10 Rekomendasi Kulkas Terbaik yang Berkapasitas 200 Liter (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kulkas Terbaik yang Berkapasitas 200 Liter (Terbaru Tahun 2018)

Kebanyakan orang memakai kulkas berkapasitas minimal 200 liter apabila tinggal sendiri. Sedangkan untuk keluarga kecil yang tidak setiap hari makan di rumah, biasanya memakai kulkas berkapasitas di atas 250 liter. Banyaknya merek yang beredar seperti Sharp, Toshiba, LG, Samsung, dan lain sebagainya mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan.

Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kulkas serta memberikan 10 rekomendasi kulkas terbaik yang berkapasitas 200 liter. Terdapat bermacam-macam produk dengan perbedaan fitur, spesifikasi, dan harga dalam daftar rekomendasi ini. Pilihlah yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Daftar isi

Cara memilih kulkas yang berkapasitas 200 liter

Bila Anda benar-benar tinggal sendirian dan jarang makan di rumah, kapasitas kulkas yang mencapai 200 liter bisa saja terasa agak berlebihan. Akan tetapi, bila Anda tinggal bersama dengan keluarga, kulkas dengan kapasitas tepat 200 liter akan terasa terlalu pas-pasan. Oleh karena itu, Anda harus memilih kulkas dengan kapasitas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di rumah Anda.

Pilih kapasitas yang paling sesuai

Sebelum membeli kulkas, Anda harus memilih produk yang paling sesuai dengan kondisi, gaya hidup, dan kebutuhan Anda.

Kapasitas di bawah 250 liter

Kapasitas di bawah 250 liter

Meskipun mungkin kapasitasnya terasa agak besar, bila Anda tinggal sendirian dan selalu memasak makanan Anda sendiri setiap hari, kulkas dengan kapasitas 200-250 liter bisa dipertimbangkan. Anda bisa menyimpan banyak bahan makanan untuk jangka panjang menggunakan kulkas dengan kapasitas sebesar ini. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau dan tidak akan membuat kantong Anda bolong.

Bila Anda tinggal berdua saja dan tidak setiap hari memasak makanan di rumah, kulkas dengan kapasitas ini juga cocok untuk Anda gunakan. Namun, bila Anda berencana memasak setiap hari, ada baiknya Anda mempertimbangkan kulkas dengan kapasitas yang lebih besar.

Kapasitas di atas 250 liter

Kapasitas di atas 250 liter

Bila Anda tinggal bersama keluarga dan sering memasak untuk Anda dan keluarga, kulkas dengan kapasitas lebih dari 250 liter adalah pilihan yang cocok. Apalagi, kulkas dengan kapasitas lebih dari 250 liter biasanya juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan sayur, buah, serta freezer yang berukuran lebih besar.

Selain itu, bila Anda dan pasangan Anda sudah cukup berumur dan tidak bisa terlalu sering berbelanja keluar, Anda juga bisa menggunakan kulkas dengan kapasitas lebih dari 250 liter untuk menyimpan lebih banyak persediaan makanan dan minuman.

Sesuaikan ukuran kulkas dengan lokasi penempatannya

Sesuaikan ukuran kulkas dengan lokasi penempatannya

Kulkas membutuhkan area tersendiri untuk dapat Anda tempatkan di dapur. Oleh karena itu, Anda harus memilih kulkas sesuai dengan lokasi penempatannya.

Apakah kulkas akan Anda tempatkan di dalam dapur, atau dekat pintu masuk ke dapur? Luas sempitnya lokasi penempatan mengharuskan Anda mempertimbangkan dengan baik dimensi kulkas pilihan Anda.

Anda dapat memeriksa dimensi kulkas melalui katalog yang tersedia. Bila Anda hendak membeli kulkas melalui online shop, pastikan Anda juga memeriksa dimensinya, ya!

Perhatikan bagian pintunya

Saat Anda membeli kulkas berkapasitas 200 liter, Anda juga harus memperhatikan pintu kulkas dan juga drawer di dalamnya.

Bagaimana cara membuka pintunya?

Bagaimana cara membuka pintunya?

Bila space penempatan kulkas terbatas dan Anda sudah terlanjur membeli kulkas tanpa memperhitungkan cara membuka pintu kulkasnya, tentu akan ada perabotan yang harus Anda pindahkan agar pintu kulkasnya bisa terbuka dengan mudah dan lancar. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan cara membuka pintu kulkasnya. Umumnya pintu kulkas dibuka ke arah kanan. Meskipun agak jarang di Indonesia, ada juga pintu kulkas yang dibuka ke arah kiri. Selain itu, ada juga kulkas yang dapat Anda buka ke kanan maupun ke kiri.

Berapa banyak jumlah pintunya?

Berapa banyak jumlah pintunya?

Kulkas dengan kapasitas 200 liter umumnya memiliki 2 pintu. Ada pula kulkas berkapasitas sebesar ini yang memiliki 3 pintu, tetapi mungkin cukup jarang ditemukan di pasaran Indonesia. Bila Anda suka menyimpan banyak makanan atau minuman di freezer, tentu Anda harus memperhitungkan jumlah partisi di dalam freezer-nya. Selain itu, ada juga kulkas yang pintu freezer-nya ditempatkan di bawah, lho! Jadi, pilihlah kulkas dengan jumlah pintu sesuai kebutuhan dan selera Anda.

Ketahui daya listrik yang dibutuhkan

Ketahui daya listrik yang dibutuhkan

Belakangan ini, produk rumah tangga yang hemat listrik lebih disukai. Anda harus memperhitungkan biaya listrik yang akan dikeluarkan saat hendak memilih kulkas. Bila harga beli kulkas murah dan konsumsi listriknya tinggi, Anda hanya akan diuntungkan dalam jangka pendek, tetapi rugi dalam jangka panjang karena biaya listrik yang besar. Sebaliknya, bila Anda membeli kulkas dengan harga lebih mahal karena rendah daya listrik, Anda diuntungkan dalam jangka panjang dengan biaya listrik yang murah. Oleh karena itu, perkirakanlah terlebih dahulu durasi pemakaian kulkas serta total biaya yang akan dikeluarkan, termasuk biaya listriknya.

Pastikan kulkas tidak menghasilkan suara yang mengganggu

Pastikan kulkas tidak menghasilkan suara yang mengganggu

Saat ini, sudah ada kulkas dengan kapasitas 200 liter yang menggunakan inverter agar semakin hemat listrik sekaligus memperkecil suara kompresor. Oleh karena itu, agar semakin nyaman saat dioperasikan, Anda tetap harus memastikan kulkas yang Anda beli tidak menghasilkan suara yang mengganggu, ya!

10 Rekomendasi kulkas terbaik yang berkapasitas 200 liter

Kini, kami akan memberikan 10 rekomendasi kulkas dengan kapasitas 200 liter. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Polytron PRN 211

10. Polytron PRN 211

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.465.000

Sistem automatic defrost yang praktis

Bila Anda tinggal sendirian atau berdua saja, dan tidak suka direpotkan karena harus melakukan defrost, Anda bisa mempertimbangkan produk ini. Kulkas ini sudah dilengkapi dengan automatic defrost yang sangat fungsional. Sistemnya bekerja secara otomatis dalam mencairkan es di bagian freezer agar tidak ada tumpukan bunga es.

Selain itu, bagian freezer-nya juga sudah dilengkapi dengan ice twist tray, tentu Anda akan semakin mudah mengambil es batu dari freezer. Kemudian, handle pada bagian pintu kulkas ini didesain menonjol keluar agar semakin mudah Anda genggam. Dengan kapasitas 210 liter, Anda bisa menyimpan cukup banyak makanan dan minuman menggunakan kulkas ini.

9. Panasonic NR-B269S

9. Panasonic NR-B269S

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.295.000

Tampil kuat dan elegan dengan lapisan kaca anti gores

Kulkas berwarna hitam ini terlihat semakin elegan dengan lapisan kaca pada bagian pintunya. Lapisan kaca ini berfungsi untuk melindungi dari goresan dan mempermudah Anda membersihkan pintunya. Tidak hanya eksteriornya, interior kulkas ini juga dibuat dari material yang kuat, terbukti tray-nya dapat menahan beban yang Anda tempatkan hingga 170 kg!

Menggunakan Semi Inverter Technology, kulkas ini mampu menghemat listrik 26% dengan daya listrik 97 watt. Berkat fitur Twin Jumbo-nya Anda bisa menyimpan makanan hingga 53 liter di freezer, serta 17 liter lagi di tray sayur dan buah. Bila Anda rutin menyimpan makanan dalam freezer serta tray sayur dan buah, produk ini bisa dimasukkan dalam daftar belanja Anda.

8. Hitachi R-H24PGD4SLS

8. Hitachi R-H24PGD4SLS

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.849.000

Kombinasi modern Nano Titanium dan inverter

Dengan kapasitas 203 liter, produk ini cocok untuk Anda yang tinggal sendirian, atau tinggal berdua dan hanya memasak makanan tidak lebih dari 2 kali seminggu. Makanan atau minuman yang Anda simpan tidak akan mudah berbau dengan adanya teknologi Nano Titanium Technology. Selain itu, kulkas ini cukup hemat listrik dan low noise dengan adanya inverter.

Tempered glass tray-nya juga kuat untuk menyimpan makanan dan minuman Anda. Selain itu, lampu LED di bagian dalamnya juga memudahkan Anda untuk melihat seluruh isi kulkas. Dengan dimensi sebesar 65 x 54 x 146 cm, kulkas ini tidak terlalu lebar dan bisa Anda tempatkan di area dapur maupun dekat pintu masuk dapur.

7. Aqua AQR-D270

7. Aqua AQR-D270

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.388.000

Fitur-fitur kekinian dengan harga ekonomis

Bila Anda membutuhkan kulkas modern tetapi dana terbatas, produk ini adalah salah satu opsi. Menggunakan Full Insulation Technology, kulkas ini mampu mendinginkan secara cepat. Hawa dingin tersebut akan menyebar secara merata pada makanan dan minuman yang Anda simpan dengan fitur multi air flow.

Tidak perlu khawatir dengan bakteri maupun bau tak sedap karena kulkas ini dilengkapi dengan Nano Ferrite Double Filter System & Deodorizer. Freezer dan vegetable box-nya berukuran besar, cocok untuk Anda yang suka menyimpan makanan beku, es krim, sayur, maupun buah. Dengan harga sangat terjangkau, produk ini cocok dimasukkan dalam wishlist Anda.

6. Sharp SJ-315GC

6. Sharp SJ-315GC

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.700.000

Semakin fungsional dengan extra big freezer

Termasuk dalam produk Kirei Series, produk ini hadir dengan desain baru pada bagian handle dan pintu yang membuat kulkas ini mudah Anda buka dan terlihat semakin modern. Dengan kapasitas mencapai 256 liter, Anda bisa menempatkan banyak makanan dan minuman dalam kulkas ini. Tray-nya terbuat dari tempered glass sehingga cukup kuat dan tidak mudah pecah.

Dengan kapasitas freezer mencapai 68 liter, produk ini sangat cocok untuk Anda yang rutin menyimpan makanan beku seperti daging, nugget, atau sosis. Anda juga tidak perlu khawatir dengan pemadaman listrik karena kulkas ini mampu mempertahankan hawa dingin hingga 8 jam. Freezer-nya juga sudah dilengkapi ice twist untuk memudahkan Anda mengambil es batu, lho!

5. LG GN-B200SQBB

5. LG GN-B200SQBB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.325.000

Hemat listrik dengan Smart Inverter Technology

Dilengkapi dengan Smart Inverter Compressor, kompresor kulkas ini bekerja secara efisien sehingga tidak bising dan daya listriknya menjadi sangat hemat, yakni hanya 70 watt! Meski rendah daya listrik, berkat multi air flow-nya kulkas ini tetap mampu mendinginkan secara merata. Bila Anda menyukai kulkas hemat listrik, produk ini adalah salah satu opsi terbaik.

Anda bisa menempatkan berbagai makanan dan minuman di dalam kulkas berkapasitas 225 liter ini. Fitur Moist Balance Crisper pada kulkas ini akan menjaga makanan yang Anda simpan tetap memiliki kelembapan optimal. Ditambah dengan fitur lampu LED, kulkas ini menjadi semakin fungsional, bukan?

4. Electrolux ETB2600MG

4. Electrolux ETB2600MG

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.050.333

Bahan makanan tetap segar dan tidak berbau

Bila Anda rutin menyimpan banyak bahan makanan dan ingin bahan makanan Anda tetap segar dan tidak berbau, produk ini bisa dijadikan pilihan. Dengan kapasitas bersih 276 liter, Anda dapat menyimpan bahan makanan untuk 2-3 orang. Anda juga bisa menyimpan bahan makanan untuk keluarga sejumlah 4 orang bila Anda hanya memasak 1-2 kali seminggu.

Bahan makanan Anda akan tetap segar dan lembab secara merata dengan adanya fitur MarketFresh Crisper dan 360 AirCool. Tidak perlu khawatir dengan bau tak sedap maupun bakteri karena kulkas ini sudah dilengkapi dengan deodorizer. Selain itukonsumsi listrik kulkas ini juga cukup rendah karena NutriFresh™ Inverter-nya bekerja efektif dalam menjaga suhu tetap dingin.

3. Sanken SK-V231A-CB

3. Sanken SK-V231A-CB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.699.000

Wujudkan running ratio 36% dengan dinding HD

Running ratio 36% pada kulkas berkapasitas total 230 liter ini menunjukkan bahwa meski tidak menggunakan inverter, produk ini mampu mendinginkan dengan efisien. Tidak hanya cepat dingin, udara dinginnya juga menyebar secara merata dengan 4D Air Flow Technology. Selain itu, daya listriknya hanya 100 watt saja, sangat ramah di kantong, bukan?

Hal ini berkat adanya dinding HD yang tebal dan mampu menyimpan dingin hingga 13 jam, bahkan dalam kondisi mati lampu! Meskipun cepat dingin, bunga es tidak akan timbul di dalam kulkas karena adanya fitur no frost. Bila Anda mencari produk yang cepat mendinginkan sekaligus mampu menjaga suhu tetap dingin saat mati lampu, produk ini adalah jawabannya.

2. Sharp SJ-BW30P

2. Sharp SJ-BW30P

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.699.000

Desain veg top dan dual swing door yang unik

Bila Anda atau keluarga Anda jarang menggunakan freezer, produk ini adalah opsi yang pas. Didesain veg top, freezer ditempatkan di bagian bawah untuk memudahkan Anda mengakses kompartemen kulkas. Bila Anda sudah cukup berumur, desain seperti ini juga memudahkan Anda menyimpan maupun mengeluarkan makanan dan minuman tanpa harus membungkuk.

Fitur dual swing door membuat Anda dapat menempatkannya di manapun tanpa melihat layout ruangan sehingga lebih praktis. Dengan kapasitas 288 liter plus fitur AG+Nano Deodorizer dan Plasmacluster Ion System, makanan untuk keluarga kecil Anda dapat disimpan tanpa perlu khawatir terkontaminasi bakteri maupun aroma tak sedap.

1. Samsung RT19M All-around Cooling

1. Samsung RT19M All-around Cooling

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.399.000

Digital inverter dengan 7 level pengaturan dingin!

Menggunakan teknologi digital inverter, terdapat 7 level pengaturan suhu pada kulkas ini sehingga Anda bukan hanya bisa memilih tingkat pengaturan dingin, tetapi juga menentukan seberapa besar suara kompresornya. Semakin rendah suhunya, semakin besar pula suara kompresornya. Meski begitu, bahkan dalam suhu paling dingin sekali pun suara kompresornya tetap sangat minim, lho!

Digital inverter juga membuat kulkas ini hemat listrik. Kecanggihan kulkas berkapasitas bersih 203 liter ini semakin bertambah dengan adanya fitur All-around Cooling, anti bacterial & airtight seal, no frost, lampu LED, dan tray yang mampu menahan beban hingga 150 kg. Bila Anda mencari kulkas modern dengan pengaturan suhu yang fleksibel, produk ini adalah pilihan terbaik.

Kesimpulan

Kami telah menyajikan 10 rekomendasi kulkas terbaik yang berkapasitas 200 liter. Bagaimana menurut Anda? Terdapat bermacam-macam produk dengan perbedaan spesifikasi, fitur, dan harga dalam daftar rekomendasi kami. Anda bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di rumah Anda. Misalnya, dengan memilih kapasitas kulkas sesuai dengan jumlah anggota keluarga Anda.

Anda juga harus memperkirakan area penempatan, cara membuka pintu kulkas serta jumlah pintu pada kulkas yang hendak Anda beli. Selain itu, akan sangat baik bila kulkas pilihan Anda hanya membutuhkan daya listrik rendah serta tidak menghasilkan suara-suara yang menggangu.