• 10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Tempat makan anjing adalah wadah khusus yang digunakan oleh anjing kesayangan Anda saat makan. Saat ini, produk tempat makan anjing telah hadir dengan berbagai model dan fitur. Ada tempat makan otomatis, bowl yang dilengkapi fitur antiselip, hingga yang memiliki desain stylish dari keramik.


Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tempat makan untuk anjing serta sepuluh produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan tempat makan anjing yang paling pas, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Tito Suprayoga
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 24 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga
drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM.


Demi mendukung keilmuannya di dunia praktisi hewan kecil, ia sering mengikuti continuing education baik nasional maupun internasional. Ia berpengalaman bekerja di PDHB drh. Cucu K. Sajuthi dkk Green Garden. Kini drh. Tito praktek mandiri di area Pekanbaru. Anda bisa menyapa drh. Tito di Instagram-nya untuk mengetahui informasi-informasi mengenai kesehatan dan perawatan anabul Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tempat makan untuk anjing

Ada empat hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih tempat makan untuk anjing. Nah, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Periksalah material produk

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah material yang digunakan untuk tempat makan anjing. Material yang umumnya digunakan adalah plastik, stainless steel, dan keramik. Berikut ini, kami akan membahasnya satu per satu.

Plastik, ringan dan memiliki banyak desain menarik

Plastik, ringan dan memiliki banyak desain menarik

Tempat makan anjing berbahan plastik memiliki sejumlah keunggulan. Kelebihan bahan plastik antara lain adalah:

  • mudah dibersihkan,
  • harganya relatif murah,
  • variasi model dan warnanya beragam, dan
  • mudah dijumpai di pasaran.

Sementara itu, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dari tempat makan anjing berbahan plastik:

  • Plastik memiliki bobot ringan sehingga biasanya tidak stabil dan mudah bergerak saat digunakan. Anjing dengan kebiasaan menggigit dapat merusak produk plastik tersebut. Bahayanya, pecahan produk dapat tertelan oleh anjing Anda.

  • Anda perlu memperhatikan kualitas bahan yang digunakan. Jangan sampai tempat pakan tersebut dibuat dari bahan yang dapat meracuni anjing. Salah satunya adalah bahan vinyl (PVC) yang dapat mengganggu sistem imun, reproduksi, dan juga memicu kanker.

  • Bagian dalam tempat makan plastik mudah tergores sehingga kuman dapat tumbuh di sana. Jika Anda menyukai desain produk berbahan plastik, gunakanlah bersama alas antiselip dan awasi penggunaannya. 

Stainless steel, cocok untuk anjing yang punya kebiasaan menggigit

Stainless steel, cocok untuk anjing yang punya kebiasaan menggigit

Apa saja kelebihan bahan stainless steel? Silakan simak rangkuman kami di bawah ini.

  • Peralatan stainless steel sulit untuk dikunyah sehingga ideal untuk anjing yang memiliki kebiasaan menggigit barang. Material ini memiliki daya tahan yang sangat baik dan tidak mudah tergores

  • Stainless steel juga tahan terhadap panas dan bahan kimia sehingga dapat didisinfeksi dan terjaga kebersihannya. Dengan demikian, ketika anjing makan, tidak ada mikroba jahat yang tertelan dan menyebabkan gangguan pencernaan.

  • Bahan stainless steel juga cocok digunakan sebagai tempat minum bagi anjing yang suka minum air dingin. Dibandingkan bahan plastik, stainless steel dapat membuat air minum menjadi lebih segar. 

Stainless steel lebih berat dari plastik. Namun, jika anjing Anda mendorongnya ketika makan, produk ini tetap akan bergerak. Untuk itu, pilihlah produk dengan karet antiselip agar tempat makan tidak mudah bergerak


Namun, harap diperhatikan, produk stainless steel tidak dapat digunakan untuk anjing yang memiliki alergi logam. Hal ini juga berlaku untuk anjing yang tidak bisa melihat pantulan dirinya di tempat makan. 

Keramik, stabil dan memiliki desain yang bagus

Keramik, stabil dan memiliki desain yang bagus

Setelah membahas keunggulan material plastik dan stainless steel, kami akan memaparkan keunggulan material keramik. Silakan simak poin-poin di bawah ini!


  • Memiliki bobot yang cukup berat sehingga tidak mudah bergeser
  • Tidak menimbulkan alergi sehingga direkomendasikan untuk Anda yang memiliki anjing berkulit sensitif
  • Beberapa produk keramik dapat digunakan di microwave sehingga Anda dapat memanaskan makanan anjing dengan mudah
  • Varian warnanya beragam dan desainnya menarik
  • Aman dari gigitan anjing
  • Mudah untuk disteril atau dibersihkan

Di sisi lain, material keramik mudah retak saat terjatuh. Namun, jika Anda menggunakannya dengan hati-hati, produk berbahan keramik dapat digunakan dalam waktu lama. Hindari penggunaannya di ketinggian. Selain itu, penggunaannya untuk anjing-anjing yang terlalu aktif kurang direkomendasikan karena berisiko mudah retak dan pecah.

Sesuaikan fungsi tempat makan dengan karakteristik anjing Anda

Selanjutnya, mari fokus pada fungsi tempat makan anjing. Silakan pilih hal yang paling cocok dengan karakteristik dan kenyamanan penggunaan anjing Anda, ya.

Tempat makan berukuran tinggi, untuk anjing tua yang sulit menekuk lehernya

Tempat makan berukuran tinggi, untuk anjing tua yang sulit menekuk lehernya

Gangguan persendian biasanya dialami anjing-anjing tua, termasuk spondylosis (perkembangan tulang di antara ruas/persendian tulang belakang) akibat proses degeneratif. Kejadian ini membuat anjing tua merasakan kesakitan saat menggerakkan tulang belakang (termasuk tulang leher).


Posisi tempat makan di lantai akan membuat anjing tua kesulitan mengambil makanan. Akibatnya, tidak jarang anjing-anjing tua tersebut kehilangan nafsu makannya. Di sisi lain, posisi tidak nyaman tersebut juga akan memengaruhi pencernaan dan penyerapan makanan pada anjing. 


Untuk itu, kami merekomendasikan peralatan makan stand-up atau tipe high-stand.Tempat makan yang tinggi akan membuat lekukan mulus dari tenggorokan ke kerongkongan. Posisi yang ideal adalah anjing Anda dalam posisi berdiri, dengan leher sedikit diturunkan, dan hanya ada sedikit lekukan pada leher. 


Tempat makan dengan dudukan terpisah akan lebih mudah dibersihkan. Selain itu, Anda juga bisa memilih tempat makan tipe high-stand dengan bobot yang berat sehingga stabilitasnya baik. Untuk anjing yang suka menumpahkan makanan dari tempat makannya, pilihlah tempat makan yang bisa dipasang menyatu dengan kandang.

Tempat makan berstruktur, untuk mencegah anjing makan terburu-buru

Tempat makan berstruktur, untuk mencegah anjing makan terburu-buru

Aktivitas makan yang terburu-buru pada beberapa breed anjing kadang menyebabkan tersedak dan regurgitasi (muntah). Untuk itu, Anda perlu mengenali karakter anjing Anda supaya dapat menyiasatinya. Memanajemen kebiasaan makan anjing yang terburu-buru dapat disiasati dengan memberikan tempat makan berstruktur. 


Tempat makan berstruktur efektif untuk anjing seperti French bulldog dan beagle yang memiliki kebiasaan makan terburu-buru dan muntah. Tempat makan berstruktur dapat mempersulit anjing untuk makan. Hal ini bertujuan untuk memperpanjang waktu makan dan mencegah gangguan pencernaan dan penyumbatan usus.


Beberapa anjing mungkin memiliki kebiasaan menginginkan makanan pemiliknya setelah makanannya sendiri habis. Dengan tempat makan ini, pemiliknya dapat makan dengan lebih tenang. Benda seperti ini juga dapat digunakan sebagai mainan anjing saat pemiliknya sedang keluar.


Namun, Anda harus sabar dalam membersihkannya. Hal itu karena biasanya banyak pakan yang sudah basah terkena liur menempel pada celah-celah struktur tempat pakan.

Tempat makan yang dapat dilipat, untuk dibawa bepergian

Tempat makan yang dapat dilipat, untuk dibawa bepergian

Jika Anda ingin membawa anjing Anda berjalan-jalan ke luar ruangan, pilihlah peralatan makan yang dapat dilipat. Anda juga bisa membawanya ketika berada di luar rumah bersama anjing kesayangan. Pilihlah jenis yang ringan, ukurannya tidak terlalu besar, serta dapat dipasang di tas dengan carabiner sehingga mudah dibawa.


Tempat makan lipat juga berguna untuk keadaan gawat darurat, misalnya jika terjadi bencana. Kebanyakan tempat penampungan hanya memiliki peralatan makan untuk manusia. Jadi, pastikan untuk memiliki setidaknya satu tempat makan lipat ini untuk berjaga-jaga. 


Tempat makan yang fleksibel dan mudah dibawa ini dapat digunakan sebagai tempat minum ketika anjing kehausan. Jangan sampai anjing Anda mengalami dehidrasi karena kelelahan dan tidak ada suplai minum. Akibatnya bisa fatal.

Sesuaikan produk dengan ukuran anjing dan panjang moncongnya

Penting juga untuk memilih produk yang sesuai dengan ukuran anjing Anda dan panjang moncongnya. Untuk itu, silakan perhatikan dua poin berikut ini. 

Ukuran yang pas dengan moncong anjing, memudahkan anjing menjangkau tepian mangkuk

Ukuran yang pas dengan moncong anjing, memudahkan anjing menjangkau tepian mangkuk

Penting juga untuk memilih peralatan makan yang sesuai dengan ukuran tubuh anjing Anda. Pilih ukuran yang memungkinkan anjing Anda membuka mulutnya dengan leluasa saat meletakkan wajahnya di peralatan makan. Ukuran yang pas adalah ketika moncong anjing mampu menjangkau semua bagian dari wadah pakan. Tempat pakan yang sedikit lebih besar dari ukuran moncong anjing juga bisa Anda pilih.


Selain itu, perhatikan besaran tempat makan dengan makanan yang tersaji di dalamnya. Terlebih untuk anjing berukuran kecil karena tempat makan yang kebesaran akan menyulitkannya menggapai makanannya. Jadi, pastikan Anda memeriksa ukuran produk yang sesuai dengan anjing Anda, ya.


Sebenarnya, tempat makan anjing rata-rata memiliki ukuran kecil dan hal tersebut tidak masalah. Namun, jika Anda ingin menggantinya dengan tempat makan yang lebih kecil lagi, Anda bisa menggunakan peralatan makan yang tadinya digunakan untuk wadah air.

Dangkal dan stabil, untuk spesies anjing berkepala pendek

Dangkal dan stabil, untuk spesies anjing berkepala pendek

Spesies berkepala pendek, seperti pug dan French bulldog memiliki moncong pendek. Jadi, pilihlah tempat makan yang dangkal. Kami merekomendasikan tempat makan bersudut sehingga anjing Anda bisa lebih leluasa makan hingga ke dasar mangkuk.


Jenis-jenis anjing bermoncong pendek (brachycephaly) adalah Boxer, Boston Terrier, Pekingese, Bulldog, French Bulldog, dan pug. Mereka biasanya memiliki karakter yang hiperaktif. Jadi, sebaiknya memang disediakan tempat pakan yang dangkal dan juga memiliki bobot yang berat. Tempat makan yang dangkal dapat mencegah mereka menumpahkan tempat pakannya.


Anda juga bisa memilih produk yang stabil atau tidak mudah oleng, karena anjing berkepala pendek makan dengan sangat cepat. Saat memilih produk, perhatikanlah bobotnya dan ada tidaknya fitur antiselip.

Pilihlah produk yang mudah dibersihkan

Pilihlah produk yang mudah dibersihkan

Karena tempat makan anjing digunakan setiap hari, harap perhatikan kemudahan dalam mencucinya. Jika kotoran sulit dibersihkan, hal itu akan menyebabkan tumbuhnya kuman. Pakan yang tersisa di tempat makan akan mengundang bakteri pembusuk, jamur, dan sebagainya. Anjing yang memakan sisa makanan yang sudah membusuk akan sangat berisiko menyebabkan gangguan pencernaan.


Hindari produk yang berstruktur rumit, terlalu berat, atau terlalu besar. Tempat makan yang mudah dibersihkan di antaranya adalah yang tidak terdapat bagian yang menyiku. Pilih tempat makan yang cekung ke dalam dan bagian tepi yang tumpul. Material yang halus dan licin juga bisa dipilih karena mudah dibersihkan.

Selain itu, ada baiknya Anda segera mencuci wadah air anjing setiap kali anjing Anda selesai minum. Hal ini karena air liur anjing yang bercampur kuman dapat menyebabkan lendir. Jika berlendir, Anda harus mencuci wadah tersebut dengan bersih menggunakan deterjen pencuci piring. Alternatif lainnya, Anda bisa mengganti tempat makan anjing dengan yang baru secara berkala.

10 Rekomendasi tempat makan terbaik untuk anjing

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempat makan terbaik untuk anjing yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.

10
MaterialPlastik
FungsiTimer
Ukuran24 cm x 26,6 cm x 7 cm
9
MaterialKayu mahoni atau jati
FungsiStanding bowl
Ukuran30 cm x 16 cm, tinggi bervariasi 11 cm, 12 cm, 13 cm, 14 cm
8

Mangkok Makan Kaki Tinggi Doff Japanese Style

Mulai dari Rp 70.965,00

MaterialKeramik
FungsiStanding bowl
Ukuran11 cm x 9 cm x 8 cm
7

Mangkuk makan bentuk kodok 2 sekat

Mulai dari Rp 34.000,00

MaterialPlastik dan stainless steel
FungsiAntiselip
Ukuran27,5 cm x 15,5 cm x 4 cm
6
MaterialSilikon
FungsiDapat dilipat
UkuranDiameter 13 cm, tinggi 5,5 cm
5

Pet House MedanBowl Stainless Steel Pastel Colour

Mulai dari Rp 20.999,00

MaterialStainless steel
FungsiAntiselip
Ukuran15 cm, 18 cm, 22 cm, 26 cm, 30 cm
4
MaterialPlastik
FungsiBerstruktur dan antiselip
UkuranDiameter 16 cm, tinggi 4,5 cm
3
MaterialPlastik
FungsiBisa digantung
UkuranDiameter 15 cm, tinggi 5 cm
2
MaterialPlastik
FungsiAnti semut dan antiselip
Ukuran15,4 cm x 15,4 cm x 4 cm
1
MaterialPlastik
FungsiMengisi otomatis, antiselip
Ukuran12,5 cm x 20 cm x 18,5 cm

Tabel perbandingan produk tempat makan anjing terbaik

Gambar produk
1
Auto Pet Feeder 1

2
Arthacat Pet Bowl Single 1

Arthacat

3
Tempat Makan Anjing Gantung Single 1

4
Pet Bowl Slow Feeder 1

5
Pet House Medan Bowl Stainless Steel Pastel Colour 1

Pet House Medan

6
Pet Silicone Bowl 1

7
Mangkuk makan bentuk kodok 2 sekat 1

8
Mangkok Makan Kaki Tinggi Doff Japanese Style 1

9
Saung Kayu Wood Pet Dining Table 1

Saung Kayu

10
Pawise Automatic Pet Feeder 1

Pawise

Nama produk

Auto Pet Feeder

Pet Bowl Single

Tempat Makan Anjing Gantung Single

Pet Bowl Slow Feeder

Bowl Stainless Steel Pastel Colour

Pet Silicone Bowl

Mangkuk makan bentuk kodok 2 sekat

Mangkok Makan Kaki Tinggi Doff Japanese Style

Wood Pet Dining Table

Automatic Pet Feeder

Keunggulan

Pengisian otomatis yang memastikan makanan selalu tersedia

Fitur anti semut, pastikan makanan anjing Anda tetap aman

Cocok diletakkan di dalam kandang, mudah digantung di sisi mana pun!

Mengatur kecepatan makan anjing Anda untuk kesehatan pencernaannya

Hadir dengan diameter besar, anjing Anda bisa makan dengan lebih leluasa

Teman sejati untuk traveling bersama anjing Anda

Kombinasi plastik dan stainless steel, desain lucu dan mudah dicuci

Tempat makan tinggi berdesain minimalis yang nyaman untuk anjing kesayangan Anda

Standing table berbahan kayu yang bantu anjing tua kesayangan Anda makan dengan nyaman

Tempat makan anjing dengan timer, lebih praktis!

Harga mulai dariRp 13.000,00Rp 15.600,00Rp 14.900,00Rp 19.850,00Rp 20.999,00Rp 20.000,00Rp 34.000,00Rp 70.965,00Rp 26.000,00Rp 370.000,00
MaterialPlastikPlastikPlastikPlastikStainless steelSilikonPlastik dan stainless steelKeramikKayu mahoni atau jatiPlastik
FungsiMengisi otomatis, antiselipAnti semut dan antiselipBisa digantungBerstruktur dan antiselipAntiselipDapat dilipatAntiselipStanding bowlStanding bowlTimer
Ukuran12,5 cm x 20 cm x 18,5 cm15,4 cm x 15,4 cm x 4 cmDiameter 15 cm, tinggi 5 cmDiameter 16 cm, tinggi 4,5 cm15 cm, 18 cm, 22 cm, 26 cm, 30 cmDiameter 13 cm, tinggi 5,5 cm27,5 cm x 15,5 cm x 4 cm11 cm x 9 cm x 8 cm30 cm x 16 cm, tinggi bervariasi 11 cm, 12 cm, 13 cm, 14 cm24 cm x 26,6 cm x 7 cm
Tautan produk

Tips membersihkan tempat makan anjing

Setelah memilih tempat makan anjing yang tepat, penting juga bagi Anda untuk memastikan telah membersihkannya dengan benar. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba. 

Gunakan asam sitrat untuk membersihkan tempat makan anjing

Gunakan asam sitrat untuk membersihkan tempat makan anjing

Air liur anjing rentan terhadap kuman yang bisa menyebabkan permukaan tempat makan menjadi berlendir. Jika mencuci dengan sabun atau dengan mesin pencuci piring tidak bisa menghilangkan lendir, coba gunakan asam sitrat.


Namun, konsentrasi asam sitrat tersebut harus diperhatikan. Larutan asam sitrat 5% mampu mengurangi jumlah bakteri Listeria monocytogenes setelah 10 menit kontak. Bakteri ini biasanya menyebabkan permasalahan pencernaan, seperti muntah dan diare pada anjing. 


Larutkan asam sitrat dalam air, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan tersebut selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air. Air liur anjing sensitif terhadap zat asam. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah menghilangkan lendir pada tempat makan anjing Anda. Ada juga spons khusus untuk peralatan makan anjing. Gunakanlah spons tersebut untuk membersihkan tempat makan anjing Anda. 

Segera bersihkan tempat makan meskipun masih ada sisa makanan

Segera bersihkan tempat makan meskipun masih ada sisa makanan

Frekuensi makan anjing biasanya 2–3 kali sehari dengan volume pakan yang tertakar secara pasti. Selain itu, biasanya anjing langsung menghabiskan makanannya. Untuk itu, biasakan untuk selalu membersihkan tempat makan anjing sesaat setelah mereka selesai makan. Setelah selesai dibersihkan pun, pastikan Anda langsung menyimpannya agar tidak dimainkan oleh anjing Anda. 


Di sisi lain, ada anjing yang memiliki kebiasaan menyisakan makanannya atau suka menyantap makanannya beberapa kali secara berkala. Dalam hal ini, meskipun masih ada makanan yang tersisa, segera cuci tempat makan tersebut begitu anjing Anda selesai makan.


Secara bertahap, Anda bisa menghilangkan kebiasaan anjing Anda menyisakan makanan. Anjing Anda akan mulai memahami bahwa harus memakan semua makanannya sekaligus dan memahami tentang jam makan. 

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk anjing di sini

Ada banyak hal yang perlu Anda siapkan jika Anda ingin memelihara anjing. Untuk itu, silakan baca artikel lainnya untuk anjing di sini. 

Kesimpulan

Makan adalah kegiatan sehari-hari yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan anjing Anda. Ketika memilih tempat makan anjing, hal yang harus Anda perhatikan adalah ukuran anjing, jenis, usia, dan kebiasaannya.


Selain itu, memilih tempat makan anjing yang mudah dibersihkan dan awet adalah hal yang perlu Anda perhatikan juga. Semoga Anda dapat menemukan produk yang sesuai untuk anjing Anda, ya!

Artikel terkait

  • 10 Shampo Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap dog lover pasti mendambakan seekor anjing dengan bulu yang sehat berkilau. Anda dapat mewujudkan keinginan ini dengan bantuan sampo anjing. Namun, dari banyaknya merek sampo anjing di pasaran, manakah yang bagus untuk hewan kesayangan Anda?Kami akan membantu Anda mendapatkan sampo anjing terbaik. Tak hanya berbagi informasi mengenai cara memilih, kami juga akan memberikan rekomendasi merek sampo anjing yang bagus. Anda akan menjumpai sampo antikutu dari Purotex, sampo anjing antirontok BUD-DEE, hingga sampo untuk mengatasi jamur, Miconazole. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Bila Anda memiliki anjing peliharaan, mengajak anjing berjalan-jalan adalah suatu keharusan agar anjing terhindar dari stres. Saat melakukan kegiatan ini, tentunya Anda membutuhkan harness atau tali anjing. Namun, di pasaran sangat banyak tali anjing yang bagus sehingga mungkin membingungkan Anda.Untuk itu, kami akan memberikan tips untuk memilih harness anjing agar Anda mudah menemukan produk yang tepat. Harness untuk anjing besar seperti Husky dan anjing kuat seperti Pitbull dan Herder akan kami berikan. Anda akan menjumpai merek Ferplast, Rockware, dan Rabbitgoo. Jadi, mari simak selengkapnya!
    Perawatan anjing
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kali ini, kami akan membahas mengenai mainan anjing. Mainan ini dikhususkan untuk jenis anjing kecil seperti Corgi, Chihuahua, dan anjing kecil lainnya. Banyak mainan anjing dari berbagai merek, seperti KONG, M-PETS, Nylabone, dan lain-lain. Jenis dan fungsi mainan yang beragam mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilihnya.Kami akan menjelaskan beberapa hal yang patut dipertimbangkan saat memilih mainan anjing. Kami juga akan memberikan rekomendasi mainan yang bagus untuk anjing kecil Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Temukanlah mainan yang paling cocok untuk si anabul!
    Perawatan anjing
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak mainan dengan berbagai bentuk yang dapat membuat anjing Anda menjadi makin sehat, pintar, dan disiplin. Terdapat banyak jenis mainan anjing beredar di pasaran. Bila Anda baru pertama kali memelihara anjing, mungkin Anda bingung harus memilih mainan yang mana, bukan?Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mainan terbaik untuk anjing. Ada mainan untuk dikunyah, untuk bermain lempar tangkap, perawatan gigi, atau untuk sekadar melatih anjing. Ada mainan anjing merek KONG, Nylabone, dan sebagainya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga.
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, makin banyak orang yang memelihara anjing. Oleh karena itu, kebutuhan akan kandang anjing baik untuk anjing besar maupun anjing kecil tentu meningkat. Apalagi, kandang anjing kadang digunakan sebagai tempat tidur dan beristirahat oleh anjing Anda.Terdapat beragam kandang anjing dengan berbagai ukuran, bahan, warna, serta harga beredar di pasaran. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi kandang anjing dari berbagai merek yang bagus. Pilihlah kandang anjing berkualitas dalam artikel ini untuk anjing kesayangan Anda. Selamat berbelanja!
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Pet Tag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pet Tag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai pemilik anjing, kucing, atau kelinci, pernahkah terpikirkan bahwa anabul kesayangan Anda melarikan diri dan tersesat? Jika sampai hilang, tentunya anjing dan kucing tidak dapat berbicara untuk memberitahukan tempat tinggalnya. Untuk menjaga hewan peliharaan, sebaiknya Anda memasang pet tag pada kalungnya.Pet tag dapat ditulisi informasi mengenai kontak yang dapat dihubungi jika kucing atau anjing sampai hilang. Ada beragam merek, desain warna, dan ukuran pet tag di e-commerce. Ada pula kalung GPS kucing dan anjing dari merek Jamay. Simaklah tips memilih dan rekomendasi pet tag yang bagus di artikel ini!
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kalung atau collar anjing merupakan aksesori yang bisa memudahkan Anda saat mengajak anjing berjalan-jalan. Ada berbagai desain kalung anjing yang dijual di pet shop ataupun online shop. Namun, banyaknya kalung anjing yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi kalung anjing terbaik kepada Anda. Kalung dengan fitur tambahan seperti yang dilengkapi dengan LED juga turut kami ulas. Jadi, bagi Anda yang memelihara anjing di rumah, simak terus artikel ini, ya!
    Perawatan anjing
  • 10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Kali ini, kami akan berbagi cara memilih sisir kucing yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh sisir kucing dalam berbagai bentuk dan ukuran, salah satunya dari merek Hartz. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Mari ketahui sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Grooming hewan
  • 10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Berkat tingkahnya yang lucu, kucing menjadi binatang piaraan favorit banyak orang. Namun, furnitur di rumah Anda bisa saja rusak karena dicakari olehnya. Supaya hal itu tidak terjadi, Anda harus memiliki gunting khusus untuk memangkas kuku kucing yang panjang.Kami akan memperkenalkan produk gunting kuku kucing yang bagus, seperti merek Hartz dan Mijia. Tips memilih produk sesuai kebutuhan Anda dan kucing Anda juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Temukan produk terbaik yang akan membuat sesi trimming lebih mudah!
    Grooming hewan
  • 10 Rekomendasi Pet Cargo Anjing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pet Cargo Anjing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Pet cargo sangat diperlukan untuk bepergian dengan anjing Anda. Tas ini berguna ketika Anda ingin bepergian baik menggunakan transportasi pribadi maupun umum, seperti pesawat, bus, dan kereta. Apakah Anda memiliki masalah untuk memilih produk pet cargo yang sesuai?Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih pet cargo yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan produk pet cargo yang bagus dari berbagai merek baik untuk anjing kecil maupun anjing besar. Beberapa produk tersebut antara lain Sling Bag Pet Carrier, Folding Pet Carrier, dan Tas Astronot Anjing. Pahami artikelnya sampai selesai, ya!
    Perawatan anjing
  • Artikel populer

  • 10 Shampo Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap dog lover pasti mendambakan seekor anjing dengan bulu yang sehat berkilau. Anda dapat mewujudkan keinginan ini dengan bantuan sampo anjing. Namun, dari banyaknya merek sampo anjing di pasaran, manakah yang bagus untuk hewan kesayangan Anda?Kami akan membantu Anda mendapatkan sampo anjing terbaik. Tak hanya berbagi informasi mengenai cara memilih, kami juga akan memberikan rekomendasi merek sampo anjing yang bagus. Anda akan menjumpai sampo antikutu dari Purotex, sampo anjing antirontok BUD-DEE, hingga sampo untuk mengatasi jamur, Miconazole. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Bila Anda memiliki anjing peliharaan, mengajak anjing berjalan-jalan adalah suatu keharusan agar anjing terhindar dari stres. Saat melakukan kegiatan ini, tentunya Anda membutuhkan harness atau tali anjing. Namun, di pasaran sangat banyak tali anjing yang bagus sehingga mungkin membingungkan Anda.Untuk itu, kami akan memberikan tips untuk memilih harness anjing agar Anda mudah menemukan produk yang tepat. Harness untuk anjing besar seperti Husky dan anjing kuat seperti Pitbull dan Herder akan kami berikan. Anda akan menjumpai merek Ferplast, Rockware, dan Rabbitgoo. Jadi, mari simak selengkapnya!
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, makin banyak orang yang memelihara anjing. Oleh karena itu, kebutuhan akan kandang anjing baik untuk anjing besar maupun anjing kecil tentu meningkat. Apalagi, kandang anjing kadang digunakan sebagai tempat tidur dan beristirahat oleh anjing Anda.Terdapat beragam kandang anjing dengan berbagai ukuran, bahan, warna, serta harga beredar di pasaran. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi kandang anjing dari berbagai merek yang bagus. Pilihlah kandang anjing berkualitas dalam artikel ini untuk anjing kesayangan Anda. Selamat berbelanja!
    Perawatan anjing
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak mainan dengan berbagai bentuk yang dapat membuat anjing Anda menjadi makin sehat, pintar, dan disiplin. Terdapat banyak jenis mainan anjing beredar di pasaran. Bila Anda baru pertama kali memelihara anjing, mungkin Anda bingung harus memilih mainan yang mana, bukan?Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mainan terbaik untuk anjing. Ada mainan untuk dikunyah, untuk bermain lempar tangkap, perawatan gigi, atau untuk sekadar melatih anjing. Ada mainan anjing merek KONG, Nylabone, dan sebagainya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga.
    Perawatan anjing
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kali ini, kami akan membahas mengenai mainan anjing. Mainan ini dikhususkan untuk jenis anjing kecil seperti Corgi, Chihuahua, dan anjing kecil lainnya. Banyak mainan anjing dari berbagai merek, seperti KONG, M-PETS, Nylabone, dan lain-lain. Jenis dan fungsi mainan yang beragam mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilihnya.Kami akan menjelaskan beberapa hal yang patut dipertimbangkan saat memilih mainan anjing. Kami juga akan memberikan rekomendasi mainan yang bagus untuk anjing kecil Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Temukanlah mainan yang paling cocok untuk si anabul!
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Pet Cargo Anjing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pet Cargo Anjing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Pet cargo sangat diperlukan untuk bepergian dengan anjing Anda. Tas ini berguna ketika Anda ingin bepergian baik menggunakan transportasi pribadi maupun umum, seperti pesawat, bus, dan kereta. Apakah Anda memiliki masalah untuk memilih produk pet cargo yang sesuai?Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih pet cargo yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan produk pet cargo yang bagus dari berbagai merek baik untuk anjing kecil maupun anjing besar. Beberapa produk tersebut antara lain Sling Bag Pet Carrier, Folding Pet Carrier, dan Tas Astronot Anjing. Pahami artikelnya sampai selesai, ya!
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Pet Tag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pet Tag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai pemilik anjing, kucing, atau kelinci, pernahkah terpikirkan bahwa anabul kesayangan Anda melarikan diri dan tersesat? Jika sampai hilang, tentunya anjing dan kucing tidak dapat berbicara untuk memberitahukan tempat tinggalnya. Untuk menjaga hewan peliharaan, sebaiknya Anda memasang pet tag pada kalungnya.Pet tag dapat ditulisi informasi mengenai kontak yang dapat dihubungi jika kucing atau anjing sampai hilang. Ada beragam merek, desain warna, dan ukuran pet tag di e-commerce. Ada pula kalung GPS kucing dan anjing dari merek Jamay. Simaklah tips memilih dan rekomendasi pet tag yang bagus di artikel ini!
    Perawatan anjing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori