10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Meja belajar merupakan salah satu furnitur yang dibutuhkan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa untuk belajar maupun bekerja. Tak hanya itu, meja belajar juga dapat menjadi tempat penyimpanan untuk beberapa barang-barang Anda. Pemilihan meja belajar tentunya harus sesuai tingginya, material, serta memiliki tempat penyimpanan yang cukup sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan membeli meja belajar baru, silahkan membaca terlebih dahulu artikel dari kami ini. Kami akan membahas tentang cara memilih meja belajar serta memberikan rekomendasi meja belajar yang baik untuk Anda. Yuk, dibaca!

Daftar isi

Cara memilih meja belajar

Ada banyak produk meja belajar yang dapat Anda temui di pasaran. Akan tetapi, apa yang menjadi poin penting dalam memilih meja belajar? Berikut ulasan kami untuk Anda yang sedang memilih meja belajar.

Pilih yang dapat diatur ketinggiannya

Pilih yang dapat diatur ketinggiannya

Anak-anak memang bertumbuh dengan cepat. Meja belajar yang tidak dapat diatur ketingginya membuat anak kesulitan untuk menggunakannya karena lutut si anak dapat terbentur meja, pada saat anak bertumbuh besar nantinya. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan meja belajar yang dapat diatur ketinggiannya agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kebanyakan meja belajar memang tidak dapat diatur ketinggiannya. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mencari kursi yang dapat diatur ketinggiannya agar anak Anda dapat nyaman menggunakan meja belajar tersebut.

Perhatikan jumlah laci, agar buku tersusun rapi

Perhatikan jumlah laci, agar buku tersusun rapi

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan saat memilih meja belajar adalah ketersediaan laci yang cukup. Laci-laci ini dapat Anda gunakan untuk menyimpan berbagai barang agar meja belajar Anda tetap terjaga kerapihannya. Untuk anak Anda, pilihlah laci yang memiliki kunci karena laci tersebut dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga.

Desain yang sederhana

Desain yang sederhana

Meja belajar dengan gambar tokoh-tokoh kartun memang sangat disukai oleh anak-anak. Akan tetapi, pastinya anak-anak akan tumbuh dewasa dan tokoh-tokoh tersebut tidak lagi disukai. Hal ini membuat Anda perlu membeli meja belajar yang baru dan pastinya membutuhkan budget lagi. Desain meja belajar yang sederhana akan membuatnya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dan pastinya lebih menghemat pengeluaran Anda.

Perhatikan pemilihan material

Perhatikan pemilihan material

Ada 2 material yang biasa digunakan untuk meja belajar seperti solid wood atau thrust plate. Keduanya memiliki fitur dan kelebihan masing-masing. Berikut ulasannya.

Solid wood (muzzy)

Kayu alami yang digunakan untuk meja belajar akan menghasilkan tekstur yang semakin bagus jika semakin lama digunakan. Bobotnya yang cukup berat cocok untuk Anda yang ingin meletakkan meja belajar pada suatu tempat dalam jangka waktu yang lama.

Veneer plate (chord)

Thrust plate adalah lembaran kayu tipis yang ketebalannya hanya 0,2 mm. Saat digunakan sebagai meja belajar, sekilas teksturnya mirip dengan solid wood. Harga meja belajar dengan jenis kayu ini lebih murah karena material ini merupakan kayu campuran. Beratnya pun lebih ringan sehingga meja belajar tersebut lebih mudah untuk dipindahkan.

10 Rekomendasi meja belajar terbaik

Nah, bagaimana tips memilih meja belajar? Cukup mudah ya. Berikutnya kami akan memberikan 10 rekomendasi meja belajar terbaik untuk Anda.

10. Prissilia Meja Belajar Lipat Flip Flop Study Desk

 10. Prissilia Meja Belajar Lipat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.350.000

Solusi untuk Anda yang memiliki luas ruangan terbatas

Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau hunian yang kecil pastinya akan lebih memilih furnitur dengan ukuran yang kecil. Selain ukuran yang kecil, furnitur yang dapat dilipat juga dapat menjadi solusi bagi Anda. Meja belajar dari Prissilia dapat menjadi pilihan untuk ruangan Anda yang tidak begitu besar.

Meja belajar yang terbuat dari particle board ini memiliki bagian yang dapat dilipat jika tidak digunakan sehingga terlihat seperti rak. Meskipun ukurannya kecil, meja belajar ini dapat digunakan untuk menyimpan dokumen, buku, atau printer. Lebih efisien untuk ruangan kecil Anda bukan?

9. Pro Design Kido Meja Belajar Anak

9. Pro Design Kido Meja Belajar Anak 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.099.000

Meja belajar untuk si kecil

Si kecil pastinya memiliki banyak aktivitas seperti belajar menulis, menggambar, bahkan membaca. Pemilihan meja belajar untuk si kecil pun harus sesuai. Meja belajar dari Pro Design ini dirancang memiliki meja dan kursi yang menyatu sehingga tak perlu khawatir si kecil jatuh karena bermain-main dengan kursinya.

Meja belajar ini dilapisi dengan PVC sehingga si kecil tidak akan tergores kayu. Terdapat 2 bagian rak untuk menyimpan buku-buku maupun alat menggambar untuk si kecil. Di bagian bawah meja juga terdapat laci terbuka untuk menyimpan hasil karya si kecil. Meja ini tersedia dengan 2 pilihan warna yang dapat Anda pilih yaitu merah muda dan biru.

8. Meja Belajar WD45-150 WH

8. Meja Belajar WD45-150 WH

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.299.000

Untuk lantai rumah yang tidak rata

Anda tinggal di rumah dengan lantai yang tidak rata? Meja belajar yang miring karena lantai yang miring pun dapat mengganggu kinerja Anda. Untuk itu kami merekomendasikan meja belajar dari mahoni dengan fitur bagian bawah kaki meja yang dilengkapi dengan penyeimbang (adjuster) sehingga meja ini dapat menyesuaikan dengan lantai rumah Anda yang tidak rata.

Meja ini memiliki lebar 1,5 m yang cukup luas sehingga Anda dapat menggunakan laptop sekaligus menulis di atas kertas. Tempat penyimpanannya tidak banyak, hanya 2 laci yang berukuran 40 x 27,6 x 4,8 cm. Meja ini juga cocok untuk Anda yang sudah memiliki rak penyimpanan di rumah.

7. Grace 808LS A Meja Laptop

7. Grace 808LS A Meja Laptop

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 365.000

Bekerja lebih santai dengan duduk di lantai

Setelah seharian duduk di kursi kantor, mungkin Anda akan merasa nyaman untuk duduk di lantai setelah pulang bekerja untuk melanjutkan pekerjaan atau sekedar menonton serial drama favorit Anda. Grace 808LS A Meja Laptop merupakan meja belajar yang dapat Anda gunakan tanpa menggunakan kursi.

Meskipun pendek, meja ini memiliki laci penyimpanan yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan majalah maupun dokumen Anda. Pas untuk Anda yang tidak menyukai adanya banyak barang di meja. Selain itu, meja ini juga cocok digunakan untuk meletakkan komputer karena dilengkapi dengan tempat penyimpanan keyboard.

6. The Olive House Queen Anne Desk Set

6. The Olive House Queen Anne Desk Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.399.400

Desain vintage yang timeless

Bagi Anda yang memiliki desain furnitur vintage pastinya akan sangat cocok apabila seluruh furnitur Anda senada. Meja belajar The Olive House ini memiliki lekuk-lekuk dan desain yang cukup vintage untuk Anda. Tentunya sangat cantik untuk melengkapi koleksi furnitur Anda ya.

Warna putih dan kenop laci pada meja belajar ini menimbulkan kesan yang cukup mewah. Meja ini berukuran 120 x 66 x 76 cm dengan rak yang berukuran 113 x 29 x 115 cm yang dapat Anda gunakan untuk meletakkan buku-buku maupun ornamen kesukaan Anda.

5. IKEA MICKE Meja Keja Sudut

5. IKEA MICKE Meja Keja Sudut

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.999.000

Memanfaatkan sudut ruangan dengan lebih maksimal

Saat menata ruangan, terkadang area sudut menjadi sulit sekali untuk menjadi tempat furnitur sehingga tersisa area yang cukup luas di sudut ruangan Anda. Untuk memanfaatkan sudut ruangan dengan lebih optimal, meja belajar Micke dari IKEA adalah meja yang cocok. Meja belajar ini dirancang agar pas untuk sudut ruangan Anda.

Fitur lain yang menarik dari meja belajar ini adalah adanya papan tulis bermagnet untuk menempel catatan-catatan sehingga meja kerja Anda bebas dari kertas-kertas. Selain itu, rak yang ada pada sisi meja dapat Anda sesuaikan dengan barang-barang yang Anda simpan. Apakah Anda tertarik dengan meja ini?

4. Meja Belajar MBS 318

4. Meja Belajar MBS 318

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 440.000

Menyimpan lebih banyak barang

Anda yang memiliki banyak barang seperti dokumen maupun buku, pastinya membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih banyak agar barang-barang Anda tertata rapih. Meja Belajar MBS 318 dapat membuat Anda menghemat pengeluaran untuk membeli rak penyimpanan karena meja belajar ini memiliki banyak ruang penyimpanan.

Meja Belajar MBS 318 memiliki 4 lemari dan salah satunya memiliki sekat di dalamnya yang dapat digunakan untuk menyimpan lebih banyak barang. Bagian atas meja belajar juga terdapat ruang yang dapat Anda gunakan untuk menaruh koleksi buku-buku favorit Anda.

3. Kirana Lemari Pakaian 2 Pintu dengan Meja Belajar San Diego

3. Kirana Lemari Pakaian 2 Pintu dengan Meja Belajar

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.350.000

Lemari pakaian yang menyatu dengan meja belajar

Setelah mandi dan berganti pakaian, Anda akan merasa malas untuk melanjutkan pekerjaan. Agar Anda selalu termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan Anda, meja kerja yang menyatu dengan lemari pakaian ini dapat menjadi pilihan Anda. Setelah berganti pakaian, Anda dapat langsung duduk di depan komputer atau laptop Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

Meja belajar ini terbuat dari bahan kayu mahoni yang cukup kuat dan awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Terdapat pula beberapa rak pada meja belajar ini yang dapat digunakan untuk menyimpan buku, alat tulis, dan dokumen Anda. Panjang meja ini 194,5 cm, sangat cocok untuk meletakkan laptop dan digunakan untuk menulis.

2. Meja Belajar 5104

2. Meja Belajar 5104

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.440.000

Pas untuk Anda yang bekerja dengan PC

Anda yang bekerja dalam bidang IT pastinya sering menggunakan PC. Meja belajar ini memfasilitasi Anda dalam menggunakan PC karena terdapat tempat khusus untuk keyboard dan CPU sehingga perlengkapan PC Anda lebih tertata. Anda juga dapat meletakkan printer pada bagian sekat di bawah meja sehingga meja belajar Anda menjadi lebih rapih.

Meja belajar ini juga dilengkapi dengan laci, lemari, serta sekat-sekat. Tempat penyimpanan yang banyak ini tentunya membantu Anda dalam menata barang-barang keperluan Anda. Pada bagian atas juga terdapat ruang untuk menyusun buku-buku favorit Anda.

1. IKEA PAHL

1. IKEA PAHL

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.398.900

Meja yang sesuai tumbuh kembang anak

Anak-anak yang lebih cepat tinggi pastinya membutuhkan meja belajar yang lebih tinggi dari sebelumnya agar lebih pas saat digunakan. Produk meja belajar dari IKEA ini dapat disesuaikan tingginya sesuai dengan tinggi si kecil. Tentunya meja belajar dengan tinggi maksimum 72 cm ini dapat digunakan sampai si kecil tumbuh menjadi dewasa ya.

Anda juga tak perlu lagi repot dengan kabel yang berantakan karena sekat di antara kaki depan dan belakang meja dapat digunakan untuk meletakkan sambungan kabel sehingga kabel akan lebih tertata. Selain itu, meja ini juga dilengkapi dengan rak yang dapat diatur ketinggiannya untuk menyimpan mainan favorit si kecil serta buku-buku.

Kesimpulan

Nah, cukup banyak meja belajar yang dapat menjadi pilihan untuk Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan fitur-fitur meja belajar sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari bahan, tinggi, sampai tempat penyimpanan yang ada. Pastinya Anda ingin meja belajar tersebut digunakan dalam waktu yang cukup lama ya.

Apakah Anda merasa terbantu dengan artikel ini? Meja belajar manakah yang merupakan favorit Anda? Sesuaikan dengan budget Anda ya. Selamat memilih meja belajar yang pas!