10 Rekomendasi Blu-ray Player Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Blu-ray Player Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Walau konten video di internet sudah banyak yang tersedia dalam kualitas HD (High Definition) tapi pastinya Anda juga ingin menikmati film dengan kualitas terbaik dengan menggunakan Blu-ray player, bukan? Ada berbagai macam Blu-ray dari berbagai produsen termasuk Pioneer, SONY, Samsung, dan LG.

Ada yang memilih Blu-ray player sesuai jumlah fitur, dan ada yang memilih Blu-ray sesuai budget. Banyak sekali pilihan Blu-ray yang Anda tidak begitu familiar fitur-fiturnya. Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan Anda cara memilih Blu-ray player serta memberikan 10 rekomendasi Blu-ray player yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daftar isi

Cara memilih Blu-ray player

Pasti Anda pernah berpikir apa sih kira-kira fitur yang membuat Blu-ray player berbeda dengan DVD player? Ada beberapa poin yang dapat digunakan ketika Anda memilih Blu-ray player. Ketika fitur suatu produk semakin memadai, tentu harganya pun akan naik. Maka dari itu, kami anjurkan agar Anda memilih Blu-ray player sesuai kebutuhan dan cocok dengan perangkat yang sudah Anda miliki di rumah.

4K : Standar kualitas gambar terbaik generasi selanjutnya! (Ultra HD Blu-ray)

4K : Standar kualitas gambar terbaik generasi selanjutnya! (Ultra HD Blu-ray)

Ultra HD Blu-ray merupakan Blu-ray disc generasi selanjutnya yang memiliki standar koresponden dengan resolusi 4K. Ultra HD Blu-ray juga kompatibel dengan HDR (High Dynamic Range) dan WCG (Wide Color Gamut), Anda dijamin untuk dapat menikmati hasil gambar yang lebih berkualitas serta warna yang lebih cerah.

Untuk menikmati kualitas gambar yang terbaik, bukan hanya Blu-ray player saja yang dibutuhkan, melainkan dibutuhkan juga televisi 4K dan perangkat lunak Blu-ray khusus (Ultra HD Blu-ray).  Jadi, hal-hal seperti ini juga harus diperhatikan.

Adakah fitur yang dapat melakukan upscaling gambar ke 4K atau full high vision?

Adakah fitur yang dapat melakukan upscaling gambar ke 4K atau full high vision?

Bagi Anda yang sudah memiliki TV 4K, Anda dapat menikmati gambar yang jernih jika Anda memilih pemutar Blu-ray yang kompatibel dengan 4K juga. Namun, tidak begitu banyak perangkat lunak yang tersedia dalam bentuk 4K.

Dalam kasus seperti diatas, kami merekomendasikan Blu-ray player yang dilengkapi dengan fungsi upscaling 4K. Fitur ini mengubah gambar Hi-Vision dan Full Hi-Vision ke resolusi yang setara dengan 4K sehingga Anda dapat menikmati gambar dengan kualitas yang lebih tinggi.

Perlu diingat juga bahwa fungsi untuk mengkonversi DVD ke Full Hi-Vision biasanya sudah termasuk dalam tipe standar. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir akan hal ini ketika memilih Blu-ray player.

Periksa media apa saja yang didukung

Periksa media apa saja yang didukung
Selain perangkat lunak yang tersedia secara komersial, Anda juga dapat menonton gambar Blu-ray atau DVD yang di burn ke CD dengan perangkat lain.  Dalam kasus seperti itu, mari dengan cermat memilih player yang juga mendukung format selain BD-R dan BD-R DL. Format-formatnya adalah sebagai berikut:

  • Blu-ray (sekali tulis) : BD-R / BD-R DL
  • Blu-ray (dapat ditulis berulang kali) : BD-RE / BD-RE DL
  • DVD (sekali tulis) : DVD-R / DVD + R / DVD-R DL / DVD + R DL
  • DVD (dapat ditulis berulang kali) : DVD-RW / DVD + RW / DVD-RAM

Ingin sekalian menikmati musik? Jangan lupa untuk memeriksa format audio yang sesuai

Ingin sekalian menikmati musik? Jangan lupa untuk memeriksa format audio yang sesuai

Untuk menikmati musik dengan Blu-ray player, Anda wajib untuk memeriksa format audio yang sesuai. Kompatibilitas Blu-ray player dengan DVD-Audio adalah hal yang wajib.  Jika Anda ingin  menikmati kualitas suara yang lebih baik, pilihlah Blu-ray player yang memuat spesifikasi SACD(Super Audio CD).

Karena SACD (2.8 MHz) adalah standar CD generasi berikutnya dan memiliki frekuensi sampling jauh melebihi CD pada umumnya (44.1 kHz), sumber suara berkualitas tinggi yang mendekati suara aslinya dapat direkam.

Periksa koneksi tanpa mempengaruhi kualitas suaranya

Cek terminal koneksi yang mempengaruhi kualitas suara
Jika Anda ingin menikmati  gambar dan kualitas suara yang bagus, sinyal yang jelas yang dikirimkan dari player sudah merupakan prasyarat. Oleh karena itu, mari periksa keberadaan unit output berikut pada saat pembelian produk.

  • HDMI output : Kirim sinyal digital video dan audio ke peralatan elektronik di rumah seperti amplifier TV atau AV hanya dengan satu kabel. HDMI merupakan terminal koneksi yang wajib dimiliki.
  • Optical Digital Audio output : Kirim sinyal digital audio dengan serat optik ke penguat audio. Karena ada terminal tipe bulat dan persegi, mari periksa kedua sisi pengiriman dan sisi penerima.
  • Coaxial Digital Audio output : Kirim sinyal digital audio dengan kabel terminal RCA ke penguat audio. Ada juga evaluasi bahwa kualitas suara yang dihasilkan lebih baik daripada kabel yang menggunakan serat optik.

10 Rekomendasi Blu-ray player terbaik

Berikut ini adalah 10 produk Blu-ray player yang kami rekomendasikan untuk Anda. Mulai dari produk high-grade yang kompatibel dengan 4K hingga tipe standar dengan harga terjangkau. Pilihlah produk yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Pioneer BDP-X300

10. Pioneer BDP-X300

Lihat produk ini di tokopedia

Harga : Rp 6.700.000

Lengkap dengan papan audio analog dan DAC, Anda akan puas dengan kualitas suaranya

Produk ini memiliki desain eksklusif, yaitu memutar CD sumber audio dengan suara berkualitas tinggi. Dolby True HD dan DTS – HD Master Audio, yang merupakan format surround yang diadopsi dalam film kini dapat dinikmati di rumah Anda.

Produk ini juga dilengkapi dengan fungsi untuk meningkatkan high vision 4K. Oleh karena itu, sangatlah disarankan bagi Anda yang memiliki TV 4K.  Selain itu, produk ini juga memiliki fungsi upscaling video high-vision dari perangkat lunak DVD ke full high vision sehingga Anda dapat menikmati tekstur dan kualitas terbaik suatu film.

9. Pioneer BDP-180

9. Pioneer BDP-180
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.200.000

Dengan fitur Wi-Fi direct, segala video online dapat ditonton dalam kualitas tinggi

Produk ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati konten dari internet seperti YouTube atau iflix langsung di TV Anda melalui fitur Wi-Fi direct sehingga perangkat router tidak dibutuhkan lagi. Praktis bukan? Layaknya Blu-ray player lainnya, kualitas gambar pada Blu-ray disc juga akan di-upscale menjadi full HD dengan fitur 4K upscaler.

Dengan fitur quick view, Anda juga dapat mempercepat dan perlambat film Blu-ray disc dan DVD tanpa mengubah level suara dan karakteristik suara.  Harga yang cukup terjangkau yang memuat banyak fitur ini cocok untuk Anda yang ingin mengadakan acara movie night dengan kualitas gambar HD dan jernih.

8. Samsung BD-J550

8. Samsung BD-J550

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.499.000

Dapatkan pengalaman menonton full HD 3D yang lebih hidup

Manjakan indra Anda dengan gambar yang clear dan mendekati realita dengan fitur full HD 3D. Hiburan menonton film di rumah akan lebih menarik dan lebih hidup dengan fitur-fitur canggih untuk memaksimalkan pengalaman menonton Anda. Bagi Anda yang hobi menonton film action penuh dengan pergerakan ekstrim, Blu-ray player dari Samsung ini akan menjawab keinginan Anda.

Selain mengakses media melalui CD, Anda juga dapat menikmati konten dari USB memory drive atau external HDD. Dengan fitur Dual Band Wi-Fi, Anda akan dengan mudah dan lebih cepat mengakses internet dibanding player lain sehingga tidak ada halangan untuk menonton konten dari internet.

7. Samsung BD-J45500R/XD

7. Samsung BD-J45500R/XD

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.000.000

Akses konten dengan berbagai macam pilihan codec

Blu-ray player ini mendukung jumlah codec dan format file yang banyak. Artinya Anda dapat mengakses dan menikmati lebih banyak konten video, gambar, dan audio. Format video seperti Flash dan QuickTime yang sering dijumpai sehari-hari juga dapat diakses. Video dari internet juga akan di-upscale menjadi HD sehingga gambar terlihat jernih dan tulisan atau subtitle dapat dibaca dengan mudah.

Bagi Anda yang suka mendengarkan musik dari berbagai macam source, produk ini sangatlah tepat buat Anda. Selain MP3, WMA, OGG, format WAV juga dapat diputar dengan Hi-Res Audio Playback. Produk ini mendukung lebih banyak codec. Jadi, Blu-ray player ini cocok bagi Anda yang ingin mengakses video dari berbagai macam sumber selain CD/DVD.

6. Sony BDP-s6700

6. Sony BDP-s6700

Lihat produk ini di tokopedia

Harga : Rp 1.800.000

Wireless streaming yang lancar dan bebas hambatan? Pilih yang satu ini!

Walau tidak dapat memutar Ultra HD Blu-ray, player ini akan dengan otomatis melakukan uspcaling Blu-ray dan DVD menjadi 4K.  Tidak hanya Blu-ray dan DVD, tetapi HDD eksternal dan konten dari internet seperti YouTube juga berlaku sama.

Transfer Bluetooth dengan codec DLAC juga dapat dilakukan sehingga Anda dapat menikmati konten seperti SACD, sumber suara resolusi tinggi, memori CD dan USB dengan perangkat nirkabel. Selain itu, karena memiliki fungsi untuk membawa sumber suara terkompresi yang disebut “Digital Music Enhancer”  frekuensi tinggi yang hilang dari sumber suara format MP3 dan ATRAC juga akan terkompensasi. Keren kan!

5. Samsung BD-H6500

5. Samsung BD-H6500

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.900.000

Blu-ray player dengan fitur Quick Start untuk startup yang lebih cepat

Performa yang paling menonjol dari Blu-ray player Samsung ini adalah kecepatannya dalam memutar media. Jika Anda menggunakan mode quick start, konsumsi daya listrik cenderung lebih tinggi, tetapi Anda dapat mulai menonton dalam waktu kurang dari 1 detik. Karena player ini memiliki bodi yang ringkas dengan lebar sekitar 23 cm, Anda tak memerlukan tempat yang besar untuk meletakkannya.

Fitur Precision Cinema HD Upscale akan membuat kualitas suatu DVD meningkat. Anda dapat menikmati gambar secara HD dan jernih meskipun Anda melihatnya di layar besar. Daya tarik terbesar dari Blu-ray player ini adalah harganya yang terjangkau, dengan sejumlah fitur yang sangat menguntungkan.

4. Pioneer BDP LX-58

4. Pioneer BDP LX-58 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.500.000

Nikmati superior sound dan fitur 4K Ultra gambar HD-nya

Walaupun harga dari Blu-ray player ini cukup mahal, bagi Anda yang sangat mementingkan kualitas gambar, suara dan pengalaman nonton yang berkesan maka Blu-ray player ini dapat menjawab semua keinginan tersebut.  Untuk para penikmat home cinema, player ini dapat memutar DVD, CD, dan SACD dengan kecepatan dan resolusi tinggi audio playback.

Hasil gambar yang diputar akan memancarkan warna-warna jernih dan terang.  Bagi Anda yang sekali lagi ingin mengulang experience seperti saat Anda nonton di bioskop, Pioneer BDP LC-58 ini merupakan pilihan yang sangat tepat.

3. Sony BDP-S1500

3. SONY BDP-S1500

Lihat produk ini di tokopedia

Harga : Rp 1.299.000

Nikmati film dengan warna-warna yang hidup dan memanjakan mata!

Untuk melihat warna-warna pada film secara detil, fitur palet warna TRILUMINOS yang ekslusif hanya ada di Sony, akan menampilkan warna-warna yang sulit untuk direproduksi seperti warna merah, hijau zamrud, dan biru akua.  Ketiganya akan ditampilkan dengan indah sehingga gambar lanskap dan lautan tampak jauh lebih realistis. Blu-ray akan diputar secara 1080p HD dengan suara high-quality surround format seperti Dolby dan TrueHD.  

Selain itu, dengan PlayStation Now, Anda dapat menghadirkan dunia PlayStation langsung ke TV. Anda cukup menghubungkan pengontrol DUALSHOCK 4 ke TV Anda, dan mainkan permainan PlayStation 3 yang telah tersedia tanpa memerlukan konsol game.

2. Pioneer BDP-3140

2. Pioneer BDP-3140

Lihat produk ini di tokopedia

Harga : Rp 2.200.000

Player dengan cost performance terbaik, yang memuat fitur Continue Mode

Inilah player model standar dengan fitur upscaling Blu-ray serta DVD secara high vision. Anda dapat menikmati koleksi DVD dengan kehalusan gambar yang alami. Tentu saja, pemutaran 24p yang sama seperti film bioskop juga bisa. Selain itu, karena suara Dolby True HD dan DTS-HD Master Audio yang direkam pada Blu-ray dapat direproduksi dengan kualitas yang sama, Anda akan merasa seperti sedang menonton di dalam bioskop.

Ketika Anda sedang  menonton suatu film lalu seketika listrik padam atau ada yang mematikannya, Anda tidak perlu khawatir karena player ini memiliki fitur yang praktis, yang membantu Anda untuk lanjut menonton dari adegan yang sama hanya dengan menekan tombol continue. 

1. Pioneer BDP-100

8. Pioneer BDP-100

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.499.000

Terbaik di kelasnya : Blu-ray player berkualitas dengan harga ekonomis

Berbagai macam format dan kondisi disc dapat diputar dengaan kualitas gambar yang tinggi dengan Blu-ray player ini. Mulai dari BD, DVD, CD, hingga USB memory Anda dapat memutar koleksi film Anda dengan efisien. Nonton film yang sudah jadul pun, akan memberikan kesan berbeda!

Jika Anda dan keluarga tidak memiliki banyak waktu untuk santai, maka dengan fitur QuickView film yang tadinya berdurasi 1 jam, dapat di-compress menjadi hanya 40 menit saja. Audio file seperti WAV dan FLAC juga dapat diputar dengan resolusi tinggi. Kalau soal DVD player, Pioneer sudah sangat berpengalaman memproduksi yang terbaik. Tak heran produknya mendapatkan review dan demand yang tinggi.

Kesimpulan

Bagaimana? Setidaknya sekarang Anda sudah memiliki informasi penting ketika akan memilih Blu-ray player, bukan? Memilih suatu produk karena ingin menikmati kualitas suara dan gambar yang terbaik, atau memilih produk agar dapat menikmati film di waktu luang, merupakan poin yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih Blu-ray player. Selamat memilih Blu-ray player yang sesuai dengan kebutuhan Anda!