• 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Banyak orang enggan menggunakan body lotion atau hand body karena terasa lengket. Sebetulnya, body lotion adalah pelembap yang menutrisi semua jenis kulit. Anda bisa menemukan body lotion yang tidak lengket serta mampu memutihkan dengan kandungan collagen. Ada pula body lotion dengan SPF untuk kulit kering, kulit remaja, serta kebutuhan kulit lainnya.

Kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi merek yang bagus. Body lotion Scarlett, Vaseline, Nivea, Grace and Glow, dan Marina akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 23 Agustus 2022
Daftar isi

Perbedaan antara body lotion dengan body milk dan body cream

Perbedaan antara body lotion dengan body milk dan body cream

Jika Anda pergi ke toko, Anda akan menemukan berbagai macam produk perawatan tubuh. Ada body lotion, body milk, hingga body cream. Tahukah Anda perbedaan antara ketiga produk tersebut?


Pada dasarnya, jenis produk perawatan tubuh dikategorikan berdasarkan jumlah minyak dan pelembap yang terkandung di dalamnya.


  • Body lotion adalah produk yang memiliki kandungan air paling tinggi dibandingkan body milk dan body cream. Produk ini memang cocok digunakan di negara tropis atau pada siang hari karena tidak terlalu "berat" di kulit.

  • Jika Anda memiliki kulit kering sampai sangat kering, body cream dan body milk adalah pilihan yang lebih tepat. Keduanya mengandung lebih banyak minyak dan memberikan kelembapan ekstra. Anda bisa memilih kedua produk ini untuk perawatan tubuh malam hari.

Cara memilih body lotion

Setelah membahas perbedaan body milk dan body cream, kami akan menjelaskan bagaimana tips memilih body lotion. Terdapat tiga poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih. Simak informasinya di bawah ini!

Pilih body lotion dengan kandungan pelembap di dalamnya

Pilih body lotion dengan kandungan pelembap di dalamnya

Fungsi dari body lotion adalah untuk melembapkan kulit. Berikut ini adalah beberapa kandungan pelembap yang umum ada di dalam body lotion.


  • Body lotion pada umumnya mengandung glycerin, butylene glycol, dan dipropylene glycol yang melembapkan. Body lotion dengan kandungan glycerin biasanya cenderung lebih lengket di kulit. Sementara itu, body lotion dengan kandungan butylene glycol dan dipropylene glycol tidak terlalu lengket di kulit.

  • Asam amino juga sering kali ditambahkan di dalam body lotion. Asam amino adalah bahan yang dapat mengisi kembali kelembapan di dalam kulit.

  • Kandungan gula, seperti maltitol dan xylitol, membuat kulit terasa lembap. Kandungan gula tersebut juga tergolong lembut di kulit Anda.

  • Hyaluronic acid dan collagen adalah bahan pelembap yang ada di dalam dermis. Hyaluronic acid dan collagen memiliki kemampuan menghidrasi kulit dengan baik.

Sesuaikan formula body lotion dengan kondisi kulit Anda

Setiap produk tentu memiliki formula dan fungsi yang berbeda-beda. Anda dapat menemukan body lotion dengan berbagai macam formula khusus kulit sensitif atau masalah kulit lain. Jadi, simak poin-poin di bawah ini guna mengetahui formula apa yang sesuai dengan kulit Anda!

Untuk kulit sensitif, berhati-hatilah terhadap bahan aditif

Untuk kulit sensitif, berhati-hatilah terhadap bahan aditif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, perhatikan bahan yang terkandung dalam produk lebih teliti. Karena body lotion diaplikasikan langsung di kulit, sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih produk. Tulisan seperti "untuk kulit sensitif" atau "tanpa bahan aditif" pada kemasan dapat membantu Anda untuk menemukan produk.


Agar lebih aman, ketahuilah bahan-bahan yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. Kemudian, cari tahu apakah bahan tersebut tertulis di bagian komposisi pada kemasan produk atau tidak.


Beberapa contoh bahan tersebut antara lain adalah seperti di bawah ini:

  • Pewarna sintetis: Ditulis dengan kode "nama warna + angka". Terbuat dari minyak bumi.
  • Pewangi sintetis: Terbuat dari minyak bumi. Dikhawatirkan akan mengganggu keseimbangan hormon.
  • Minyak mineral: Biasanya ditulis dengan sebutan "mineral oil" atau "paraffin".
  • Petroleum-based surfactants: Berpotensi merusak skin barrier.
  • Petroleum-based preservatives: Contohnya adalah paraben*, phenoxyethanol, atau benzoic acid.


*Paraben tidak selalu menjadi pemicu atau stimulus. Beberapa produsen telah menetapkan standar ketat pada setiap produknya dengan mempertimbangkan tingkat keamanannya. Paraben dengan sifat antibakteri yang tinggi dapat menyebabkan iritasi pada beberapa orang.

Untuk mencerahkan kulit, fokus pada lotion yang dilengkapi dengan formula pencerah

Untuk mencerahkan kulit, fokus pada lotion yang dilengkapi dengan formula pencerah

Selain untuk melembapkan, terdapat juga body lotion yang dapat mencerahkan kulit. Body lotion ini mengandung bahan pencerah yang menekan produksi melanin pada kulit akibat sinar ultraviolet. Selain itu, bahan pencerah dalam lotion juga dapat mencegah timbulnya flek dan bintik hitam pada kulit.


Body lotion yang mampu mencerahkan kulit biasanya mengandung vitamin C, niacinamide, glutathione, dan ellagic acid. Bahan-bahan tersebut sayangnya dapat menimbulkan iritasi, terutama bagi pemilik kulit sensitif.


Karena itu, cobalah oleskan sedikit lotion di tangan Anda untuk memastikan. Tunggulah sampai 24 jam untuk melihat reaksi kulit Anda terhadap lotion tersebut. Jika terjadi ruam atau gatal-gatal, sebaiknya Anda tidak menggunakan lotion tersebut lebih lanjut.


Nah, khusus untuk Anda yang sedang mencari body lotion untuk membuat kulit lebih cerah, kami punya artikelnya untuk Anda. Cek produk whitening body lotion yang bagus dalam tautan berikut ini, ya!

Untuk mengatasi jerawat di punggung, lotion berbahan anti-inflamasi dapat dipilih

Untuk mengatasi jerawat di punggung, lotion berbahan anti-inflamasi dapat dipilih

Daerah punggung merupakan bagian yang jarang tersentuh karena jauh dari jangkauan mata. Alhasil, tidak sedikit orang yang lupa melakukan perawatan punggung sehingga tumbuh jerawat atau back acne. Kini ada beberapa produk body lotion yang diformulasikan khusus untuk mengatasi back acne.


Anda bisa memilih body lotion dengan bahan anti-inflamasi. Bahan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dipotassium glycyrrhizinate: Memulihkan peradangan kulit dan alergi
  • Salicylic acid: Melembutkan dan menghilangkan penyumbatan pori pada kulit
  • Allantoin: Meredakan kemerahan dan radang jerawat
  • Tea tree oil: Membantu mengempiskan jerawat dan membersihkan pori-pori

Pertimbangkan hand body lotion dengan kandungan SPF

Pertimbangkan hand body lotion dengan kandungan SPF

Bagi Anda yang aktif di luar ruangan, Anda bisa mempertimbangkan body lotion dengan kandungan SPF atau UV protection. Kandungan UV protection dapat berupa titanium dioxide.


Anda bisa membaca label kandungan SPF (sun protection factor) dan PA (protection grade of UVA) dari body lotion tersebut. Meski mengandung SPF dan PA, Anda tetap harus re-apply body lotion.


  • SPF melindungi kulit Anda dari sinar UVB. Nilai SPF menandakan kemampuan produk tersebut untuk menyaring sinar UVB ke dalam kulit Anda. SPF 15 dapat menyaring 93% paparan sinar UVB, sedangkan SPF 30 menghalangi 97%. Sementara itu, SPF 50 dapat menghalangi 98% paparan sinar UVB.

  • PA melindungi kulit Anda dari sinar UVA. Nilai PA ditandai dengan "+". Anda disarankan untuk menggunakan PA ++ sampai PA +++ saat tinggal di negara tropis.

Cari tahu kenyamanan penggunaan body lotion

Cari tahu kenyamanan penggunaan body lotion

Salah satu pertimbangkan untuk memilih body lotion adalah teksturnya, yaitu lengket atau tidak. Body lotion yang lengket terasa kurang nyaman untuk digunakan. Untuk itu, kami sarankan agar Anda juga membaca review dari para pengguna body lotion.


Dengan membaca review dari pengguna, Anda bisa mengetahui tekstur dari body lotion tersebut serta aromanya. Informasi ini dapat menjadi pertimbangan Anda untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi body lotion terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk body lotion terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 20 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Scarlett Brightening Fragrance Body Lotion Jolly memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Sensatia Botanicals Balancing Body Lotion yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 10 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Scarlett  Brightening Fragrance Body Lotion Jolly 1

Scarlett

2
Herborist Body Lotion Zaitun  1

Herborist

3
Citra Body Lotion Night Whitening 1

Citra

4
Marina UV White Bright & Fresh Body Lotion 1

Marina

5
Nivea Body Lotion Daily Protection Sun 1

Nivea

6
Vaseline Intensive Care Advanced Strength Lotion 1

Vaseline

7
Grace and Glow Black Opium Ultra Bright & Glow Solution Body Serum 1

Grace and Glow

8
Cetaphil Moisturizing Lotion 1

Cetaphil

9
Aveeno Soothing & Calming Moisturizing Lotion 1

Aveeno

10
Sensatia Botanicals Balancing Body Lotion 1

Sensatia Botanicals

Nama produk

Brightening Fragrance Body Lotion Jolly

Body Lotion Zaitun

Body Lotion Night Whitening

UV White Bright & Fresh Body Lotion

Body Lotion Daily Protection Sun

Intensive Care Advanced Strength Lotion

Black Opium Ultra Bright & Glow Solution Body Serum

Moisturizing Lotion

Soothing & Calming Moisturizing Lotion

Balancing Body Lotion

Keunggulan

Body lotion best seller dengan aroma mewah yang dapat mencerahkan kulit

Sensasi aroma spa yang tahan lama dalam body lotion zaitun

Mengandung VITA collagen yang menutrisi semalaman

Hand body ekonomis yang pas buat para remaja

Body lotion dengan kandungan SPF yang tidak lengket

Kandungan body lotion untuk kulit kering sampai sangat kering

Body lotion viral, efek instant brightening membuat kulit lebih cerah

Losion 2-in-1 yang cocok untuk pemilik kulit sensitif

Melembapkan kulit sekaligus memiliki aroma menenangkan

Pelembap dengan kandungan bahan alami, ampuh atasi bacne

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 26.200,00Rp 31.100,00Rp 10.000,00Rp 35.900,00Rp 27.900,00Rp 68.000,00Rp 247.000,00Rp 209.000,00Rp 180.000,00
Isi300 ml145 ml230 ml50 ml, 92 ml, 185 ml, 460 ml100 ml100 ml, 200 ml, 400 ml350 ml200 ml354 ml300 ml, 500 ml
Bahan aktifGlutathione, vitamin E, niacinamide, kojic acid Olive oil, titanium dioxide, Glycyrrhiza glabra root extract, Citrus aurantium dulcis fruit extract, kojic acidGrape seed oil, yoghurt, niacinamide, VITA collagenMulberry, licorice, lemon, vitamin B3, C, & ETitanium dioxide, Malpighia glabra fruit juice, Myrciaria dubia (camu-camu berry) fruit juiceMineral oil, dimethicone, petrolatumNiacinamide, galactomyces, jojoba oil, glutathione, licorice extract, shea butter, hyaluronic acid, ryoku-cha ekisu (green tea extract)Avocado oil, citric acid, vitamin B5Oat kernel flourSunflower seed oil, lemon peel oil, vitamin E, tea tree oil, lemon fruit extract, Aloe barbadensis leaf extract, peppermint oil
AromaSweetOlive (calming)Soft & sweetSweet & freshFreshSoftBlack Opium (wangi parfum elegant & strong)Soft (hampir tidak ada aroma)Lavender, chamomile, ylang ylang (calming)Fresh
Tautan produk
10

Sensatia BotanicalsBalancing Body Lotion

Mulai dari Rp 180.000,00

Isi300 ml, 500 ml
Bahan aktifSunflower seed oil, lemon peel oil, vitamin E, tea tree oil, lemon fruit extract, Aloe barbadensis leaf extract, peppermint oil
AromaFresh
9

AveenoSoothing & Calming Moisturizing Lotion

Mulai dari Rp 209.000,00

Isi354 ml
Bahan aktifOat kernel flour
AromaLavender, chamomile, ylang ylang (calming)
8
Isi200 ml
Bahan aktifAvocado oil, citric acid, vitamin B5
AromaSoft (hampir tidak ada aroma)
7

Grace and GlowBlack Opium Ultra Bright & Glow Solution Body Serum

Mulai dari Rp 68.000,00

Isi350 ml
Bahan aktifNiacinamide, galactomyces, jojoba oil, glutathione, licorice extract, shea butter, hyaluronic acid, ryoku-cha ekisu (green tea extract)
AromaBlack Opium (wangi parfum elegant & strong)
6

VaselineIntensive Care Advanced Strength Lotion

Mulai dari Rp 27.900,00

Isi100 ml, 200 ml, 400 ml
Bahan aktifMineral oil, dimethicone, petrolatum
AromaSoft
5
Isi100 ml
Bahan aktifTitanium dioxide, Malpighia glabra fruit juice, Myrciaria dubia (camu-camu berry) fruit juice
AromaFresh
4
Isi50 ml, 92 ml, 185 ml, 460 ml
Bahan aktifMulberry, licorice, lemon, vitamin B3, C, & E
AromaSweet & fresh
3
Isi230 ml
Bahan aktifGrape seed oil, yoghurt, niacinamide, VITA collagen
AromaSoft & sweet
2
Isi145 ml
Bahan aktifOlive oil, titanium dioxide, Glycyrrhiza glabra root extract, Citrus aurantium dulcis fruit extract, kojic acid
AromaOlive (calming)
1

Scarlett Brightening Fragrance Body Lotion Jolly

Mulai dari Rp 75.000,00

Isi300 ml
Bahan aktifGlutathione, vitamin E, niacinamide, kojic acid
AromaSweet

Waktu terbaik yang efektif untuk memakai body lotion

Waktu terbaik yang efektif untuk memakai body lotion

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan body lotion. Waktu yang paling baik untuk menggunakan body lotion adalah tidak lebih dari sepuluh menit setelah mandi.


Setelah mandi, kulit akan bersih dari keringat dan minyak. Pada saat itu kulit akan menjadi kering jika tidak segera diberi pelembap. Oleh karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk menyediakan body lotion di kamar mandi. Dengan begitu, Anda dapat menggunakannya untuk melembapkan kulit Anda segera setelah mandi.

Baca juga rekomendasi body lotion lainnya di sini

Masih ada berbagai produk hand body lainnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda pun bisa menemukan body lotion khusus untuk pria, bahkan hand body Korea. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui produk hand body yang bagus.

Kesimpulan

Body lotion adalah produk yang tepat digunakan sehari-hari, terutama di Indonesia. Ada beragam pilihan body lotion, seperti body lotion untuk kulit kering, kulit sensitif, bahkan untuk back acne. Anda bisa membaca label serta kandungan bahan-bahannya terlebih dahulu.


Selain bahan aktifnya, body lotion juga memberikan keharuman. Pastikan Anda mengetahui informasi soal aroma body lotion tersebut. Pertimbangkan pula tekstur body lotion yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Kandungan whitening agent, seperti alpha arbutin, glutathione, kojic acid, dan niacinamide akan mengembalikan warna kulit Anda.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett Whitening, NIVEA, dan Vaseline. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang tidak boleh di-skip dari perawatan kulit sehari-hari. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Misalnya, untuk Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah sunscreen yang kaya pelembap.Kali ini, kami akan memberikan tips beserta rekomendasi sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Merek sunscreen ternama, seperti Azarine, Skin Aqua, dan COSRX ada dalam list rekomendasi kami. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar ultraviolet, diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Ada merek Nivea, Beeme, Momami, dan masih banyak lagi.Namun, simak dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Jangan lewatkan juga rekomendasi sunblock anak yang bagus untuk berenang, sunscreen anak SD, sunscreen untuk anak 10 tahun, dan sebagainya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan produk body care yang cocok dimiliki semua orang. Tak hanya melembapkan, manfaat hand body lotion juga beragam, misalnya mencerahkan dan menghidrasi kulit. Marina, salah satu merek kosmetik lokal yang bagus pun mengeluarkan body lotion. Produk yang berkualitas dengan beragam varian menjadi alasan kepopuleran Marina.Jika Anda bingung menentukan pilihan body lotion Marina yang terbaik, tak perlu khawatir. Kami akan memberikan tips memilih juga rekomendasi produknya. Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh termasuk di antara produk yang kami rekomendasikan. Jadi, baca artikelnya sampai selesai, ya. 
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Lulur Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lulur Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi selain nikmat untuk diminum juga dapat diolah menjadi lulur. Lulur kopi membantu mengangkat sel kulit mati, melembutkan kulit, dan menghilangkan bekas luka. Selain itu, berkat kandungan antioksidannya, lulur dari kopi juga membantu melawan radikal bebas.Membuat lulur kopi sendiri tentu cukup merepotkan. Agar praktis, Anda bisa membeli lulur kopi siap pakai yang banyak tersedia di pasaran. Pada artikel ini, kami akan memaparkan tips memilih lulur kopi yang bagus. Beberapa merek lulur kopi terbaik, seperti Mustika Ratu, Bali Ratih, dan TIFF juga akan kami bahas untuk Anda. Mari simak ulasannya!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori