• 10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Ada banyak cara untuk mengisi waktu luang, misalnya dengan melakukan hobi. Salah satu hobi yang sedang populer saat ini adalah mengatur interior hingga membuat DIY furnitur sendiri. Dalam prosesnya, tentu Anda butuh alat serbaguna, seperti hammer drill.


Merek hammer drill yang bisa Anda pilih sangat bervariasi, di antaranya ada Makita, Bosch, Krisbow, dan DEWALT. Beberapa produk hammer drill tersebut memiliki varian fungsi dan mode yang beragam. Pada kesempatan ini, kami akan membantu Anda memilih hammer drill yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Langsung saja, simak ulasan kami sampai habis, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 11 Februari 2021
  • 18.359 Views
Daftar isi

Tahukah Anda perbedaan hammer drill dengan vibrating drill?

Tahukah Anda perbedaan hammer drill dengan vibrating drill?

Hammer drill dan vibrating drill memiliki kesamaan kemampuan untuk menciptakan lubang pada material keras. Hammer drill memungkinkan Anda membuat lubang pada beton, besi, dan kayu dengan rotasi mata bor. Sementara itu, vibrating drill mampu membuat lubang lebih besar dan dalam dengan menciptakan vibrasi.


Vibrating drill mengharuskan pengguna memberikan beban selama pengeboran. Namun, hal ini tidak berlaku pada hammer drill karena gaya tekannya yang tinggi. Hammer drill juga dapat dengan mudah mengebor ke arah atas maupun samping.


Selain itu, vibrating drill cocok untuk membuat lubang besar atau menghancurkan balok beton. Singat kata, vibrating drill memiliki kapasitas menghancurkan yang lebih besar sehingga ideal untuk melakukan pekerjaan berat. 

Cara memilih hammer drill

Setelah mengetahui perbedaan hammer drill dan vibrating drill, mari beranjak pada cara memilih hammer drill yang tepat.

Pilih metode pengisian daya yang memudahkan pekerjaan Anda

Beberapa hammer drill memiliki metode pengisian daya dengan baterai dan nonbaterai. Tentukan jenis power supply yang paling mudah untuk Anda gunakan.

Tipe baterai (cordless hammer drill), praktis digunakan di mana saja

Tipe baterai (cordless hammer drill), praktis digunakan di mana saja

Jenis hammer drill dengan rechargeable battery terbilang menarik, sebab kabelnya mudah diringkas dan tidak menghalangi aktivitas. Tipe ini ideal untuk tempat yang tidak terjangkau soket listrik atau saat dibawa ke luar ruangan.


Namun, bila Anda khawatir kehabisan baterai, Anda bisa mengambil baterai cadangan. Beberapa merek hammer drill kenamaan menyediakan baterai cadangan sejak awal pembelian. Jadi, saat memerlukan hammer drill untuk bekerja dalam durasi yang lama, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai.

Tipe nonbaterai (corded hammer drill), penggunaan lebih stabil

Tipe nonbaterai (corded hammer drill), penggunaan lebih stabil

Hammer drill nonbaterai dilengkapi dengan kabel panjang untuk menjangkau soket listrik. Tipe ini direkomendasikan bila Anda lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan. Menggunakan hammer drill jenis ini akan terasa nyaman selama ada soket atau pasokan listrik. Dengan hammer drill ini, Anda tentu tidak perlu memikirkan sisa daya baterai.


Mayoritas cordless hammer drill menyediakan mata bor dengan diameter kecil, yaitu ±10 mm–20 mm. Untuk diameter yang lebih dari 20 mm, biasanya banyak terdapat pada corded hammer drill. Nah, jika Anda ingin membuat lubang yang besar, pilihlah corded hammer drill, ya.

Cari hammer drill dengan fitur penyedot debu

Cari hammer drill dengan fitur penyedot debu

Saat mengaplikasikan hammer drill pada media beton atau kayu, pasti Anda akan mendapati debu yang beterbangan. Untuk menghindari debu terhirup atau mengotori area kerja, pilihlah hammer drill yang sekaligus dapat menyedot debu.


Mekanisme penyedot debu ini bekerja mengumpulkan debu bersamaan dengan pengeboran. Fitur ini akan sangat berguna ketika Anda perlu mengebor langit-langit rumah. Saat memilih bor, jangan lupa untuk mengecek fitur ini, ya.

Gunakan mata bor yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Gunakan mata bor yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Setiap hammer drill dilengkapi dengan mata bor berbagai ukuran, seperti 17 mm atau 20 mm. Perhatikan ukuran tersebut untuk membentuk ukuran lubang yang Anda inginkan.


Untuk keperluan perbaikan rumah, biasanya Anda akan memerlukan ukuran mata bor 20 mm. Namun, untuk keperluan chipping, Anda butuh mata bor yang diameternya lebih dari 20 mm. Beberapa hammer drill menyertakan pilihan ukuran mata bor yang bisa Anda sesuaikan.

Utamakan memilih hammer drill yang multiungsi

Selain mode rotasi, ada juga hammer drill yang dapat dialihkan ke mode chipping. Saran kami, milikilah hammer drill yang multifungsi.

Rotation mode, untuk mengencangkan sekrup dan melubangi kayu

Rotation mode, untuk mengencangkan sekrup dan melubangi kayu

Mode rotasi ini berguna untuk mengencangkan sekrup atau membuat lubang pada kayu. Fungsi ini biasa digunakan untuk melakukan pekerjaan DIY. Dengan mode rotasi ini, pekerjaan manual Anda akan lebih mudah dan cepat.

Chipping mode, untuk pekerjaan chipping ringan

Chipping mode, untuk pekerjaan chipping ringan

Untuk keperluan chipping skala besar, Anda tentu membutuhkan vibration drill berukuran besar. Namun, untuk keperluan chipping ringan, Anda cukup menggunakan hammer drill dengan mode chipping. Bor ini dapat Anda gunakan untuk menghancurkan beton kecil, seperti ubin.

Temukan ukuran hammer drill yang compact

Temukan ukuran hammer drill yang compact

Kami merekomendasikan Anda memilih hammer drill dengan bentuk yang compact dan ringan. Terlebih jika Anda banyak mengebor benda kecil yang tidak membutuhkan banyak tenaga. Ukuran hammer drill yang compact cukup efisien digunakan untuk mengebor ke arah atas ataupun samping. Selain mudah disimpan, hammer drill yang demikian juga mudah digunakan pada ruangan sempit.


Akan tetapi, untuk keperluan chipping, Anda membutuhkan hammer drill dengan ukuran berat tertentu. Oleh karena itu, pahami betul-betul kebutuhan Anda. Bila ini adalah kali pertama Anda membeli hammer drill, kami merekomendasikan produk yang compact. Terkecuali, bila Anda memang membutuhkan bor untuk chipping, pilihlah yang beratnya sesuai, ya.

Cermati bentuk mata bor yang digunakan

Cermati bentuk mata bor yang digunakan

Hammer drill biasanya memiliki mata bor atau drill blade yang dijual secara terpisah. Maka dari itu, untuk menyiapkan mata bor dengan benar, periksa juga bentuk batang mata bornya.


Mata bor yang paling umum digunakan adalah tipe SDS dengan ulir pada bagian batangnya. Berhati-hatilah dalam memilih mata bor, sebab ini berbeda dengan mata bor lurus yang diperuntukan pada drill driver.


Mata bor SDS dibagi menjadi dua, yaitu SDS Plus dan SDS Max. Ketebalan poros pada SDS Plus berkisar pada 10 mm. Sementara itu, SDS Max memiliki diameter hingga 18 mm. Pada umumnya, SDS Plus adalah tipe mata bor yang sering dibutuhkan.

Pilihlah produk dengan merek yang sama dengan alat pertukangan Anda lainnya

Pilihlah produk dengan merek yang sama dengan alat pertukangan Anda lainnya

Baterai bawaan pada hammer drill memang lebih kompatibel dengan unit aslinya. Namun, bila Anda memerlukan baterai cadangan, tetapi juga ingin menghemat biaya, kami punya tips untuk Anda. Anda bisa menyiasatinya dengan membeli hammer drill dari merek/manufaktur yang sama dengan peralatan pertukangan lain yang Anda punya.


Saat memilih baterai di luaran sana, pastikan untuk memeriksa labelnya dengan teliti. Jika baterai tidak kompatibel dengan alat Anda, kemungkinan baterai tidak dapat diisi atau mengalami salah voltase. Oleh karena itu, Anda tetap harus memastikan kesesuaian baterainya terlebih dahulu, ya!

10 Rekomendasi hammer drill terbaik

Setelah mengetahui seluk beluk mengenai hammer drill, mari beranjak ke sesi berikutnya. Di bawah ini, kami punya sepuluh ulasan hammer drill terbaik untuk Anda.

10

KENMASTERPortable Hammer Drill

KM-008

Mulai dari Rp 299.000,00

TipeCorded
Daya input600 watt
FungsiPengatur arah putaran mata bor, memalu, dan mengebor lubang
IncludeBoks serbaguna, 14+5 mata bor, dan handle
9

NankaiCordless Drill Elektrik Cas Set

Art 082 - 03

Mulai dari Rp 126.000,00

TipeCordless
Daya inputBaterai 600 mAh
FungsiPutaran forward & reverse, bisa dioperasikan dengan tangan kanan dan kiri, lampu LED, dan indikator LED
Include11 bit set, charger, dan adapter
8

MAILTankMesin Bor Baterai Cordless Drill 12V

Sh191

Mulai dari Rp 370.000,00

TipeCordless
Daya input12 V
FungsiPenggunaan multigigi, switch pengatur ukuran gigi, lampu LED, dua pengatur kecepatan, dan lubang sirkulasi panas
IncludeMata bor, charger, baterai, boks serbaguna, dan garansi tiga bulan
7

KrisbowImpact Drill Set 13 mm 500 W

EDI5-1321VRS

Mulai dari Rp 469.900,00

TipeCorded
Daya input550 watt
FungsiPengatur kecepatan, dapat digunakan pada metal, dinding, kayu, dan beton
IncludeMata bor dan boks penyimpanan
6

FISCHBor Beton / Bor Listrik 16 mm

TD 163000

Mulai dari Rp 475.000,00

TipeCorded
Daya input680 watt
FungsiTombol pengunci, dapat digunakan untuk memalu, mengebor beton, baja, dan kayu
Include-
5

Kova Electric Drill 13mm Set Reversible

MT4500

Mulai dari Rp 650.000,00

TipeCorded
Daya input450 watt
FungsiFitur utaran reversible dan tenaga besar
IncludeMata bor, handle tambahan, sarung tangan, meter ukur 2 m, dan boks penyimpanan
4
TipeCorded
Daya input450 watt
FungsiFitur riversing switch
Include-
3

DEWALT10 mm 0-2800 rpm Rotary Drill

DWD014-B1

Mulai dari Rp 829.000,00

TipeCorded
Daya input550 watt
FungsiReversible switch, pengatur kecepatan, dapat digunakan untuk pengeboran ringan hingga berat, dan dust sealed switch
IncludeChuck key
2

BLACK+DECKERKit Set 12V Drill Driver 43acc & Soft Bag

BCPK1249C-B1

Mulai dari Rp 1.290.000,00

TipeCordless
Daya input10,8 V
FungsiMengebor, mengobeng, dilengkapi lampu LED, dan variable speed
Include43 aksesori, charger, soft bag, dan boks penyimpanan
1

BoschFreedom Kit Professional

GSB 550

Mulai dari Rp 719.000,00

TipeCorded
Daya input550 watt
FungsiMemalu, mengebor, dan dua arah putaran
IncludeHandle tambahan, kunci kepala bor, pengukur kedalaman, mata bor, dan toolbox

Tabel perbandingan produk hammer drill terbaik

Gambar produk
1
Bosch Freedom Kit Professional 1

Bosch

2
BLACK+DECKER Kit Set 12V Drill Driver 43acc & Soft Bag 1

BLACK+DECKER

3
DEWALT 10 mm 0-2800 rpm Rotary Drill 1

DEWALT

4
Makita 6412 Drill  1

Makita

5
Kova  Electric Drill 13mm Set Reversible 1

Kova

6
FISCH Bor Beton / Bor Listrik 16 mm 1

FISCH

7
Krisbow Impact Drill Set 13 mm 500 W  1

Krisbow

8
MAILTank Mesin Bor Baterai Cordless Drill 12V 1

MAILTank

9
Nankai Cordless Drill Elektrik Cas Set 1

Nankai

10
KENMASTER Portable Hammer Drill  1

KENMASTER

Nama produk

Freedom Kit Professional

Kit Set 12V Drill Driver 43acc & Soft Bag

10 mm 0-2800 rpm Rotary Drill

6412 Drill

Electric Drill 13mm Set Reversible

Bor Beton / Bor Listrik 16 mm

Impact Drill Set 13 mm 500 W

Mesin Bor Baterai Cordless Drill 12V

Cordless Drill Elektrik Cas Set

Portable Hammer Drill

Keunggulan

Hammer drill dengan aksesori yang sangat lengkap

Cordless hammer drill yang bisa dipakai 4 jam

Dapat diaplikasikan pada material ringan hingga berat

Ukuran compact dengan handle ergonomis

Tenaga besar dengan daya lebih hemat

Desain handle grip untuk pegangan yang kukuh

Solusi kebutuhan rumah Anda

Fitur pengatur kecepatan yang memudahkan pekerjaan

Cordless hammer drill dengan harga paling terjangkau

Memalu dan mengebor dengan mekanisme pengaturan arah putaran

Harga mulai dariRp 719.000,00Rp 1.290.000,00Rp 829.000,00Rp 660.000,00Rp 650.000,00Rp 475.000,00Rp 469.900,00Rp 370.000,00Rp 126.000,00Rp 299.000,00
TipeCordedCordlessCordedCordedCordedCordedCordedCordlessCordlessCorded
Daya input550 watt10,8 V550 watt450 watt450 watt680 watt550 watt12 VBaterai 600 mAh600 watt
FungsiMemalu, mengebor, dan dua arah putaranMengebor, mengobeng, dilengkapi lampu LED, dan variable speedReversible switch, pengatur kecepatan, dapat digunakan untuk pengeboran ringan hingga berat, dan dust sealed switchFitur riversing switchFitur utaran reversible dan tenaga besarTombol pengunci, dapat digunakan untuk memalu, mengebor beton, baja, dan kayuPengatur kecepatan, dapat digunakan pada metal, dinding, kayu, dan betonPenggunaan multigigi, switch pengatur ukuran gigi, lampu LED, dua pengatur kecepatan, dan lubang sirkulasi panasPutaran forward & reverse, bisa dioperasikan dengan tangan kanan dan kiri, lampu LED, dan indikator LEDPengatur arah putaran mata bor, memalu, dan mengebor lubang
IncludeHandle tambahan, kunci kepala bor, pengukur kedalaman, mata bor, dan toolbox43 aksesori, charger, soft bag, dan boks penyimpananChuck key-Mata bor, handle tambahan, sarung tangan, meter ukur 2 m, dan boks penyimpanan-Mata bor dan boks penyimpananMata bor, charger, baterai, boks serbaguna, dan garansi tiga bulan11 bit set, charger, dan adapterBoks serbaguna, 14+5 mata bor, dan handle
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk DIY tools lainnya di sini!

Guna memudahkan Anda melakukan hobi DIY, kami menyediakan ulasan peralatan pertukangan lainnya. Yuk, lengkapi perlengkapan Anda dengan rekomendasi produk terbaik hanya di sini!

Kesimpulan

Mampu membuat furnitur atau membetulkan perkakas secara mandiri merupakan suatu kesenangan. Demi mendukung hobi ini, Anda perlu berinvestasi pada alat-alat yang terbaik, seperti hammer drill ini.


Pada artikel di atas, kami telah merangkumkan cara memilih hammer drill yang tepat. Silakan gunakan poin-poin cara memilih di atas untuk mencari hammer drill yang tepat. Mari temukan semua kebutuhan Anda bersama kami, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bor listrik saat ini bukanlah perkakas khusus untuk tukang bangunan saja. Mesin bor akan sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek DIY (do-it-yourself).Ada berbagai merek bor listrik di pasaran, seperti Bosch, Makita, dan Black & Decker. Jenisnya pun beragam, mulai dari bor listrik untuk profesional hingga produk yang ramah bagi pemula. Kali ini kami akan membahas tips memilih bor listrik yang tepat dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya untuk Anda. Mari disimak!
    Power tools
    157.236 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, Hitachi, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!
    Power tools
    73.339 Views
  • 10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Impact wrench atau pembuka baut digunakan untuk mengencangkan mur dan baut serta untuk mengganti roda. Anda akan menemukan impact wrench keluaran Bosch, Hitachi, Stanley, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi dan harga. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi impact wrench terbaik.Sebenarnya ada juga impact wrench yang dapat Anda hubungkan dengan kompresor. Namun, kali ini kami akan membatasi hanya pada tipe pembuka baut elektrik saja. Tidak ada salahnya Anda membeli impact wrench karena alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda, lho!
    Power tools
    51.054 Views
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pepohonan yang terlalu rindang dengan banyak cabang akan membuat pekarangan rumah Anda terlihat tidak terawat. Karena itu, Anda perlu memotong dahannya menggunakan gergaji agar tetap rapi. Dewasa ini, terdapat gergaji tangan yang lebih ringan dan mudah digunakan. Namun, beragamnya tipe pisau dan harga gergaji tangan mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan membahas cara memilih produk gergaji tangan yang berkualitas. Tidak ketinggalan, sepuluh produknya juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Terdapat berbagai merek, seperti IRWIN dan Krisbow. Baca terus sampai bawah, yuk!
    Power tools
    27.888 Views
  • 10 Rekomendasi Gergaji Mesin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gergaji Mesin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gergaji mesin atau reciprocating saw merupakan alat pemotong yang digerakkan dengan tenaga listrik. Dengan begitu, aktivitas bongkar pasang furnitur atau memangkas tanaman akan jadi lebih praktis dan nyaman. Merk gergaji reciprocating terbaik ada banyak, seperti Bosch, Hitachi, dan Makita. Banyaknya gergaji mesin yang berbeda mungkin membuat Anda bingung dalam memilihnya. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih gergaji mesin yang bagus beserta rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Power tools
    45.145 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mesin serut kayu yang biasa disebut juga mesin ketam atau planer berguna untuk menghaluskan permukaan kayu yang tidak rata. Dengan begitu, proses finishing kayu pun menjadi lebih mudah. Meski begitu, banyaknya mesin serut kayu yang berbeda spesifikasi satu sama lain mungkin bisa membuat Anda bingung memilih.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi mesin serut kayu terbaik. Anda akan menemukan berbagai produk keluaran Bosch, AEG, Makita, dan sebagainya di sini. Pilihlah produk yang paling sesuai kebutuhan agar pekerjaan Anda semakin cepat selesai!
    Power tools
    41.902 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mesin amplas elektrik dapat Anda gunakan untuk menghaluskan kayu dan berbagai jenis logam. Bila Anda suka memperbaiki sendiri furnitur yang dimiliki, tentu Anda harus memiliki alat ini. Namun, banyaknya merek mesin amplas elektrik seperti Maktec, Makita, dan Bosch mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat.Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Kemudian, kami juga akan memberikan daftar sepuluh rekomendasi mesin amplas elektrik terbaik untuk Anda. Dengan amplas elektrik, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan 20-30 menit lebih cepat dibanding menggunakan kertas amplas biasa. Yuk, baca terus untuk mengetahui lebih jauh!
    Power tools
    23.959 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori