10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Slow juicer merupakan peranti elektronik populer pada orang-orang yang menerapkan pola hidup sehat. Slow juicer digunakan untuk membuat jus tanpa campuran air sehingga kandungan gizinya lebih terjaga. Beberapa produsen terkenal seperti Sharp dan Toshiba juga mengeluarkan produk slow juicer. Namun, banyak yang tidak mengetahui produk mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kami akan merekomendasikan produk slow juicer yang bisa Anda pilih berdasarkan perbandingan harga, review pengguna, dan tentu saja kualitas. Fungsinya bisa jadi sama, akan tetapi Anda harus cermat yang mana saja produk yang populer dan mudah digunakan. Simak yuk!

Daftar isi

Cara memilih slow juicer

Pola hidup sehat dengan mengonsumsi jus buah telah menjadi pilihan banyak orang saat ini. Mengonsumsi jus buah diyakini dapat mencegah berbagai penyakit, menjaga kesehatan, dan kecantikan. Ada banyak merek slow juicer yang dijual di pasaran, tetapi tidak semua sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagaimana cara memilih slow juicer yang tepat? Berikut ini beberapa poin terkait dengan cara memilih slow juicer.

Jenis-jenis  juicer

Ada dua jenis juicer yang dikenal di pasaran. Tiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Centrifugal juicer dengan kecepatan tinggi : menyediakan jus dalam waktu singkat

 Centrifugal juicer dengan kecepatan tinggi : menyediakan jus dalam waktu singkat

Juicer tipe ini mampu memeras bahan dengan kecepatan 10.000 sampai dengan 20.000 rpm per menit. Jika menggunakan juicer jenis ini Anda bisa membuat jus dalam waktu yang lebih cepat. Sayangnya juicer jenis ini menghasilkan panas lebih tinggi sehingga dapat menghancurkan nutrisi dan enzim dari buah atau sayur yang Anda gunakan.

Selain itu, proses perputaran mesin dengan kecepatan tinggi cenderung memudahkan kontak dengan udara sehingga buah dan sayuran mudah teroksidasi.

Slow juicer dengan kecepatan rendah : jus yang dihasilkan lebih banyak dan kental

Slow juicer dengan kecepatan rendah : jus yang dihasilkan lebih banyak dan kental

Inilah tipe juicer yang disebut sebagai slow juicer, atau disebut juga tipe kompresi batu mortar berkecepatan rendah karena prosesnya yang menggiling dan memeras buah dan sayuran seperti di penggilingan dari batu.

Pergerakan slow juicer yang berkecepatan rendah memang membutuhkan waktu lebih lama. Namun, hal ini pula yang menjadi kelebihannya. Panas akibat gesekan sulit tercipta dan sulit teroksidasi udara sehingga bahan makanan yang diolah tetap terjaga kandungan nutrisi dan enzimnya. Jumlah jus yang dihasilkan pun lebih banyak, kental, dan lembut.

Pilihlah yang perawatannya mudah

Pilihlah yang perawatannya mudah 

Slow juicer dengan perawatan yang mudah sangat penting untuk Anda yang rutin mengonsumsi jus setiap hari. Terutama jika terdapat banyak bagian dari slow juicer yang harus dibersihkan. Oleh karena itu, pastikan slow juicer pilihan Anda mudah dilepas dan dibersihkan. Lebih baik lagi jika slow juicer yang Anda pilih dapat dicuci dengan dishwasher.

Pilihlah berdasarkan ukuran slot

Pilihlah berdasarkan uluran slot

Banyak orang mengabaikan bentuk slot atau inlet. Padahal bentuk slot ini penting ketika juicer digunakan. Jika slot juicer terlalu kecil, Anda harus memotong buah dengan ukuran yang lebih kecil. Anda dapat memilih juicer dengan slot yang berukuran sedang atau tidak terlalu kecil agar tidak perlu memotong buah sebelum mengolahnya.

Pilihlah produk yang memiliki fungsi tambahan lainnya

Terdapat slow juicer yang tidak hanya berfungsi untuk membuat jus buah atau sayuran saja. Anda bisa memilih slow juicer yang memiliki beberapa fungsi lain.

Dapat mengolah bahan beku

Dapat mengolah bahan beku

Anda bisa membuat jus dari bahan beku dengan mengganti perangkat yang ada pada juicer. Fungsi ini sangat berguna ketika Anda ingin mengolah appetizer dari sayuran beku dan membuat makanan penutup.

Bisa untuk membuat smoothie

Bisa untuk membuat smoothie

Smoothie adalah jenis jus yang teksturnya lebih kental. Jika Anda sering membuatnya, sebaiknya pilih juicer yang memiliki fitur smoothie. Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat olahan kedelai seperti tahu atau susu kedelai.

Tidak hanya fungsi, perhatikan juga desainnya

Ketika memilih slow juicer, penting untuk memperhatikan dari segi desainnya selain dari fungsinya saja. Anda bisa memilih slow juicer dengan bentuk yang compact sehingga dapat diletakkan di mana saja. Desain yang stylish tentu juga bisa jadi pilihan. Namun, yang paling penting adalah Anda mudah menyimpan dan mengambilnya ketika akan digunakan setiap hari.

Secara umum, slow juicer terdiri dari tipe vertikal dan horizontal. Biasanya, pilihan bahan yang dapat diolah dengan baik bergantung juga pada tipe slow juicer tersebut.

Tipe vertikal, cocok untuk diletakkan di meja

Tipe vertikal, cocok untuk diletakkan di meja

Desain juicer tipe ini tidak banyak berbeda antara produsen satu dengan lainnya. Anda bisa meletakkan juicer tipe vertikal ini dimanapun bahkan di ujung meja atau dapur, asalkan tingginya cukup. Namun, jika Anda menaruhnya di dalam rak maka akan sedikit sulit karena butuh ruang yang agak tinggi untuk  meletakkan juicer tipe ini. Juicer vertikal cocok untuk mengolah buah-buahan dan sayuran yang kaya air.

Tipe horizontal, tidak membutuhkan rak penyimpanan yang tinggi

Tipe horizontal, tidak membutuhkan rak penyimpanan yang tinggi

Untuk tipe ini setiap pabrik memiliki model yang berbeda. Bentuknya horizontal sehingga Anda tidak memerlukan ruang penyimpanan dengan ketinggian khusus. Hanya saja untuk penyimpanan dalam waktu lama sebaiknya Anda melepas bagian yang ada pada juicer. Juicer horizontal cocok untuk mengolah sayuran.

Pilihlah slow juicer yang tidak berisik

Pilihlah slow juicer yang tidak berisik

Suara blender atau juicer biasa sangat berisik dan bisa dibilang sangat menganggu. Bahkan bisa membuat si kecil bangun dari tidurnya karena suara mesin yang berisik. Lain halnya dengan slow juicer yang kecepatan putarnya lebih rendah sehingga tidak menghasilkan suara yang besar dan mengganggu.

Jika Anda peduli tentang kesehatan dan juga kecantikan, pilihlah slow juicer dengan bijaksana dan sesuai dengan kebutuhan hidup Anda sehari-hari.

10 Rekomendasi slow juicer terbaik

Berikut ini beberapa slow juicer yang kami rekomendasikan untuk Anda. Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam memilih, ya!

10. Mayaka Premium SJ-1800 TF

10. Mayaka Premium SJ-1800 TF

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 1.720.000

Tidak perlu memotong buah, lho!

Anda termasuk orang yang mengonsumsi jus buah setiap hari? Jika iya, sebaiknya Anda menggunakan slow juicer agar tidak kehilangan banyak vitamin dalam buah yang Anda olah. Produk Korea ini tidak mengharuskan Anda untuk memotong buah terlebih dahulu sebelum mengolahnya menjadi jus. Anda bisa langsung memasukkan buah-buahan, dan tunggu hingga sari-sari buah keluar ke gelas Anda.

Sistem pemerasan terbarunya dapat menghasilkan jus lebih banyak. Dilengkapi dengan pisau dan filter berbahan stainless steel sehingga lebih kuat dan antibakteri. Produk ini mampu membuat jus dengan kapasitas 0,5 liter, bisa untuk diminum 2 anggota keluarga. Cocok untuk Anda yang sedang memulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi buah setiap hari.

9. Juseu Slow Juicer PC150B

9. Juseu Slow Juicer PC150B

Lihat produk ini di Lazada 

Harga : Rp 1.169.000

Lebih hemat dengan daya listrik rendah

Anda memiliki bayi di rumah? Jus buah adalah salah satu asupan terbaik sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk bayi. Namun, tagihan listrik yang membengkak bila Anda menggunakan juicer setiap hari tentu membuat Anda cemas. Suara juicer yang berisik juga akan mengganggu istirahat si kecil. Dengan slow juicer ini Anda tidak perlu khawatir lagi.

Sistem dan mesin yang bekerja dengan halus menghasilkan jus lebih banyak dan suara yang tidak mengganggu. Daya listriknya pun terbilang rendah, hanya 150 watt. Tidak hanya praktis dan mudah, tetapi juga hemat listrik. Harga slow juicer ini pun terbilang ekonomis. Sangat hemat, bukan?!

8. JR Slow Juicer Generation 2

8. JR Slow Juicer Generation 2

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.750.000

Semudah menuangkan air untuk membersihkannya!

Salah satu hal yang membuat orang malas menggunakan juicer adalah saat membersihkannya cukup merepotkan. Ada banyak bagian yang harus dibongkar dan membersihkannya membutuhkan waktu yang cukup lama. JR Slow Juicer mudah dibersihkan, cukup bilas dengan air di antara penggilingannya. Bila ingin dibongkar lalu dibersihkan pun tidak sulit untuk membongkar pasangnya.

Terbuat dari bahan GE Ultem pada saringannya dan ABS plastik tahan panas pada badan slow juicer  sehingga 8 kali lebih kuat dari bahan plastik biasa. Bukan hanya itu, slow juicer ini memiliki kecepatan yang rendah sekitar 65 rpm sehingga kesegaran sari buah aslinya tidak hilang saat diproses. Produk ini sesuai untuk Anda yang praktis, tidak suka repot, dan ingin menjalani hidup sehat.

7. Maspion Slow Juicer MSJ-01

7. Maspion Slow Juicer MSJ-01

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.805.000

Kekuatan motor yang besar dan desain elegan untuk kafe Anda

Jika Anda memiliki usaha kafe dan ingin memasukkan menu jus buah alami ke daftar menu Anda, slow juicer ini merupakan pilihan yang tepat. Slow juicer ini memiliki teknologi powerful AC induction motor dan super slow speed 35 rpm sehingga mampu melumat sayur dan buah dengan handal dan bersuara halus. Mulut kontainer dari slow juicer ini pun sangat besar, mampu memasukkan satu buah apel tanpa perlu dipotong-potong terlebih dahulu.

Slow juicer berkapasitas 2 liter ini dapat menghasilkan dua sampai tiga gelas jus dalam sekali pemakaian. Dilengkapi juga dengan tombol rotasi balik arah untuk memutar balik arah putaran bila ada ampas yang menyangkut pada celah-celahnya sehingga bebas tersumbat. Desainnya juga stylish dengan warna memikat sehingga dapat mempercantik kafe Anda.

6. Cosmos Slow Juicer CJ 3910

6. Cosmos Slow Juicer CJ 3910

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.975.000

Tidak perlu lagi menyaring jus Anda, langsung minum saja!

Apa yang paling menyebalkan saat minum jus? Ya benar, ampasnya! Ampas jus seringkali tidak dapat diproses dengan baik sehingga meninggalkan rasa kasar di tenggorokan saat diminum dan mengurangi cita rasa dari jus tersebut. Nah, produk ini mempunyai fitur yang dapat memisahkan ampas dan ekstrak buahnya sehingga Anda dapat merasakan sensasi jus buah yang segar, bernutrisi tinggi, dan tidak terganggu oleh ampasnya.

Dibuat dengan material bebas BPA sehingga aman untuk digunakan sehari-hari. Mampu menghasilkan jus dengan kapasitas 0,8 liter, cukup untuk keluarga kecil Anda. Selain itu, Anda juga tak perlu pusing membersihkannya. Produk ini juga dilengkapi fitur auto cleaning yang dapat membersihkan sisa-sisa jus buah setelah dipakai. Sangat ringkas dan mudah.

5. Oxone Master Slow Juicer OX-875N

5. Oxone Master Slow Juicer OX-875N

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga :  Rp 2.550.000

Membuat ice cream sendiri di rumah menjadi lebih mudah

Slow juicer berkapasitas 2 liter ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang senang membuat ice cream atau smoothies di rumah untuk keluarga Anda. Lubang tabungnya yang besar dan berwarna bening akan memudahkan Anda untuk memasukkan buah beku dan melihat hasil warna jusnya yang cantik sebelum disajikan. Menggunakan material Ultem (PEI) yang biasa digunakan NASA, alat ini terjamin kekuatannya sehingga tidak mudah rusak.

Alat ini sudah dilengkapi dengan saringan ice cream dan saringan smoothies. Anda hanya perlu mengganti saringan sesuai keinginan Anda saat menggunakannya. Tak perlu khawatir meja dapur Anda berantakan saat membuat ice cream, alat ini dilengkapi juga dengan tutup pintar antitetes. Tombolnya pun antiair, lho! Ayo buat keluarga Anda lebih bahagia dengan ice cream yang nikmat!

4. Panasonic slow juicer MJ-L500SRA

4. Panasonic slow juicer MJ-L500SRA

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.649.900

Slow juicer dengan desain compact dan efisien

Slow juicer yang satu ini memiliki bentuk yang tidak memakan banyak tempat. Cukup kecil untuk diletakkan pada meja dapur tanpa dipindah-pindah lagi. Anda pasti menjadi lebih rajin membuat jus kalau mesin juicer berada di tempat yang selalu terlihat mata Anda. Tidak seperti slow juicer pada umumnya, alat ini didesain memiliki beberapa pilihan warna, yaitu silver, champagne, dan merah.

Memiliki pisau pemeras yang terbuat dari bahan stainless steel dengan sistem 2 putaran pada proses pemerasan buah, membuat vitamin hasil perasan buah tetap sama dengan buah utuh. Mampu membuat jus segar maupun beku, mesin jus bekerja dengan sangat efisien sehingga ampas yang tersisa benar-benar kering dan tidak ada sari buah yang tersisa pada ampasnya.

3. Hurom Slow Juicer HZ Series

3. Hurom Slow Juicer HZ Series

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 7.000.000

Slow juicer ini hampir tidak terdengar suara mesinnya, lho!

Anda mendambakan slow juicer yang memiliki berbagai macam fungsi, bahan sangat berkualitas, dan mesin tidak berisik? Slow juicer ini jawabannya. Slow juicer ini memiliki fitur ultra-quite motor sehingga hampir tidak terdengar suara mesinnya saat sedang Anda gunakan. Bekerja dengan kecepatan 43 rmp yang menirukan gerakan perasan tangan manusia, memastikan hasil jus Anda lebih segar dan sesuai dengan keadaannya yang paling alami.

Slow juicer ini dilengkapi dengan lampu indikator LED untuk menunjukkan status mesin, berada pada mode memeras atau pada mode putar. Terbuat dari bahan-bahan bebas BPA, stainless steel, saringan dan pemeras dari bahan Ultem, memastikan slow juicer ini mampu bertahan bertahun-tahun meskipun digunakan setiap hari. Harganya memang lebih tinggi jika dibanding slow juicer lainnya, tetapi sebanding dengan kualitas yang diberikan.

2. Philips Slow Juicer HR 1889/70

2. Philips Slow Juicer HR 1889/70

Lihat produk ini di Lazada

Harga :  Rp 2.313.000

Slow juicer tipe horizontal yang aman dicuci pada dishwasher

Tidak banyak slow juicer tipe horizontal yang tersedia di pasaran. Slow juicer ini sangat bagus untuk membuat jus dari sayur-sayuran atau daun-daunan hijau. Hasil jusnya akan lebih banyak, sekitar 80% dari jumlah bahan yang dimasukkan. Memiliki ukuran tabung yang besar, sayur-sayuran berdaun lebar akan mudah masuk ke dalamnya. Juga dilengkapi dengan fitur drip stop sehingga meja dapur Anda akan tetap bersih.

Memiliki teknologi quick clean dengan saringan mikro, mampu membersihkan sendiri hanya dengan waktu 90 detik. Komponennya mudah dilepas pasang sehingga lebih mudah dicuci pada wastafel cuci piring Anda. Bila Anda memiliki mesin pencuci piring, semua komponennya juga aman untuk dicuci pada mesin dishwasher.

1. Sharp Slow Juicer EJ-C20Y-RD

1. Sharp Slow Juicer EJ-C20Y-RD

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.875.000

Hasil maksimal dengan harga terjangkau

Anda pasti sering mendapatkan ampas yang masih basah ketika membuat jus dengan menggunakan blender atau juicer biasa. Hasil jus yang didapatkan pun lebih sedikit dan nutrisi buah atau sayur banyak yang terbuang. Anda tidak perlu kecewa bila memilih slow juicer ini. Slow juicer ini dilengkapi dengan teknologi pisau dan penggiling terbaru sehingga mampu mengolah buah dan sayuran lebih halus tanpa ampas sedikit pun pada jus Anda.

Ampas yang disalurkan pada saluran pembuangan juga lebih kering sehingga hasil jus lebih banyak. Anda juga bisa membuat jus berkali-kali dengan jenis yang berbeda dalam waktu singkat karena alat ini mudah dibersihkan. Cukup menuangkan air pada tabung untuk membersihkannya. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan slow juicer dengan hasil maksimal, tetapi dengan harga yang terjangkau. Bagaimana? Anda tertarik membeli?

Kesimpulan

Slow juicer bukan saja diperlukan untuk Anda yang menjalankan program diet. Anda yang ingin menghidangkan makanan sehat untuk keluarga sepertinya wajib memiliki alat elektronik ini. Harganya memang terbilang cukup mahal, tetapi ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Jika Anda ingin fitur lain seperti bisa digunakan untuk membuat ice cream ataupun susu kedelai, tentu Anda harus mengeluarkan uang lebih. Pilihlah produk yang sesuai dengan budget Anda. Jangan lupa memastikan kembali apakah slow juicer yang Anda pilih itu mudah digunakan dan mudah untuk dibersihkan. Selamat memilih!