• 10 Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Usia 40-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Usia 40-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Usia 40-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Usia 40-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Usia 40-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Usia 40-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Saat usia menginjak 40-an, kulit sudah tidak seelastis dahulu. Bahkan tanda-tanda penuaan juga sudah mulai muncul. Anda membutuhkan produk perawatan kulit untuk mengembalikan kesehatannya , seperti sabun muka untuk usia 40-an. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih sabun muka untuk usia 40 tahun ke atas yang bagus.


Kami juga akan merekomendasikan pencuci muka terbaik untuk umur 40-an. Anda akan menemukan berbagai merek facial wash untuk usia 40 tahun, seperti Dove, Oilum, dan Cetaphil. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta.

Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Kulit kering adalah masalah yang paling sering ditemui pada usia 40-an

Kulit kering adalah masalah yang paling sering ditemui pada usia 40-an

Kandungan pelembap merupakan hal terpenting untuk perawatan kulit pada usia 40-an. Saat Anda masih remaja, sabun muka yang mampu membersihkan sebum dan kotoran sudah cukup untuk digunakan. Namun, Anda memerlukan langkah berbeda ketika mencapai usia 40.


Permasalahan yang sama bahkan kini dialami mulai dari usia 20 hingga 30-an. Penyebabnya bisa karena tipe kulit, bakat atopi (bisa dari usia anak), skincare yang kurang tepat, dan gaya hidup.


Anda sebaiknya memilih sabun muka yang dapat mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati tanpa menghilangkan sebum alami kulit. Pembersihan yang kurang sempurna akan menyebabkan toner, serum, dan produk perawatan kulit lainnya jadi susah diserap kulit. Penting untuk memastikan sabun muka Anda tidak hanya dapat membersihkan, tetapi juga menyegarkan dan melembapkan kulit.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun muka batangan untuk usia 40-an

Kulit kering sering menjadi permasalah utama pada usia 40-an. Karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting saat memilih sabun muka batangan untuk usia 40 tahun. Baca dengan saksama agar permasalahan tersebut dapat teratasi dengan pilihan sabun yang tepat.

Pilihlah produk dengan kandungan pelembap yang berkualitas

Pilihlah produk dengan kandungan pelembap yang berkualitas

Masalah kulit pada usia 40-an ditandai dengan menurunnya elastisitas kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan kolagen yang menurun secara signifikan. Akibatnya muncul kulit kendur dan keriput yang menjadi momok bagi sebagian orang. Untuk mencegah hal tersebut, Anda memerlukan sabun dengan kandungan pelembap berikut supaya kelembapan kulit selalu terjaga.


  • Kolagen

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di tubuh tak bisa memenuhi kebutuhan kulit. Akibatnya kulit tidak elastis lagi dan mengendur. Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen, Anda bisa mencari sabun yang mengandung kolagen. Kolagen dapat menjaga kekenyalan dan mengencangkan kulit. Kolagen juga bisa mengurangi garis halus dan keriput, serta mengunci kelembapan kulit.


  • Olive oil

Paparan radiasi, polusi, dan bahan-bahan kimia berat di dalam makeup lama-lama bisa mengganggu kesehatan kulit Anda. Dalam hal ini Anda memerlukan sabun dengan kandungan minyak zaitun karena tinggi pelembap, vitamin E, serta antioksidan. Tekstur minyak zaitun atau olive oil yang ringan juga membuatnya mudah meresap ke dalam kulit dan mengunci kelembapannya.


  • Jojoba oil

Sekalipun sudah menginjak usia 40-an, bukan berarti Anda tidak akan berjerawat lagi. Jerawat bisa muncul, terutama pada kulit dengan karakter berminyak dan berpori-pori besar. Untungnya ada jojoba oilPelembap ini mampu mengontrol produksi sebum dan mengecilkan pori-pori. Selain itu, jojoba oil bersifat antiinflamasi yang bisa meredakan iritasi akibat skin break out.

Sesuaikan dengan kondisi dan masalah kulit saat ini

Secara umum kulit terbagi menjadi empat jenis, yaitu kulit kering, normal, berminyak, dan kombinasi. Akan tetapi, kulit cenderung menjadi kering memasuki usia 40-an. Ada seseorang yang kulitnya kering di bagian tertentu dan ada juga orang yang kulitnya kering secara keseluruhan.

Untuk kulit normal yang berubah menjadi kering, perhatikan kandungan utama produk

Untuk kulit normal yang berubah menjadi kering, perhatikan kandungan utama produk

Pada usia 20 hingga 30-an, kulit normal tidak terlalu memerlukan perawatan kulit khusus. Namun, sebagian orang merasa kulitnya berubah menjadi kering secara tiba-tiba ketika memasuki usia 40-an. Salah satu penyebab permukaan kulit yang menjadi kering tersebut adalah penurunan kolagen akibat proses penuaan


Di pihak lain, perubahan gaya hidup dan faktor kelelahan dapat menyebabkan kondisi tubuh berubah. Dalam beberapa kasus, sabun muka yang tidak cocok dengan kulit juga dapat menjadi pemicu kulit kering. Jika Anda mengalaminya, kami sarankan untuk mengganti produk sabun muka yang berbeda.


Sabun muka berbahan dasar minyak menawarkan manfaat yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Ada berbagai minyak yang bisa ditemukan di pasaran, seperti olive oil, argan oil, palm oil, dan rice bran oil. Silakan mencobanya hingga menemukan yang paling tepat untuk Anda.

Untuk kulit berminyak, hati-hati dengan produk yang terlalu kuat membersihkan sebum

Untuk kulit berminyak, hati-hati dengan produk yang terlalu kuat membersihkan sebum

Anda mungkin memiliki jenis kulit berminyak ketika remaja. Akan tetapi, kulit Anda akan mulai mengalami perubahan karena penuaan saat memasuki usia 40-an. Sekresi sebum pun akan berkurang.


Apabila Anda menggunakan sabun muka dalam jangka waktu lama, sabun tersebut akan mengambil terlalu banyak sebum dari kulit Anda. Akibatnya keseimbangan sebum akan rusak dan menyebabkan masalah pada kulit wajah.


Beberapa sabun muka batangan dibuat khusus untuk kulit kering, normal, berminyak, atau kombinasi. Pilih sabun muka yang sesuai dengan keadaan kulit Anda saat ini. Namun, jangan terlalu terpaku dengan jenis kulit Anda selama ini karena bisa saja kondisi kulit berubah. Anda bisa mencoba sabun untuk berbagai jenis kulit hingga menemukan yang paling tepat. 

Pertimbangkan yang dapat membantu proses exfoliating

Salah satu cara meningkatkan kelembapan wajah adalah dengan menggunakan sabun pembersih yang membantu proses exfoliating (pelepasan sel kulit mati). Jika sel kulit mati berkurang, kemampuan kulit dalam menyerap produk perawatan lainnya akan meningkat. Namun, kami tak menyarankan Anda menggunakan sabun muka jenis exfoliating setiap hari.

Kandungan AHA, membantu pelepasan sel kulit mati secara alami

Kandungan AHA, membantu pelepasan sel kulit mati secara alami

Ada berbagai macam bahan yang menjadi kandungan pelengkap sabun muka batangan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Salah satunya adalah kandungan alpha hydroxy acid (AHA)AHA adalah kelompok asam alami yang terdiri dari malic acid, glycolic acid, citric acid, lactic acid, dan trichloroacetic acid (TCA).


Kandungan-kandungan tersebut efektif untuk membersihkan permukaan wajah dengan kandungan asamnya. Glycolic acid adalah yang paling direkomendasikan dari semua asam yang telah disebutkan, terutama jika kandungannya mencapai 4% atau lebih.

Tekstur sabun, pertimbangan scrub yang tidak terlalu kasar

Tekstur sabun, pertimbangan scrub yang tidak terlalu kasar

Hati-hati pada sabun muka batangan dengan butiran scrub yang terlalu kasar. Scrub memang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, scrub juga dapat mengiritasi kulit usia 40-an jika Anda menggunakannya dengan cara menggosok terlalu kuat. Jadi, pilihlah produk yang dapat membersihkan kulit Anda dengan lembut.


Jika Anda memilih sabun muka dengan scrub, sebaiknya pilihlah tekstur scrub yang kecil-kecil atau tidak terlalu kasar. Jangan mengaplikasikan sabun dengan scrub saat kulit Anda sedang teriritasi karena justru bisa membuatnya makin parah


Selain itu, Anda tidak disarankan menggunakannya setiap hari supaya kulit tak menjadi kering. Anda dapat menggunakannya 7–10 hari sekali atau menyesuaikan dengan kondisi kulit. Tambahan lagi, jangan lupa gunakan produk pelembap setelah mencuci muka, ya! Anda dapat mempertimbangkan krim pelembap atau masker wajah agar kelembapan kulit makin terjaga.

10 Rekomendasi sabun muka batangan terbaik untuk usia 40-an

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun muka batangan terbaik untuk usia 40-an yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 13 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Nu Amoorea Beauty Plus Bar memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Cetaphil Gentle Cleansing Bar yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 10 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Gambar produk
1
Nu Amoorea  Beauty Plus Bar 1

Nu Amoorea

2
Kime Luminizing Jeju Brightening Soap 1

Kime

3
Leafhea  Gluta Soap 1

Leafhea

4
Oilum Brightening Care Cleansing Bar 1

Oilum

5
Some by Mi AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Cleansing Bar 1

Some by Mi

6
Dove White Beauty Bar 1

Dove

7
Sensatia Botanicals Black Volcanic Sand Natural Soap 1

Sensatia Botanicals

8
Alluvia  Collagen Soap 1

Alluvia

9
Roro Mendut Papaya Orange Peel Kojic Acid Glutathione Soap Bar 1

Roro Mendut

10
Cetaphil Gentle Cleansing Bar 1

Cetaphil

Nama produk

Beauty Plus Bar

Luminizing Jeju Brightening Soap

Gluta Soap

Brightening Care Cleansing Bar

AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Cleansing Bar

White Beauty Bar

Black Volcanic Sand Natural Soap

Collagen Soap

Papaya Orange Peel Kojic Acid Glutathione Soap Bar

Gentle Cleansing Bar

Keunggulan

Diolah dengan teknologi nano, efektif membuat wajah segar berseri

Bersihkan kotoran penyumbat pori-pori, bye jerawat dan komedo

Dapatkan kulit sehat dan tampak awet muda

Wajah cerah berseri dan bebas sel kulit mati

Pilihan tepat untuk jaga kelembapan kulit sepanjang hari

Dapatkan kulit yang terasa lebih lembut, kenyal, dan glowing

Kencangkan kulit yang mengendur dengan sabun hitam dari pasir pantai Bali

Jaga elastisitas kulit agar tak mudah keriput dengan sabun ini

Melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas

Solusi tepat untuk kulit sensitif Anda

Harga mulai dariRp 115.000,00Rp 19.500,00Rp 20.000,00Rp 20.100,00Rp 282.143,00Rp 9.000,00Rp 17.000,00Rp 12.700,00Rp 45.000,00Rp 107.000,00
Berat bersih15 gram2 x @ 50 gram20 gram85 gram106 gram90 gram25 gram, 125 gram20 gram50 gram127 gram
Bahan pelembapApple stemcell, shea butter, sunflower oilCollagen, olive oil, Aloe vera, niacinamideGlutathione, collagen, spirulina, Aloe vera, olive oil, jojoba oilCollagen, olive oilPalm oil, glycerin, grape seed oilStearic acid, lauric acid, glycerinCoconut oil, soybean oil, shea butter, castor oil, rosemary oilCoconut oil, stearic acid, glycerin, collagen, niacinamide, Aloe vera, butylene glycol Papaya extract, orange peelSodium cocoyl isethionate, stearic acid, glycerin
Masalah kulitWarna kusam, muncul tanda-tanda penuaan diniKasar, kerutan, penuaan dini, kusamKulit kusam, berjerawat, muncul tanda-tanda penuaanKulit kusamTekstur kulit kasar, komedo, pori-pori besar, berminyakKering dan kasarWarna kulit tidak rataKusamNoda hitam, flek, warna kulit tidak merata, kusam, dan kasarKering, sensitif
Exfoliating agentHeilmoor clay, triticum vulgare starchLumpur volcanic ash, charcoalAloe vera, tea tree oilLactic acidAHA, BHA, PHATidak ada keteranganVolcanic sand, charcoal powderCitric acid (AHA)Kojic acidTidak ada keterangan
AromaApelSegarSegarMenenangkan, tetapi agak kuatLemonSusu yang lembutCitrusBuah-buahanPepayaTanpa aroma
Scrubxxxxxxxx
Tautan produk
10
Berat bersih127 gram
Bahan pelembapSodium cocoyl isethionate, stearic acid, glycerin
Masalah kulitKering, sensitif
Exfoliating agentTidak ada keterangan
AromaTanpa aroma
Scrubx
9

Roro MendutPapaya Orange Peel Kojic Acid Glutathione Soap Bar

Mulai dari Rp 45.000,00

Berat bersih50 gram
Bahan pelembapPapaya extract, orange peel
Masalah kulitNoda hitam, flek, warna kulit tidak merata, kusam, dan kasar
Exfoliating agentKojic acid
AromaPepaya
Scrubx
8
Berat bersih20 gram
Bahan pelembapCoconut oil, stearic acid, glycerin, collagen, niacinamide, Aloe vera, butylene glycol
Masalah kulitKusam
Exfoliating agentCitric acid (AHA)
AromaBuah-buahan
Scrubx
7

Sensatia BotanicalsBlack Volcanic Sand Natural Soap

Mulai dari Rp 17.000,00

Berat bersih25 gram, 125 gram
Bahan pelembapCoconut oil, soybean oil, shea butter, castor oil, rosemary oil
Masalah kulitWarna kulit tidak rata
Exfoliating agentVolcanic sand, charcoal powder
AromaCitrus
Scrub
6
Berat bersih90 gram
Bahan pelembapStearic acid, lauric acid, glycerin
Masalah kulitKering dan kasar
Exfoliating agentTidak ada keterangan
AromaSusu yang lembut
Scrubx
5

Some by MiAHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Cleansing Bar

Mulai dari Rp 282.143,00

Berat bersih106 gram
Bahan pelembapPalm oil, glycerin, grape seed oil
Masalah kulitTekstur kulit kasar, komedo, pori-pori besar, berminyak
Exfoliating agentAHA, BHA, PHA
AromaLemon
Scrubx
4
Berat bersih85 gram
Bahan pelembapCollagen, olive oil
Masalah kulitKulit kusam
Exfoliating agentLactic acid
AromaMenenangkan, tetapi agak kuat
Scrub
3
Berat bersih20 gram
Bahan pelembapGlutathione, collagen, spirulina, Aloe vera, olive oil, jojoba oil
Masalah kulitKulit kusam, berjerawat, muncul tanda-tanda penuaan
Exfoliating agentAloe vera, tea tree oil
AromaSegar
Scrubx
2
Berat bersih2 x @ 50 gram
Bahan pelembapCollagen, olive oil, Aloe vera, niacinamide
Masalah kulitKasar, kerutan, penuaan dini, kusam
Exfoliating agentLumpur volcanic ash, charcoal
AromaSegar
Scrubx
1
Berat bersih15 gram
Bahan pelembapApple stemcell, shea butter, sunflower oil
Masalah kulitWarna kusam, muncul tanda-tanda penuaan dini
Exfoliating agentHeilmoor clay, triticum vulgare starch
AromaApel
Scrubx

Baca juga rekomendasi produk sabun muka untuk jenis kulit lainnya di sini

Kulit wajah adalah salah satu bagian kulit yang paling sensitif. Salah satu langkah dasar yang bisa dilakukan adalah menyesuaikan sabun muka dengan jenis kulit Anda. Karena itu, silakan baca artikel sabun muka sesuai jenis kulit melalui tautan-tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Memasuki usia 40-an, Anda perlu lebih memperhatikan perawatan kulit. Hal tersebut diperlukan untuk memperlambat penuaan pada kulit wajah Anda. Dengan sabun yang tepat, masalah kulit dapat teratasi dan Anda pun bisa memperoleh kembali kulit yang sehat dan terawat.


Semoga pembahasan kali ini dapat membantu Anda memilih sabun batang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa cek poin-poin yang sudah dijabarkan sebelum membelinya. Selamat memilih dan sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Some By Mi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Some By Mi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Membicarakan soal skincare Korea Selatan yang sedang hype seolah tidak ada habisnya. Sebagai pelopor produk pewatan kulit, Korea memiliki beragam merek skincare yang populer. Salah satu merek skincare Korea yang terkenal di Indonesia adalah Some By Mi. Brand ini memiliki serangkaian produk untuk mengatasi kulit berjerawat, sensitif, kusam, hingga berminyak.Pada artikel ini, kami akan merekomendasikan skincare Some By Mi yang bagus beserta tips memilihnya. Beberapa seri produk Some By Mi, seperti 30 Days Miracle, Snail True Cica, dan Yuja Niacin, bisa Anda temukan. Simak review lengkapnya, yuk!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori