• 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Recorder adalah alat musik yang biasanya mulai diperkenalkan pada siswa di tingkat sekolah dasar. Namun, beberapa orang mungkin menganggap alat ini kuno serta tidak menarik untuk dimainkan. Jika memang demikian, tentu musisi seperti Paul McCartney dan John Paul Jones tidak akan menggunakan recorder dalam lagu mereka.


Meski begitu, jangan terburu-buru membeli bila saat ini ada produk yang menarik minat Anda. Simak dulu penjelasan cara memilih dan sepuluh rekomendasi recorder dari merek terkenal seperti Yamaha dan Aulos berikut ini. Pastikan Anda menyimak hingga akhir agar mendapatkan informasi yang jelas. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 31 Juli 2020
  • 7.544 Views
Daftar isi

Cara memilih recorder (suling)

Akan sangat disayangkan jika Anda membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan, bukan? Karena itu, bila Anda ingin membeli recorder, perhatikan beberapa hal berikut sebagai bahan pertimbangan.

Pilih tipe recorder berdasarkan rentang nadanya

Pilih tipe recorder berdasarkan rentang nadanya

Menurut rentang nada yang dihasilkan, alat musik recorder terbagi dalam beberapa jenis. Dua di antaranya yang cukup populer adalah recorder sopran dan alto. Sesuai dengan namanya, recorder sopran adalah recorder yang bisa menghasilkan nada-nada tinggi. Recorder tipe ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati nada indah layaknya kicauan burung kecil bersuara tinggi.


Sebaliknya, pada recorder alto, udara beresonasi sedemikian rupa sehingga menghasilkan nada yang relatif rendah. Recorder tipe ini berperan sebagai fondasi dalam sebuah lagu karena nada-nada rendah yang dikeluarkannya. Recorder alto layak direkomendasikan bila Anda ingin memainkan lagu-lagu balada dengan suara sederhana dan indah.


Sebenarnya, masih ada beberapa tipe recorder lagi selain yang telah disebutkan di atas. Ada sopranino recorder yang bunyinya lebih tinggi daripada sopran serta tenor dan bas yang menghasilkan suara sangat rendah. Jika Anda benar-benar ingin menikmati permainan recorder yang lengkap, pertimbangkanlah untuk memiliki semua tipenya.


Lalu, makin sempit rentang nada yang dihasilkan, ukuran recorder akan makin besar. Jadi, pertimbangkan juga ukurannya jika Anda ingin membawa recorder, ya.

Pilih tipe Baroque yang bersuara stabil atau tipe German yang mudah dimainkan

Pilih tipe Baroque yang bersuara stabil atau tipe German yang mudah dimainkan

Ada dua macam tipe recorder, yakni tipe Baroque (British) dan tipe German. Untuk itu, Anda perlu memeriksa tanda "G" dan "E" yang tertulis di tabung recorder sebelum membeli recorder sopran. Jika tertulis G, artinya recorder itu adalah tipe German, sedangkan jika tertulis E, artinya recorder tersebut merupakan tipe Baroque.


Perbedaan yang signifikan dari kedua tipe tersebut ada pada posisi fingering (cara menempatkan jari pada lubang). Fingering pada recorder tipe German lebih mudah dipahami sehingga tipe ini cocok digunakan oleh pemula.


Maka dari itu, tipe German banyak digunakan sebagai media pembelajaran alat musik di sekolah. Di sisi lain, tipe Baroque menampilkan suara yang stabil dan layak digunakan untuk berbagai pertunjukan.


Untuk diketahui, sebagian besar non-sopran recorder merupakan tipe Baroque. Jika Anda ingin memainkan berbagai jenis recorder, sebaiknya pilih tipe Baroque sedari awal. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menyesuaikan jari ketika ingin memainkan jenis lainnya.


Selain itu, sebagian besar recorder yang terbuat dari kayu berkualitas tinggi adalah tipe Baroque. Jadi, jika Anda ingin terus memainkan recorder sebagai hobi jangka panjang, sebaiknya pilih tipe Baroque yang lebih otentik.

Pilih material recorder berdasarkan nada dan metode perawatannya

Pilih material recorder berdasarkan nada dan metode perawatannya

Material yang umum digunakan untuk pembuatan recorder adalah kayu dan resin. Mari pahami karakteristik dari masing-masing bahan dan pilihlah yang paling cocok untuk Anda.


Pertama-tama, ketahuilah bahwa hal paling menarik dari recorder kayu adalah nadanya yang terkesan hangat. Jika Anda menyukai suara yang lembut dan kaya, kami merekomendasikan recorder berbahan kayu walaupun harganya sedikit mahal. Namun, karena bahan ini rentan terhadap perubahan suhu mendadak, perawatannya perlu diperhatikan dengan baik.


Di sisi lain, recorder dari bahan resin unggul dalam hal ketahanan dan perawatannya yang relatif mudah. Bahan ini dapat dicuci dengan air sehingga direkomendasikan untuk anak-anak yang belum bisa merawat barang-barangnya sendiri.


Selain anak-anak, recorder resin juga disarankan bagi orang yang tidak yakin dapat menyimpan dan merawat recorder dengan benar. Hanya saja, nadanya yang tidak sekaya recorder berbahan kayu menjadi kekurangan dari recorder resin.


Meskipun hal di atas adalah kecenderungan umum, nada yang dihasilkan tidak hanya bergantung pada bahan saja, lho. Ada faktor-faktor lain yang menentukan kaya tidaknya nada dari sebuah recorder. Jadi, hanya karena terbuat dari resin, suara yang dihasilkan belum tentu kurang baik, lho.

Pilih recorder yang dilengkapi tongkat pembersih dan bagan jari

Pilih recorder yang dilengkapi tongkat pembersih dan bagan jari

Orang yang baru menggunakan recorder biasanya tidak mengerti dasar-dasar penggunaan, seperti cara membunyikan nada dan metode perawatan. Dalam hal ini, tentu lebih mudah jika Anda memiliki aksesori seperti bagan jari dan stik pembersih. Karena itu, sebaiknya periksa aksesori yang akan Anda dapatkan sebelum membeli recorder tertentu.


Ada juga aksesori lain yang mungkin Anda sukai, misalnya case, kaitan jari, dan pelumas untuk digunakan pada sambungan. Anda memang bisa membelinya secara terpisah. Namun, recorder yang sudah dilengkapi aksesori seperti ini biasanya lebih menguntungkan dalam hal harga. Dengan begitu, Anda dapat mempertimbangkan dan memilih aksesori-aksesori yang Anda butuhkan.

10 Rekomendasi recorder terbaik

Di bagian berikut ini, secara khusus kami akan menghadirkan produk-produk recorder yang layak untuk Anda miliki. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda!
10
TipeGerman
Bahan bakuResin
Jenis rentang nadaSopran
Aksesori tambahanTas penyimpanan
9

AulosSymphony

502B (G)

Rp 386.000,00

TipeGerman
Bahan bakuResin
Jenis rentang nadaSopran
Aksesori tambahanTas kulit, kaitan jari, dan stik pembersih
8
TipeGerman
Bahan bakuResin
Jenis rentang nadaSopranino
Aksesori tambahanTas kain
7
TipeGerman dan baroque
Bahan bakuHigh grade engineering plastic
Jenis rentang nadaSopran
Aksesori tambahanTempat penyimpanan dan bagan jari
6
TipeGerman
Bahan bakuResin
Jenis rentang nadaAlto
Aksesori tambahanTas kain
5

QIMEI8 Holes Wooden Soprano Flute Woodwind for Beginner

QM8A-27G

Rp 311.500,00

TipeTidak disebutkan
Bahan bakuKayu
Jenis rentang nadaSopran
Aksesori tambahanStik pembersih, tempat penyimpanan, pelumas
4
TipeBaroque
Bahan bakuResin
Jenis rentang nadaTenor
Aksesori tambahanTas kain, bagan jari, pelumas, stik pembersih, dan kaitan jari
3
TipeGerman
Bahan bakuResin
Jenis rentang nadaSopran
Aksesori tambahanTas kain dan stik pembersih
2

YamahaAlto ABS Resin Recorders

YRA-302BIII

Rp 452.000,00

TipeBaroque
Bahan bakuResin
Jenis rentang nadaAlto
Aksesori tambahanTas kain, pelumas, bagan jari, dan stik pembersih
1
TipeBaroque
Bahan bakuResin
Jenis rentang nadaAlto
Aksesori tambahanKain pembersih, stik pembersih, bagan jari, dan tas penyimpanan

Tabel perbandingan produk recorder (suling) terbaik

Gambar produk
2
Yamaha Alto ABS Resin Recorders 1

Yamaha

4
Yamaha Tenor ABS Resin Recorders 1

Yamaha

6
Yamaha Alto ABS Resin Recorders 1

Yamaha

7
Nuvo Soprano Recorder 1

Nuvo

8
Yamaha Sopranino ABS Resin Recorders 1

Yamaha

9
Aulos Symphony 1

Aulos

10
Yamaha Seruling Suling Recorder 1

Yamaha

Nama produk

Alto ABS Resin Recorders

Tenor ABS Resin Recorders

Alto ABS Resin Recorders

Soprano Recorder

Sopranino ABS Resin Recorders

Symphony

Seruling Suling Recorder

Keunggulan

Menyerupai model Rottenburgh, incaran pemusik advanced

Produk berkualitas tinggi dengan perawatan yang mudah

Intonasi nada akurat, mudah dimainkan oleh pemula

Terdapat tiga ring karet, bisa dijadikan reward, lho

Sopranino, hasilkan nada tinggi yang indah

Tampak lebih elegan dengan desain klasik

Catchy dengan warna yang menarik

HargaRp 452.000,00Rp 1.180.000,00Rp 335.000,00Rp 145.000,00Rp 115.000,00Rp 386.000,00Rp 41.000,00
TipeBaroqueBaroqueGermanGerman dan baroqueGermanGermanGerman
Bahan bakuResinResinResinHigh grade engineering plasticResinResinResin
Jenis rentang nadaAltoTenorAltoSopranSopraninoSopranSopran
Aksesori tambahanTas kain, pelumas, bagan jari, dan stik pembersihTas kain, bagan jari, pelumas, stik pembersih, dan kaitan jariTas kainTempat penyimpanan dan bagan jariTas kainTas kulit, kaitan jari, dan stik pembersihTas penyimpanan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat musik tiup lainnya di sini

Setelah Anda membaca rekomendasi kami mengenai recorder, kami berharap Anda sudah menemukan produk yang cocok. Selain recorder, kami juga memiliki rekomendasi alat musik tiup lainnya, seperti harmonika dan pianika. Anda dapat meng-explore lebih jauh dengan mengunjungi link di bawah ini.

Kesimpulan

Recorder merupakan alat musik sederhana dan menarik untuk dicoba. Kami telah membandingkan beberapa recorder populer yang mudah didapatkan secara online. Sudahkah Anda menemukan produk yang Anda cari?


Pilihlah produk yang cocok untuk pemula jika Anda baru pertama kali memainkannya, ya. Poin-poin dalam artikel ini akan membantu Anda untuk mendapatkan recorder yang tepat dan berkualitas. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    136.219 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    35.047 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    36.198 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai alat musik, ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, bila Anda belajar di tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, hingga pegs-nya.Untuk membantu Anda, kini kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada hingga material pembuatnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan rekomendasi produk yang ada di pasaran seperti Grande, Cowboy, Fender, dan lainnya. Selamat membaca!
    Musik
    49.448 Views
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda bisa memiliki MP3 Player yang memiliki kualitas suara terbaik. Produsen yang terkenal handal dalam menciptakan produk MP3 Player berkualitas dengan berbagai fitur menarik salah satunya adalah Sony.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk MP3 Player terbaik dengan membandingkan performa, fitur dan harganya. Kami juga akan menjelaskan cara memilih MP3 Player agar Anda bisa menemukan produk favorit Anda dan menikmati lagu dengan kualitas suara terbaik pula. Jadi, sudah siap memilih MP3 Player terbaik Anda?
    Musik
    25.358 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menjadi musisi adalah impian bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi gitaris. Banyak orang di dunia, tua atau muda, membeli gitar dan mempelajarinya. Ada yang bermain gitar akustik dan ada yang bermain gitar listrik. Apakah Anda tahu alat pendukung apa yang gitar Anda perlukan?Ya, amplifier adalah salah satu alat pendukung gitar yang pastinya Anda perlukan. Anda sudah mengetahui merek amplifier terkenal seperti Marshall, Roland, Fender. Namun, apakah Anda tahu cara memilih amplifier gitar terbaik? Simak artikel kami di bawah ini dan dapatkan referensinya!
    Musik
    28.064 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tas gitar diperlukan untuk melindungi gitar dari debu dan kotoran. Terdapat case yang khusus dibuat untuk tipe gitar tertentu seperti electric guitar dan acoustic guitar. Di sisi lain, case gitar pun memiliki beragam kemasan, seperti hard, semi-hard, serta soft. Sebaiknya pilih yang mana, ya?Untuk membantu Anda menetapkan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih tas gitar yang sesuai, sekaligus memberikan daftar rekomendasi tas gitar terbaik dari merek seperti Perrygord dan Dr. Case. Pilih tas yang sesuai dengan kebutuhan dan yang dapat melindungi gitar Anda. Selamat membaca!
    Musik
    4.368 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori