• 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022)

Di zaman serba digital seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada penggunaan gadget, misalnya smartphone dan laptop. Belum lagi penggunaan lensa kontak juga semakin populer. Ketergantungan pada gadget dan lensa kontak dapat memengaruhi kesehatan mata, salah satunya adalah mata kering.

Cara mengatasi kondisi tersebut adalah Anda perlu menggunakan obat tetes mata. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih obat tetes mata untuk mengatasi mata kering. Beberapa produk terkenal dari berbagai merek yang bagus, seperti Insto, Rohto, dan Cendo akan kami rekomendasikan. Yuk, simak selengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 20 September 2022
Daftar isi

Cara memilih obat tetes mata untuk mengatasi mata kering

Anda harus mengetahui dengan jelas bahan apa saja yang terdapat dalam obat tetes mata yang ingin Anda pakai. Sebaiknya Anda memilih obat tetes mata yang sesuai dengan gejala yang Anda alami. Simak penjelasan berikut ini!

Pilih yang mengandung artificial tears

Pilih yang mengandung artificial tears

Beberapa obat tetes mata mengandung air mata buatan atau artificial tears. Artificial tears merupakan campuran dari sodium chloride dan potassium chloride yang menyerupai kandungan pada air mata manusia. Obat tetes mata ini dikategorikan dalam kelas stimulus lemah dan tidak menyebabkan iritasi pada mata.


Produk ini dijual sebagai tetes mata yang bahkan bisa digunakan saat Anda menggunakan lensa kontak. Penggunaan lensa kontak cenderung membuat mata lebih mudah lelah sehingga pemilihan obat tetes mata harus lebih diperhatikan. Ada beberapa jenis bahan artificial tears pada obat tetes mata, pilihlah tipe yang cocok dengan mata Anda.

Sesuaikan dengan gejala tambahan yang Anda alami

Setiap obat tetes mata mengandung bahan khusus untuk mengatasi mata kering secara efektif. Penting untuk memilih produk yang kandungannya bisa mengatasi gejala yang Anda alami.

Bahan pelembap, atasi mata kering dan lelah

Bahan pelembap, atasi mata kering dan lelah

Apakah Anda mengalami mata lelah bersamaan dengan gejala mata kering? Pilihlah produk yang mengandung bahan aktif seperti vitamin dan bahan yang mampu menjaga kadar air pada mata. Sebagian besar obat tetes mata untuk pengguna lensa kontak efektif untuk mengobati mata lelah. Namun, akan lebih efektif lagi bila terkandung vitamin juga, misalnya vitamin A atau vitamin E.


Selain itu, mata lelah sering kali terjadi sebagai efek dari mata yang kering karena kurangnya kelembapan pada mata. Kami sarankan Anda untuk memilih obat tetes mata yang mengandung asam hialuronat (hyaluronic acid) berdaya pelembap tinggi. Anda juga bisa memilih obat tetes mata dengan kekentalan tinggi yang mampu menjaga kelembapan mata.


Selain hal yang disebutkan di atas, mata lelah umumnya juga timbul akibat pemakaian gadget yang berlebihan. Namun, kondisi ini biasanya tidak membahayakan dan dapat pulih sendiri dengan beristirahat cukup.

Bebas bahan vasoconstrictor, sesuai untuk mata merah akibat kering

Bebas bahan vasoconstrictor, sesuai untuk mata merah akibat kering
Mata kering terjadi ketika kelenjar air mata tidak memproduksi cukup banyak air mata. Kondisi mata yang kering juga bisa terjadi akibat terlalu banyak air mata yang menguap ke udara. Hal tersebutlah yang membuat mata terasa kering dan iritasi sehingga terlihat merah.

Untuk mata merah yang disebabkan oleh mata kering, pilihlah obat tetes mata dengan kandungan bahan khusus untuk mengatasinya. Obat tetes mata dengan kandungan pelembap saja tidak cukup untuk mengatasi mata merah akibat kering. Kandungan khusus yang diperlukan adalah artifical tears atau air mata buatan.


Selain itu, sebaiknya Anda tidak memilih obat tetes mata yang mengandung vasoconstrictor. Kandungan tersebut dapat menyebabkan berkurangnya sekresi air mata sehingga akan meningkatkan tekanan pembuluh darah pada mata. Alih-alih meredakan mata merah, hal ini justru akan memperparah kondisi mata Anda.

Ketahui penggunaan maksimal obat tetes mata bila berpengawet

Ketahui penggunaan maksimal obat tetes mata bila berpengawet

Bahan pengawet pada suatu produk memang memberikan dampak buruk jika digunakan dalam jangka waktu lama. Namun, bahan pengawet juga diperlukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada obat setelah kemasan dibuka. Perlu diketahui, pertumbuhan bakteri dalam obat tetes mata juga sangat berisiko untuk kesehatan mata Anda, lho.


Di pasaran, sangat lumrah jika Anda menemukan produk obat tetes mata berpengawet, seperti benzalkonium chloride. Kandungan bahan pengawet tersebut tidak berbahaya apabila penggunaannya tepat. Alih-alih menghindarinya, Anda hanya perlu mengetahui batas penggunaan maksimalnya. Obat tetes mata berbahan pengawet tetap aman asalkan tidak digunakan lebih dari empat kali sehari.


Sementara itu, obat tetes mata tanpa kandungan bahan pengawet memang lebih aman. Namun, karena bakteri jadi lebih mudah berkembang biak, obat tetes mata ini cenderung mudah rusak. Selain itu, masa kedaluwarsanya juga lebih singkat. Untuk itu, selalu perhatikan masa kedaluwarsanya sebelum menggunakannya, ya!


Pemakaian obat tetes mata yang dianjurkan umumnya adalah satu tetes setiap kali pakai. Kelembapan yang bisa ditampung oleh mata adalah 0,03 ml. Jika menggunakannya berlebihan, cairannya akan meluber dan tumpah. Jadi, gunakanlah obat tetes mata dalam batas yang wajar.

10 Rekomendasi obat tetes mata untuk mengatasi mata kering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh obat tetes mata untuk mengatasi mata kering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.

Gambar produk
Konimex Braito Tears 1

Konimex

Refresh  Tears Lubricants Eye Drops 1

Refresh

Cendo Lyteers 1

Cendo

Combiphar Insto Dry Eyes 1

Combiphar

Rohto C Cube 1

Rohto

Cendo ProtagentA Minidose 1

Cendo

Refresh Contacts 1

Refresh

Rohto Dryfresh 1

Rohto

Cendo Cenfresh 1

Cendo

Rohto V-Extra 1

Rohto

Nama produk

Braito Tears

Tears Lubricants Eye Drops

Lyteers

Insto Dry Eyes

C Cube

ProtagentA Minidose

Contacts

Dryfresh

Cenfresh

V-Extra

Keunggulan

Kemasan didesain unik untuk menjaga kemurnian kandungannya

Kandungan CMC dapat membasahi mata dan meredakan sensasi mata terbakar

Multifungsi dan aman digunakan sesering mungkin dalam jangka waktu lama

Melembapkan mata kering akibat terlalu lama beraktivitas di ruangan ber-AC

Tetes mata khusus untuk Anda pemakai lensa kontak

Kombinasi PVP dengan sodium hyaluronate meredakan mata kering lebih efektif

Produk dengan bahan pengawet yang aman karena sifat uniknya

Ringankan iritasi mata kering, bisa sebagai pelumas mata palsu

Solusi mata kering akibat terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan

Bantu ringankan gejala mata merah dan kering

Harga mulai dariRp 11.500,00Rp 60.000,00Rp 24.000,00Rp 17.886,00Rp 43.200,00Rp 41.700,00Rp 75.000,00Rp 17.200,00Rp 27.474,00Rp 18.300,00
Artificial tearsYaYaYaYaXYaYaYaYax
Tipe artificial tearsHPMCCMCSodium chloride, potassium chlorideHPMC (hypromellose)XPVPSodium chloride, potassium chlorideHypromellose Carboxymethyl cellulose sodium x
Bahan pengawetBenzalkonium chlorideBoric acidPolyquaternium-1 (kemasan botol)Benzalkonium chlorideBenzalkonium chloride 0,005%XPurite xPolyquaternium-1 (kemasan botol)Benzalkonium chloride
Efektivitas penggunaanMata kering dan iritasi ringanMata kering, iritasi mataMata kering karena kurang produksi air mata, iritasi dan ketidaknyamanan akibat penggunaan lensa kontakMeredakan gejala mata kering, meringankan iritasi pada mata akibat kekurangan produksi air mataMata kering akibat berbagai lensa kontakMata kering dan pelumas lensa kontakMata kering dan lelah akibat penggunaan lensa kontakMata keringg dengan gejala iritasi ringanMata kering dan iritasiMata merah dan kering
KemasanBotol isi 5 mlBotol isi 15 mlBotol isi 15 mlBotol isi 7,5 mlBotol isi 8 mlVial isi 5 minidose @0,6 mlBotol isi 15 mlBotol isi 7 mlBotol 5 ml dan minidose (5 x 0,6 ml)Botol isi 7 ml
Tautan produk
Artificial tearsYa
Tipe artificial tearsHPMC
Bahan pengawetBenzalkonium chloride
Efektivitas penggunaanMata kering dan iritasi ringan
KemasanBotol isi 5 ml
Artificial tearsYa
Tipe artificial tearsHPMC (hypromellose)
Bahan pengawetBenzalkonium chloride
Efektivitas penggunaanMeredakan gejala mata kering, meringankan iritasi pada mata akibat kekurangan produksi air mata
KemasanBotol isi 7,5 ml
Artificial tearsYa
Tipe artificial tearsSodium chloride, potassium chloride
Bahan pengawetPurite
Efektivitas penggunaanMata kering dan lelah akibat penggunaan lensa kontak
KemasanBotol isi 15 ml
Artificial tearsYa
Tipe artificial tearsHypromellose
Bahan pengawetx
Efektivitas penggunaanMata keringg dengan gejala iritasi ringan
KemasanBotol isi 7 ml
Artificial tearsYa
Tipe artificial tearsCMC
Bahan pengawetBoric acid
Efektivitas penggunaanMata kering, iritasi mata
KemasanBotol isi 15 ml
Artificial tearsYa
Tipe artificial tearsSodium chloride, potassium chloride
Bahan pengawetPolyquaternium-1 (kemasan botol)
Efektivitas penggunaanMata kering karena kurang produksi air mata, iritasi dan ketidaknyamanan akibat penggunaan lensa kontak
KemasanBotol isi 15 ml
Artificial tearsX
Tipe artificial tearsX
Bahan pengawetBenzalkonium chloride 0,005%
Efektivitas penggunaanMata kering akibat berbagai lensa kontak
KemasanBotol isi 8 ml
Artificial tearsYa
Tipe artificial tears Carboxymethyl cellulose sodium
Bahan pengawetPolyquaternium-1 (kemasan botol)
Efektivitas penggunaanMata kering dan iritasi
KemasanBotol 5 ml dan minidose (5 x 0,6 ml)
Artificial tearsYa
Tipe artificial tearsPVP
Bahan pengawetX
Efektivitas penggunaanMata kering dan pelumas lensa kontak
KemasanVial isi 5 minidose @0,6 ml
Artificial tearsx
Tipe artificial tearsx
Bahan pengawetBenzalkonium chloride
Efektivitas penggunaanMata merah dan kering
KemasanBotol isi 7 ml

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan obat tetes mata

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan obat tetes mata
Apabila Anda mencari obat tetes mata untuk lensa kontak, perhatikanlah keberadaan kandungan bahan pengawet di dalamnya. Kandungan bahan pengawet seperti benzalkonium chloride umumnya memang digunakan pada obat tetes mata biasa. Bahan pengawet ini sebenarnya tidak terlalu berdampak pada mata yang tidak memakai lensa kontak.

Namun, bagi pengguna softlens, kandungan bahan pengawet sangat berbahaya. Hal ini karena softlens memiliki sifat mudah menyerap kandungan obat tetes mata. Untuk itu, perlu dipahami perbedaan penggunaan obat tetes mata biasa dengan produk yang dikhususkan untuk pengguna lensa kontak.


Bila Anda pengguna lensa kontak, pilihlah obat tetes mata khusus untuk lensa kontak. Perhatikan juga masa kedaluwarsa saat Anda menggunakan obat tetes mata tanpa bahan pengawet. Jangan sampai Anda menggunakan obat tetes mata yang telah kedaluwarsa!

Baca juga rekomendasi obat tetes mata untuk mengatasi mata gatal dan mata lelah di sini

Mata Anda bisa terasa lelah atau gatal karena berbagai sebab. Kondisi jalanan yang berdebu, penggunaan gadget berlebihan, atau bekerja di balik meja seharian adalah beberapa contohnya. Untuk mengatasinya, Anda perlu memilih obat tetes mata yang sesuai. Ingin tahu lebih lengkap? Anda bisa membacanya di sini.

Kesimpulan

Anda telah membaca rekomendasi obat tetes mata untuk mata kering. Apakah sudah menemukan produk yang cocok? Memilih obat tetes mata untuk mata kering harus disesuaikan dengan gejala tambahan yang Anda alami.

Pilihlah obat tetes mata yang mengandung artificial tears. Ketahui juga batasan penggunaannya jika Anda menggunakan obat tetes mata berbahan pengawet. Selain itu, jika kondisi mata kering tidak kunjung membaik setelah menggunakan obat tetes mata, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Kondisi lingkungan saat musim kemarau menjadi kering dan berdebu sehingga dapat memicu mata gatal dan berair. Jika Anda mengalaminya, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Selain kondisi lingkungan, ada bermacam-macam penyebab mata gatal. Oleh karena itu, produk obat tetes mata gatal juga beragam.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih obat tetes mata yang bagus. Beberapa rekomendasi merek obat tetes mata gatal juga akan kami berikan. Misalnya saja, ada obat tetes mata merek Insto, Rohto, dan Braito. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan baca artikel ini.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah yang bagus sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Berbagai merek ternama, seperti Insto, Rohto, serta Cendo pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Saat buah hati mengalami batuk, tentu Anda akan segera mencari obat batuk terbaik untuk meredakan batuknya. Di pasaran sendiri, banyak varian obat batuk anak yang dapat Anda temui, seperti merek Anakonidin, OBH Combi, serta Hufagripp BP.Saat memilih obat batuk, Anda pastinya tidak ingin si kecil mengalami efek samping. Untuk itu, kami akan memberikan rekomendasi merk obat batuk anak yang bagus dan dapat diberi secara online. Anda juga tak perlu khawatir karena artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. 
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya. Tidak hanya orang dewasa, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak. Anda bisa membeli obat sakit perut tersebut di apotek atau secara online. Namun, Anda tidak boleh sembarangan memilihnya. Karena itu. kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih obat sakit perut. Kami juga akan mengulas berbagai merek obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Annisa. Mari disimak!
    Obat-obatan
  • 10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Cairan pembersih luka adalah cairan untuk mensterilkan serta membersihkan kotoran dari area luka. Cairan ini penting karena dapat membantu pemulihan luka Anda. Anda bisa menemukan berbagai produk cairan pembersih luka di pasaran. Namun, beberapa di antaranya justru bisa membuat luka Anda makin parah, lho!Agar Anda mendapatkan cairan pembersih luka yang bagus dan aman, simak cara memilihnya di bawah ini. Kami juga akan membahas sepuluh cairan pembersih luka dari berbagai merek, seperti Hansaplast, Betadine, Killbac, dan lainnya. Tentunya, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 
    Obat-obatan
  • 10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun tidak berbahaya, adanya panu pasti membuat Anda kurang percaya diri. Ditambah lagi jika panunya terletak di bagian tubuh yang terlihat, seperti wajah atau leher. Stigma orang yang tidak memedulikan kebersihan bisa melekat pada Anda. Anda perlu obat panu yang bagus agar cepat sembuh dari panu.Kami akan membahas cara memilih dan review obat panu paling ampuh untuk menghilangkan panu. Merek obat panu terbaik yang dijamin membuat panu cepat hilang, yakni Kalpanax, Daktarin, dan Fungiderm ada dalam rekomendasi kami. Simak juga komentar dari dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah, SpKK.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sembelit - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sembelit - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang memiliki masalah pada sistem pencernaan, seperti sembelit atau konstipasi. Hal ini ditandai buang air besar (BAB) tidak lancar atau frekuensi BAB kurang dari tiga kali seminggu. Sembelit tentunya bisa mengakibatkan penyakit berbahaya pada saluran pencernaan jika dibiarkan. Anda bisa menemukan beberapa merek obat sembelit, seperti Dulcolax, Laxadine, dan Microlax. Namun, Anda harus memilih obat yang bagus dan sesuai dengan gejala yang dialami. Karena itu, kami akan mengulas rekomendasi obat sembelit beserta cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Simak ulasannya berikut ini!
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori