari bahan silikon dengan motif yang super unik ini. Tersedia dalam 5 pilihan warna dengan motif yang berbeda dan menarik. Selain motifnya, celemek bayi ini dilengkapi dengan 3 buah lubang kait yang ada di belakang leher untuk mempermudah penggunaannya.

Pertumbuhan bayi sangat cepat, bukan? Bahkan berbeda 1-2 bulan pun sangat terasa. Celemek bayi ini dilengkapi 3 lubang agar Anda dapat menyesuaikan dengan lingkar leher bayi saat ini. Dengan begitu,  Anda dapat mengenakan celemek ini dalam jangka waktu kurang lebih 1 tahun sekaligus melacak perkembangan tubuh bayi.

3. Miabelle Baby Bandana Bib Set

3. Miabelle Baby Bandana Bib Set

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.425

Celemek bayi model bandana, dijual lengkap satu set!

Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki bayi laki-laki berusia 0-3 bulan. Pada usia ini, bayi Anda belum banyak mengeluarkan air liur, Anda mungkin akan menggunakannya untuk pemberian ASI agar bayi tidak gumoh. Produk ini dijual satu set berisi 4 buah celemek berbentuk bandana sehingga Anda bisa dengan mudah mengganti-ganti celemek yang kotor.

Bahannya yang lembut dengan 2 lapisan yang berbeda, dimana lapisan depannya terbuat dari bahan katun dan dilapis bahan handuk di bagian belakang sangat cocok untuk bayi baru lahir yang kulitnya masih sangat lembut. Ukuran kancing di belakangnya bisa Anda sesuaikan dengan lingkar leher bayi. Dengan begitu, bayi Anda bisa minum ASI dengan nyaman.

2. Baby Bib Long-Hand

2. Baby Bib Long-Hand

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.500

Berukuran besar, dan menutup dengan sempurna

Bayi Anda cepat tumbuh besar dan memiliki ukuran tubuh lebih besar dari anak seusianya? Tidak perlu khawatir, sekarang sudah tersedia celemek bayi yang berukuran besar untuk memenuhi kebutuhan bayi Anda. Produk ini bisa digunakan bayi hingga lingkar dada 80 cm atau anak usia 2 tahun.

Di desain unik berbentuk seperti baju sehingga dapat menutup dengan sempurna seluruh pakaian bayi Anda. Baju bayi Anda tidak akan kotor lagi dan Anda bisa bernafas lega karena tidak perlu banyak mencuci dan menghilangkan noda makanan. Terbuat dari material yang tidak mudah tembus atau basah jika terkena makanan dan minuman, menambah nilai plus produk ini.

1. Baby Bib Triangle 3 Dimension

1. Baby Bib Triangle 3 Dimension

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Motif lucu 3D, membuat penampilan bayi Anda makin menggemaskan!

Seringkali para orang tua mendokumentasikan kegiatan bayinya mulai dari tidur, mandi, hingga saat makan. Bagi Anda yang senang memotret bayi Anda saat makan, pilihlah celemek bayi ini karena tersedia dengan desain hewan 3D yang unik dan menggemaskan. Bayi Anda pasti akan tampil lucu di Instagram, Facebook, atau aplikasi pertemanan lainnya.

Soal kualitas tidak perlu diragukan, produk ini terbuat dari bahan katun yang tidak membuat bayi Anda gatal. Motif 3D-nya tersedia dalam bentuk rubah, ikan, penguin dan ayam. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir karena harganya juga sangat ekonomis. Sudah siap tampil menggemaskan bersama sang buah hati?

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Celemek bayi memiliki berbagai variasi material, bentuk dan ukuran tergantung pada penggunaannya. Ada baiknya Anda memiliki berbagai jenis celemek bayi untuk berbagai usia penggunaan bagi bayi Anda.

Jika Anda ingin memberikannya sebagai hadiah, celemek bayi dengan desain yang ekslusif bisa menjadi pilihan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda memilih celemek bayi untuk kebutuhan bayi Anda di berbagai usia pertumbuhan.