10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Curry Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Di Indonesia, makanan berbumbu kari banyak digemari karena rasanya yang lezat. Meskipun banyak digemari, tergolong sulit bila kita harus meracik bumbu kari sendiri dari nol. Bila Anda ingin membuat kari dengan mudah, Anda dapat menggunakan curry powder atau bubuk kari yang banyak dijual di pasaran.

Produk curry powder memiliki beragam cita rasa, seperti khas India, Jepang, maupun Korea yang mungkin akan membuat Anda bingung. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi curry powder terbaik yang dapat Anda pilih. Sebelum itu, kami juga akan memberikan informasi tentang cara memilih curry powder. Simak terus artikel ini, ya!

Daftar isi

Apa perbedaan curry powder dengan bumbu kari padat?

Apa perbedaan curry powder dengan bumbu kari padat?

Bumbu kari padat umumnya menggunakan minyak sebagai bahan utama. Minyak yang digunakan bisa merupakan minyak kelapa, minyak daging, maupun minyak dari lemak hewan. Bahan berupa minyak tersebut dipadukan dengan rempah dan tepung sehingga mampu menghasilkan tekstur kari yang kental ketika dimasak.

Namun sayangnya, selain mengandung lemak, bumbu kari padat dikhawatirkan juga mengandung bahan-bahan tambahan lain, seperti bahan kimia penyedap rasa. Dibandingkan dengan bumbu kari padat, curry powder memiliki bahan tambahan yang lebih sedikit karena biasanya hanya terbuat dari campuran rempah-rempah dan bumbu dapur lainnya. Jika Anda khawatir dengan banyaknya bahan kandungan tambahan pada bumbu kari padat, lebih baik Anda memilih curry powder.

Curry powder tidak mengandung minyak ataupun lemak sehingga baik untuk kesehatan. Anda pun dapat menggunakannya sebagai bumbu masak dengan hanya mencampurkan secukupnya ke dalam masakan Anda. Hasil kari yang dibumbui dengan curry powder saja memiliki tekstur encer seperti sup. Meski begitu, ada pula curry powder yang dicampuri tepung sehingga masakan kari Anda akan bertekstur lebih kental. Bila memang masih kurang kental, Anda dapat menambahkan tepung lagi sesuai dengan selera Anda. Curry powder ini juga sangat praktis untuk memberikan rasa kari yang lebih mantap pada masakan kari Anda karena kuantitasnya pemakaiannya yang dapat Anda atur sendiri.

Cara memilih curry powder

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih curry powder.

Perhatikan rempah-rempah yang terkandung di dalamnya

Curry powder terbuat dari campuran rempah-rempah. Setiap merek memiliki resep masing-masing untuk menghasilkan curry powder yang nikmat dan khas. Anda pun perlu memeriksa rempah-rempah apa saja yang terdapat dalam curry powder tersebut agar kari yang dihasilkan sesuai dengan selera Anda. Berikut ini adalah rempah-rempah yang biasa ditemukan pada curry powder.

Jintan : hasilkan aroma kuat, rasa pahit, dan pedas

Jintan : hasilkan aroma kuat, rasa pahit, dan pedas

Jintan merupakan bahan yang dapat memberikan aroma khas pada kari. Jintan pun merupakan bahan utama pada curry powder yang menentukan cita rasa kari. Jintan merupakan rempah asli Mesir yang berwujud biji kering. Rempah ini memiliki karakter aroma yang kuat dengan rasa pahit dan pedas. Jintan juga dapat memperlancar pencernaan dan berguna untuk detoksifikasi atau penetralan racun di dalam tubuh.

Kunyit : memberikan warna menarik pada masakan

Kunyit : memberikan warna menarik pada masakan

Warna kuning dari kari biasanya berasal dari kunyit. Kunyit merupakan rempah yang berasal dari India. Tanaman ini masih satu keluarga dengan jahe dan temulawak. Akar kunyit direbus kemudian dikeringkan sebelum diolah menjadi curry powder. Warna kuning dari kunyit berasal dari zat kurkumin yang merupakan salah satu jenis polifenol. Zat ini bermanfaat untuk meningkatkan fungsi hati.

Ketumbar : hasilkan tekstur kental pada masakan

Ketumbar : hasilkan tekstur kental pada masakan

Tanaman ketumbar masih satu keluarga dengan tanaman seledri. Bagian dari tanaman ketumbar yang digunakan sebagai bahan curry powder adalah bijinya. Biji ketumbar dikeringkan sebelum dimanfaatkan sebagai rempah. Rempah ini memiliki fungsi untuk memperlancar pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Biji ketumbar juga dapat memberikan tekstur kental pada kari dan banyak digunakan pada curry powder bercita rasa India.

Kapulaga : rempah obat yang juga melezatkan rasa masakan

Kapulaga : rempah obat yang juga melezatkan rasa masakan

Kapulaga yang dianggap sebagai salah satu rempah tertua ini berasal dari salah satu tumbuhan rumput menahun yang tumbuh di hutan lembap. Anda dapat menggunakan bijinya sebagai bumbu dapur. Kapulaga juga dapat digunakan sebagai campuran obat dalam Ayurveda, yaitu ilmu pengobatan tradisional dari India. Selain itu, rempah ini berfungsi untuk menyembuhkan sakit perncernaan, meningkatkan sekresi air liur dan getah lambung, serta meningkatkan metabolisme.

Cabai merah : si pedas yang membangkitkan nafsu makan

Cabai merah : si pedas yang membangkitkan nafsu makan

Cabai merah merupakan buah dari tanaman yang masih termasuk dalam keluarga terong-terongan. Buah dengan rasa pedas ini berasal dari wilayah Amerika Latin. Cabai merah biasanya digunakan sebagai penghias makanan. Tidak hanya digunakan pada kari saja, di Indonesia sendiri cabai merah sering digunakan sebagai penambah rasa. Tanaman ini juga memiliki manfaat untuk memperlancar peredaran darah, meningkatkan produksi keringat, serta meningkatkan nafsu makan.

Periksa ada tidaknya campuran tepung

Periksa ada tidaknya campuran tepung

Curry powder biasanya hanya memiliki campuran murni dari rempah-rempah dan bumbu dapur lainnya. Akan tetapi, ada juga curry powder yang diberi tambahan tepung untuk menghasilkan kari dengan tekstur yang lebih kental. Biasanya curry powder yang dicampuri tepung lebih berbobot daripada curry powder berbahan rempah-rempah murni meskipun dapat digunakan untuk memasak kari dengan kuantitas yang sama. Ada pula orang yang merasa lebih mantap menggunakan curry powder yang dicampuri tepung karena kuantitasnya yang lebih banyak.

Untuk memilih curry powder yang sesuai dengan selera, penting untuk memeriksa komposisi bahan produk curry powder pilihan Anda.

Periksa kandungan bahan pangan hewani dan bahan tambahan lainnya

Periksa kandungan bahan pangan hewani dan bahan tambahan lainnya

Anda juga perlu memeriksa apakah terdapat bahan aditif atau bahan tambahan lain yang disertakan di dalam curry powder pilihan AndaPeriksalah juga apakah curry powder mengandung bahan penambah rasa, aroma, maupun bahan pengawet. Sebisa mungkin, hindari juga produk dengan kandungan lemak dari hewan, apalagi lemak trans yang dapat menyebabkan obesitas. Selain berbahaya bagi kesehatan, kandungan lemak dari hewan juga membuat kari Anda memiliki kalori yang lebih tinggi.

Agar keluarga Anda lebih sehat, lebih baik pilih curry powder dengan bahan-bahan yang alami dan sehat. Pada dasarnya, Anda dapat memilih produk yang hanya mengandung rempah-rempah dan bumbu lainnya tanpa perlu adanya pengawet dan bahan tambahan lain.

Pilih kemasan berwadah agar mudah disimpan

Pilih kemasan berwadah agar mudah disimpan

Ketika membeli curry powder, tidak ada salahnya bila Anda memeriksa keamanan wadah atau kemasannya. Hal tersebut dikarenakan curry powder merupakan bubuk rempah-rempah yang kaya aroma. Agar aromanya tidak mudah hilang, Anda perlu menyimpannya di dalam wadah yang kering dan tertutup. Jika Anda membeli produk dalam kemasan botol kaca, Anda tidak perlu menyediakan wadah lain untuk penyimpanan. Lain cerita jika Anda membeli curry powder dalam kemasan sachet atau plastik, Anda perlu memindahkannya ke wadah yang tertutup dan kering.

Bila Anda memilih produk curry powder, sebaiknya pilih produk dengan kemasan berwadah agar Anda tidak perlu repot menyediakan wadah lain sebagai tempat penyimpanan. Perlu diingat, Anda juga harus menyimpan wadah tersebut di tempat yang sejuk dan terhindar dari cahaya matahari secara langsung agar produk lebih awet serta terjaga aromanya.

Umumnya, rempah-rempah masih layak digunakan sekitar setengah tahun sejak kemasannya dibuka. Anda perlu mengingat kapan pertama kali Anda membuka curry powder dan pastikan untuk menghabiskannya dalam jangka waktu tidak lebih dari 6 bulan.

10 Rekomendasi curry powder terbaik

Berikut ini adalah curry powder terbaik rekomendasi kami. Pilihlah sesuai selera Anda untuk menghasilkan masakan kari yang nikmat.

10. KOEPOE KOEPOE Bubuk Kari

10. KOEPOE KOEPOE Bubuk Kari

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.500

Memasak berbagai jenis kari bisa dengan 1 produk saja!

Curry powder bermerek KOEPOE KOEPOE ini terbuat dari rempah-rempah yang berkualitas. Produk asli Indonesia ini pun telah diekspor ke berbagai negara karena kualitasnya yang baik dan memenuhi standar ISO (International Organization for Standardization). Harganya pun sangat terjangkau dan dikemas dalam botol plastik rapat yang ringan dan tidak mudah pecah.

Bumbu rempah ini cocok untuk variasi masakan kari bahkan masakan rumahan lainnya berkat racikan rempah kari original khas KOEPOE KOEPOE yang tidak condong ke cita rasa manapun. Bila Anda gemar berkreasi masakan menggunakan bumbu kari, produk ini harus tersedia di lemari bumbu Anda. Anda pun tidak perlu khawatir karena produk ini bebas bahan pengawet.

9. Ottogi Curry Hot

9. Ottogi Curry Hot

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Tekstur kental dan rasa pedas yang khas Korea banget!

Apabila Anda penggemar makanan Korea, Anda harus mencoba Ottogi Curry ini. Masakan Korea dikenal dengan cita rasanya yang pedas, begitu juga dengan produk ini. Produk asli dari Korea ini memiliki cita rasa kari yang lebih pedas dibandingkan dengan varian kari lainnya. Jika Anda ingin merasakan sensasi pedas khas Korea, produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda.

Tidak hanya terbuat dari rempah-rempah, produk ini juga mengandung tepung terigu dan tepung maizena sehingga menghasilkan kari yang bertekstur kental. Selain itu, kari ini mengandung daging babi, ayam, cumi-cumi, udang, dan telur. Bagi Anda yang memiliki pantangan terhadap bahan-bahan tersebut, sebaiknya berhati-hati, ya!

8. House Curry Powder

8. House Curry Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 86.000

Ingin makan kari khas Jepang? Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang, kok!

Masakan Jepang terkenal dengan rasa yang lembut dan mudah akrab di lidah siapapun. Nah, begitu juga dengan kari khas Jepang. Curry powder ini dibuat dengan paduan 30 rempah-rempah terbaik dari seluruh dunia. Rempah-rempahnya dipadukan pula dengan bumbu rahasia lainnya sehingga menghasilkan racikan bumbu kari dengan rasa yang lembut khas kari Jepang.

Curry powder ini dikemas dalam kaleng sehingga aroma rempahnya pun tetap terjaga. Produk ini pun tidak mengandung bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi oleh Anda dan keluarga Anda. Bila Anda ingin menikmati kari khas Jepang, tidak perlu repot pergi ke Jepang! Anda dapat menggunakan House Curry Powder ini dan membuatnya sendiri di rumah.

7. Jay’s Kitchen Indian Curry Powder

7. Jay's Kitchen Indian Curry Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 26.000

Resep rempah-rempah kari khas India yang pas untuk segala masakan

Produk dari Jay’s Kitchen ini merupakan curry powder khas India. Paduan rempah-rempah seperti kunyit, jintan, cabai, mustard, dan lada hitam yang begitu terasa, menghadirkan aroma kari khas India di masakan kari Anda. Curry powder ini juga tidak berlebihan untuk dijadikan bumbu kreasi penambah rasa di setiap masakan Anda.

Produk ini terbuat dari bahan-bahan alami, tanpa lemak hewani, dan bebas pengawet. Kemasannya pun berbentuk botol sehingga mempermudah penyimpanan. Bagi Anda penggemar berat masakan kari India atau Anda yang vegetarian, produk ini wajib untuk selalu ada di dapur Anda.

6. Supa Bumbu Kari Ikan

6. Supa Bumbu Kari Ikan

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 26.000

Menyulap bau amis menjadi aroma lezat pada masakan Anda

Curry powder ini memberikan cita rasa kari ikan bercita rasa campuran antara Sumatera dan India yang menghasilkan rasa kari original khas Supa. Terbuat dari rempah-rempah asli tanpa bahan campuran lain dan pengawet, produk ini pun telah dikemas menggunakan botol sehingga praktis dan mudah disimpan.

Paduan rempahnya yang spesial mengurangi aroma amis ikan pada masakan. Tidak heran kalau produk ini cocok bagi Anda penggemar hidangan berbahan dasar ikan. Meskipun bernama bumbu kari ikan, produk ini tidak hanya dapat digunakan untuk memasak kari berbahan ikan saja. Menggunakannya untuk memasak kari berbahan daging ayam atau lainnya pun oke!

5. Mehran Curry Powder

5. Mehran Curry Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Karena Pakistan juga punya kari!

Bila kari khas India terasa biasa saja, bagaimana kalau mencoba kari bercita rasa khas Pakistan? Produk ini merupakan curry powder asli dari Pakistan yang telah diekspor ke berbagai negara sehingga kualitas rasanya pun tidak diragukan lagi. Produknya pun dikemas dengan airtight pouch yang dapat menjamin kesegaran aroma rempah-rempah di dalamnya.

Produk ini tidak mengandung bahan pengawet dan bahkan tidak mengandung bahan pangan hewani! Jadi, sudah jelas bila produk ini aman dan sehat untuk Anda serta cocok bagi Anda para vegetarian pencinta kari. Bila Anda ingin mencoba varian cita rasa kari yang anti-mainstream, produk ini pantas dicoba!

4. Ayam Brand Serbuk Kari Daging

4. Ayam Brand Serbuk Kari Daging

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

100% Rempah untuk rasa kari yang extra strong!

Curry powder bermerek Ayam Brand ini memiliki cita rasa kari khas Malaysia. Ayam Brand sendiri merupakan merek terpercaya yang telah memproduksi curry powder sejak tahun 1892. Bila Anda menyukai masakan Melayu terutama khas Malaysia, produk ini tentunya perlu Anda coba.

Karena dibuat dengan 100% rempah alami, produk ini menghasilkan rasa kari yang kuat dan warna kuah yang pekat. Kenikmatan aroma rempah dari produk ini memang tidap perlu diragukan lagi, tetapi bagi Anda yang belum terbiasa dengan aroma rempah yang terlalu kuat, sebaiknya kurangi penggunaannya, ya!

3. Baba’s Hot & Spicy Meat Curry Powder

3. Baba's Hot & Spicy Meat Curry Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Sensasi rasa pedas yang akan menggoyang lidah Anda!

Curry powder ini merupakan salah satu varian produk bercita rasa pedas dari Baba’s. Dengan rasa pedas dan gurih serta tekstur kuah kental yang dihasilkannya, produk ini paling cocok digunakan untuk kari berbahan daging. Bila Anda pencinta hidangan bersensasi pedas, produk ini wajib masuk ke dalam keranjang belanja Anda.

Curry powder ini pun dibuat dari bahan rempah-rempah murni dan tanpa MSG (Monosodium Glutamat) sehingga aman bagi kesehatan Anda dan keluarga Anda. Produk ini dibuat tanpa menggunakan bahan pangan hewani. Bagi Anda yang seorang vegetarian, Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk memilih produk ini.

2. Simply Organic Curry Powder

2. Simply Organic Curry Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Mau yang dijamin sehat? Selalu pilih yang organik!

Sesuai namanya, curry powder bermerek Simply Organic ini merupakan bumbu kari khas India perpaduan dari rempah-rempah kaya rasa yang ditanam secara organik. Rempah-rempahnya bahkan telah memiliki sertifikat dari QAI (Quality Assurance International). Produknya pun halal dan tidak mengandung bahan pangan hewani.

Bagi Anda yang begitu memperhatikan kesehatan, curry powder ini sangat cocok digunakan untuk menambah cita rasa kari India pada masakan kari Anda. Dengan rasa yang kuat, curry powder ini juga cocok untuk segala masakan India yang Anda buat. Kualitas aroma dan bahannya terjamin. Tidak heran kalau Anda harus merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk mendapatkannya.

1. Cairo Food Meat Curry Powder

1. Cairo Food Meat Curry Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 22.000

Cita rasa kari Timur Tengah racikan dari tangan-tangan ahli

Hidangan kari ada hampir di seluruh belahan dunia, termasuk wilayah Timur Tengah. Bila Anda menyukai hidangan khas Timur Tengah, Anda dapat mencoba curry powder dari Cairo Food ini. Dibuat dari rempah lokal dan impor terbaik, produk ini juga diracik oleh tangan-tangan ahli dari Mesir sehingga sudah pasti pas untuk masakan kari berbahan dasar daging.

Bila Anda juga menginginkan curry powder yang sehat dan lezat produk ini telah lolos semua persyaratan Anda. Hal itu karena curry powder ini dibuat tanpa tambahan pewarna, MSG (Monosodium Glutamat), dan pengawet! Dengan harga yang bersahabat, produk ini pun halal dan tidak mengandung bahan pangan hewani.

Variasikan penggunaan curry powder pada masakan Anda!

Curry powder tidak hanya dapat digunakan untuk membuat masakan kari saja, lho! Anda pun dapat menggunakan curry powder pada masakan lainnya untuk kreasi hidangan yang tidak kalah lezat dari kari.

Memberikan rasa kari pada masakan

Memberikan rasa kari pada masakan

Mencampurkannya ke dalam masakan apapun begitu saja merupakan cara termudah untuk menggunakan curry powder. Anda hanya perlu menaburkan sedikit saja curry powder pada step akhir tahap memasak. Cara ini dapat Anda gunakan pada berbagai masakan, seperti nasi goreng, mie goreng, kentang goreng, dan lainnya. Masakan Anda pun menjadi lebih lezat dengan aksen cita rasa kari dan tentunya akan menambah keunikan rasanya.

Memperlezat hidangan berbahan daging

Memperlezat hidangan berbahan daging

Anda juga dapat menggunakan curry powder untuk memasak hidangan berbahan daging maupun ikan. Anda dapat mencampurkannya dengan tepung biasa atau tepung roti yang akan digunakan untuk membalut daging atau ikan ketika digoreng. Curry powder yang dicampurkan dengan bumbu marinasi dan dibiarkan meresap ke dalam daging sebelum dimasak pun akan menjadikan hidangan berbahan daging Anda menjadi lebih nikmat.

Sebagai bumbu olahan pasta dan sup

Sebagai bumbu olahan pasta dan sup

Curry powder ternyata juga berfungsi sebagai bumbu masak agar masakan Anda menjadi lebih lezat. Mencampurkan curry powder ke dalam tumisan atau masakan rebus adalah hal yang biasa. Nah, tahukah Anda bila curry powder juga sangat cocok digunakan sebagai bumbu olahan pasta dan sup? Tidak hanya itu, curry powder juga sangat pas untuk dicampurkan ke dalam salad dressing, perkedel, pastel, dan lauk-pauk khas rumahan lainnya. Dengan curry powder, variasi masakan Anda pun bisa jadi lebih beragam.

Kesimpulan

Saat ini, sudah banyak berbagai jenis curry powder yang beredar di pasaran dalam berbagai variasi cita rasa dan kemasan. Tidak hanya kari khas Indonesia saja, curry powder khas negara-negara lainnya pun dapat Anda dapatkan dengan mudah sehingga Anda dapat memilih curry powder yang sesuai dengan selera Anda dan keluarga.

Setelah memaparkan berbagai hal dan tips dalam memilih curry powder, kami juga menyajikan 10 rekomendasi produk curry powder terbaik. Tidak ada salahnya selalu menyediakan curry powder di dalam rak bumbu Anda sebagai opsi variasi rasa masakan. Cukup tuangkan curry powder ke dalam masakan dan berbagai hidangan bercita rasa kari pun dapat Anda buat di dapur Anda.