• 10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Ada banyak cara untuk mengisi waktu luang, misalnya dengan melakukan hobi. Salah satu hobi yang sedang populer saat ini adalah mengatur interior hingga membuat DIY furnitur. Dalam prosesnya, tentu Anda butuh alat serbaguna, misalnya hammer drill.


Merek hammer drill terbaik yang bisa Anda pilih sangat bervariasi, di antaranya ada Makita, Bosch, dan Krisbow. Beberapa produk hammer drill tersebut memiliki varian fungsi dan mode yang beragam. Pada kesempatan ini, kami akan membantu Anda memilih hammer drill yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 Oktober 2022
Daftar isi

Perbedaan hammer drill dan vibrating drill

Perbedaan hammer drill dan vibrating drill

Hammer drill dan vibrating drill memiliki satu kesamaan, yakni berupa kemampuan untuk menciptakan lubang pada material keras. Di samping kesamaan, terdapat pula beberapa perbedaan antara hammer drill dan vibrating drill. Berikut ini beberapa perbedaannya:


  • Cara kerja hammer drill adalah menciptakan lubang pada beton, besi, dan kayu dengan rotasi mata bor. Sementara itu, vibrating drill memiliki cara kerja melubangi yang lebih besar dan mendalam dengan menciptakan vibrasi.

  • Cara pengoperasian hammer drill tidak perlu memberikan beban selama pengeboran karena daya tekannya sudah tinggi. Sementara itu, cara pengoperasian vibrating drill mengharuskan Anda memberikan beban selama pengeboran.

  • Kapasitas penghancuran hammer drill ada di tingkat menengah ke bawah sehingga cocok untuk kebutuhan rumah tangga. Sementara itu, kapasitas penghancuran vibrating dril lebih besar sehingga ideal untuk melakukan pekerjaan berat. 

Cara memilih hammer drill

Setelah mengetahui perbedaan hammer drill dan vibrating drill, mari beranjak pada cara memilih hammer drill yang tepat. Ada hal-hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan, seperti tipe pengisian daya, pilihan mata bor, dan ukurannya. Simak poin-poin berikut ini agar Anda tak salah memilih hammer drill terbaik!

Pilih metode pengisian daya yang memudahkan pekerjaan Anda

Beberapa hammer drill memiliki metode pengisian daya, yakni dengan baterai atau nonbaterai. Baik metode pengisian baterai maupun nonbaterai memiliki keunggulan masing-masing. Simak penjelasan berikut ini dan tentukan jenis power supply yang paling mudah untuk Anda gunakan!

Tipe baterai (cordless hammer drill), praktis digunakan di mana saja

Tipe baterai (cordless hammer drill), praktis digunakan di mana saja

Jenis hammer drill dengan rechargeable battery terbilang menarik, sebab kabelnya bisa diringkas dan tidak menghalangi aktivitas. Tipe hammer ini ideal untuk tempat yang tidak terjangkau soket listrik atau saat dibawa ke luar ruangan.


Bila Anda khawatir kehabisan baterai, Anda bisa mengambil baterai cadangan. Jadi, saat memerlukan hammer drill untuk bekerja dalam durasi yang lama, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai.

Tipe nonbaterai (corded hammer drill), penggunaan lebih stabil

Tipe nonbaterai (corded hammer drill), penggunaan lebih stabil

Hammer drill nonbaterai dilengkapi dengan kabel panjang untuk menjangkau soket listrik. Hammer drill ini direkomendasikan bila Anda lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan. Dengan hammer drill ini, Anda tentu tidak perlu memikirkan sisa daya baterai karena daya dipasok dari aliran listrik.


Corded hammer drill biasanya menyediakan mata bor berdiameter lebih dari 20 mm. Sementara itu, cordless hammer drill biasanya menyediakan mata bor dengan diameter kecil, yakni ±10–20 mm.

Gunakan mata bor yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Gunakan mata bor yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Setiap hammer drill pada umumnya menyertakan pilihan ukuran mata bor. Perhatikan ukuran tersebut untuk membentuk ukuran lubang yang Anda inginkan, ya!


  • Untuk keperluan perbaikan rumah, Anda akan memerlukan ukuran mata bor 20 mm.
  • Untuk keperluan chipping, Anda butuh mata bor yang diameternya lebih dari 20 mm.

Hammer drill biasanya juga memiliki mata bor atau drill blade yang dijual secara terpisah. Mata bor yang paling umum digunakan adalah tipe SDS dengan ulir pada bagian batangnya. Mata bor SDS tersebut dibagi menjadi dua, yakni:


  • SDS Plus, ketebalan porosnya berkisar pada 10 mm.
  • SDS Max, memiliki diameter hingga 18 mm.

Pada umumnya, SDS Plus adalah tipe mata bor yang sering dibutuhkan. Namun, pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Utamakan memilih hammer drill yang multifungsi

Selain mode rotasi, ada juga hammer drill yang dapat dialihkan ke mode chipping. Saran kami, milikilah hammer drill yang multifungsi.

Rotation mode, untuk mengencangkan sekrup dan melubangi kayu

Rotation mode, untuk mengencangkan sekrup dan melubangi kayu

Mode rotasi ini berguna untuk mengencangkan sekrup atau membuat lubang pada kayu. Fungsi ini biasa digunakan untuk melakukan pekerjaan DIY (do it yourself). Dengan mode rotasi ini, pekerjaan manual Anda akan lebih mudah dan cepat.

Chipping mode, untuk pekerjaan chipping ringan

Chipping mode, untuk pekerjaan chipping ringan

Untuk keperluan chipping skala besar, Anda tentu membutuhkan vibration drill berukuran besar. Namun, untuk keperluan chipping ringan, Anda cukup menggunakan hammer drill dengan mode chippingBor ini dapat Anda gunakan untuk menghancurkan beton kecil, seperti ubin.

Cari ukuran hammer drill yang compact

Cari ukuran hammer drill yang compact

Agar pekerjaan Anda nyaman, carilah hammer drill yang compact dan ringan. Terlebih jika Anda banyak mengebor benda kecil yang tidak membutuhkan banyak tenaga. Hammer drill yang compact cukup efisien untuk mengebor ke arah atas atau ke samping.


Selain mudah disimpan, hammer drill tersebut juga mudah digunakan di ruangan sempit. Namun, untuk keperluan chipping, Anda membutuhkan hammer drill dengan ukuran berat tertentu. Karena itu, pahami betul-betul kebutuhan Anda.

Pertimbangkan produk dari merek yang sama dengan alat pertukangan yang Anda miliki

Pertimbangkan produk dari merek yang sama dengan alat pertukangan yang Anda miliki

Baterai bawaan pada hammer drill memang lebih kompatibel dengan unit aslinya. Namun, bila Anda memerlukan baterai cadangan, tetapi juga ingin menghemat biaya, kami punya tips untuk Anda. Siasati saja dengan membeli hammer drill dari merek/manufaktur yang sama dengan peralatan pertukangan lain yang Anda punya.


Saat memilih baterai di luaran sana, pastikan untuk memeriksa labelnya dengan teliti. Jika baterai tidak kompatibel dengan alat Anda, kemungkinan baterai tidak dapat diisi atau mengalami salah voltase. Karena itu, Anda tetap harus memastikan kesesuaian baterainya juga, ya!

10 Rekomendasi hammer drill terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hammer drill terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 29 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Bosch Freedom Kit Professional masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Kova Electric Drill 13mm Set Reversible muncul sebagai produk terlaris kedua. 

Gambar produk
1
Bosch Freedom Kit Professional 1

Bosch

2
Kova  Electric Drill 13mm Set Reversible 1

Kova

3
J.LD Mesin Bor Baterai 1

J.LD

4
MAILTank Mesin Bor Baterai Cordless Drill 12V 1

MAILTank

5
KENMASTER Bor Impact Drill 13MM 1

KENMASTER

6
Krisbow Impact Drill Set 13 mm 500 W IRIDS131 1

Krisbow

7
RYU SDS Plus Rotary Hammer 1

RYU

8
Makita MAKTEC Bor Listrik 13mm 1

Makita

9
Black+Decker Hammer Drill Evo 6 Heads Kit 1

Black+Decker

10
Makita 6412 Drill  1

Makita

Nama produk

Freedom Kit Professional

Electric Drill 13mm Set Reversible

Mesin Bor Baterai

Mesin Bor Baterai Cordless Drill 12V

Bor Impact Drill 13MM

Impact Drill Set 13 mm 500 W IRIDS131

SDS Plus Rotary Hammer

MAKTEC Bor Listrik 13mm

Hammer Drill Evo 6 Heads Kit

6412 Drill

Keunggulan

Pekerjaan makin mudah berkat handle tambahan yang bisa dilepas pasang

Solusi hammer drill hemat listrik, tetapi tenaganya besar

Kecepatan bisa diatur dengan fitur variable speed switch

Fitur lampu LED-nya dapat membantu Anda melakukan pekerjaan dalam gelap

Memalu dan mengebor dengan mekanisme pengaturan arah putaran

Hammer drill yang praktis untuk menunjang beragam pekerjaan

Mesin bor yang ideal untuk pekerjaan berat Anda

Pekerjaan konstruksi bangunan cepat beres dengan hammer drill reversible ini!

Multifungsi dengan beragam pilihan mata bor

Ukuran compact dengan handle ergonomis

Harga mulai dariRp 719.000,00Rp 650.000,00Rp 580.000,00Rp 370.000,00Rp 299.000,00Rp 555.000,00Rp 1.584.000,00Rp 545.000,00Rp 6.841.000,00Rp 660.000,00
TipeCordedCordedCordlessCordlessCordedCordedCordedCordedCordlessCorded
Daya input550 watt450 watt36 V12 V600 watt450 watt850 watt500 watt20 V450 watt
FungsiMemalu, mengebor, dan dua arah putaranFitur putaran reversible dan tenaga besarMemasang sekrup, pengeboran horizontal, pengeboran impactPenggunaan multigigi, switch pengatur ukuran gigi, lampu LED, dua pengatur kecepatan, dan lubang sirkulasi panasPengatur arah putaran mata bor, memalu, dan mengebor lubang Pengatur kecepatan, dapat digunakan pada metal, dinding, kayu, dan betonMengebor, bobok, bor impactPengatur kecepatan, fitur putaran reversibleMengebor, memotong, menggergaji, mengampelas, dan melubangiFitur riversing switch
IncludeHandle tambahan, kunci kepala bor, pengukur kedalaman, mata bor, dan toolboxMata bor, handle tambahan, sarung tangan, meter ukur 2 m, dan boks penyimpananCharger, baterai, tools, boks penyimpananMata bor, charger, baterai, boks serbaguna, dan garansi tiga bulanBoks serbaguna, 14+5 mata bor, dan handleMata bor dan boks penyimpananMata bor, carbon brush, boks penyimpananBuku petunjuk, kartu garansiMata bor, charger, baterai, adaptor, tools, boks penyimpanan-
BeratTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan2,8 kgTidak disebutkan1,4 kg1,3 kg
Tautan produk
10
TipeCorded
Daya input450 watt
FungsiFitur riversing switch
Include-
Berat1,3 kg
9

Black+DeckerHammer Drill Evo 6 Heads Kit

EVO185K6-B1

Mulai dari Rp 6.841.000,00

TipeCordless
Daya input20 V
FungsiMengebor, memotong, menggergaji, mengampelas, dan melubangi
IncludeMata bor, charger, baterai, adaptor, tools, boks penyimpanan
Berat1,4 kg
8
TipeCorded
Daya input500 watt
FungsiPengatur kecepatan, fitur putaran reversible
IncludeBuku petunjuk, kartu garansi
BeratTidak disebutkan
7
TipeCorded
Daya input850 watt
FungsiMengebor, bobok, bor impact
IncludeMata bor, carbon brush, boks penyimpanan
Berat2,8 kg
6

KrisbowImpact Drill Set 13 mm 500 W IRIDS131

10064703

Mulai dari Rp 555.000,00

TipeCorded
Daya input450 watt
FungsiPengatur kecepatan, dapat digunakan pada metal, dinding, kayu, dan beton
IncludeMata bor dan boks penyimpanan
BeratTidak disebutkan
5

KENMASTERBor Impact Drill 13MM

KM-008

Mulai dari Rp 299.000,00

TipeCorded
Daya input600 watt
FungsiPengatur arah putaran mata bor, memalu, dan mengebor lubang
IncludeBoks serbaguna, 14+5 mata bor, dan handle
BeratTidak disebutkan
4

MAILTankMesin Bor Baterai Cordless Drill 12V

Sh191

Mulai dari Rp 370.000,00

TipeCordless
Daya input12 V
FungsiPenggunaan multigigi, switch pengatur ukuran gigi, lampu LED, dua pengatur kecepatan, dan lubang sirkulasi panas
IncludeMata bor, charger, baterai, boks serbaguna, dan garansi tiga bulan
BeratTidak disebutkan
3
TipeCordless
Daya input36 V
FungsiMemasang sekrup, pengeboran horizontal, pengeboran impact
IncludeCharger, baterai, tools, boks penyimpanan
BeratTidak disebutkan
2

Kova Electric Drill 13mm Set Reversible

MT4500

Mulai dari Rp 650.000,00

TipeCorded
Daya input450 watt
FungsiFitur putaran reversible dan tenaga besar
IncludeMata bor, handle tambahan, sarung tangan, meter ukur 2 m, dan boks penyimpanan
BeratTidak disebutkan
1

BoschFreedom Kit Professional

GSB 550

Mulai dari Rp 719.000,00

TipeCorded
Daya input550 watt
FungsiMemalu, mengebor, dan dua arah putaran
IncludeHandle tambahan, kunci kepala bor, pengukur kedalaman, mata bor, dan toolbox
BeratTidak disebutkan

Baca juga rekomendasi produk DIY tools lainnya di sini

Guna memudahkan Anda melakukan hobi DIY, kami menyediakan ulasan peralatan pertukangan lainnya. Yuk, lengkapi perlengkapan Anda dengan rekomendasi produk terbaik hanya di sini!

Kesimpulan

Mampu membuat furnitur atau membetulkan perkakas secara mandiri merupakan suatu kesenangan. Demi mendukung hobi ini, Anda perlu berinvestasi pada alat-alat yang terbaik seperti hammer drill ini.


Pada artikel di atas, kami telah merangkumkan cara memilih hammer drill yang tepat. Apakah Anda sudah menemukan hammer dril yang tepat? Silakan gunakan poin-poin cara memilih di atas untuk mencari hammer drill yang tepat. Mari temukan semua kebutuhan Anda bersama kami, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya tukang bangunan, bor listrik juga sering digunakan oleh orang-orang yang senang melakukan aktivitas DIY (do-it-yourself). Mesin bor akan sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini tersedia dalam beberapa jenis, seperti bor cordless, impact drill, hingga bor listrik portable.Ada berbagai merek bor listrik yang bagus, seperti Bosch, Makita, RYU, J.LD, dan Black & Decker. Kali ini, kami akan membahas tips memilih bor listrik dan rekomendasi sepuluh produk terbaiknya untuk Anda. Jika Anda berminat memiliki bor listrik, simak artikelnya sampai akhir, ya!
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Baterai Rechargeable Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Baterai Rechargeable Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Baterai rechargeable adalah salah satu solusi untuk menekan limbah kimia yang berbahaya. Berbeda dengan baterai biasa, sumber daya listrik yang satu ini dapat diisi ulang dan dipakai hingga ratusan kali. Berbagai tipe dan ukuran baterai rechargeable pun bisa dengan mudah ditemukan di pasaran, mulai dari 18650, AA, hingga AAA.Nah, kali ini kami akan membahas cara memilih baterai rechargeable terbaik sekaligus memberikan rekomendasi produknya. Anda bisa menemukan berbagai merek terbaik, misalnya Doublepow, Mitsuyama, EBL, Energizer dan lainnya. Baterai rechargeable yang bagus untuk vape dan tamiya juga ada, lho!
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baterai adalah pengisi daya yang penting untuk berbagai perangkat elektronik, mulai jam dinding, remote, sampai mainan. Baterai AA umumnya memiliki besar tegangan 1,5 volt. ABC Alkaline, Energizer, dan Eveready adalah beberapa merek baterai AA yang mudah Anda temui di pasaran.Selain baterai AA sekali pakai, ada juga baterai AA rechargeable. Smartoools adalah salah satu merek baterai AA rechargeable. Namun, simak dahulu tips kami dalam memilih baterai AA yang bagus untuk berbagai alat elektronik. Di samping segi harga, masih ada hal-hal lainnya yang bisa Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Impact wrench atau pembuka baut digunakan untuk mengencangkan mur dan baut serta untuk mengganti roda. Anda akan menemukan impact wrench keluaran Bosch, DeWalt, Mailtank, dan lainnya dengan spesifikasi dan harga yang berbeda. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan beberapa rekomendasi merek impact wrench yang bagus!Sebenarnya, ada juga impact wrench yang dapat Anda hubungkan dengan kompresor. Namun, kali ini kami akan membatasi hanya pada tipe pembuka baut elektrik saja. Tidak ada salahnya jika Anda membeli impact wrench karena alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda!
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika ingin menyekrup bagian yang tebal saat merangkai furnitur, Anda akan kesulitan jika hanya menggunakan obeng. Untuk itu, Anda membutuhkan mesin bor beton atau impact drill. Namun, banyaknya merek impact drill, seperti Makita, Bosch, dan Mailtank, mungkin membuat Anda kebingungan. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton yang bagus. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda. Baik bor cordless (bor baterai) maupun bor berkabel, semua akan kami sajikan. Semoga Anda dapat menemukan impact drill yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca!
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pepohonan yang terlalu rindang dengan banyak cabang akan membuat pekarangan rumah Anda terlihat tidak terawat. Karena itu, Anda perlu memotong dahannya menggunakan gergaji agar tetap rapi. Dewasa ini, terdapat gergaji tangan yang ringan dan mudah digunakan. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran barangkali membuat Anda bingung dalam memilihnya.Kali ini, kami akan membahas cara memilih gergaji tangan yang bagus. Berbagai merek gergaji tangan terbaik, seperti Tekiro Tools dan Carl Schlieper atau Cap Mata ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis jika Anda ingin mendapatkan gergaji tangan terbaik.
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin serut kayu, yang disebut juga ketam atau planer, berguna untuk menghaluskan permukaan kayu yang tidak rata. Dengan adanya alat ini, proses finishing kayu pun akan menjadi lebih mudah. Meski begitu, banyaknya mesin serut kayu dengan spesifikasi yang berbeda-beda mungkin membuat Anda bingung memilih.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi mesin serut kayu terbaik. Anda akan menemukan berbagai merek mesin serut kayu yang bagus, seperti Bosch, Ryu, Makita, dan lain sebagainya. Pilihlah produk yang paling sesuai kebutuhan agar pekerjaan Anda makin cepat selesai!
    Power tools
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori