10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2018)

Tempat makan anjing adalah wadah khusus yang digunakan oleh anjing kesayangan Anda saat makan. Saat ini, produk tempat makan anjing telah hadir dengan berbagai model dan fitur, seperti yang otomatis, dilengkapi timer, maupun dengan desain yang stylish. Karena itu, Anda mungkin akan kesulitan saat ingin memilih produk yang cocok.

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai hal-hal yang perlu diketahui saat memilih tempat makan untuk anjing dan 10 rekomendasi produk tempat makan anjing terbaik. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan tempat makan anjing yang sesuai!

Daftar isi

Cara memilih tempat makan untuk anjing

Ada berbagai macam faktor yang perlu diperhatikan ketika memilih tempat makan anjing, seperti bahan, bentuk, dan fungsinya. Untuk memilih produk yang tepat Anda perlu mengetahui juga perilaku, postur tubuh, dan kebiasaan anjing Anda.

Pada artikel di bawah ini, kita akan membahasnya lebih detail. Nah, mari kita simak bersama-sama!

Bahan dengan keamanan tingkat tinggi dan mudah digunakan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahan yang digunakan untuk tempat makan anjing. Bahan yang umumnya digunakan adalah plastik, stainless steel, dan keramik. Berikut ini, kami akan membahasnya satu per satu.

Bahan plastik yang ringan dan murah

Bahan plastik yang ringan dan murah

Keunggulan dari bahan plastik adalah ringan dan bisa dibeli dengan harga murah. Variasi model dan warnanya pun begitu beragam. Kelemahan bahan ini adalah mudah rusak apabila anjing Anda sering menggigitnya.  Bekas goresan gigitan di dalam wadahnya juga dikhawatirkan dapat menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri dan jamur. Selain itu, apabila tempat makanan digigit hingga rusak atau pecah, dikhawatirkan potongannya akan tertelan oleh anjing Anda.

Bahan plastik tidak cocok digunakan dalam jangka waktu yang lama karena dapat rusak dengan cepat. Meskipun murah, Anda harus lebih sering menggantinya dengan yang baru.

Bahan stainless steel yang mudah dibersihkan

Bahan stainless steel yang mudah dibersihkan

Keunggulan dari bahan stainless steel adalah tidak mudah ditempeli oleh sisa makanan dan lebih mudah dibersihkan. Anda juga tidak perlu cemas apabila anjing Anda menggigitnya karena bahannya yang kokoh dan tidak mudah rusak .

Hanya saja bahan ini cukup ringan sehingga ada kemungkinan mudah bergeser perlahan-lahan saat anjing Anda sedang makan. Supaya tidak mudah begeser, sebaiknya pilihlah produk yang memiliki lapisan karet dibawahnya untuk mengurangi gesekan dengan lantai. Tempat makan anjing pun bisa lebih stabil saat diletakkan di atas lantai.

Stainless steel dengan kualitas kurang baik dapat menyebabkan alergi pada anjing Anda. Walaupun semua bahan stainless steel  terlihat sama, Anda tetap harus memeriksa kualitasnya dengan teliti. Pastikan anjing kesayangan Anda mendapatkan kualitas yang terbaik.

Bahan keramik yang aman dan lebih stabil

Bahan keramik yang aman dan lebih stabil

Bahan keramik ini memiliki bobot yang cukup berat sehingga tidak mudah bergeser ketika sedang digunakan oleh anjing Anda. Selain itu, bahan ini juga mudah dirawat dan dibersihkan. Untuk anjing yang memiliki kulit sensitif, Anda tidak perlu khawatir karena bahan keramik ini tidak menimbulkan alergi.

Beberapa produk berbahan keramik juga kompatibel dengan microwave sehingga sangat praktis digunakan ketika hendak menghangatkan makanan untuk anjing Anda. Namun, bahan ini mudah retak bahkan pecah ketika terbentur atau jatuh. Jika Anda menggunakannya dengan hati-hati, tentu akan bertahan lebih lama, bukan?

Sesuaikan tempat makan dengan ukuran anjing Anda

Sesuaikan tempat makan dengan ukuran anjing Anda

Memilih tempat makan yang sesuai dengan ukuran anjing Anda adalah hal yang penting. Anjing berukuran besar tentunya membutuhkan tempat makan yang besar dan berlaku juga sebaliknya.

Apabila Anda ingin menggunakannya sebagai tempat minum, kami merekomendasikan tempat makan dengan ceruk yang dalam agar dapat menampung lebih banyak air dan memudahkan anjing Anda meminumnya. Tempat makan dengan desain seperti ini juga cocok untuk anjing berukuran besar.

Untuk anjing berukuran kecil, kami merekomendasikan tempat makan dengan ceruk yang dangkal untuk memudahkan anjing kecil Anda saat makan. Tempat makan yang kecil juga membantu Anda mengatur porsi makannya sehingga menghindarkan anjing Anda dari resiko obesitas.

Pilihlah desain yang sesuai dengan ciri khas jenis anjing

Pilihlah desain yang sesuai dengan ciri khas jenis anjing

Anjing berleher pendek, seperti jenis Pug, Shih-Tzu, atau Pekines umumnya akan kesulitan untuk makan dari wadah dengan ceruk yang dalam. Bila dipaksakan, leher mereka bisa cedera. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih wadah dengan ceruk yang dangkal.

Untuk anjing dengan telinga panjang menggantung seperti Cocker Spaniel atau English Cocker Spaniel, tidak jarang telinga mereka masuk ke dalam tempat makanan ketika mereka makan. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memilih tempat makan anjing dengan bentuk seperti gunung yang menyempit di bagian atasnya.

Sesuaikan tempat makan dengan kebiasaan anjing

Anjing memiliki berbagai kebiasaan tertentu, seperti menggigiti tempat makan, memasukkan kaki depan mereka ke dalam tempat makan, dan sebagainya. Agar tempat makan tidak cepat rusak, sebaiknya Anda memilih produk yang sesuai dengan kebiasaan mereka.

Bahan stainless steel atau keramik untuk anjing yang suka menggigiti tempat makan

Bahan stainless steel atau keramik untuk anjing yang suka menggigiti tempat makan

Untuk anjing yang memiliki kebiasaan menggigit tempat makan setelah selesai makan, kami menyarankan Anda untuk menggunakan tempat makan berbahan stainless steel atau keramik yang tidak mudah rusak. Apabila Anda menggunakan bahan plastik, tempat makan tentu akan lebih mudah rusak dan tergores dengan cepat.

Produk berdesain khusus untuk mencegah anjing makan dengan terburu-buru

Produk berdesain khusus untuk mencegah anjing makan dengan terburu-buru

Apabila anjing Anda makan terlalu cepat, makanan tidak akan bisa tercerna dengan baik dan mungkin dapat menyebabkan anjing Anda muntah. Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan tempat makan dengan pola yang didesain khusus untuk memperlambat anjing Anda ketika makan.

Produk berdesain menyerupai gunung agar anjing makan tanpa berantakan

Produk berdesain menyerupai gunung agar anjing makan tanpa berantakan

Apakah tempat makan anjing Anda sering tumpah karena kebiasaan anjing yang suka memasukkan kaki depannya ke dalam tempat makan? Jika iya, tempat makan berbentuk gunung dapat membantu Anda. Tempat makan ini memiliki kestabilan yang tinggi sehingga memperkecil kemungkinannya untuk terguling dan menumpahkan semua isinya.

10 Rekomendasi tempat makan terbaik untuk anjing

Berikut ini kami akan memberikan 10 rekomendasi tempat makan anjing terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga rekomendasi yang kami berikan dapat membantu Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan anjing Anda, ya.

10. Tempat Makan Anjing Gantung Bahan Plastik

10. Tempat Makan Anjing Gantung Bahan Plastik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Cocok diletakkan dalam kandang, mudah digantung di sisi mana pun!

Apakah anjing Anda lebih sering berada di dalam kandang? Jika iya, tempat makan ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan pengait yang tersedia pada tempat makan ini, Anda dapat mengaitkannya di kandang anjing pada posisi dan ketinggian yang dapat diatur sehingga mempermudah anjing Anda ketika makan.

Bahan yang digunakan oleh produk ini adalah bahan plastik yang kuat dan aman untuk anjing Anda. Selain itu, tempat makan anjing ini tersedia dalam harga yang sangat terjangkau sehingga sangat kami rekomendasikan juga untuk Anda yang memiliki banyak anjing.

9. Flat Dog Feeder

9. Flat Dog Feeder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 14.558

Ceruk yang dangkal dan landai agar anjing Anda makan dengan lebih mudah

Tempat makan anjing flat dari bahan plastik ini memiliki ceruk yang dangkal dengan tepian landai. Desainnya menjadikan tempat makan ini sangat cocok untuk anak anjing atau anjing berukuran kecil dan berleher pendek, seperti Pug atau Pekines karena tidak akan membebani leher mereka saat digunakan.

Seperti halnya manusia, anjing juga tidak boleh dibiarkan makan berlebihan karena bisa menyebabkan obesitas. Dengan diameter ceruk 11 cm saja, tempat makan ini akan pas untuk menampung seporsi makanan bagi anjing kesayangan Anda. Selain itu, tempat makan ini juga didesain sederhana sehingga memudahkan Anda untuk membersihkannya.

8. Tempat Makan Anjing Bahan Tanah Liat

8. Tempat Makan Anjing Bahan Tanah Liat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Anti terbalik, tempat makan dari tanah liat berbobot mantap

Tempat makan anjing ini terbuat dari tanah liat yang dikeraskan dengan model yang klasik. Karena terbuat dari bahan tanah liat, produk ini memiliki bobot yang cukup berat sehingga tidak mudah dibuat terbalik atau ditumpahkan oleh anjing Anda. Selain itu, strukturnya yang tebal membuatnya tidak mudah rusak.

Pada bagian luar produk ini tidak terdapat lapisan tambahan, seperti cat yang beresiko tertelan oleh anjing Anda. Namun, hal ini membuatnya terasa sedikit kasar ketika disentuh. Apabila Anda memiliki anjing yang berukuran besar dan aktif, kami merekomendasikan produk ini.

7. Tao Tao Auto Pet Feeder

7. Tao Tao Auto Pet Feeder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Tidak repot lagi! Pengisian otomatis yang memastikan makanan selalu tersedia

Tempat makan anjing ini dirancang agar ceruknya terus-menerus terisi makanan ketika makanan di dalamnya mulai berkurang. Anda cukup mengisi tabung berkapasitas 1600 ml yang tersedia dengan makanan hingga penuh dan memasangnya di ceruk penampung yang telah disediakan.

Produk ini tentunya sangat praktis karena Anda tidak perlu terus-menerus mengisi ulang makanannya ketika anjing Anda makan. Cocok untuk Anda yang sibuk dan sering berpergian sehingga jarang memiliki waktu untuk memberi makan anjing Anda. Namun, pastikan Anda tidak memberi makan anjing Anda terlalu banyak, ya!

6. Bobo Tempat Makan Anjing Double Bowl

6. Bobo Tempat Makan Anjing Double Bowl

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 37.900

Makanan dan minuman dalam 1 wadah, hemat tempat, hemat biaya!

Tempat makan anjing ini terbuat dari bahan bambu berkualitas tinggi yang diproduksi dengan teknologi canggih. Penggunaan bahan berkualitas tinggi membuat warna yang ditampilkannya terlihat sangat lembut dan menarik. Pastinya tempat makan ini akan sangat cocok dengan interior ruangan Anda, bukan?

Sekat pemisah pada tempat makan ini juga berfungsi untuk memisahkan makanan dan minuman anjing Anda sehingga membantu Anda menghemat tempat dan cucian. Apabila rumah Anda tidak terlalu luas dan memiliki ruang yang terbatas, tempat makan ini dapat menjadi solusi untuk Anda.

5. Tempat Makan Anjing Stainless Bowl Double

5. Tempat Makan Anjing Stainless Bowl Double

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Anti berantakan karena wadah tetap stabil meski tersenggol!

Terinspirasi dari bentuk jembatan yang kokoh, tempat makan ini memiliki penopang yang melengkung menyerupai jembatan dan disertai dengan lapisan karet di bagian bawahnya. Desain ini memastikan wadah tetap berdiri stabil meski tersenggol. Apabila Anda sering merasa jengkel dengan tempat makan anjing yang sering tumpah berantakan, produk ini adalah solusi tepat.

Tempat makan anjing ini memiliki kapasitas 350 ml dan mampu menahan makanan bersuhu tinggi hingga 120°C. Wadah tempat makan ini dirancang agar dapat dengan mudah dipisahkan dari penopangnya sehingga sehingga mudah dibersihkan. Selain itu, warna cerah yang ditawarkannya juga sangat menarik dipandang.

4. Pet Slow Feeder

4. Pet Slow Feeder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Mengatur kecepatan makan anjing Anda untuk kesehatan pencernaannya

Apakah anjing Anda sering tersedak atau muntah karena makan dengan terburu-buru? Jika iya, produk ini adalah solusi yang tepat bagi Anda. Tempat makan anjing dari silikon ini dirancang khusus untuk memperlambat anjing Anda ketika makan sehingga menghindarkannya dari masalah pencernaan.

Gundukan-gundukan berukuran kecil pada permukaannya akan menghambar proses makan anjing Anda. Hal ini mungkin akan membuat anjing merasa jengkel, tetapi untuk kesehatannya tentu hal ini tidak menjadi masalah, bukan? Produk ini juga telah didesain dengan seksama sehingga tidak akan melukai anjing Anda.

3. Tempat Makan Anjing Double Bowl Anti Semut

3. Tempat Makan Anjing Double Bowl Anti Semut

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 17.000

Pelindung air untuk mencegah datangnya semut!

Tempat makan anjing ini dibuat dari bahan plastik dan tersedia dalam 5 warna yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Sekat pemisah yang terdapat di tengahnya memungkinkan Anda untuk meletakkan makan dan minuman dalam satu wadah yang sama. Di tepian wadah ini terdapat celah sempit yang mengelilingi wadah. Kira-kira untuk apa, ya?

Saat memberi makan anjing Anda, yang datang bukan hanya anjing, tetapi juga semut. Terdengar familiar? Untuk Anda yang sering bermasalah dengan serangan semut saat tempat makan anjing terisi, produk ini adalah solusi yang tepat! Isi saja celah sempit di sekeliling wadah dengan air. Semut pun pasti batal menyerang.

2. Food Wow! Tempat Makan Anjing Stainless Steel

2. Food Wow! Tempat Makan Anjing Stainless Steel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Mencegah makanan/minuman tumpah dengan lapisan dasar dari karet

Apakah tempat makan anjing Anda sering tergeser sehingga membuat makanannya berserakan ke mana-mana? Jika iya, produk ini dapat menjadi solusi untuk Anda. Bentuk tempat makan anjing ini menyerupai gunung dan dilengkapi dengan lapisan karet di bagian bawahnya sehingga mencegah wadah tergeser ke segala arah.

Tempat makan anjing dari bahan stainless steel ini juga dibuat dengan bahan berkualitas tinggi yang tahan terhadap oksidasi dan korosi. Bahannya kuat, tahan banting, dan anti gores sehingga sangat aman dipakai oleh anjing Anda. Selain itu, desainnya yang keren akan membuat Anda merasa senang saat melihatnya.

1. Portable Silicone Pet Feeder

1. Portable Silicone Pet Feeder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.900

Teman sejati untuk traveling bersama anjing Anda

Tempat makan anjing ini terbuat dari bahan silikon berkualitas yang aman dan bebas dari bahan berbahaya. Kelenturan dari bahannya membuat wadah ini dapat dilipat sehingga mudah dibawa ke mana saja. Selain itu, produk ini juga memiliki pengait yang memudahkan Anda untuk menggantungnya di ransel atau celana Anda, lho!

Penciuman anjing begitu tajam sehingga mereka sering terganggu bila tempat makan mereka menghasilkan bau dari materialnya. Nah, tempat makan ini dapat dengan mudah dibersihkan dan tidak menghasilkan bau. Anjing Anda pun dapat makan dengan nyaman. Bagi Anda yang hobi traveling bersama anjing kesayangan Anda, tempat makan ini tidak boleh ketinggalan!

Kesimpulan

Makan adalah kegiatan sehari-hari yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan anjing Anda. Ketika memilih tempat makan anjing, hal yang harus Anda perhatikan adalah ukuran anjing, jenis, usia, dan kebiasaannya.

Selain itu, memilih tempat makan anjing yang mudah dirawat dan awet adalah hal yang perlu Anda perhatikan juga. Semoga dengan artikel ini, Anda dapat menemukan produk yang sesuai untuk anjing Anda, ya!