• 10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Meja belajar adalah furnitur yang didesain supaya bisa menyimpan buku sehingga mudah diambil saat belajar. Di pihak lain, meja belajar dapat membantu tubuh berada di posisi yang tepat sehingga bisa lebih konsentrasi. Ketika konsentrasi terjaga, proses belajar jadi maksimal.

Setelah membaca poin di atas, Anda mungkin tertarik membeli meja belajar anak atau meja belajar dewasa. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih meja belajar terbaik. Kami juga akan merekomendasikan meja belajar yang bagus dari IKEA, Informa, dan model meja belajar terbaru dari merek lainnya. Jadi, baca artikelnya sampai tuntas!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 06 Juli 2022
Daftar isi

Cara memilih meja belajar

Ada banyak produk meja belajar yang dapat Anda temui di pasaran. Akan tetapi, apa yang menjadi poin penting dalam memilih meja belajar? Simak penjelasan di bawah ini karena kami akan menjelaskannya satu per satu.

Pilih ukuran meja belajar berdasarkan pengguna

Pilih ukuran meja belajar berdasarkan pengguna
Ukuran standar meja belajar anak dan ukuran meja belajar dewasa berbeda. Karena itu, sebelum membeli meja belajar, Anda harus menentukan dahulu siapa yang akan menggunakannya.

  • Untuk anak SD

Ukuran meja belajar anak SD akan berbeda dengan ukuran meja belajar anak SMP. Ukuran meja belajar yang ideal untuk anak SD adalah yang memiliki lebar 100 cm dan tinggi 60 cm. Meja belajar yang luas akan membuat mereka lebih nyaman, bahkan saat anak Anda belajar dengan 2–3 buku sekaligus.


  • Untuk anak SMP

Ketika memasuki SMP, tubuh anak-anak akan bertambah tinggi. Karena itu, ukuran ideal meja belajar untuk anak SMP adalah 120 cm (lebar) dan 65–75 cm (tinggi). Anda juga dapat menemukan meja belajar yang lebih ringkas untuk menghemat ruangan. Dalam hal ini, lebar meja belajar dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


  • Untuk SMA dan dewasa

Meja belajar remaja atau meja belajar anak SMA biasanya memiliki tinggi sekitar 75–80 cm. Untuk lebarnya sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau Anda hanya menggunakannya untuk membuka laptop atau membaca, meja dengan lebar 65 cm sudah cukup. Namun, jika Anda ingin menyimpan beberapa buku di atasnya, pilih meja belajar yang lebarnya 130 cm.

Sesuaikan juga ukurannya dengan postur tubuh

Sesuaikan juga ukurannya dengan postur tubuh

Setelah mengetahui ukuran meja belajar di pasaran, Anda harus menyesuaikannya dengan postur orang yang akan menggunakannya. Intinya, saat menggunakan meja belajar, posisi lutut harus membentuk sudut 90–125°. Sementara itu, saat tangan diletakkan di atas meja, posisi siku harus membentuk sudut 90–135°.


Hal tersebut mungkin agak tricky, tetapi Anda dapat mengatasinya dengan memilih meja yang ketinggiannya dapat diatur. Jadi, Anda hanya perlu mengatur ketinggian meja sesuai dengan orang yang akan menggunakannya. Hal ini tentu akan menghemat uang dan tempat. Tambahan lagi, pastikan ada jarak beberapa sentimeter antara kaki (paha) dengan bagian bawah meja belajar.

Tentukan desainnya dengan usia atau interior ruangan

Tentukan desainnya dengan usia atau interior ruangan
Desain meja belajar sering disepelekan, padahal hal ini termasuk penting. Jika Anda berencana membelikan meja belajar untuk anak saat memasuki sekolah dasar, meja berdesain colorful bisa dipertimbangkan. Anda juga dapat melengkapinya dengan stiker atau bantal karakter yang disukainya. Dengan begitu, anak-anak akan merasa memilikinya dan lebih semangat untuk belajar.

Sementara itu, meja belajar aesthetic atau meja belajar sederhana lebih cocok untuk orang dewasa. Meja belajar sederhana nan aesthetic biasanya cocok dengan berbagai interior dan memungkinkan untuk disimpan di dekat ruang tamu. Selain memperhatikan desain, perhatikan juga keberadaan laci dan rak buku karena keduanya memiliki peran tersendiri.


  • Laci

Laci pada meja belajar dapat digunakan untuk menyimpan buku atau peralatan belajar lain. Periksa kedalaman laci. Umumnya, laci yang tergolong besar memiliki panjang seukuran kertas A4. Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah menemukan barang yang dicari dan lebih mudah pula saat membersihkan laci meja belajar.


  • Rak

Rak juga dapat dipakai untuk menyimpan buku atau lampu belajar. Meja belajar dengan rak (di atas meja) mungkin akan lebih memakan tempat. Hal ini juga membuat buku yang diletakkan saat belajar jadi lebih sedikit. Jika Anda menginginkan area belajar yang luas, pilih meja belajar yang rak bukunya diletakkan di atas atau samping. Jadi, ruang yang tersisa untuk belajar tidak terlalu sempit.

Pertimbangkan meja belajar yang bisa dilipat

Pertimbangkan meja belajar yang bisa dilipat

Saat ini meja belajar lipat banyak diminati karena bisa diletakkan di atas atau di bawah lemari ketika dilipat. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang tinggal indekost karena dapat menghemat tempat. Di pihak lain, ukuran meja belajar lipat biasanya tidak terlalu besar dan bobotnya ringan sehingga mudah dipindahkan. Harga jenis meja belajar ini juga biasanya lebih terjangkau dibandingkan meja belajar biasa.


Jika Anda tertarik untuk mencari meja belajar lipat, coba buka tautan di bawah ini. Di dalamnya ada pembahasan mengenai cara memilih dan sepuluh rekomendasi meja belajar lipat.

Jangan lupa memperhatikan materialnya juga, ya!

Ada beberapa material yang biasa digunakan untuk meja belajar, seperti solid wood, veneer, dan logam. Bahan-bahan tersebut memiliki fitur dan kelebihan masing-masing. Berikut ulasannya!

Solid wood, pas untuk Anda yang membeli meja belajar untuk jangka panjang

Solid wood, pas untuk Anda yang membeli meja belajar untuk jangka panjang
Solid wood memiliki tekstur kayu alami yang membuatnya menarik. Meja belajar dengan bahan kayu terlihat hangat dan dapat digunakan untuk segala usia, baik pria maupun wanita.

Namun, kekurangan material ini ada pada sifat kayu yang juga dapat menyerap air, serta dapat retak jika terpapar panas terus-menerus. Namun, beberapa produsen meja belajar menggabungkan kayu dengan material lain untuk menghasilkan meja belajar yang lebih kuat. Pilihlah meja belajar kayu tipe ini jika ingin lebih awet digunakan.

Veneer, bersifat lebih ringan dan harganya lebih terjangkau

Veneer, bersifat lebih ringan dan harganya lebih terjangkau
Jika Anda mencari produk yang tahan lapuk, produk yang dilapisi dengan veneer dapat menjadi pilihan. Veneer adalah lembaran kayu tipis setebal 0,2 mm, yang digunakan sebagai bahan pelapis produk berbahan MDF, particleboard, dan sebagainya. Material ini sering digunakan sebagai bahan pembuat meja belajar. Bobotnya lebih ringan dibandingkan kayu solid dan dinilai lebih tahan lama.

Untuk penampilan luarnya mungkin tidak semewah kayu solid. Namun, karena material ini ringan dan cukup kuat, Anda bisa menggantinya dengan mudah sesuai dekorasi ruangan yang Anda inginkan. Selain itu, material ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau.

Logam, awet dan lebih tahan api

Furnitur berbahan logam memang terkenal berat dan rentan berkarat. Hal ini memang benar. Namun, jika Anda merawatnya dengan baik, furnitur logam akan lebih awet. Apalagi bahan logam lebih tahan api dan tahan banting. Anda juga tak perlu khawatir dengan cakaran hewan peliharaan karena logam tidak seperti kayu.


Keunggulan lain dari bahan logam adalah dapat dibentuk sesuai keinginan. Anda tinggal tentukan saja ingin mendapatkan kesan minimalis atau mewah. Namun, jangan lupa untuk melapisi kaki furnitur logam dengan karpet atau alas agar lantai tidak tergores.

Pilih meja belajar dengan rak dan kursi jika tidak ingin repot

Pilih meja belajar dengan rak dan kursi jika tidak ingin repot
Bagi Anda yang hobi mendesain ruangan dengan tema-tema tertentu, meja belajar yang dijual dalam bentuk set dapat menjadi pilihan. Anda dapat memiliki meja belajar lengkap dengan kursi dan rak yang memiliki warna serupa sehingga lebih matching dengan interior.

Rak dan kursi yang terpisah membuat Anda dapat menata posisinya sesuai keinginan. Saat Anda tidak menggunakan meja, rak dapat disimpan di bagian bawah meja. Namun, saat Anda memakai meja belajar, rak dapat ditarik ke sisi meja untuk menaruh ransel. Dengan demikian, area di sekitar kaki akan lebih luas. Sayangnya meja belajar yang sepaket dengan rak dan kursi seperti ini masih jarang di pasaran online Indonesia.

Periksa apakah produknya rakitan atau sudah jadi

Periksa apakah produknya rakitan atau sudah jadi
Sebelum Anda membeli sebuah produk, pastikan dahulu apakah produk tersebut sudah jadi atau berupa jenis rakitan. Produk rakitan biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Namun, Anda harus menyediakan waktu luang untuk merakitnya. Anda juga harus memiliki alat untuk memasang sekrup dan lainnya.

Selain itu, beberapa meja belajar memiliki bentuk yang cukup rumit sehingga produk rakitan mungkin akan sulit dikerjakan. Jika Anda tak percaya diri untuk merakit sendiri, sebaiknya Anda pilih produk jadi. Namun, Anda mungkin harus siap menanggung biaya pengiriman yang lebih besar. Oleh sebab itu, cermatilah deskripsi produk sebelum membelinya.

10 Rekomendasi meja belajar terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk meja belajar terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 2 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, IKEA - MICKE menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Pira Metropolis Meja Belajar memiliki angka penjualan tertinggi.

10

InformaJaime

Mulai dari Rp 1.599.000,00

Ukuran (P x L X T)120 cm x 60 cm x 114 cm
MaterialLogam, particle board
Jenis produkHarus dirakit
PenggunaAnak-anak dan dewasa
9

DekorumaVINN - Meja Belajar Minimalis dengan Rak

Mulai dari Rp 1.299.000,00

Ukuran (P x L X T)84 cm x 44,5 cm x 170 cm
MaterialKayu pinus solid, particle board
Jenis produkHarus dirakit
PenggunaDewasa
8
Ukuran (P x L X T)73 cm x 50 cm x 75 cm
MaterialBaja, particle board
Jenis produkHarus dirakit
PenggunaDewasa
7

Pira KidsHomu DKK Set Meja Belajar Anak dan Kursi

Mulai dari Rp 1.258.000,00

Ukuran (P x L X T)58,4 cm x 80 cm x 95,7 cm
MaterialGrade A hardwood particle board
Jenis produkHarus dirakit
PenggunaAnak-anak
6

OlympicKids Study Desk Big – Princess

SDB 0139

Mulai dari Rp 1.531.000,00

Ukuran (P x L X T)120 cm x 47 cm x 140 cm
MaterialParticle board, paper
Jenis produkHarus dirakit
PenggunaAnak-anak
5
Ukuran (P x L X T)120 cm x 40 cm x 156 cm
MaterialParticle board laminasi paper
Jenis produkSudah jadi
PenggunaDewasa
4

PengrajinMeja Belajar dan Kerja Lipat Minimalis Edition

MSB05

Mulai dari Rp 275.000,00

Ukuran (P x L X T)60 cm x 40 cm x 70 cm, 80 cm x 40 cm x 70 cm, 100 cm x 50 cm x 70 cm, 100 cm x 60 cm x 70 cm
MaterialLogam, particle board
Jenis produkSudah jadi
PenggunaAnak-anak dan dewasa
3
Ukuran (P x L X T)105 cm x 39,5 cm x 120 cm
MaterialKayu
Jenis produkSudah jadi
PenggunaAnak-anak dan dewasa
2

Offo LivingMeja Belajar dengan Rak Buku

AIKO - MTSL-1

Mulai dari Rp 550.000,00

Ukuran (P x L X T)100 cm x 59 cm x 96 cm
MaterialPine solid wood
Jenis produkHarus dirakit
PenggunaDewasa
1

Pira MetropolisMeja Kerja / Meja Belajar / Meja Komputer

DC 18 K

Mulai dari Rp 338.000,00

Ukuran (P x L X T)80 cm x 39,6 cm x 73 cm
MaterialGrade A hardwood particle board
Jenis produkHarus dirakit
PenggunaDewasa

Tabel perbandingan produk meja belajar terbaik

Gambar produk
1
Pira Metropolis Meja Kerja / Meja Belajar / Meja Komputer 1

Pira Metropolis

2
Offo Living Meja Belajar dengan Rak Buku 1

Offo Living

3
Meja Belajar 1

4
Pengrajin Meja Belajar dan Kerja Lipat Minimalis Edition 1

Pengrajin

5
Expo Meja Belajar SD 5115 1

Expo

6
Olympic Kids Study Desk Big – Princess 1

Olympic

7
Pira Kids Homu DKK Set Meja Belajar Anak dan Kursi 1

Pira Kids

8
IKEA MICKE 1

IKEA

9
Dekoruma VINN - Meja Belajar Minimalis dengan Rak 1

Dekoruma

10
Informa Jaime 1

Informa

Nama produk

Meja Kerja / Meja Belajar / Meja Komputer

Meja Belajar dengan Rak Buku

Meja Belajar

Meja Belajar dan Kerja Lipat Minimalis Edition

Meja Belajar SD 5115

Kids Study Desk Big – Princess

Homu DKK Set Meja Belajar Anak dan Kursi

MICKE

VINN - Meja Belajar Minimalis dengan Rak

Jaime

Keunggulan

Meja belajar atau meja komputer? Semua bisa!

Meja belajar aesthetic membedakannya dari meja lain

Simpan lebih banyak barang di meja belajar ini

Meja belajar lipat dengan harga mulai dari 300 ribuan

Bergaya modern classic, desainnya manis dan tak kalah dengan produk terbaru

Hadirkan karakter Princess di meja belajar anak perempuan Anda

Belajar lebih seru dengan meja belajar unik dan lucu

Dilengkapi lubang kabel, tidak ada lagi kabel kusut!

Meja belajar minimalis, solusi untuk ruangan terbatas

Desain modern! Dilengkapi juga dengan rak penghalang

Harga mulai dariRp 338.000,00Rp 550.000,00Rp 429.000,00Rp 275.000,00Rp 1.250.000,00Rp 1.531.000,00Rp 1.258.000,00Rp 999.000,00Rp 1.299.000,00Rp 1.599.000,00
Ukuran (P x L X T)80 cm x 39,6 cm x 73 cm100 cm x 59 cm x 96 cm105 cm x 39,5 cm x 120 cm60 cm x 40 cm x 70 cm, 80 cm x 40 cm x 70 cm, 100 cm x 50 cm x 70 cm, 100 cm x 60 cm x 70 cm120 cm x 40 cm x 156 cm 120 cm x 47 cm x 140 cm58,4 cm x 80 cm x 95,7 cm73 cm x 50 cm x 75 cm84 cm x 44,5 cm x 170 cm120 cm x 60 cm x 114 cm
MaterialGrade A hardwood particle boardPine solid woodKayuLogam, particle boardParticle board laminasi paperParticle board, paperGrade A hardwood particle boardBaja, particle boardKayu pinus solid, particle board Logam, particle board
Jenis produkHarus dirakitHarus dirakitSudah jadiSudah jadiSudah jadiHarus dirakitHarus dirakitHarus dirakitHarus dirakitHarus dirakit
PenggunaDewasaDewasaAnak-anak dan dewasaAnak-anak dan dewasaDewasaAnak-anakAnak-anakDewasaDewasaAnak-anak dan dewasa
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk peralatan belajar lainnya di sini

Selain meja, Anda tentu membutuhkan peralatan lain untuk mendukung kegiatan belajar. Oleh sebab itu, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel lain yang membahas produk terkait. Cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Nah, cukup banyak meja belajar yang dapat menjadi pilihan untuk Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan fitur-fitur meja belajar, materialnya, tinggi, sampai sisa ruang di rumah Anda.

Pastinya Anda ingin meja belajar tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lama, bukan? Oleh sebab itu, perhatikan poin-poin penting yang sudah kami bahas di atas. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Supaya tidur Anda nyaman serta terhindar dari sakit punggung, Anda bisa menggunakan kasur spring bed. Sesuai namanya, kasur spring bed adalah kasur yang menggunakan lapisan per atau spring. Kini, kasur spring bed di pasaran makin inovatif dengan harga bervariasi, mulai 1 jutaan, 2 jutaan, hingga puluhan juta.Karena itu, agar Anda bisa menemukan produk yang bagus, ikutilah tips-tips memilihnya dalam artikel ini. Daftar rekomendasi berisi kasur spring bed terbaik juga akan Anda temukan. Ada kasur spring bed merek Central, Bigland, In The Box, Airland, dan sebagainya. Yuk, disimak!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda merasa pegal dan lelah ketika bangun tidur? Beralihlah menggunakan kasur yang nyaman, salah satunya kasur busa. Kasur busa bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak menyukai spring bed karena alasan berharga mahal dan berukuran besar.Masalahnya, di pasaran tersedia kasur busa lipat dan matras sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Oleh karena itu, Anda dapat mengikuti tips memilih kasur busa yang bagus dari kami di artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi kasur busa terbaik, seperti merek Inoac, Royal Foam, Domi Bed, dan Olympic. Yuk, disimak!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bantal tidur yang nyaman dan empuk akan membuat Anda serasa tidur di hotel berbintang. Dari segi kesehatan, pemilihan jenis bantal yang tepat juga dapat mengurangi ketegangan leher. Ada beragam model bantal yang bisa Anda pilih untuk tidur sehari-hari serta memiliki manfaat untuk kesehatan.Untuk membantu Anda memilih, kali ini kami akan membahas poin-poin penting saat mencari bantal tidur terbaik. Kami juga akan merekomendasikan merek bantal tidur yang bagus, seperti King Koil, Restking, Willow Pillow, dan Therapedic. Simak terus artikelnya untuk menemukan bantal tidur yang bagus dan empuk!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kasur yang Anda gunakan sangatlah memengaruhi kualitas tidur. Jika Anda merasa lelah dan pegal ketika bangun tidur, bisa jadi Anda salah memilih kasur. Saat ini tersedia banyak kasur matras dari berbagai merek, seperti Quantum, INTHEBOX, IKEA, dan sebagainya. Tipenya pun banyak, ada kasur orthopedic, kasur latex, atau kasur dengan mattress topper.Kali ini kami akan membantu Anda memilih kasur matras yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga telah menyiapkan review beserta rekomendasi kasurnya. Nah, mari simak informasi di bawah ini dan tentukan pilihan Anda!
    Kamar tidur
  • 10 Merk Sprei Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sprei Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kasur dengan sprei yang nyaman bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Dengan sprei yang bahannya lembut serta motifnya serasi dengan interior kamar, kualitas tidur pun tentu meningkat. Jadi, saat bangun keesokan harinya, Anda akan makin semangat untuk beraktivitas.Ada banyak merek sprei yang bagus di pasaran, seperti My Love, Kintakun, hingga California. Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi dan review sprei terbaik, dari yang adem sampai yang waterproof. Sprei rekomendasi kami hadir dengan berbagai pilihan harga dari banyak merek lokal. Namun, sebelumnya, simak dahulu cara memilihnya berikut ini!
    Kamar tidur
  • 10 Merk Bantal Guling yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Bantal Guling yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan bantal dan guling yang tepat tentu akan meningkatkan kualitas tidur Anda. Bantal dan guling memiliki efek mengurangi tekanan pada tubuh saat tidur. Karena itu, Anda memerlukan bantal dan guling yang mampu menyangga kepala dan tubuh dengan baik.Ada begitu banyak produk yang berbeda ukuran, harga, tekstur, dan sebagainya di pasaran. Terdapat juga berbagai merek, seperti Cozylila, Dunlopillo, dan Domi Bed. Hal ini tentu membuat Anda kebingungan memilih. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan Anda rekomendasi bantal guling terbaik. Ayo memilih bantal guling yang bagus untuk Anda!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Kasur Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sedang menata ulang kamar Anda karena terasa sesak? Jadikan kasur lantai busa sebagai pilihan tempat tidur supaya kamar Anda terasa lebih lega. Untuk kamar anak-anak, kasur lantai karakter menjadi pilihan tepat. Namun, jika ingin tidur dengan merasakan sensasi yang lembut, Anda dapat memilih kasur lantai bulu. Banyaknya pilihan kasur lantai mungkin membuat Anda bingung. Karena itulah, kami akan membahas cara memilih kasur lantai yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi kasur lantai terbaik, seperti kasur lantai merek Quantum, Florence, dan Uniland. Maka dari itu, sebaiknya Anda membaca artikel kami berikut!
    Kamar tidur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori