10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Stapler banyak digunakan dalam kegiatan sehari-hari untuk bekerja atau untuk keperluan sekolah. Merek seperti Kokuyo, Max, dan Bantex adalah produsen yang terkenal di pasaran yang memproduksi berbagai macam stapler seperti, stapler tanpa isi staples, stapler besar untuk menjilid buku, dan sebagainya.

Untuk menemukan stapler yang cocok dan sesuai kebutuhan Anda, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu fungsi dan kegunaan stapler tersebut. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan mencoba memberikan tips cara memilih stapler, serta memberikan rekomendasi produk stapler untuk Anda. Simak artikel kami, dan temukan stapler yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Daftar isi

Cara memilih stapler

Berbeda tujuannya, berbeda juga jenis stapler yang harus digunakan. Mari kita lihat poin-poin apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih stapler.

Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan

Stapler yang selama ini Anda kira sederhana, ternyata memiliki banyak jenis dan tipe. Ada yang dilengkapi dengan fitur tertentu, dan ada yang tidak. Oleh sebab itu, ketahuilah fungsinya terlebih dahulu sebelum membelinya.

Untuk jumlah kertas banyak, gunakanlah stapler meja berbentuk flat

Untuk jumlah kertas banyak, gunakanlah stapler meja berbentuk flat

Jenis stapler meja direkomendasikan untuk Anda yang ingin menjepit kertas dalam jumlah yang sangat banyak. Namun, apabila Anda hanya membutuhkan stapler untuk menjepit sekitar 30 lembar kertas, Anda juga bisa menggunakan tipe handy stapler. Yang perlu Anda ingat, semakin banyak kertas yang dijepit, semakin besar juga tenaga yang digunakan. Maka dari itu, pilihlah stapler yang ringan, mudah digenggam, dan sesuai dengan volume kertas.

Untuk tipe penjepitnya, pilihlah jenis penjepit berbentuk flat agar tidak menyebabkan staples terbelit ketika dijepit. Tipe flat adalah jenis stapler yang memiliki bentuk datar pada permukaannya. Tipe ini dapat digunakan untuk staples ukuran 10 mm, serta dapat Anda gunakan untuk menjepit kertas dalam jumlah yang sedikit maupun yang banyak.

Untuk jumlah kertas sedikit, gunakanlah stapler tanpa staples

Untuk jumlah kertas sedikit, gunakanlah stapler tanpa staples

Untuk Anda yang membutuhkan stapler untuk menjepit kertas dalam jumlah sedikit, sebaiknya Anda menggunakan stapler tanpa isi staples. Karena tidak menggunakan isi staples, Anda dapat menggunakan stapler ini berulang kali tanpa perlu khawatir akan kehabisan isinya.

Tidak hanya itu, karena tidak menggunakan isi, stapler ini menjadi lebih praktis karena Anda tidak perlu repot melepas staples ketika ingin memilah kertas yang terjepit. Stapler tipe ini cocok untuk Anda yang membutuhkan stapler untuk menjepit kurang dari 10 lembar kertas.

Untuk menjepit kertas sementara, gunakanlah stapler press

Untuk menjepit kertas sementara, gunakanlah stapler press

Jika Anda memerlukan stapler yang digunakan untuk menjepit kertas sementara, sebaiknya Anda menggunakan stapler press yang digunakan untuk menekan kertas tanpa menggunakan isi staples. Stapler ini hanya memberikan efek gelombang pada kertas yang dijepit sehingga Anda hanya tinggal meluruskannya lagi ketika akan melepas jepitan pada kertas.

Untuk menjepit pada bagian tengah kertas, gunakanlah stapler tipe penjepit tengah

 Untuk menjepit pada bagian tengah kertas, gunakanlah stapler tipe penjepit tengah

Jika Anda memerlukan stapler yang digunakan untuk menjepit booklet atau kertas dalam posisi vertikal, sebaiknya Anda menggunakan stapler khusus yang berfungsi untuk menjepit pada bagian tengah kertas.

Meski kini sudah tersedia alat khusus untuk mengikat/menjahit bagian tengah suatu booklet, tetapi untuk penggunaan yang lebih praktis, Anda dapat memilih tipe handy stapler yang dapat difungsikan juga sebagai stapler penjepit tengah. Anda dapat menggunakannya sebagai stapler biasa, serta dapat juga untuk menjepit benda berbentuk bulat maupun kotak.

Pilihlah yang ringan ketika dijepit

Pilihlah yang ringan ketika dijepit

Semakin banyak kertas yang dijepit, semakin besar pula tenaga yang diperlukan. Oleh sebab itu, pilihlah stapler yang ringan agar mudah digunakan dan tidak membuat tangan Anda lelah ketika menggunakannya berulang kali.

Dalam kasus stapler tipe flat, banyak terjadi dimana kertas yang dijepit terlalu banyak sehingga menyebabkan isi staples mencuat keluar dan menggores tangan. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya pilihlah produk stapler yang pas di tangan serta mudah digunakan sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga ketika menggunakannya.

Pilihlah yang mudah disimpan untuk dibawa kemana-mana

Pilihlah yang mudah disimpan untuk dibawa kemana-mana

Tipe stapler meja mungkin lebih menarik untuk dimiliki karena dapat digunakan untuk mengikat kertas baik dalam jumlah sedikit maupun banyak. Namun, karena ukurannya cukup besar, stapler meja menjadi sulit untuk dibawa-bawa dan disimpan. Stapler merupakan alat yang digunakan sehari-hari. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan stapler yang mudah untuk dibawa-bawa serta mudah disimpan, maka stapler mini adalah pilihannya.

Namun, menggunakan stapler yang berukuran mini dapat membuat tangan Anda mudah lelah. Selain itu, apabila ukuran stapler tersebut terlalu mini, akan menjadi sulit untuk digunakan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin, pilihlah stapler mini yang mudah digenggam, ringan ketika dijepit, dan mudah untuk dibawa-bawa. Apabila Anda menginginkan stapler yang mudah disimpan di dalam tas atau tempat pensil, pilihlah jenis stapler yang slim dan bisa ditutup ketika tidak sedang digunakan.

Pilihlah yang dapat melihat posisi kertas untuk hasil yang lebih rapi

Pilihlah yang dapat melihat posisi kertas untuk hasil yang lebih rapi

Ketika posisi kertas yang telah Anda susun rapi dan siap untuk Anda jepit bergeser, hasil jepitan pasti akan menjadi tidak rapi, bukan? Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menggunakan stapler yang dilengkapi dengan panduan posisi kertas pada kedalaman tertentu agar Anda dapat memastikan posisi kertasnya telah sesuai atau tidak, sebelum Anda menjepitnya.

Pilihlah yang dapat memuat banyak isi staples agar lebih hemat waktu

Pilihlah yang dapat memuat banyak isi staples agar lebih hemat waktu

Pasti banyak di antara Anda yang merasa kesal ketika isi staples yang Anda gunakan tiba-tiba habis di tengah jalan saat sedang menggunakannya, bukan? Untuk Anda yang tidak terlalu suka berulang kali mengisi staples, pilihlah stapler yang bisa muat sampai 100 isi staples atau yang bisa muat banyak dalam sekali isi. Dengan demikian, Anda juga akan lebih menghemat waktu pekerjaan Anda.

Selain lebih praktis, stapler tipe ini ada juga yang mempunyai slot untuk meletakkan cadangan isi staples di dalamnya sehingga ketika isi staples habis Anda bisa langsung memakai cadangan tersebut. Lebih menghemat waktu, bukan?

Periksalah apakah stapler bisa menggunakan isi staples 10 mm atau tidak

Periksalah apakah stapler bisa menggunakan isi staples 10 mm atau tidak

Pada umumnya, stapler menggunakan isi staples berukuran 10 mm. Karena itu, agar tidak kesusahan mencari refill stapler Anda, pastikan Anda mengecek terlebih dahulu apakah stapler tersebut menggunakan isi staples berukuran 10 mm atau tidak.

Selain itu, karena tipe handy stapler ada juga yang menggunakan isi stapler no 11 dengan ukuran dan ketebalan yang sama dengan isi staples no 10, mohon untuk hati-hati agar tidak tertukar, ya.

Pilihlah yang dilengkapi dengan remover agar mudah untuk melepasnya

Pilihlah yang dilengkapi dengan remover agar mudah untuk melepasnya

Ada kalanya Anda perlu melepas jepitan kertas pada saat tidak dibutuhkan lagi. Pada saat seperti itu, sebaiknya Anda menggunakan stapler yang dilengkapi dengan remover pengungkit agar memudahkan Anda ketika akan memisahkan dokumen.

Jika Anda menggunakan remover, Anda dapat melepas jepitan dengan mudah tanpa perlu merusak kuku Anda.

10 Rekomendasi stapler terbaik

Berikutnya, akan kami merekomendasikan 10 stapler terbaik yang dapat Anda jadikan referensi ketika akan membeli stapler. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Max Stapler HD-10D

10. Max Stapler HD-10D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.900

Stapler dengan fungsi standar yang mudah digenggam

Stapler merek Max ini dilapisi dengan bahan plastik sehingga membuatnya ringan dan mudah untuk digenggam. Dilengkapi dengan remover pada bagian belakangnya sehingga memudahkan Anda melepas staples ketika sudah tidak diperlukan.

Produk ini adalah stapler dengan ukuran standar yang cocok untuk Anda gunakan di kantor, sekolah, maupun di rumah. Didesain dengan 3 macam pilihan warna, Anda dapat memilihnya sesuai dengan warna yang Anda sukai.

9. Joyko Heavy Duty Stapler HD-12N/24

9. Joyko Heavy Duty Stapler HD-12N/24

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.500

Menjepit puluhan sampai ratusan lembar kertas dengan mudah

Stapler keluaran Joyko yang satu ini berukuran cukup besar dan dapat menjepit sampai bagian tengah kertas. Selain itu, stapler ini juga dilengkapi dengan petunjuk garis yang tinggal Anda ikuti sehingga hasil jepitan Anda menjadi lebih rapi. Direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan stapler untuk mengikat buku atau booklet. 

Stapler ini mampu menampung sampai 100 isi staples dan menjepit hingga maksimal 195 lembar kertas. Ukurannya yang cukup besar cocok untuk Anda gunakan di kantor atau untuk Anda yang memiliki usaha percetakan kecil-kecilan di rumah.

8. Kokuyo Staplerless Harinacs 5 Sheets

8. Kokuyo Staplerless Harinacs 5 Sheets

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 87.900

Say goodbye to stapler refill!

Stapler yang satu ini merupakan stapler inovasi terbaru dari Kokuyo yang digunakan tanpa isi staples. Stapler ini bekerja dengan cara melipat kertas kedalam sehingga kertas tetap dapat terikat dengan kuat meskipun tanpa isi staples.

Tidak hanya itu, karena ukurannya kecil, stapler ini dapat dengan mudah Anda bawa kemana saja, dan tidak memerlukan banyak tempat penyimpanan. Namun, karena stapler ini hanya mampu menjepit sampai maksimal 5 lembar kertas saja, pastikan jumlah kertas Anda terlebih dahulu sebelum menjepitnya, ya.

7. Deli EO385 Heavy-Duty Stapler 210 Sheets

7. Deli EO385 Heavy-Duty Stapler 210 Sheets

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 485.000

Teknologi terkini untuk menghemat energi Anda hingga 65%

Tipe stapler meja yang satu ini didesain dengan teknologi terkini yang mampu menghemat energi Anda sampai 65% sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga ketika menjepit banyak kertas sekalipun. Ukurannya yang cukup besar membuat staples ini cocok untuk Anda gunakan di rumah maupun di kantor.

Selain itu, stapler ini juga mampu menjepit hingga 210 lembar kertas dan dilengkapi dengan penjepit pada bagian tengahnya sehingga tumpukan kertas yang akan dijepit tidak akan bergeser dan dapat dijepit dengan rapi. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang membutuhkan stapler untuk menjepit buku atau booklet.

6. Kokuyo Harinacs Press Stapler SLN MPH 105

6. Kokuyo Harinacs Press Stapler SLN MPH 105

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 261.900

Tidak perlu lagi repot dengan paperclip, cukup dengan satu stapler mini

Satu lagi stapler unggulan dari Kokuyo. Keistimewaan produk ini adalah didesain tanpa jarum, serta tidak meninggalkan bekas lubang pada kertas. Staples ini hanya memberikan efek gelombang press pada kertas sehingga Anda hanya tinggal meluruskannya lagi ketika ingin melepaskan ikatan kertas. Produk ini bisa Anda jadikan alternatif sebagai pengganti paperclip.

Dengan menggunakan stapler ini, kertas dapat disimpan dengan lebih rapi dan lebih praktis tanpa perlu melepas isi staples ketika ingin memisahkan kembali kertas yang telah Anda jepit. Stapler ini dapat digunakan untuk menjepit sampai maksimal 5 lembar kertas.

5. Staplesless Stapler LTZ 215

5. Staplesless Stapler LTZ 215

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 17.500

Kecil dan minimalis, mudah disimpan dimana saja

Stapler yang satu ini terbuat dari bahan plastik berbentuk bulat dan digunakan tanpa isi sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan isi staples. Desainnya yang unik dengan aneka pilihan warna, dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

Tidak hanya itu, ukurannya yang tidak terlalu besar membuat produk ini mudah disimpan di dalam kotak pensil maupun tas. Dengan bentuknya yang bulat dan unik, produk ini juga bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda jadikan hadiah peralatan sekolah untuk keponakan atau saudara Anda.

4. Kangaro HP-10

4. Kangaro HP-10

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Bentuk seperti tang, memudahkan Anda untuk menjepit kertas dan kantong plastik

Stapler produksi Kangaro ini terbuat dari bahan metal yang sangat ringan dan tahan terhadap karat. Bentuknya yang seperti tang membuat stapler ini mudah digenggam, dan dapat menjepit kertas dengan kuat. Tidak hanya itu, karena untuk mengisi stapler ini hanya tinggal memutar pegangan bagian bawahnya ke atas, Anda tidak perlu khawatir stapler tersendat saat akan me-refill isi staples.

Tipe handy stapler berbentuk tang ini dapat digunakan untuk menjepit kertas sampai dengan maksimal 20 lembar kertas. Selain untuk menjepit kertas, produk ini juga dapat Anda gunakan untuk menjepit kantong plastik untuk membungkus pakaian, makanan, kantong mainan, dan sebagainya. Bisa memuat hingga 100 staples, produk ini pas untuk Anda yang memiliki usaha laundry maupun usaha restoran.

3. KW-triO Heavy Duty Lever-Tech Effortless Stapler

3. KW-triO Heavy Duty Lever-Tech Effortless Stapler

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 176.000

Lebih hemat tenaga dengan handy stapler yang ringan

Stapler yang satu ini dilengkapi dengan lever technology sehingga sangat ringan saat digunakan, serta lebih menghemat tenaga Anda. Produk ini dapat menjepit kertas hingga maksimal 60 lembar. Didesain dengan bentuk handy, pegangan stapler ini terbuat dari bahan karet yang empuk sehingga nyaman untuk digenggam.

Selain itu, stapler ini juga dapat diisi dengan isi stapler ukuran 23 mm, 24 mm, dan 10 mm sehingga dapat disesuaikan dengan tipe kertas yang akan Anda jepit. Dengan desain dan warnanya yang eye catching, stapler ini akan mudah Anda temukan dimanapun Anda meletakkannya. 

2. Bantex Pocket Stapler Cobalt Blue

2. Bantex Pocket Stapler Cobalt Blue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 21.670

Mini, praktis, dan dapat ditutup ketika tidak digunakan

Stapler keluaran Bantex yang satu ini didesain dengan bentuk tipis agar memudahkan Anda untuk membawanya bepergian. Anda bisa meletakkannya di dalam kotak pensil, tas, maupun kantong baju Anda. Dilengkapi dengan kunci pengait pada bagian belakangnya, Anda dapat menutup stapler ini ketika tidak sedang digunakan, menjadikannya lebih ringkas dan tidak memakan tempat di dalam kotak pensil Anda.

Selain itu, pada bagian belakang stapler ini juga dilengkapi dengan remover untuk memudahkan Anda melepas isi staples. Stapler mini dan ringkas ini kami rekomendasikan untuk Anda yang minimalis, yang mencari stapler dengan fungsi standar yaitu untuk menjepit kertas saja.

1. Max HD-10

1. Max HD-10

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.200

Stapler standar yang tak lekang oleh waktu!

Stapler keluaran Max yang satu ini adalah stapler yang bertahan di segala zaman dan sangat populer di kalangan masyarakat karena terkenal awet dan tidak mudah rusak. Produk ini juga dilengkapi dengan remover yang terbuat dari stainless steel antikarat pada bagian belakangnya.

Tidak hanya itu, harganya yang sangat terjangkau dengan kualitas yang bagus membuatnya jadi produk nomor 1 yang paling laku di pasaran. Harganya yang sangat terjangkau juga cocok untuk Anda yang butuh membeli banyak staples untuk keperluan kantor maupun untuk usaha Anda.

Tips cara menggunakan stapler yang baik

Meskipun stapler adalah alat sederhana yang mudah digunakan, banyak orang yang terkadang bingung dalam proses penggunaannya. Oleh sebab itu, berikut kami akan memberikan sedikit trik cara menggunakan stapler dengan baik. Silakan disimak ya!

Agar bisa digunakan diluar kertas

Mungkin banyak diantara Anda yang berpikir bahwa stapler hanya untuk menjepit kertas. Namun,  sebenarnya stapler dapat juga digunakan untuk berbagai macam kerajinan seperti origami, menjepit kain pita, untuk membuat bunga kertas, dan sebagainya.

Selain itu, apabila Anda mempunyai stapler yang dapat membuka 180 derajat, Anda juga dapat menggunakan stapler untuk menjepitkan sesuatu ke dinding. Meskipun metode ini jarang digunakan, Anda dapat menggunakan metode ini untuk menempelkan poster pada dinding untuk sementara, atau mengecek posisi ketika akan memasang wallpaper dinding.

Kesimpulan

Pada dasarnya, stapler hanya terdiri dari stapler yang menggunakan isi atau yang tanpa menggunakan isi. Namun, bergantung dari banyak sedikitnya kertas, berbeda juga jenis stapler yang digunakan.

Pada artikel kali ini, kami telah menjelaskan mengenai tips dan cara memilih stapler dan merekomendasikan beberapa produk untuk Anda. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi dalam memilih stapler yang sesuai kebutuhan Anda.