• 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Recorder umumnya mulai dikenal semasa SD atau SMP pada pelajaran kesenian. Anda pasti menganggap alat musik ini kuno dan tidak keren untuk dimainkan. Namun, pikirkan lagi anggapan tersebut karena musisi ternama seperti Paul McCartney dari The Beatles, Jimi Hendrix, dan John Paul Jones dari Led Zeppelin pernah mengisi part lagu mereka dengan alat musik tiup ini.

Di artikel berikut ini, kami menjelaskan cara memilih recorder yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Bersamaan dengan itu, akan diperkenalkan juga sepuluh recorder pilihan dari merek terkenal seperti Yamaha dan Aulos yang sangat layak dimiliki. Jadi, simaklah artikel ini sampai selesai!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 911 Views
Daftar isi

Beberapa tipe recorder

Beberapa tipe recorder
Menurut suara yang dihasilkan, alat musik recorder terbagi dalam beberapa jenis. Dua di antaranya yang cukup populer adalah sopran dan alto. Biasanya yang digunakan pada pelajaran kesenian semasa SD dan SMP adalah recorder jenis sopran.
Recorder sopran merupakan jenis recorder yang dapat menghasilkan nada-nada tinggi. Suling ini memiliki diameter badan yang lebih langsing daripada recorder jenis alto. Nada-nada yang dihasilkan recorder ini dapat panjang dengan bunyi treble.
Sebaliknya, recorder alto merupakan recorder yang dikhususkan untuk memainkan nada-nada rendah. Cara bermainnya juga sedikit berbeda dengan jenis sopran. Jika hendak membunyikan nada “do” di recorder sopran, Anda harus menutup semua lubang pada badan recorder. Nada yang hampir sama bisa Anda dapat dari recorder alto dengan menutup lubang nomor 0, 1, 2 dan 3. Jadi, jenis ini memiliki peran sebagai pondasi karena nada bas yang dikeluarkannya.
Sebenarnya masih ada beberapa jenis recorder lagi selain yang telah kami sebutkan di atas. Contohnya sopranino yang memiliki bunyi treble. Ada juga recorder jenis tenor dan bas yang mampu menghasilkan suara rendah. Sayangnya, recorder jenis bas jarang ditemui di Indonesia.

Cara memilih recorder

Jika Anda ingin membeli recorder, beberapa hal ini layak Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan. Tentunya sayang jika harus membuang uang untuk membeli barang-barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan serta keinginan kita, bukan?

Baroque style (British style) atau German style

Baroque style (British style) atau German style
Ada dua macam tipe recorder yakni Baroque style (British style) dan German style. Perbedaan dari dua jenis ini sebenarnya tidak terlalu mencolok, namun bisa dikatakan bahwa German style menekankan untuk kemudahan memainkannya. Sedangkan, Baroque style lebih menekankan pada keluasan performa.
Perbedaan yang signifikan pada keduanya adalah posisi fingering (bagaimana cara menutup lubang) ketika memainkan kunci F (nada “fa” pada F major ). Penempatan posisi jari-jari untuk memainkan nada tersebut lebih mudah dilakukan pada recorder German style. Maka dari itu, German style lebih sering digunakan untuk media pembelajaran kesenian di sekolah. Baroque style sendiri identik dengan keluasan performa karena suara yang dihasilkan lebih stabil. Kebanyakan recorder yang terbuat dari kayu-kayu mahal adalah jenis Baroque. Jadi, untuk Anda yang ingin memainkan recorder lebih dari sekedar hobi, lebih baik memilih recorder Baroque style karena akan lebih berguna dalam jangka panjang.
Jadi, bagi Anda yang ingin bermain recorder dengan mudah, jatuhkan saja pilihan Anda pada recorder German style. Sedangkan bagi Anda yang ingin bermain recorder lebih emosional lagi atau hendak serius agar bisa tampil di sebuah konser atau semacamnya, recorder Baroque style merupakan pilihan yang tepat. Sebagai pengingat, biasanya recorder German stlye ditandai oleh huruf “G” yang ada di bagian pipanya. Berbeda lagi pada recorder Baroque style, biasanya tipe ini ditunjukkan oleh huruf “E” yang tercetak di bagian pipanya.

Pilihlah recorder dengan bunyi yang sesuai selera

Pilihlah recorder dengan bunyi yang sesuai selera
Memilih alat musik dengan bunyi sesuai selera adalah hal yang penting. Begitu juga dengan recorder, karena suara-suara yang dihasilkan tiap recorder bisa berbeda-beda tergantung tipenya. Sangat penting sekali memainkan atau paling tidak mendengarkan hasil suara dari recorder yang Anda idamkan sebelum membeli. Dalam memilih recorder jenis sopran, perlu untuk mengecek seberapa panjang nada serta tingkat lengking treble-nya yang mampu dihasilkannya. Jika Anda tertarik membeli recorder alto, sebaiknya Anda memperhatikan resonansi suaranya di telinga, kekuatan nada harmonik serta kehangatan bunyi yang dihasilkannya.
Kami sarankan Anda mencoba banyak recorder, karena suara yang dihasilkan tiap-tiap produk dapat berbeda baik recorder yang terbuat dari kayu maupun plastik. Selain berguna untuk menentukan mana instrumen yang cocok, tindakan ini juga mampu melatih kepekaan telinga Anda akan nada. Dan ketika Anda telah menemukan instrumen yang benar-benar cocok, jangan segera memutuskan untuk membeli. Bandingkanlah fitur dan suara yang dihasilkan produk tersebut dengan recorder lain.

Apakah akan memenuhi kebutuhan atau tidak?

Apakah akan memenuhi kebutuhan atau tidak?
Membeli recorder agar dapat memainkan lagu-lagu melaluinya adalah niat yang baik. Namun, lebih penting lagi untuk memilih jenis recorder yang sesuai dengan format pertunjukan yang hendak digeluti. Misalnya, Anda akan bermain solo menggunakan recorder atau ikut bergabung dengan kelompok ensemble. Penting untuk menyelaraskan visi sewaktu memilih karena recorder yang dimainkan dengan hebat dapat menggerakkan hati. Ketika itulah Anda dapat menciptakan atmosfer di panggung yang sanggup melahirkan kekaguman dari penonton!
Anda dapat menghasilkan suara yang indah lewat ensemble kecil dengan hanya membagi bagian nada atas sopran, alto, tenor dan bas. Begitu juga saat bermain bersama perkusi, Anda akan mendapatkan sensasi kolaborasi yang berbeda dari ensemble ortodoks. Kami sarankan untuk melihat video-video pertunjukan atau kolaborasi musik yang menggunakan recorder jika Anda ingin tahu variasi lain yang mungkin dilakukan melalui instrumen ini.

10 Rekomendasi recorder terbaik

Di bagian berikut ini, secara khusus kami akan menghadirkan produk-produk recorder yang layak untuk Anda miliki. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda!

10. Yamaha YRS-20G Blue

Rp 35.000,00

8. Nuvo N310 Descant Recorder

Rp 120.000,00

7. Yamaha YRN-21

Rp 109.000,00

6. Yamaha YRA-27 III G

Rp 275.000,00

5. Yamaha YRS-23

Rp 40.000,00

4. Yamaha YRA-302BIII

Rp 625.000,00

3. Aulos A709B

Rp 1.220.000,00

2. Yamaha Tenor YRT-304BII

Rp 1.274.875,00

Kesimpulan

Recorder merupakan alat musik yang sederhana, tetapi menarik untuk dimainkan. Jika Anda baru mulai bermain, pilihlah produk-produk yang cocok untuk pemula. Namun, jika di tengah jalan Anda merasakan bahwa bermain recorder secara serius menarik untuk dilakukan, upgrade recorder Anda dengan alat yang lebih baik. Siapkah untuk bermain lagu “Stairway To Heaven” dari Led Zeppelin menggunakan instrumen ini?

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Earphone Earpad Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Earphone Earpad Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Di zaman sekarang ini, earphone bisa dikatakan adalah benda penting yang hampir selalu dibawa ke mana-mana, apalagi bagi Anda para pecinta musik. Untuk mendapatkan ketepatan dan kualitas suara terbaik dari earphone, penting untuk memilih earpad yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.Earpad, atau yang juga dikenal dengan istilah earbud tip, tersedia di pasaran dalam berbagai jenis, baik yang terbuat dari silikon, busa, dan lainnya. Namun, bagaimana caranya memilih earphone earbud yang terbaik? Simaklah pembahasan dan rekomendasi produk kali ini dan nikmatilah musik favorit dengan menemukan earpad yang paling tepat untuk Anda!
    Musik
    410 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    4.634 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menjadi musisi adalah impian bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi gitaris. Banyak orang di dunia, tua atau muda, membeli gitar dan mempelajarinya. Ada yang bermain gitar akustik dan ada yang bermain gitar listrik. Apakah Anda tahu alat pendukung apa yang gitar Anda perlukan?Ya, amplifier adalah salah satu alat pendukung gitar yang pastinya Anda perlukan. Anda sudah mengetahui merek amplifier terkenal seperti Marshall, Roland, Fender. Namun, apakah Anda tahu cara memilih amplifier gitar terbaik? Simak artikel kami di bawah ini dan dapatkan referensinya!
    Musik
    4.894 Views
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda bisa memiliki MP3 Player yang memiliki kualitas suara terbaik. Produsen yang terkenal handal dalam menciptakan produk MP3 Player berkualitas dengan berbagai fitur menarik salah satunya adalah Sony.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk MP3 Player terbaik dengan membandingkan performa, fitur dan harganya. Kami juga akan menjelaskan cara memilih MP3 Player agar Anda bisa menemukan produk favorit Anda dan menikmati lagu dengan kualitas suara terbaik pula. Jadi, sudah siap memilih MP3 Player terbaik Anda?
    Musik
    4.512 Views
  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pick gitar merupakan alat yang sangat penting bagi pemain gitar. Namun, memilih pick gitar yang cocok mungkin akan terasa menyulitkan bagi seorang pemula. Terlebih pick gitar memiliki beragam bentuk, ketebalan, serta material pembuat. Tentu hal tersebut semakin membingungkan Anda, bukan?Sekarang, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih pick gitar. Setelah itu, kami akan memberikan rekomendasi produk pilihan keluaran Jim Dunlop, D’Addario, Gravity, dan sebagainya untuk Anda. Kami harap rekomendasi kami dapat membantu Anda menemukan pick gitar yang pas. Selamat membaca!
    Musik
    2.164 Views
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Harmonika merupakan alat musik tiup berukuran kecil, tetapi bersuara impresif. Meski bentuknya sederhana, harmonika menghasilkan nada yang kaya sehingga banyak digunakan di berbagai genre musik. Bagi Anda yang pemula, Anda mungkin masih bingung dalam mencari harmonika yang tepat.Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih harmonika terbaik dan merekomendasikan beberapa produknya. Di antaranya adalah Hohner, Seydel, Suzuki dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Musik
    2.197 Views
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bass Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Berbicara mengenai instrumen musik, maka yang umum terlintas di kepala adalah alat-alat musik seperti gitar listrik, drum serta bass gitar. Khususnya untuk bass gitar, alat musik ini memiliki kriteria pemilihan yang lebih kompleks dibandingkan alat musik lain.Untuk pemula, ada beberapa kriteria dalam memilih bass yang baik, tetapi banyak orang belum mengetahuinya.Maka dari itu, kali ini kami akan memulai dengan menjelaskan cara memilih bass untuk Anda yang masih awam mengenai bass. Kemudian, kami akan merekomendasikan 10 bass terbaik yang disarankan untuk pemula. Mari mainkan lagu favorit Anda dengan menemukan bass yang tepat!
    Musik
    2.623 Views
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Instrumen musik bass atau gitar bass menghasilkan hentakan nada rendah yang berperan penting dalam band, grup musik, dan sebagainya. Anda akan menemukan berbagai produk bass dengan merek Fender, Ibanez, Yamaha, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi satu sama lain. Hal tersebut bisa saja membuat Anda kebingungan saat hendak membeli bass yang paling tepat.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi bass terbaik. Anda akan menemukan berbagai bass berkualitas yang berbeda fitur dan spesifikasi satu sama lain dalam daftar rekomendasi ini. Pilihlah produk yang bagus untuk Anda dan paling Anda sukai, ya!
    Musik
    1.335 Views
  • 10 Rekomendasi Headphone Sony Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Headphone Sony Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Headphone Sony memang kerap membuat penggemar musik tergila-gila. Sony selalu mengeluarkan berbagai headphone baru yang dibekali teknologi canggih hasil riset terkini. Namun, banyaknya pilihan seri dan model membuat sebagian orang merasa kesulitan dalam memilihnya.Selain model yang sudah cukup populer, seperti WH-1000XM3 dan MDR-XB950, ada banyak pilihan model lain yang dapat dipilih. Untuk itu, simaklah informasi mengenai tipe, spesifikasi, maupun cara memilih, serta rekomendasi headphone Sony di bawah ini!
    Musik
    714 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    4.866 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Gibson, dan berbagai merek lainnya.Meski begitu, dengan banyak variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    20.426 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda seorang pemain musik dan ingin mencoba mendalami alat musik baru? Atau Anda seseorang yang baru ingin belajar alat musik? Tak ada salahnya untuk mencoba ukulele, alat musik yang mirip seperti gitar tetapi lebih kecil. Meskipun ukulele identik dengan Hawaii, ternyata alat musik ini dapat pula digunakan untuk jenis musik lainnya seperti Jazz maupun Pop.Untuk memudahkan Anda memilih jenis ukulele yang tepat dan sesuai, kami berikan tips dalam memilih ukulele dan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Musik
    8.662 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    4.866 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    4.634 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menjadi musisi adalah impian bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi gitaris. Banyak orang di dunia, tua atau muda, membeli gitar dan mempelajarinya. Ada yang bermain gitar akustik dan ada yang bermain gitar listrik. Apakah Anda tahu alat pendukung apa yang gitar Anda perlukan?Ya, amplifier adalah salah satu alat pendukung gitar yang pastinya Anda perlukan. Anda sudah mengetahui merek amplifier terkenal seperti Marshall, Roland, Fender. Namun, apakah Anda tahu cara memilih amplifier gitar terbaik? Simak artikel kami di bawah ini dan dapatkan referensinya!
    Musik
    4.894 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    3.218 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Terbaik untuk Mendengarkan Musik Rock (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Speaker Terbaik untuk Mendengarkan Musik Rock (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda penikmat musik rock? Musik yang sudah memiliki banyak jenis ini, seperti punk rock, post-rock, alternative rock, dan rock ballads, akan terdengar lebih baik jika Anda memakai speaker. Saat sedang mencari jenis speaker yang cocok, mungkin Anda bingung memilih karena ada banyak merek yang dijual, seperti JBL, Marshall, Pioneer, dan sebagainya. Untuk itu, kami akan memperkenalkan sepuluh produk speaker yang cocok untuk menyuarakan musik rock dengan dahsyat. Selain itu, kami juga akan menyampaikan tips dan trik untuk memilih speaker yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetap disimak, ya!
    Musik
    152 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori