• 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Cooling pad menjadi perlengkapan yang berfungsi menurunkan suhu saat laptop panas. Biasanya, laptop sudah mempunyai sistem pendinginnya sendiri. Meskipun demikian, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus diatasi dengan menggunakan cooling pad.

Ada banyak jenis cooling pad yang bisa ditemukan dengan beragam spesifikasi. Agar Anda tidak bingung, kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang tepat. Setelah itu, kami juga akan mengulas beberapa produk yang bisa jadi referensi pilihan, seperti Cooler Master, Havit, dan lainnya. Silakan baca dengan teliti dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Sandi Iswahyudi
Virmansyah
Bai Ruindra
  • Pembaharuan terakhir: 12 Juni 2020
  • 27.363 Views
Daftar isi

Mengenal fungsi dan keunggulan cooling pad

Mengenal fungsi dan keunggulan cooling pad

Sesuai dengan namanya, cooling pad atau kipas pendingin laptop merupakan perangkat yang digunakan untuk menurunkan suhu laptop. Produk ini bukanlah item yang mencolok, tetapi dapat membantu agar laptop dapat digunakan dengan nyaman.


Meskipun berukuran kecil, banyak material yang dipasang dalam laptop sehingga ruang melepaskan panas menjadi lebih sempit. Dengan begitu, tak jarang mesin laptop terasa lebih panas saat digunakan dalam waktu lama. Laptop juga cepat panas saat digunakan di ruangan non-AC atau di tempat dengan suhu sekitar yang hangat. Mesin yang panas akan menyebabkan laptop tidak berfungsi dengan baik. Dengan demikian, salah satu cara mengatasinya dengan memasang cooling pad. 


Jika Anda terus-terusan menggunakan laptop yang panas, laptop bisa mengalami gagal fungsi, bahkan rusak total. Penggunaan cooling pad dapat memperpanjang umur laptop Anda. Jadi, miliki cooling pad supaya umur pemakaian laptop Anda bisa lebih lama.

Cara memilih cooling pad

Saat ini, banyak produsen komputer memproduksi cooling pad dengan berbagai variasi. Supaya tidak salah membeli, kami akan membahas hal-hal terkait cara memilih cooling pad yang perlu Anda ketahui.

Sesuaikan ukuran cooling pad dengan laptop Anda

Sesuaikan ukuran cooling pad dengan laptop Anda
Hal pertama yang harus Anda perhatikan, periksalah apakah ukuran cooling pad sesuai dengan ukuran laptop Anda. Jika dudukan pada cooling pad tidak cocok dengan ukuran laptop, proses pendinginan mesin akan menjadi tidak efisien. Alhasil, kinerja cooling pad pun tidak bisa maksimal.

Pada umumnya, cooling pad bisa dipakai untuk laptop yang berukuran 13 hingga 15 inci. Namun, ada juga cooling pad yang tidak bisa dipakai laptop besar yang berukuran 17 inci ke atas. Jadi, jika Anda menggunakan laptop besar, pastikan untuk memeriksa ukuran yang cocok dengan cooling pad terlebih dahulu.

Periksa faktor-faktor yang memengaruhi performa cooling pad

Pada umumnya, cooling pad bekerja dengan cara mengirimkan angin ke laptop dari kipas yang berputar. Performa pendinginan ini tergantung pada jumlah, posisi kipas, dan posisi embusan angin. Jadi, jangan lupa untuk memeriksanya dengan saksama juga, ya!

Jumlah dan posisi kipas, memengaruhi kinerja cooling pad

Jumlah dan posisi kipas, memengaruhi kinerja cooling pad

Periksalah posisi dan jumlah saluran udara yang ada di laptop Anda. Setelah itu, pilihlah produk dengan jumlah dan tata letak kipas yang sesuai dengan saluran udara tersebut. Akhir-akhir ini, banyak produsen memproduksi cooling pad dengan banyak kipas. Namun, proses pendinginan mesin tidak benar-benar meningkat kecuali posisi kipas dan saluran udara di laptop sejajar.


Perlu dicatat, jika ingin menggunakan cooling pad di beberapa laptop, pilihlah produk yang posisi kipasnya dapat diubah. Dengan begitu, kinerja cooling pad tetap maksimal meskipun digunakan di laptop yang berbeda.

Pendingin yang dapat diatur, penggunaan daya jadi lebih efisien

Pendingin yang dapat diatur, penggunaan daya jadi lebih efisien

Saat berada di ruangan non-AC atau bersuhu cukup panas, tentunya Anda ingin cooling pad bekerja dengan kekuatan penuh. Namun, saat berada di area bersuhu dingin, cooling pad tidak perlu mengeluarkan performa maksimalnya. Maka dari itu, pilihlah produk dengan operasi kipas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


Cooling pad seperti ini biasanya memiliki dua tipe. Tipe pertama mengurangi performa pendinginan dengan mengurangi kecepatan putaran kipas. Sementara itu, tipe kedua dilengkapi tombol untuk mematikan sebagian kipasnya. Jika Anda ingin mengurangi kebisingan saat cooling pad bekerja tanpa kekuatan penuh, Anda bisa memilih tipe pertama.


Tipe yang kedua sangat baik digunakan untuk laptop yang panas pada bagian tertentu saja. Anda bisa menyalakan kipas di area yang mudah menjadi panas. Dengan demikian, cooling pad bisa bekerja lebih cepat dan efisien.

Pilih produk yang terbuat dari aluminium atau memiliki struktur jaring

Pilih produk yang terbuat dari aluminium atau memiliki struktur jaring

Agar performa cooling pad dalam mendinginkan laptop menjadi maksimal, perhatikan material dan struktur produknya. Pilihlah produk yang memungkinkan panas di bagian bawah laptop dapat keluar dengan mudah. 


Maka dari itu, kami merekomendasikan cooling pad yang terbuat dari material aluminium. Jenis material ini memiliki konduktivitas termal yang tinggi sehingga dapat melepaskan panas dengan cepat. Jika Anda memilih produk yang terbuat dari logam atau metal, pilihlah yang memiliki struktur mesh atau pola berjaring. Dengan demikian, panas akan keluar dengan lancar di sela-sela jaring.  

Pilih cooling pad yang tebal atau bisa diatur sudutnya

Pilih cooling pad yang tebal atau bisa diatur sudutnya

Beberapa produk cooling pad memiliki ukuran yang tipis. Namun, tipisnya struktur cooling pad ini kadang mengurangi daya pada sistem pendinginnya. Dengan demikian, performa cooling pad menjadi menurun. Kami merekomendasikan Anda untuk memilih cooling pad yang memiliki ketebalan sekitar 4 cm.


Sementara itu, cooling pad yang terlalu tebal mungkin akan menyulitkan Anda mengetik. Untuk mengatasinya, buatlah ruang di bawah laptop dengan memilih cooling pad yang bisa diatur sudutnya. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan daya pendinginan hingga batas tertentu. Keyboard laptop juga akan lebih mudah untuk diketik.

Pilih cooling pad yang tenang agar konsentrasi terjaga

Pilih cooling pad yang tenang agar konsentrasi terjaga

Ketika digunakan, ada rotor kipas pada cooling pad yang mengeluarkan suara keras. Jika digunakan di kantor atau perpustakaan, suara ini bisa mengganggu konsentrasi Anda dan orang di sekitar Anda. Pilihlah produk yang mengeluarkan suara tenang untuk meminimalisir dampak yang tidak diinginkan di area sekitar.


Kekerasan suara umumnya bisa dinyatakan dalam satuan dB. Cooling pad dengan suara yang tenang biasanya mengeluarkan suara sekitar 20-30 dB. Jumlah tersebut setara dengan suara bisikan atau suasana tengah malam di pinggiran kota. Dengan begitu, ketidaknyamanan karena suara bising cooling pad bisa diredam.

Pilih cooling pad yang dilengkapi USB port untuk menambah kenyamanan

Pilih cooling pad yang dilengkapi USB port untuk menambah kenyamanan

Pada umumnya, sumber daya cooling pad berasal dari laptop yang dihubungkan dengan USB port. Hal ini mengurangi jumlah USB port yang bisa Anda hubungkan ke perangkat lain. Untuk mengatasi hal tersebut, carilah cooling pad yang dilengkapi dengan USB port tambahan. 


USB pada cooling pad dapat berfungsi sebagai hub USB. Dengan demikian, Anda dapat menghubungkan perangkat periferal seperti USB pada mouse sekaligus menyalakan cooling pad. Namun, port cooling pad ini biasanya memiliki daya yang kecil. Jadi, peralatan yang membutuhkan daya berjumlah besar seperti hardisk tidak bisa dihubungkan melalui port cooling pad ini.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi cooling pad terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi cooling pad terbaik sebagai referensi pilihan. Silakan Anda mempertimbangkan setiap fitur yang ada, kemudian temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

10
Ukuran PC yang kompatibelTidak disebutkan
Dimensi (p x l x t)330 mm x 250 mm x 25 mm
Jumlah kipas1
MaterialMetal mesh
Struktur jaringAda
Penyesuaian sudutAda
Ketenangan21 dBA
Jumlah port USB1
9
Ukuran PC yang kompatibelUp to 15,6 inci
Dimensi (p x l x t)350 mm x 249 mm x 44 mm
Jumlah kipas1
MaterialPlastic, mesh, rubber
Struktur jaringAda
Penyesuaian sudutTidak disebutkan
Ketenangan21 dBA
Jumlah port USB1
8
Ukuran PC yang kompatibel10-17 inci
Dimensi (p x l x t)400 mm x 328 mm x 60 mm
Jumlah kipas2
MaterialPlastic, aluminium
Struktur jaringAda
Penyesuaian sudutAda
Ketenangan31,8 dBA
Jumlah port USBTidak disebutkan
7
Ukuran PC yang kompatibelUp to 18 inci
Dimensi (p x l x t)406,4 mm x 304,8 mm x 25,4 mm
Jumlah kipas3
MaterialAluminium alloy, plastic
Struktur jaringAda
Penyesuaian sudutTidak disebutkan
KetenanganTidak disebutkan
Jumlah port USBTidak disebutkan
6
Ukuran PC yang kompatibelUp to 16 inci
Dimensi (p x l x t)352 mm x 270 mm x 52 mm
Jumlah kipas1
MaterialAluminium, plastic
Struktur jaringAda
Penyesuaian sudutTidak disebutkan
Ketenangan25-32 dBA
Jumlah port USB1
5
Ukuran PC yang kompatibel14-17 inci
Dimensi (p x l x t)403 mm x 300 mm x 34 mm
Jumlah kipas5
MaterialABS, HIPS, metal mesh
Struktur jaringAda
Penyesuaian sudutAda
Ketenangan43 dBA
Jumlah port USB2
4
Ukuran PC yang kompatibelUp to 19 inci
Dimensi (p x l x t)435 mm x 333 mm x 76 mm
Jumlah kipas3
MaterialAluminium, plastic, rubber
Struktur jaringAda
Penyesuaian sudutTidak disebutkan
Ketenangan21-23 dBA
Jumlah port USBTidak disebutkan
3
Ukuran PC yang kompatibel10-19 inci
Dimensi (p x l x t)471 mm x 354,5 mm x 46,5 mm
Jumlah kipas1
MaterialMesh, plastic
Struktur jaringAda
Penyesuaian sudutAda
Ketenangan30 dBA
Jumlah port USBTidak disebutkan
2
Ukuran PC yang kompatibelUp to 17 inci
Dimensi (p x l x t)470,7 mm x 326,9 mm x 54 mm (max 173,2 mm)
Jumlah kipas1
MaterialMesh, plastic, rubber
Struktur jaringAda
Penyesuaian sudutAda
Ketenangan16-21 dBA
Jumlah port USB4
1
Ukuran PC yang kompatibelTidak disebutkan
Dimensi (p x l x t)381 mm x 268 mm x 29 mm
Jumlah kipas4
MaterialAluminium
Struktur jaringAda
Penyesuaian sudutAda
Ketenangan23 dBA
Jumlah port USB2

Tabel perbandingan produk cooling pad terbaik

Gambar produk
1
Deepcool Multi Core X8 1

Deepcool

2
Cooler Master SF-17 1

Cooler Master

3
Thermaltake  Massive 20 RGB 1

Thermaltake

4
Cooler Master Notepal U3 Plus 1

Cooler Master

5
HAVIT  HV-F2068 5-Fan Laptop Cooler 1

HAVIT

6
Enermax  TwisterOdio 16-CP008 1

Enermax

7
Targus HD3 Gaming Chill Mat 1

Targus

8
Thermaltake  Massive A22 1

Thermaltake

9
Cooler Master  Notepal X-Slim II 1

Cooler Master

10
Deepcool N17 1

Deepcool

Nama produk

Multi Core X8

SF-17

Massive 20 RGB

Notepal U3 Plus

HV-F2068 5-Fan Laptop Cooler

TwisterOdio 16-CP008

HD3 Gaming Chill Mat

Massive A22

Notepal X-Slim II

N17

Keunggulan

Kipas empat arah dengan tiga pengaturan, konsumsi daya jadi hemat

4 buah port USB! Pasang berbagai perangkat lebih leluasa

Dilengkapi LED yang menyala indah di ruangan gelap

Kipas dapat dipindah, buat performa laptop jadi lebih efisien

Cooling pad dengan lima kipas, performa lebih maksimal

Dilengkapi dengan speaker, bekerja jadi lebih menyenangkan

Elastomer nonslip, memberikan cengkeraman kuat

Dilengkapi pegangan, ditenteng satu tangan jadi lebih mudah

Desain elegan dengan tampilan yang terlihat rapi

Desain simpel dengan harga lebih ekonomis

HargaRp 492.000,00Rp 1.200.000,00Rp 670.000,00Rp 501.000,00Rp 300.000,00Rp 450.000,00Rp 534.000,00Rp 400.000,00Rp 255.000,00Rp 220.000,00
Ukuran PC yang kompatibelTidak disebutkanUp to 17 inci10-19 inciUp to 19 inci14-17 inciUp to 16 inciUp to 18 inci10-17 inciUp to 15,6 inciTidak disebutkan
Dimensi (p x l x t)381 mm x 268 mm x 29 mm470,7 mm x 326,9 mm x 54 mm (max 173,2 mm)471 mm x 354,5 mm x 46,5 mm435 mm x 333 mm x 76 mm 403 mm x 300 mm x 34 mm352 mm x 270 mm x 52 mm406,4 mm x 304,8 mm x 25,4 mm400 mm x 328 mm x 60 mm350 mm x 249 mm x 44 mm330 mm x 250 mm x 25 mm
Jumlah kipas4 113513211
MaterialAluminium Mesh, plastic, rubberMesh, plasticAluminium, plastic, rubberABS, HIPS, metal meshAluminium, plasticAluminium alloy, plasticPlastic, aluminiumPlastic, mesh, rubberMetal mesh
Struktur jaringAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
Penyesuaian sudutAdaAdaAdaTidak disebutkanAdaTidak disebutkanTidak disebutkanAdaTidak disebutkanAda
Ketenangan23 dBA16-21 dBA30 dBA21-23 dBA43 dBA25-32 dBATidak disebutkan31,8 dBA21 dBA21 dBA
Jumlah port USB24Tidak disebutkanTidak disebutkan21Tidak disebutkanTidak disebutkan11
Tautan produk

Jangan lupa bersihkan debu yang menempel di laptop Anda!

Debu yang menempel pada laptop menjadi salah satu alasan kenapa suhu di laptop Anda naik. Maka dari itu, jangan lupa untuk membersihkan debu yang melekat di permukaan laptop. Dengan demikian, Anda dapat bekerja dengan lebih nyaman. Jadi, untuk membuat laptop bisa bekerja lebih lama, selain menggunakan cooling pad, bersihkan juga laptop Anda sesering mungkin, ya!

Baca juga rekomendasi perlengkapan komputer lainnya di sini

Kami juga telah mengulas beragam perlengkapan komputer lainnya, seperti SSD eksternal, air mouse, stand laptop, dan lainnya. Jika Anda membutuhkan artikel ulasannya, silakan baca pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, apakah Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Memilih cooling pad merupakan hal yang susah susah mudah. Jika Anda menemukan produk yang tepat, performa laptop pun dapat meningkat. 


Saat bekerja terlalu berat, CPU laptop menghasilkan panas yang bisa merusak komponen mesinnya. Untuk mengatasinya, Anda dapat memasang cooling pad. Dengan demikian, panas bisa dihalau dan laptop dapat bertahan lebih lama. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Laptop telah menjadi perlengkapan yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan sekolah, bekerja, hingga hiburan. Ada banyak jenis laptop dengan spesifikasi yang beragam. Maka dari itu, penting untuk memilih laptop dengan spek yang tinggi. Dengan demikian, aktivitas Anda menggunakan laptop tidak terganggu.Laptop dengan spesifikasi tinggi tidak selalu memiliki harga yang mahal. Kali ini, kami akan mengulas laptop dengan harga 4 jutaan yang memiliki spek terbaik. Setelah itu, ada juga rekomendasi produk yang bisa jadi referensi Anda seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    174.304 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    129.791 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS merupakan merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS memiliki bermacam seri yang ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, bisnis, hingga gaming. Namun, karena seri laptopnya sangat banyak, hal ini mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, ZenBook, hingga ROG. Simak artikel ini agar tidak salah memilih serta menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    106.980 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan 2-in-1 laptop dan tablet cukup populer karena dinilai lebih praktis dan fleksibel. Jenis gadget ini memiliki portabilitas yang tinggi seperti tablet sehingga Anda dapat membawanya ke mana pun. Di sisi lain, ada juga keyboard yang memudahkan Anda untuk mengetik.Ada berbagai jenis 2-in-1 laptop dan tablet dengan berbagai keunggulan dan spesifikasinya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara memilih produk 2-in-1 laptop dan tablet. Setelah itu, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik, seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    110.370 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    85.082 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020)
    Laptop merupakan perangkat penting bagi mahasiswa, khususnya untuk rumpun sains. Namun, software yang digunakan untuk perkuliahan sering kali membutuhkan laptop dengan spesifikasi khusus. Anda mungkin saja belum memiliki gambaran jelas mengenai cara menentukan laptop yang tepat.Jika Anda seorang mahasiswa rumpun sains, artikel ini ditujukan untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih laptop untuk kebutuhan perkuliahan di program studi sains. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi laptop terbaik dari ASUS, Acer, HP, dan lainnya. Jangan lewatkan informasinya dan dapatkan laptop yang Anda butuhkan di sini!
    Komputer & kamera
    21.720 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda adalah orang yang tergila-gila dengan kamera DSLR maupun mirrorless camera, maka barang yang selanjutnya akan Anda beli adalah tas kamera. Namun, karena ada begitu banyak jenis tas kamera mulai dari tas punggung, tas samping, tas selempang, carry bag, hingga inner case, serta ada juga yang dilengkapi dengan tempat untuk meletakkan tripod, dan tas kamera yang anti air, tentu hal ini sering membuat Anda bingung, tas manakah yang sebaiknya Anda pilih.Maka dari itu, kali ini kami sudah membandingkan tas kamera terbaik berdasarkan fungsi dan kualitasnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan poin apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih tas kamera untuk Anda yang baru saja mulai menggunakan kamera maupun bagi Anda yang sudah tidak asing lagi dengan kamera. Jadikan perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan dengan tas yang fashionable dan keren!
    Komputer & kamera
    5.995 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori