1. TOP
  2. >
  3. Fashion anak
  4. >
  5. Tas anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tas Terbaik untuk Anak TK (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tas Terbaik untuk Anak TK (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tas Terbaik untuk Anak TK (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tas Terbaik untuk Anak TK (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tas Terbaik untuk Anak TK (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tas Terbaik untuk Anak TK (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tas Terbaik untuk Anak TK (Terbaru Tahun 2023)

Saat anak memasuki TK, orang tua pasti ikut bersemangat menyiapkan perlengkapan masuk sekolah, salah satunya tas anak TK. Meski ada banyak model dan ragam tas sekolah anak TK, tas ransel tetap paling nyaman digunakan.  

Namun, untuk anak TK, tas terbaik tentu saja yang ukurannya pas dan tidak terlalu berat. Karena itu, kami akan memberikan rekomendasi tas anak TK yang bagus. Berbagai merek tas anak, seperti Skiphop dan Miniso akan kami ulas di sini. Namun, sebelumnya simak dahulu poin-poin memilih tas anak TK berikut ini. 

Diperbaharui 01-30-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 30 Januari 2023)

Cara memilih tas untuk anak TK

Anak-anak biasanya akan memilih tas dengan karakter dan warna yang mereka sukai. Namun, berhubung tas ransel akan digunakan setiap hari, Anda sebaiknya memastikan poin-poin di bawah ini juga sebelum membelinya.

① Prioritaskan yang berbobot ringan dan ukurannya pas dengan tubuh anak

Prioritaskan yang berbobot ringan dan ukurannya pas dengan tubuh anak
Ukuran tas anak TK berbeda-beda, tergantung dari tinggi badan si anak. Beberapa dari Anda mungkin berencana membelikan tas berukuran besar agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Hal tersebut tidak salah, tetapi anak TK biasanya tak membawa banyak barang. Alhasil, banyak bagian tas yang kosong dan tidak terpakai. 

Untuk mendapatkan ransel dengan ukuran yang pas, Anda bisa mengukur tinggi dan lebar punggung sang buah hati. Setelah itu, pilihlah tas yang ukurannya tidak jauh berbeda dengan tinggi dan lebar punggung si kecil


Selain memperhatikan ukurannya, Anda juga harus memastikan bobotnya. Tas akan bertambah berat ketika diisi dengan perlengkapan sekolah. Jika anak-anak membawa tas yang terlalu berat, risiko sakit punggung bisa dialami si kecil. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memastikan bobot tas si kecil tidak lebih dari 10–15% bobot tubuhnya.



② Pertimbangkan tas model ransel agar lebih nyaman

Pertimbangkan tas model ransel agar lebih nyaman

Ada banyak jenis tas, tetapi tas terbaik untuk anak TK adalah ransel. Tasransel memiliki dua tali sehingga titik bebannya lebih seimbang di bahu anak.


Meski anak TK belum membawa banyak barang, tetap hindari tas dengan satu tali karena bisa menyebabkan skoliosis. Pastikan juga panjang talinya dapat disesuaikan. Jadi, si kecil dapat menggendong tas dengan posisi tubuh tegap (tidak membungkuk atau tertarik ke belakang).


Bagian tali bahu tas anak TK tak harus memiliki pad tebal, mengingat bawaan mereka umumnya tidak berat. Namun, akan lebih baik jika tas ransel anak TK dilengkapi tali pengikat di dada atau pinggang. Hal ini untuk menghindari tali tas bergeser dari bahu. 

③ Cari tahu bahannya terlebih dahulu

Cari tahu bahannya terlebih dahulu

Bahan yang digunakan untuk membuat tas anak TK pastinya berbeda-beda. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memastikan bahannya kuat, ringan, mudah dibersihkan, dan tahan air atau tidak. Ada beberapa alasan mengapa hal tersebut harus diperhatikan.


  • Kuat dan ringan
Tas ransel anak yang bahannya kuat bisa dipakai lebih lama. Namun, Anda pun harus memastikan bahannya ringan agar tak membebani anak. Salah satu bahan tas yang terkenal kuat dan ringan adalah nilon.

  • Mudah dibersihkan
Anak-anak terkadang memiliki kebiasaan menyeret tas hingga menyapu lantai. Akibatnya, tas menjadi kotor dan Anda harus sering mencucinya. Supaya proses mencuci tas tak terasa merepotkan, pilihlah tas yang bahannya mudah dibersihkan, contohnya tas berbahan parasut.

  • Tahan air
Tas akan sering terkena tetesan air ketika musim hujan tiba. Supaya perlengkapan sekolah si kecil tidak basah, Anda dapat memberikan tas yang materialnya tahan air, contohnya poliester. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika cipratan air mengenai tas si kecil meski sudah menggunakan payung.

④ Pilih tas yang mudah dibuka dan ditutup oleh anak

Pilih tas yang mudah dibuka dan ditutup oleh anak
Setiap tas pasti dilengkapi dengan kompartemen. Kompartemen pada tas untuk anak TK sebaiknya mudah dibuka dan ditutup. Kompartemen tas juga sebaiknya dapat dibuka dengan lebar. Jadi, anak-anak tidak akan kesulitan ketika mengambil atau meletakkan sesuatu ke dalam tasnya.

 

Tas ransel model buckle atau purse sebaiknya tidak diberikan kepada anak sekolah TK karena akan sulit digunakan. Apabila Anda ingin memberikan tas yang berbeda, kami merekomendasikan tas sekolah anak yang dilengkapi tali serut. Tas model ini lebih mudah digunakan dan tidak ada risiko ritsleting macet.

⑤ Pastikan jumlah kantong tambahannya tidak lebih dari dua

Pastikan jumlah kantong tambahannya tidak lebih dari dua
Beberapa merek melengkapi tas sekolah anak dengan banyak kantong. Tas jenis tersebut sebaiknya dihindari karena akan merepotkan bagi anak-anak. Selain itu, kantong yang terlalu banyak juga bisa membuat anak-anak lupa di kantong mana perlengkapan sekolah disimpan sebelumnya.

⑥ Perhatikan modelnya dan ajak si kecil memilih

Perhatikan modelnya dan ajak si kecil memilih

Hal yang tak kalah penting dari memilih tas untuk anak TK adalah modelnya. Pastikan Anda mengajak si kecil memilih tas yang mereka inginkan supaya mereka makin semangat berangkat ke sekolah. 


Model tas anak TK untuk anak laki-laki dan perempuan biasanya berbeda. Dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangkan tas ransel yang dilengkapi motif karakter atau yang bentuknya lucu. Ada pula tas ransel yang bisa difungsikan sebagai koper. 

10 Rekomendasi tas terbaik untuk anak TK

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tas terbaik untuk anak TK yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Esternal

Tas Ransel Dinosaurus

Esternal Tas Ransel Dinosaurus 1枚目

Motif tasnya timbul, bikin looks si kecil jadi makin cute

2

CIJI

Tas Ransel Anak

CIJI Tas Ransel Anak 1枚目

Bagian luarnya keras, bawaan si kecil jadi aman

3

Catenzo Junior

Tas Sekolah Pria

Catenzo Junior Tas Sekolah Pria 1枚目

Bukaan ritsletingnya menjaga barang tidak berserakan

4

Tonga

Tas Ransel Anak Backpack Mini

Tonga  Tas Ransel Anak Backpack Mini  1枚目

Tersedia dalam banyak varian motif menarik

5

Naughty

Mini Backpack

Naughty  Mini Backpack 1枚目

Modelnya lucu! Dilengkapi boneka teddy bear di bagian depan

6

UCHII

Kids Wool Backpack School Bag

UCHII Kids Wool Backpack School Bag 1枚目

Tas lebih mudah dibuka dan ditutup berkat tali serut

7

Skiphop

Zoo Little Kid Backpack

Skiphop  Zoo Little Kid Backpack 1枚目

Tas karakter binatang yang bikin si kecil semangat ke sekolah

8

We Bare Bears

Trolley Backpack

We Bare Bears  Trolley Backpack 1枚目

Ada rodanya, bisa ditarik dengan mudah!

9

Miniso

Ransel We Bare Bears

Miniso Ransel We Bare Bears  1枚目

Lebih aman meski ketumpahan air berkat bahannya yang antiair

10

Hody Miliqi

Tas Ransel Anak Perempuan Butterfly

Hody Miliqi Tas Ransel Anak Perempuan Butterfly 1枚目

Cute dan colorful, buat si kecil makin terlihat girly

Perincian produk
Close
No.1

EsternalTas Ransel Dinosaurus

Mulai dari Rp101.576,00

Motif tasnya timbul, bikin looks si kecil jadi makin cute

Kelebihan:

  • Dilengkapi tali pengaman yang bisa dilepas pasang

Kekurangan:

  • Ukuran tasnya kecil, tidak bisa menampung buku


Tas dengan gambar karakter yang lucu sangat penting untuk anak TK supaya membuat mereka semangat pergi sekolah. Jika anak Anda menyukai karakter dinosaurus, mereka pasti akan menyukai tas yang satu ini. 


Selain gambarnya menarik, motif timbul yang ada pada tas juga menyerupai kaki dan tangan. Tentu saja, hal ini akan membuat si kecil makin tertarik. Tas ini juga hanya memiliki satu kompartemen saja sehingga memudahkan anak menyimpan barang-barangnya sendiri. 

No.2

Bagian luarnya keras, bawaan si kecil jadi aman

Kelebihan:

  • Bagian depan tas kukuh dan kuat

Kekurangan:

  • Bahan tidak fleksibel (tidak bisa dilipat) sehingga memakan tempat penyimpanan

Liriklah produk ini jika Anda sering menyelipkan makanan ke dalam tas si kecil. Bagian depan tas yang keras bisa melindungi barang bawaan si kecil. Jadi, makanan yang ada di dalam tidak akan mudah hancur. Hal lain yang membuat tas ini makin lucu adalah aksesori tambahan yang membuat tas tampak seperti hewan aslinya. Si kecil pasti akan menyukainya.

No.3

Catenzo JuniorTas Sekolah PriaCRZ 200

Mulai dari Rp69.000,00

Bukaan ritsletingnya menjaga barang tidak berserakan

Kelebihan:

  • Bobotnya sangat ringan sehingga tidak membebani anak saat membawanya

Kekurangan:

  • Bahannya tipis, perlu digunakan dengan hati-hati agar tidak sobek atau rusak

Ritsleting tas sekolah untuk anak TK ini didesain agak horizontal mengikuti bentuk bagian depan tas yang cenderung cembung. Inovasi tersebut akan menjaga barang bawaan si kecil tetap di tempatnya ketika ritsleting dibuka. 


Apabila barang bawaan buah hati Anda sering berserakan ketika tasnya dibuka, tak ada salahnya jika Anda memberikan tas ini. Tas ini juga didesain dengan motif karakter Spiderman. Bila ini adalah superhero favorit si kecil, mereka pasti akan menyukainya!

No.4

Tonga Tas Ransel Anak Backpack Mini

Mulai dari Rp159.900,00

Tersedia dalam banyak varian motif menarik

Kelebihan:

  • Punya dua kompartemen yang luas

Kekurangan:

  • Bahan luar tas tidak antiair 

Anda menginginkan tas sekolah anak TK dengan desain yang simpel, tetapi punya motif menarik? Pilih saja tas dari Tonga yang satu ini. Ada banyak varian motif yang bisa Anda pilih, mulai dari motif untuk anak perempuan, anak laki-laki, hingga uniseks. Modelnya juga sangat simpel dan sederhana yang terdiri dari dua kompartemen saja. Ukurannya tidak terlalu kecil atau besar, pas untuk anak usia 3-4 tahun. 

No.5

Naughty Mini BackpackA923

Mulai dari Rp179.900,00

Modelnya lucu! Dilengkapi boneka teddy bear di bagian depan

Kelebihan:

  • Bobotnya ringan, ukurannya pas untuk anak bertubuh mungil

Kekurangan:

  • Bantalan bahu tidak disertai pad

Tas ini berukuran 18,5 cm x 5 cm x 21 cm. Jika Anda memiliki anak perempuan bertubuh mungil, tas dari Naughty ini cocok sekali untuk ia pakai ke sekolah. Kompartemen dalamnya cukup luas, bisa menampung botol minum kecil serta kotak bekal snack.


Yang membuat tas ini spesial adalah boneka teddy bear lucu yang menempel di bagian depan tas. Ada beberapa pilihan warna yang bisa anak pilih. Anak perempuan Anda pasti terlihat makin menggemaskan jika memakai tas ini.

No.6

UCHIIKids Wool Backpack School Bag

Mulai dari Rp225.000,00

Tas lebih mudah dibuka dan ditutup berkat tali serut

Kelebihan:

  • Berupa tas serut yang mudah dibuka oleh anak

Kekurangan:

  • Bahannya terbuat dari rajutan sehingga mudah kotor dan rusak jika tidak digunakan dengan hati-hati

Tas anak merek UCHII ini kami rekomendasikan untuk anak-anak yang sering kesulitan membuka ritsleting. Ya, tas ini dilengkapi tali serut sehingga proses membuka atau menutup kompartemen jadi lebih mudah. Tali bahu pada tas serut ini memang tidak dilengkapi dengan pad. Walaupun demikian, talinya cukup lebar sehingga tidak akan memberikan tekanan berlebih pada bahu si kecil

No.7

Skiphop Zoo Little Kid Backpack

Mulai dari Rp419.000,00

Tas karakter binatang yang bikin si kecil semangat ke sekolah

Kelebihan:

  • Punya kantong untuk botol minum tersendiri di bagian samping tas
  • Memiliki pad tebal di bagian tali bahu

Kekurangan:

  • Ukurannya tergolong besar untuk tinggi badan rata-rata anak usia 3-4 tahun

Punya anak bertubuh besar dan tinggi sehingga butuh tas berukuran cukup besar? Tas dari Skip Hop ini bisa dijadikan pilihan. Selain ukurannya yang cukup besar, kompartemen tasnya juga sangat luas. 


Ditambah lagi, terdapat kantong tersendiri untuk menaruh botol minum. Jadi, Anda tak perlu khawatir air menumpahi buku si kecil dan membuat isi tasnya basah. Tas Skip Hop ini terdiri dari karakter-karakter binatang lucu yang pastinya akan membuat si kecil semangat sekolah. Kira-kira, binatang apa yang anak Anda sukai?

No.8

We Bare Bears Trolley Backpack

Mulai dari Rp449.000,00

Ada rodanya, bisa ditarik dengan mudah!

Kelebihan:

  • Memiliki banyak kantong dan kompartemen utamanya besar

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli mendapatkan tas yang roda trolley-nya seret atau tidak lancar

Botol minum dan kotak bekal bisa membuat tas bertambah berat. Agar si kecil tidak kesulitan menggendongnya, bagaimana kalau Anda memberikan tas yang dilengkapi roda dan handle ini? Jadi, anak-anak hanya tinggal menariknya saja. 


Selain dijadikan trolley, tas ini juga memiliki tali bahu sehingga bisa dipakai sebagai ransel. Tas ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga bisa terpakai sampai nanti anak masuk SD. Kantongnya pun cukup banyak, yaitu satu kompartemen utama, kantong depan, dan dua kantong samping. 

No.9

MinisoRansel We Bare Bears

Mulai dari Rp199.900,00

Lebih aman meski ketumpahan air berkat bahannya yang antiair

Kelebihan:

  • Dilengkapi tali pengikat di dada agar tali bahu tidak mudah bergeser saat dipakai
  • Bahan antiair dan mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Hanya memiliki satu kompartemen saja

Anak TK umumnya hanya membawa botol minum atau kotak bekal snack ke sekolah. Namun, tak jarang air atau snack bisa tumpah dan membasahi tas sekolah mereka. Nah, tas ini memiliki bahan antiair yang mudah dibersihkan sehingga Anda tak perlu khawatir jika hal itu terjadi. 


Anda cukup mengelap dan menjemurnya sebentar, kemudian tas bisa dipakai kembali. Di samping itu, desainnya pun simpel dan nyaman dikenakan. Ditambah lagi, terdapat tali pengikat di dada yang akan membuat ransel ini antigeser saat dipakai oleh si kecil. 

No.10

Hody MiliqiTas Ransel Anak Perempuan Butterfly

Mulai dari Rp145.000,00

Cute dan colorful, buat si kecil makin terlihat girly

Kelebihan:

  • Bahannya waterproof sehingga cepat kering jika ketumpahan air atau terkena air hujan
  • Terdapat bantalan pada tali bahu sehingga nyaman dipakai meski membawa barang berat

Kekurangan:

  • Warnanya terbatas hanya untuk anak perempuan saja 

Punya anak perempuan supergirly yang suka dengan barang-barang lucu? Jika iya, mereka pasti akan menyukai tas yang satu ini! Dengan karakter kupu-kupu yang lucu, tas ini dilengkapi aksen tambahan seperti sayap dan antena sungguhan. Ditambah lagi, warnanya yang cerah akan membuat si kecil tampil ceria. 


Tas ini dibuat dari bahan nilon drill sehingga membuatnya jadi waterproof. Terdapat dua kompartemen besar, yaitu kompartemen utama dan kompartemen tambahan di bagian depan. Tersedia dalam empat pilihan warna, pilih saja yang menjadi warna kesukaan si kecil, ya!

Baca juga rekomendasi berbagai barang lainnya untuk anak di sini

Kami telah memberi tahu beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum memilih tas ransel untuk anak TK. Selain itu, kami juga membahas berbagai barang lain untuk anak-anak. Apabila Anda tertarik untuk membaca artikelnya, silakan buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh produk tas terbaik untuk anak TK. Apakah Anda sudah menemukan tas ransel yang sesuai? Memang ada banyak sekali tas sekolah anak TK yang bagus, tetapi tas ransel adalah yang paling kami rekomendasikan.


Jangan lupa untuk perhatikan ukuran, bobot, bahan, serta modelnya. Selain itu, pastikan juga tas nyaman digunakan dan mudah dibuka tutup. Semoga anak Anda makin bersemangat dengan tas ransel barunya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer