10 Rekomendasi Pet Carrier Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pet Carrier Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2018)

Untuk Anda yang memelihara kucing di rumah, ada kalanya Anda ingin membawa kucing Anda pergi bersama seperti jalan-jalan naik sepeda, mobil, atau naik pesawat terbang, bukan? Pada saat seperti itu, tentu Anda memerlukan tempat khusus yang biasa disebut dengan pet carrier. 

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih pet carrier untuk kucing, serta memberikan 10 rekomendasi produk yang bisa Anda beli di online shop seperti Lazada atau Tokopedia. Untuk Anda pencinta kucing, simak baik-baik artikel berikut ini, ya!

Daftar isi

Cara memilih pet carrier untuk kucing

Ada berbagai macam bentuk dan jenis pet carrier untuk kucing. Agar tidak salah memilih, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis pet carrier terlebih dahulu.

Pilih berdasarkan bahan dan bentuk

Pada dasarnya, pet carrier kucing dapat dibagi menjadi 3 jenis. Berbeda karakter kucing dan kondisinya, berbeda juga cara memilihnya. Oleh sebab itu, sambil membaca referensi dari kami, cobalah untuk membayangkan pada kondisi seperti apa pet carrier Anda akan dipakai nantinya.

Bahan plastik, kuat dan aman

Bahan plastik, kuat dan aman

Pet carrier tipe ini adalah jenis pet carrier yang terbuat dari plastik yang keras, yang pada bagian depannya terdapat pintu berbentuk jaring-jaring untuk digunakan sebagai jalan keluar masuk hewan. Jenis plastik ini sangat kokoh dan tidak mudah rusak sehingga sangat cocok untuk jenis kucing yang sangat aktif bergerak.

Tidak hanya itu, karena bahan plastiknya sangat kuat, Anda dapat memasukkan kucing ras apapun dengan aman dalam boks ini tanpa perlu khawatir si kucing akan melompat keluar. Tipe ini sangat cocok untuk Anda gunakan ketika menunggu untuk jangka waktu yang lama, seperti mengantri untuk pemeriksaan medis di rumah sakit hewan, dan lain sebagainya.

Bahan kain, praktis dan ringan

Bahan kain, praktis dan ringan

Pet carrier tipe yang satu ini adalah tas yang terbuat dari bahan kain yang lembut. Dibandingkan dengan tipe plastik, tipe ini memiliki bobot yang lebih ringan. Namun, karena kucing dapat dengan mudah melompat keluar, carilah tas yang terdapat penutup pada bagian atasnya (terkadang ada juga pet carrier untuk anjing yang tidak dilengkapi dengan penutup).

Karena bobotnya yang ringan, pet carrier ini mudah dibawa kemana-mana sehingga lebih praktis saat digunakan. Akan tetapi, karena bahan kain mudah robek, maka Anda perlu sedikit berhati-hati jika kucing yang Anda bawa mengamuk.

Selain itu, pet carrier tipe ini juga memiliki kelemahan yang terletak pada bagian tali pengencangnya. Apabila talinya robek sedikit saja, maka robekannya dapat dengan mudah melebar, dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada tas. Banyak juga kasus dimana talinya terputus ketika membawa kucing yang terlalu berat. Oleh sebab itu, pilihlah tali pet carrier yang berbahan kuat dan tidak mudah robek, ya.

Berbentuk seperti tas ransel, digunakan ketika bersepeda atau berjalan santai

Berbentuk seperti tas ransel, untuk digunakan ketika bersepeda atau berjalan santai

Pet carrier bentuk tas ransel ini cocok digunakan untuk membawa kucing Anda berjalan-jalan santai atau naik sepeda. Jenis ini memiliki struktur yang lebih kuat jika dibandingkan dengan tipe kain sehingga Anda tidak perlu khawatir saat membawanya berjalan maupun naik sepeda dalam waktu lama. Meskipun tipe ini memiliki bobot yang sedikit berat, tetapi pet carrier ini bisa membawa kucing dengan  ukuran besar.

Untuk Anda yang terbiasa kemana-mana dengan menggunakan mobil maupun kendaraan umum, mungkin pet carrier tipe ini sedikit kurang pas untuk Anda. Namun, tidak ada salahnya untuk memiliki pet carrier tipe ini, untuk mengantisipasi agar lebih cepat dan mudah membawa kucing kesayangan Anda jika suatu hari terjadi bencana tak terduga.

Pilih berdasarkan ukuran tinggi kucing

Pilih berdasarkan ukuran panjang kucing

Jika Anda memilih pet carrier dengan ukuran kecil untuk anak kucing, maka ketika kucing menjadi lebih besar, tas akan menjadi sempit, dan membuat kucing Anda menjadi tidak nyaman. Agar lebih aman, pilihlah tas kucing yang ukurannya satu kali lebih besar daripada ukuran tubuh anak kucing Anda.

Sebaliknya, apabila Anda membeli tas yang terlalu besar, kucing akan menjadi tidak bisa diam, yang dapat membuat Anda kesulitan saat membawanya. Sebelum membeli, perhatikanlah ukuran tas yang Anda beli dan sesuaikanlah dengan ukuran kucing Anda.

Pilihlah pet carrier dengan pintu atas untuk memudahkan Anda saat mengeluarkan kucing

Pilihlah pet carrier dengan pintu atas untuk memudahkan Anda saat mengeluarkan kucing 

Terdapat 2 pintu yang terletak pada pet carrier jenis ini, yaitu yang terletak pada bagian samping dan yang terletak pada bagian atas. Namun, yang paling mudah digunakan untuk memasukkan atau mengeluarkan kucing adalah tipe pet carrier yang memiliki pintu pada bagian atas. Ada kalanya, ketika menggunakan pet carrier yang memiliki pintu pada bagian samping, kucing akan tersangkut di dalam,  dan menjadi sulit untuk dikeluarkan. Namun, hal itu tidak akan terjadi apabila Anda menggunakan pet carrier yang pintunya terletak pada bagian atas.

Terutama untuk jenis kucing yang penakut dan pemarah, pilihlah pet carrier yang pintunya terletak pada bagian atas agar memudahkan Anda ketika akan memasukkan atau mengeluarkan kucing.

Pilihlah yang mudah dilihat bagian dalamnya

Pilihlah yang mudah dilihat bagian dalamnya

Biasanya, pada salah satu bagian sisi pet carrier terdapat jala transparan yang digunakan untuk melihat aktivitas kucing di dalamnya. Namun, karena lubang jaring-jaring pada jalanya sangat kecil dan hanya terdapat pada satu sisi, akan sulit untuk melihat posisi kucing dengan jelas.

Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah pet carrier yang terdapat jaring-jaring jala pada beberapa sisinya. Menggunakan pet carrier yang mudah dilihat dari luar juga akan membuat Anda merasa lebih tenang ketika bepergian jauh, atau ketika sedang menunggu antrian lama di rumah sakit karena Anda dapat lebih mudah mengawasi kucing Anda.

Pilihlah yang dilengkapi dengan kantong saku

Pilihlah yang dilengkapi dengan kantong saku

Tergantung dari jenis modelnya, ada juga pet carrier yang dilengkapi dengan kantong saku untuk tempat meletakkan mainan, makanan kucing, dan sebagainya. Meskipun saku bukanlah fungsi yang sangat diperlukan, tetapi akan lebih praktis apabila Anda memiliki tas yang dilengkapi dengan banyak saku.

Selain lebih praktis, tas yang memiliki banyak saku juga cocok untuk Anda yang suka berjalan-jalan tanpa membawa tas pribadi sehingga Anda dapat meletakkan dompet atau barang-barang pribadi Anda pada saku tas.

10 Rekomendasi pet carrier terbaik untuk kucing

Di atas tadi sudah kami berikan beberapa tips cara memilih pet carrier. Berikutnya, kami akan merekomendasikan produk-produk yang dapat Anda jadikan referensi ketika akan membeli pet carrier.

10. Capsule Pet Carrier

10. Capsule pet carrier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 425.000

Solusi untuk kucing Anda yang aktif!

Pet carrier jenis tas ransel kapsul ini terbuat dari bahan yang kuat, dan didesain dengan warna dan karakter yang menarik. Kaca melingkar pada bagian belakang tas, membuat kucing Anda dapat terlihat dari luar sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keadaan kucing Anda selama perjalanan.

Dilengkapi dengan tali pengikat di dalamnya, Anda juga tidak perlu khawatir jika Anda lupa menutup tas dengan rapat karena kucing Anda tidak akan bisa melompat dari dalam tas. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang memiliki kucing yang aktif bergerak. 

 

9. Ransel Pet Carrier

9. Ransel Pet Carrier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 145.000

Berbobot ringan, cocok untuk kegiatan outdoor

Tipe ransel yang satu ini hampir sama dengan tipe tas ransel kapsul. Bedanya, tas ini terbuat dari bahan kain sehingga lebih lentur dan lebih fleksibel ketika digunakan. Selain itu, tas ini juga dilengkapi dengan jala yang berfungsi untuk pertukaran udara pada keempat sisinya yang dapat membuat kucing Anda tetap sejuk meskipun diletakkan di dalam tas.

Tidak hanya itu, dibandingkan dengan tipe kapsul, tipe ransel ini berbobot lebih ringan sehingga Anda tidak lelah ketika membawanya. Bobotnya yang ringan dan bahan kainnya yang kuat, membuat tas ini cocok Anda gunakan untuk membawa kucing Anda jalan-jalan keluar seperti naik sepeda atau berjalan kaki.

8. Pet Carrier OA808

8. Pet Carrier OA808

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 395.000

Tidak perlu takut bau dengan pet carrier yang mudah dicuci!

Pet carrier yang satu ini dapat digunakan dengan cara dijinjing maupun dilampirkan di pundak sehingga Anda dapat mengganti cara menggendong Anda ketika lelah dengan posisi tertentu. Ransel ini terbuat dari bahan kain tahan air sehingga Anda tidak perlu khawatir air merembes masuk ke dalam tas ketika hujan turun.

Selain itu, produk ini juga bisa dicuci sehingga memudahkan Anda untuk membersihkan kotoran yang mungkin ditinggalkan oleh jejak kaki kucing Anda setelah jalan-jalan di luar. Jika Anda sedang berada di luar rumah, Anda tinggal mengelapnya saja dengan tisu basah. Sangat praktis, bukan? 

7. Pet Carrier Selempang

7. Pet Carrier Selempang 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 124.600

Desain sling bag yang lembut dan nyaman

Pet carrier yang satu ini terbuat dari bahan material breathable yang sangat lembut dan nyaman untuk kucing Anda. Tidak hanya itu, model sling bag pada tas ini memudahkan Anda untuk menggendong kucing Anda, dan tali pada bagian depannya juga berfungsi untuk mencegah kucing melompat keluar sehingga sangat aman untuk digunakan.

Tas tipe ini diproduksi dengan 3 pilihan warna yaitu biru, pink, dan kuning yang dapat Anda pilih sesuai selera Anda. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki kucing dengan karakter manja, karena dengan tas ini Anda bisa dengan mudah mengelus kepala kucing Anda setiap saat.

6. Raid All Mobby Travelling Bag

6. Raid All Mobby Travelling Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 220.000

Time to travelling with your cat!

Pet carrier yang satu ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan Anda yang hendak bepergian ke luar kota dengan membawa serta hewan peliharaan Anda. Pada bagian samping kiri produk ini juga dilengkapi dengan jaring yang dapat Anda atur penutupnya, yang berfungsi untuk melindungi kucing Anda dari panas matahari.

Selain itu, tas ini juga terbuat dari bahan waterproof sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika mendadak turun hujan. Kantong yang terdapat pada bagian depan tas ini juga dapat Anda fungsikan untuk membawa mainan atau makanan untuk kucing Anda. Praktis dengan satu tas!

5. Front Backpack Pet Carrier

5. Front Backpack Pet Carrier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 190.000

Kucing aman, Anda pun senang!

Pet carrier yang satu ini berbentuk seperti gendongan bayi yang dapat Anda gunakan untuk membawa kucing Anda pada bagian depan sehingga Anda dapat dengan mudah mengawasi kucing Anda. Cocok untuk Anda yang suka membawa kucing Anda bepergian seperti ke taman, pantai, dan lain sebagainya.

Selain itu, penggunaan tas ini juga sangat mudah karena hanya tinggal memasukkan kucing ke gendongan, dan merapatkan tali pada bagian kiri dan kanannya agar pas dengan ukuran kucing Anda. Kucing Anda aman, Anda pun dapat berjalan-jalan dengan lebih menyenangkan. 

4. Travel Pet Carrier

4. Travel Pet Carrier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 295.000

Mini size untuk anak kucing Anda

Terbuat dari bahan kain yang lembut serta memiliki ukuran yang kecil, pet carrier yang satu ini cocok untuk Anda yang memiliki kucing dengan berat kurang dari 1.5 kg, dan ingin membawanya bepergian. Lubang-lubang udara yang terdapat pada bagian atasnya, memudahkan Anda untuk mengecek kondisi bayi kucing Anda setiap saat.

Tidak hanya itu saja, tas ini juga dapat dilipat sehingga memudahkan Anda untuk menyimpannya ketika tidak digunakan. Terdapat 3 varian warna yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Desain yang lucu, pas untuk bayi kucing Anda yang juga lucu.

3. 5 in 1 Stroller Pet

3. 5 in 1 Stroller Pet

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500.000

Praktis, multifungsi, untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama

Untuk Anda yang tidak ingin repot bolak-balik membeli pet carrier, produk pet carrier dengan model stroller ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Dengan bentuk yang kokoh dan berukuran cukup besar, pet carrier ini dapat Anda gunakan dari kucing yang baru lahir hingga menjadi kucing dewasa.

Didesain untuk multifungsi, produk ini dapat difungsikan sebagai stroller, trolley, tas ransel, tas jinjing, dan juga untuk diletakkan di dalam mobil. Tidak hanya itu, tas ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai koper untuk membawa barang-barang ketika tidak Anda gunakan untuk membawa kucing Anda.

2. Savic Zephos 2 Open

2. Savic Zephos 2 Open

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 325.000

Kokoh, aman, dan nyaman untuk kucing Anda

Pet carrier yang satu ini cocok untuk Anda yang suka membawa kucing Anda travelling dengan pesawat atau kereta. Terbuat dari bahan plastik yang sangat kuat, Anda tidak perlu khawatir karena produk ini tidak mudah rusak ketika berbenturan dengan benda lain di dalam bagasi.

Selain itu, pet carrier tipe ini juga dilengkapi dengan 2 pintu pada bagian atas dan sampingnya sehingga memudahkan Anda untuk memasukkan atau mengeluarkan kucing Anda. Namun, karena ukurannya tidak terlalu besar, produk ini hanya cocok untuk Anda yang memiliki kucing berbobot kurang dari 7 kilogram. Jadi, pastikan Anda menimbang berat kucing Anda terlebih dahulu sebelum membelinya, ya.

1. POW Boks (Pet on Wheels)

1. POW Boks (Pet on Wheels)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.950.000

Kemana pun Anda pergi, jalan-jalan bersama kucing kesayangan sudah bukan masalah lagi!

Untuk Anda yang sudah menganggap kucing Anda sebagai bagian dari keluarga, tentu Anda ingin kucing kesayangan Anda ikut serta kemana pun Anda pergi, bukan? Didesain secara khusus agar bisa dipasang di berbagai macam kendaraan, Anda bisa membawa kucing Anda ke berbagai tempat dengan sepeda, sepeda motor, mobil, maupun dijinjing seperti biasa.

Tidak hanya itu, tas ini juga dilengkapi dengan hook untuk mencegah kucing Anda melompat keluar ketika sedang berada di atas kendaraan. Terbuat dari bahan yang kuat dan berkualitas, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Produk ini adalah rekomendasi terbaik untuk Anda yang senang bepergian dan tidak rela meninggalkan kucing Anda sendirian di rumah! 

Kesimpulan

Pada artikel kali ini,  kami telah menjelaskan tips cara memilih pet carrier dan merekomendasikan beberapa produk untuk Anda. Bagaimana, apakah ada yang cocok dan sesuai dengan selera Anda?

Agar kucing Anda tidak menjadi stres karena perjalanan yang panjang, pilihlah pet carrier yang nyaman dan sesuai untuk kucing Anda. Selamat berjalan-jalan dan nikmati perjalanan Anda bersama kucing kesayangan Anda!