1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Recorder (Suling) Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Recorder (Suling) Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Recorder (Suling) Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Recorder (Suling) Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Recorder (Suling) Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Recorder (Suling) Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Recorder (Suling) Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)

Recorder adalah jenis alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Instrumen musik ini sering disebut sebagai suling modern atau seruling recorder dan mulai diperkenalkan di tingkat sekolah dasar. Sebagai informasi, musisi ternama seperti Paul McCartney dan John Paul Jones, kerap menggunakan recorder dalam karyanya.


Meski tertarik mencoba, jangan terburu-buru membeli bila saat ini ada produk yang menarik minat Anda. Simak cara memilih dan rekomendasi recorder yang bagus dari merek-merek terkenal seperti Yamaha dan Gunindo berikut ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Selamat membaca!

Diperbaharui 05-22-2022
Satriyo Arwanto
Pakar
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih recorder (suling)

Akan sangat disayangkan jika Anda membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan, bukan? Karena itu, bila Anda ingin membeli recorder, perhatikan beberapa hal berikut ini sebagai bahan pertimbangan.

① Ketahui tipe recorder berdasarkan rentang nadanya

Menurut rentang nada yang dihasilkan, alat musik recorder terbagi dalam beberapa jenis. Dua di antaranya yang cukup populer adalah recorder sopran dan alto. Mari ketahui karakteristik masing-masing dan pilihlah yang paling sesuai untuk Anda.

Recorder sopran: Menghasilkan nada-nada tinggi yang indah

Recorder sopran: Menghasilkan nada-nada tinggi yang indah

Sesuai dengan namanya, recorder sopran adalah recorder yang bisa menghasilkan nada-nada tinggi. Recorder tipe ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati nada indah layaknya kicauan burung kecil bersuara tinggi.

Recorder alto: Cocok untuk memainkan nada-nada rendah

Recorder alto: Cocok untuk memainkan nada-nada rendah

Pada recorder alto, udara beresonasi sedemikian rupa sehingga menghasilkan nada yang relatif rendah. Recorder tipe ini berperan sebagai fondasi dalam sebuah lagu karena nada-nada rendah yang dikeluarkannya. Recorder alto layak direkomendasikan bila Anda ingin memainkan lagu-lagu balada dengan suara sederhana dan indah.

Recorder tipe lainnya: Memperkaya melodi dalam permainan musik Anda

Recorder tipe lainnya: Memperkaya melodi dalam permainan musik Anda

Sebenarnya, masih ada beberapa tipe recorder lagi selain yang telah disebutkan di atas. Ada sopranino recorder yang bunyinya lebih tinggi daripada sopran serta tenor dan bas yang menghasilkan suara sangat rendah. Jika Anda benar-benar ingin menikmati permainan recorder yang lengkap, pertimbangkanlah untuk memiliki semua tipenya.

② Kenali jenis recorder berdasarkan desainnya

Ada dua macam tipe recorder, yakni tipe Baroque (British) dan tipe German. Untuk itu, Anda perlu memeriksa tanda "G" dan "E" yang tertulis di tabung recorder sebelum membeli recorder sopran. Jika tertulis G, artinya recorder itu adalah tipe German, sedangkan jika tertulis E, artinya recorder tersebut merupakan tipe Baroque.

Tipe German, lebih mudah dimainkan

Tipe German, lebih mudah dimainkan

Perbedaan yang signifikan dari tipe German dan tipe Baroque terletak pada desain lubang di urutan ke-3 dan ke-4 dari bawah. Jika lihat dengan saksama, ukuran lubang-lubang tersebut berkebalikan. Pada recorder tipe German, lubang ke-3 dari bawah berukuran kecil. Sementara itu, pada tipe Baroque, lubang berukuran kecil ada di posisi ke-4 dari bawah.


Perbedaan desain ini menyebabkan perbedaan pada posisi fingering (cara menempatkan jari pada lubang). Fingering pada recorder tipe German lebih mudah dipahami sehingga tipe ini cocok digunakan oleh pemula. Maka dari itu, tipe German banyak digunakan sebagai media pembelajaran alat musik di sekolah.

Tipe Baroque, memiliki suara lebih stabil

Tipe Baroque, memiliki suara lebih stabil

Tipe Baroque menampilkan suara yang stabil dan layak digunakan untuk berbagai pertunjukan. Perlu diketahui, sebagian besar non-sopran recorder merupakan tipe Baroque. Jika Anda ingin memainkan berbagai jenis recorder, sebaiknya pilih tipe Baroque sedari awal. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menyesuaikan jari ketika ingin memainkan jenis lainnya.


Selain itu, sebagian besar recorder yang terbuat dari kayu berkualitas tinggi adalah tipe Baroque. Jadi, jika ingin terus memainkan recorder sebagai hobi jangka panjang, sebaiknya Anda memilih tipe Baroque.

③ Pilih material recorder berdasarkan nada dan metode perawatannya

Material yang umum digunakan untuk pembuatan recorder adalah kayu dan resin. Mari pahami lebih jauh kedua bahan tersebut melalui penjelasan di bawah ini.

Recorder berbahan kayu, memiliki suara yang lembut

Recorder berbahan kayu, memiliki suara yang lembut

Pertama-tama, ketahuilah bahwa hal paling menarik dari recorder kayu adalah nadanya yang terkesan hangat. Jika Anda menyukai suara yang lembut dan kaya, kami merekomendasikan recorder berbahan kayu walaupun harganya sedikit mahal. Namun, karena bahan ini rentan terhadap perubahan suhu mendadak, perawatannya perlu diperhatikan dengan baik. Selain itu, seruling modern berbahan kayu juga masih cukup sulit ditemukan di Indonesia.

Recorder berbahan resin, perawatannya lebih mudah

Recorder berbahan resin, perawatannya lebih mudah

Recorder dari bahan resin unggul dalam hal ketahanan dan perawatannya yang relatif mudah. Bahan ini dapat dicuci dengan air sehingga Anda dapat membersihkannya kapan saja jika diperlukan. Hanya saja, nadanya yang tidak sekaya recorder berbahan kayu menjadi kekurangan dari recorder resin.

④ Periksa aksesori tambahan yang ditawarkan

Periksa aksesori tambahan yang ditawarkan

Orang yang baru menggunakan recorder biasanya tidak mengerti dasar-dasar penggunaan, seperti cara membunyikan nada dan metode perawatan. Dalam hal ini, tentu lebih mudah jika Anda memiliki aksesori seperti bagan jari dan stik pembersih. Karena itu, sebaiknya periksa aksesori yang akan Anda dapatkan sebelum membeli recorder tertentu.


Ada juga aksesori lain yang mungkin Anda sukai, misalnya case, kaitan jari, dan pelumas untuk digunakan pada sambungan. Anda memang bisa membelinya secara terpisah. Namun, recorder yang sudah dilengkapi aksesori seperti ini biasanya lebih menguntungkan dari segi harga.

10 Rekomendasi recorder terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk recorder terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yamaha

Soprano ABS Resin Recorders

Yamaha Soprano ABS Resin Recorders 1枚目

Recorder yang ideal untuk pendidikan musik di sekolah

2

Yamaha

Sopran ABS Resin Recorder

Yamaha Sopran ABS Resin Recorder 1枚目

Tampilannya catchy berkat warna yang menarik

3

Astro

Seruling

Astro Seruling 1枚目

Mudah dimainkan dan memiliki tampilan yang menarik

4

Gunindo

Seruling

Gunindo Seruling 1枚目

Tersedia dalam warna klasik dan warna-warna transparan

5

Yamaha

Alto ABS Resin Recorders

Yamaha Alto ABS Resin Recorders 1枚目

Intonasi nada akurat, mudah dimainkan oleh pemula

6

Yamaha

Sopranino ABS Resin Recorders

Yamaha Sopranino ABS Resin Recorders 1枚目

Sopranino, hasilkan nada tinggi yang indah

7

SUZUKI

SOPRANO

SUZUKI SOPRANO 1枚目

Dapat dijadikan sebagai hadiah yang berkesan

8

Yamaha

Alto ABS Resin Recorders

Yamaha Alto ABS Resin Recorders 1枚目

Menyerupai model Rottenburgh, incaran pemusik advanced

9

IRIN

Boutigue Recorder

IRIN Boutigue Recorder 1枚目

Recorder alto dengan harga yang ekonomis

10

Yamaha

Tenor ABS Resin Recorders

Yamaha Tenor ABS Resin Recorders 1枚目

Produk berkualitas tinggi dengan perawatan yang mudah

Perincian produk
Close
No.1

YamahaSoprano ABS Resin RecordersYRS-23

Mulai dari Rp34.750,00

Recorder yang ideal untuk pendidikan musik di sekolah

Recorder keluaran Yamaha ini kami rekomendasikan untuk anak-anak yang ingin belajar memainkan seruling di sekolah. Suara dan tone lembut yang dimilikinya akan memberikan awalan sempurna dalam pendidikan musik anak Anda. Produk Yamaha terkenal dengan bahan yang aman untuk Anak. Ditambah lagi, produk ini dilengkapi dengan bagan jari yang akan makin memudahkan si kecil saat belajar.

No.2

YamahaSopran ABS Resin RecorderYRS-20G

Mulai dari Rp36.000,00

Tampilannya catchy berkat warna yang menarik

Bagi Anda para pemula yang menginginkan recorder dengan tampilan catchy, produk ini ideal dijadikan pilihan. Sekilas, recorder ini memang terlihat seperti mainan. Namun, jangan khawatir. Recorder ini adalah alat musik yang berkualitas!

Recorder sopran ini terbuat dari bahan ABS resin seperti recorder pada umumnya. Suara yang dihasilkan terdengar indah dan memiliki durabilty yang baik pula. Latihan Anda tentu akan lebih menyenangkan jika menggunakan instrumen yang tampilannya menarik seperti ini.
No.3

Mudah dimainkan dan memiliki tampilan yang menarik

Suling tipe German ini mampu memenuhi kebutuhan para pemula yang baru bermain recorder. Pasalnya, Anda tidak akan kesulitan menempatkan jari-jari saat sedang melantunkan nada lagu. Nada-nada yang dihasilkan juga halus dan beresonansi baik. Selain itu, produk ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, seperti biru, hijau muda, merah, dan pink. Nah, warna apa yang paling Anda sukai?

No.4

Tersedia dalam warna klasik dan warna-warna transparan

Produk keluaran Gunindo ini tersedia dalam warna klasik sehingga sangat pas untuk Anda yang menyukai gaya vintage. Anda akan tampak elegan saat mulai meniup dan memainkannya Di sisi lain, suling ini juga hadir dalam warna-warna transparan yang playful dan atraktif. Jika Anda ingin tampil beda, warna-warna seperti ini tentu akan menjadi pilihan yang menarik.

No.5

YamahaAlto ABS Resin RecordersYRA-27III

Mulai dari Rp319.000,00

Intonasi nada akurat, mudah dimainkan oleh pemula

Produk ini merupakan recorder jenis alto yang cukup menarik. Pada kategori alto, produk ini termasuk recorder yang mudah dimainkan bahkan oleh pemula karena tipenya German style. Selain itu, recorder ini dapat menghasilkan intonasi nada yang akurat. Produk dari Yamaha ini direkomendasikan bagi siapa pun yang ingin memulai belajar musik, khususnya untuk recorder jenis alto. 
No.6

YamahaSopranino ABS Resin RecordersYRN-21

Mulai dari Rp138.000,00

Sopranino, hasilkan nada tinggi yang indah

Jika Anda mencari recorder yang sanggup memainkan nada tinggi dengan indah, Anda bisa memilih produk ini. Ukuran dan bentuknya yang ramping membuat recorder ini mampu memainkan nada yang lebih tinggi. Nada yang dihasilkan dari tiap lubangnya nyaring, tetapi tidak terlalu melengking. Tampilannya pun dirancang elegan dengan warna hitam yang melekat di keseluruhan pipa.
No.7

Dapat dijadikan sebagai hadiah yang berkesan

Produk dengan model German ini memakai bahan resin yang ramah lingkungan. Produk ini dapat menghasilkan kualitas suara yang bagus. Selain itu, recorder keluaran Suzuki ini juga mudah dimainkan. Produk ini dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai hadiah untuk anak Anda atau kerabat yang menyenangi musik.

No.8

YamahaAlto ABS Resin RecordersYRA-302BIII

Mulai dari Rp488.000,00

Menyerupai model Rottenburgh, incaran pemusik advanced

Produk ini hadir dengan desain menyerupai model Rottenburgh yang terkenal. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang berada di level advanced. Anda dapat menambah koleksi recorder Anda dengan seruling alto keluaran Yamaha ini. Meskipun terbuat dari bahan resin ABS, kualitas dari recorder alto ini sanggup disejajarkan dengan recorder kayu yang harganya tinggi.

No.9

Recorder alto dengan harga yang ekonomis

Jika Anda sedang mencari recorder dengan jenis rentang nada alto, produk ini pantas Anda pilih karena harganya ekonomis. Biasanya recorder alto dijual dengan harga yang tinggi. Namun, tidak demikian dengan produk ini. Selain harganya yang terjangkau, produk ini juga dapat dilepas menjadi tiga bagian sehingga memudahkan dalam perawatannya.

No.10

YamahaTenor ABS Resin RecordersYRT-304BII

Mulai dari Rp1.608.000,00

Produk berkualitas tinggi dengan perawatan yang mudah

Produk Yamaha seri 300 merupakan produk recorder dengan kualitas terbaik, salah satunya adalah produk ini. Instrumen ini menghasilkan suara yang sangat baik dengan durability yang mumpuni. 

Tone yang dihasilkan sangat ekspresif, hangat, dan seimbang dalam semua tingkat nada. Produk ini direkomendasikan untuk para pemain recorder yang ingin bermain dengan serius, baik yang sudah profesional maupun intermediate.

Tips merawat recorder (suling) dari produser musik kami, Satriyo Arwanto

Tips merawat recorder (suling) dari produser musik kami, Satriyo Arwanto

Pertama, selalu baca buku petunjuk penggunaan dan perawatan. Dari situ, Anda akan mengetahui bagaimana cara yang dianjurkan oleh produsen. Jika produk yang Anda pilih tidak menyertakan petunjuk, saya akan memberikan sedikit saran agar recorder Anda awet.

  1. Selalu jaga kebersihan recorder. Bersihkan menggunakan kain lembut sebelum dan setelah menggunakan.
  2. Apabila Anda akan menyimpannya dalam waktu yang agak lama (2–3 hari), sebaiknya recorder dicuci dengan air hangat/air mengalir. Setelah dikeringkan, simpan di tempat yang sejuk.
  3. Supaya tidak berdebu, Anda perlu menyimpannya di dalam case.

Baca juga rekomendasi alat musik tiup lainnya di sini

Setelah membaca rekomendasi mengenai recorder, kami berharap Anda sudah menemukan produk yang cocok. Selain recorder, kami juga memiliki rekomendasi alat musik tiup lainnya, seperti harmonika dan pianika. Anda dapat meng-explore lebih jauh dengan mengunjungi link di bawah ini.

Kesimpulan

Recorder merupakan alat musik sederhana dan menarik untuk dicoba. Kami telah membandingkan beberapa recorder populer yang mudah didapatkan secara online. Sudahkah Anda menemukan produk yang Anda cari?


Pilihlah produk yang cocok untuk pemula jika Anda baru pertama kali memainkannya, ya. Poin-poin dalam artikel ini akan membantu Anda untuk mendapatkan recorder yang tepat dan berkualitas. Selamat memilih!

5 Rekomendasi Recorder Suling terbaik

No. 1YamahaSoprano ABS Resin RecordersYRS-23

No. 2YamahaSopran ABS Resin RecorderYRS-20G

No. 3AstroSeruling

No. 4GunindoSerulingGDS-23

No. 5YamahaAlto ABS Resin RecordersYRA-27III

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer