• 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2019)

Tempat makan anjing adalah wadah khusus yang digunakan oleh anjing kesayangan Anda saat makan. Saat ini, produk tempat makan anjing telah hadir dengan berbagai model dan fitur, seperti yang otomatis, dilengkapi timer, maupun dengan desain yang stylish. Karena itu, Anda mungkin akan kesulitan saat ingin memilih produk yang cocok.

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai hal-hal yang perlu diketahui saat memilih tempat makan untuk anjing dan 10 rekomendasi produk tempat makan anjing terbaik. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan tempat makan anjing yang sesuai!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 59 Views
Daftar isi

Cara memilih tempat makan untuk anjing

Ada berbagai macam faktor yang perlu diperhatikan ketika memilih tempat makan anjing, seperti bahan, bentuk, dan fungsinya. Untuk memilih produk yang tepat Anda perlu mengetahui juga perilaku, postur tubuh, dan kebiasaan anjing Anda.
Pada artikel di bawah ini, kita akan membahasnya lebih detail. Nah, mari kita simak bersama-sama!

Bahan dengan keamanan tingkat tinggi dan mudah digunakan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahan yang digunakan untuk tempat makan anjing. Bahan yang umumnya digunakan adalah plastik, stainless steel, dan keramik. Berikut ini, kami akan membahasnya satu per satu.

Bahan plastik yang ringan dan murah

Bahan plastik yang ringan dan murah
Keunggulan dari bahan plastik adalah ringan dan bisa dibeli dengan harga murah. Variasi model dan warnanya pun begitu beragam. Kelemahan bahan ini adalah mudah rusak apabila anjing Anda sering menggigitnya. Bekas goresan gigitan di dalam wadahnya juga dikhawatirkan dapat menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri dan jamur. Selain itu, apabila tempat makanan digigit hingga rusak atau pecah, dikhawatirkan potongannya akan tertelan oleh anjing Anda.
Bahan plastik tidak cocok digunakan dalam jangka waktu yang lama karena dapat rusak dengan cepat. Meskipun murah, Anda harus lebih sering menggantinya dengan yang baru.

Bahan stainless steel yang mudah dibersihkan

Bahan stainless steel yang mudah dibersihkan
Keunggulan dari bahan stainless steel adalah tidak mudah ditempeli oleh sisa makanan dan lebih mudah dibersihkan. Anda juga tidak perlu cemas apabila anjing Anda menggigitnya karena bahannya yang kokoh dan tidak mudah rusak .
Hanya saja bahan ini cukup ringan sehingga ada kemungkinan mudah bergeser perlahan-lahan saat anjing Anda sedang makan. Supaya tidak mudah begeser, sebaiknya pilihlah produk yang memiliki lapisan karet dibawahnya untuk mengurangi gesekan dengan lantai. Tempat makan anjing pun bisa lebih stabil saat diletakkan di atas lantai.
Stainless steel dengan kualitas kurang baik dapat menyebabkan alergi pada anjing Anda. Walaupun semua bahan stainless steel terlihat sama, Anda tetap harus memeriksa kualitasnya dengan teliti. Pastikan anjing kesayangan Anda mendapatkan kualitas yang terbaik.

Bahan keramik yang aman dan lebih stabil

Bahan keramik yang aman dan lebih stabil
Bahan keramik ini memiliki bobot yang cukup berat sehingga tidak mudah bergeser ketika sedang digunakan oleh anjing Anda. Selain itu, bahan ini juga mudah dirawat dan dibersihkan. Untuk anjing yang memiliki kulit sensitif, Anda tidak perlu khawatir karena bahan keramik ini tidak menimbulkan alergi.
Beberapa produk berbahan keramik juga kompatibel dengan microwave sehingga sangat praktis digunakan ketika hendak menghangatkan makanan untuk anjing Anda. Namun, bahan ini mudah retak bahkan pecah ketika terbentur atau jatuh. Jika Anda menggunakannya dengan hati-hati, tentu akan bertahan lebih lama, bukan?

Sesuaikan tempat makan dengan ukuran anjing Anda

Sesuaikan tempat makan dengan ukuran anjing Anda
Memilih tempat makan yang sesuai dengan ukuran anjing Anda adalah hal yang penting. Anjing berukuran besar tentunya membutuhkan tempat makan yang besar dan berlaku juga sebaliknya.
Apabila Anda ingin menggunakannya sebagai tempat minum, kami merekomendasikan tempat makan dengan ceruk yang dalam agar dapat menampung lebih banyak air dan memudahkan anjing Anda meminumnya. Tempat makan dengan desain seperti ini juga cocok untuk anjing berukuran besar.
Untuk anjing berukuran kecil, kami merekomendasikan tempat makan dengan ceruk yang dangkal untuk memudahkan anjing kecil Anda saat makan. Tempat makan yang kecil juga membantu Anda mengatur porsi makannya sehingga menghindarkan anjing Anda dari resiko obesitas.

Pilihlah desain yang sesuai dengan ciri khas jenis anjing

Pilihlah desain yang sesuai dengan ciri khas jenis anjing
Anjing berleher pendek, seperti jenis Pug, Shih-Tzu, atau Pekines umumnya akan kesulitan untuk makan dari wadah dengan ceruk yang dalam. Bila dipaksakan, leher mereka bisa cedera. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih wadah dengan ceruk yang dangkal.
Untuk anjing dengan telinga panjang menggantung seperti Cocker Spaniel atau English Cocker Spaniel, tidak jarang telinga mereka masuk ke dalam tempat makanan ketika mereka makan. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memilih tempat makan anjing dengan bentuk seperti gunung yang menyempit di bagian atasnya.

