10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Recorder umumnya mulai dikenal semasa SD atau SMP pada pelajaran kesenian. Anda pasti menganggap alat musik ini kuno dan tidak keren untuk dimainkan. Namun, pikirkan lagi anggapan tersebut karena musisi ternama seperti Paul McCartney dari The Beatles, Jimi Hendrix, dan John Paul Jones dari Led Zeppelin pernah mengisi part lagu mereka dengan alat musik tiup ini.

Di artikel berikut ini, kami menjelaskan cara memilih recorder yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Bersamaan dengan itu, akan diperkenalkan juga sepuluh recorder pilihan dari merek terkenal seperti Yamaha dan Aulos yang sangat layak dimiliki. Jadi, simaklah artikel ini sampai selesai!

Daftar isi

Beberapa tipe recorder

Beberapa tipe recorder

Menurut suara yang dihasilkan, alat musik recorder terbagi dalam beberapa jenis. Dua di antaranya yang cukup populer adalah sopran dan alto. Biasanya yang digunakan pada pelajaran kesenian semasa SD dan SMP adalah recorder jenis sopran.

Recorder sopran merupakan jenis recorder yang dapat menghasilkan nada-nada tinggi. Suling ini memiliki diameter badan yang lebih langsing daripada recorder jenis alto. Nada-nada yang dihasilkan recorder ini dapat panjang dengan bunyi treble.

Sebaliknya, recorder alto merupakan recorder yang dikhususkan untuk memainkan nada-nada rendah. Cara bermainnya juga sedikit berbeda dengan jenis sopran. Jika hendak membunyikan nada “do” di recorder sopran, Anda harus menutup semua lubang pada badan recorder. Nada yang hampir sama bisa Anda dapat dari recorder alto dengan menutup lubang nomor 0, 1, 2 dan 3. Jadi, jenis ini memiliki peran sebagai pondasi karena nada bas yang dikeluarkannya.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis recorder lagi selain yang telah kami sebutkan di atas. Contohnya sopranino yang memiliki bunyi treble. Ada juga recorder jenis tenor dan bas yang mampu menghasilkan suara rendah. Sayangnya, recorder jenis bas jarang ditemui di Indonesia.

Cara memilih recorder

Jika Anda ingin membeli recorder, beberapa hal ini layak Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan. Tentunya sayang jika harus membuang uang untuk membeli barang-barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan serta keinginan kita, bukan?

Baroque style (British style) atau German style

Baroque style (British style) atau German style

Ada dua macam tipe recorder yakni Baroque style (British style) dan German style. Perbedaan dari dua jenis ini sebenarnya tidak terlalu mencolok, namun bisa dikatakan bahwa German style menekankan untuk kemudahan memainkannya. Sedangkan, Baroque style lebih menekankan pada keluasan performa.

Perbedaan yang signifikan pada keduanya adalah posisi fingering (bagaimana cara menutup lubang) ketika memainkan kunci F (nada “fa” pada F major ). Penempatan posisi jari-jari untuk memainkan nada tersebut lebih mudah dilakukan pada recorder German style. Maka dari itu, German style lebih sering digunakan untuk media pembelajaran kesenian di sekolah. Baroque style sendiri identik dengan keluasan performa karena suara yang dihasilkan lebih stabil. Kebanyakan recorder yang terbuat dari kayu-kayu mahal adalah jenis Baroque. Jadi, untuk Anda yang ingin memainkan recorder lebih dari sekedar hobi, lebih baik memilih recorder Baroque style karena akan lebih berguna dalam jangka panjang.

Jadi, bagi Anda yang ingin bermain recorder dengan mudah, jatuhkan saja pilihan Anda pada recorder German style. Sedangkan bagi Anda yang ingin bermain recorder lebih emosional lagi atau hendak serius agar bisa tampil di sebuah konser atau semacamnya, recorder Baroque style merupakan pilihan yang tepat. Sebagai pengingat, biasanya recorder German stlye ditandai oleh huruf “G” yang ada di bagian pipanya. Berbeda lagi pada recorder Baroque style, biasanya tipe ini ditunjukkan oleh huruf “E” yang tercetak di bagian pipanya.

Pilihlah recorder dengan bunyi yang sesuai selera

Pilihlah recorder dengan bunyi yang sesuai selera

Memilih alat musik dengan bunyi sesuai selera adalah hal yang penting. Begitu juga dengan recorder, karena suara-suara yang dihasilkan tiap recorder bisa berbeda-beda tergantung tipenya. Sangat penting sekali memainkan atau paling tidak mendengarkan hasil suara dari recorder yang Anda idamkan sebelum membeli. Dalam memilih recorder jenis sopran, perlu untuk mengecek seberapa panjang nada serta tingkat lengking treble-nya yang mampu dihasilkannya. Jika Anda tertarik membeli recorder alto, sebaiknya Anda memperhatikan resonansi suaranya di telinga, kekuatan nada harmonik serta kehangatan bunyi yang dihasilkannya.

Kami sarankan Anda mencoba banyak recorder, karena suara yang dihasilkan tiap-tiap produk dapat berbeda baik recorder yang terbuat dari kayu maupun plastik. Selain berguna untuk menentukan mana instrumen yang cocok, tindakan ini juga mampu melatih kepekaan telinga Anda akan nada. Dan ketika Anda telah menemukan instrumen yang benar-benar cocok, jangan segera memutuskan untuk membeli. Bandingkanlah fitur dan suara yang dihasilkan produk tersebut dengan recorder lain.

Apakah akan memenuhi kebutuhan atau tidak?

Apakah akan memenuhi tujuan atau tidak?

Membeli recorder agar dapat memainkan lagu-lagu melaluinya adalah niat yang baik. Namun, lebih penting lagi untuk memilih jenis recorder yang sesuai dengan format pertunjukan yang hendak digeluti. Misalnya, Anda akan bermain solo menggunakan recorder atau ikut bergabung dengan kelompok ensemble. Penting untuk menyelaraskan visi sewaktu memilih karena recorder yang dimainkan dengan hebat dapat menggerakkan hati. Ketika itulah Anda dapat menciptakan atmosfer di panggung yang sanggup melahirkan kekaguman dari penonton!

Anda dapat menghasilkan suara yang indah lewat ensemble kecil dengan hanya membagi bagian nada atas sopran, alto, tenor dan bas. Begitu juga saat bermain bersama perkusi, Anda akan mendapatkan sensasi kolaborasi yang berbeda dari ensemble ortodoks. Kami sarankan untuk melihat video-video pertunjukan atau kolaborasi musik yang menggunakan recorder jika Anda ingin tahu variasi lain yang mungkin dilakukan melalui instrumen ini.

10 Rekomendasi recorder terbaik

Di bagian berikut ini, secara khusus kami akan menghadirkan produk-produk recorder yang layak untuk Anda miliki. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda!

10. Yamaha YRS-20G Blue

10. Yamaha YRS-20G Blue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Catchy dengan warna yang lucu

Bagi Anda para pemula yang menginginkan recorder dengan tampilan catchy, Yamaha YRS-20G Blue ideal dijadikan pilihan. Sekilas Yamaha YRS-20G Blue memang terlihat seperti mainan, tetapi jangan khawatir, recorder ini adalah alat musik yang berkualitas!

Recorder sopran ini terbuat dari bahan ABS resin seperti recorder pada umumnya. Suara yang dihasilkan indah dengan durabilty yang baik. Latihan tentu akan lebih menyenangkan jika menggunakan instrumen yang bentuknya lucu, terlebih untuk anak dan orang-orang yang menyukai barang berbentuk menarik.

9. Aulos A102N

9. Aulos A102N

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 573.000

Lebih elegan dengan aksen klasik

Aulos A102N merupakan recorder sopran yang banyak digunakan sebagai media awal dalam pembelajaran kesenian di negara Barat. Alat musik ini termasuk dalam kategori recorder German style sehingga sangat mudah untuk dimainkan. Nada yang dihasilkannya juga baik.

Sisi menarik lain dari produk ini adalah finishing warnanya yang elegan. Hampir keseluruhan pipanya berwarna cokelat tua dengan tambahan sentuhan warna putih gading. Sayangnya, harganya terbilang cukup tinggi.

8. Nuvo N310 Descant Recorder

8. Nuvo N310 Descant Recorder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Trendi dengan warna mentereng

Berbeda dengan recorder lain yang dibentuk menyerupai instrumen klasik, Nuvo mengeluarkan produk dengan sentuhan warna modern. Salah satunya adalah produk Nuvo N310 Descant Recorder yang tersedia dalam beberapa pilihan warna, seperti abu-abu tua, biru, hijau muda, dan merah muda.

Recorder sopran ini memiliki lubang-lubang nada yang lebih besar, jadi cocok untuk pemilik jari berukuran besar. Nada-nada yang dihasilkan juga halus dan beresonansi baik. Produk yang mampu memenuhi kebutuhan para pemula yang baru bermain recorder.

7. Yamaha YRN-21

7. Yamaha YRN-21

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 109.000

Sopranino bernada nyaring, tetapi tidak terlalu melengking

Jika Anda mencari recorder yang sanggup memainkan nada tinggi, tetapi memiliki karakter yang berbeda dengan recorder sopran, Anda bisa memilih Yamaha YRN-21. Bentuknya yang lebih kecil membuatnya mampu memainkan nada yang lebih tinggi. Nada yang dihasilkan dari tiap lubangnya padat, nyaring tetapi tidak terlalu melengking.

Tampilan recorder ini dirancang elegan dengan warna hitam yang melekat di keseluruhan pipa. Untuk bahan, recorder tipe German style ini terbuat dari ABS resin yang baik.

6. Yamaha YRA-27 III G

6. Yamaha YRA-27 III G

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 275.000

Intonasi nada akurat, mudah untuk dimainkan oleh pemula

Yamaha YRA-27 III G merupakan recorder jenis alto yang cukup menarik. Pada kategori alto, produk ini termasuk recorder yang mudah untuk dimainkan bahkan oleh pemula karena termasuk dalam tipe German style. Recorder ini menghasilkan intonasi nada yang akurat.

Produk dari Yamaha ini direkomendasikan bagi siapa pun yang ingin memulai belajar musik, khususnya untuk recorder jenis alto. Harganya terbilang cukup miring apabila dibandingkan dengan recorder alto jenis lainnya yang beredar di pasaran online.

5. Yamaha YRS-23

5. Yamaha YRS-23

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 40.000

Populer karena playabilty-nya mudah dan hasil suara yang halus

Kebanyakan orang-orang mengenal recorder ini pada zaman SD dan SMP. Memang Yamaha YRS-23 dapat dikatakan sebagai model yang paling populer dan banyak dimiliki. Hal tersebut dikarenakan playabilty-nya yang mudah, ditambah hasil suaranya yang soft dan nyaman di telinga.

Produk ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti hobi bermusik atau untuk latihan baik sendiri maupun bersama teman. Dengan harga yang miring serta kelebihan yang dimilikinya, bukankah recorder ini merupakan pilihan yang masuk akal untuk dibeli?

4. Yamaha YRA-302BIII

4. Yamaha YRA-302BIII

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 625.000

Recorder alto untuk pemain tingkat lanjut yang mudah dibersihkan

Yamaha YRA-302BIII merupakan instrumen yang dapat menghasilkan suara halus dengan kesan hangat. Meskipun terbuat dari bahan plastik ABS, kualitas dari recorder alto ini sanggup disejajarkan dengan recorder kayu yang mahal.

Dilihat dari lubangnya, recorder ini masuk ke dalam kategori Baroque style, mumpuni dan direkomendasikan untuk pemain yang serius. Pada saat membelinya, Anda juga akan mendapatkan tongkat pembersih untuk menjaga recorder Anda tetap higienis.

3. Aulos A709B

3. Aulos A709B

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.220.000

Setingkat lebih profesional dengan desain dari pengrajin tersohor 

Produk ini merupakan recorder alto berkualitas tinggi yang didesain langsung oleh pengrajin tersohor dunia, Richard Haka. Desainnya halus dengan sentuhan klasik. Senada dengan tampilannya, recorder ini menghasilkan suara yang terang dan padat.

Recorder Baroque style ini cocok digunakan untuk keperluan baik di atas panggung maupun home recording. Meskipun termasuk recorder yang terbuat dari bahan plastik, produk ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan recorder kayu.

2. Yamaha Tenor YRT-304BII

2. Yamaha Tenor YRT-304BII

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.274.875

Recorder tenor top quality Yamaha yang mudah soal perawatan

Seri 300 merupakan produk recorder dengan kualitas terbaik buatan Yamaha, termasuk salah satunya adalah Yamaha YRT304B. Instrumen ini menghasilkan suara sangat baik dengan durability yang mumpuni. Yamaha mengatakan bahwa produk ini maintenance-free sehingga Anda tidak perlu repot ketika memakainya juga ketika bicara soal menjaga kondisi suling Anda.

Tone yang dihasilkan sangat ekspresif, hangat, dan seimbang dalam semua tingkat nada. Produk ini direkomendasikan untuk para pemain recorder baik yang sudah profesional maupun intermediate yang ingin serius.

1. Aulos 507B

1. Aulos 507B

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 728.000

Suara tinggi mengejutkan seperti cuitan burung!

Satu lagi recorder sopranino yang layak untuk Anda ketahui yakni Aulos 507B. Recorder ini sanggup menjangkau pitch yang lebih tinggi daripada Yamaha YRN-21. Meskipun bahannya terbuat dari plastik ABS, tetapi suara yang dihasilkan cukup memukau dari segi tingkat kestabilan dan kebulatan nadanya.

Sebagaimana jenis sopranino lainnya, Aulos 507B berbentuk kecil. Jadi, untuk Anda yang memiliki jari tangan berukuran besar mungkin akan cukup kesulitan memainkan recorder Baroque style ini. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang mendambakan recorder penghasil suara layaknya cuitan burung!

Kesimpulan

Recorder merupakan alat musik yang sederhana, tetapi menarik untuk dimainkan. Jika Anda baru mulai bermain, pilihlah produk-produk yang cocok untuk pemula. Namun, jika di tengah jalan Anda merasakan bahwa bermain recorder secara serius menarik untuk dilakukan, upgrade recorder Anda dengan alat yang lebih baik. Siapkah untuk bermain lagu “Stairway To Heaven” dari Led Zeppelin menggunakan instrumen ini?