10 Rekomendasi Sabun Batangan Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sabun Batangan Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2018)

Mencoba berbagai kosmetik dan perawatan kulit saat masih muda ternyata bisa menyebabkan kulit bermasalah pada usia 40-an. Untuk mengembalikan kesehatan kulit, Anda membutuhkan produk perawatan kulit seperti sabun pembersih muka yang sesuai.

Menemukan sabun muka yang cocok dengan untuk usia dan jenis kulit adalah langkah pertama penunda penuaan. Jadi, kami akan menjelaskan poin penting apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih sabun muka batangan, juga merekomendasikan produk terbaiknya untuk usia 40-an. Temukanlah sabun muka batangan yang sesuai kebutuhan supaya Anda dapat mengurangi pemakaian cream dan serum wajah!

Daftar isi

Masalah kulit kering adalah yang paling banyak ditemui pada usia 40-an

Masalah kulit kering adalah yang paling banyak ditemui pada usia 40-an

Hal yang paling penting dalam perawatan kulit di usia 40-an adalah produk dengan kandungan pelembap. Anda membutuhkan sabun pembersih muka yang mampu membersihkan kotoran dan kandungan sebum di wajah.

Pilihlah sabun muka yang tidak hanya berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati, tetapi juga dapat menyegarkan dan melembapkan. Jika Anda memilih untuk tetap menggunakan cream perawatan atau serum, hal ini justru dapat meningkatkan manfaat dari produk lain yang Anda gunakan setelah mencuci muka.

Cara memilih sabun muka batangan untuk usia 40-an

Pada usia 40-an, tanda-tanda penuaan mulai terlihat dan tentunya sabun muka biasa kurang efektif dalam mengatasi masalah kerutan. Kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum memilih produk yang cocok untuk usia 40-an.

Utamakan produk yang dilengkapi dengan kandungan pelembap

Usia 40-an ditandai dengan menurunnya elastisitas kulit wajah. Hal ini disebabkan karena kandungan kolagen yang mulai menurun. Tentu saja kulit yang keriput dan kendur bagaikan momok bagi banyak orang.

Ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit, salah satunya disebabkan oleh kadar air di kulit yang juga berkurang. Selain itu, kulit menjadi kendur akibat pori-pori yang semakin terbuka. Akibatnya, garis-garis halus dan kerutan bermunculan.

Kekurangan cairan juga dapat membuat kulit kering. Maka, sabun muka yang mengandung pelembap sangat kami anjurkan. Perlahan Anda harus mengurangi penggunaan sabun muka yang membuat kulit terasa kencang setelah mencuci muka karena hal itu dapat membuat kulit muka semakin kering.

Produk dengan kandungan bahan pelembap yang tinggi

Produk dengan kandungan bahan pelembap yang tinggi

Bahan pelembap yang ada di dalam kandungan sabun muka batangan akan membantu melembutkan kulit muka Anda. Minyak jojoba, minyak zaitun, argan oil, ceramide, asam hyaluronic, glycerine, dan chondroitin terkenal dengan kekuatan pelembap yang tinggi. Anda dapat memilih sabun muka yang mengandung bahan pelembap tersebut.

Namun, produk sabun muka batangan dengan kandungan argan oil dan ceramide masih cukup jarang ditemui di pasaran Indonesia. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih sabun muka batangan dengan kandungan madu, jojoba oil, atau coconut oil sebagai bahan pelembap.

Pilihlah produk berdasarkan kondisi kulit Anda saat ini

Umumnya kulit terbagi menjadi empat jenis, yaitu kulit kering, kulit normal, kulit berminyak, dan kulit kombinasi. Namun, memasuki usia 40-an, kebanyakan orang cenderung memiliki kulit kering. Sebagian orang bermasalah pula dengan jerawat. Oleh sebab itu, kenali dahulu kondisi kulit Anda sebelum memilih sabun muka batangan.

Jika masalah kulit mulai timbul, pilihlah produk dengan bahan yang sesuai untuk mengatasinya

Jika masalah kulit mulai timbul, pilihlah produk dengan bahan yang sesuai untuk mengatasinya

Pada usia 20 hingga 30-an, kulit normal hanya membutuhkan perawatan kulit dasar, tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, memasuki usia 40-an, sebagian orang mengalami kulit kering secara tiba-tiba bukan karena faktor cuaca atau hal lainnya. Pengeringan permukaan kulit dan penurunan kolagen terjadi karena proses penuaan. Hal inilah yang harus Anda perhatikan.

Perubahan gaya hidup dan faktor kelelahan dapat menyebabkan perubahan lapisan kulit. Selain itu, sabun muka yang tidak cocok dengan kulit Anda juga dapat menjadi penyebab kulit kuring. Kami sarankan Anda mulai mempertimbangkan untuk mengganti produk sabun muka dengan bahan yang dapat mengatasi masalah kulit Anda.

Sabun muka berbahan dasar minyak memiliki manfaat yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Ada berbagai macam minyak, seperti minyak zaitun, minyak argan, minyak sawit, dan minyak dedak padi. Maka, Anda dianjurkan untuk mencoba dan menemukan yang sesuai dengan kulit Anda.

Bagi kulit berminyak, hindari produk dengan kandungan sebum berlebih

Bagi kulit berminyak, hindari produk dengan kandungan sebum berlebih

Jika saat muda Anda memiliki jenis kulit berminyak, memasuki usia 40-an Anda akan mulai mengalami perubahan karena penuaan. Apabila Anda masih menggunakan produk sabun muka yang sama, hal ini akan berakibat terhadap penurunan fungsi sekresi sebum. Sebum yang dibiarkan menumpuk di kuli dapat mengakibatkan rusaknya keseimbangan sekresi sebum dan menjadi penyebab masalah kulit.

Beberapa sabun muka dikhususkan untuk kulit kering, kulit normal, kulit berminyak, dan kulit kombinasi. Pilihlah jenis sabun pembersih yang paling sesuai dengan keadaan kulit Anda saat ini. Jangan terlalu terpaku dengan produk khusus kulit berminyak. Anda juga dapat mencoba sabun untuk kulit normal dan kulit kombinasi apabila sabun untuk kulit berminyak Anda rasa kurang cocok.

Produk yang membantu proses exfoliating juga dibutuhkan

Salah satu cara menjaga kelembapan wajah adalah dengan menggunakan sabun pembersih yang membantu proses pelepasan sel kulit mati. Jika sel kulit mati berkurang, kemampuan kulit dalam menyerap produk perawatan lainnya akan meningkat.

Namun, kami tidak menyarankan Anda menggunakan sabun muka jenis ini setiap hari, Anda dapat menggunakannya sebanyak tujuh sampai sepuluh hari sekali. Jangan lupa untuk menggunakan produk pelembap setelah mencuci muka agar kulit terjaga kelembapannya.

Kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dapat membantu pelepasan sel kulit mati

Kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dapat membantu pelepasan sel kulit mati

Ada berbagai macam bahan yang menjadi kandungan pelengkap sabun muka batangan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Salah satunya adalah kandungan AHA.

Zat yang termasuk dalam golongan AHA yang sering digunakan dalam sabun peeling adalah asam malat, asam glikolat, asam sitrat, asam laktat, dan asam trikloroasetat (TCA), yang efektif untuk membersihkan permukaan wajah dengan kandungan asamnya. Dari semua itu, asam glikolat dengan kandungan lebih dari 4% (di dalam sabun tersebut) adalah yang paling efektif untuk merawat kulit wajah.

Hindari sabun muka batangan dengan scrub yang terlalu kasar

Hindari sabun muka batangan dengan scrub yang terlalu kasar

 

Hati-hati dengan sabun muka yang mengandung scrub yang terlalu kasar. Meskipun scrub dapat meruntuhkan sel-sel kulit mati, tetapi jika Anda menggunakannya terlalu sering dan dengan cara menggosok yang terlalu kuat, hal ini dapat merusak stimulasi kulit muka.

Pilihlah sabun muka batangan yang tidak mengandung scrub. Namun, jika Anda merasa nyaman menggunakan produk dengan scrub, pilihlah produk dengan scrub yang halus. Hal ini akan mengurangi risiko iritasi kulit dan sel kulit mati akan terangkat dengan cara yang lembut.

10 Rekomendasi sabun muka batangan terbaik untuk usia 40-an

Selanjutnya, mari kita simak sabun muka batangan untuk usia 40-an. Pilihlah produk sabun muka batangan yang paling sesuai dengan masalah dan keadaan kulit Anda saat ini.

10. Dove White Beauty Bar

10. Dove White Beauty Bar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.500

Tidak hanya kulit muka, produk ini juga akan menutrisi kulit tubuh Anda

Dove White Beauty Bar tidak seperti sabun pada umumnya. Sabun ini diformulasikan dengan teknologi unik yang dapat membersihkan sekaligus melembapkan kulit Anda. Kandungan seperempat moisturizing milk dalam sabun ini menjadikan kulit Anda tetap sehat serta terasa lembut dan kenyal.

Walau dijual dengan harga yang murah, tetapi produk ini mampu melembapkan kulit muka sekaligus kulit tubuh Anda. Cocok untuk Anda yang ingin sedikit berhemat karena cukup menggunakan satu produk untuk membersihkan muka dan seluruh tubuh. Kandungan pelembap ekstra dalam sabun ini dapat mencegah kulit Anda dari sensasi kulit kaku atau kering yang mungkin dirasakan setelah mandi.

9. Sulwhasoo Herbal Soap

9. Sulwhasoo Herbal Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.000

Dapatkan kulit muka semulus artis Korea!

Ingin memiliki kulit wajah halus seperti artis Korea? Herbal soap dari Sulwhasoo ini dapat mewujudkan keinginan Anda! Mengandung ekstrak ginseng merah Korea yang kaya antioksidan dan camellia oli alami, produk ini membuat kulit Anda terasa lembut sepanjang hari dan terhindar dari kulit kemerahan akibat iritasi.

Dibuat dari bahan-bahan herbal, seperti Solomon’s seal, peony, dan Rehmannia, sabun ini dapat membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori sekaligus membantu mengatasi kelebihan sebum. Busanya yang lembut akan merevitalisasi kulit Anda dan memberi rasa nyaman saat mencuci muka.

8. Oilum Collagen Moisturizing Soap

8. Oilum Collagen Moisturizing Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.900

Miliki kulit cerah dan awet muda dengan sabun muka batangan ini

Sabun muka batangan satu ini mengandung zat aktif kolagen yang juga dilengkapi dengan kandungan minyak zaitun. Selain itu, lactic acid dan scrub beads dalam komposisinya membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit Anda menjadi lebih cerah.

Untuk menjaga elastisitas kulit serta mempertahankan kelembapan, Oilum mempercayakannya kepada kandungan kolagen dan olive oil. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit kusam dan cenderung kering. Menggunakannya secara rutin akan membuat kulit Anda menjadi lebih lembut, cerah, dan terlihat awet muda.

7. JF Sulfur Oily Care

7. JF Sulfur Oily Care

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 13.500

Pengganti perawatan kulit berminyak dan berjerawat di klinik kecantikan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit berminyak, kami rekomendasikan produk ini untuk Anda. JF Sulfur Oily Care akan mengontrol minyak berlebih di kulit muka yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Produk ini sudah dinyatakan lulus uji dermatologi yang berarti seluruh kandungannya aman bahkan untuk kulit sensitif. Tidak hanya kulit berminyak, sabun muka batangan ini juga mampu mengatasi kulit berjerawat tanpa menyebabkan iritasi. Tanpa scrub, busanya terasa lembut dan tidak menyebabkan kemerahan setelah mencuci muka,

6. Cetaphil Gentle Cleansing Bar

6. Cetaphil Gentle Cleansing Bar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Rasakan kebaikan minyak pelindung alami agar kulit terjaga kelembapannya

Cetaphil Gentle Cleansing Bar memiliki formula khusus bagi pemilik kulit kering. Kulit Anda akan terasa halus dan terhidrasi dengan kebaikan dari minyak pelindung alami. Sabun muka ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan detergen yang dapat memicu iritasi, cocok untuk segala usia baik lansia maupun anak-anak.

Busanya memang tidak sebanyak sabun muka lainnya, tetapi produk ini mampu membersihkan secara efektif dan mengembalikan tekstur kulit. Kami merekomendasikannya untuk Anda yang memiliki kulit kering dan mudah teriritasi. Kulit akan bersih dan terawat, serta aman digunakan sehari-hari.

5. Nivea Creme Care

5. Nivea Creme Care

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.000

Katakan bye-bye kulit kering!

Bagi Anda yang telah mengalami masalah kulit kering dan berkerut, Anda membutuhkan sabun muka yang mampu menjaga kelembapan kulit sepanjang hari. Oleh sebab itu, penuhilah kebutuhan nutrisi kulit Anda dengan kandungan yang sama seperti Nivea Creme. Sabun muka ini dapat menjadi salah satu produk perawatan kulit terbaik Anda karena dilengkapi dengan kandungan Nivea Body Moisturizer.

Pilihan tepat bagi Anda yang mulai memiliki masalah dengan kulit kering. Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan Pro-Vitamin B5 dan minyak esensial Nivea Creme untuk menutrisi kulit wajah dan tubuh Anda. Tentunya, sabun ini terbukti aman untuk kulit Anda dan sudah teruji secara dermatologi. Dapatkan kulit lembap dan segar untuk menjalani hari Anda dengan lebih bersemangat!

4. Ecolaiv True Castile Soap

4. Ecolaiv True Castile Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Kebaikan virgin olive oil dapat Anda rasakan sepanjang hari

Mengandung 100% ekstra virgin olive oil, sabun ini diklaim sebagai sabun paling lembut di antara jenis lainnya. Susu kambing yang kaya kandungan AHA juga ada dalam komposisi sabun ini untuk memaksimalkan pembersihan sel kulit mati. Walau kandungannya sangat sederhana, tetapi produk ini ampuh mengatasi masalah kulit kering!

Tidak hanya itu, sabun muka yang satu ini juga kami rekomendasikan bagi Anda yang memiliki masalah dengan alergi kulit, seperti gatal-gatal. Produk ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan muka, tubuh, dan rambut. Aman digunakan seluruh anggota keluarga, termasuk untuk bayi.

3. Sensatia Botanicals Green Tea & Honey Natural Soap

3. Sensatia Botanicals Green Tea & Honey Natural Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Green tea-nya menghambat penuaan dan madunya efektif memberi kelembapan

Green tea memiliki kandungan polifenol yaitu salah satu kandungan antioksidan yang mampu menghambat proses penuaan. Sebagai bahan pelembap, Sensatia Botanicals memilih madu sebagai kandungan alami yang akan menghindarkan kulit menjadi kering setelah mencuci muka.

Selain itu, terdapat pula kandungan klorofil, perasan jeruk nipis, lavender Prancis, dan minyak esensial jahe Jawa yang bertindak sebagai aromaterapi untuk memberikan ketenangan. Bagi Anda yang senang menggunakan sabun muka dengan wewangian yang unik, produk yang satu ini dapat menjadi pilihan Anda.

2. Gluta-C Kojic Plus+ Soap

2. Gluta-C Kojic Plus+ Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Kandungan antioksidan tertinggi hanya ada dalam produk ini!

Sabun muka batangan yang satu ini mengombinasikan vitamin C dan gluthathione. Perlu Anda ketahui, glutathione merupakan salah satu zat antioksidan terbaik. Artinya, dengan menggunakan Gluta-C Kojic Plus+ Soap, Anda akan merasakan manfaat dari induk semua kandungan antioksidan yang berguna bagi sel-sel kulit.

Selain itu, sabun ini memiliki kandungan arbutin yang tinggi sehingga tidak menimbulkan efek samping jika digunakan secara rutin. Kandungan ekstrak pepayanya berfungsi untuk membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati dan meminimalkan terjadinya penuaan dini. Sabun muka ini cocok untuk Anda yang menginginkan sabun muka dengan kemampuan deep cleansing, tetapi tidak menyebabkan kuit kering.

1. Proderma Ceratopik Ceramide Blend Clear Soap

1. Proderma Ceratopik Ceramide Blend Clear Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 77.000

Menjaga kesehatan kulit dengan kandungan ceramide agar terlihat awet muda

Diformulasikan khusus dengan komponen lemak alamiah, Ceratopik Ceramide Blend Clear Soap mampu membersihkan kulit dan menjaga kelembapannya. Tanpa kandungan bahan kimia, bahan pewangi, dan bahan pewarna, sabun ini aman digunakan bagi pemilik kulit sensitif. Sedangkan kandungan ceramide-nya akan menjaga kesehatan kulit Anda dan menjadikannya selalu terlihat segar.

Produk ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang berusia 40-an sebab kandungannya dapat mencegah kulit kehilangan kelembapan karena faktor usia. Busanya yang lembut membuat Anda yang menggunakannya akan memiliki kulit yang kenyal, halus, serta terlihat awet muda.

Kesimpulan

Memasuki usia 40-an Anda harus lebih memperhatikan perawatan kulit. Hal itu diperlukan untuk memperlambat penuaan pada kulit muka Anda. Mungkin dengan mengganti sabun muka, masalah kulit Anda dapat taratasi dan Anda pun dapat memperoleh kembali kulit yang sehat dan terawat di usia 40-an. Semoga artikel mengenai sabun muka batangan terbaik untuk usia 40-an ini dapat membantu Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!