mybest
Perawatan & perlengkapan anjing lainnya

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan anjing
  4. 10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)

Tempat makan anjing adalah wadah khusus yang digunakan oleh anjing kesayangan Anda saat makan. Saat ini, produk tempat makan anjing telah hadir dengan berbagai model dan fitur. Ada tempat makan otomatis, bowl yang dilengkapi fitur antiselip, hingga yang memiliki desain stylish dari keramik.


Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tempat makan untuk anjing serta sepuluh produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan tempat makan anjing yang paling pas, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
drh. Tito Suprayoga
Pakar
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Demi mendukung keilmuannya di dunia praktisi hewan kecil, ia sering mengikuti continuing education baik nasional maupun internasional. Ia berpengalaman bekerja di PDHB drh. Cucu K. Sajuthi dkk Green Garden. Kini drh. Tito praktek mandiri di area Pekanbaru. Anda bisa menyapa drh. Tito di Instagram-nya untuk mengetahui informasi-informasi mengenai kesehatan dan perawatan anabul Anda.

Profil drh. Tito Suprayoga
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tempat makan untuk anjing

Ada empat hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih tempat makan untuk anjing. Nah, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1

Periksalah material produk

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah material yang digunakan untuk tempat makan anjing. Material yang umumnya digunakan adalah plastik, stainless steel, dan keramik. Berikut ini, kami akan membahasnya satu per satu.

Plastik, ringan dan memiliki banyak desain menarik

Plastik, ringan dan memiliki banyak desain menarik

Tempat makan anjing berbahan plastik memiliki sejumlah keunggulan. Kelebihan bahan plastik antara lain adalah:

  • mudah dibersihkan,
  • harganya relatif murah,
  • variasi model dan warnanya beragam, dan
  • mudah dijumpai di pasaran.

Sementara itu, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dari tempat makan anjing berbahan plastik:

  • Plastik memiliki bobot ringan sehingga biasanya tidak stabil dan mudah bergerak saat digunakan. Anjing dengan kebiasaan menggigit dapat merusak produk plastik tersebut. Bahayanya, pecahan produk dapat tertelan oleh anjing Anda.

  • Anda perlu memperhatikan kualitas bahan yang digunakan. Jangan sampai tempat pakan tersebut dibuat dari bahan yang dapat meracuni anjing. Salah satunya adalah bahan vinyl (PVC) yang dapat mengganggu sistem imun, reproduksi, dan juga memicu kanker.

  • Bagian dalam tempat makan plastik mudah tergores sehingga kuman dapat tumbuh di sana. Jika Anda menyukai desain produk berbahan plastik, gunakanlah bersama alas antiselip dan awasi penggunaannya. 

Stainless steel, cocok untuk anjing yang punya kebiasaan menggigit

Stainless steel, cocok untuk anjing yang punya kebiasaan menggigit

Apa saja kelebihan bahan stainless steel? Silakan simak rangkuman kami di bawah ini.

  • Peralatan stainless steel sulit untuk dikunyah sehingga ideal untuk anjing yang memiliki kebiasaan menggigit barang. Material ini memiliki daya tahan yang sangat baik dan tidak mudah tergores

  • Stainless steel juga tahan terhadap panas dan bahan kimia sehingga dapat didisinfeksi dan terjaga kebersihannya. Dengan demikian, ketika anjing makan, tidak ada mikroba jahat yang tertelan dan menyebabkan gangguan pencernaan.

  • Bahan stainless steel juga cocok digunakan sebagai tempat minum bagi anjing yang suka minum air dingin. Dibandingkan bahan plastik, stainless steel dapat membuat air minum menjadi lebih segar. 

Stainless steel lebih berat dari plastik. Namun, jika anjing Anda mendorongnya ketika makan, produk ini tetap akan bergerak. Untuk itu, pilihlah produk dengan karet antiselip agar tempat makan tidak mudah bergerak


Namun, harap diperhatikan, produk stainless steel tidak dapat digunakan untuk anjing yang memiliki alergi logam. Hal ini juga berlaku untuk anjing yang tidak bisa melihat pantulan dirinya di tempat makan. 

Keramik, stabil dan memiliki desain yang bagus

Keramik, stabil dan memiliki desain yang bagus

Setelah membahas keunggulan material plastik dan stainless steel, kami akan memaparkan keunggulan material keramik. Silakan simak poin-poin di bawah ini!


  • Memiliki bobot yang cukup berat sehingga tidak mudah bergeser
  • Tidak menimbulkan alergi sehingga direkomendasikan untuk Anda yang memiliki anjing berkulit sensitif
  • Beberapa produk keramik dapat digunakan di microwave sehingga Anda dapat memanaskan makanan anjing dengan mudah
  • Varian warnanya beragam dan desainnya menarik
  • Aman dari gigitan anjing
  • Mudah untuk disteril atau dibersihkan

Di sisi lain, material keramik mudah retak saat terjatuh. Namun, jika Anda menggunakannya dengan hati-hati, produk berbahan keramik dapat digunakan dalam waktu lama. Hindari penggunaannya di ketinggian. Selain itu, penggunaannya untuk anjing-anjing yang terlalu aktif kurang direkomendasikan karena berisiko mudah retak dan pecah.

2

Sesuaikan fungsi tempat makan dengan karakteristik anjing Anda

Selanjutnya, mari fokus pada fungsi tempat makan anjing. Silakan pilih hal yang paling cocok dengan karakteristik dan kenyamanan penggunaan anjing Anda, ya.

Tempat makan berukuran tinggi, untuk anjing tua yang sulit menekuk lehernya

Tempat makan berukuran tinggi, untuk anjing tua yang sulit menekuk lehernya

Gangguan persendian biasanya dialami anjing-anjing tua, termasuk spondylosis (perkembangan tulang di antara ruas/persendian tulang belakang) akibat proses degeneratif. Kejadian ini membuat anjing tua merasakan kesakitan saat menggerakkan tulang belakang (termasuk tulang leher).


Posisi tempat makan di lantai akan membuat anjing tua kesulitan mengambil makanan. Akibatnya, tidak jarang anjing-anjing tua tersebut kehilangan nafsu makannya. Di sisi lain, posisi tidak nyaman tersebut juga akan memengaruhi pencernaan dan penyerapan makanan pada anjing. 


Untuk itu, kami merekomendasikan peralatan makan stand-up atau tipe high-stand.Tempat makan yang tinggi akan membuat lekukan mulus dari tenggorokan ke kerongkongan. Posisi yang ideal adalah anjing Anda dalam posisi berdiri, dengan leher sedikit diturunkan, dan hanya ada sedikit lekukan pada leher. 


Tempat makan dengan dudukan terpisah akan lebih mudah dibersihkan. Selain itu, Anda juga bisa memilih tempat makan tipe high-stand dengan bobot yang berat sehingga stabilitasnya baik. Untuk anjing yang suka menumpahkan makanan dari tempat makannya, pilihlah tempat makan yang bisa dipasang menyatu dengan kandang.

Tempat makan berstruktur, untuk mencegah anjing makan terburu-buru

Tempat makan berstruktur, untuk mencegah anjing makan terburu-buru

Aktivitas makan yang terburu-buru pada beberapa breed anjing kadang menyebabkan tersedak dan regurgitasi (muntah). Untuk itu, Anda perlu mengenali karakter anjing Anda supaya dapat menyiasatinya. Memanajemen kebiasaan makan anjing yang terburu-buru dapat disiasati dengan memberikan tempat makan berstruktur. 


Tempat makan berstruktur efektif untuk anjing seperti French bulldog dan beagle yang memiliki kebiasaan makan terburu-buru dan muntah. Tempat makan berstruktur dapat mempersulit anjing untuk makan. Hal ini bertujuan untuk memperpanjang waktu makan dan mencegah gangguan pencernaan dan penyumbatan usus.


Beberapa anjing mungkin memiliki kebiasaan menginginkan makanan pemiliknya setelah makanannya sendiri habis. Dengan tempat makan ini, pemiliknya dapat makan dengan lebih tenang. Benda seperti ini juga dapat digunakan sebagai mainan anjing saat pemiliknya sedang keluar.


Namun, Anda harus sabar dalam membersihkannya. Hal itu karena biasanya banyak pakan yang sudah basah terkena liur menempel pada celah-celah struktur tempat pakan.

Tempat makan yang dapat dilipat, untuk dibawa bepergian

Tempat makan yang dapat dilipat, untuk dibawa bepergian

Jika Anda ingin membawa anjing Anda berjalan-jalan ke luar ruangan, pilihlah peralatan makan yang dapat dilipat. Anda juga bisa membawanya ketika berada di luar rumah bersama anjing kesayangan. Pilihlah jenis yang ringan, ukurannya tidak terlalu besar, serta dapat dipasang di tas dengan carabiner sehingga mudah dibawa.


Tempat makan lipat juga berguna untuk keadaan gawat darurat, misalnya jika terjadi bencana. Kebanyakan tempat penampungan hanya memiliki peralatan makan untuk manusia. Jadi, pastikan untuk memiliki setidaknya satu tempat makan lipat ini untuk berjaga-jaga. 


Tempat makan yang fleksibel dan mudah dibawa ini dapat digunakan sebagai tempat minum ketika anjing kehausan. Jangan sampai anjing Anda mengalami dehidrasi karena kelelahan dan tidak ada suplai minum. Akibatnya bisa fatal.

3

Sesuaikan produk dengan ukuran anjing dan panjang moncongnya

Penting juga untuk memilih produk yang sesuai dengan ukuran anjing Anda dan panjang moncongnya. Untuk itu, silakan perhatikan dua poin berikut ini. 

Ukuran yang pas dengan moncong anjing, memudahkan anjing menjangkau tepian mangkuk

Ukuran yang pas dengan moncong anjing, memudahkan anjing menjangkau tepian mangkuk

Penting juga untuk memilih peralatan makan yang sesuai dengan ukuran tubuh anjing Anda. Pilih ukuran yang memungkinkan anjing Anda membuka mulutnya dengan leluasa saat meletakkan wajahnya di peralatan makan. Ukuran yang pas adalah ketika moncong anjing mampu menjangkau semua bagian dari wadah pakan. Tempat pakan yang sedikit lebih besar dari ukuran moncong anjing juga bisa Anda pilih.


Selain itu, perhatikan besaran tempat makan dengan makanan yang tersaji di dalamnya. Terlebih untuk anjing berukuran kecil karena tempat makan yang kebesaran akan menyulitkannya menggapai makanannya. Jadi, pastikan Anda memeriksa ukuran produk yang sesuai dengan anjing Anda, ya.


Sebenarnya, tempat makan anjing rata-rata memiliki ukuran kecil dan hal tersebut tidak masalah. Namun, jika Anda ingin menggantinya dengan tempat makan yang lebih kecil lagi, Anda bisa menggunakan peralatan makan yang tadinya digunakan untuk wadah air.

Dangkal dan stabil, untuk spesies anjing berkepala pendek

Dangkal dan stabil, untuk spesies anjing berkepala pendek

Spesies berkepala pendek, seperti pug dan French bulldog memiliki moncong pendek. Jadi, pilihlah tempat makan yang dangkal. Kami merekomendasikan tempat makan bersudut sehingga anjing Anda bisa lebih leluasa makan hingga ke dasar mangkuk.


Jenis-jenis anjing bermoncong pendek (brachycephaly) adalah Boxer, Boston Terrier, Pekingese, Bulldog, French Bulldog, dan pug. Mereka biasanya memiliki karakter yang hiperaktif. Jadi, sebaiknya memang disediakan tempat pakan yang dangkal dan juga memiliki bobot yang berat. Tempat makan yang dangkal dapat mencegah mereka menumpahkan tempat pakannya.


Anda juga bisa memilih produk yang stabil atau tidak mudah oleng, karena anjing berkepala pendek makan dengan sangat cepat. Saat memilih produk, perhatikanlah bobotnya dan ada tidaknya fitur antiselip.

4

Pilihlah produk yang mudah dibersihkan

Pilihlah produk yang mudah dibersihkan

Karena tempat makan anjing digunakan setiap hari, harap perhatikan kemudahan dalam mencucinya. Jika kotoran sulit dibersihkan, hal itu akan menyebabkan tumbuhnya kuman. Pakan yang tersisa di tempat makan akan mengundang bakteri pembusuk, jamur, dan sebagainya. Anjing yang memakan sisa makanan yang sudah membusuk akan sangat berisiko menyebabkan gangguan pencernaan.


Hindari produk yang berstruktur rumit, terlalu berat, atau terlalu besar. Tempat makan yang mudah dibersihkan di antaranya adalah yang tidak terdapat bagian yang menyiku. Pilih tempat makan yang cekung ke dalam dan bagian tepi yang tumpul. Material yang halus dan licin juga bisa dipilih karena mudah dibersihkan.

Selain itu, ada baiknya Anda segera mencuci wadah air anjing setiap kali anjing Anda selesai minum. Hal ini karena air liur anjing yang bercampur kuman dapat menyebabkan lendir. Jika berlendir, Anda harus mencuci wadah tersebut dengan bersih menggunakan deterjen pencuci piring. Alternatif lainnya, Anda bisa mengganti tempat makan anjing dengan yang baru secara berkala.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi tempat makan terbaik untuk anjing

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempat makan terbaik untuk anjing yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Auto Pet Feeder

 Auto Pet Feeder 1

Rp13.000

Agak Murah

Pengisian otomatis yang memastikan makanan selalu tersedia

2

Arthacat

Pet Bowl Single

Arthacat Pet Bowl Single 1

Rp15.600

Agak Murah

Fitur anti semut, pastikan makanan anjing Anda tetap aman

3

Tempat Makan Anjing Gantung Single

 Tempat Makan Anjing Gantung Single 1

Rp14.900

Agak Murah

Cocok diletakkan di dalam kandang, mudah digantung di sisi mana pun!

4

Pet Bowl Slow Feeder

 Pet Bowl Slow Feeder 1

Rp19.850

Menengah

Mengatur kecepatan makan anjing Anda untuk kesehatan pencernaannya

5

Pet House Medan

Bowl Stainless Steel Pastel Colour

Pet House Medan Bowl Stainless Steel Pastel Colour 1

Rp20.999

Menengah

Hadir dengan diameter besar, anjing Anda bisa makan dengan lebih leluasa

6

Pet Silicone Bowl

 Pet Silicone Bowl 1

Rp20.000

Menengah

Teman sejati untuk traveling bersama anjing Anda

7

Mangkuk makan bentuk kodok 2 sekat

 Mangkuk makan bentuk kodok 2 sekat 1

Rp34.000

Agak Mahal

Kombinasi plastik dan stainless steel, desain lucu dan mudah dicuci

8

Mangkok Makan Kaki Tinggi Doff Japanese Style

 Mangkok Makan Kaki Tinggi Doff Japanese Style 1

Rp70.965

Agak Mahal

Tempat makan tinggi berdesain minimalis yang nyaman untuk anjing kesayangan Anda

9

Saung Kayu

Wood Pet Dining Table

Saung Kayu Wood Pet Dining Table 1

Rp26.000

Menengah

Standing table berbahan kayu yang bantu anjing tua kesayangan Anda makan dengan nyaman

10

Pawise

Automatic Pet Feeder

Pawise Automatic Pet Feeder 1

Rp370.000

Lebih Mahal

Tempat makan anjing dengan timer, lebih praktis!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Auto Pet Feeder

Auto Pet Feeder 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp13.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp13.000
Agak Murah

Pengisian otomatis yang memastikan makanan selalu tersedia

Tempat makan anjing ini dirancang agar ceruknya terus-menerus terisi makanan ketika makanan di dalamnya mulai berkurang. Anda cukup mengisi tabung berkapasitas 250 gram ini dengan makanan hingga penuh. Kemudian, pasanglah pada ceruk penampung yang telah disediakan.

Produk ini tentunya sangat praktis karena Anda tidak perlu terus-menerus mengisi ulang makanannya ketika anjing Anda makan. Produk ini cocok untuk Anda yang sibuk dan sering berpergian sehingga bisa memberi makan anjing Anda. Namun, pastikan Anda tidak memberi makan anjing Anda terlalu banyak, ya!
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

ArthacatPet Bowl Single

Harga referensi
Rp15.600
Agak Murah

Fitur anti semut, pastikan makanan anjing Anda tetap aman

Tempat makan anjing ini dibuat dari bahan plastik dan tersedia dalam dua warna minimalis, yakni abu-abu dan putih. Bahannya tebal dan sudah dilengkapi karet antislip.


Selain itu, ada fitur anti semut untuk mengatasi semut-semut yang suka ikut berdatangan menyerbu makanan anjing Anda, Anda hanya perlu mengisi celah sempit di sekeliling wadah dengan air. Semut pun pasti batal menyerang.

No.3

Tempat Makan Anjing Gantung Single

Harga referensi
Rp14.900
Agak Murah

Cocok diletakkan di dalam kandang, mudah digantung di sisi mana pun!

Apakah anjing Anda lebih sering berada di dalam kandang? Jika iya, tempat makan ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan pengait yang tersedia pada tempat makan ini, Anda dapat mengaitkannya di kandang. Anda dapat mengatur posisi dan ketinggian tempat makan sehingga mempermudah anjing ketika makan.

Bahan yang digunakan oleh produk ini adalah bahan plastik yang kuat dan aman untuk anjing Anda. Selain itu, tempat makan anjing ini tersedia dalam harga yang sangat terjangkau. Kami rekomendasikan juga produk ini untuk Anda yang memiliki banyak anjing.
No.4

Pet Bowl Slow Feeder

Harga referensi
Rp19.850
Menengah

Mengatur kecepatan makan anjing Anda untuk kesehatan pencernaannya

Apakah anjing Anda sering tersedak atau muntah karena makan dengan terburu-buru? Jika iya, produk ini adalah solusi yang tepat bagi anjing Anda. Tempat makan anjing dari plastik ini dirancang khusus untuk memperlambat anjing Anda ketika makan.

Gundukan-gundukan berukuran kecil pada permukaan bowl akan menghambat kecepatan makan anjing Anda. Hal tersebut mungkin akan membuat anjing jengkel, tetapi ini baik untuk kesehatan pencernaannya. Produk ini juga telah didesain dengan saksama sehingga tidak akan melukai anjing Anda.
No.5

Pet House MedanBowl Stainless Steel Pastel Colour

Harga referensi
Rp20.999
Menengah

Hadir dengan diameter besar, anjing Anda bisa makan dengan lebih leluasa

Di pasaran, tempat makan anjing biasanya berdiameter 15 cm. Jika Anda memiliki anjing dengan moncong besar, mungkin ukuran 15 cm kurang nyaman untuknya. 

Untuk itu, Anda bisa memilih produk yang satu ini. Produk ini menyediakan pilihan diamater bowl hingga ukuran 30 cm. Ukurannya yang besar akan membuat anjing Anda lebih nyaman dan leluasa saat makan. 

No.6

Pet Silicone Bowl

Harga referensi
Rp20.000
Menengah

Teman sejati untuk traveling bersama anjing Anda

Tempat makan anjing ini terbuat dari bahan silikon berkualitas yang aman dan bebas dari bahan berbahaya. Kelenturan dari bahannya membuat wadah ini dapat dilipat sehingga mudah dibawa ke mana saja. 

Selain itu, produk ini juga memiliki pengait yang memudahkan Anda untuk menggantungnya di tas. Bagi Anda yang hobi traveling bersama anjing kesayangan, tempat makan ini tidak boleh ketinggalan!

No.7

Mangkuk makan bentuk kodok 2 sekat

Harga referensi
Rp34.000
Agak Mahal

Kombinasi plastik dan stainless steel, desain lucu dan mudah dicuci

Produk yang satu ini merupakan kombinasi dua material sekaligus. Frog bowl-nya terbuat dari plastik, memiliki desain yang lucu dan warna-warna yang menarik. Bagian dalamnya juga ada mangkuk stainless steel yang dapat dilepas. Anda bisa mencuci produk ini dengan lebih mudah. Jadi, bagi Anda yang menginginkan tempat makan anjing lucu dan tetap mudah dibersihkan, pilihlah produk ini. 

No.8

Mangkok Makan Kaki Tinggi Doff Japanese Style

Harga referensi
Rp70.965
Agak Mahal

Tempat makan tinggi berdesain minimalis yang nyaman untuk anjing kesayangan Anda

Tempat makan anjing yang satu ini berdesain minimalis dengan pilihan warna monochrome. Dengan ketinggian 8 cm, anjing jenis pomeranian, pug, boston terrier bisa makan dari bowl ini dengan nyaman.  


Selain itu, karena terbuat dari bahan keramik, produk ini tidak mudah bergeser-geser. Anjing Anda dapat makan dengan mudah dan tidak mudah berantakan. 

No.9

Saung KayuWood Pet Dining Table

Harga referensi
Rp26.000
Menengah

Standing table berbahan kayu yang bantu anjing tua kesayangan Anda makan dengan nyaman

Jika usia anjing Anda sudah cukup tua, Anda bisa memilih produk ini untuk membuatnya lebih nyaman saat makan. Standing table berbahan kayu ini memiliki empat pilihan tinggi, yakni 11 cm, 12 cm, 13 cm, dan 14 cm. Ketinggiannya bisa Anda sesuaikan dengan keperluan anjing Anda.


Di sisi lain, standing table ini memiliki dua tempat untuk meletakkan bowl. Jadi, Anda bisa menyediakan makanan sekaligus minuman dalam satu table. Pastinya lebih hemat tempat dan praktis. 

No.10

PawiseAutomatic Pet Feeder

Harga referensi
Rp370.000
Lebih Mahal

Tempat makan anjing dengan timer, lebih praktis!

Bagi Anda yang sering bepergian ke luar rumah dan memiliki anjing di rumah, Pawise Automatic Pet Feeder ini bisa menjadi sebuah jawaban. Anda tidak perlu khawatir dengan ketersediaan makanan bagi anjing Anda saat Anda pergi.


Anda hanya perlu mengisi bowl makanan dan memasang timer sesuai kebiasaan makan anjing Anda. Selanjutnya, tempat makan akan terbuka dengan sendirinya sesuai waktu yang ditentukan. 

Tips membersihkan tempat makan anjing

Setelah memilih tempat makan anjing yang tepat, penting juga bagi Anda untuk memastikan telah membersihkannya dengan benar. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba. 

Gunakan asam sitrat untuk membersihkan tempat makan anjing

Gunakan asam sitrat untuk membersihkan tempat makan anjing

Air liur anjing rentan terhadap kuman yang bisa menyebabkan permukaan tempat makan menjadi berlendir. Jika mencuci dengan sabun atau dengan mesin pencuci piring tidak bisa menghilangkan lendir, coba gunakan asam sitrat.


Namun, konsentrasi asam sitrat tersebut harus diperhatikan. Larutan asam sitrat 5% mampu mengurangi jumlah bakteri Listeria monocytogenes setelah 10 menit kontak. Bakteri ini biasanya menyebabkan permasalahan pencernaan, seperti muntah dan diare pada anjing. 


Larutkan asam sitrat dalam air, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan tersebut selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air. Air liur anjing sensitif terhadap zat asam. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah menghilangkan lendir pada tempat makan anjing Anda. Ada juga spons khusus untuk peralatan makan anjing. Gunakanlah spons tersebut untuk membersihkan tempat makan anjing Anda. 

Segera bersihkan tempat makan meskipun masih ada sisa makanan

Segera bersihkan tempat makan meskipun masih ada sisa makanan

Frekuensi makan anjing biasanya 2–3 kali sehari dengan volume pakan yang tertakar secara pasti. Selain itu, biasanya anjing langsung menghabiskan makanannya. Untuk itu, biasakan untuk selalu membersihkan tempat makan anjing sesaat setelah mereka selesai makan. Setelah selesai dibersihkan pun, pastikan Anda langsung menyimpannya agar tidak dimainkan oleh anjing Anda. 


Di sisi lain, ada anjing yang memiliki kebiasaan menyisakan makanannya atau suka menyantap makanannya beberapa kali secara berkala. Dalam hal ini, meskipun masih ada makanan yang tersisa, segera cuci tempat makan tersebut begitu anjing Anda selesai makan.


Secara bertahap, Anda bisa menghilangkan kebiasaan anjing Anda menyisakan makanan. Anjing Anda akan mulai memahami bahwa harus memakan semua makanannya sekaligus dan memahami tentang jam makan. 

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk anjing di sini

Kesimpulan

Makan adalah kegiatan sehari-hari yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan anjing Anda. Ketika memilih tempat makan anjing, hal yang harus Anda perhatikan adalah ukuran anjing, jenis, usia, dan kebiasaannya.


Selain itu, memilih tempat makan anjing yang mudah dibersihkan dan awet adalah hal yang perlu Anda perhatikan juga. Semoga Anda dapat menemukan produk yang sesuai untuk anjing Anda, ya!

5 Rekomendasi Tempat Makan untuk Anjing terbaik

No. 1: Auto Pet Feeder

No. 2: ArthacatPet Bowl Single

No. 3: Tempat Makan Anjing Gantung Single

No. 4: Pet Bowl Slow Feeder

No. 5: Pet House MedanBowl Stainless Steel Pastel Colour

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan anjing
  4. 10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.