10 Rekomendasi Rosehip Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Rosehip Oil Terbaik (Terbaru 2018)

Rosehip oil atau dikenal juga sebagai rosehip seed oil merupakan salah satu bahan alami yang saat ini banyak digunakan dalam produk anti-aging karena kandungannya yang kaya akan vitamin, antioksidan, dan asam lemak esensial Omega-3 dan Omega-6. Rosehip oil menawarkan berbagai manfaat kecantikan untuk rambut, kulit, dan kuku.

Saat ini, sudah banyak produsen kosmetik yang mengeluarkan variasi produk perawatan berbahan dasar rosehip seed oil ini. Produk seperti apakah yang sebaiknya Anda pilih? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih rosehip oil dan merekomendasikan produk yang bagus untuk Anda. Silakan disimak, ya!

Daftar isi

Apa itu rosehip oil?

Apa itu rosehip oil?

Rosehip oil adalah minyak yang diekstrak dari biji bunga mawar liar jenis tertentu. Yang membedakan rosehip oil dengan produk oil lainnya adalah rosehip oil mengandung 95% bahan yang baik untuk kecantikan kulit. Rosehip oil mengandung asam linoleat yang dipercaya dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti noda hitam akibat matahari, membantu peremajaan kulit, menjaga kekencangan kulit, dan mengurangi kerut serta kulit kusam.

Selain itu, rosehip oil juga diperkaya dengan asam lemak esensial Omega-3 dan Omega-6, vitamin A, serta vitamin C, 20 kali lebih banyak dari buah lemon sehingga dapat memberikan efek mencerahkan dan perawatan bagi kulit yang berjerawat.

Cara memilih rosehip oil

Ada beberapa varian produk rosehip oil berdasarkan jenis dan metode ekstraksinya. Mari kita lihat poin-poin berikut!

Purified or unpurified oil?

Purified or unpurified oil?

Beberapa jenis minyak telah melewati proses pengolahan dan beberapa lainnya tidak.

Minyak yang tidak melewati proses pengolahan disebut unpurified oil atau minyak tidak murni. Kelebihan minyak jenis ini adalah memiliki kandungan bahan aktif lebih banyak dibandingkan dengan minyak yang telah diolah. Namun, Anda juga harus berhati-hati karena konsentrasi minyak yang tinggi, ada komponen yang mungkin berpotensi menjadi alergen. Selain itu, beberapa orang merasa terganggu dengan adanya aroma unik yang ditimbulkan karena minyak tidak mengalami proses pengolahan.

Sebaliknya, minyak olahan yang mengalami proses pengolahan dengan tidak menyertakan kotoran dan tidak memiliki aroma disebut dengan purified oil. Kelebihan yang dimiliki purified oil adalah lebih nyaman digunakan dan tidak berbau.

Jadi, jika Anda ingin jenis rosehip oil dengan kandungan bahan aktif lebih banyak, disarankan untuk memilih jenis unpurified oil. Namun, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap aroma tertentu, akan lebih baik untuk memilih jenis purified oil.

Alami atau organik? Mana yang lebih aman?

Organik atau alami? Mana yang lebih aman?

Bagaimana cara memilih produk yang tidak akan menghasilkan efek samping berbahaya? Tidak perlu khawatir, ada 2 cara yang bisa membantu Anda untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pertama, minyak aroma alami. Yang dimaksud dengan alami adalah mengacu pada minyak yang dihasilkan dari tanaman yang ditanam dan tumbuh liar/alami namun bukan organik. Meskipun terbuat dari bahan alami, namun Anda juga perlu berhati-hati karena ada juga produk minyak aroma alami yang tidak ditanam dan dirawat dengan baik.

Kedua, adalah minyak yang dihasilkan dari tanaman yang dikelola secara organik. Minyak jenis ini sudah pasti aman dari racun karena budidaya tanaman organik tidak menggunakan pupuk dan pestisida kimia serta pertumbuhannya diawasi secara khusus dan memiliki sertifikasi lembaga tertentu.

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika membeli produk organik adalah selalu pastikan produk tersebut memiliki label/cap yang menunjukkan kandungan organik bahannya. Di Indonesia, lembaga khusus yang mengawasi penggunaan bahan organik adalah BIOcert, sedangkan jika membeli produk dari luar, perhatikan cap sertifikasi dari Ecocert, USDA, atau NSF.

Metode distilasi uap dan cold press

Metode distlasi uap dan cold press

Ada beberapa cara untuk mengekstrak minyak tumbuhan. Metode yang paling sering digunakan ada distilasi uap, yaitu dengan menyuling kandungan minyak biji rosehip yang terbawa bersama uap air ketika dipanaskan. Sifat minyak ini mudah menguap dan aroma yang dihasilkan bisa menjadi lebih kuat dengan melarutkan minyak dengan pelarut tertentu.

Selain itu, ada pula metode ekstraksi cold press yaitu dengan ‘memeras’ atau menekan biji rosehip tanpa menggunakan pemanasan sehingga tidak mengurangi nutrisi bahan dan menghasilkan minyak paling murni berkualitas tinggi. Untuk Anda yang mencari rosehip oil untuk kebutuhan kosmetik, maka minyak dari metode inilah yang paling direkomendasikan.

Essential oil atau carrier oil?

Essential oil atau carrier oil?

Minyak aroma terapi ada 2 jenisnya, yaitu essential oil dan carrier oil. Essential oil memiliki konsentrasi serta bahan aktif yang tinggi, dan banyak digunakan sebagai pewangi tubuh. Namun, karena essential oil dapat menimbulkan efek iritasi pada tubuh, untuk menguranginya Anda dapat mencampurkannya dengan sedikit carrier oil sebelum menggunakannya.

Jenis yang kedua adalah carrier oil atau biasa disebut minyak dasar/pelarut yang bisa dipakai untuk mengurangi tingkat konsentrasi essential oil. Carrier oil berfungsi untuk meningkatkan efek dan manfaat yang ada pada essential oil. Selain itu, karena carrier oil memiliki tingkat konsentrasi yang rendah sehingga bisa bisa digunakan tanpa mencampurnya dengan minyak lainnya. Jika Anda termasuk orang yang kurang menyukai minyak yang terlalu pekat, Anda bisa memilih carrier oil ini.

Jadi, bila Anda menginginkan hasil yang lebih efektif, sangat disarankan untuk menggunakan kombinasi antara essential oil dan carrier oil.

Pilihlah produk dengan kemasan gelap

Pilihlah produk dengan kemasan gelap

Minyak aromaterapi sangat sensitif terhadap cahaya dan panas, karena mudah teroksidasi. Maka sebaiknya pilihlah produk dengan kemasan yang dapat melindungi dari cahaya dan simpan dalam suhu ruang.

Selain itu, jika Anda termasuk orang yang jarang menggunakan minyak aromaterapi, hindari membeli produk dengan kemasan besar karena minyak aromaterapi memiliki masa pakai yang tidak lama.

10 Rekomendasi rosehip oil terbaik

Setelah memberikan tips dalam memilih rosehip oil, berikut kami perkenalkan beberapa produk rosehip oil berdasarkan urutan yang paling banyak dicari. Silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Tje Fuk Rosehip Seed Oil Skin Refiner

10. Tje Fuk Rosehip Seed Oil Skin Refiner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 135.000

Lawan terik matahari dan pancarkan pesonamu

Sinar matahari yang berlimpah memang menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki negara tropis seperti Indonesia. Akan tetapi, banyak orang terutama wanita yang menghindari berjalan di bawah sinar matahari karena khawatir kulit mereka akan terbakar.

Namun, kini Anda tidak perlu lagi khawatir! Rosehip seed oil ini akan menjaga dan memperbaiki struktur lapisan kulit Anda yang rusak akibat pengaruh buruk sinar UV dan polusi udara. Diperkaya dengan ekstrak biji bunga matahari yang melembapkan serta kandungan vitamin A, E, F, dan H membuat kulit terasa lembut. Gunakan rosehip seed oil ini sebagai alas make up agar riasan tahan lama dan semakin menyempurnakan penampilan Anda.

9. The Ordinary 100% Organic Cold-Pressed Rosehip Seed Oil

9. The Ordinary 100% Organic Cold-Pressed Rosehip Seed Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 259.000

Mengembalikan kelembapan kulit dengan 100% organic rosehip seed oil

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kusam karena tipe kulit yang kering, Anda harus mencoba produk rosehip seed oil ini. Diklaim mengandung 100% rosehip oil, produk ini diperkaya vitamin A, E,  dan 3 essential fatty acids (Omega-3, Omega-6 dan Omega-9) sehingga mampu membantu melembapkan dan memudarkan noda hitam di wajah.

Selain itu, botol kemasan yang berwarna gelap bisa membantu melindungi produk dari sinar matahari. Tapi, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap aroma tertentu, perlu memperhatikan bahwa rosehip seed oil ini merupakan jenis unrefined oil.

8. Life-flo Pure Rosehip Seed Oil

8. Life-flo Pure Rosehip Seed Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 159.000

Hilangkan complexion dan rawat tubuh dengan kemurnian organic rosa mosqueta

Terbuat dari rosa mosqueta (rose hip) seed oil (99.5%)vitamin E sebagai antioksidan serta vitamin A, rosehip seed oil ini menawarkan manfaat seperti menghilangkan noda hitam bekas jerawat, merawat kulit kemerahan akibat terbakar matahari, dan mengembalikan kekencangan kulit Anda.

Rosehip seed oil organik ini diproduksi melalui metode ekstraksi cold-pressed sehingga tidak perlu lagi diragukan kemurniannya. Selain untuk perawatan kulit wajah, produk ini juga bisa digunakan untuk merawat rambut dan kuku. Jadi, tunggu apalagi? Segera coba rosehip seed oil ini sebagai perawatan kecantikan Anda!

7. Radha Rosehip Oil

7. Radha Rosehip Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Untuk Anda yang memiliki masalah kulit yang kompleks

Diklaim telah mengantongi sertifikasi organik dari USDA, kandungan vitamin, lycopene, beta-karoten dan antioksidan dalam rosehip oil ini menawarkan beragam manfaat, seperti meremajakan kembali kulit, mengurangi noda, mencegah penuaan dini, membantu regenerasi sel kulit, dan masalah kulit lainnya.

Hadir dengan konsep “peremajaan dan perbaikan”, rosehip oil ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki kulit rusak seperi bekas luka, stretch mark, dan luka bakar. Nah, apakah Anda salah satu yang memiliki masalah kulit kompleks? Jangan ragu untuk mencoba produk yang satu ini.

6. Happy Green 100% Pure Oil Rosehip Seed

6. Happy Green 100% Oil Rosehip Seed

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Produk tanpa bahan kimia dan garansi uang kembali

Bila Anda menginginkan produk dengan jaminan untuk menghindari jika ternyata produk tidak sesuai dengan ekspektasi Anda, pilihlah produk rosehip seed oil merek ini. Diekstrak dari biji bunga rosa canina dengan metode cold press, 100% pure oil-nya dikatakan dapat merawat berbagai macam masalah kulit.

Produk ini dapat dipakai untuk melawan peradangan, membantu menghilangkan keriput, mengurangi stretch mark, dan jika dipakai secara teratur, dapat meningkatkan kadar kolagen sehingga membuat kulit Anda terasa elastis dan kencang. Tertarik mencoba? Tunggu apa lagi? Segera buktikan kebenarannya atau uang Anda kembali.

5. Indoganic Rosehip Oil Certified Organic

5. Indoganic Rosehip Oil Certified Organic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 169.000

Untuk Anda yang ingin kulit tampak lebih muda

Untuk Anda yang ingin terlihat lebih muda, Anda dapat mencoba produk satu ini. Mengusung tema rejuvenating oil, produk rosehip oil ini mengandung vitamin A, E, dan asam lemak esensial yang dapat memberikan efek memperhalus dan mengencangkan kulit, serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, untuk Anda yang sering merasa kurang percaya diri karena adanya noda bekas jerawat di wajah, Anda juga bisa merawatnya dengan menggunakan produk ini. Namun, satu hal  yang perlu diingat, produk ini hanya bisa digunakan untuk mengurangi noda bekas jerawat, dan bukan untuk menghilangkan jerawat. Jadi, hati-hati ya!

4. RosehipPLUS Pure and Natural Rosehip Oil

4. RosehipPLUS Pure and Natural Rosehip Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 249.000

Menetralkan kulit sensitif dan melenturkan kulit yang keras

Untuk Anda yang menginginkan produk dengan jaminan kualitas yang baik, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Rosehip oil asli Australia ini sudah memiliki sertifikasi Australian organic no. 11487, yaitu sertifikasi organik yang menjamin bahwa produk ini bebas dari kontaminasi bahan kimia selama masa penanaman dan produksinya sehingga dijamin aman dan berkualitas.

Rosehip oil ini diekstrak dengan metode cold press sehingga kandungan vitamin, asam lemak esensial dan antioksidannya tidak rusak. Produk ini juga aman digunakan untuk daily skin care karena dapat melembapkan kulit tanpa menyumbat pori-pori dan mampu menetralkan kulit sensitif yang seiring bertambahnya usia menjadi semakin kering dan sensitif. Selain untuk perawatan wajah, produk ini juga dapat memberi efek lentur pada kulit keras di bagian siku, lutut, dan tumit Anda, lho.

3. Sukin Certified Organic Rose Hip Oil

3. Sukin Certified Organic Rose Hip Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Skincare that doesn’t cost the earth

Sesuai dengan tagline-nya, merek ini berkomitmen menyediakan produk alami berkualitas tinggi dengan bahan terbaik dari alam. Mengandung 80% asam lemak esensial, produk ini sangat baik untuk melawan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini. Untuk Anda yang sering bekerja di luar ruangan dan terpapar debu dan polusi setiap hari, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda.

Selain itu, produk ini diklaim efektif mengatasi masalah kulit seperti dermatitis, stretchmark, serta kerutan dan garis halus pada mata, dahi, dan bibir. Anda dapat mengaplikasikan rosehip oil ini langsung pada wajah sebelum menggunakan pelembap atau pun dengan mencampurnya dengan pelembap.

2. MELAO Rosehip Oil

2. MELAO Rosehip Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 145.000

Lawan penuaan dini dan masalah kulit terkait usia

Seperti produk rosehip oil pada umumnya yang menawarkan berbagai keuntungan dalam melawan kulit yang menua, kelebihan produk ini adalah cocok untuk semua jenis kulit dan merupakan pilihan ideal untuk Anda yang memiliki kulit yang rewel. Bukan hanya usia manusia saja yang semakin tua, tapi kulit kita pun menjadi dewasa dan rentan mengalami masalah.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, bukan hanya menghidrasi kulit, kandungan multivitamin A, C & E dalam rosehip oil ini juga bekerja untuk mengembalikan kelembapan alami kulit, mencerahkan serta menjadikan kulit Anda halus seperti sutera, dan membuat penampilan Anda terlihat lebih muda.

1. Trilogy Certified Organic Rosehip Oil

1. Trilogy Certified Organic Rosehip Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 450.000

Minyak berkualitas tinggi yang direkomendasikan terapis

Produk rosehip oil ini adalah yang paling diminati dan dicari oleh para beauty blogger. Diklaim hanya menggunakan 100% rosa canina (rosehip) seed oil sebagai single ingredient, dan telah mengantongi sertifikasi dari IFOAM, tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Selain itu, dengan metode ekstraksi cold press yang digunakan, tidak akan merusak kandungan vitamin A, C, E, asam lemak esensial, lycopene, dan beta-karoten yang ada didalamnya, menghasilkan minyak dengan kualitas dan aroma yang baik.

Dengan kekayaan sumber vitamin dan nutrisi lain yang terkandung, rosehip oil dengan single ingredient ini akan merawat kulit Anda secara optimal. Lebih dari itu, ini merupakan produk yang direkomendasikan oleh para terapis di Jepang. Jika Anda masih ragu, produk ini telah terbukti secara klinis dapat menyamarkan bekas luka sebesar 41%, stretchmark sebesar 43%, dan kerutan serta garis halus sebesar 23%. Jadi, tunggu apa lagi?

Cara memijat yang benar agar kulit terlihat cantik dan kencang

Rosehip oil adalah minyak aromaterapi yang banyak direkomendasikan terapis untuk merawat kecantikan kulit. Gunakan metode memijat yang baik dan benar untuk mendapatkan efek yang lebih maksimal lagi. Berikut kami berikan beberapa gerakan pijat sederhana untuk kulit wajah terlihat cantik dan kencang.

Titik penting untuk melancarkan peredaran darah

Dengan memberi sedikit pijatan lembut pada bagian-bagian tertentu wajah, Anda dapat membuang racun dan kotoran yang menumpuk dalam darah sehingga membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

Setelah melakukan pijatan, suhu kulit sekitar dahi, pipi, dan mata akan meningkat tajam, hal itu menandakan bahwa sirkulasi darah Anda pun telah mengalami peningkatan dan ini merupakan hal yang baik.

Langkah-langkah pijatan

Memijat wajah Anda akan membantu membuat otot-otot yang tegang menjadi rileks. Manfaat lainnya adalah, dengan metode yang baik dan benar, pijatan juga dapat memberi efek meringankan stres dan menjadikan kulit Anda terasa lebih segar setelahnya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Dahi

Letakkan jari manis dan tengah di antara kedua alis, beri sedikit tekanan kemudian tarik pelan ke arah atas hingga berakhir di pelipis. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 kali.

Sekitar hidung

Untuk mencegah kerutan di area hidung, letakkan jari Anda di masing-masing sisi hidung, kemudian lakukan gerakan memijat ke arah bawah secara perlahan. Ulangi gerakan sebanyak 3 kali.

Untuk mencegah pori-pori sekitar hidung tersumbat, tekan pelan lekukan lubang hidung, kemudian lakukan gerakan ke atas dan ke bawah sebanyak 6 kali.

Sudut mulut

Lakukan gerakan menarik ke atas dengan jari-jari Anda di sepanjang garis bibir, mulai dari kedua ujung sudut bibir.

Pipi

Untuk menjaga kekencangan kulit pipi, lakukan gerakan mendorong ke atas dimulai dari dagu sampai pelipis.

Mata

Untuk kulit daerah mata terlihat bersinar, lakukan gerakan memutar keluar dimulai dari tulang alis sampai tulang airmata dan di akhiri memijat bagian dalam sudut mata.

Leher

Terakhir adalah leher. Gunakan telapak tangan Anda untuk melakukan gerakan ringan mengusap kulit leher dari arah bawah ke atas. Ulangi gerakan sampai 3 kali.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan beberapa produk rosehip oil kepada Anda. Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan pilihan?

Meskipun menggunakan bahan baku yang sama, setiap produk tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Akan lebih baik bagi Anda untuk memilih sesuai dengan kebutuhan serta mempertimbangkan poin seperti masalah kenyamanan dan aroma. Apapun itu, pilihlah produk rosehip oil yang telah terbukti memiliki sejuta manfaat untuk solusi kesehatan dan kecantikan kulit Anda!