10 Rekomendasi Kipas Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kipas Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kipas laptop berguna untuk menurunkan temperatur ketika laptop terlalu panas dan tidak mampu menurunkan temperaturnya sendiri. Sebelum membeli kipas laptop, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal apa sajakah itu? Apakah Anda penasaran?

Mari ikuti artikel berikut ini yang membahas tentang cara memilih kipas laptop. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kipas laptop terbaik, seperti Orico, Havit, Titan, Deep Cool, dan Cooler Master. Silakan membaca ulasan kami dengan tuntas guna memperoleh informasi yang utuh. Selamat membaca ya!

Daftar isi

Mengapa saat memakai laptop dibutuhkan kipas laptop?

Beberapa orang tidak terbiasa memakai kipas laptop, padahal peralatan ini penting untuk dipakai saat Anda bekerja dengan laptop. Sebelum membahas cara memilih kipas laptop, kami ingin menjelaskan kipas laptop secara umum terlebih dahulu. Mari simak dengan saksama!

Apa sih kipas laptop itu?

Apa sih kipas laptop itu?

Kipas laptop adalah peralatan yang digunakan untuk mendinginkan laptop jika temperatur ruang atau laptop terlalu panas. Pada umumnya, kipas laptop disimpan di bawah laptop, kemudian mengambil daya dari USB port laptop untuk memutar kipas. Angin akan berembus dari kipas yang berputar akan menghasilkan efek pendinginan secara langsung ke laptop yang berada di atasnya.

Komponen CPU dan hard disk yang berada di bawah laptop bisa menghasilkan panas. Anda bisa menurunkan temperatur laptop hingga 10 derajat tergantung dari kipas laptop yang Anda gunakan. Kipas laptop adalah barang yang Anda butuhkan terutama pada saat cuaca atau udara ruangan terasa panas.

Apa manfaat dari penggunaan kipas laptop?

Apa manfaat dari penggunaan kipas laptop?

Pada saat ini, bentuk laptop pada umumnya memiliki desain tipis sehingga lebih ringan dan mudah dibawa-bawa. Namun, laptop yang tipis akan membuat ruang kosong antar komponen laptop yang menghasilkan panas menjadi lebih sempit. Hal ini membuat udara panas mudah terjebak sehingga membuat laptop lebih cepat panas.

Jika Anda menggunakan laptop yang panas untuk waktu yang terlalu lama, laptop akan cepat rusak. Selain itu, laptop yang panas bisa membuat kinerja laptop terlalu berat sehingga cepat hang. Gunakanlah kipas laptop untuk menurunkan temperatur laptop yang terlalu panas. Temperatur laptop yang terjaga akan mencegahnya dari kerusakan dan memperpanjang usia penggunaan laptop.

Cara memilih kipas laptop

Kipas laptop saat ini tersedia dengan berbagai macam variasi dari berbagai produsen. Supaya tidak salah membeli, kami akan membahas lebih lanjut tentang cara memilih kipas laptop.

Pilih kipas laptop yang tipis agar nyaman saat menggunakan keyboard

Pilih kipas laptop yang tipis agar nyaman saat menggunakan keyboard

Kipas laptop yang dipasang di bawah laptop akan membuat posisi laptop terangkat sehingga posisi keyboard naik ke atas. Hal ini bisa membuat Anda tidak nyaman saat Anda menggunakan keyboard atau saat mengetik.

Saat menggunakan kipas laptop yang tebal, Anda bisa saja melakukan penyesuaian dengan mengatur ketinggian kursi atau menggunakan keyboard external. Namun, Anda bisa memilih kipas laptop yang tipis sehingga tidak terlalu berpengaruh terhadap posisi keyboard.

Tidak perlu berebut port USB, pilih kipas laptop yang dilengkapi USB port

Tidak perlu berebut port USB, pilih kipas laptop yang dilengkapi USB port

Kipas laptop umumnya dinyalakan dengan menggunakan USB port pada laptop. Hal ini membuat kipas laptop mudah dioperasikan, tetapi akan menyulitkan saat Anda memerlukan USB port secara bersamaan. Jika USB port laptop terbatas, Anda perlu bergantian untuk mengoperasikan kipas laptop, membaca HDD eksternal, serta mengoperasikan mouse. Hal ini cukup merepotkan, bukan?

Oleh karena itu, pilihlah kipas laptop yang memiliki satu atau dua USB port. Anda tidak akan terhalangi jika membutuhkan USB port untuk perangkat lain. Selain itu, USB port kipas laptop bisa berfungsi juga sebagai USB hub.

Konsentrasi tetap terjaga, pilih kipas laptop yang tidak bising

Konsentrasi tetap terjaga, pilih kipas laptop yang tidak bising

Saat mendinginkan laptop, kipas akan bergerak sehingga akan menimbulkan suara putaran. Suara kipas yang terlalu bising akan menimbulkan ketidaknyamanan karena dapat mengganggu konsentrasi Anda saat bekerja. Pilih kipas laptop yang bisa bekerja tanpa bunyi sehingga Anda bisa bekerja dengan nyaman.

Pilih yang pendinginannya dapat diatur, lebih efisien dan efektif

Pilih yang pendinginannya dapat diatur, lebih efisien dan efektif

CPU dan HDD yang biasa mengeluarkan panas memiliki posisi yang berbeda-beda tergantung jenis laptop. Pada umumnya, kenaikan temperatur bisa berubah-ubah tergantung kondisi ruangan dan penggunaan laptop. Oleh karena itu, kipas yang dilengkapi dengan fitur switch yang dapat diatur pengoperasiannya akan memberikan keuntungan tersendiri.

Anda bisa mengatur kipas untuk menyala ke posisi tertentu jika menggunakan kipas yang bisa dioperasikan secara terpisah. Kipas akan berputar efektif ke bagian spesifik, seperti ke kanan atau ke bawah saja sesuai posisi panas. Anda bisa mengatur kekuatan maksimal ketika udara ruangan sedang panas. Sedangkan pada saat cuaca dingin, Anda bisa memakai sebagian kekuatan kipas saja.

Anda akan nyaman jika mampu mengatur kecepatan kipas secara bebas karena akan mengurangi suara kipas dan konsumsi daya. Jadi, lebih efisien, bukan?

Pilih kipas laptop yang mudah mendinginkan dengan embusan yang tepat sasaran

Pilih kipas laptop yang mudah mendinginkan dengan embusan yang tepat sasaran

Posisi panas pada laptop bisa tidak merata tergantung dari jenis laptop. Oleh karena itu, Anda bisa pilih kipas laptop yang bisa mengembuskan angin secara tepat sasaran ke bagian yang panas. Jika Anda memilih kipas laptop dengan satu buah kipas saja, pilihlah kipas laptop yang memiliki ukuran kipas besar. Dengan demikian, embusan angin bisa menjangkau semua bagian belakang laptop.

Namun, jika kipas laptop terdiri dari beberapa kipas, Anda mesti mengecek dahulu posisi tiap-tiap kipas. Pastikan semua posisi kipas mampu menjangkau seluruh bagian belakang laptop. Beberapa kipas laptop bisa digeser-geser sehingga Anda bisa mengembuskan angin ke posisi yang panas.

Hindari efek pendinginan yang buruk! Pilih yang sesuai ukuran laptop

Hindari efek pendinginan yang buruk! Pilih yang sesuai ukuran laptop

Ukuran kipas laptop merupakan hal yang penting untuk Anda perhatikan. Laptop di Indonesia umumnya berukuran 12 inci hingga 15 inci. Maka dari itu, carilah kipas laptop yang sesuai dengan ukuran laptop Anda.

Jangan memakai kipas laptop yang kecil untuk laptop yang berukuran 17 inci. Jika dipaksakan, laptop akan menonjol di bagian sisinya sehingga tidak stabil untuk menahan laptop. Selain itu, kipas laptop yang kecil bisa menimbulkan efek pendinginan yang buruk. Jadi, pilihlah kipas laptop yang sesuai ukuran laptop Anda!

Untuk memaksimalkan kenyamanan, Anda disarankan untuk memilih kipas laptop yang dapat diatur sudutnya. Dengan demikian, Anda jadi lebih mudah untuk menjangkau keyboard serta nyaman dalam melihat layar monitor.

10 Rekomendasi kipas laptop terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi kipas laptop terbaik untuk mendinginkan laptop Anda. Silakan Anda mempertimbangkan setiap fitur yang ada, kemudian temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

10. Marvo FN-30 Backlit, 17-Inch Laptop Cooling Stand

10. Marvo FN-30 Backlit, 17-Inch Laptop Cooling Stand

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Dilengkapi lampu backlit, nyaman bekerja saat kurang pencahayaan

Jika Anda bekerja di depan laptop dengan kondisi pencahayaan yang kurang, akan membuat mata Anda kurang nyaman, bukan? Kipas laptop ini dilengkapi dengan backlit berwarna merah untuk menerangi Anda bekerja dengan pencahayaan yang minim. Jika tidak dibutuhkan, Anda bisa mematikan backlit melalui fitur switch. Produk ini cocok Anda pakai saat mati lampu dengan kondisi laptop yang panas.

Kipas laptop ini berukuran 408 mm x 287 mm x 29 mm yang bisa dipakai untuk mendinginkan laptop yang berukuran hingga 17 inci. Warna backlit merah juga cocok dipakai sebagai warna background saat bermain game. Selain itu, desain jala ventilasi yang optimal pada produk ini akan membuat panas laptop cepat menurun. Anda yang membutuhkan pencahayaan selain lampu USB bisa membeli produk ini.

9. Orico NA15-SV Full Alluminium Double Fans Cooling Pad for Laptop

9. Orico NA15-SV Full Alluminium Double Fans Cooling Pad for Laptop

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 221.000

Berwarna silver yang serasi saat mendinginkan perangkat MacBook

Beberapa Apple fan memilih Macbook karena brand yang kuat, performa mumpuni, serta warna silver yang elegan. Agar Macbook yang kepanasan terlihat serasi dengan kipas laptop, Anda bisa memilih ORICO NA15-SV untuk mendinginkan Macbook Anda. Produk ini terbuat dari aluminium dan karet berwarna silver yang serasi dan cocok dengan warna Macbook Anda.

Gabungan bahan aluminium dan karet membuat produk ini terkesan elegan saat dipasang bersama MacBook. Dengan ukuran 330 mm x 260 mm x 42 mm, produk ini bisa dipakai untuk laptop 15 inci, cocok untuk Macbook Pro Anda! Selain itu, Anda bisa bekerja dengan tenang karena kipas laptop ini hanya mengeluarkan suara sebesar 21 desibel.

8. Coldplayer IS 909

8. Coldplayer IS 909

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.000

Bentuk unik menyerupai kepala Mickey Mouse

Kipas laptop yang banyak tersedia, umumnya memiliki bentuk yang serupa berupa segi empat. Jika Anda ingin memiliki kipas laptop dengan bentuk yang unik, produk ini cocok untuk Anda. Kipas laptop ini berbentuk lucu berupa kepala Mickey Mouse yang terbuat dari bahan plastik Polystyrene dan logam. Dengan suara embusan kurang dari 19 desibel, produk ini tidak bising saat digunakan.

Mickey Mouse juga merupakan karakter yang tidak asing bagi kebanyakan anak-anak. Oleh karena itu, produk ini cocok untuk menemani putra-putri Anda belajar di depan laptop. Di samping itu, dua buah USB port akan membuat Anda leluasa untuk memakai perangkat lain yang terhubung dengan USB.

7. Deepcool N17

7. Deepcool N17

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Mudah dibawa dengan desain tipis dan ringan

Jika Anda sering bepergian, diperlukan kipas laptop yang ringan sehingga mudah dibawa-bawa. Deep Cool N17 memiliki berat hanya 465 gram. Berat ini lebih ringan dari kebanyakan kipas laptop yang berbobot 800 gram hingga 900 gram. Anda yang memiliki mobilitas tinggi atau perempuan aktif yang mencari kipas laptop ringan, cocok memakai produk ini.

Deep Cool N17 memiliki desain dengan ketebalan 2,5 cm, cukup tipis dan menghemat ruang untuk dimasukkan ke dalam tas laptop. Bagi Anda yang membutuhkan kipas laptop dengan harga ekonomis dapat memilih produk ini karena harganya relatif murah. Selain itu, produk ini berukuran 330 mm x 250 mm yang cocok dipakai pemilik laptop ukuran 14 inci. Katakan tidak pada kipas laptop yang berat dengan memilih produk ini!

6. Titan TTC-G4TZ

6. Titan TTC-G4TZ

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 594.000

Ukurannya bisa diubah-ubah sesuai ukuran laptop, lho!

Beberapa kipas laptop memiliki ukuran yang tidak fleksibel sehingga tidak bisa dipakai untuk berbagai ukuran laptop. Titan TTC-G4TZ didesain khusus agar bisa menyesuaikan laptop dengan lima ukuran berbeda. Produk ini bisa dipakai untuk laptop ukuran 12 inci hingga 17 inci. Anda bisa menarik bagian samping kipas laptop ini guna menyesuaikan ukuran laptop.

Titan TTC-G4TZ cocok untuk Anda yang memiliki berbagai laptop dengan ukuran berbeda. Jika laptop Anda berukuran 17 inci, Anda bisa kerepotan membawa kipas laptop yang juga berukuran besar. Namun, Anda bisa membawa produk ini dengan pengaturan ukuran terkecil, lalu ukurannya disesuaikan saat akan digunakan. Dengan demikian, Anda bisa menghemat ruang di tas laptop Anda. Miliki sekarang yuk!

5. MicroPack CP-173B- Biru Muda Cooling Pad Up to 17 Inch

5. MicroPack CP-173B- Biru Muda Cooling Pad Up to 17 Inch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 330.000

Tampil stylish dengan warna yang tidak pasaran

Agar terlihat stylish, saat ini tersedia laptop dengan berbagai warna, baik warna asli maupun warna hasil modifikasi. Saat laptop panas, Anda pun memerlukan kipas laptop dengan warna yang serasi dengan warna laptop hasil modifikasi. Produk ini adalah kipas laptop yang memiliki empat varian warna. Anda bisa memilih warna biru muda, hijau muda, ungu, dan putih sesuai selera Anda.

Produk ini cocok untuk Anda yang bosan dengan kipas laptop berwarna standar yang didominasi warna hitam atau putih. Selain itu, kipas laptop ini dilengkapi dengan lampu LED yang akan menambah kesan stylish saat Anda memakai produk ini. Jangan ragu untuk memiliki produk ini agar laptop Anda tidak kehilangan gaya saat dipasangi kipas laptop.

4. Cooler Master Notepal U3

4. Cooler Master Notepal U3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 440.000

Kecepatan putaran kipas bisa diatur sesuai kebutuhan

Apabila Anda sering melakukan travelling, laptop yang Anda pakai bisa mengalami panas yang berubah-ubah sesuai cuaca di setiap wilayah. Cooler Master Notepal U3 adalah kipas laptop dengan kipas yang dapat Anda atur kecepatan putaran kipasnya. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikan efek pendinginan di lokasi dengan berbagai macam temperatur yang berbeda.

Produk ini memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 420 mm x 320 mm x 65 mm. Anda yang memiliki laptop dengan ukuran 19 inci tidak akan kesulitan untuk mendinginkan laptop dengan produk ini. Kini, temperatur ruang yang berubah-ubah pun bukan lagi masalah jika Anda memiliki produk ini. Tentunya, Anda yang berprofesi sebagai travel reviewer atau travel blogger juga cocok untuk memiliki produk ini.

3. Cooler Master SF-17

3. Cooler Master SF-17

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 780.000

Lebih leluasa memasang perangkat dengan empat buah USB port!

Kipas laptop yang ada saat ini umumnya dilengkapi USB port tambahan sebanyak dua port USB 2.0. Hal ini kurang mencukupi bagi Anda yang membutuhkan port USB untuk berbagai perangkat. Cooler Master SF-17 dilengkapi dengan empat buah USB port 2.0 yang bisa dipakai untuk berbagai periferal laptop hingga untuk charge smartphone Anda.

Anda yang tidak mau repot dengan penambahan USB hub pada laptop, cocok untuk memiliki kipas laptop ini. Produk ini juga dilengkapi dengan ketinggian yang bisa diatur hingga empat sudut. Hal ini berfungsi untuk mengurangi nyeri pada mata dan pergelangan tangan saat Anda bekerja lama di depan laptop. Dengan demikian, produk ini cocok untuk para gamers atau video editor.

2. Havit HV-F2056 15,6″-17″ Laptop Cooler Cooling Pad – Portable USB Powered (3 Fans)

2. Havit HV-F2056 15,6″-17″ Laptop Cooler Cooling Pad – Portable USB Powered (3 Fans)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Pendinginan maksimal! Bisa menurunkan temperatur hingga 12°

Saat laptop terlalu panas, Anda bisa menurunkan temperatur dengan menggunakan thermal paste atau mengganti kipas internal. Namun, Anda yang tidak ingin repot bisa menggunakan kipas laptop ini. Produk ini memiliki tiga kipas berukuran 110 mm yang mampu berputar dengan kecepatan 1.100 RPM. Akibatnya, udara dingin akan diembuskan hingga 65 CFM.

Kipas laptop ini bisa menurunkan temperatur laptop sebesar 10 derajat hingga 12 derajat. Cocok untuk Anda yang membutuhkan pendinginan maksimal. Produk ini juga dilengkapi Lampu LED berwarna biru yang berfungsi sebagai indikator saat digunakan. Hal ini akan membantu Anda mengetahui apabila kipas laptop berjalan dengan baik. Anda juga akan terbantu saat bekerja dengan pencahayaan yang redup.

1. Deepcool Multi Core X8

1. Deepcool Multi Core X8

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 295.000

Efektif mendinginkan dengan empat arah embusan angin

Beberapa kipas laptop bisa kurang optimal mendinginkan laptop karena tidak mengembuskan angin di posisi yang tepat. Deep Cool X8 tersusun dari empat buah panel dengan empat buah kipas yang terpasang secara menyatu. Embusan udara dari kipas ini akan membuang udara panas pada empat arah yang berbeda. Dengan demikian, proses penurunan temperatur menjadi lebih efektif.

Anda bisa mengatur hingga empat kombinasi pengoperasian kipas yang dibutuhkan untuk mendinginkan bagian laptop tertentu. Selain itu, produk ini terbuat dari bahan aluminium yang efisien untuk membuang udara panas sekaligus menampilkan kesan estetis. Kipas laptop ini cocok untuk Anda yang memiliki laptop lebih dari satu dengan posisi komponen penghasil panas yang bervariasi.

Poin yang harus dipertimbangkan setelah membeli

Poin yang harus dipertimbangkan setelah membeli

Berdasarkan ulasan yang beredar, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai rujukan. Dari beberapa informasi yang muncul,  sering ditemukan kondisi mur yang terlepas dari kipas laptop yang baru dibuka dari bungkusnya. Masalah lain juga bisa timbul, seperti kabel yang tidak berada dalam posisi aman, serta masalah lainnya.

Kipas laptop yang digunakan dalam kondisi tidak baik akan menimbulkan berbagai masalah. Mulai dari kabel kipas laptop menjadi kusut hingga kipas laptop yang cepat rusak. Apabila Anda menemukan mur yang terlepas, pasanglah dengan benar sebelum digunakan. Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan terhadap kabel dan komponen lain sebelum menggunakan kipas laptop.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, bagaimanakah pendapat Anda? Apakah Anda sudah paham mengenai hal yang mesti diperhatikan sebelum membeli kipas laptop? Produk mana yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda? Saat bekerja terlalu berat, komponen CPU laptop akan menghasilkan panas yang bisa merusak komponen elektronik pada laptop. Kipas laptop akan mengurangi berbagai masalah dan kerusakan pada laptop yang disebabkan paparan panas. Gunakanlah kipas laptop untuk memperpanjang usia penggunaan laptop Anda.