10 Rekomendasi Tangga Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tangga Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Anda mungkin sering menggunakan meja atau kursi saat ingin menggapai tempat yang tinggi seperti ketika memasang lampu atau mengambil barang di atas lemari. Namun, terkadang Anda dihadapkan dengan spot yang membutuhkan pijakan lebih tinggi. Pada kasus semacam ini, tangga lipat merupakan barang yang dapat menjadi solusi dari problem tersebut.

Kali ini, kami akan menjelaskan lebih jauh detail-detail yang menarik dari tangga lipat. Produsen peralatan rumah tangga seperti Krisbow, Ladder, dan Ikea, serta merek lainnya dengan harga dan fungsi yang bervariasi, akan kami perkenalkan disini. Pilihlah produk mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Daftar isi

Cara memilih tangga lipat

Tangga lipat dapat dimanfaatkan dengan baik untuk membantu kegiatan indoor maupun outdoor. Sayangnya, banyak orang belum mengerti tangga lipat seperti apa yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Untuk itu, pada bagian ini kami akan menjelaskan empat poin penting yang perlu diperhatikan ketika memilih tangga lipat supaya dapat memenuhi apa yang Anda butuhkan.

Periksalah keamanan tangga lipat dengan memperhatikan material dan sistem pengunciannya

Periksalah keamanan tangga lipat dengan memperhatikan material dan sistem pengunciannya

Tangga lipat adalah alat yang berfungsi untuk membantu seseorang menjangkau tempat yang tinggi. Sangat penting untuk memperhatikan keamanan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, Anda perlu menitik beratkan pilihan pada tangga lipat yang mempunyai sistem penguncian yang baik. Pilih juga barang yang dibuat dari material dan rangkaian yang kuat dan kokoh. Aspek-aspek tersebut sangat menunjang keamanan dari tangga lipat saat dinaiki.

Jatuh merupakan resiko yang mengintai saat Anda menaiki tangga lipat. Selain memperhatikan sistem penguncian, Anda juga perlu untuk memperhatikan kekokohan pijakan paling atas dari tangga tersebut. Dan ingat, selalu jaga keseimbangan saat berada di anak tangga yang paling atas!

Pilih berdasarkan jangkauan ketinggian yang Anda butuhkan

Pilih berdasarkan jangkauan ketinggian yang Anda butuhkan

Tangga lipat yang memiliki 2 sampai 3 anak tangga adalah jenis yang paling aman dan mudah untuk diseimbangkan saat dinaiki. Hal tersebut disebabkan oleh posisi anak tangga teratas yang tidak terlalu jauh dari anak tangga yang paling dasar. Umumnya, tangga lipat yang memiliki anak tangga 2 atau 3 buah tidak untuk menjangkau spot yang terlalu tinggi.

Jika Anda membutuhkan jangkauan untuk spot yang lebih tinggi, maka sebaiknya Anda memilih tangga lipat dengan jumlah anak tangga lebih dari 3. Pilihlah tangga lipat yang keamanannya terjamin saat dinaiki.

Pilih yang mudah dibawa berdasarkan berat dan ukurannya

Pilih yang mudah dibawa berdasarkan berat dan ukurannya

Akan menguntungkan jika Anda memilih tangga lipat yang mudah untuk dipindahkan ke mana saja, karena ini akan membantu pekerjaan Anda. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah tangga lipat yang ringan. Saat ini, banyak sekali tangga lipat yang terbuat dari aluminium, logam yang dikenal memiliki bobot lebih ringan dibanding material jenis lain.

Bersamaan dengan itu, periksa juga ukuran tangga lipat yang hendak Anda beli. Jika Anda membutuhkan tangga lipat untuk kebutuhan dalam ruangan, pilihlah ukuran yang tidak terlalu besar. Langkah ini juga dapat mencegah rusaknya dinding dan lantai rumah Anda.

Pilihlah tangga yang mudah untuk disimpan

Pilihlah tangga yang mudah untuk disimpan

Baik untuk kebutuhan di dalam maupun luar ruangan, sangat bijak untuk mempertimbangkan penyimpanan tangga lipat yang akan Anda beli. Kami sarankan Anda untuk membeli tangga lipat yang berdimensi kecil saat dalam keadaan dilipat. Terlebih lagi, jika ruang penyimpanan barang di rumah Anda terbatas.

Pilih tangga lipat yang memiliki bantalan pada kaki-kakinya

Pilih tangga lipat yang memiliki bantalan pada kaki-kakinya

Selain menjadikannya antilicin, keberadaan bantalan pada kaki-kaki tangga akan sangat berguna untuk menjaga lantai ruangan agar terhindar dari goresan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lantai akan tergores karena gesekan yang ditimbulkan tangga lipat saat dinaiki atau digeser.

Bagi Anda yang masih khawatir soal tergoresnya lantai rumah karena kaki-kaki tangga lipat, Anda dapat menggelar kain atau kertas untuk dijadikan alas dari pijakan tangga lipat. Ini akan meminimalkan kemungkinan lantai tergores.

10 Rekomendasi tangga lipat terbaik

Ada banyak kegiatan yang bisa dibantu lewat kehadiran tangga lipat, baik aktivitas indoor maupun outdoor. Secara khusus di bagian berikut, kami akan memperkenalkan 10 tangga lipat terbaik kepada Anda. Silahkan pilih barang yang sesuai dengan keperluan Anda.

10. Queen Tangga Lipat Aluminium

10. Queen Tangga Lipat Aluminium

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 385.000

Tangga lipat multifungsi buatan lokal

Produk berikut merupakan barang asli buatan Indonesia. Ia dapat difungsikan menjadi dua bentuk yakni stretch yang mencapai tinggi 3 meter juga model A yang tingginya 1,5 meter. Untuk bahan, tangga ini menggunakan aluminium hollow (tidak padat) dengan ketebalan 0,9 milimeter sehingga ringan dan mudah Anda bawa.

Dilengkapi dengan karet di kaki-kakinya, produk ini dijamin tidak akan membuat goresan di lantai rumah Anda saat digunakan. Namun, Anda perlu berhati-hati karena tangga ini hanya digunakan dengan tujuan untuk menopang tubuh sehingga tidak dapat digunakan untuk menahan beban dari benda-benda lain.

9. Krisbow 1 Step Stool

9. Krisbow 1 Step Stool

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 220.000

Minimalis, aman, dan praktis

Krisbow 1 Step Stool adalah tangga yang memiliki rangka kuat dengan bahan utama yang digunakan  adalah aluminium. Dengan bentuk yang kokoh dari segi material maupun konstruksi, tangga berikut sangat aman untuk dinaiki. Produk ini dapat Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari seperti meraih barang-barang yang disimpan di rak kamar atau ruangan lain yang cukup tinggi.

Selain itu, karena ukuran tangga stepping stone ini cukup kecil sehingga tidak memakan tempat penyimpanan. Anda dapat meletakannya di sela-sela lemari dapur, di bawah tempat tidur, atau di ruang penyimpanan alat.

8. Toraya Living SCH-60 WHCO

8. Toraya Living SCH-60 WHCO

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 420.000

Tangga stepping stone dengan desain unik

Toraya Living SCH-60 WHCO merupakan tangga lipat dengan desain yang cukup menarik. Saat dilipat, ia lebih mirip seperti kursi, terlebih lagi penggunaan material kayu mahoni sebagai bahan utamanya. Soal keamanan pijakan Anda tidak perlu khawatir, karena mahoni dikenal memiliki karakter yang kokoh dan tidak mudah rusak.

Tangga berikut memiliki tinggi 60 cm, ideal untuk memenuhi kebutuhan rumahan atau kantor seperti menjangkau dokumen yang diletakkan di tempat yang tinggi. Produk ini juga dapat menjadi pemanis ruangan karena bentuknya yang tidak biasa. Sayangnya, ketika dilipat tangga berikut memiliki dimensi layaknya sebuah kursi sehingga sedikit memakan tempat.

7. Ikea Bekvam 3 Step Ladder

7. Ikea Bekvam 3 Step Ladder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 859.900

Tangga kayu lipat stepping stone yang mudah disimpan

Produk dari Ikea ini terbuat dari kayu solid dengan konstruksi unik yang tentunya sangat aman untuk digunakan sebagai pijakan. Hanya ada satu pijakan saja yang tingginya mencapai 63 cm, sedangkan di sisi lain dimaksimalkan sebagai penyangga.

Ketika membeli produk ini, Anda akan mendapatkan pengait khusus yang akan memudahkan penyimpanan Ikea Bekvam untuk ditempelkan di dinding. Selain difungsikan sebagai pijakan untuk menggapai tempat-tempat tinggi, produk berikut juga dapat dijadikan kursi di dapur rumah Anda.

6. Glory Home Tangga Aluminium Lipat

6. Glory Home Tangga Aluminium Lipat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 875.000

Praktis dengan engsel otomatis

Tangga lipat yang satu ini menggunakan engsel otomatis sehingga mudah untuk digunakan. Anda tidak perlu lagi memasang kait untuk menyeimbangkan kaki-kakinya, tinggal buka saja bagian kakinya, dan tangga akan berdiri dengan sempurna. Selain praktis, sistem penguncian seperti ini juga aman bagi pengguna.

Material utama dari Glory Home merupakan logam yang sifatnya kuat, kokoh, dan antikarat. Tangga lipat yang berukuran 150 cm ini juga dilengkapi dengan sepatu pada tiap kaki-kakinya sehingga cukup aman untuk lantai rumah Anda saat dinaiki ataupun digeser.

5. Alca Scope Multi 260

5. Alca Scope Multi 260

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.800.000

Aman, ringan, mudah disimpan, dan kuat!

Alca Scope Multi 260 dirancang sangat apik. Dalam kondisi tertutup dimensinya cukup kecil sehingga efisien untuk urusan penyimpanan. Namun, ketika dibuka dan difungsikan sebagai tangga, produk berikut dapat dibentuk lurus dengan tinggi mencapai 2,6 meter, dan bentuk A dengan tinggi 1,3 meter.

Dipilihnya aluminium alloy sebagai bahan utama menjadikan tangga berikut kuat, ringan, dan mudah untuk dipindahkan. Untuk sistem penguncian, tangga lipat berikut dilengkapi dengan sistem triple lock hinge yang memberikan keamanan pada penggunanya. Produk ini bahkan bisa digunakan di permukaan yang tidak rata!

4. Werner Ladder Step 6 FT/1.8 MTR Fiber Green

4. Werner Ladder Step 6 FT/1.8 MTR Fiber Green

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.700.000

Tangga lipat untuk keperluan konstruksi

Membutuhkan tangga lipat untuk pekerjaan konstruksi? Mungkin Werner Ladder Step 1.8 MTR dapat menjadi jawabannya. Tangga lipat dengan tinggi 1,8 meter ini memiliki papan pijakan yang cukup lebar sehingga Anda dapat menjadikannya tempat untuk meletakkan alat-alat pertukangan maupun kaleng cat.

Tangga ini terbuat dari serat fiber yang ringan (hanya 7 kg) sehingga mudah untuk dipindahkan ke manapun. Soal keamanan, Werner Ladder Step 1.8 MTR ditunjang dengan kait yang kokoh serta pijakannya yang didesain antiselip. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terpeleset saat sedang mengambil barang dari tempat yang tinggi.

3. Liveo LV-604

3. Liveo LV-604

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.565.600

Dapat ditekuk sesuai dengan kebutuhan

Liveo LV-604 merupakan tangga multiguna yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ya, bentuknya bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Mau stretch, stand, atau scaffold, semua bisa. Produk ini dapat diatur ketinggiannya mulai dari 1,24 meter, 2,25 meter, hingga 4,58 meter. Anda dapat menggunakannya untuk sekedar mengambil barang di atas lemari maupun untuk membersihkan langit-langit rumah yang kotor.

Material yang digunakan untuk membuat tangga berikut adalah logam aluminium, dengan kemampuan menahan beban hingga 120 kilogram. Bagian kakinya juga telah dipasang karet sehingga Anda tidak perlu khawatir tergelincir saat digunakan.

2. Ladder SF206-XT

2. Ladder SF206-XT

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.286.900

Lisensi pejualan Eropa, punya papan pijakan lebar

Jika Anda membutuhkan tangga lipat yang memiliki papan pijakan lebar yang memiliki tinggi hingga 160 cm, rasanya Anda perlu menjatuhkan pilihan pada Ladder SF206-XT. Sangat menunjang untuk kebutuhan dalam atau luar ruangan, jadi Anda dapat menggunakannya sebagai pijakan saat mengecat tembok maupun ketika mencuci mobil di garasi.

Tangga yang memiliki lisensi penjualan di pasar Eropa ini terbuat dari logam aluminium yang sanggup menahan beban hingga 150 kilogram. Sayangnya, Anda perlu berpikir masalah penyimpanannya karena saat dilipat tangga berikut masih berukuran cukup besar.

1. Krisbow Ladder Step Slim 1.1 MTR 5 Step

1. Krisbow Ladder Step Slim 1.1 MTR 5 Step

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 960.000

Tangga untuk keperluan indoor yang ringan dan mudah disimpan

Krisbow Ladder Step Slim 1.1 MTR 5 Step merupakan tangga lipat yang terbuat dari bahan aluminium. Meskipun tingginya mencapai 110 cm, bobotnya tidak sampai 3 kilogram dan mampu menopang beban sampai 100 kg. Saat terbuka, tangga lipat berikut punya bentuk seperti kursi lipat. Jadi, bisa dikatakan konstruksinya stabil untuk dinaiki sebagai pijakan.

Tangga lipat ini memiliki 5 pijakan, masing-masing permukaan anak tangga tersebut didesain agar antiselip. Ketika dilipat pun tangga berikut mempunyai dimensi tipis sehingga mudah penyimpanannya. Sangat pas untuk Anda yang mencari pijakan untuk menjangkau tempat tinggi dalam ruangan, misalnya mengganti lampu.

Bentuk-bentuk tangga lipat menurut kegunaannya

Perlu diketahui bahwa tangga lipat memiliki beberapa bentuk. Masing-masing bentuk dapat memiliki karakter tersendiri yang dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan tertentu. Untuk lebih lengkapnya, ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu penjelasan berikut ini.

Bentuk scaffolding, cocok untuk membersihkan jendela dan cuci mobil

Bentuk scaffolding, cocok untuk membersihkan jendela dan cuci mobil

Jika sebuah tangga lipat memiliki papan pijakan yang lebar, dapat dipastikan tangga tersebut masuk dalam kategori scaffolding. Dengan papan pijakan seperti ini, mobilitas pengguna di atas tangga akan makin leluasa. Tangga lipat jenis ini cocok untuk digunakan keperluan outdoor ataupun permukaan yang tidak rata, namun biasanya membutuhkan ruang lebih untuk penyimpanan.

Kami merekomendasikan tangga lipat scaffolding untuk keperluan membersihkan kaca, mengecat, atau untuk mencuci mobil. Sebelum membeli, sesuaikan dimensi tangga dengan tempat penyimpanan yang Anda miliki.

Stepping stone untuk mengambil barang di tempat tinggi dan membantu mobilitas anak

Stepping stone untuk mengambil barang di tempat tinggi dan membantu mobilitas anak

Tangga lipat jenis ini memiliki tinggi kurang dari 80 cm. Kehadirannya dapat digunakan untuk banyak kebutuhan dalam ruangan. Sebagai pijakan, tangga berikut memiliki karakter yang stabil. Cocok untuk digunakan saat menjangkau barang-barang yang diletakkan di rak-rak tinggi.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya sebagai bantuan pijakan untuk anak. Misalnya ketika si kecil butuh untuk mencuci tangannya di wastafel. Yang perlu digaris bawahi adalah diperhatikan tempat diletakkannya tangga berikut. Tentu keselamatan anak menjadi hal yang tidak bisa disepelekan bukan?

Stretch, menjangkau tempat tinggi yang tidak dapat dijangkau tangga lipat biasa

Stretch, menjangkau tempat tinggi yang tidak dapat dijangkau tangga lipat biasa

Ketika tangga lipat biasa tidak dapat menjangkau spot tinggi, disitulah momen pas untuk menggunakan tangga stretch. Tinggi dari tangga stretch berkisar antara 2 meter hingga 10 meter. Kebanyakan tangga seperti ini digunakan untuk keperluan outdoor. Karena model seperti ini kurang baik untuk masalah keseimbangan, Anda perlu lebih berhati-hati ketika menaikinya.

Tripod, merawat tanaman tinggi

Tripod, merawat tanaman tinggi

Sama seperti halnya tripod kamera, tangga berikut memiliki kaki berjumlah 3. Konstruksi tangga semacam ini membuatnya stabil. Menariknya, satu kaki dari tangga berikut bisa disesuaikan tinggi dan pendeknya. Jadi, kehadiran tangga yang seperti ini cukup membantu Anda yang memiliki hobi berkebun dan punya kewajiban untuk merawat tanaman-tanaman yang tinggi.

Kesimpulan

Kehadiran tangga lipat sangatlah membantu untuk beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan. Setelah menyimak penjelasan di atas, kami berharap Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Akhir kata, selamat memilih!