1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Perlengkapan outdoor
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tangga Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tangga Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tangga Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tangga Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tangga Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tangga Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tangga Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Anda bisa menggunakan meja atau kursi ketika mengambil barang di atas lemari. Namun, kondisi ini tak lagi berlaku jika Anda harus mengambil barang di tempat yang tinggi. Satu-satunya harapan Anda adalah tangga lipat yang dapat dibongkar-pasang sesuai kebutuhan.


Karena itu, kami akan menjelaskan lebih jauh cara memilih tangga lipat terbaik. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek tangga lipat yang bagus, seperti IKEA, Krisbow, dan lainnya. Supaya Anda tidak kebingungan saat memilih tangga lipat, simak pembahasan di bawah ini sampai tuntas, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih tangga lipat

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika memilih tangga yang bisa dilipat. Hal tersebut telah disusun menjadi beberapa poin supaya mudah dipahami. Simak tiap-tiap poinnya dengan saksama, ya!

① Pelajari bentuk tangga lipat dan fungsinya terlebih dahulu

Tangga lipat terdiri dari beberapa bentuk, seperti scaffolding, step ladder, stretch, dan tripod. Macam-macam tangga lipat ini sebaiknya diketahui agar Anda dapat memanfaatkan tangga lipat dengan lebih maksimal. Di samping itu, setiap bentuk tangga lipat memiliki fungsi yang berbeda.

Scaffolding, biasanya dilengkai pijakan yang lebar

Scaffolding, biasanya dilengkai pijakan yang lebar

Karakteristik utama dari jenis tangga lipat scaffolding adalah adanya pijakan yang lebar serta mudah digeser. Beberapa tangga lipat jenis scaffolding juga dapat diatur panjang kakinya. Alhasil, tangga dapat digunakan di area luar ruangan dengan medan yang tak rata. Anda yang mencari tangga lipat untuk membantu proses membersihkan jendela atau atap mobil bisa mempertimbangkan tangga lipat jenis ini.

Step ladder, ukurannya tidak terlalu tinggi

Step ladder, ukurannya tidak terlalu tinggi

Tinggi tangga lipat jenis ini biasanya tidak sampai 80 cm serta dapat digunakan untuk banyak aktivitas dalam ruangan. Nah, apabila Anda mencari tangga lipat portabel untuk digunakan di dapur, step ladder bisa jadi pilihan. Karakteristik pijakan tangga ini stabil sehingga cocok digunakan untuk menjangkau barang yang diletakkan di rak-rak tinggi.


Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai alat bantuan pijakan untuk si kecil. Misalnya, saat anak-anak mau menggunakan tangga untuk mencuci tangan di wastafel atau mengambil sesuatu di meja. Namun, Anda tetap harus memperhatikannya supaya keselamatan anak-anak tetap terjaga.

Stretch, solusi untuk menjangkau tempat tinggi

Stretch, solusi untuk menjangkau tempat tinggi

Ketika tangga lipat biasa tidak dapat menjangkau spot tinggi, di situlah momen yang tepat untuk memakai tangga tipe stretch. Tinggi tangga stretch sekitar 2 meter hingga 10 meter dan biasanya digunakan untuk keperluan outdoor


Namun, Anda perlu lebih berhati-hati saat menaikinya karena tangga model ini memiliki kekurangan yaitu masalah keseimbangan. Anda bisa memakainya saat terdesak, tetapi pastikan ada orang lain yang memegangi bagian kaki tangga.

Tripod, efektif untuk memangkas pohon

Tripod, efektif untuk memangkas pohon

Tangga lipat jenis ini memiliki tiga kaki yang dapat menjaga kestabilan tangga. Selain itu, ada juga tangga lipat yang mirip tangga jenis tripod, tetapi penyangganya terdiri dari dua kaki. Bentuknya mirip seperti tangga scaffolding, tetapi Anda hanya bisa menggunakan satu sisi. 


Tangga jenis ini cocok untuk Anda yang memiliki hobi berkebun atau ingin memangkas dahan pohon yang tinggi di taman. Anda yang sering kesulitan memanjat pohon ketika memetik buah juga bisa menggunakan tangga jenis ini.

② Periksalah faktor keamanan tangga lipat

Periksalah faktor keamanan tangga lipat

Faktor keamanan merupakan salah satu hal penting. Karena itu, setiap tangga lipat biasanya telah dilengkapi shelf brackets atau siku lipat. Ketika Anda membuka tangga lipat dan menguncinya dengan shelf brackets, risiko jatuh karena tangga lipat terbuka sendiri sangatlah rendah. Sementara itu, siku lipat merupakan sistem pengunci agar tangga tidak lepas saat diinjak.


Hal lain yang biasanya diterapkan pada tangga lipat adalah antiselip. Fitur ini menjaga kaki tangga agar tidak mudah bergeser ketika digunakan. Di pihak lain, karet antiselip juga akan melindungi lantai dari goresan yang disebabkan oleh kaki tangga.


Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan faktor keamanan dengan memperhatikan cara penggunaan sesuai dengan prosedurnya. Saat berada di pijakan teratas ataupun di anak tangga, pasti risiko untuk jatuh tetaplah ada. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, pastikan sistem penguncinya terpasang dengan baik. Jangan lupa untuk menyandarkan tubuh Anda di anak tangga agar keseimbangan tangga tetap stabil.

③ Sesuaikanlah dengan tinggi ruang dan jangkauan

Sesuaikanlah dengan tinggi ruang dan jangkauan

Keseimbangan tangga bisa saja goyah ketika Anda menginjak anak tangga yang paling atas. Untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya hanya menaiki tangga hingga dua atau tiga pijakan teratas. Dengan demikian, Anda dapat menyandarkan tubuh ke tangga lipat saat harus menjangkau atap ruangan.


Memilih tinggi tangga mungkin agak merepotkan. Karena itu, kami membuat rumus sederhana yang bisa digunakan untuk memilih tinggi tangga ideal: Tinggi ruangan - tinggi Anda saat menggunakan tangga lipat + tinggi anak tangga untuk menopang tubuh = tinggi papan pijakan paling atas

④ Pilihlah ukuran dan berat tangga yang mudah dibawa

Pilihlah ukuran dan berat tangga yang mudah dibawa

Akhir-akhir ini banyak tangga lipat yang terbuat dari bahan ringan, contohnya aluminium, tetapi ada juga tangga lipat besi. Dalam hal ini, kami menyarankan agar Anda memilih tangga lipat yang mudah dipindahkan.


Selain itu, periksa juga ukuran tangga lipat yang akan dibeli. Apalagi kalau Anda akan membelinya untuk indoor. Apabila membeli tangga lipat dengan ukuran terlalu besar, tangga dapat merusak dinding atau lantai saat membawanya.

⑤ Carilah yang mudah disimpan

Carilah yang mudah disimpan

Anda pasti akan kecewa jika tangga lipat yang dibeli sulit dilipat dan disimpan. Jika Anda sering menggunakannya, ada baiknya untuk mempertimbangkan tangga lipat yang berdimensi kecil saat dilipat. Anda juga dapat mempertimbangkan tangga lipat compact yang bisa diselipkan di celah dinding. Jadi, Anda tak harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk merapikan tangga lipat yang sudah digunakan.

10 Rekomendasi tangga lipat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tangga lipat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Toraya Living

Step Chair

Toraya Living Step Chair 1枚目

Dijadikan tangga lipat bisa, jadi kursi pun oke!

2

Goto

Aluminium Teleskopik Single Ladder

Goto Aluminium Teleskopik Single Ladder 1枚目

Semua anak tangga pada produk ini didesain antiselip

3

Krisbow

Tangga Aluminium 1 Step

Krisbow Tangga Aluminium 1 Step 1枚目

Gampang disimpan dan tak memakan tempat

4

Holder Household Ladder

 Holder Household Ladder 1枚目

Tersedia dalam empat pilihan pijakan yang lebar

5

Blackfoot

Multi Purpose Ladder

Blackfoot Multi Purpose Ladder 1枚目

Multifungsi, satu tangga bisa jadi berbagai bentuk!

6

IKEA

BEKVÄM

IKEA BEKVÄM 1枚目

Bisa digantung, cocok untuk disimpan di ruangan minimalis

7

Prima Unggul Jaya Sentosa

Liveo Magic Telescopic

Prima Unggul Jaya Sentosa Liveo Magic Telescopic 1枚目

Tangga teleskopik double yang bisa jadi tangga stretch

8

Tangga Scaffolding

 Tangga Scaffolding 1枚目

Pilihan tepat untuk Anda yang ingin mengecat

9

Krisbow

Ladder Adjustable Aluminium

Krisbow Ladder Adjustable Aluminium 1枚目

Bekerja bebas rempong dengan adanya engsel otomatis

10

Werner

Fiberglass Step Ladder

Werner Fiberglass Step Ladder  1枚目

Tangga praktis yang tidak menghantarkan listrik!

Perincian produk
Close
No.1

Toraya LivingStep ChairSCH-60 WHCO

Mulai dari Rp600.000,00

Dijadikan tangga lipat bisa, jadi kursi pun oke!

Toraya Living SCH-60 WHCO merupakan tangga lipat dengan desain yang menarik. Di pihak lain, produk ini juga dapat dipakai sebagai pemanis ruangan karena bentuknya yang tidak biasa. Anda tidak perlu khawatir soal keamanan karena pijakan mahoninya lebar dan juga tidak mudah rusak.


Tangga portable minimalis ini memiliki dimensi layaknya sebuah kursi atau stool biasa sehingga sedikit memakan tempat ketika dilipat. Jika Anda tidak memiliki masalah keterbatasan ruang, tangga berbentuk kursi ini bisa dipakai sebagai kursi atau sekadar hiasan ruangan.

No.2

GotoAluminium Teleskopik Single Ladder

Mulai dari Rp1.430.000,00

Semua anak tangga pada produk ini didesain antiselip

Anda yang sangat memperhatikan kualitas produk tidak perlu khawatir jika membeli tangga teleskopik single merek Goto ini. Produk ini telah mengantongi sertifikat EN 131. Standardisasi ini merupakan bukti bahwa tangga keamanan tangga telah teruji oleh lembaga khusus.


Sertifikat tersebut juga menjadi tanda bahwa tangga bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga hingga profesional. Setiap anak tangganya juga dilengkapi self lock dan dilengkapi pijakan antiselip. Selain itu, jarak anak tangga lipatnya juga tidak terlalu jauh (29,5 cm) sehingga tidak akan menyulitkan Anda saat menaikinya.

No.3

KrisbowTangga Aluminium 1 Step10036935

Mulai dari Rp179.000,00

Gampang disimpan dan tak memakan tempat

Tangga portable ini memiliki ukuran yang kecil, tetapi rangkanya kuat. Jadi, produk ini cocok sekali untuk Anda yang sering kesulitan mengambil barang di atas rak. Selain itu, tangga lipat ini tidak memakan tempat.


Anda dapat meletakkannya di sela-sela lemari dapur, di bawah tempat tidur, atau di ruang penyimpanan alat. Harga tangga lipat aluminium Krisbow yang tersedia dalam beberapa pilihan warna ini juga terjangkau, lho!

No.4

Tersedia dalam empat pilihan pijakan yang lebar

Pertimbangkan produk ini jika Anda mencari tangga besi lipat dengan area pijakan yang lebar. Kegiatan mengganti lampu pasti jadi lebih mudah jika menggunakan produk ini. Supaya Anda bisa menjaga keseimbangan ketika menggunakan tangga, bagian atasnya dilengkapi handle yang dilapisi busa.


Ukuran tangga lipat besi ini bervariasi (tergantung jumlah pijakan). Jika Anda hanya memerlukan tangga untuk ambil barang, pilih saja tangga lipat pendek dengan dua pijakan. Namun, apabila Anda berencana menggunakannya untuk menjangkau area yang tinggi, pilihlah produk dengan lima pijakan.

No.5

BlackfootMulti Purpose Ladder

Mulai dari Rp1.028.888,00

Multifungsi, satu tangga bisa jadi berbagai bentuk!

Blackfoot Multi Purpose Ladder merupakan tangga multiguna yang bentuknya bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. Anda bisa mengubahnya menjadi bentuk stretch, scaffolding, dan bentuk lainnya karena tangga diklaim memiliki tiga belas kombinasi.  


Anda dapat menggunakan tangga lipat Blackfoot ini untuk mengambil barang di atas lemari tinggi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk menjangkau area lain yang lebih tinggi, contohnya langit-langit. Anda yang sering menggunakan tangga di dalam dan luar ruangan sepertinya akan menyukai produk ini.

No.6

Bisa digantung, cocok untuk disimpan di ruangan minimalis

Spesial untuk Anda yang memiliki rumah minimalis, sepertinya harus segera banting setir ke tangga lipat IKEA, nih! Tangga lipat  ini dilengkapi pengait yang memudahkan Anda untuk menempelkan tangga ke dinding. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan area rumah yang mungil. 


Tambahan lagi, steger lipat ini terbuat dari kayu beech solid dengan konstruksi yang tak biasa. Khusus produk berwarna krem akan berubah warna menjadi rose brown saat ditempa cahaya matahari. Kesan earthy-nya cukup kental sehingga ruangan akan terasa lebih hangat.

No.7

Prima Unggul Jaya SentosaLiveo Magic TelescopicLV222

Mulai dari Rp2.598.000,00

Tangga teleskopik double yang bisa jadi tangga stretch

Tangga yang tidak stabil sering menyebabkan Anda was-was saat menggunakannya? Kalau begitu, cobalah Anda lirik produk ini. Di bagian bawahnya terdapat bottom safety bar yang antiselip dan dapat menjaga kestabilan tangga. Sayangnya produk ini tidak dilengkapi self bracket. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena Liveo melengkapinya dengan handle lock


Tangga teleskopik ini juga dilengkapi dengan lock system supaya anak tangga tidak turun saat diinjak. Tambahan lagi, jika tangga tidak bisa menjangkau area yang dituju, Anda tinggal membuka kedua kakinya seperti tangga stretch. Tangga teleskopik double fungsi ini praktis, kan?

No.8

Tangga ScaffoldingDLSL101-7

Mulai dari Rp4.453.000,00

Pilihan tepat untuk Anda yang ingin mengecat

Mengecat area dinding yang tinggi memang terasa merepotkan karena Anda harus menaiki tangga sambil memegang ember cat. Karena itu, kami merekomendasikan tangga lipat aluminium yang tingginya hampir 2 meter ini.


Kedua kakinya bisa dilepas dan dipasangi kayu di tengahnya. Hal ini memungkinkan Anda menjangkau area yang lebih luas. Anda pun tidak perlu sering-sering naik turun tangga hanya untuk menjangkau sisi lain dinding yang akan dicat.

No.9

KrisbowLadder Adjustable AluminiumKW0100607

Mulai dari Rp3.207.600,00

Bekerja bebas rempong dengan adanya engsel otomatis

Tangga lipat yang satu ini menggunakan engsel otomatis. Anda cukup membuka saja bagian kaki, kemudian tangga akan berdiri sempurna. Jadi, Anda tidak perlu lagi bongkar-pasang setiap kali akan memakainya.

Tangga lipat Krisbow ini dilengkapi engsel lagi di kedua sisinya. Dengan demikian, tangga bisa dilipat menjadi lebih kecil saat tidak digunakan. Anda yang memerlukan tangga berukuran panjang, tetapi hanya memiliki tempat penyimpanan yang minim tidak perlu khawatir lagi, deh!

No.10

WernerFiberglass Step Ladder 5906

Mulai dari Rp1.498.800,00

Tangga praktis yang tidak menghantarkan listrik!

Anda membutuhkan tangga lipat untuk pekerjaan konstruksi? Tangga merek Werner yang terbuat dari serat fiber dan tidak akan menghantarkan listrik ini sepertinya bisa dijadikan pilihan. Jadi, keselamatan Anda ketika mengerjakan konstruksi yang berhubungan dengan sumber listrik akan terjamin. 


Di pihak lain, bagian atas tangga lipat ini dilengkapi HolsterTop. Area ini didesain supaya Anda bisa meletakkan berbagai perkakas di atas tangga tanpa khawatir jatuh. Anda tidak akan kerepotan lagi ketika harus menggunakan obeng atau tang saat menaiki tangga.

Baca juga rekomendasi tangga dan produk perkakas rumah tangga lainnya di sini

Kesimpulan

Kehadiran tangga lipat sangatlah penting untuk memudahkan aktivitas di dalam dan di luar ruangan. Setelah menyimak penjelasan di atas, kami harap Anda dapat menemukan tangga lipat yang sesuai kebutuhan. 


Sebelum itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan bentuknya terlebih dahulu. Perhatikan juga faktor keamanan, bahan, dan kemudahan penyimpanannya. Dengan demikian, tangga lipatnya dapat digunakan secara maksimal. Nah, sekarang adalah giliran Anda untuk menentukan pilihan. Selamat memilih dan berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer