• 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2021)

Baby bib, baby slabber, atau celemek bayi digunakan untuk melindungi baju bayi dari air liur dan remah makanan. Kini, celemek bayi hadir dengan berbagai pilihan menarik serta terbuat dari bahan yang nyaman. Namun, produk manakah yang tepat untuk dipilih?


Bagi Anda yang baru memiliki bayi, memilih celemek yang bagus untuk bayi bisa menjadi hal yang membingungkan. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips memilih celemek berdasarkan usia bayi. Selain itu, rekomendasi produk dari merek BenBen, Pigeon, Imundex, dan lainnya juga akan kami bagikan. Jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Eni Martini
  • Pembaharuan terakhir: 25 November 2021
Daftar isi

Kapan bayi perlu memakai celemek?

Kapan bayi perlu memakai celemek?

Celemek berguna untuk mencegah baju bayi kotor akibat terkena tumpahan susu atau makanan. Namun, tahukah Anda kapan bayi perlu mengenakan celemek? Bayi akan terus mengeluarkan air liur seiring dengan perkembangannya.


Meski bayi baru mulai banyak mengeluarkan liur sekitar usia 4 bulan, ada baiknya celemek disediakan sejak bayi lahir. Hal itu karena ada beberapa bayi yang memang berliur banyak sejak lahir. Sebenarnya, tak ada aturan khusus dalam penggunaan celemek. Selama bayi nyaman dan tidak menolak, celemek dapat Anda pakaikan.

Cara memilih celemek bayi berdasarkan usia

Memilih celemek bayi sebaiknya tidak hanya berdasarkan faktor desainnya yang lucu atau menarik saja. Anda juga perlu memperhatikan bentuk dan bahan yang digunakan, serta kenyamanannya ketika dipakai. Yuk, simak sampai akhir ulasan ini untuk memudahkan Anda memilih celemek yang pas untuk si kecil.

Sesuaikan bentuk celemek dengan tujuan pemakaian

Terdapat tiga bentuk celemek yang umum di pasaran. Tentunya, ketiga bentuk ini memiliki kelebihan masing-masing. Pilihlah bentuk yang sesuai dengan keperluan pemakaian dan tahap perkembangan bayi Anda.

Bentuk segitiga, pilihan tepat untuk bayi yang banyak mengeluarkan air liur

Bentuk segitiga, pilihan tepat untuk bayi yang banyak mengeluarkan air liur

Celemek bentuk segitiga berfokus untuk melindungi bagian dada bayi. Untuk bayi yang sedang banyak mengeluarkan air liur, celemek bentuk ini patut dipertimbangkan, misalnya saat bayi tumbuh gigi. Pada saat itu, celemek segitiga dapat dengan praktis menyerap air liur yang terus menetes.


Salah satu hal yang membuat tipe ini menarik adalah produk yang dijual kebanyakan berukuran kecil. Ukuran tersebut terlihat pas dan tidak terlalu menutupi tubuh bayi. Jika dipakai, bayi akan terlihat seperti cowboy yang menggemaskan. Apabila memungkinkan, pilihlah desain yang serasi untuk dipadukan dengan pakaian bayi Anda.

Bentuk bulat, cocok untuk bayi yang sudah aktif bergerak

Bentuk bulat, cocok untuk bayi yang sudah aktif bergerak

Celemek bentuk bulat merupakan bentuk terbaru yang mungkin menjawab kebutuhan para ibu. Saat dibuka, celemek akan membulat dan membentuk sudut 360 derajat sehingga akan melindungi leher bayi. Tipe ini efektif menangkal liur dan tidak bergeser ke belakang sehingga recommended untuk bayi yang mulai aktif bergerak.


Selain itu, celemek berbentuk bulat terlihat begitu fashionable karena tak seperti celemek biasanya sehingga akan terlihat seperti kerah baju. Untuk anak perempuan, Anda bisa memilih celemek bulat dengan aksen renda-renda yang cantik.

Bentuk U lebar, ideal melindungi dari tumpahan makanan

Bentuk U lebar, ideal melindungi dari tumpahan makanan

Celemek berbentuk U adalah bentuk klasik yang umum digunakan. Tipe ini dapat melindungi pakaian bayi dari liur atau tumpahan makanan mulai dari bawah leher hingga sekitar dada. Oleh karena itu, celemek ini populer digunakan untuk bayi yang sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI).


Kini, celemek bentuk U memiliki berbagai macam variasi. Salah satu contohnya adalah celemek bentuk U dengan kantong di bagian bawahnya. Kantong ini berfungsi untuk menampung makanan bayi yang mungkin jatuh dari mulutnya. Dengan begitu, tumpahan makanan tidak akan berserakan begitu saja di baju atau lantai.

Perhatikan ukuran lingkar leher bayi Anda

Perhatikan ukuran lingkar leher bayi Anda

Ukuran lingkar leher bayi sangat penting diperhatikan ketika memilih celemek. Jika celemek terlalu ketat saat dikenakan, bayi akan merasa tidak nyaman. Sebaliknya, jika terlalu longgar, celemek akan mudah terlepas dan pakaian tidak terlindungi dengan baik.


Meskipun berbeda-beda ukuran, tetapi ukuran lingkar leher bayi rata-rata adalah 20–25 mm untuk usia 0–25 bulan, ukuran 24–28 mm untuk usia 3–6 bulan, dan 26–30 mm untuk usia 6 bulan. Sebaiknya, Anda memilih ukuran sesuai perkiraan jari Anda atau produk yang ukuran lingkar lehernya bisa diatur.


Bayi berusia 3–4 bulan memiliki leher yang gemuk dan berlemak. Namun, leher akan mengecil seiring dengan makin aktifnya gerak bayi setelah usia enam bulan. Anda mungkin berpikir untuk membeli ukuran yang lebih besar dari usia bayi dengan tujuan pemakaian jangka panjang. Hal tersebut boleh-boleh saja. Namun, ingat untuk tetap mengutamakan kenyamanan si kecil, ya!

Pilih bahan yang sesuai dengan usia bayi Anda

Banyak tidaknya air liur yang dikeluarkan bayi dari mulutnya tergantung pada usia. Selain itu, dengan makin bertambahnya usia bayi, fungsi celemek pun bukan hanya untuk menghalau air liur. Perhatikan penjelasan kami di bawah ini.

Untuk bayi usia 0–5 bulan, gunakan bahan yang aman dan nyaman di kulit

Untuk bayi usia 0–5 bulan, gunakan bahan yang aman dan nyaman di kulit

Dari bayi baru lahir hingga usia sekitar lima bulan, jumlah air liur yang dikeluarkan masih belum terlalu banyak. Karena itu, pilihlah produk yang berfokus pada keamanan kulit bayi. Celemek untuk bayi usia ini lebih difokuskan untuk menghalau tumpahan susu. Jadi, pilihlah produk yang terbuat dari bahan katun yang nyaman di kulit bayi. Selain daya serapnya bagus, bahan katun juga dinilai aman untuk kulit bayi yang masih sensitif.

Untuk bayi usia 6 bulan ke atas, pilih bahan silikon dan bahan antiair lainnya

Untuk bayi usia 6 bulan ke atas, pilih bahan silikon dan bahan antiair lainnya

Setelah berusia enam bulan, bayi akan memulai MPASI pertamanya. Selain itu, pada usia ini rata-rata bayi akan mulai tumbuh gigi sehingga air liurnya makin banyak. Untuk mengatasinya, kami sarankan agar Anda memilih celemek antiair dari bahan silikon, nilon, atau poliester.


Celemek dari bahan ini cenderung tahan air dan lebih mudah dibersihkan. Meski demikian, celemek berbahan antiair lebih berisiko bagi bayi berkulit sensitif. Untuk itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat memilihnya dan jangan langsung membeli dalam jumlah banyak. 

Perhatikan keamanan produk yang Anda beli

Perhatikan keamanan produk yang Anda beli

Saat memilih celemek bayi, sebaiknya Anda tidak hanya mementingkan desainnya saja. Anda perlu memastikan bahwa celemek tersebut menggunakan bahan yang aman untuk bayi. Oleh karena itu, sebelum membeli celemek, pastikan Anda sudah mengetahui jenis dan tingkat sensitivitas kulit bayi. 


Selain itu, pastikan bahwa ornamen tambahan pada celemek (jika ada) tidak membuat bayi terganggu. Jika Anda kurang yakin, sebaiknya Anda tidak membeli celemek dengan banyak ornamen tambahan. Terlebih lagi, jika celemek tersebut akan digunakan untuk waktu yang lama.

Pilih cara pemasangan yang nyaman untuk bayi

Pilih cara pemasangan yang nyaman untuk bayi

Untuk membuat bayi mau dan betah memakai celemek, Anda harus memilih tipe pemasangan yang nyaman untuknya. Hal itu penting untuk diperhatikan karena kesan saat pemakaian awal sangat berpengaruh terhadap kenyamanan bayi selanjutnya. Terdapat setidaknya tiga pilihan pengunci pada celemek bayi yang dijual di pasaran, yaitu tali, velcro, dan snap button.


Bagi bayi yang belum aktif bergerak, Anda dapat memilih tipe tali berbahan kain yang halus. Sementara itu, untuk bayi yang sudah aktif bergerak, tipe velcro atau snap button dapat menjadi pilihan. Alasannya karena kedua tipe tersebut memakan waktu yang lebih singkat untuk dipasang.

Pilih celemek yang mudah dibersihkan

Pilih celemek yang mudah dibersihkan

Celemek adalah benda yang selalu kotor karena fungsinya menangkal kotoran. Jika bayi Anda sering berganti-ganti celemek setiap harinya, pilihlah produk yang mudah dibersihkan. Percayalah, hal ini akan sangat menghemat waktu dan tenaga Anda.


Banyak celemek yang dapat dicuci secara manual dan atau menggunakan mesin. Namun, jika Anda adalah ibu yang sibuk, carilah celemek sekali pakai atau yang bisa dibersihkan dengan sekali usap. Produk-produk berbahan tipis umumnya mudah dibersihkan dan cepat kering. Jadi, meskipun persediaan celemek sedikit, Anda dapat menggunakannya seefisien mungkin. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi celemek bayi terbaik berdasarkan usia

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk celemek terbaik berdasarkan usia yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
BentukU
Usia0–36 bulan
BahanKatun
Cara pemasanganKancing snap
AntiairTidak
Aman untuk bayiYa
9
BentukU
Usia6 bulan ke atas
BahanBahan PEVA (polyethylene vinyl acetate) dan bahan waterproof
Cara pemasanganVelcro
AntiairYa
Aman untuk bayiYa
8
BentukSegitiga
Usia1–24 bulan
BahanKatun organik, fleece, silikon
Cara pemasanganKancing snap
AntiairTidak
Aman untuk bayiYa
7

Lusty Bunny Road Sign Baby Bib

TL-3645

Mulai dari Rp 24.300,00

BentukU
Usia0–12 bulan
BahanKatun
Cara pemasanganTali
AntiairTidak
Aman untuk bayiYa
6

b.box Travel Bib + Flexible Spoon

Mulai dari Rp 210.000,00

BentukU
Usia6 bulan ke atas
BahanSilikon food grade
Cara pemasanganVelcro
AntiairYa
Aman untuk bayiYa
5
BentukU
Usia6 bulan ke atas
BahanBahan penyerap yang dijahit dengan lapisan antiair
Cara pemasanganPita perekat
AntiairYa
Aman untuk bayiYa
4
BentukBulat
Usia3–12 bulan
BahanKatun organik (4 lapis)
Cara pemasanganKancing snap
AntiairYa (percikan)
Aman untuk bayiYa
3
BentukU
Usia3 bulan ke atas
BahanKatun
Cara pemasanganKancing snap
AntiairTidak
Aman untuk bayiYa
2

BenBenPremium Silicone Baby Bibs

Mulai dari Rp 69.000,00

BentukU
Usia6 bulan ke atas
BahanSilikon
Cara pemasanganKancing
AntiairYa
Aman untuk bayiYa
1

BabySafe Foldable Bib With Crumb Catcher

Mulai dari Rp 22.000,00

BentukU
Usia6 bulan ke atas
BahanBahan tahan air
Cara pemasanganKancing snap
AntiairYa
Aman untuk bayiYa

Tabel perbandingan produk celemek bayi terbaik berdasarkan usia

Gambar produk
1
BabySafe  Foldable Bib With Crumb Catcher 1

BabySafe

2
BenBen Premium Silicone Baby Bibs 1

BenBen

3
Bohopanna Bib Ruffle 1

Bohopanna

4
Imundex 360 Baby Bibs 1

Imundex

5
Pigeon  Disposable Baby Bibs 1

Pigeon

6
b.box  Travel Bib + Flexible Spoon 1

b.box

7
Lusty Bunny  Road Sign Baby Bib 1

Lusty Bunny

8
Sunday Baby  Chewy Bib 1

Sunday Baby

9
Nûby Catch All Bibs 1

Nûby

10
Cribcot  Tux Slaber Bib 1

Cribcot

Nama produk

Foldable Bib With Crumb Catcher

Premium Silicone Baby Bibs

Bib Ruffle

360 Baby Bibs

Disposable Baby Bibs

Travel Bib + Flexible Spoon

Road Sign Baby Bib

Chewy Bib

Catch All Bibs

Tux Slaber Bib

Keunggulan

Dilengkapi wadah! Tak perlu khawatir makanan berceceran lagi

Ringan dan lembut, praktis untuk dibawa bepergian

Tak ragu lagi mengajak bayi hang out berkat aksen rimpelnya

Desainnya menarik, si kecil pasti makin terlihat lucu!

Sibuk dan tidak sempat mencuci? Celemek sekali pakai solusinya!

Baju si kecil tetap bersih selama travelling? Bisa!

Mau panjang atau pendek? Atur tali suka-suka!

Celemek multifungsi! Dilengkapi teether, lho!

Celemek antiair! Tinggal dilap langsung bersih

Bukan hanya bersih, penampilan si kecil jadi makin keren!

Harga mulai dariRp 22.000,00Rp 69.000,00Rp 25.000,00Rp 30.000,00Rp 94.500,00Rp 210.000,00Rp 24.300,00Rp 55.000,00Rp 69.900,00Rp 177.000,00
BentukUUUBulatUUUSegitigaUU
Usia6 bulan ke atas6 bulan ke atas3 bulan ke atas3–12 bulan6 bulan ke atas6 bulan ke atas0–12 bulan1–24 bulan6 bulan ke atas0–36 bulan
BahanBahan tahan airSilikonKatunKatun organik (4 lapis)Bahan penyerap yang dijahit dengan lapisan antiairSilikon food gradeKatunKatun organik, fleece, silikonBahan PEVA (polyethylene vinyl acetate) dan bahan waterproofKatun
Cara pemasanganKancing snapKancingKancing snapKancing snapPita perekatVelcroTaliKancing snapVelcroKancing snap
AntiairYaYaTidakYa (percikan)YaYaTidakTidakYaTidak
Aman untuk bayiYaYaYaYaYaYaYaYaYaYa
Tautan produk

Pastikan persediaan celemek bayi Anda cukup

Pastikan persediaan celemek bayi Anda cukup

Untuk menghindari kalap berbelanja, sebaiknya Anda mencatat daftar belanja secara detail, termasuk berapa banyak celemek bayi yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa poin yang dapat dijadikan pertimbangan untuk menentukan banyaknya celemek yang diperlukan.


  • Usia bayi
Untuk menyambut bayi baru lahir, sediakan dua hingga tiga celemek terlebih dahulu. Anda tidak perlu membeli terlalu banyak karena nantinya masih perlu banyak penyesuaian. Saat bayi sudah tumbuh gigi dan mulai makan, Anda bisa menyiapkan sekitar lima hingga tujuh celemek.

  • Bahan celemek
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, terdapat beberapa bahan celemek yang biasa digunakan. Hal ini patut dijadikan pertimbangan dalam menyediakan stok celemek bayi. Makin susah kering bahannya, makin banyak pula celemek yang harus tersedia.

  • Desain celemek
Poin ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang memperhatikan penampilan si kecil. Anda dapat membeli banyak celemek dengan bermacam-macam desain atau sedikit celemek dengan warna yang netral. Dengan begitu, Anda tak akan bingung memakaikan celemek yang serasi dengan pakaian bayi Anda.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan bayi lainnya di sini

Produk-produk celemek bayi berdasarkan usia yang sudah kami ulas di atas. Selain celemek, masih banyak produk yang diperlukan bayi untuk melengkapi kebutuhan sandangnya. Untuk itu, berikut ini kami pilihkan beberapa artikel rekomendasi perlengkapan bayi khusus untuk Anda. Semoga dengan membacanya, Anda dapat terinspirasi!

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Celemek bukanlah sekadar kain untuk melindungi baju bayi dari tumpahan makanan atau air liur. Ada berbagai bentuk dan bahan yang dapat disesuaikan dengan tujuan pemakaian dan usia bayi Anda. 


Selain itu, cara pemasangan, kemudahan membersihkan, serta keamanan produk pun tidak boleh diabaikan. Anda boleh saja mempertimbangkan harga, tetapi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan bayi, ya. Selamat berbelanja! 

Artikel terkait

  • 10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    Gendongan bayi merupakan item yang akan membantu Anda untuk menggendong si kecil. Sekarang ini makin banyak jenis gendongan bayi yang dijual di pasaran. Ada beberapa merek gendongan yang mengeluarkan produk dengan posisi gendongan berbeda, seperti gendongan depan, samping, atau M-shape.Kali ini kami akan memberikan rekomendasi gendongan bayi dari Ergobaby, BabySafe, I-ANGEL, dan lainnya. Tak lupa, kami juga akan menjelaskan cara memilih gendongan bayi yang tepat. Agar Anda makin yakin dalam memilih, babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Simak sampai selesai, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bayi adalah anugerah yang memberikan keceriaan baru. Iya kan, Bunda? Untuk menyambut kedatangan buah hati, Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan bayi, salah satunya selimut. Beberapa produsen selimut bayi telah membuat selimut bayi dengan kualitas terbaik untuk menjaga si kecil tetap nyaman.Mau tahu cara memilih selimut bayi yang baik? Ayo simak terus artikel kami kali ini yang membahas cara memilih selimut bayi. Kami juga memberikan rekomendasi produk selimut bayi terbaik dari Baa Baa Sheepz, Baby Bee, dan merek lainnya untuk Anda. Temukanlah produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Kereta Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kereta Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jalan-jalan dengan kereta bayi atau stroller akan memudahkan Anda yang memiliki bayi. Namun, Anda tentu perlu memilih stroller yang bagus. Produknya harus dapat menjamin keamanan dan kenyamanan si kecil, serta melindungi dari sinar matahari dan hujan.Di sini kami akan menjelaskan cara memilih kereta bayi terbaik. Rekomendasi berbagai merk stroller ternama, seperti Pliko, Family, dan Joie, juga telah kami siapkan. Deskripsi singkat tentang produknya pun sudah tersedia. Ada yang memiliki roda 3, roda 4, bahkan multifungsi seperti stroller traveling. Ada juga yang cocok untuk bayi kembar, lho! Yuk, dimulai saja!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sandal Bayi Terbaik  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Sandal Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain sepatu, model sepatu sandal juga bisa dipertimbangkan untuk dikenakan oleh bayi. Di pasaran sendiri beredar berbagai sepatu sandal bayi dengan bermacam desain, bahan, warna, bentuk, dan harga. Berbagai merek sandal bayi terkenal, seperti Melissa, Tamagoo, dan Mothercare bisa dijadikan pilihan.  Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih sepatu sandal bayi. Setelah itu, kami juga akan memberikan rekomendasi sandal bayi yang bagus untuk Anda pilih. Sudah tidak sabar mendandani si kecil? Yuk, simak selengkapnya artikel ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik yang Bisa Dilipat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik yang Bisa Dilipat (Terbaru Tahun 2021)
    Apabila bayi Anda sudah bisa duduk, pasti menyenangkan jika Anda menggunakan kursi makan bayi. Dengan demikian, bayi Anda dapat duduk nyaman di sana ketika makan atau sekadar mengonsumsi snack. Kursi makan bayi yang bisa dilipat adalah pilihan tepat untuk menghemat ruang dan mudah dibawa bepergian.Saat ini, Anda dapat menjumpai berbagai jenis dan merek kursi makan bayi yang bisa dilipat. Untuk membantu Anda, artikel ini akan mengulas cara memilih kursi makan bayi tersebut dan disertai dengan rekomendasi produk terbaik dari merek Chicco, Pliko, Yamatoya, Joie, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Nose Cleaner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Nose Cleaner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika sedang pilek, bayi dan anak-anak biasanya kesulitan bernapas karena tidak bisa mengeluarkan ingus dari hidung. Di saat inilah Anda membutuhkan nose cleaner. Produk ini berfungsi mengeluarkan ingus dan melegakan hidung tersumbat. Ada beberapa jenis nose cleaner, misalnya jenis elektrik dan manual. Ingin tahu perbedaannya?Pada artikel ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih nose cleaner yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari merek ternama, seperti Pigeon, Mothercare, dan Babycomfy. Baca juga komentar dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. Jangan sampai Anda melewatkan artikel ini, ya! 
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Gendongan Kaos Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gendongan Kaos Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    Menggendong anak adalah kegiatan yang menyenangkan karena bisa menciptakan bonding antara ibu dan anak. Agar terasa nyaman, menggendong dengan gendongan adalah cara yang terbaik. Jika Anda butuh gendongan yang praktis, gendongan kaos bayi atau gendongan geos adalah solusinya. Kami akan membantu Anda memilih gendongan kaos yang bagus dan nyaman untuk digunakan sehari-hari. Selain itu, kami juga akan mengulas beberapa merk gendongan geos terbaik, seperti Dialogue Baby, Cuddle Me, dan Petite Mimi. Babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, ikuti terus sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Lemari Baju Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lemari Baju Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Menjelang lahirnya buah hati, Anda dan pasangan tentu sibuk mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk bayi. Anda juga akan membutuhkan kabinet penyimpanan yang bagus supaya barang-barang bayi tertata rapi. Sudahkah Anda memilikinya? Jika belum, ada baiknya Anda mempersiapkan dari sekarang.Melalui artikel ini, kami akan membahas tipe-tipe lemari baju untuk bayi, mulai dari baby tafel, drawer, hingga wardrobe. Namun sebelumnya, kami akan membahas tips cara memilih lemari baju terbaik untuk bayi. Anda pun akan menemukan produk dari merk IKEA, Informa, serta Olymplast dalam rekomendasi kami.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Humidifier Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Humidifier Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Produk humidifier tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa, tetapi juga cocok untuk kebutuhan bayi dan anak-anak. Humidifier bermanfaat untuk melegakan hidung bayi yang sedang pilek. Jenis serta fitur-fitur humidifier sangat penting untuk dipertimbangkan. Untuk itu, di artikel ini kami secara khusus membahas humidifier yang bagus untuk bayi.Anda bisa memilih berbagai merek humidifier yang didesain khusus untuk bayi, seperti Levoit, Crane, Babymoov, dan Sharp. Sebelumnya, baca dahulu tips memilih dari kami, ya. Simak ulasannya dan temukan humidifier untuk bayi dengan harga yang pas di kantong!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Legging Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Legging Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Legging kini menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki bayi. Bahan yang elastis serta motifnya yang menggemaskan disukai karena membuat gerak bayi menjadi leluasa. Namun, pemilihan legging untuk bayi tidak boleh sembarangan. Legging yang terlalu ketat atau bahan yang tidak nyaman berisiko mengiritasi kulit bayi.Karena itu, tips-tips memilih legging bayi yang bagus akan kami bagikan. Kami juga mempunyai rekomendasi legging bayi dengan berbagai model, misalnya legging bayi tutup kaki dan kaki terbuka. Anda bisa memilih legging bayi dari merek Palmerhaus, Mothercare, atau Petite Mimi. Yuk, langsung disimak!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Mandi merupakan hal yang sangat penting bagi bayi yang baru lahir hingga yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda tentu ingin memilih produk yang berkualitas dan aman bagi kulitnya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus, aman, dan tepercaya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak pembahasannya sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Celemek bayi ternyata tak hanya bisa dipakai sebagai alas makan saja. Baby bib atau slabber juga bisa dipakai sebagai alas iler atau kegiatan bayi lainnya. Jika Anda sedang mencari rekomendasi bib bayi terbaik, kami akan membantu Anda memilihkan produk yang bagus dan tepat. Anda bisa memilih celemek makan bayi anti air atau celemek bayi silikon. Ada beberapa merk yang akan kami rekomendasikan, seperti dari Libby, Little Palmerhaus, atau IKEA. Simak pembahasan lebih detail dari kami, beserta rekomendasi celemek bayi terbaik bagi buah hati Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori