• 10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Makanan berbumbu kari memang banyak digemari karena kelezatannya. Meskipun begitu, akan merepotkan jika harus meracik bumbunya dari nol. Kari India, kari Jepang, hingga kari Indonesia memiliki karakteristiknya sendiri. Agar praktis, Anda dapat menggunakan curry powder atau bubuk kari yang banyak dijual di pasaran.

Berbagai merek, seperti Cairo Food, Jay’s Kitchen, dan Ottogi menyajikan beragam cita rasa kari mungkin terasa membingungkan. Kali ini, kami akan memberikan informasi cara memilih sekaligus rekomendasi produk curry powder terbaik untuk dipilih. Baca sampai habis dan temukan bumbu kari instan yang enak versi Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 Juni 2022
Daftar isi

Perbedaan curry powder dan curry roux

Perbedaan curry powder dan curry roux
Perbedaan utama antara curry powder dan curry roux terletak pada wujudnya. Curry powder berwujud bubuk, sedangkan curry roux berwujud padat seperti pasta

  • Bahan baku curry roux adalah minyak, baik minyak nabati seperti minyak kelapa maupun minyak dari lemak hewan. Bahan minyak tersebut dipadukan dengan rempah dan tepung sehingga menghasilkan tekstur kari yang kental ketika dimasak. 

  • Curry roux diracik sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk membuat hidangan kari secara instan. Karena itu, curry roux mengandung bahan tambahan lain, seperti bahan pengawet dan penyedap rasa.

  • Curry powder biasanya hanya terbuat dari campuran rempah-rempah dan bumbu dapur. Umumnya curry powder tidak mengandung minyak ataupun lemak sehingga ideal untuk Anda yang bergaya hidup sehat. Anda hanya perlu sejumput curry powder saja untuk membuat hidangan kari yang nikmat. 

Cara memilih curry powder (bubuk kari)

Selanjutnya, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih curry powder! Simak terus ulasan lengkapnya berikut ini.

Sesuaikan jenis kari dengan selera Anda

Sesuaikan jenis kari dengan selera Anda

Berdasarkan sejarah, masakan kari diperkirakan sudah ada sejak 2500 SM di daerah Pakistan. Saat ini kari tidak hanya dapat ditemukan di India, tetapi juga di Jepang, Korea, Thailand, dan Indonesia. Tiap negara memiliki hidangan kari dengan cita rasa khas tersendiri. Karena itu, sebelum memilih bubuk kari Anda perlu mengetahui jenis kari yang diinginkan.


  • Kari India memiliki aroma dan cita rasa rempah yang sangat kuat, bahkan disebut menggunakan 25 macam rempah. Di India sendiri terdapat banyak variasi kari, seperti madras, balti, dan tikka masala. Orang India biasa menyantap kari dengan roti jala atau canai.

  • Kari Thailand bercita rasa cenderung segar dan pedas dengan kuah yang lebih cair. Uniknya, kari Thailand memiliki beberapa warna, tergantung bahan utama bumbunya. Sayangnya, bumbu bubuk kari Thailand masih sangat jarang dijual di marketplace Indonesia.

  • Jepang dan Korea menyajikan jenis kari yang cukup serupa, yaitu kari dengan tekstur lembut disajikan dengan nasi. Kari di Jepang yang disebut curry rice umumnya terbuat dari daging dan sayuran seperti wortel atau kentang. Sementara itu, kari Korea biasanya lebih pedas.

  • Indonesia juga memiliki sejumlah olahan kari antara lain kari ayam kuning, gulai, dan rendang. Cita rasanya pun bervariasi, mulai dari kari berkuah encer tidak pedas sampai pekat sekaligus pedas.

Ketahui dan pastikan jenis rempah-rempah yang digunakan

Tak hanya enak, hidangan kari juga baik untuk kesehatan bila diolah menggunakan rempah-rempah berkualitas. Karena itu, mari pahami manfaat rempah-rempah yang biasa digunakan pada curry powder dalam penjelasan berikut ini!

Jintan, hasilkan aroma kuat khas kari, rasa pahit, dan rasa pedas

Jintan, hasilkan aroma kuat khas kari, rasa pahit, dan rasa pedas
Jintan merupakan rempah asli Mesir berwujud biji kering yang menjadi bahan utama curry powder. Selain menjadi penentu cita rasa, rempah ini juga memberikan aroma khas pada kari.

Karakter dari rempah ini adalah aroma yang kuat dengan rasa pahit dan pedas. Tak hanya memengaruhi aroma dan rasa, jintan juga baik untuk kesehatan. Selain dapat memperlancar pencernaan serta berguna untuk detoksifikasi atau penetralan racun di dalam tubuh.

Kunyit, memberikan warna menarik pada masakan

Kunyit, memberikan warna menarik pada masakan
Rempah asli India ini berperan memberikan aksen warna kuning pada kari buatan Anda. Tanaman yang masih satu keluarga dengan jahe dan temulawak ini diolah dengan cara direbus. Kemudian, kunyit dikeringkan sebelum dijadikan bahan campuran curry powder.

Sebuah penelitian di Austria menyebutkan bahwa kunyit mampu mencegah penumpukan jaringan ikat pemicu penyakit hati. Hal ini berkat senyawa curcumin yang tak hanya menghasilkan warna kuning, tetapi juga mampu memperbaiki fungsi hati.


Di bawah ini terdapat artikel yang secara khusus membahas kunyit bubuk. Simak juga, ya!

Ketumbar, hasilkan tekstur kental pada masakan

Ketumbar, hasilkan tekstur kental pada masakan
Bahan curry powder lainnya adalah ketumbar yang masih satu keluarga dengan tanaman seledri. Bagian yang digunakan hanya bijinya saja dan diolah dengan cara dikeringkan sebelum dimanfaatkan sebagai bahan campuran pada bubuk kari.

Bila ditambahkan, bahan ini bisa memberikan kari bercita rasa India dengan tekstur kental. Rempah ini juga baik untuk kesehatan karena memiliki fungsi untuk memperlancar sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

Kapulaga, rempah obat yang juga melezatkan rasa masakan

Kapulaga, rempah obat yang juga melezatkan rasa masakan
Kapulaga dianggap sebagai salah satu rempah tertua dari tumbuhan rumput menahun yang tumbuh di hutan hujan tropis. Bijinyalah yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur.

Kapulaga juga dapat digunakan sebagai campuran obat dalam Ayurveda, ilmu pengobatan tradisional dari India. Selain itu, rempah ini berfungsi untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan sekresi air liur dan getah lambung, serta meningkatkan metabolisme.

Cabai merah, si pedas yang membangkitkan nafsu makan

Cabai merah, si pedas yang membangkitkan nafsu makan
Cabai merah merupakan buah dari tanaman yang masih termasuk dalam keluarga terong-terongan. Buah dengan rasa pedas yang biasa digunakan sebagai penghias makanan atau garnish ini berasal dari wilayah Amerika Latin. Cabai akan memberikan sensasi pedas pada masakan kari Anda.

Tidak hanya digunakan pada kari saja, di Indonesia sendiri cabai merah sering digunakan sebagai penambah rasa. Selain itu, tanaman ini juga memiliki manfaat untuk memperlancar peredaran darah, meningkatkan produksi keringat, serta meningkatkan nafsu makan.

Periksa keberadaan campuran tepung di dalam produk

Periksa keberadaan campuran tepung di dalam produk
Curry powder biasanya hanya memiliki campuran murni dari rempah-rempah dan bumbu dapur lainnya. Akan tetapi, ada juga curry powder yang diberi tambahan tepung untuk menghasilkan kari dengan tekstur lebih kental.

Biasanya, curry powder yang dicampur tepung lebih berbobot daripada curry powder berbahan rempah-rempah murni. Padahal, keduanya dapat digunakan untuk memasak kari dengan kuantitas yang sama.


Ada pula konsumen yang merasa curry powder bercampur tepung lebih menguntungkan karena kuantitasnya lebih banyak. Untuk itu, penting untuk memeriksa komposisi bahan produk dengan saksama agar Anda tidak tertipu dengan bobotnya.

Cek kandungan bahan pangan hewani dan bahan tambahan lainnya

Cek kandungan bahan pangan hewani dan bahan tambahan lainnya
Anda juga perlu memeriksa dengan saksama bahan aditif yang ditambahkan pada curry powder pilihan. Hindari juga produk dengan kandungan lemak hewan yang tinggi kalori dan kurang baik untuk kesehatan Anda. Selain itu, periksa juga kandungan lemak trans yang dapat menyebabkan obesitas, bahan penambah rasa, aroma, pewarna sintetis, dan pengawet.

Bila Anda memikirkan kesehatan keluarga, sebaiknya pilih curry powder yang mengandung bahan-bahan alami. Anda dapat memilih produk yang hanya mengandung rempah-rempah dan bumbu dapur tanpa perlu adanya zat aditif. Sebagai alternatif, cobalah mempertimbangkan produk organik.

Pilih kemasan berwadah agar mudah disimpan

Pilih kemasan berwadah agar mudah disimpan
Ketika membeli curry powder, tidak ada salahnya bila Anda memeriksa keamanan wadah atau kemasannya. Karena teksturnya bubuk, aromanya akan mudah hilang jika dibiarkan terbuka. Selain itu, kemasan yang tidak rapat dapat membuat bubuk kari menggumpal dan rusak. Untuk itu, Anda perlu menyimpannya di dalam wadah yang kering dan tertutup.

Bila Anda membeli produk dalam kemasan botol atau jar, Anda tidak perlu menyediakan wadah lain untuk penyimpanan. Jika Anda membeli curry powder dalam kemasan sachet, simpanlah dalam wadah tertutup dan kering setelah produk dibuka.


Simpan pula di tempat sejuk dan terhindar dari cahaya matahari langsung agar bubuk kari lebih awet serta terjaga aromanya. Rempah-rempah juga sebaiknya digunakan dalam jangka waktu sekitar enam bulan sejak kemasannya dibuka.

10 Rekomendasi curry powder (bubuk kari) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk curry powder terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Berat200 gram
Rempah-rempahKetumbar, bubuk cabai merah, jinten, adas, garam, kacang lentil, bunga lawang, dan kayu manis
Kandungan tepungx
Minyak nabati/hewanix
Bahan tambahan lainnyax
Jenis wadahBotol plastik fliptop
9
Berat35 gram
Rempah-rempahTurmeric, coriander, fenugreek, black pepper, paprika, ginger, fennel, cumin, orange peel, cardamom, dill, nutmeg, dan rempah lainnya.
Kandungan tepungx
Minyak nabati/hewanix
Bahan tambahan lainnyax
Jenis wadahKaleng
8
Berat100 gram
Rempah-rempahTurmeric, coriander, cumin, fenugreek, dan fennel
Kandungan tepung
Minyak nabati/hewani✓ (mixed soybean oil)
Bahan tambahan lainnya✓ (soy sauce flavored powder)
Jenis wadahSachet
7

House of OrganixFood Seasoning Powder Chicken Curry

Mulai dari Rp 29.000,00

Berat80 gram
Rempah-rempahGaram, gula, bawang putih, lada, rempah-rempah
Kandungan tepungx
Minyak nabati/hewanix
Bahan tambahan lainnyax
Jenis wadahBotol plastik
6
Berat100 gr
Rempah-rempahKetumbar, paprika, jintan, adas manis, kunyit, lada putih, kayu manis, kapulaga hijau, bunga lawang, biji pala, bay leaf, cengkeh, daun kari, cabai merah, mustard hitam, dan bawang putih
Kandungan tepungx
Minyak nabati/hewanix
Bahan tambahan lainnyax
Jenis wadahZip lock stand up pouches
5
Berat250 gram
Rempah-rempahCoriander, chili, cumin, turmeric, fennel, funegreek, black pepper, white pepper, dan dhall
Kandungan tepungx
Minyak nabati/hewanix
Bahan tambahan lainnyax
Jenis wadahSachet
4
Berat60 gram
Rempah-rempahKapulaga, ketumbar, merica, jintan, adas, cengkeh, pala, kayu manis, bunga lawang, dll
Kandungan tepungx
Minyak nabati/hewanix
Bahan tambahan lainnyax
Jenis wadahBotol plastik
3
Berat40 gram
Rempah-rempahKetumbar, kunyit, jintan, mustard, cabai, lada hitam
Kandungan tepungx
Minyak nabati/hewanix
Bahan tambahan lainnyax
Jenis wadahBotol plastik
2

Jay’s KitchenIndian Curry Powder

Mulai dari Rp 16.400,00

Berat65 gram
Rempah-rempahKetumbar, kunyit, jinten, cabai, mustard, dan lada hitam
Kandungan tepungx
Minyak nabati/hewanix
Bahan tambahan lainnyax
Jenis wadahBotol plastik fliptop
1
Berat25 gram
Rempah-rempahBiji kelabet, cabai merah, ketumbar, kunyit, lengkuas
Kandungan tepungx
Minyak nabati/hewanix
Bahan tambahan lainnyax
Jenis wadahBotol plastik fliptop

Tabel perbandingan produk curry powder (bubuk kari) terbaik

Gambar produk
1
KOEPOE KOEPOE Bubuk Kari 1

KOEPOE KOEPOE

2
Jay’s Kitchen Indian Curry Powder 1

Jay’s Kitchen

3
Garlickys Indian Curry 1

Garlickys

4
Beorganik Chicken Curry Powder 1

Beorganik

5
Baba’s Fish Curry Powder 1

Baba’s

6
Cairo Food Bumbu Kari Daging 1

Cairo Food

7
House of Organix Food Seasoning Powder Chicken Curry 1

House of Organix

8
Ottogi Ottogi Curry Powder 1

Ottogi

9
House Curry Powder 1

House

10
De Maderaas  Extra Strong Meat Curry Powder 1

De Maderaas

Nama produk

Bubuk Kari

Indian Curry Powder

Indian Curry

Chicken Curry Powder

Fish Curry Powder

Bumbu Kari Daging

Food Seasoning Powder Chicken Curry

Ottogi Curry Powder

Curry Powder

Extra Strong Meat Curry Powder

Keunggulan

Harga bersahabat, mudah ditemukan dan digunakan

Rempah-rempah khas India yang pas untuk segala masakan

Stok kari bubuk yang wajib dimiliki penggemar makanan India

Uniknya bumbu kari ayam kuning dengan cita rasa manis tanpa gula

Menyulap bau amis menjadi aroma lezat pada masakan Anda

Cita rasa kari Timur Tengah racikan tangan-tangan ahli

Bumbu kari bubuk tanpa zat aditif, cocok dijadikan penyedap MPASI

Kari pedas ala Korea kini bisa Anda buat sendiri di rumah!

Nikmati kari khas negeri sakura dengan bubuk kari Jepang instan!

Hadirkan cita rasa rempah yang kuat pada masakan daging

Harga mulai dariRp 6.500,00Rp 16.400,00Rp 25.000,00Rp 15.000,00Rp 37.000,00Rp 31.500,00Rp 29.000,00Rp 35.000,00Rp 47.500,00Rp 41.000,00
Berat25 gram65 gram40 gram60 gram250 gram100 gr80 gram100 gram35 gram200 gram
Rempah-rempahBiji kelabet, cabai merah, ketumbar, kunyit, lengkuasKetumbar, kunyit, jinten, cabai, mustard, dan lada hitamKetumbar, kunyit, jintan, mustard, cabai, lada hitamKapulaga, ketumbar, merica, jintan, adas, cengkeh, pala, kayu manis, bunga lawang, dllCoriander, chili, cumin, turmeric, fennel, funegreek, black pepper, white pepper, dan dhallKetumbar, paprika, jintan, adas manis, kunyit, lada putih, kayu manis, kapulaga hijau, bunga lawang, biji pala, bay leaf, cengkeh, daun kari, cabai merah, mustard hitam, dan bawang putihGaram, gula, bawang putih, lada, rempah-rempahTurmeric, coriander, cumin, fenugreek, dan fennelTurmeric, coriander, fenugreek, black pepper, paprika, ginger, fennel, cumin, orange peel, cardamom, dill, nutmeg, dan rempah lainnya.Ketumbar, bubuk cabai merah, jinten, adas, garam, kacang lentil, bunga lawang, dan kayu manis
Kandungan tepungxxxxxxxxx
Minyak nabati/hewanixxxxxxx✓ (mixed soybean oil)xx
Bahan tambahan lainnyaxxxxxxx✓ (soy sauce flavored powder)xx
Jenis wadahBotol plastik fliptopBotol plastik fliptopBotol plastik Botol plastik SachetZip lock stand up pouchesBotol plastik SachetKalengBotol plastik fliptop
Tautan produk

Variasikan penggunaan curry powder pada masakan Anda!

Variasikan penggunaan curry powder pada masakan Anda!
Selain berbahan dasar daging ayam, sapi, dan kambing, kari dapat diolah bersama seafood atau sayuran seperti terung. Curry powder pun tidak hanya dapat digunakan untuk membuat masakan kari saja, lho! Anda pun dapat menggunakan curry powder pada masakan lainnya untuk kreasi hidangan yang tidak kalah lezat dari kari. 

Curry powder akan berperan sebagai hidden flavor sehingga masakan Anda pun makin bervariasi rasanya. Anda dapat membubuhkan curry powder pada nasi goreng, ayam goreng, keripik, dan olahan lainnya. 


Untuk masakan berkuah, hasilnya akan memiliki tekstur encer seperti sup. Bila ingin menambah kekentalannya, tambahkan saja tepung maizena. Bubuk kari dapat Anda gunakan untuk berbagai hidangan berkuah seperti opor, gulai, dan mi kuah. 

Baca juga rekomendasi bumbu instan lainnya di sini

Penambahan bumbu selain bubuk kari dapat membuat menu masakan menjadi lebih bervariasi. Kami telah mengulas beberapa bumbu instan yang bisa Anda coba, seperti bumbu gulai, balado, dan tomyam. Klik tautan berikut ini dan temukan bumbu masakan favorit Anda.

Kesimpulan

Saat ini, berbagai jenis curry powder beredar di pasaran dalam berbagai variasi cita rasa dan kemasan. Sudahkah Anda menemukan produk curry powder yang sesuai selera Anda?

Sediakan selalu curry powder di rak bumbu Anda sebagai opsi variasi rasa masakan. Anda bisa dapat menikmati cita rasa kari cukup dengan menuangkan curry powder ke dalam berbagai hidangan favorit. Selamat berbelanja dan memasak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Steak Sauce Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Steak Sauce Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk membuat steak yang lezat di rumah, tentunya Anda akan membutuhkan steak sauce atau saus steak yang enak. Dengan kombinasi daging yang enak, Anda akan bisa merasakan sensasi makan steak seperti di restoran. Saat ini banyak varian saus steak, seperti merk Knorr, Del Monte, atau Jay’s Kitchen yang bisa Anda temukan di pasaran.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan saus steak enak yang bisa Anda gunakan di rumah. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari. Yuk, simak penjelasan kami berikut ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori