• 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Body lotion dapat memberi kelembapan dan kesegaran pada kulit Anda yang kering akibat terpaan panas matahari. Selain sebagai pelembap, terdapat pula body lotion yang menawarkan solusi untuk jerawat punggung dan memutihkan kulit. Banyaknya merek yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung memilih produk yang sesuai.

Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Produk dari Citra, Vaseline, Nivea, dan Cetaphil juga akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Carnellin D Yulyanti
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 181.987 Views
Daftar isi

Perbedaan antara body lotion dengan body milk/cream

Perbedaan antara body lotion dengan body milk/cream

Jika Anda pergi ke toko, Anda akan menemukan berbagai macam produk perawatan tubuh. Ada body lotion, body milk, hingga body cream. Tahukah Anda perbedaan antara ketiga produk tersebut?


Pada dasarnya, jenis produk perawatan tubuh dikategorikan berdasarkan jumlah minyak dan pelembap yang terkandung di dalamnya. Body lotion merupakan produk perawatan tubuh dengan kandungan pelembap yang banyak. Dibanding dengan produk perawatan tubuh lain, body lotion cenderung memiliki kandungan minyak yang sedikit. Karena itu, body lotion memiliki karakteristik nyaman untuk dipakai dengan hasil yang ringan di kulit. 


Saat musim hujan membuat kulit Anda kering, body lotion dapat Anda pakai agar kulit terasa lebih lembut. Tidak hanya itu, saat musim kemarau, Anda juga dapat memakai lotion untuk memberi kesegaran pada kulit Anda.

Cara memilih body lotion

Setelah membahas mengenai perbedaannya dengan body milk atau cream, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih body lotion. Terdapat tiga poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih. Simak informasinya di bawah ini!

Pilihlah produk dengan kandungan pelembap yang tinggi di dalamnya

Pilihlah produk dengan kandungan pelembap yang tinggi di dalamnya

Kandungan pelembap yang terdapat di dalam lotion menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Untuk mendapatkan hasil kulit lembap dengan formula yang ringan, perhatikan kandungan pelembap yang tertulis di bagian komposisinya.


Umumnya, komposisi yang tertulis di kemasan diurutkan berdasarkan banyaknya kadar formula dalam produk tersebut. Jadi, cari tahu terlebih dahulu formula pelembap yang tertulis di bagian komposisi produk yang akan Anda beli. 


Formula-formula pelembap dalam lotion antara lain adalah sebagai berikut :

  • Ceramide : Jaringan lemak (lipid) yang berada di antara sel tubuh. Berfungsi untuk melindungi dan menjaga kadar air pada kulit.
  • Amino acid : Komponen utama NMF (natural moisturizing factor) yang ada pada kulit. Di dalamnya terdapat kandungan serine dan alanine.
  • Sodium lactate : Termasuk dalam komposisi NMF dan memberi kelembutan pada stratum corneum.
  • Glycerine : Bahan pelembap dengan daya serap yang baik. Banyak yang menggunakan bahan ini, mulai dari lotion hingga krim tubuh.
  • Hyaluronic acid : Bahan pelembap yang ada di dermis. Memiliki kemampuan menghidrasi kulit dengan baik.
  • Squalane : Komponen berminyak yang juga terkandung dalam sebum. Mampu menghaluskan, melembapkan, dan mengenyalkan kulit.

Sesuaikan formula dalam produk dengan kondisi kulit Anda

Setiap produk tentu memiliki formula dan fungsi yang berbeda-beda. Anda dapat menemukan body lotion dengan berbagai macam formula khusus kulit sensitif atau masalah kulit lain. Jadi, simak poin-poin di bawah ini guna mengetahui formula apa yang sesuai dengan kulit Anda!

Untuk kulit sensitif, berhati-hatilah terhadap bahan aditif

Untuk kulit sensitif, berhati-hatilah terhadap bahan aditif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, perhatikan bahan yang terkandung dalam produk lebih teliti. Karena body lotion diaplikasikan langsung di kulit, sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih produk. Tulisan seperti "untuk kulit sensitif" atau "tanpa bahan aditif" pada kemasan dapat membantu Anda untuk menemukan produk.


Agar lebih aman, ketahuilah bahan-bahan yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. Kemudian, cari tahu apakah bahan tersebut tertulis di bagian komposisi pada kemasan produk atau tidak. 


Beberapa contoh bahan tersebut antara lain adalah seperti di bawah ini : 

  • Pewarna sintetis : Ditulis dengan kode "nama warna + angka". Terbuat dari minyak bumi.
  • Pewangi sintetis : Terbuat dari minyak bumi. Dikhawatirkan akan mengganggu keseimbangan hormon.
  • Minyak mineral : Biasanya ditulis dengan sebutan "mineral oil" atau "paraffin".
  • Petroleum-based surfactants : Berpotensi merusak skin barrier.
  • Petroleum-based preservatives : Contohnya adalah paraben*, phenoxyethanol, atau benzoic acid.


*Paraben tidak selalu menjadi pemicu atau stimulus. Beberapa produsen telah menetapkan standar ketat pada setiap produknya dengan mempertimbangkan tingkat keamanannya. Paraben dengan sifat antibakteri yang tinggi dapat menyebabkan iritasi pada beberapa orang.

Untuk mencerahkan kulit, fokus pada lotion yang dilengkapi dengan formula pemutih

Untuk mencerahkan kulit, fokus pada lotion yang dilengkapi dengan formula pemutih

Selain untuk melembapkan, terdapat juga body lotion yang dapat mencerahkan kulit. Body lotion ini mengandung bahan pemutih yang menekan produksi melanin pada kulit akibat sinar ultraviolet. Selain itu, bahan pemutih dalam lotion juga dapat mencegah timbulnya flek dan bintik hitam pada kulit. Bahan pemutih ini dapat menjaga Anda selama berada di luar ruangan, terutama jika Anda lupa mengenakan sunscreen.


Namun, terkadang bahan pemutih ini dapat menimbulkan iritasi pada pemilik kulit sensitif. Jadi, sebelum memakainya ke seluruh tubuh, cobalah oleskan sedikit lotion di tangan Anda untuk memastikan. Jika tidak timbul reaksi setelah mencobanya, berarti Anda dapat memakai produk tersebut dengan aman di kulit Anda.


Ada beberapa bahan pemutih yang perlu Anda perhatikan dalam komposisi lotion. Bahan yang umum dipakai adalah zat turunan vitamin C seperti asam askorbat. Ada juga bahan seperti chamomile ET, tranexamic acid, placenta extract, dan ellagic acid. Pastikan kandungan bahan-bahan pemutih tersebut ada sebelum Anda membelinya.

Untuk mengatasi jerawat di punggung, pilih lotion dengan anti-inflamasi

Untuk mengatasi jerawat di punggung, pilih lotion dengan anti-inflamasi

Bagian punggung memiliki banyak kelenjar minyak yang memproduksi sebum atau minyak. Daerah punggung merupakan bagian yang jarang tersentuh karena jauh dari jangkauan mata. Alhasil, tidak sedikit orang yang lupa melakukan perawatan punggung sehingga tumbuh jerawat akibat produksi minyak berlebih. Jika Anda khawatir akan muncul jerawat di punggung, gunakanlah produk yang mengandung turunan vitamin C. Bahan ini berfungsi sebagai penekan sekresi sebum berlebih pada kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.


Di samping itu, untuk menyembuhkan jerawat yang sudah muncul, ada baiknya Anda menggunakan lotion dengan bahan anti-inflamasi. Bahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dipotassium glycyrrhizinate : Memulihkan peradangan kulit dan alergi.
  • Salicylic acid : Melembutkan dan menghilangkan penyumbatan pori pada kulit.
  • Allantoin : Meredakan kemerahan dan radang jerawat.

Periksa sensasi pemakaiannya dari pendapat maupun ulasan tentang produk tersebut

Periksa sensasi pemakaiannya dari pendapat maupun ulasan tentang produk tersebut

Tanpa mencoba produk secara langsung, tentu Anda tidak dapat merasakan tekstur maupun aromanya. Anda perlu mencari tahu bagaimana sensasi pemakaiannya sebelum Anda membeli produk tersebut. Anda dapat meminta tester yang disediakan toko atau membaca ulasan-ulasan mengenai produk yang akan Anda beli. Dengan melakukan hal ini, Anda akan menemukan produk yang sesuai dengan selera Anda. Alhasil, melakukan perawatan tubuh akan menjadi semakin menyenangkan. 


Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kegunaan produk tersebut. Body lotion memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan fungsinya. Misal, pada saat musim kemarau, pilihlah produk dengan sensasi dingin untuk hasil yang menyegarkan kulit ketika dipakai. Sebaliknya, pada saat musim hujan, gunakan produk yang mampu melembapkan kulit Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

L'OccitaneShea Baby Lovely & Gentle Moisturizing Milk

Rp 438.300,00

10 Rekomendasi body lotion terbaik

Setelah memahami cara memilih body lotion, saatnya Anda menyimak rekomendasi produk terbaik dari kami. Pilihlah body lotion yang sesuai dengan kebutuhan, tipe, dan kondisi kulit Anda.
10
Pilihan ukuran kemasan100 ml, 200 ml, 350 ml
Keunggulan produkMencegah dan mengobati jerawat di punggung
AromaPure honey
9

UnileverCitra Body Lotion Natural Glowing White UV

Rp 21.200,00

Pilihan ukuran kemasan60 ml, 120 ml, 230 ml, 380 ml
Keunggulan produkWhitening
AromaBengkuang dan teh hijau
8

Love Beauty and PlanetArgan Oil & Lavender Body Lotion

Rp 77.500,00

Pilihan ukuran kemasan190 ml, 400 ml
Keunggulan produkCocok untuk kulit sensitif
AromaLavender
7

UnileverVaseline® Healthy White™ Night Repair Lotion

Rp 20.100,00

Pilihan ukuran kemasan100 ml, 200 ml
Keunggulan produkWhitening
Aroma-
6

UnileverSt.Ives Soothing Oatmeal & Shea Butter Body Lotion

Rp 99.000,00

Pilihan ukuran kemasan621 ml
Keunggulan produkCocok untuk kulit sensitif
AromaShea
5

BeiersdorfNIVEA Extra White Repair & Protect Lotion

Rp 16.800,00

Pilihan ukuran kemasan100 ml, 200 ml, 400 ml
Keunggulan produkWhitening
AromaBerry
4

The Body ShopAlmond Milk & Honey Soothing & Restoring Body Lotion

SKU 112800017

Rp 189.000,00

Pilihan ukuran kemasan250 ml
Keunggulan produkCocok untuk kulit sensitif
AromaAlmond milk dan madu
3

GaldermaCetaphil DailyAdvance® Ultra Hydrating Lotion

Rp 248.900,00

Pilihan ukuran kemasan85 gram
Keunggulan produkCocok untuk kulit sensitif
Aroma-
2

Johnson & JohnsonAVEENO® DAILY MOISTURIZING Body Lotion For Dry Skin

Rp 199.000,00

Pilihan ukuran kemasan227 ml, 354 ml, 532 ml
Keunggulan produkCocok untuk kulit sensitif
AromaTanpa aroma
1
Pilihan ukuran kemasan300 ml, 500 ml
Keunggulan produkWhitening, mencegah dan mengobati jerawat di punggung
AromaSunflower, tea tree

Tabel perbandingan produk body lotion terbaik

Gambar produk
1
Sensatia Botanicals Balancing Body Lotion 1

Sensatia Botanicals

2
Johnson & Johnson AVEENO® DAILY MOISTURIZING Body Lotion For Dry Skin 1

Johnson & Johnson

3
Galderma Cetaphil DailyAdvance® Ultra Hydrating Lotion 1

Galderma

4
The Body Shop Almond Milk & Honey Soothing & Restoring Body Lotion 1

The Body Shop

5
Beiersdorf NIVEA Extra White Repair & Protect Lotion 1

Beiersdorf

6
Unilever St.Ives Soothing Oatmeal & Shea Butter Body Lotion 1

Unilever

7
Unilever Vaseline® Healthy White™ Night Repair Lotion 1

Unilever

8
Love Beauty and Planet Argan Oil & Lavender Body Lotion 1

Love Beauty and Planet

9
Unilever Citra Body Lotion Natural Glowing White UV 1

Unilever

10
Marina Smooth & Glow 1

Marina

Nama produk

Balancing Body Lotion

AVEENO® DAILY MOISTURIZING Body Lotion For Dry Skin

Cetaphil DailyAdvance® Ultra Hydrating Lotion

Almond Milk & Honey Soothing & Restoring Body Lotion

NIVEA Extra White Repair & Protect Lotion

St.Ives Soothing Oatmeal & Shea Butter Body Lotion

Vaseline® Healthy White™ Night Repair Lotion

Argan Oil & Lavender Body Lotion

Citra Body Lotion Natural Glowing White UV

Smooth & Glow

Keunggulan

Rawat tubuh dengan sensasi aroma hasil perpaduan berbagai bahan natural

Ucapkan selamat tinggal pada kulit kering yang mengganggu

2-in-1! Bisa untuk tubuh, bisa juga untuk wajah

Solusi untuk kulit sensitif yang kering

Perbaiki kulit yang rusak sekaligus melawan efek negatif sinar matahari

Kulit Anda sensitif? Coba pakai body lotion berbahan natural ini!

Rasakan indahnya kulit lebih cerah setiap kali bangun tidur di pagi hari

Manjakan diri dan kulit Anda dengan aroma lavender yang menenangkan

Miliki kulit kenyal dan glowing dengan ekstrak bengkuang dan teh hijau

Menghilangkan kekhawatiran akan munculnya jerawat di punggung

HargaRp 180.000,00Rp 199.000,00Rp 248.900,00Rp 189.000,00Rp 16.800,00Rp 99.000,00Rp 20.100,00Rp 77.500,00Rp 21.200,00Rp 12.100,00
Pilihan ukuran kemasan300 ml, 500 ml227 ml, 354 ml, 532 ml85 gram250 ml100 ml, 200 ml, 400 ml621 ml100 ml, 200 ml190 ml, 400 ml60 ml, 120 ml, 230 ml, 380 ml100 ml, 200 ml, 350 ml
Keunggulan produkWhitening, mencegah dan mengobati jerawat di punggungCocok untuk kulit sensitifCocok untuk kulit sensitifCocok untuk kulit sensitifWhiteningCocok untuk kulit sensitifWhiteningCocok untuk kulit sensitifWhiteningMencegah dan mengobati jerawat di punggung
AromaSunflower, tea treeTanpa aroma-Almond milk dan maduBerryShea-LavenderBengkuang dan teh hijau Pure honey
Tautan produk

Waktu terbaik yang efektif untuk memakai body lotion

Waktu terbaik yang efektif untuk memakai body lotion

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan body lotion. Waktu yang paling baik untuk menggunakan body lotion adalah tidak lebih dari sepuluh menit setelah mandi.


Setelah mandi, kulit akan bersih dari keringat dan minyak. Pada saat itu, kulit akan menjadi kering jika tidak segera diberi pelembap.


Oleh karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk menyediakan body lotion di ruang ganti Anda. Dengan begitu, Anda dapat menggunakannya untuk melembapkan kulit Anda segera setelah mandi.

Baca juga rekomendasi body lotion lainnya di sini!

Setiap orang tentu memiliki jenis dan masalah kulit yang berbeda-beda. Karena itu, Anda perlu mengetahui produk yang sesuai dengan permasalahan kulit Anda. Dengan begitu, Anda dapat memberikan perawatan untuk menjaga kulit secara efektif. Kami sudah mengulas rekomendasi body lotion dengan berbagai fungsi untuk Anda simak di bawah ini. Selamat membaca!

Kesimpulan

Body lotion memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan body milk atau body cream. Membuat kulit terasa segar, body lotion sangat cocok digunakan pada saat cuaca panas atau saat kelembapan udara menurun.

Selain memaparkan cara memilih body lotion, kami pun telah memberikan rekomendasi produk body lotion terbaik untuk Anda. Sebelum membeli, jangan lupa untuk memilih produk dengan karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
    129.406 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sinar matahari telah diketahui secara luas membawa dampak kurang baik untuk kesehatan kulit. Sinar matahari berlebihan memicu kerusakan kulit ringan hingga berpotensi menyebabkan kanker kulit. Salah satu cara untuk melindungi kulit Anda adalah dengan menggunakan sunscreen setiap hari.Beragam bentuk sunscreen kini telah hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda. Produk mancanegara, seperti Bioderma dan Bioré, maupun produk lokal, seperti Lacoco dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda. Kali ini, kami akan secara khusus membahas sepuluh rekomendasi sunscreen terbaik untuk Anda. Bagi Anda yang sedang mencari sunscreen, mari simak ulasan kami, ya!
    Perawatan badan
    296.066 Views
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, antara lain Mustika Ratu, The Body Shop, dan lainnya. Dengan banyaknya merek yang ada, mungkin Anda jadi bingung dalam memilih.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih body scrub yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, kami juga merekomendasikan produk terbaik sehingga Anda dapat membandingkan harga dan kualitasnya. Silakan baca hingga tuntas!
    Perawatan badan
    157.037 Views
  • 10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Whitening body lotion tepat digunakan terutama bagi Anda yang ingin tampil lebih bercahaya di bawah sinar matahari. Kandungan pemutih seperti vitamin C dan arbutin yang diolah dengan baik bisa membantu mencegah munculnya bintik hitam dan pigmentasi. Selain itu, body lotion juga dikatakan dapat memberikan kelembapan pada kulit.Kali ini kami akan memperkenalkan whitening body lotion dari berbagai brand ternama, seperti Nivea, Vaseline, dan lainnya dengan keunggulannya masing-masing. Kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dapatkan kulit yang cerah dengan menggunakan whitening body lotion yang tepat!
    Perawatan badan
    120.211 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Pemutih Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Pemutih Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa orang ingin tampil dengan kulit yang lebih cerah dan bebas kusam. Apakah Anda termasuk di antaranya? Salah satu cara praktis untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah adalah dengan menggunakan sabun pemutih badan. Sabun pemutih badan juga dapat menjadi solusi masalah warna kulit tidak merata dan kusam. Sangat menarik, bukan? Kali ini kami akan mengulas tentang sabun pemutih badan dan memberikan tips cara memilihnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi produk dari merek ternama seperti Innisfree, Kojie San, dan Everwhite. Pastika Anda membaca artikel ini sampai selesai, ya!
    Perawatan badan
    47.163 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda tertarik untuk mencoba sabun beras? Akhir-akhir ini, sabun beras memang tengah digandrungi oleh masyarakat. Anda yang tidak mau ketinggalan tren bisa mulai mencari-cari merek sabun beras yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya, sabun beras tersedia dalam berbagai varian dan aroma. Anda bisa mencoba beberapa merek populer, seperti Hanasui, Herborist, dan Serambi Botani. Apakah Anda juga ingin mencoba merek lain? Tenang saja, kami sudah merangkum sepuluh sabun beras terbaik yang dapat dipilih. Namun, sebelum membeli, mari mempelajari cara memilih sabun beras terbaik di bawah ini.
    Perawatan badan
    15.841 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori