10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Dengan aromanya yang manis, sabun madu sudah terkenal akan khasiatnya di bidang perawatan kecantikan. Sejumlah produsen ternama, seperti Mustika Ratu, Serambi Botani, K-Link, dan Theraskin menjual sabun madu di pasaran dengan kegunaan dan efek yang berbeda-beda.

Mandi dengan sabun mandi dijamin membuat kulit Anda menjadi lebih lembap dan berkilau. Tertarik mencobanya? Sepuluh rekomendasi produk sabun madu terbaik di bawah ini dapat dijadikan pilihan. Simaklah artikel dari kami sampai selesai!

Daftar isi

Mengapa madu sangat populer?

Mengapa madu sangat populer?

Faktor utama yang menarik dari madu adalah kandungan kelembapan yang tinggi. Selain itu, ada juga efek seperti antibakteri dan antiinflamasi yang bisa Anda dapatkan dari madu.

Madu mengandung banyak vitamin, mineral, dan asam amino, yang efektif dalam membersihkan kotoran di pori-pori dan kulit Anda. Dengan demikian, banyak orang menggunakan sabun madu sebagai pembersih wajah karena kandungan bahannya yang tepat untuk perawatan kecantikan. Anda akan mendapatkan wajah yang lembap dan berkilau. Untuk mengoptimalkan khasiat sabun, pilihlah sabun madu yang sesuai dengan kulit Anda.

Cara memilih sabun madu

Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih sabun madu yang mampu melembapkan, untuk sterilisasi, daya pembersih tinggi, dan sebagainya. Silakan menyimak poin-poin berikut ini.

Perhatikan kualitas madu yang digunakan

Faktor penting dalam memilih sabun madu adalah jenis madu yang digunakan dan berapa banyak kandungan madu terdapat di dalamnya.

Sabun dengan campuran madu akasia murni sangat dianjurkan

Sabun dengan campuran madu akasia murni sangat dianjurkan

Kualitas sabun madu yang dihasilkan bergantung dari jenis madu yang digunakan. Dari banyak jenis yang ada, madu akasia dinilai paling berkualitas dan memiliki khasiat pelembap yang lebih tinggi dibanding dengan madu lainnya.

Selain itu, ada juga madu hasil olahan seperti madu fruktosa dan madu olahan. Madu jenis ini memiliki tingkat kemurnian yang rendah dengan tambahan glukosa, yang telah melalui proses pemanasan sehingga gula dan vitamin sebagai bahan aktif madu menjadi rusak. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah sabun madu dengan kandungan madu murni. Namun, sabun madu dengan kandungan madu akasia ini jarang ditemukan di Indonesia.

Jika Anda mementingkan kandungan madu, pilihlah yang memiliki kandungan madu sebanyak 10% atau lebih

Jika Anda mementingkan kandungan madu, pilihlah yang memiliki kandungan madu sebanyak 10% atau lebih

Semakin banyak kandungan madu di dalam sabun madu, semakin banyak kandungan kosmetik dan bahan aktif yang disertakan. Kami menyarankan agar Anda memilih produk yang mengandung madu sebanyak mungkin.

Pada bagian komposisi produk, sering kali kadar konsentrat madu ditulis berjumlah kecil. Namun, kandungan madu yang bernilai 10% atau lebih dianggap memiliki nilai konsentrat yang tinggi. Ada juga sabun mandi yang memiliki kadar konsentrat mencapai hingga 30%.

Namun, semakin banyak kandungan madunya, sabun batang tersebut menjadi bertekstur lebih keras. Harganya juga menjadi semakin mahal.

Selain madu, perhatikan juga bahan aktif dan bahan kosmetik sabun

Sangatlah wajar apabila sabun madu mengandung madu sebagai bahan aktifnya. Namun, tidak seperti minyak dan lemak, madu bukanlah merupakan bahan utama dalam pembuatan sabun.

Karena itu, tergantung dari bahan sabunnya, sensasi yang dihasilkan setelah pemakaian akan terasa berbeda. Untuk memilih sabun madu terbaik, Anda juga perlu memperhatikan apa saja bahan aktif dan bahan kosmetik yang digunakan selain madu.

Gliserol, komponen pelembap yang melembapkan kulit

Gliserol, komponen pelembap yang melembapkan kulit

Ketika natrium hidroksida (NaOH) direaksikan dengan lemak maka akan terjadi terjadi reaksi kimia yang menyebabkan sabun batangan menjadi padat. Gliserol alami diproduksi selama reaksi kimia tersebut berjalan.

Gliserol alami yang diproduksi melalui proses pembuatan sabun tersebut memiliki keamanan dan retensi kelembapan yang tinggi. Bahan ini telah digunakan sebagai pelembap untuk produk perawatan kulit baik pria maupun wanita. Karena permintaan yang tinggi, di pabrik-pabrik produksi massal, gliserol dari sabun diambil dan digunakan untuk produk lain selain sabun. Meskipun demikian, Anda tetap harus memahami bahwa gliserol alami belum tentu terkandung di dalam semua produk sabun batangan.

Minyak zaitun yang berkhasiat melembapkan dan mengontrol sebum

Minyak zaitun yang berkhasiat melembapkan dan mengontrol sebum

Minyak zaitun juga merupakan bahan dasar pembuatan sabun. Minyak zaitun mengandung bahan asam oleic seperti minyak biji rami dan asam linoleic yang bekerja melindungi kulit, mudah diserap, dan cocok untuk jenis kulit kering.

Ketika menggunakan sabun dengan bahan minyak zaitun, kulit Anda akan terasa lembap. Minyak zaitun dapat menjaga kadar air dan mengontrol minyak berlebih. Selain itu, kandungan berupa vitamin E dan polifenol di dalamnya juga ikut menutrisi kulit Anda.

Minyak jojoba yang ramah di kulit

Minyak jojoba yang ramah di kulit

Minyak jojoba merupakan jenis minyak yang dapat diterima oleh semua jenis kulit, mulai dari kulit kering, kulit sensitif, dan kulit berminyak sehingga sering disebut sebagai all-purpose oil.

Alasan mengapa minyak jojoba cocok untuk segala jenis kulit adalah adanya wax ester sebagai bahan utama dalam minyak jojoba. Bahan ini mirip dengan sebum yang dihasilkan oleh kulit manusia dan sangat mudah menyerap ke dalam kulit.

Minyak argan, minyak kecantikan yang langka

Minyak argan, minyak kecantikan yang langka

Minyak argan dikenal sebagai minyak kecantikan dengan kandungan bahan-bahan yang cocok untuk kecantikan kulit wanita. Minyak ini dikenal sebagai minyak dengan harga yang mahal karena terbuat dari buah argan yang hanya terdapat di Maroko.

Minyak argan mengandung vitamin E dan alkohol triterpen yang membuat kulit tetap kencang dan berfungsi sebagai anti-aging. Anda bisa mendapatkan berbagai efek kecantikan apabila menggunakan minyak ini secara rutin. Namun, ketika dicampur dalam sabun, akan menghasilkan busa dengan tekstur ringan sehingga akan mudah hilang.

Minyak kuda yang dapat melembapkan dari dalam

Minyak kuda yang dapat melembapkan dari dalam

Minyak kuda merupakan bahan yang aman untuk kulit manusia. Komposisinya mirip dengan sebum yang cepat menyerap dan dapat melembapkan kulit Anda dari dalam.

Minyak kuda juga memiliki efek antiinflamasi dan melancarkan sirkulasi darah. Bersihkan tubuh Anda dengan memijat secara perlahan. Gelembung berlimpahnya akan meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kulit Anda lebih sehat.

Shea butter, lembut untuk kulit yang terbakar matahari

Shea butter, lembut untuk kulit yang terbakar matahari

Kandungan utama dari shea butter adalah asam oleic dan asam stearat yang baik untuk kulit. Shea butter dikenal sebagai bahan pelembap alami yang dapat melindungi kulit yang sangat kering di Afrika.

Shea butter memiliki kandungan kecantikan yang berlimpah, seperti alkohol triterpen yang dapat meredakan peradangan dan tokoferol yang merupakan vitamin E alami. Shea butter juga memiliki daya kelembapan yang tinggi dan kemampuan untuk melindungi dan meregenerasi kulit Anda, serta cocok untuk mengatasi kulit terbakar akibat terkena sinar matahari.

Minyak sawit yang meningkatkan kualitas busa

Minyak sawit yang meningkatkan kualitas busa

Minyak sawit mengandung banyak asam lemak seperti asam stearat dan asam palmitat. Bahan ini membantu pengeluaran zat skualena yang merupakan komponen utama dari minyak yang dihasilkan oleh kulit manusia. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Sabun yang mengandung minyak sawit memiliki efek yang menyegarkan.

Selain itu, minyak kelapa sawit tidak mudah beroksidasi sehingga sabun tidak gampang meleleh. Namun, dalam jumlah yang banyak, minyak ini akan menjadi gelembung sabun. Dengan demikian, minyak ini sering dikombinasikan dengan minyak yang mengandung asam laurat untuk menghasilkan efek busa yang lebih baik (minyak inti sawit, minyak kelapa, dan lain-lain).

Pembuatannya menggunakan metode yang direkomendasikan

Pembuatannya menggunakan metode yang direkomendasikan

Jika komponen gliserol, yang merupakan bahan pelembap alami, dihilangkan selama proses pembuatan sabun, tentunya akan membuat kulit terasa kering ketika menggunakan sabun tersebut. Untuk Anda yang ingin menggunakan sabun dengan kandungan gliserol, kami rekomendasikan sabun yang dibuat dengan metode framing atau cold process.

Sabun yang dibuat dengan metode netralisasi,  pembuatannya diproduksi secara massal dengan memisahkan gliserol sehingga hampir tidak ada gliserol yang tersisa dari sabun. Harap berhati-hati, karena sebagian besar sabun batangan dengan harga murah diproduksi dengan metode manufaktur tersebut.

10 Rekomendasi sabun madu terbaik

Sekarang kami akan merekomendasikan sepuluh sabun madu yang dapat digunakan untuk tubuh dan wajah Anda berdasarkan urutan. Simak sampai selesai ya!

10. HPAI Herbal Honey Body Soap

10. HPAI Herbal Honey Body Soap

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 26.900

Wajah cerah dan rambut berkilau indah berkat sabun madu

Terbuat dari madu berkualitas terbaik, sabun batangan ini memiliki manfaat untuk menghaluskan dan memperindah kulit Anda. Dengan menggunakan sabun madu ini secara rutin, tubuh Anda akan terasa lebih lembap dan juga bisa membantu menghilangkan jerawat di wajah sehingga wajah Anda lebih cerah.

Selain itu, sabun madu ini cocok untuk perawatan rambut karena dapat membantu mengurangi kerontokan, menyuburkan pertumbuhan rambut, melembapkan, dan membuat rambut terlihat lebih berkilau. Dengan demikian, produk ini cocok digunakan oleh Anda yang ingin mencari perawatan yang lengkap untuk tubuh Anda.

9. Kou Soap Premium Tuberose

9. Kou Soap Premium Tuberose

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

Miliki kulit lembap dan halus dengan tambahan kandungan minyak jojoba!

Inilah salah satu sabun produksi lokal yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Kou Soap dari Bali ini memproduksi sabun dengan kandungan madu dan aneka minyak, termasuk minyak jojoba yang memiliki khasiat untuk melembutkan dan menghaluskan kulit Anda.

Sabun ini memiliki aroma bunga sedap malam khas Bali yang berkesan elegan dan misterius. Dengan bahan alami, tentu saja sabun ini bisa digunakan oleh semua orang, termasuk yang memiliki kulit sensitif. Kemasannya yang menarik membuat sabun madu ini cocok dijadikan sebagai hadiah atau suvenir.

8. Mustika Ratu Sabun Madu

8. Mustika Ratu Sabun Madu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.250

Kulit halus, komedo pun menghilang!

Mustika Ratu sudah banyak memproduksi produk kecantikan untuk tubuh dan juga wajah. Selalu berinovasi dalam setiap produknya, Mustika Ratu juga mengeluarkan produk sabun madu untuk wajah.  Selain madu, terdapat juga minyak kelapa dan gliserol sebagai kandungan utama sabun madu ini.

Menggunakan sabun madu ini secara rutin di wajah Anda juga dapat membantu mengurangi komedo. Jadi, produk ini cocok untuk Anda yang memiliki masalah komedo di wajah. Sabun madu ini juga cocok digunakan untuk segala jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif.

7. Natural Goods Calendula Honey Soap

7. Natural Goods Calendula Honey Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 45.000

Sabun madu yang dapat mengatasi masalah radang pada kulit

Akhir-akhir ini banyak yang memproduksi sabun homemade dengan kualitas yang baik, salah satunya adalah sabun madu ini. Sabun madu ini memiliki kandungan madu impor yang berfungsi sebagai obat jerawat alami. Selain itu, kandungan propolis di dalam sabun madu ini dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit.

Sabun ini juga dibuat dengan menggunakan minyak dari ekstrak bunga calendula. Bunga calendula dikenal sebagai bunga yang mengandung vitamin E dan sebagai bahan antioksidan yang alami. Bunga calendula juga memiliki manfaat untuk melembapkan kulit, terutama kulit sensitif, kering, dan kulit yang terbakar sinar matahari.

6. Theraskin Transparant Honey Soap

6. Theraskin Transparant Honey Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 33.000

Kandungan bahan alaminya aman untuk ibu hamil dan menyusui

Dengan kandungan madu sebagai pelembap alami yang kaya akan antioksidan, sabun madu ini dapat membuat kulit Anda tampak lebih bercahaya sepanjang hari. Sabun madu ini juga dapat membersihkan kotoran, debu, dan sisa minyak pada kulit wajah Anda.

Dalam waktu 2-3 minggu, Anda akan merasakan manfaat dari penggunaan sabun ini apabila menggunakannya secara rutin. Busa sabunnya yang lembut, aman untuk semua jenis kulit, terutama untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering. Bahannya juga aman digunakan oleh ibu hamil dan juga menyusui.

5. K-Link K-Care Honey & Goat’s Milk Bar Soap

5. K-Link K-Care Honey & Goat's Milk Bar Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 81.000

Kulit kasar? Tidak lagi! Butiran halusnya ampuh mengangkat sel kulit mati

Sabun batang yang terbuat dari madu pilihan dengan susu kambing ini efektif membersihkan kulit wajah dan tubuh, serta menutrisi kulit agar terasa lembap sekaligus cerah. Sabun ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit.

Dengan tambahan butiran halus dari buah aprikot, produk ini dapat mengangkat sel kulit mati seperti saat Anda scrub sehingga kulit menjadi lebih lembut. Sabun ini cocok digunakan oleh Anda yang sibuk, tidak mempunyai banyak waktu untuk merawat tubuh Anda.

4. KLAIRS Manuka Honey & Choco Body Soap Bar

4. KLAIRS Manuka Honey & Choco Body Soap Bar

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 130.000

Kulit dua kali lebih halus berkat perpaduan madu dan minyak zaitun

Sabun ini merupakan pembersih yang multifungsi dengan kandungan AHA yang dapat mengangkat sel kulit mati, juga cocok digunakan sebagai perawatan kulit yang berjerawat. Dengan perpaduan madu, cokelat, dan minyak zaitun, kulit yang halus bisa Anda dapatkan seketika.

Selain itu, sabun madu ini juga memiliki kandungan shea butter dan aloe vera yang dapat membantu melembapkan kulit Anda secara maksimal. Sabun ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Namun, untuk Anda yang sensitif dengan kandungan AHA, sebaiknya menghindari sabun madu ini.

3. Goat Soap with Argan Oil

3. Goat Soap with Argan Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 71.060

Sensasi sabun kambing bertemu madu? Penuh khasiat dan menyehatkan!

Di urutan ketiga rekomendasi dari kami, terdapat sabun madu yang mengandung minyak argan, yang dikenal sebagai salah satu bahan untuk kecantikan kulit. Selain itu, sabun ini juga berbahan susu kambing dan madu Manuka yang sangat ampuh dalam melembapkan dan menghaluskan kulit Anda.

Sabun ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit kering, sensitif, dan kulit gatal atau teriritasi. Sabun ini juga kaya akan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda. Dengan penggunaan yang rutin, kulit yang halus, lembut, dan lembap bisa Anda dapatkan.

2. Serambi Botani Sabun Propolis

2. Serambi Botani Sabun Propolis

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 31.000

Pencinta produk lokal berkualitas? Wajib mencoba sabun berbahan alami ini!

Serambi Botani merupakan salah satu merek lokal yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka telah mengeluarkan berbagai macam produk dengan kandungan bahan yang alami, salah satunya adalah sabun propolis ini. Sabun ini mengandung propolis, madu, dan gliserol untuk melembapkan kulit.

Sabun ini dapat mencegah berbagai penyakit kulit, seperti jerawat dan juga membantu meremajakan kulit. Selain itu, sabun ini dapat digunakan untuk kulit tubuh dan juga wajah. Untuk Anda yang mendukung produk lokal, tidak ada salahnya mencoba sabun madu dari Serambi Botani ini.

1. Amway G&H Nourish+Complexion Bar

1. Amway G&H Nourish+Complexion Bar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 129.900

Busa yang lembut di kulit! Membuat saat-saat mandi menjadi lebih mewah

Sabun dari Amway ini mengandung gliserol dan madu yang berkualitas tinggi. Sabun ini dapat menjaga kelembapan kulit Anda, serta membuat kulit menjadi lebih bercahaya dan terlihat segar. Dengan penggunaan rutin, muka Anda pun akan terbebas dari jerawat. Keunggulan utamanya adalah bahan shea butter yang efektif dalam menjaga kehalusan kulit dan membuat kulit Anda tetap terhidrasi sepanjang hari.

Busa yang dihasilkan dari sabun ini sangat banyak dan lembut di kulit. Satu kemasannya terdiri dari sabun batang yang bisa dipecah menjadi tiga bagian sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Harganya memang cenderung mahal, tetapi hasilnya akan terlihat di wajah Anda yang menjadi lebih bersih dan lembut. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang memiliki kulit kering dan sering bekerja di ruangan ber-AC.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sabun madu yang sesuai untuk keperluan Anda. Bagaimana menurut Anda setelah membaca artikel kami ini? Kandungan pelembap dari madu sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Ketika membeli sabun madu, harap perhatikan juga kandungan bahan lainnya selain madu yang dapat disesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Selamat mandi wangi dan sehat dengan sabun madu!