• 10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sabun madu menjadi salah satu sabun kecantikan kulit yang banyak disukai masyarakat luas. Jenis sabun ini memiliki banyak manfaat, misalnya untuk melembutkan kulit, mengatasi kulit kering, jerawat, dan lainnya. Selain itu, sabun madu juga memiliki aroma manis dan terasa menyegarkan.

Bila sekarang Anda mencari sabun madu yang bagus, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Di sini, kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh sabun madu terbaik. Mulai dari sabun madu HPAI, Theraskin, The Body Shop, dan lainnya. Agar tidak salah pilih, baca terus artikel di bawah ini, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Mengapa sabun madu banyak digemari?

Mengapa sabun madu banyak digemari?

Madu adalah natural humectant atau pelembap alami yang memiliki kemampuan menyerap kelembapan dari lingkungan di sekitarnya. Selain itu, madu juga mengandung asam glukonat, yaitu alpha hydroxy acid ringan yang memiliki kemampuan eksfoliasi. Kemampuan ini berkaitan untuk mengelupas sel kulit mati agar kulit tampak lebih cerah.


Madu juga mengandung vitamin, mineral, dan asam amino. Nutrisi tersebut sangat efektif membersihkan kotoran pada pori-pori kulit. Oleh karena fakta tersebut, banyak orang tertarik memakai sabun madu, baik untuk wajah maupun seluruh tubuh. Untuk mengoptimalkan manfaat sabun madu, pilihlah juga produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Cara memilih sabun madu

Untuk mendapatkan produk yang bagus, kami akan menjelaskan cara memilih sabun madu secara terperinci. Anda dapat mencermati setiap poin-poin berikut ini agar dapat menemukan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

Perhatikan kualitas madu yang digunakan

Kualitas madu yang digunakan dalam sebuah produk akan memengaruhi kualitas sabun madu itu sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kualitas madu yang digunakan saat hendak membeli sebuah produk.

Madu murni, bahan berkualitas tinggi yang bagus untuk kulit

Madu murni, bahan berkualitas tinggi yang bagus untuk kulit

Kualitas sabun madu sangat bergantung pada jenis madu yang digunakan. Madu murni memiliki kualitas sangat bagus, seperti memiliki sifat antimikroba, menghidrasi kulit, mencerahkan kulit, dan meredakan peradangan. Selain itu, madu murni juga cocok untuk semua jenis kulit.


Dari sekian banyak jenis madu, madu akasia dianggap sebagai madu paling berkualitas. Madu akasia memiliki kemampuan melembapkan lebih tinggi dibandingkan jenis madu lainnya. Maka dari itu, pilihlah produk yang terbuat dari madu berkualitas tinggi. Sayangnya, sabun madu yang terbuat dari madu murni atau madu akasia sulit ditemukan di Indonesia.

Madu sebagai bahan utama, utamakan sabun dengan kandungan madu lebih dari 10%

Madu sebagai bahan utama, utamakan sabun dengan kandungan madu lebih dari 10%

Produk dengan kandungan madu tinggi menandakan bila sabun tersebut memiliki kualitas yang bagus. Namun, sering kali produsen menambahkan madu dalam jumlah kecil. Untuk mengetahui informasi tersebut, Anda dapat melihat pada bagian komposisi produk. Di sini, Anda disarankan membeli sabun madu yang memiliki kandungan madu sekitar 10% atau lebih tinggi


Di pasaran, terkadang ada sabun madu yang mengandung komposisi madu hingga 30%. Biasanya, produk seperti ini harganya lebih mahal. Bila Anda ingin mendapat manfaat sabun madu, pilihlah produk yang mengandung madu sebanyak mungkin.

Cek zat aktif dan bahan kecantikan lain dalam sabun

Dalam proses produksi, terkadang produsen sabun madu menambahkan beberapa bahan aktif lainnya. Bahan aktif tersebut memiliki berbagai manfaat dan dapat menciptakan sensasi berbeda-beda. Kali ini, kami akan merangkum bahan aktif yang umum ditambahkan ke dalam sabun madu.

Gliserol, zat aktif untuk melembapkan kulit

Gliserol, zat aktif untuk melembapkan kulit

Selama proses pembuatan sabun, terjadi reaksi kimia antara alkali (NaOH/KOH) dan lemak atau minyak. Reaksi antara semua komponen tersebut menghasilkan glycerin atau gliserol. Gliserol alami yang dihasilkan melalui proses tersebut sangat aman dan memiliki retensi kelembapan yang tinggi.


Zat aktif gliserol mampu menghidrasi kulit, melembapkan kulit kering, dan menyegarkan kulit. Tidak hanya itu, gliserol juga dapat bertindak sebagai emollient yang dapat melembutkan kulit. Bila Anda memiliki masalah eksim atau psoriasis, sabun madu yang mengandung gliserol dapat menjadi pilihan Anda.

Minyak zaitun, bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Minyak zaitun, bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Minyak zaitun juga menjadi salah satu bahan pembuatan sabun. Minyak zaitun, terutama extra virgin olive oil, mengandung asam oleic, asam linoleic, dan antioksidan yang tinggi. Senyawa tersebut mudah terserap kulit dan dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak kulit. 


Ketika Anda menggunakan sabun madu yang mengandung minyak zaitun, kulit akan terasa lembap. Selain itu, vitamin E dan polifenol yang terkandung di dalamnya juga dapat menutrisi kulit. Oleh karena keunggulan tersebut, terkadang Anda lupa menggunakan lotion untuk melembapkan kulit setelah mandi.

Minyak jojoba: Berperan sebagai antiperadangan pada kulit

Minyak jojoba: Berperan sebagai antiperadangan pada kulit
Minyak jojoba memiliki sifat antimikroba alami dan anti-inflamasi yang mampu menenangkan kulit. Dalam jurnal Pharmacological Research dinyatakan bahwa minyak jojoba yang diaplikasikan pada kulit iritasi memberikan efek anti-inflamasi. 

Dengan efek menenangkan, memperbaiki, sekaligus melembapkan kulit secara mendalam, kulit iritiasi pun dapat segera membaik. Minyak jojoba juga mengandung wax ester sehingga sering disebut sebagai minyak universal karena cocok untuk semua jenis kulit. Bahan ini mirip sebum yang dihasilkan kulit manusia dan mudah menyerap ke dalam kulit. 

Minyak argan, memiliki efek anti-aging untuk melawan penuaan dini

Minyak argan, memiliki efek anti-aging untuk melawan penuaan dini

Dalam dunia kecantikan, minyak argan dikenal sebagai moroccan oil dan digunakan sebagai bahan aktif dalam pembuatan sabun. Minyak argan mengandung asam lemak esensial dan memiliki sifat antioksidan, moisturizing, dan anti-aging


Minyak argan juga mengandung linoleic acid untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mengencangkan pori-pori kulit. Sementara itu, asam lemak omega, vitamin E, dan triterpenoid alkohol dalam minyak ini dapat menguatkan jaringan kulit.

Shea butter, melembutkan dan menghidrasi kulit

Shea butter, melembutkan dan menghidrasi kulit

Shea butter adalah pelembap alami yang mampu melembutkan dan meregenerasi kulit. Oleh karena itu, produk yang mengandung shea butter dapat menenangkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Selain itu, shea butter juga mengandung vitamin A dan E yang mampu melembutkan kulit. 


Tidak hanya itu, shea butter juga memiliki kemampuan menghidrasi kulit. Fakta ini membuat shea butter sering digunakan sebagai bahan untuk membuat lip balm untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Kemampuan menghidrasi ini pun menjadi salah satu alasan shea butter dijadikan bahan aktif dalam pembuatan sabun madu.

Pilih pembuatan produk dengan metode cold processed

Pilih pembuatan produk dengan metode cold processed

Cold processed adalah salah satu metode pembuatan sabun dengan menggabungkan minyak atau lemak dan larutan alkali. Dalam proses pembuatannya, Anda dapat memilih jenis minyak, aroma, pewarna, dan bahan lainnya. Keuntungan memilih metode cold processed adalah Anda dapat mengatur sendiri atas bahan-bahan yang digunakan. 


Metode ini tidak menambahkan detergen yang cenderung dapat menghilangkan minyak alami kulit. Sebaliknya, bahan aktif yang digunakan dalam proses pembuatan sabun justru bermanfaat untuk kulit. Bila Anda mencari sabun madu, pilihlah sabun yang diproduksi menggunakan metode cold processed. Namun, sebagian besar produsen sabun di Indonesia jarang mencantumkan metode tersebut dalam kemasan.

Ketahuilah varian tekstur sabun madu

Pada umumnya, sabun madu memiliki dua bentuk, yaitu cair dan padat atau batangan. Masing-masing tekstur memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Anda dapat memilih sesuai preferensi Anda. 

Sabun madu cair dengan sensasi busa lebih banyak

Sabun madu cair dengan sensasi busa lebih banyak

Sabun cair umumnya menghasilkan busa melimpah. Busa terbentuk saat agen pembusa (foaming agent) dalam sabun, detergen, dan sampo bercampur dengan udara dan air. Bahan yang digunakan sebagai agen pembusa adalah sodium laureth sulfate (SLES), sodium lauryl sulfate (SLS), dan coco-glucoside.


Banyak orang suka sabun cair dengan busa melimpah karena lebih menyenangkan. Namun, sabun madu cair juga memiliki kelemahan karena dapat mengikis minyak alami kulit. Akibatnya, kulit akan terasa kering. Agar kulit tetap lembap, Anda disarankan langsung mengaplikasikan pelembap setelah mandi untuk menghindari kulit kering.

Sabun madu batangan memiliki kandungan bahan kimia lebih sedikit

Sabun madu batangan memiliki kandungan bahan kimia lebih sedikit

Sabun madu batangan atau padat terbuat dari larutan alkali natrium hidroksida (NaOH). Jenis sabun batangan mengandung lebih banyak gliserol dan superfat yang baik untuk melembapkan kulit. Selain itu, sabun madu batangan juga mengandung bahan kimia lebih sedikit dibandingkan sabun cair


Walaupun demikian, sabun batangan juga memiliki reputasi buruk terkait kuman yang hidup dalam sabun. Menurut beberapa penelitian yang dihimpun Vice, sabun batangan yang digunakan di rumah dan tempat umum mengandung bakteri E. coli.


Makin sering digunakan, mikroorganisme yang terkandung di dalamnya pun makin banyak. Namun, bila digunakan secara pribadi dan higienis, hal itu tidak masalah karena tidak ada orang lain yang memakainya.

Carilah sabun madu yang bisa dipakai untuk badan dan wajah

Carilah sabun madu yang bisa dipakai untuk badan dan wajah

Secara umum, sabun multipurpose yang dapat digunakan untuk badan dan wajah jarang ditemukan. Hal ini disebabkan karena formula sabun untuk wajah dan tubuh berbeda. Kulit wajah cenderung lebih tipis dibandingkan dengan bagian tubuh lain. Bila Anda memiliki kulit sensitif dan salah memilih sabun, kulit dapat mengalami iritasi.


Namun, untuk produk yang dibuat dari bahan alami, seperti sabun madu, biasanya bisa dipakai untuk wajah maupun badan. Hal ini disebabkan karena sabun madu terbuat dari bahan alami yang lebih aman untuk kulit. Ada sebagian produsen menjual sabun madu yang dapat digunakan untuk wajah dan seluruh badan. Maka dari itu, periksalah label kemasan sebelum membeli produk tersebut, ya!

10 Rekomendasi sabun madu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun madu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10

AmwayG&H Nourish+ Complexion Bar

Mulai dari Rp 140.000,00

Komposisi bahan aktifOrange blossom honey, glycerin, shea butter, pumpkin seed oil, dan sebagainya
Isi250 gram
TeksturPadat
BPOM
PenggunaanBadan
9
Komposisi bahan aktifMinyak kelapa, minyak zaitun, glycerin, madu, citric acid, stearic acid, dan sebagainya
Isi85 gram dan 100 gram
TeksturPadat
BPOM
PenggunaanWajah, badan, rambut
8
Komposisi bahan aktifMinyak kelapa sawit, minyak kelapa, susu, ekstrak madu murni, dan sebagainya
Isi90 gram
TeksturPadat
BPOM
PenggunaanBadan
7
Komposisi bahan aktifMadu, glycerin, dan minyak kelapa
Isi60 gram
TeksturPadat
BPOM
PenggunaanWajah dan badan
6
Komposisi bahan aktifMadu, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak biji anggur, minyak ekstrak daun peppermint, minyak jarak, grapefruit
Isi100 gram
TeksturCair
BPOM
PenggunaanWajah dan badan
5

The Body ShopAlmond Milk & Honey Soothing & Caring Cleansing Bar

Mulai dari Rp 79.000,00

Komposisi bahan aktifMadu, air, shea butter, glycerin, sweet almond oil, sweet almond seed extract, dan sebagainya
Isi100 gram
TeksturPadat
BPOM
PenggunaanBadan
4

L’EssentialTheraskin Transparant Honey Soap

Mulai dari Rp 25.312,00

Komposisi bahan aktifMinyak kelapa, air, glycerin, Elaeis guineensis oil, madu, dan sebagainya
Isi100 gram
TeksturPadat
BPOM
PenggunaanWajah dan badan
3

Bina Karya PrimaDream Heritage Body Wash Royal Honey

Mulai dari Rp 33.000,00

Komposisi bahan aktifMadu dan shea butter
Isi450 ml
TeksturCair
BPOM
PenggunaanBadan
2

Ayu Jaya LestariBoliya Brightening Transparant Soap

Mulai dari Rp 2.750,00

Komposisi bahan aktifMadu, minyak jarak, minyak kelapa, gliserol, fragrance
Isi40 gram
TeksturPadat
BPOM
PenggunaanWajah
1
Komposisi bahan aktifMadu, minyak kelapa, gliserol
Isi35 gram
TeksturPadat
BPOM
PenggunaanWajah, badan, rambut

Tabel perbandingan produk sabun madu terbaik

Gambar produk
1
Alvalio Makmur Dhilisa Sabun Madu  1

Alvalio Makmur

2
Ayu Jaya Lestari Boliya Brightening Transparant Soap 1

Ayu Jaya Lestari

3
Bina Karya Prima Dream Heritage Body Wash Royal Honey 1

Bina Karya Prima

4
L’Essential Theraskin Transparant Honey Soap 1

L’Essential

5
The Body Shop Almond Milk & Honey Soothing & Caring Cleansing Bar 1

The Body Shop

6
Herbal Khansa Madu Cantik Liquid Soap 1

Herbal Khansa

7
SR12 Honey Soap 1

SR12

8
Tazakka Sabun Mandi Herbal Madu 1

Tazakka

9
HPAI Sabun Madu Transparan 1

HPAI

10
Amway G&H Nourish+ Complexion Bar 1

Amway

Nama produk

Dhilisa Sabun Madu

Boliya Brightening Transparant Soap

Dream Heritage Body Wash Royal Honey

Theraskin Transparant Honey Soap

Almond Milk & Honey Soothing & Caring Cleansing Bar

Madu Cantik Liquid Soap

Honey Soap

Sabun Mandi Herbal Madu

Sabun Madu Transparan

G&H Nourish+ Complexion Bar

Keunggulan

Murah, dapat digunakan untuk wajah, badan, dan rambut

Tanpa bahan kimia, aman untuk kulit wajah

Bak Cleopatra, mandi madu setiap hari untuk haluskan kulit

Penggunaan bahan-bahan alami yang tidak menimbulkan iritasi

Perpaduan susu almond organik dan madu atasi rasa kering dan gatal pada kulit

Sabun madu untuk wajah dan badan dalam satu produk

Cerahkan kulit secara alami, kulit pun tidak kusam lagi

Tingkatkan kualitas kulit tanpa membuat kantong bolong!

Perawatan seluruh tubuh dengan satu sabun!

Lolos uji dermatologi dan uji alergi! Nyaman untuk semua jenis kulit

Harga mulai dariRp 2.500,00Rp 2.750,00Rp 33.000,00Rp 25.312,00Rp 79.000,00Rp 60.000,00Rp 22.000,00Rp 8.000,00Rp 20.000,00Rp 140.000,00
Komposisi bahan aktifMadu, minyak kelapa, gliserolMadu, minyak jarak, minyak kelapa, gliserol, fragranceMadu dan shea butterMinyak kelapa, air, glycerin, Elaeis guineensis oil, madu, dan sebagainyaMadu, air, shea butter, glycerin, sweet almond oil, sweet almond seed extract, dan sebagainyaMadu, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak biji anggur, minyak ekstrak daun peppermint, minyak jarak, grapefruitMadu, glycerin, dan minyak kelapaMinyak kelapa sawit, minyak kelapa, susu, ekstrak madu murni, dan sebagainyaMinyak kelapa, minyak zaitun, glycerin, madu, citric acid, stearic acid, dan sebagainyaOrange blossom honey, glycerin, shea butter, pumpkin seed oil, dan sebagainya
Isi35 gram40 gram450 ml100 gram100 gram100 gram60 gram90 gram85 gram dan 100 gram250 gram
TeksturPadatPadatCairPadatPadatCairPadatPadatPadatPadat
BPOM
PenggunaanWajah, badan, rambutWajahBadanWajah dan badanBadanWajah dan badanWajah dan badanBadanWajah, badan, rambutBadan
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar sabun madu

Pertanyaan umum seputar sabun madu

Selain membahas cara memilih dan merekomendasikan produk, kami juga telah mengumpulkan beberapa pertanyaan populer mengenai sabun madu. Yuk, simak bersama-sama jawaban selengkapnya di bawah ini!

Apa perbedaan mendasar pada metode pembuatan sabun madu cair dan batangan?

Perbedaan mendasar proses pembuatan sabun madu cair dan batangan terletak pada komposisinya. Secara umum, komposisi bahan yang digunakan adalah larutan alkali dan minyak atau lemak. Sabun madu cair terbuat dari alkali KOH, sedangkan sabun madu batangan menggunakan alkali NaOH.


Selain itu, sabun madu cair menggunakan banyak zat kimia, mulai dari agen antibakteri, fragrance, surfaktan, dan lainnya. Sementara itu, sabun batangan menggunakan lebih sedikit bahan kimia dan eco-friendly.

Apakah susu yang ditambahkan pada sabun madu baik untuk kulit?

Ya, susu yang ditambahkan pada proses pembuatan sabun madu baik untuk kulit. Susu mengandung vitamin A, E, dan lactic acid yang dapat menutrisi, melembutkan, menghaluskan, dan mengencangkan kulit. Susu juga mudah meresap ke dalam pori kulit sehingga dapat memperbaiki kerusakan sel dan membuat kulit kenyal.

Baca juga rekomendasi sabun kecantikan lainnya di sini

Selain menggunakan sabun madu, Anda juga dapat mempertimbangkan sabun dengan kandungan bahan kecantikan lainnya agar kulit senantiasa terawat. Mari lihat berbagai rekomendasi sabun pilihan kami di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah menjabarkan cara memilih dan merekomendasikan sabun madu terbaik dari berbagai merek. Apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat untuk dipilih? Kandungan pelembap dari madu sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Ketika membeli sabun madu, perhatikanlah kandungan bahan lain selain madu yang bermanfaat untuk kulit Anda. Happy cleansing!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion dapat memberi kelembapan dan kesegaran pada kulit Anda yang kering akibat terpaan panas matahari. Selain sebagai pelembap, terdapat pula body lotion yang menawarkan solusi untuk jerawat punggung dan memutihkan kulit. Banyaknya merek yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung memilih produk yang sesuai.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Produk dari Citra, Vaseline, Nivea, dan Cetaphil juga akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Sariayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Sariayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Merawat tubuh merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan tubuh yang terawat, penampilan Anda akan makin menawan. Sariayu adalah merek kosmetik lokal yang sangat terkenal di Indonesia karena kualitasnya yang bagus. Jadi, Anda tak perlu ragu menggunakannya untuk merawat dan memanjakan tubuh.Ada banyak sekali produk Sariayu yang dijual di pasaran, mulai dari shampoo, facial foam, moisturizer, hingga foundation. Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan membantu memberikan tips memilihnya. Temukan juga rekomendasi produk Sariayu terbaik! Simak artikel ini sampai akhir, ya.
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori