1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan badan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sabun Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sabun madu menjadi salah satu sabun kecantikan kulit yang banyak disukai masyarakat luas. Jenis sabun ini memiliki banyak manfaat, misalnya untuk melembutkan kulit, mengatasi kulit kering, jerawat, dan lainnya. Selain itu, sabun madu juga memiliki aroma manis dan terasa menyegarkan.

Bila sekarang Anda mencari sabun madu yang bagus, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Di sini, kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh sabun madu terbaik. Mulai dari sabun madu HPAI, Theraskin, The Body Shop, dan lainnya. Agar tidak salah pilih, baca terus artikel di bawah ini, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Mengapa sabun madu banyak digemari?

Mengapa sabun madu banyak digemari?

Madu adalah natural humectant atau pelembap alami yang memiliki kemampuan menyerap kelembapan dari lingkungan di sekitarnya. Selain itu, madu juga mengandung asam glukonat, yaitu alpha hydroxy acid ringan yang memiliki kemampuan eksfoliasi. Kemampuan ini berkaitan untuk mengelupas sel kulit mati agar kulit tampak lebih cerah.


Madu juga mengandung vitamin, mineral, dan asam amino. Nutrisi tersebut sangat efektif membersihkan kotoran pada pori-pori kulit. Oleh karena fakta tersebut, banyak orang tertarik memakai sabun madu, baik untuk wajah maupun seluruh tubuh. Untuk mengoptimalkan manfaat sabun madu, pilihlah juga produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Cara memilih sabun madu

Untuk mendapatkan produk yang bagus, kami akan menjelaskan cara memilih sabun madu secara terperinci. Anda dapat mencermati setiap poin-poin berikut ini agar dapat menemukan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

① Perhatikan kualitas madu yang digunakan

Kualitas madu yang digunakan dalam sebuah produk akan memengaruhi kualitas sabun madu itu sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kualitas madu yang digunakan saat hendak membeli sebuah produk.

Madu murni, bahan berkualitas tinggi yang bagus untuk kulit

Madu murni, bahan berkualitas tinggi yang bagus untuk kulit

Kualitas sabun madu sangat bergantung pada jenis madu yang digunakan. Madu murni memiliki kualitas sangat bagus, seperti memiliki sifat antimikroba, menghidrasi kulit, mencerahkan kulit, dan meredakan peradangan. Selain itu, madu murni juga cocok untuk semua jenis kulit.


Dari sekian banyak jenis madu, madu akasia dianggap sebagai madu paling berkualitas. Madu akasia memiliki kemampuan melembapkan lebih tinggi dibandingkan jenis madu lainnya. Maka dari itu, pilihlah produk yang terbuat dari madu berkualitas tinggi. Sayangnya, sabun madu yang terbuat dari madu murni atau madu akasia sulit ditemukan di Indonesia.

Madu sebagai bahan utama, utamakan sabun dengan kandungan madu lebih dari 10%

Madu sebagai bahan utama, utamakan sabun dengan kandungan madu lebih dari 10%

Produk dengan kandungan madu tinggi menandakan bila sabun tersebut memiliki kualitas yang bagus. Namun, sering kali produsen menambahkan madu dalam jumlah kecil. Untuk mengetahui informasi tersebut, Anda dapat melihat pada bagian komposisi produk. Di sini, Anda disarankan membeli sabun madu yang memiliki kandungan madu sekitar 10% atau lebih tinggi


Di pasaran, terkadang ada sabun madu yang mengandung komposisi madu hingga 30%. Biasanya, produk seperti ini harganya lebih mahal. Bila Anda ingin mendapat manfaat sabun madu, pilihlah produk yang mengandung madu sebanyak mungkin.

② Cek zat aktif dan bahan kecantikan lain dalam sabun

Dalam proses produksi, terkadang produsen sabun madu menambahkan beberapa bahan aktif lainnya. Bahan aktif tersebut memiliki berbagai manfaat dan dapat menciptakan sensasi berbeda-beda. Kali ini, kami akan merangkum bahan aktif yang umum ditambahkan ke dalam sabun madu.

Gliserol, zat aktif untuk melembapkan kulit

Gliserol, zat aktif untuk melembapkan kulit

Selama proses pembuatan sabun, terjadi reaksi kimia antara alkali (NaOH/KOH) dan lemak atau minyak. Reaksi antara semua komponen tersebut menghasilkan glycerin atau gliserol. Gliserol alami yang dihasilkan melalui proses tersebut sangat aman dan memiliki retensi kelembapan yang tinggi.


Zat aktif gliserol mampu menghidrasi kulit, melembapkan kulit kering, dan menyegarkan kulit. Tidak hanya itu, gliserol juga dapat bertindak sebagai emollient yang dapat melembutkan kulit. Bila Anda memiliki masalah eksim atau psoriasis, sabun madu yang mengandung gliserol dapat menjadi pilihan Anda.

Minyak zaitun, bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Minyak zaitun, bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Minyak zaitun juga menjadi salah satu bahan pembuatan sabun. Minyak zaitun, terutama extra virgin olive oil, mengandung asam oleic, asam linoleic, dan antioksidan yang tinggi. Senyawa tersebut mudah terserap kulit dan dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak kulit. 


Ketika Anda menggunakan sabun madu yang mengandung minyak zaitun, kulit akan terasa lembap. Selain itu, vitamin E dan polifenol yang terkandung di dalamnya juga dapat menutrisi kulit. Oleh karena keunggulan tersebut, terkadang Anda lupa menggunakan lotion untuk melembapkan kulit setelah mandi.

Minyak jojoba: Berperan sebagai antiperadangan pada kulit

Minyak jojoba: Berperan sebagai antiperadangan pada kulit
Minyak jojoba memiliki sifat antimikroba alami dan anti-inflamasi yang mampu menenangkan kulit. Dalam jurnal Pharmacological Research dinyatakan bahwa minyak jojoba yang diaplikasikan pada kulit iritasi memberikan efek anti-inflamasi. 

Dengan efek menenangkan, memperbaiki, sekaligus melembapkan kulit secara mendalam, kulit iritiasi pun dapat segera membaik. Minyak jojoba juga mengandung wax ester sehingga sering disebut sebagai minyak universal karena cocok untuk semua jenis kulit. Bahan ini mirip sebum yang dihasilkan kulit manusia dan mudah menyerap ke dalam kulit. 

Minyak argan, memiliki efek anti-aging untuk melawan penuaan dini

Minyak argan, memiliki efek anti-aging untuk melawan penuaan dini

Dalam dunia kecantikan, minyak argan dikenal sebagai moroccan oil dan digunakan sebagai bahan aktif dalam pembuatan sabun. Minyak argan mengandung asam lemak esensial dan memiliki sifat antioksidan, moisturizing, dan anti-aging


Minyak argan juga mengandung linoleic acid untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mengencangkan pori-pori kulit. Sementara itu, asam lemak omega, vitamin E, dan triterpenoid alkohol dalam minyak ini dapat menguatkan jaringan kulit.

Shea butter, melembutkan dan menghidrasi kulit

Shea butter, melembutkan dan menghidrasi kulit

Shea butter adalah pelembap alami yang mampu melembutkan dan meregenerasi kulit. Oleh karena itu, produk yang mengandung shea butter dapat menenangkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Selain itu, shea butter juga mengandung vitamin A dan E yang mampu melembutkan kulit. 


Tidak hanya itu, shea butter juga memiliki kemampuan menghidrasi kulit. Fakta ini membuat shea butter sering digunakan sebagai bahan untuk membuat lip balm untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Kemampuan menghidrasi ini pun menjadi salah satu alasan shea butter dijadikan bahan aktif dalam pembuatan sabun madu.

③ Pilih pembuatan produk dengan metode cold processed

Pilih pembuatan produk dengan metode cold processed

Cold processed adalah salah satu metode pembuatan sabun dengan menggabungkan minyak atau lemak dan larutan alkali. Dalam proses pembuatannya, Anda dapat memilih jenis minyak, aroma, pewarna, dan bahan lainnya. Keuntungan memilih metode cold processed adalah Anda dapat mengatur sendiri atas bahan-bahan yang digunakan. 


Metode ini tidak menambahkan detergen yang cenderung dapat menghilangkan minyak alami kulit. Sebaliknya, bahan aktif yang digunakan dalam proses pembuatan sabun justru bermanfaat untuk kulit. Bila Anda mencari sabun madu, pilihlah sabun yang diproduksi menggunakan metode cold processed. Namun, sebagian besar produsen sabun di Indonesia jarang mencantumkan metode tersebut dalam kemasan.

④ Ketahuilah varian tekstur sabun madu

Pada umumnya, sabun madu memiliki dua bentuk, yaitu cair dan padat atau batangan. Masing-masing tekstur memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Anda dapat memilih sesuai preferensi Anda. 

Sabun madu cair dengan sensasi busa lebih banyak

Sabun madu cair dengan sensasi busa lebih banyak

Sabun cair umumnya menghasilkan busa melimpah. Busa terbentuk saat agen pembusa (foaming agent) dalam sabun, detergen, dan sampo bercampur dengan udara dan air. Bahan yang digunakan sebagai agen pembusa adalah sodium laureth sulfate (SLES), sodium lauryl sulfate (SLS), dan coco-glucoside.


Banyak orang suka sabun cair dengan busa melimpah karena lebih menyenangkan. Namun, sabun madu cair juga memiliki kelemahan karena dapat mengikis minyak alami kulit. Akibatnya, kulit akan terasa kering. Agar kulit tetap lembap, Anda disarankan langsung mengaplikasikan pelembap setelah mandi untuk menghindari kulit kering.

Sabun madu batangan memiliki kandungan bahan kimia lebih sedikit

Sabun madu batangan memiliki kandungan bahan kimia lebih sedikit

Sabun madu batangan atau padat terbuat dari larutan alkali natrium hidroksida (NaOH). Jenis sabun batangan mengandung lebih banyak gliserol dan superfat yang baik untuk melembapkan kulit. Selain itu, sabun madu batangan juga mengandung bahan kimia lebih sedikit dibandingkan sabun cair


Walaupun demikian, sabun batangan juga memiliki reputasi buruk terkait kuman yang hidup dalam sabun. Menurut beberapa penelitian yang dihimpun Vice, sabun batangan yang digunakan di rumah dan tempat umum mengandung bakteri E. coli.


Makin sering digunakan, mikroorganisme yang terkandung di dalamnya pun makin banyak. Namun, bila digunakan secara pribadi dan higienis, hal itu tidak masalah karena tidak ada orang lain yang memakainya.

⑤ Carilah sabun madu yang bisa dipakai untuk badan dan wajah

Carilah sabun madu yang bisa dipakai untuk badan dan wajah

Secara umum, sabun multipurpose yang dapat digunakan untuk badan dan wajah jarang ditemukan. Hal ini disebabkan karena formula sabun untuk wajah dan tubuh berbeda. Kulit wajah cenderung lebih tipis dibandingkan dengan bagian tubuh lain. Bila Anda memiliki kulit sensitif dan salah memilih sabun, kulit dapat mengalami iritasi.


Namun, untuk produk yang dibuat dari bahan alami, seperti sabun madu, biasanya bisa dipakai untuk wajah maupun badan. Hal ini disebabkan karena sabun madu terbuat dari bahan alami yang lebih aman untuk kulit. Ada sebagian produsen menjual sabun madu yang dapat digunakan untuk wajah dan seluruh badan. Maka dari itu, periksalah label kemasan sebelum membeli produk tersebut, ya!

10 Rekomendasi sabun madu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun madu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Alvalio Makmur

Dhilisa Sabun Madu

Alvalio Makmur Dhilisa Sabun Madu  1枚目

Murah, dapat digunakan untuk wajah, badan, dan rambut

2

Ayu Jaya Lestari

Boliya Brightening Transparant Soap

Ayu Jaya Lestari Boliya Brightening Transparant Soap 1枚目

Tanpa bahan kimia, aman untuk kulit wajah

3

Bina Karya Prima

Dream Heritage Body Wash Royal Honey

Bina Karya Prima Dream Heritage Body Wash Royal Honey 1枚目

Bak Cleopatra, mandi madu setiap hari untuk haluskan kulit

4

L’Essential

Theraskin Transparant Honey Soap

L’Essential Theraskin Transparant Honey Soap 1枚目

Penggunaan bahan-bahan alami yang tidak menimbulkan iritasi

5

The Body Shop

Almond Milk & Honey Soothing & Caring Cleansing Bar

The Body Shop Almond Milk & Honey Soothing & Caring Cleansing Bar 1枚目

Perpaduan susu almond organik dan madu atasi rasa kering dan gatal pada kulit

6

Herbal Khansa

Madu Cantik Liquid Soap

Herbal Khansa Madu Cantik Liquid Soap 1枚目

Sabun madu untuk wajah dan badan dalam satu produk

7

SR12

Honey Soap

SR12 Honey Soap 1枚目

Cerahkan kulit secara alami, kulit pun tidak kusam lagi

8

Tazakka

Sabun Mandi Herbal Madu

Tazakka Sabun Mandi Herbal Madu 1枚目

Tingkatkan kualitas kulit tanpa membuat kantong bolong!

9

HPAI

Sabun Madu Transparan

HPAI Sabun Madu Transparan 1枚目

Perawatan seluruh tubuh dengan satu sabun!

10

Amway

G&H Nourish+ Complexion Bar

Amway G&H Nourish+ Complexion Bar 1枚目

Lolos uji dermatologi dan uji alergi! Nyaman untuk semua jenis kulit

Perincian produk
Close
No.1

Alvalio MakmurDhilisa Sabun Madu

Mulai dari Rp2.500,00

Murah, dapat digunakan untuk wajah, badan, dan rambut

Bila Anda mencari sabun madu yang serbaguna, produk dari Dhilisa ini dapat Anda pilih. Manfaat sabun madu Dhilisa juga cukup beragam. Misalnya untuk membantu mengatasi rambut rontok, mengatasi jerawat, meremajakan kulit, mencerahkan wajah, dan menghilangkan bau badan.


Produk ini mengandung antioksidan, vitamin B, C dan antibakteri untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV. Kini, Anda bisa merasakan perawatan dengan sabun madu dengan harga yang terjangkau.

No.2

Ayu Jaya LestariBoliya Brightening Transparant Soap

Mulai dari Rp2.750,00

Tanpa bahan kimia, aman untuk kulit wajah

Sabun madu Boliya memiliki aroma yang fresh dan tidak menyengat. Produk ini dibuat dari bahan-bahan alami tanpa bahan kimia berbahaya sehingga aman digunakan untuk wajah.


Selain dapat menghaluskan dan menghilangkan bekas jerawat, manfaat sabun madu Boliya juga dapat mengecilkan pori-pori wajah. Bila Anda rutin menggunakan sabun madu ini, masalah noda gelap di wajah pun dapat memudar. 

No.3

Bina Karya PrimaDream Heritage Body Wash Royal Honey

Mulai dari Rp33.000,00

Bak Cleopatra, mandi madu setiap hari untuk haluskan kulit

Sabun madu Dream Heritage Body Wash Royal Honey diproduksi dalam bentuk kemasan pouch. Sabun cair ini memiliki kandungan utama madu dan shea butter.


Formulasi shea butter yang terkandung dalam sabun ini dapat menghidrasi kulit dan melembutkan kulit kering. Dengan menggunakan sabun madu Dream, kulit Anda pun akan selalu kenyal dan tampak awet muda.

No.4

L’EssentialTheraskin Transparant Honey Soap

Mulai dari Rp25.312,00

Penggunaan bahan-bahan alami yang tidak menimbulkan iritasi

Bila Anda sedang dalam masa kehamilan atau menyusui, tetapi tidak ingin meninggalkan perawatan kulit, sabun ini bisa menjadi pilihan. Busa sabun alami yang sangat lembut menjadikannya nyaman untuk semua jenis kulit tanpa menimbulkan iritasi. 


Selain membersihkan kulit, sabun madu ini juga dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya karena tinggi antioksidan. Dengan menggunakannya secara teratur, kulit akan terasa halus, lembut, dan bersinar.

No.5

The Body ShopAlmond Milk & Honey Soothing & Caring Cleansing Bar

Mulai dari Rp79.000,00

Perpaduan susu almond organik dan madu atasi rasa kering dan gatal pada kulit

Perpaduan susu almond organik dan madu menjadikan sabun ini sangat nyaman digunakan untuk kulit sensitif dan kering. Produk ini menyesuaikan pH alami kulit dan melembapkannya sehingga dapat mengurangi tekstur kering dan gatal pada kulit. Dengan menggunakan sabun madu ini, kulit kering dan sensitif akan terasa lembut, bersih, dan harum.
No.6

Herbal KhansaMadu Cantik Liquid Soap

Mulai dari Rp60.000,00

Sabun madu untuk wajah dan badan dalam satu produk

Tidak semua sabun badan dapat digunakan untuk wajah. Hal ini disebabkan karena formula sabun untuk badan dan wajah berbeda. Namun, sabun madu yang satu ini berbeda dari yang lain.


Sabun Madu Cantik Sabun Madu Wajah & Badan terbuat dari bahan herbal yang aman digunakan untuk seluruh tubuh. Selain dapat melembapkan kulit, sabun ini juga dapat menangkal radikal bebas, memperlambat proses penuaan dini seperti keriput.

No.7

Cerahkan kulit secara alami, kulit pun tidak kusam lagi

Bila kulit kusam adalah permasalahan Anda, tidak ada salahnya mencoba sabun madu produksi SR12 ini! Penggunaan bahan-bahan berkualitas menjadikan produk ini mampu mencerahkan kulit secara alami.


Sabun ini diformulasikan untuk kulit kering dan sensitif. Dengan pemakaian teratur, kulit Anda akan terasa senantiasa halus, lembap, dan bebas jerawat.

No.8

TazakkaSabun Mandi Herbal Madu

Mulai dari Rp8.000,00

Tingkatkan kualitas kulit tanpa membuat kantong bolong!

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan banyak dana, tetapi ingin mencoba sabun madu, produk inilah jawabannya! Meski dipasarkan dengan harga sangat ekonomis, produk ini memiliki banyak manfaat yang bisa Anda peroleh.

Selain melembapkan dan menghaluskan kulit, sabun madu ini juga dapat melindungi kulit dari dampak sinar ultraviolet. Tak cuma itu, sabun ini juga bersifat antioksidan, antibakteri, dan antijamur.

No.9

HPAISabun Madu Transparan

Mulai dari Rp20.000,00

Perawatan seluruh tubuh dengan satu sabun!

Sabun madu transparan HPAI terbuat dari bahan berkualitas, dan memiliki manfaat menghaluskan dan melembutkan kulit. Bila digunakan secara rutin, produk ini dapat membantu menghilangkan jerawat di wajah sehingga wajah tampak lebih sehat.

Selain itu, sabun madu ini juga dapat digunakan untuk perawatan rambut. Sabun madu HPAI juga ampuh membantu mengatasi rambut rontok, menyuburkan, dan membuat rambut lebih berkilau. Produk ini pun dapat menjadi solusi bagi Anda yang mencari produk perawatan lengkap untuk seluruh tubuh.
No.10

AmwayG&H Nourish+ Complexion Bar

Mulai dari Rp140.000,00

Lolos uji dermatologi dan uji alergi! Nyaman untuk semua jenis kulit

Produk sabun madu Amway telah lolos uji dermatologi dan uji alergi sehingga cocok digunakan semua jenis kulit. Sabun ini tepat untuk membantu menutrisi dan menjaga kelembapan kulit Anda agar tetap sehat dan segar.


Meskipun busanya sangat banyak, Anda tak perlu khawatir karena tidak ada residu yang tertinggal di kulit. Selain itu, satu batang sabun dapat dipotong menjadi tiga bagian sehingga bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga.

Pertanyaan umum seputar sabun madu

Pertanyaan umum seputar sabun madu

Selain membahas cara memilih dan merekomendasikan produk, kami juga telah mengumpulkan beberapa pertanyaan populer mengenai sabun madu. Yuk, simak bersama-sama jawaban selengkapnya di bawah ini!

Apa perbedaan mendasar pada metode pembuatan sabun madu cair dan batangan?

Perbedaan mendasar proses pembuatan sabun madu cair dan batangan terletak pada komposisinya. Secara umum, komposisi bahan yang digunakan adalah larutan alkali dan minyak atau lemak. Sabun madu cair terbuat dari alkali KOH, sedangkan sabun madu batangan menggunakan alkali NaOH.


Selain itu, sabun madu cair menggunakan banyak zat kimia, mulai dari agen antibakteri, fragrance, surfaktan, dan lainnya. Sementara itu, sabun batangan menggunakan lebih sedikit bahan kimia dan eco-friendly.

Apakah susu yang ditambahkan pada sabun madu baik untuk kulit?

Ya, susu yang ditambahkan pada proses pembuatan sabun madu baik untuk kulit. Susu mengandung vitamin A, E, dan lactic acid yang dapat menutrisi, melembutkan, menghaluskan, dan mengencangkan kulit. Susu juga mudah meresap ke dalam pori kulit sehingga dapat memperbaiki kerusakan sel dan membuat kulit kenyal.

Baca juga rekomendasi sabun kecantikan lainnya di sini

Selain menggunakan sabun madu, Anda juga dapat mempertimbangkan sabun dengan kandungan bahan kecantikan lainnya agar kulit senantiasa terawat. Mari lihat berbagai rekomendasi sabun pilihan kami di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah menjabarkan cara memilih dan merekomendasikan sabun madu terbaik dari berbagai merek. Apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat untuk dipilih? Kandungan pelembap dari madu sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Ketika membeli sabun madu, perhatikanlah kandungan bahan lain selain madu yang bermanfaat untuk kulit Anda. Happy cleansing!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer