• 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Cooling pad/kipas laptop berguna untuk menurunkan temperatur ketika laptop terlalu panas dan tidak mampu menurunkan temperaturnya sendiri. Sebelum membeli kipas laptop, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal apa sajakah itu? Apakah Anda penasaran?

Mari ikuti artikel berikut ini yang membahas tentang cara memilih kipas laptop. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kipas laptop terbaik, seperti Orico, Havit, Titan, Deep Cool, dan Cooler Master. Silakan membaca ulasan kami dengan tuntas guna memperoleh informasi yang utuh. Selamat membaca ya!
  • Pembaharuan terakhir: 15 Mei 2020
  • 15.345 Views
Daftar isi

Mengapa saat memakai laptop dibutuhkan cooling pad?

Beberapa orang tidak terbiasa memakai kipas laptop, padahal peralatan ini penting untuk dipakai saat Anda bekerja dengan laptop. Sebelum membahas cara memilih kipas laptop, kami ingin menjelaskan kipas laptop secara umum terlebih dahulu. Mari simak dengan saksama!

Apa sih cooling pad itu?

Apa sih cooling pad itu?
Kipas laptop adalah peralatan yang digunakan untuk mendinginkan laptop jika temperatur ruang atau laptop terlalu panas. Pada umumnya, kipas laptop disimpan di bawah laptop, kemudian mengambil daya dari USB port laptop untuk memutar kipas. Angin akan berembus dari kipas yang berputar akan menghasilkan efek pendinginan secara langsung ke laptop yang berada di atasnya.
Komponen CPU dan hard disk yang berada di bawah laptop bisa menghasilkan panas. Anda bisa menurunkan temperatur laptop hingga 10 derajat tergantung dari kipas laptop yang Anda gunakan. Kipas laptop adalah barang yang Anda butuhkan terutama pada saat cuaca atau udara ruangan terasa panas.

Apa manfaat dari penggunaan cooling pad?

Apa manfaat dari penggunaan cooling pad?
Pada saat ini, bentuk laptop pada umumnya memiliki desain tipis sehingga lebih ringan dan mudah dibawa-bawa. Namun, laptop yang tipis akan membuat ruang kosong antar komponen laptop yang menghasilkan panas menjadi lebih sempit. Hal ini membuat udara panas mudah terjebak sehingga membuat laptop lebih cepat panas.
Jika Anda menggunakan laptop yang panas untuk waktu yang terlalu lama, laptop akan cepat rusak. Selain itu, laptop yang panas bisa membuat kinerja laptop terlalu berat sehingga cepat hang. Gunakanlah kipas laptop untuk menurunkan temperatur laptop yang terlalu panas. Temperatur laptop yang terjaga akan mencegahnya dari kerusakan dan memperpanjang usia penggunaan laptop.

Cara memilih cooling pad

Kipas laptop saat ini tersedia dengan berbagai macam variasi dari berbagai produsen. Supaya tidak salah membeli, kami akan membahas lebih lanjut tentang cara memilih kipas laptop.

Pilih kipas laptop yang tipis agar nyaman saat menggunakan keyboard

Pilih kipas laptop yang tipis agar nyaman saat menggunakan keyboard
Kipas laptop yang dipasang di bawah laptop akan membuat posisi laptop terangkat sehingga posisi keyboard naik ke atas. Hal ini bisa membuat Anda tidak nyaman saat Anda menggunakan keyboard atau saat mengetik.
Saat menggunakan kipas laptop yang tebal, Anda bisa saja melakukan penyesuaian dengan mengatur ketinggian kursi atau menggunakan keyboard external. Namun, Anda bisa memilih kipas laptop yang tipis sehingga tidak terlalu berpengaruh terhadap posisi keyboard.

Tidak perlu berebut port USB, pilih cooling pad yang dilengkapi USB port

Tidak perlu berebut port USB, pilih cooling pad yang dilengkapi USB port
Kipas laptop umumnya dinyalakan dengan menggunakan USB port pada laptop. Hal ini membuat kipas laptop mudah dioperasikan, tetapi akan menyulitkan saat Anda memerlukan USB port secara bersamaan. Jika USB port laptop terbatas, Anda perlu bergantian untuk mengoperasikan kipas laptop, membaca HDD eksternal, serta mengoperasikan mouse. Hal ini cukup merepotkan, bukan?
Oleh karena itu, pilihlah kipas laptop yang memiliki satu atau dua USB port. Anda tidak akan terhalangi jika membutuhkan USB port untuk perangkat lain. Selain itu, USB port kipas laptop bisa berfungsi juga sebagai USB hub.