Sesuaikan tempat makan dengan kebiasaan anjing

Anjing memiliki berbagai kebiasaan tertentu, seperti menggigiti tempat makan, memasukkan kaki depan mereka ke dalam tempat makan, dan sebagainya. Agar tempat makan tidak cepat rusak, sebaiknya Anda memilih produk yang sesuai dengan kebiasaan mereka.

Bahan stainless steel atau keramik untuk anjing yang suka menggigiti tempat makan

Bahan stainless steel atau keramik untuk anjing yang suka menggigiti tempat makan
Untuk anjing yang memiliki kebiasaan menggigit tempat makan setelah selesai makan, kami menyarankan Anda untuk menggunakan tempat makan berbahan stainless steel atau keramik yang tidak mudah rusak. Apabila Anda menggunakan bahan plastik, tempat makan tentu akan lebih mudah rusak dan tergores dengan cepat.

Produk berdesain khusus untuk mencegah anjing makan dengan terburu-buru

Produk berdesain khusus untuk mencegah anjing makan dengan terburu-buru
Apabila anjing Anda makan terlalu cepat, makanan tidak akan bisa tercerna dengan baik dan mungkin dapat menyebabkan anjing Anda muntah. Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan tempat makan dengan pola yang didesain khusus untuk memperlambat anjing Anda ketika makan.

Produk berdesain menyerupai gunung agar anjing makan tanpa berantakan

Produk berdesain menyerupai gunung agar anjing makan tanpa berantakan
Apakah tempat makan anjing Anda sering tumpah karena kebiasaan anjing yang suka memasukkan kaki depannya ke dalam tempat makan? Jika iya, tempat makan berbentuk gunung dapat membantu Anda. Tempat makan ini memiliki kestabilan yang tinggi sehingga memperkecil kemungkinannya untuk terguling dan menumpahkan semua isinya.

10 Rekomendasi tempat makan terbaik untuk anjing

Berikut ini kami akan memberikan 10 rekomendasi tempat makan anjing terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga rekomendasi yang kami berikan dapat membantu Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan anjing Anda, ya.

10. Tempat Makan Anjing Gantung Bahan Plastik

Rp20.000,00

9. Flat Dog Feeder

Rp14.558,00

8. Tempat Makan Anjing Bahan Tanah Liat

Rp25.000,00

7. Tao Tao Auto Pet Feeder

Rp35.000,00

6. Bobo Tempat Makan Anjing Double Bowl

Rp37.900,00

5. Tempat Makan Anjing Stainless Bowl Double

Rp180.000,00

4. Pet Slow Feeder

Rp150.000,00

3. Tempat Makan Anjing Double Bowl Anti Semut

Rp17.000,00

2. Food Wow! Tempat Makan Anjing Stainless Steel

Rp50.000,00

1. Portable Silicone Pet Feeder

Rp49.900,00

Kesimpulan

Makan adalah kegiatan sehari-hari yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan anjing Anda. Ketika memilih tempat makan anjing, hal yang harus Anda perhatikan adalah ukuran anjing, jenis, usia, dan kebiasaannya.
Selain itu, memilih tempat makan anjing yang mudah dirawat dan awet adalah hal yang perlu Anda perhatikan juga. Semoga dengan artikel ini, Anda dapat menemukan produk yang sesuai untuk anjing Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    7.099 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2019)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan kita. Selain itu, tergantung usia kucing, Anda perlu memperhatikan susu yang diberikan.Pabrik makanan hewan Whiskas, Hartz, Beaphar, Zeal, Royal Canin, dan PetAg KMR telah memproduksi susu baik cair maupun bubuk yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui sepuluh susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    3.826 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2019)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    2.324 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bagi Anda yang memelihara anjing atau kucing, tentunya Anda wajib membasmi kutunya. Tidak hanya bagi hewan, kutu adalah parasit yang merepotkan bagi manusia. Apabila didiamkan, kutu dapat berkembang biak semakin banyak. Selain dengan obat kutu yang diproduksi oleh rumah sakit hewan, ada juga obat yang dijual secara massal di pasaran. Manakah yang terbaik?Sebelum membeli, Anda harus mencari tahu dahulu produk apa yang sesuai dengan hewan peliharaan. Kali ini kami akan merekomendasikan produk pembasmi kutu dari merek ternama, seperti Hartz, Frontline, dan Revolution yang dapat dibeli di online shop. Kami akan menjelaskan pula cara memilih dan membahas kegunaan tiap produk. Mari basmi kutu di tubuh hewan kesayangan Anda secara menyeluruh!
    Perawatan hewan
    2.319 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    2.137 Views
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing (Cat Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing (Cat Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat mom dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda dituntut untuk dapat menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan.Merek pasir kucing juga cukup beragam, seperti Cubs n Kit, Sumo Cat, Catsan dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih pasir kucing yang sesuai dengan kebutuhan si kucing? Berikut ini step by step memilih pasir kucing yang bisa Anda contoh.
    Perawatan hewan
    2.236 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Perawatan hewan
    1.406 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori