10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Hammer drill adalah alat untuk mengebor benda keras. Terdapat banyak tipe dan merek hammer drill, bahkan ada juga hammer drill yang dapat digunakan untuk mengencangkan sekrup.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih hammer drill. Tentu produk-produk dalam daftar rekomendasi ini dapat Anda beli di toko maupun online shop. Kami juga akan memberikan 10 rekomendasi hammer drill terbaik dengan spesifikasi dan harga yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, pilihlah yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda, ya!

Daftar isi

Alat seperti apakah hammer drill itu?

Alat seperti apakah hammer drill itu?

Hammer drill adalah alat elektrik dimana mata bor berputar dan sekaligus ditambahkan daya hantam agar bisa melubangi benda yang padat dan keras. Meskipun sekilas terlihat mirip, daya hantam inilah yang menjadi pembeda antara hammer drill dengan vibration drill.

Daya hantam tersebut jugalah yang membuat hammer drill lebih mudah dan cepat membuat lubang dibandingkan vibration drill.

Meski begitu, Anda tetap dapat menggunakan vibration drill untuk membuat lubang berdiameter 10 mm atau maksimal 20 mm. Bila Anda harus membuat lubang dengan diameter diatas 10 mm maupun lebih besar dari 20 mm, hammer drill adalah pilihan terbaik.

Cara memilih hammer drill

Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih hammer drill.

Pilihlah produk yang menyediakan opsi pengaturan kekuatan

Fungsi utama hammer drill adalah membuat lubang pada benda yang keras dengan menggunakan kekuatan rotasi + daya hantam. Meski begitu, saat ini ada juga model yang dapat dirubah menjadi rotation mode, atau hammer mode saja.

Rotation mode, cocok untuk mengencangkan sekrup atau melubangi kayu

Rotation mode, cocok untuk mengencangkan sekrup atau melubangi kayu

Dalam rotation mode, tenaga yang dihasilkan hammer drill menjadi tidak terlalu besar. Bila tenaganya tidak terlalu besar, hammer drill tersebut akan lebih mudah Anda gunakan mengencangkan sekrup atau melubangi kayu. Dengan begitu, Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan pekerjaan Anda, bukan?

Hammer mode, dapat digunakan untuk menghancurkan benda-benda keras

Hammer mode, dapat digunakan untuk menghancurkan benda-benda keras

Hammer mode pada hammer drill memiliki daya hantam yang kuat. Anda dapat menggunakannya untuk menghancurkan batu maupun benda keras lainnya. Untuk menghancurkan batu memang lebih tepat bila Anda menggunakan palu elektrik. Namun, bila Anda tidak memiliki alat tersebut, Anda tetap dapat menggunakan hammer drill untuk menghancurkan batu atau benda keras lainnya juga, lho!

Pilihlah produk dengan share battery

Pilihlah produk dengan share battery

Hammer drill bukanlah satu-satunya alat pertukangan elektrik. Anda mungkin saja sudah memiliki alat pertukangan elektrik selain hammer drill. Bila Anda membeli hammer drill dengan merek sama seperti peralatan pertukangan elektrik yang telah Anda miliki, Anda bisa menggunakan baterai peralatan Anda pada hammer drill tersebut.

Apalagi, harga baterainya sendiri sebenarnya cukup mahal, tentu Anda bisa menghemat pengeluaran bila tidak perlu membeli baterainya, bukan? Meski begitu, tidak semua produsen hammer drill merancang baterainya sedemikian rupa. Oleh karena itu, Anda tetap harus memastikan kesesuaian baterainya terlebih dahulu, ya!

Pilihlah yang berukuran compact

Pilihlah yang berukuran compact

Bila Anda dihadapkan pada 2 produk dengan spesifikasi mirip, pilihlah produk yang berukuran paling compact, mudah digenggam, dan paling ringan. Anda akan lebih mudah menggunakan produk berukuran compact pada area yang sempit. Selain itu, Anda juga tidak akan mudah lelah saat menggunakan hammer drill berukuran compact dalam posisi mendongak.

Di satu sisi, hammer drill dengan bobot lebih berat memang lebih cocok Anda gunakan untuk menghancurkan benda-benda tertentu. Namun, hal tersebut bukanlah fungsi utama dari hammer drill sehingga tetap lebih baik bila Anda memilih produk yang berukuran kecil dan ringan.

Sesuaikan power supply-nya dengan kebutuhan Anda

Berdasarkan power supply-nya terdapat 2 tipe hammer drill. Berikut akan kami jelaskan mengenai keduanya.

Tipe baterai, lebih nyaman digunakan

Tipe baterai, lebih nyaman digunakan

Saat menggunakan hammer drill, tipe baterai terasa lebih nyaman karena tidak ada kabel yang akan mengganggu Anda saat sedang bekerja. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tipe baterai di tempat yang tidak memiliki stop kontakApalagi, saat ini baterai hammer drill dirancang lebih tahan lama sehingga kemungkinan Anda mengalami kehabisan baterai saat sedang bekerja menjadi lebih minim.

Bila Anda sering menggunakan hammer drill dalam jangka waktu yang panjang atau seharian, Anda juga dapat membawa baterai cadangan. Ada juga produk yang dari awal sudah dilengkapi dengan 1 baterai tambahan sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli baterai cadangan.

Tipe kabel, harganya terjangkau dan cocok Anda gunakan sepanjang hari

Tipe kabel, harganya terjangkau dan cocok Anda gunakan sepanjang hari

Bila Anda bekerja di tempat dengan stop kontak dan tidak masalah dengan kabel yang mungkin terasa menghalangi Anda saat sedang bekerja, tipe kabel cocok untuk Anda gunakan. Bila Anda menggunakan tipe baterai, Anda hanya bisa bekerja selama daya baterainya masih tersedia. Sedangkan bila menggunakan tipe kabel, Anda dapat terus menggunakannya sepanjang hari selama listrik dari stop kontak masih tersedia. Selain itu, bila menggunakan tipe kabel Anda juga tidak perlu menyisihkan waktu untuk mengisi baterai.

Bukan hanya itu, umumnya tipe baterai memiliki harga lebih mahal dibanding tipe kabel. Oleh karena itu, bila Anda ingin menghemat pengeluaran, Anda dapat memilih tipe kabel.

10 Rekomendasi hammer drill terbaik

Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi hammer drill terbaik. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10. Maktec MT817

10. Maktec MT817

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 590.550

Ringan dan rendah daya listrik, lho!

Bila Anda membutuhkan hammer drill yang hemat listrik, Anda bisa memilih produk yang satu ini. Dengan kapasitas mata bor hingga 13 mm, daya listriknya hanya sebesar 430 watt saja, lho! Dengan daya listrik serendah itu, produk ini tidak akan membuat tagihan listrik Anda jadi membengkak.

Produk ini juga dilengkapi dengan handle tambahan pada bagian samping. Handle tersebut akan membuat Anda semakin mudah menggenggam dan mengontrol hammer drill ini. Dengan bobot hanya 1,8 kg, produk ini terasa ringan dan tidak akan membuat tangan Anda pegal saat sedang digunakan.

9. Hitachi DV16VSS

9. Hitachi DV16VSS

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 890.000

Tipe kabel berbobot ringan yang pas untuk dipakai seharian penuh

Produk ini membutuhkan listrik sebesar 600 watt untuk bisa Anda gunakan. Ketika dioperasikan, Anda bisa menentukan kecepatan rotasinya sesuai kebutuhan karena produk ini sudah dilengkapi dengan fitur variable speed. Anda juga bisa mengukur kedalaman lubang yang sedang Anda buat melalui depth gauge-nya.

Dilengkapi dengan handle tambahan dekat mata bor, Anda akan semakin mudah mengendalikannya. Dengan bobot hanya 1,5 kg, dibandingkan hammer drill tipe kabel lainnya produk ini terasa sangat ringan. Bila stop kontak selalu tersedia dan Anda rutin bekerja menggunakan hammer drill sepanjang hari, produk berbobot ringan ini adalah opsi yang pas.

8. Bosch GBH 2-26 DRE Professional

8. Bosch GBH 2-26 DRE Professional

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.100.000

Semakin nyaman digenggam dengan soft grip

Dibuat menggunakan material berkualitas, produk ini cukup awet dan tidak mudah rusak sekalipun sering Anda gunakan. Selain itu, rotation control clutch-nya juga menjaga mesin ini tidak mudah rusak sekalipun Anda menggunakannya hingga overload. Produk ini pun praktis dan user friendly dengan adanya fitur pengaturan kecepatan.

Bila Anda menyukai produk yang tidak mudah rusak dan nyaman digenggam, produk ini adalah salah satu jawabannya. Produk ini dilengkapi dengan tambahan handle di dekat mata bornya untuk menghasilkan handling yang lebih baik. Handle tersebut bertipe soft grip sehingga terasa semakin nyaman dan lekat di tangan Anda.

7. Makita 8416

7. Makita 8416

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.400.000

Bisa untuk mengencangkan sekrup juga!

Produk berkualitas ini memiliki 2 mode, yakni rotation with hammering dan rotation only. Dengan adanya mode rotation only, Anda bisa menggunakannya juga untuk mengencangkan sekrup. Bila Anda tidak hanya sering melubangi dinding tetapi juga mengencangkan sekrup, Anda bisa memilih produk ini.

Produk ini juga nyaman untuk Anda genggam karena terdapat 2 handle berukuran mantap yang pas dengan ukuran tangan orang dewasa. Daya listrik yang Anda butuhkan pun tidak terlalu besar, cukup 570 watt saja. Dengan bobotnya 2,6 kg produk ini tidak akan terasa membebani lengan Anda saat sedang digunakan.

6. Hitachi DV14DL

6. Hitachi DV14DL

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.850.000

Baterai ringan dan panjang umur untuk pemakaian lebih lama

Menggunakan teknologi baterai high power HXP li-ion, bobot baterainya 40% lebih ringan dan berkapasitas 3 kali lipat lebih banyak dari baterai biasa! Dengan begitu, durasi pemakaian baterai produk ini menjadi semakin panjang. Anda juga akan memperoleh tambahan 1 baterai pada saat pembelian, sangat pas bila Anda berencana bekerja sepanjang hari menggunakan produk cordless.

Selain itu, hammer drill ini juga dilengkapi dengan handle tambahan agar Anda dapat menggenggamnya dengan dua tangan. Fitur pengaturan kecepatannya pun terasa praktis dan fungsional. Selain itu, dengan adanya lampu LED (Light-Emitting Diode) Anda juga dapat menggunakan produk ini untuk bekerja di tempat berpencahayaan kurang.

5. BLACK+DECKER TB555-B1

5. BLACK+DECKER TB555-B1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 406.800

Lengkap dengan hammer mode biar harga hanya 6 digit!

Untuk Anda yang memiliki dana terbatas dan membutuhkan hammer drill untuk mengebor benda keras, produk ini adalah pilihan terbaik. Dengan harga sangat terjangkau, Anda sudah memperoleh hammer drill yang dapat Anda atur kekuatannya menjadi hammer mode. Dengan menggunakan hammer mode, mengebor dinding maupun beton tidaklah sulit untuk Anda lakukan.

Kemudian, dengan ukuran yang cukup compact, produk ini cocok untuk Anda operasikan di area yang sempit. Ukuran compact tersebut juga membuat Anda tidak mudah lelah bahkan saat menggunakannya dalam posisi mendongak. Meski begitu, Anda tetap harus memastikan bahwa Anda tidak akan merasa terganggu dengan kabelnya saat Anda bekerja, ya!

4. DeWALT DCD796D2

4. DeWALT DCD796D2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.824.000

Partner kerja andalan Anda di area sempit dan gelap

Menggunakan teknologi brushless motor, produk ini mampu menggunakan energi dari baterai secara efisien sehingga Anda dapat menggunakannya dengan durasi 57% lebih lama. Dengan ukuran compact dan bobot hanya 1,6 kg, tangan Anda tidak akan kram bila Anda menggunakannya sepanjang hari. Ditambah desain grip ergonomis, produk ini semakin nyaman Anda genggam.

Ketika membeli produk ini, Anda akan mendapat 2 baterai. Kemudian, produk ini juga dilengkapi dengan 3 mode lampu LED yang diklaim 20 kali lipat lebih terang dibandingkan model sebelumnya. Untuk Anda yang sering bekerja di area sempit dengan pencahayaan kurang, produk cordless ini wajib dimasukkan dalam wishlist Anda.

3. Makita HP331D

3. Makita HP331D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.150.000

Produk cordless ringan bagi Anda yang bermobilitas tinggi

Dengan rubberized soft grip, produk ini terasa empuk dan nyaman untuk Anda genggam. Produk ini tidak hanya memiliki desain ergonomis tetapi juga bobot sangat ringan, yakni hanya 1 kg saja, lho! Oleh karena itu, produk ini sangat cocok untuk dimiliki bila Anda mencari produk yang nyaman digenggam dan tidak membuat tangan Anda kram saat digunakan dalam jangka panjang.

Produk ini juga cukup kuat untuk Anda gunakan di medan berat karena fitur water and dust resistance-nya cukup baik. Menggunakan teknologi brushless motor, produk ini tidak mudah overheat saat Anda gunakan seharian. Tidak hanya itu, teknologi tersebut juga diklaim membuat baterainya 50% lebih irit, lho!

2. Makita HR2810

2. Makita HR2810

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.200.000

Kerja lebih smart dengan 3 mode pengoperasian fungsional

Dibalut dengan rubber grip, produk ini terasa empuk dan pas untuk Anda genggam. Handle tambahan pada produk ini juga fungsional dan membantu meningkatkan handling saat Anda sedang mengoperasikan alat ini. Anda juga dapat mengatur kecepatannya dengan mudah menggunakan fitur pengaturan kecepatan.

Dilengkapi dengan 3 opsi pengaturan kekuatan torsi, Anda bisa memilih mode rotation, hammering, maupun hammering with rotation. Dengan begitu, Anda tidak hanya dapat menggunakannya untuk melubangi beton keras, tetapi juga untuk melepas sekrup. Bila Anda membutuhkan produk yang versatile, produk ini dapat dimasukkan dalam daftar belanja Anda.

1. BLACK+DECKER BDCHD18K

1. BLACK+DECKER BDCHD18K

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.350.000

Kualitas mumpuni dengan harga yang tidak menguras kantong!

Bila Anda mencari cordless hammer drill yang memiliki mode hammer, produk ini wajib Anda miliki. Produk ini sudah dilengkapi dengan mode hammer agar bisa Anda gunakan untuk melubangi batu maupun beton. Tidak hanya itu, produk ini juga mudah Anda kendalikan dengan fitur low/high gear, pengaturan kecepatan serta 10 opsi pengaturan clutch sesuai kebutuhan.

Dilengkapi dengan lampu LED, produk ini juga bisa Anda gunakan di tempat dengan pencahayaan kurang. Anti slip soft grip-nya sangat fungsional dan membuat Anda semakin nyaman menggenggam produk ini. Ditambah dengan baterai yang dapat bertahan hingga 90 hari dalam kondisi idle serta harga cukup terjangkau, produk berkualitas ini terlihat sangat ekonomis, bukan?

Perhatikan juga bentuk shank-nya

Perhatikan juga bentuk shank-nya

Saat membeli hammer drill, Anda juga harus memperhatikan bentuk shank-nya. Kebanyakan hammer drill menggunakan shank SDS (Slotted Drive System/Shaft) yang berulir. Tipe hammer drill seperti ini tidak cocok bila Anda pasangkan dengan shank lurus yang tidak berulir.

Terdapat 2 jenis shank SDS, yakni SDS plus dan SDS max. Ukuran shank SDS plus adalah kelipatan 10 mm, sedangkan ukuran shank SDS max adalah kelipatan 18 mm. Karena angka kelipatan 10 lebih umum digunakan, biasanya ketika orang menyebutkan shank SDS, maka yang dimaksud adalah shank SDS plus.

Kebanyakan hammer drill dalam daftar rekomendasi ini juga menggunakan shank SDS. Namun, akan lebih baik bila Anda tetap memeriksa terlebih dahulu jenis shank-nya. Selain itu, bila memang dibutuhkan, Anda juga bisa menggunakan adapter agar bisa memasangkan shank lurus pada hammer drill Anda.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan 10 rekomendasi hammer drill terbaik. Terdapat produk yang menggunakan baterai maupun kabel. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kenyamanan dan power supply yang tersedia di tempat kerja Anda. Anda juga bisa memilih hammer drill yang menyediakan rotate mode dan hammer mode agar tenaganya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Meski hammer drill tidak terlalu sering digunakan, alat ini adalah pilihan terbaik dalam melubangi benda-benda keras. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila Anda memiliki alat yang satu ini, bukan?