Konsentrasi tetap terjaga, pilih cooling pad yang tidak bising

Konsentrasi tetap terjaga, pilih cooling pad yang tidak bising
Saat mendinginkan laptop, kipas akan bergerak sehingga akan menimbulkan suara putaran. Suara kipas yang terlalu bising akan menimbulkan ketidaknyamanan karena dapat mengganggu konsentrasi Anda saat bekerja. Pilih kipas laptop yang bisa bekerja tanpa bunyi sehingga Anda bisa bekerja dengan nyaman.

Pilih yang pendinginannya dapat diatur, lebih efisien dan efektif

Pilih yang pendinginannya dapat diatur, lebih efisien dan efektif
CPU dan HDD yang biasa mengeluarkan panas memiliki posisi yang berbeda-beda tergantung jenis laptop. Pada umumnya, kenaikan temperatur bisa berubah-ubah tergantung kondisi ruangan dan penggunaan laptop. Oleh karena itu, kipas yang dilengkapi dengan fitur switch yang dapat diatur pengoperasiannya akan memberikan keuntungan tersendiri.
Anda bisa mengatur kipas untuk menyala ke posisi tertentu jika menggunakan kipas yang bisa dioperasikan secara terpisah. Kipas akan berputar efektif ke bagian spesifik, seperti ke kanan atau ke bawah saja sesuai posisi panas. Anda bisa mengatur kekuatan maksimal ketika udara ruangan sedang panas. Sedangkan pada saat cuaca dingin, Anda bisa memakai sebagian kekuatan kipas saja.
Anda akan nyaman jika mampu mengatur kecepatan kipas secara bebas karena akan mengurangi suara kipas dan konsumsi daya. Jadi, lebih efisien, bukan?

Pilih cooling pad yang mudah mendinginkan dengan embusan yang tepat sasaran

Pilih cooling pad yang mudah mendinginkan dengan embusan yang tepat sasaran
Posisi panas pada laptop bisa tidak merata tergantung dari jenis laptop. Oleh karena itu, Anda bisa pilih kipas laptop yang bisa mengembuskan angin secara tepat sasaran ke bagian yang panas. Jika Anda memilih kipas laptop dengan satu buah kipas saja, pilihlah kipas laptop yang memiliki ukuran kipas besar. Dengan demikian, embusan angin bisa menjangkau semua bagian belakang laptop.
Namun, jika kipas laptop terdiri dari beberapa kipas, Anda mesti mengecek dahulu posisi tiap-tiap kipas. Pastikan semua posisi kipas mampu menjangkau seluruh bagian belakang laptop. Beberapa kipas laptop bisa digeser-geser sehingga Anda bisa mengembuskan angin ke posisi yang panas.

Hindari efek pendinginan yang buruk! Pilih yang sesuai ukuran laptop

Hindari efek pendinginan yang buruk! Pilih yang sesuai ukuran laptop
Ukuran kipas laptop merupakan hal yang penting untuk Anda perhatikan. Laptop di Indonesia umumnya berukuran 12 inci hingga 15 inci. Maka dari itu, carilah kipas laptop yang sesuai dengan ukuran laptop Anda.
Jangan memakai kipas laptop yang kecil untuk laptop yang berukuran 17 inci. Jika dipaksakan, laptop akan menonjol di bagian sisinya sehingga tidak stabil untuk menahan laptop. Selain itu, kipas laptop yang kecil bisa menimbulkan efek pendinginan yang buruk. Jadi, pilihlah kipas laptop yang sesuai ukuran laptop Anda!
Untuk memaksimalkan kenyamanan, Anda disarankan untuk memilih kipas laptop yang dapat diatur sudutnya. Dengan demikian, Anda jadi lebih mudah untuk menjangkau keyboard serta nyaman dalam melihat layar monitor.

10 Rekomendasi cooling pad/kipas laptop terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi kipas laptop terbaik untuk mendinginkan laptop Anda. Silakan Anda mempertimbangkan setiap fitur yang ada, kemudian temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.
10
9

OricoNA15-SV Full Alluminium Double Fans Cooling Pad for Laptop

Rp 255.000,00

8
7
6
5
4
3
2

HavitHV-F2056 15,6″-17″ Laptop Cooler Cooling Pad – Portable USB Powered (3 Fans)

Rp 210.000,00

1

Tabel perbandingan produk cooling pad/kipas laptop terbaik

Gambar produk
1
Deepcool Deepcool Multi Core X8 1

Deepcool

2
Havit HV-F2056 15,6″-17″ Laptop Cooler Cooling Pad – Portable USB Powered (3 Fans) 1

Havit

3
Cooler Master Cooler Master SF-17 1

Cooler Master

4
Cooler Master Cooler Master Notepal U3 1

Cooler Master

5
MicroPack MicroPack CP-173B 1

MicroPack

6
Titan Titan TTC-G4TZ 1

Titan

7
Deepcool Deepcool N17 1

Deepcool

8
Coolpad Coldplayer IS-909 1

Coolpad

9
Orico NA15-SV Full Alluminium Double Fans Cooling Pad for Laptop 1

Orico

10
Marvo FN-30 Backlit, 17-Inch Laptop Cooling Stand 1

Marvo

Nama produk

Deepcool Multi Core X8

HV-F2056 15,6″-17″ Laptop Cooler Cooling Pad – Portable USB Powered (3 Fans)

Cooler Master SF-17

Cooler Master Notepal U3

MicroPack CP-173B

Titan TTC-G4TZ

Deepcool N17

Coldplayer IS-909

NA15-SV Full Alluminium Double Fans Cooling Pad for Laptop

FN-30 Backlit, 17-Inch Laptop Cooling Stand

KeunggulanEfektif mendinginkan dengan...Pendinginan maksimal! Bisa ...Lebih leluasa memasang pera...Kecepatan putaran kipas bis...Tampil stylish dengan warna...Ukurannya bisa diubah-ubah ...Mudah dibawa dengan desain ...Bentuk unik menyerupai kepa...Berwarna silver yang serasi...Dilengkapi lampu backlit, n...
HargaRp 388.000,00Rp 210.000,00Rp 718.000,00Rp 434.000,00Rp 175.000,00Rp 420.000,00Rp 125.000,00Rp 135.000,00Rp 255.000,00Rp 239.000,00
Tautan produk

Poin yang harus dipertimbangkan setelah membeli

Poin yang harus dipertimbangkan setelah membeli
Berdasarkan ulasan yang beredar, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai rujukan. Dari beberapa informasi yang muncul, sering ditemukan kondisi mur yang terlepas dari kipas laptop yang baru dibuka dari bungkusnya. Masalah lain juga bisa timbul, seperti kabel yang tidak berada dalam posisi aman, serta masalah lainnya.
Kipas laptop yang digunakan dalam kondisi tidak baik akan menimbulkan berbagai masalah. Mulai dari kabel kipas laptop menjadi kusut hingga kipas laptop yang cepat rusak. Apabila Anda menemukan mur yang terlepas, pasanglah dengan benar sebelum digunakan. Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan terhadap kabel dan komponen lain sebelum menggunakan kipas laptop.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, bagaimanakah pendapat Anda? Apakah Anda menemukan produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda?


Saat bekerja terlalu berat, komponen CPU laptop akan menghasilkan panas yang bisa merusak komponen elektronik pada laptop. Kipas laptop akan mengurangi berbagai masalah dan kerusakan pada laptop yang disebabkan paparan panas. Gunakanlah kipas laptop untuk memperpanjang usia penggunaan laptop Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    75.700 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    44.522 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    58.770 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    54.298 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat bermain PC games atau PS4, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor PC biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti ASUS, LG, Acer, dan BenQ, memiliki monitor dengan refresh rate dan response speed yang baik.Lalu, berapa ukuran monitor yang ideal dan apa bedanya dengan monitor biasa? Anda tentu bingung saat ingin memilihnya. Karena itu, kami akan merekomendasikan sepuluh gaming monitor terbaik dengan berbagai kelebihannya. Sebelumnya, kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Mari disimak!
    Komputer & kamera
    35.462 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi para gamer, laptop gaming sudah menjadi perangkat yang tak terpisahkan. Dengan laptop gaming, Anda dapat memainkan game favorit Anda di rumah atau di mana saja. Laptop gaming mempunyai kemampuan grafis yang tinggi sehingga disukai di antara para gamer dan video editor. Saat ini, banyak produsen laptop terkenal, seperti ASUS, MSI, dan lain-lain yang menjual laptop gaming dengan spesifikasi berbeda-beda. Supaya Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih laptop gaming dan merekomendasikan produk-produk terbaik. Pilihlah laptop gaming yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, kemudian nikmatilah permainan Anda!
    Komputer & kamera
    47.303 Views
  • 10 Rekomendasi DVD Eksternal Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi DVD Eksternal Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2020)
    Seiring perkembangan zaman, dimensi laptop semakin lama menjadi semakin tipis. Hal tersebut membuat kebanyakan laptop tidak dilengkapi dengan DVD drive. Memang benar Anda bisa menyimpan data misalnya di Google Drive atau iCloud. Namun, tetap saja ada momen tertentu ketika Anda memerlukan DVD drive.Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan DVD eksternal. Anda bisa membaca lebih jauh mengenai cara memilih dan rekomendasi DVD eksternal terbaik dalam artikel ini. Temukan DVD eksternal berkualitas keluaran Asus, LG, Verbatim, dan sebagainya serta pilihlah yang paling Anda suka!
    Komputer & kamera
    2.287 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori