10 Rekomendasi Susu Kedelai Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Susu Kedelai Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Susu kedelai adalah minuman yang memiliki banyak manfaat. Saat ini, susu kedelai telah dijual di berbagai minimarket sehingga mudah Anda dapatkan. Selain rasa original yang populer, ada banyak varian rasa seperti cokelat atau stroberi yang bisa Anda nikmati. Susu kedelai juga bisa dijadikan sebagai pengganti susu sapi bagi Anda yang alergi.

Jangan lewatkan ulasan kali ini karena kami akan menjelaskan hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih susu kedelai. Tidak lupa, kami juga memberikan rekomendasi susu kedelai yang tidak hanya nikmat, tetapi juga menyehatkan! Merek terkenal seperti Australia’s Own Organic, V Soy, KK, dan Unisoy dapat dijadikan pilihan!

Daftar isi

Apa perbedaan sari kedelai dan minuman susu kedelai?

Apa perbedaan sari kedelai dan minuman susu kedelai?

Susu kedelai memiliki banyak manfaat dan direkomendasikan oleh banyak orang. Selain rendah kalori, susu kedelai mampu meredakan nyeri saat datang bulan, mengatasi sembelit, menutrisi kulit, dan tentunya baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Meskipun terlihat sama, sebenarnya susu kedelai yang banyak kita temukan saat ini terbagi menjadi beberapa jenis. Yang pertama adalah susu kedelai murni. Jenis ini disebut juga sari kedelai karena didapat dari campuran air dan kacang kedelai yang diproses, lalu diambil airnya saja. Yang kedua adalah minuman susu kedelai yang disesuaikan. Jenis ini serupa dengan susu kedelai murni, hanya saja ditambahkan pemanis agar susu kedelai lebih lezat. Yang ketiga adalah variasi minuman susu kedelai. Jenis yang ketiga ini tidak hanya ditambahkan gula, tetapi juga ditambahkan perasa seperti cokelat, kopi, atau buah.

Berdasarkan klasifikasi dari Japanese Agricultural Standards, proporsi kacang kedelai di setiap jenis minuman juga berbeda. Susu kedelai murni memiliki kandungan kedelai sejumlah 8% atau lebih. Jenis susu kedelai yang disesuaikan kandungan kedelainya berkisar 6% atau lebih, sedangkan variasi minuman susu kedelai dengan rasa buah dan jus hanya memiliki kandungan kedelai paling kecil yaitu sekitar 2%. Di samping itu, susu kedelai dengan campuran malt, kopi, dan teh hitam mengandung kacang kedelai sekitar 4% atau lebih.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, variasi minuman susu kedelai memiliki kandungan kedelai yang lebih sedikit dibandingkan jenis susu kedelai lainnya. Namun, kandungan tambahan seperti buah atau teh hijau juga dapat memberi manfaat selain dari susu kedelai itu sendiri. Tambahan perasa juga dapat mengurangi aroma kedelai yang tidak disukai oleh sebagian orang. Susu kedelai adalah minuman sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi harian!

Cara memilih susu kedelai

Susu kedelai, selain lezat, juga memiliki banyak manfaat. Anda dapat mengonsumsinya kapan saja atau dicampurkan dengan bahan makanan lainnya seperti puding dan smoothies. Selanjutnya, kami akan menjelaskan hal-hal apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum memilih susu kedelai.

Pilih produk dengan rasa kesukaan Anda

Pilih produk dengan rasa kesukaan Anda

Tidak hanya rasa original, cokelat, atau stroberi, rasa-rasa unik lainnya seperti green tea, mocha, berbagai rasa buah juga dapat Anda temukan dalam varian susu kedelai saat ini. Umumnya dalam 200 ml susu kedelai mengandung 200 kalori. Banyak yang berpendapat bahwa jumlah kalori ideal untuk snack adalah sebesar 200 kalori per hari. Sebagai pengganti camilan manis, pilihlah susu kedelai dengan rasa favorit Anda untuk dijadikan snack harian yang mengenyangkan sekaligus menyehatkan.

Pilihlah produk yang rendah kalori

Pilihlah produk yang rendah kalori

Walau dikatakan bahwa kandungan kalori susu kedelai hanya sekitar 200 kalori, tetapi saat dikombinasikan dengan bahan makanan atau minuman lain, jumlah kalorinya akan bertambah. Mengapa tidak memilih susu kedelai yang rendah kalori?

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda teliti dalam memilih terutama jika Anda menjadikan susu kedelai sebagai campuran untuk bahan makanan atau bahan minuman lain. Anda juga dapat mengurangi proporsi bahan makanan lainnya yang akan dicampurkan agar kalorinya tetap terkontrol. Ada juga susu kedelai bebas kalori yang dapat Anda jadikan pilihan.

Pilihlah produk dengan bahan baku berkualitas

Pilihlah produk dengan bahan baku berkualitas

Bagi Anda yang khawatir dengan bahan utama susu kedelai kemasan yang banyak dijual saat ini, Anda dapat mengecek komposisi bahan bakunya sebelum membeli. Kami sarankan pula Anda memilih susu kedelai yang menggunakan bahan baku kacang kedelai pilihan untuk mengurangi adanya bau tidak sedap. Jika Anda mengonsumsi susu kedelai secara rutin, pilihlah susu kedelai murni karena lebih sehat dan tidak terdapat kandungan bahan-bahan kimia di dalamnya.

10 Rekomendasi susu kedelai terbaik

Selanjutnya kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk susu kedelai terbaik. Pilihlah produk sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

10. YHS Yeo’s Sari Kedelai

10. YHS Yeo's Sari Kedelai

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.500

Harga yang sangat terjangkau untuk susu kedelai yang enak

Produk ini pilihan pas bagi Anda yang ingin menyehatkan pencernaan karena rendah lemak dan laktosa. Dengan harga terjangkau, Anda mendapatkan produk yang tidak hanya enak, tetapi juga menyehatkan karena bebas kolesterol. Selain kemasan botol, Anda dapat menemukan susu kedelai Yeo’s dalam kemasan kaleng.

Isi 300 ml (kaleng)
Kalori 180 kalori

9. Interfood Naraya Soya Botol

9. Interfood Naraya Soya Botol

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.900

Kemasan botol yang nyaman dibawa bepergian

Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang tidak terlalu menyukai susu kedelai bertekstur kental. Dengan proporsi air lebih banyak dari produk lainnya, rasa kacang kedelai dari susu ini menjadi tidak dominan, tetapi tetap terasa menyegarkan. Kemasan botol 320 ml pas untuk Anda bawa bepergian.

Isi 320 ml
Kalori Tidak tercantum

8. Soya Herba Nusantara Mama Soya

8. Soya Herba Nusantara Mama Soya

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 27.900

Memperlancar ASI bagi para ibu menyusui

Susu kedelai rupanya juga memiliki manfaat untuk memperlancar ASI. Untuk itu, kami merekomendasikan produk ini untuk para ibu menyusui. Dengan ekstrak daun katuk, fenugreek, habbatussauda, kurma, dan beepollen, produk ini siap menjadi makanan pendamping bagi ibu menyusui.

Tidak hanya untuk memperlancar ASI, produk ini juga membantu mengurangi kadar kolesterol sehingga Anda terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya seperti stroke. Berbentuk susu bubuk instan, Anda dapat mencampurkannya ke dalam semangkuk oatmeal.

Isi 200 gr
Kalori 86 kalori

7. Lam Soon Hershey’s Soyfresh Chocolate Soya Milk

7. Lam Soon Hershey's Soyfresh Chocolate Soya Milk

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 17.000

Perpaduan rasa unik yang akan membuat Anda ketagihan!

Direkomendasikan untuk penggemar cokelat! Anda akan menemukan uniknya perpaduan rasa susu kedelai dengan manisnya cokelat Hersey’s dari produk ini. Tidak sembarang kacang kedelai, produk ini hanya menggunakan kacang kedelai pilihan sehingga menghasilkan susu kedelai berkualitas.

Walau dikombinasikan dengan cokelat, rasa susu kedelai dari produk ini tetap mendominasi karena proporsi kandungan kacang kedelai yang cukup besar yaitu hingga 65%. Selain cokelat, Anda juga bisa menikmati rasa cookies ‘n creme dan mocha yang tak kalah lezat.

Isi 236 ml
Kalori 160 kalori (cokelat), 150 kalori (mocha), 140 kalori (cookies ‘n creme)

6. Lam Soon Homesoy

6. Lam Soon Homesoy

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 12.500

Membantu mengangkat sel kulit mati dengan kandungan antioksidannya

Apakah Anda memiliki keluhan dengan kulit kering dan kusam? Kami merekomendasikan susu kedelai dari brand Homesoy ini. Adanya kandungan antioksidan dari produk ini akan membantu regenerasi dan mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit terlihat kusam.

Susu kedelai ini rendah lemak dan bebas kolesterol, aman dikonsumsi untuk Anda yang sedang diet. Agar lebih segar, Anda juga dapat menyimpannya di lemari es sebelum diminum. Selain original, Anda bisa memilih varian honey melon, ginger, atau brown sugar sesuai selera.

Isi 250 ml, 300 ml, 750ml, 1 liter
Kalori 130 kalori (per 250 ml)

5. Sukanda Djaya V Soy Multi Grain UHT

5. Sukanda Djaya V Soy Multi Grain UHT

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 9.599

Dengan tambahan beras merah dan malt yang mengenyangkan

Apakah Anda sering merasa lapar saat malam hari? Susu kedelai yang satu ini dapat Anda jadikan camilan. Berbeda dengan produk susu kedelai pada umumnya, V-soy menawarkan susu kedelai yang dilengkapi dengan beras merah, wijen hitam, malt, dan barley yang tentunya mengenyangkan.

Teksturnya pun menjadi lebih kental dan terasa lebih gurih dibandingkan susu kedelai lainnya. Mengonsumsinya juga akan membuat sistem pencernaan Anda menjadi lebih sehat dan menjauhkan Anda dari masalah pencernaan seperti susah buang air besar.

Isi 300 ml, 1 liter
Kalori 217 kalori (per 300 ml)

4. UniFood Unisoy Nutritious Black Soy Milk Powder

4. UniFood Unisoy Nutritious Black Soy Milk Powder 

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 73.000

Dapatkan kulit yang sehat dengan cara yang mudah

Berbeda dengan produk susu kedelai yang umumnya menggunakan kacang kedelai putih, Unisoy memilih kacang kedelai hitam sebagai bahan utamanya. Kedelai hitam memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dan tanpa kandungan kolesterol.

Susu kedelai ini juga diperkaya dengan vitamin E dan beberapa macam protein yang baik untuk kesehatan kulit, serta kandungan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, produk ini juga tanpa kandungan laktosa sehingga aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

Isi 384 gr
Kalori 134 kalori (per saset)

3. Australia’s Own Organic Unsweetened Soy Milk

3. Australia’s Own Organic Unsweetened Soy Milk 

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 44.999

Tanpa bahan pemanis yang cocok dikonsumsi para dieters

Selanjutnya, ada susu kedelai dari Australia yang dapat menjadi pilihan untuk gaya hidup sehat. Dibuat dari kacang kedelai organik, produk ini memiliki kandungan protein lebih tinggi dibandingkan susu kedelai lainnya. Tanpa kandungan malt dan tambahan gula, produk ini menawarkan rasa yang alami.

Selain itu, susu kedelai ini juga tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna buatan sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Anda dapat menjadikan produk ini sebagai menu sarapan yang dapat diminum langsung atau dicampur dengan cereal dan bahan makanan lainnya.

Isi 1 liter
Kalori 108 kalori (per 250 ml)

2. Melilea Minuman Serbuk Kedelai

2. Melilea Minuman Serbuk Kedelai

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Rasa yang enak dan dapat dinikmati segala usia

Diproduksi dengan kacang kedelai berkualitas dari Cina, produk ini memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Melilea menjaga proses pembuatannya agar manfaat alami dari nutrisi yang ada tetap terjaga. Produk ini dapat dikonsumsi oleh segala usia, mulai dari bayi, remaja, hingga lanjut usia.

Bagi bayi, produk ini bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Untuk remaja, kandungan kalsiumnya dapat membantu pertumbuhan tulang. Sementara untuk lansia, produk ini dapat menjadi sumber tenaga. Susu ini pilihan tepat bagi seluruh anggota keluarga.

Isi 500 gr
Kalori 108 kalori (per 25 gram)

1. KK Soya Bean Powder

1. KK Soya Bean Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Ingin terhindar dari berbagai penyakit? Coba susu kedelai ini!

Produk yang satu ini juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga ibu hamil. Melalui proses pengolahan khusus, setiap kandungan kedelai yang ada terjaga nutrisinya. Senyawa antigizi yang biasanya ditemukan pada susu kedelai juga dihilangkan, menjadikannya sebagai susu kedelai terbaik untuk dikonsumsi!

Mengandung asam lemak tidak jenuh, susu ini mampu memecah kolesterol di dalam lapisan arteri sehingga mengurangi stroke, diabetes, bahkan kanker. Kandungan protein dan kalsiumnya juga baik bagi perkembangan janin. Anda dapat menyajikannya secara panas atau dingin tergantung selera.

Isi 400 gram
Kalori 130 kalori (per 3 sendok makan)

Apakah ada efek samping jika mengonsumsi susu kedelai terlalu banyak?

Apakah ada efek samping jika mengonsumsi susu kedelai terlalu banyak?

Walau susu kedelai adalah minuman bergizi, tetapi mengonsumsinya terlalu banyak bisa saja menimbulkan efek samping. Untuk perempuan dapat menimbulkan efek samping seperti menstruasi tidak teratur, pembengkakan, dan efek buruk bagi bayi di dalam kandungan. Di samping itu, mengonsumsi susu kedelai terlalu banyak bagi pria dapat mengganggu keseimbangan hormon. Dengan demikian, sebaiknya Anda membatasi jumlah asupan susu kedelai per hari meskipun susu kedelai disebut baik bagi tubuh.

Jumlah ideal dalam mengonsumsi susu kedelai adalah 200 ml per hari. Jumlah tersebut adalah takaran umum susu kedelai kemasan yang banyak ditemukan di pasaran. Jika Anda mengonsumsi susu kedelai sesuai jumlah yang disarankan, tentunya efek positif yang akan Anda dapatkan. Jadi, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan dalam meminum susu kedelai.

Kesimpulan

Dengan rasa yang khas, susu kedelai tidak hanya lezat, tetapi juga bergizi. Bagi yang sedang menjalankan program diet, susu kedelai juga dapat dijadikan makanan pendamping karena rendah kalori. Jadi, sudahkah Anda menemukan produk susu kedelai yang pas dengan selera Anda?

Jika belum, jangan lupa untuk mempertimbangkan hal-hal yang kami bahas pada poin cara memilih susu kedelai. Jika sudah, jangan lupa pula untuk mengonsumsi susu kedelai sesuai jumlah yang disarankan agar tidak memberikan dampak buruk.