mybest
Minyak pengobatan & perawatan

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Essential oil
  4. 10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024)

Rosehip oil adalah salah satu bahan alami yang saat ini banyak digunakan dalam produk skincare. Rosehip oil tidak hanya digunakan untuk merawat kulit wajah, tetapi juga untuk menutrisi rambut dan kulit kepala. Kali ini kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih minyak rosehip.

Kami juga akan memberikan rekomendasi produk rosehip oil terbaik dan tips cara mengaplikasikanya. Anda dapat menemukan rosehip oil yang bagus dengan harga bervariasi, seperti dari merek Trilogy, The Ordinary, Everpure, Essano, dan Sukin. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
Diperbaharui 14/07/2023
dr. Nova Primadina
Pakar
Dokter spesialis bedah plastik dan dosen
dr. Nova Primadina

dr. Nova adalah seorang dosen di Fakultas Kedokteran Muhammadiyah Surabaya. Beliau juga doktor peneliti yang berfokus pada efek essential oil lokal Indonesia serta aromaterapi pada manusia dan pengobatan herbal. dr. Nova juga seorang dokter spesialis bedah plastik dengan keahlian tambahan sebagai seorang formulator skincare natural, aromaterapi, dan hipnoterapi. dr. Nova memenangkan hibah penelitian efek essential oil asli Indonesia, Cananga latifolia, terhadap tingkat stres dan konsentrasi mahasiswa FK. Beliau juga meraih juara 1 UMKM binaan IPB dan Prima Kelola dengan skincare-nya yang merupakan essential oil asli Indonesia.

Profil dr. Nova Primadina
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Manfaat rosehip oil

Manfaat rosehip oil
Apa itu rosehip oil? Rosehip oil adalah minyak yang diekstraksi dari biji bunga mawar liar. Perbedaan rosehip oil dengan produk oil lainnya adalah rosehip oil mengandung 95% bahan yang baik untuk kecantikan. Di bawah ini kami telah merangkum beberapa manfaat rosehip oil.


  • Untuk perawatan kulit wajah

Rosehip oil mengandung asam linoleat yang dipercaya dapat menghambat tanda-tanda penuaan dini seperti noda hitam akibat matahari. Selain itu, rosehip oil juga membantu peremajaan kulit, menjaga kekencangan kulit, dan mengurangi kerut serta kulit kusam. Minyak ini diperkaya dengan vitamin yang dua puluh kali lebih banyak dibandingkan lemon sehingga memberikan efek mencerahkan kulit.


  • Untuk perawatan kulit tubuh

Kandungan asam lemak pada rosehip oil mampu menghidrasi kulit, meningkatkan elastisitas kulit, serta merawat bekas luka dan stretch mark. Sementara itu, vitamin A di dalamnya berfungsi untuk membantu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak.


  • Untuk perawatan rambut

Anda dapat menggunakan rosehip oil sebagai pengganti kondisioner setelah keramas. Vitamin C yang terkandung di dalam rosehip oil mampu membuat rambut menjadi lembut, sehat, dan kuat. Minyak ini juga bisa melembapkan ujung-ujung rambut Anda yang kering.


  • Untuk perawatan kutikula

Kutikula adalah lapisan kulit yang membutuhkan kelembapan. Apabila dibiarkan kering, kutikula dapat pecah-pecah, bahkan mengelupas. Untuk menjaga kelembapannya, gunakan rosehip oil di area kutikula, lalu pijat dengan gerakan memutar. Anda juga bisa menggunakan cara tersebut sebelum mengaplikasikan cat kuku.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih rosehip oil

Ada beberapa varian produk rosehip oil berdasarkan jenis dan metode ekstraksi. Mana yang sebaiknya Anda pilih? Mari kita lihat poin-poin berikut ini!
1

Kenali perbedaan purified oil dan unpurified oil

Kenali perbedaan purified oil dan unpurified oil
Rosehip oil yang tidak melewati proses pengolahan disebut unpurified oil. Kelebihan minyak jenis ini adalah kandungan bahan aktifnya lebih banyak dibandingkan minyak yang telah diolah.

Namun, Anda juga harus berhati-hati karena konsentrasi minyak yang tinggi memungkinkan adanya komponen yang berpotensi menjadi alergen. Jika Anda memiliki alergi terhadap zat atau makanan tertentu, Anda harus berhati-hati. Selain itu, beberapa orang merasa terganggu dengan adanya aroma asing yang ditimbulkan karena minyak tidak mengalami proses pengolahan.


Sebaliknya, rosehip oil yang mengalami proses pengolahan dengan tidak menyertakan kotoran disebut purified oil. Kelebihan purified oil adalah lebih nyaman digunakan dan tidak memiliki aroma.


Jika Anda mencari jenis rosehip oil dengan kandungan bahan aktif lebih banyak, pilihlah jenis unpurified oil. Namun, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap aroma tertentu, Anda sebaiknya memilih jenis purified oil.

2

Pertimbangkan rosehip oil organik

Pertimbangkan rosehip oil organik
Minyak organik dihasilkan dari tanaman yang tumbuh di tanah bebas pupuk kimia atau pestisida. Selain itu, produk organik juga bebas dari bahan-bahan kimia, seperti paraben, alkohol, pewarna, dan parfum. Karena rosehip oil banyak digunakan untuk kulit, minyak organik tentu saja lebih unggul dalam hal keamanan.

Di Indonesia, produk yang mengandung bahan organik sebanyak minimal 70% bisa disertifikasi organik oleh beberapa lembaga. Contoh lembaganya antara lain PT Peterson Mitra Indonesia, BIOCert, dan PT Sucofindo. Ketiganya berada di bawah naungan Kementerian Pertanian Indonesia.


Lembaga sertifikasi akan mengecek produk, mulai dari bahan baku, proses pembuatan, hingga hasil akhirnya. Anda dapat mengetahui produk yang telah mendapatkan sertifikat organik dari keterangan di kemasan serta website resmi produsen.

3

Perhatikan metode ekstraksinya

Perhatikan metode ekstraksinya
Ada beberapa cara untuk mengekstraksi minyak tumbuhan. Metode yang paling sering digunakan adalah penyulingan uap. Metode penyulingan uap dilakukan dengan cara menyaring minyak biji rosehip yang terbawa bersama uap air ketika dipanaskan. Jika Anda ingin menekan aroma, ekstraksi pelarut yang mudah menguap dapat digunakan.

Selain itu, ada pula metode ekstraksi cold press yaitu dengan memberikan tekanan pada material tanpa menggunakan panas. Karena tidak menggunakan panas, metode ini tidak merusak nutrisi dan vitamin. Dengan begitu, hasil ekstraksinya berkualitas tinggi. Untuk Anda yang mencari rosehip oil untuk kebutuhan kosmetik, minyak dari metode inilah yang paling direkomendasikan.

4

Ketahui perbedaan essential oil dengan carrier oil

Ketahui perbedaan essential oil dengan carrier oil
Di pasaran, ada produk yang disebut sebagai essential oil, ada juga carrier oil. Essential oil adalah minyak aromaterapi yang memiliki konsentrasi dan bahan aktif yang tinggi, serta banyak digunakan sebagai pewangi tubuh. Namun, untuk pemakaian secara topikal, essential oil tidak bisa digunakan secara langsung. Anda disarankan untuk mengencerkannya dahulu dengan carrier oil.

Carrier oil biasa disebut minyak dasar atau pelarut yang bisa dipakai untuk mengurangi tingkat konsentrasi essential oil. Carrier oil berfungsi untuk meningkatkan efek dan manfaat essential oil. Selain itu, carrier oil memiliki tingkat konsentrasi yang rendah sehingga bisa digunakan tanpa dicampur dengan minyak lainnya.


Kesimpulannya, apabila Anda menginginkan hasil yang lebih efektif, sangat disarankan untuk menggunakan kombinasi antara essential oil dan carrier oil. Namun, jika Anda termasuk orang yang kurang menyukai minyak yang terlalu pekat, Anda bisa memilih carrier oil.

5

Utamakan rosehip oil dengan kemasan berwarna gelap

Utamakan rosehip oil dengan kemasan berwarna gelap

Minyak aromaterapi sangat sensitif dan komponennya dapat berubah karena terkena cahaya atau panas. Di samping menyimpannya di tempat teduh, pilihlah produk dengan kemasan yang berwarna gelap serta yang dapat ditutup rapat. Dengan begitu, rosehip oil tak akan terpapar sinar matahari secara langsung. Anda juga disarankan untuk membeli rosehip oil dengan kemasan yang tidak terlalu besar agar bisa cepat habis.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi rosehip oil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rosehip oil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Nova Primadina.
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin

Derjeeling Sembrani Aroma

Virgin Rosehip Oil Cold Pressed

Derjeeling Sembrani Aroma Virgin Rosehip Oil Cold Pressed 1

Rp36.000

Lebih Murah

Optimal untuk melarutkan essential oil

Organic Supply Co.

Rosehip Oil

Organic Supply Co. Rosehip Oil 1

Rp155.000

Menengah

Face oil lokal dengan banyak manfaat baik

Trilogy

Certified Organic Rosehip Oil

Trilogy Certified Organic Rosehip Oil 1

Rp375.000

Lebih Mahal

Mengandung 80% asam lemak untuk mengatasi wajah kusam

The Ordinary

100% Organic Cold-Pressed Rose Hip Seed Oil

The Ordinary 100% Organic Cold-Pressed Rose Hip Seed Oil 1

Rp150.000

Menengah

Baik isi maupun packaging-nya, semua berkualitas tinggi

Sukin

Certified Organic Rosehip Oil

Sukin Certified Organic Rosehip Oil 1

Rp297.000

Agak Mahal

Kandungannya akan menutrisi kulit yang sering terkena dampak buruk radikal bebas

Life-flo

Pure Rosehip Oil Organic

Life-flo Pure Rosehip Oil Organic 1

Rp105.000

Agak Murah

Rawat kulit aging dengan kandungan 99,5% rosehip seed oil

Happy Green

Organic Rosehip Seed Oil

Happy Green Organic Rosehip Seed Oil 1

Rp98.000

Agak Murah

Rosehip oil tanpa bahan kimia plus garansi uang kembali

Everpure

Rosehip Oil - 100% Organic Cold-Pressed

Everpure Rosehip Oil - 100% Organic Cold-Pressed 1

Rp96.000

Agak Murah

Kaya akan vitamin untuk melindungi kulit dari flek hitam

Essano

Hydrating Rosehip Certified Organic Rosehip Oil

Essano Hydrating Rosehip Certified Organic Rosehip Oil 1

Rp260.000

Agak Mahal

Diperkaya dengan acai berry untuk mengenyalkan kulit

Indoganic

Rosehip Oil

Indoganic Rosehip Oil 1

Rp189.000

Menengah

Untuk Anda yang ingin kulit tampak lebih muda!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

Derjeeling Sembrani AromaVirgin Rosehip Oil Cold Pressed

Virgin Rosehip Oil Cold Pressed 1
Sumber: shopee.co.id
Virgin Rosehip Oil Cold Pressed 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp36.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp36.000
Lebih Murah

Optimal untuk melarutkan essential oil

Beberapa essential oil terlalu kuat untuk diaplikasikan langsung ke kulit. Karena itu, Anda perlu memadukannya dengan carrier oil agar pengaplikasian lebih nyaman dan efektif. Kami merekomendasikan Virgin Rosehip Oil Cold Pressed sebagai minyak pelarut untuk essential oil


Untuk menggunakannya, Anda cukup melarutkan essential oil dan carrier oil dengan rasio 1:10. Produk dari rosehip hasil bumi Uttar Pradesh ini mampu merawat kulit wajah agar tampak lembap, cerah, serta awet muda.

Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

Organic Supply Co.Rosehip Oil

Harga referensi
Rp155.000
Menengah

Face oil lokal dengan banyak manfaat baik

Apabila Anda tertarik mencoba face oil dari produk lokal, liriklah brand Organic Supply Co. Bukan hanya face oil, merek ini juga menawarkan mulai dari essential oil hingga vegetable oil. Namun, salah satu varian produk yang wajib Anda coba dari brand ini adalah rosehip oil


Minyak ini kaya akan vitamin yang mampu melembapkan wajah kering dan membuat warna kulit tampak merata. Manfaat perawatan untuk kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan dini juga bisa Anda dapatkan dari produk ini. Selain untuk penggunaan wajah, Anda pun bisa mengaplikasikannya baik pada rambut maupun badan.

TrilogyCertified Organic Rosehip Oil

Harga referensi
Rp375.000
Lebih Mahal

Mengandung 80% asam lemak untuk mengatasi wajah kusam

Rosehip oil ini adalah yang paling diminati dan dicari oleh para beauty blogger. Selain itu, rosehip oil ini juga mendapatkan berbagai penghargaan sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi. Diproduksi melalui penanaman organik, formulanya memiliki kandungan 80% asam lemak yang baik untuk kelembapan kulit.

Kami merekomendasikannya untuk Anda yang memiliki wajah kusam. Dengan rutin mengaplikasikan produk ini, wajah Anda akan cerah berseri. Produk ini juga dapat membantu merawat kulit yang memiliki stretch mark dan bekas luka.

The Ordinary100% Organic Cold-Pressed Rose Hip Seed Oil

Harga referensi
Rp150.000
Menengah

Baik isi maupun packaging-nya, semua berkualitas tinggi

Anda mencari rosehip oil yang tidak mengandung alkohol dan gluten? Produk ini pas untuk Anda! Formulanya diperkaya linoleic acid, pro-vitamin A, dan tanpa proses pemurnian sehingga tidak mengurangi manfaatnya

The Ordinary juga melengkapi kemasannya dengan UV-protective packaging agar minyak tidak rusak akibat paparan sinar matahari. Kualitasnya akan tetap utuh hingga di tangan Anda!

SukinCertified Organic Rosehip Oil

Harga referensi
Rp297.000
Agak Mahal

Kandungannya akan menutrisi kulit yang sering terkena dampak buruk radikal bebas

Mengandung 70% asam lemak esensial, produk ini membantu menenangkan kulit sekaligus meminimalkan kenampakan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Kandungan vitamin dalam rosehip oil ini juga akan melembapkan, melembutkan, dan mencegah timbulnya kemerahan akibat kulit kering. Bagi Anda yang sering berkegiatan di luar ruangan, produk ini pas untuk Anda.

Life-floPure Rosehip Oil Organic

Harga referensi
Rp105.000
Agak Murah

Rawat kulit aging dengan kandungan 99,5% rosehip seed oil

Terbuat dari 99,5% rosehip seed oil dan vitamin E sebagai antioksidan, produk organik ini mampu membuat kulit wajah tampak bercahaya. Produk ini juga membantu merawat kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus.

Tidak hanya itu, kandungan asam retinol alami yang kaya vitamin A di dalamnya akan menutrisi kulit Anda. Butuh face oil untuk melengkapi anti-aging skincare Anda? Liriklah produk ini!

Happy GreenOrganic Rosehip Seed Oil

Harga referensi
Rp98.000
Agak Murah

Rosehip oil tanpa bahan kimia plus garansi uang kembali

Inilah rosehip oil dari produsen yang berani memberi jaminan bila produknya tidak sesuai ekspektasi. Diekstraksi dari biji bunga Rosa canina dengan metode cold press, 100% pure oil-nya dikatakan dapat merawat berbagai macam masalah kulit.

Happy Green Organic Rosehip Seed Oil merupakan virgin oil yang mampu merawat noda, keriput, dan stretch mark di kulit Anda. Dengan pemakaian teratur, produk ini juga dapat meningkatkan elastisitas kulit. Segala karakteristiknya tersebut membuat produk ini tepat bagi Anda yang baru pertama kali membeli rosehip oil.

EverpureRosehip Oil - 100% Organic Cold-Pressed

Harga referensi
Rp96.000
Agak Murah

Kaya akan vitamin untuk melindungi kulit dari flek hitam

Flek hitam pada wajah bisa timbul akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Untuk melindungi kulit dari permasalahan tersebut, gunakan Everpure Rosehip Oil yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Berkat kandungan tersebut, produk ini mampu merawat kulit dari munculnya tanda-tanda penuaan dini. 


Di samping itu, khasiat untuk merawat kekencangan, melembapkan, sekaligus mencerahkan kulit wajah bisa Anda dapatkan. Anda juga bisa merawat kesuburan bulu mata dengan produk ini.

EssanoHydrating Rosehip Certified Organic Rosehip Oil

Harga referensi
Rp260.000
Agak Mahal

Diperkaya dengan acai berry untuk mengenyalkan kulit

Menginginkan wajah yang lembap dan bertekstur kenyal? Pertimbangkan Essano Hydrating Rosehip Certified Organic Rosehip Oil ini. Produk ini memadukan rosehip oil dengan acai berry dan vitamin E yang mampu menjaga kelembapan sekaligus menghidrasi kulit. 

Tak hanya itu, produk ini juga efektif dalam membantu warna kulit tampak merata serta merawat kekencangan kulit. Bagi Anda yang memiliki bekas luka, produk ini juga diklaim mampu melembutkan bagian kulit tersebut.

IndoganicRosehip Oil

Harga referensi
Rp189.000
Menengah

Untuk Anda yang ingin kulit tampak lebih muda!

Ingin kulit terlihat lebih muda dari usia Anda sebenarnya? Cobalah untuk mulai merawat kulit Anda dengan produk ini. Disebut sebagai rejuvenating oil, produk ini mengandung vitamin A, E, C, dan asam lemak esensial. Kandungan tersebut dapat merawat noda dan bekas luka di kulit, serta menjaga elastisitas kulit. Kulit Anda akan terasa jauh lebih kencang dan lembap!

Cara memijatkan rosehip oil agar kulit terlihat cantik dan kencang

Rosehip oil adalah minyak aromaterapi yang banyak direkomendasikan para ahli terapi untuk merawat kecantikan kulit. Berikut kami berikan beberapa gerakan pijat sederhana agar kulit wajah terlihat cantik dan kencang.

Langkah awal sebelum menggunakan rosehip oil

Langkah awal sebelum menggunakan rosehip oil

Anda pasti tidak sabar ingin merasakan khasiat dari pemakaian rosehip oil, bukan? Namun, sebelum menggunakannya, ada beberapa langkah awal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini langkah-langkahnya.


  • Membersihkan wajah

Pastikan Anda mengaplikasikan rosehip oil pada kondisi wajah yang bersih dari debu dan kotoran. Caranya dengan mencuci wajah menggunakan sabun muka. Untuk hasil yang lebih bersih lagi, Anda bisa melakukan teknik double cleansing.


  • Menggunakan skincare yang biasa dipakai

Setelah wajah Anda bersih, gunakan skincare yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Urutkan pemakaian skincare dari produk dengan tekstur yang encer terlebih dahulu hingga kental. Apabila tekstur face oil ringan, Anda bisa menggunakannya sebelum pelembap. Namun, jika tekstur face oil berat, digunakan setelah pelembap pun tidak masalah.


  • Sesuaikan dengan waktu penggunaan

Apabila jenis kulit wajah Anda kering, gunakan rosehip oil pada pagi dan malam hari. Untuk kulit wajah berminyak, sebaiknya gunakan saat malam saja. Meskipun wajah Anda berminyak, Anda tetap bisa memakai face oil dengan dosis yang tidak berlebihan. Carilah face oil bertekstur ringan, cepat meresap, dan tidak meninggalkan rasa lengket. Rosehip oil sendiri cocok untuk segala jenis kulit, mulai dari normal, kering, berminyak, hingga berjerawat.

Langkah-langkah pijatan

Langkah-langkah pijatan

Memijat wajah di bagian-bagian tertentu dapat membuang racun dan kotoran yang menumpuk dalam darah sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. Jika distribusi nutrisi oleh darah yang kaya oksigen lancar, kulit Anda akan mempertahankan kondisi yang sehat. 


Selain itu, memijat wajah juga membuat otot-otot yang tegang menjadi rileks. Jadi, keadaan tubuh akan berubah ke arah yang lebih baik. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


  • Dahi

Dengan menggunakan jari manis dan pangkal jari tengah, lakukan gerakan spiral dari pusat dahi ke arah pelipis. Ulangi sampai tiga kali.


  • Sekitar hidung

Untuk mencegah kerutan di area hidung, letakkan jari Anda di masing-masing sisi hidung. Setelah itu, lakukan gerakan memijat ke arah bawah secara perlahan. Ulangi gerakan sebanyak tiga kali. Untuk mencegah pori-pori sekitar hidung tersumbat, tekan pelan lekukan lubang hidung, lalu lakukan gerakan ke atas dan ke bawah. Ulangi sebanyak enam kali.


  • Sudut mulut

Di dekat mulut terdapat otot orbicularis. Di area ini, lakukan gerakan menarik ke atas di sepanjang garis bibir. Ulangi gerakan sebanyak tiga kali.


  • Pipi

Untuk menjaga kekencangan kulit pipi, lakukan gerakan spiral mulai dari ujung dagu. Ulangi gerakan sebanyak tiga kali.


  • Mata

Untuk mencegah keriput di sekitar mata, dorong lekukan di bawah alis dan putar jari Anda hingga mengelilingi mata. Akhiri dengan memijat bagian dalam sudut mata.


  • Leher

Gunakan telapak tangan Anda untuk melakukan gerakan ringan mengusap kulit leher dari arah bawah ke atas. Ulangi gerakan sampai tiga kali.

Baca juga rekomendasi jenis oil lainnya di sini

Selain rosehip oil, Anda masih bisa menemukan beragam face oil yang baik untuk perawatan kulit. Tamanu oil, argan oil, dan sunflower oil merupakan beberapa contohnya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan beberapa produk rosehip oil kepada Anda. Nah, sudahkah Anda menentukan pilihan? Meskipun menggunakan bahan baku yang sama, setiap produk tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Sebelum membeli, perhatikanlah klaim manfaat yang dituliskan oleh produsen. Pilihlah produk rosehip oil yang telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda! Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai bertemu di artikel-artikel lainnya.

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Essential oil
  4. 10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.