mybest
Case & pelindung

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer]
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik  [Ditinjau oleh Software Engineer] 1
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik  [Ditinjau oleh Software Engineer] 2
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik  [Ditinjau oleh Software Engineer] 3
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik  [Ditinjau oleh Software Engineer] 4
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik  [Ditinjau oleh Software Engineer] 5

10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer]

Laptop memang punya sistem pendinginnya sendiri. Namun, terkadang laptop membutuhkan bantuan cooling pad untuk mendinginkan mesinnya. Cooling pad juga disebut kipas laptop atau cooler laptop. Produk ini dapat menurunkan suhu laptop saat kepanasan. Dengan begitu, bekerja atau gaming jadi lebih nyaman.

Kali ini, kami akan berbagi cara memilih dan merekomendasikan cooling pad laptop terbaik. Merk cooling pad seperti Rexus, Soru, dan Deepcool bisa jadi pilihan Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat menyimak!

Diperbaharui 22/12/2023
Yosua Surojo
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Lanjut membaca
Yustisia Putri
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Yustisia Putri

Yustisia Putri, akrab dipanggil Yusti, adalah mahasiswa Fakultas Psikologi dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Berkat keahliannya dalam menulis, ia pernah bekerja paruh waktu sebagai guru les privat. Semasa kuliah, ia juga aktif dalam organisasi jurnalistik dan paduan suara. Kini, ia bekerja sebagai freelance content writer di mybest Indonesia sembari berkuliah. Dalam waktu senggangnya, ia senang bermain game di komputer dan laptop. Yusti juga pernah merakit komputer dan memiliki pemahaman yang cukup tentang komputer. Selain itu, Yusti juga hobi menyanyi dan mengolah musik di komputer. Yusti pun sering menghabiskan waktu di depan komputernya untuk bermain game dan mengedit lagu.

Profil Yustisia Putri
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa fungsi dan keunggulan cooling pad?

Apa fungsi dan keunggulan cooling pad?
Sumber: coolermaster.com

Kinerja laptop yang panas tentu tidak akan sesuai dengan ekspektasi Anda. Masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan cooling pad laptop. Produknya dapat menurunkan suhu laptop dengan mengembuskan angin atau menarik udara panas


Laptop yang panas disebabkan oleh berbagai faktor. Dalam situasi-situasi berikut, cooling pad akan berperan vital.

  1. Laptop menjalankan banyak program sekaligus saat digunakan untuk multitasking. CPU yang bekerja lebih keras dari biasanya akan cepat panas. Anda membutuhkan cooling pad untuk membantu laptop membuang udara panas dari mesinnya.
  2. Saat digunakan di ruangan non-AC atau yang suhunya hangat, laptop cenderung cepat panas. Cooling pad dapat berperan sebagai pengganti pendingin ruangan untuk laptop Anda agar suhunya tidak lekas naik.

Tergantung dari produknya, laptop akan mengalami overheat pada suhu 90–105 °C. Laptop dapat gagal berfungsi atau bahkan rusak total jika terus-terusan digunakan dalam kondisi panas. Nah, cooling pad dapat menjaga suhu ideal untuk laptop, yakni di bawah 70 °C. Jadi, gunakanlah cooling pad agar umur pemakaian laptop Anda bisa lebih lama.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Setiap laptop memiliki mekanisme sirkulasi udara yang bertujuan untuk menjaga laptop dari overheating. Akan tetapi, tidak semua desain sirkulasi udara tersebut dapat bekerja menjaga suhu laptop dengan optimal. Hal ini terlebih ketika laptop bekerja untuk task yang menuntut performa tinggi. Cooling pad akan membantu laptop Anda untuk menjaga sirkulasi udara yang optimal agar suhu laptop tidak terlalu panas.

Cara memilih cooling pad laptop

Produk yang beredar di pasaran sudah bervariasi. Supaya tidak salah membeli, kami akan membahas hal-hal terkait cara memilih cooling pad laptop yang perlu Anda ketahui.

1

Hindari ukuran yang terlalu kecil, pilih yang kompatibel dengan ukuran laptop

Hindari ukuran yang terlalu kecil, pilih yang kompatibel dengan ukuran laptop
Pertama-tama, periksalah apakah ukuran cooling pad sesuai dengan ukuran laptop Anda. Proses pendinginan mesin tidak efisien jika penampangnya kurang cocok dengan ukuran laptop. Hasilnya adalah kinerja kipas laptop yang tidak maksimal.

Cooling pad umumnya kompatibel untuk laptop berukuran 13–15 inci. Laptop yang berukuran lebih besar tentu kurang cocok dengan produknya. Tenang saja karena produk yang kompatibel untuk laptop dengan ukuran hingga 17 inci juga tersedia di pasaran.
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Pertimbangkan ukuran cooling pad yang sesuai dengan ukuran laptop Anda. Jika Anda menggunakan cooling pad laptop yang terlalu kecil, dampak sirkulasi udara yang dibantu olehnya tidak akan terasa signifikan.


Selain itu, memasang cooling pad yang terlalu kecil akan membuat Anda tidak nyaman ketika menggunakan laptop. Laptop Anda akan sering bergeser, terutama ketika mengetik.

2

Ketahui faktor-faktor yang memengaruhi performa cooling pad

Pada umumnya, cooling pad bekerja dengan cara mengirimkan angin ke laptop dari kipas yang berputar. Performa pendinginan ini tergantung dari jumlah dan posisi kipas serta arah embusan angin. Jadi, jangan lupa untuk memeriksanya dengan saksama, ya!

Jumlah dan posisi kipas, menentukan efektivitas produk

Periksalah posisi dan jumlah saluran udara yang ada di laptop Anda. Setelah itu, pilihlah produk dengan jumlah dan tata letak kipas yang sesuai dengan saluran udara tersebut. Cooling pad laptop dengan banyak kipas memang tersedia. Namun, proses pendinginan laptop hanya akan terasa signifikan apabila posisi kipas dan saluran udaranya sejajar.


Jika Anda ingin menggunakan cooling pad di beberapa laptop, pilihlah produk yang posisi kipasnya dapat diubah. Dengan begitu, kinerja cooling pad tetap maksimal meskipun digunakan di laptop yang berbeda.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Konfigurasi jumlah kipas perlu Anda pertimbangkan. Apakah Anda akan menggunakan cooling pad dengan satu kipas di tengah atau tiga kipas yang berjejer secara horizontal? Posisi kipas juga dapat Anda pertimbangkan dengan melihat lubang keluar panas laptop Anda. Usahakan kipas pada cooling pad tepat posisinya agar dapat membuang panas dari lubang keluar panas laptop Anda.

Pendingin yang dapat diatur, penggunaan daya jadi lebih efisien

Pendingin yang dapat diatur, penggunaan daya jadi lebih efisien
Sumber: nyk.co.id

Saat berada di ruangan non-AC atau bersuhu panas, tentunya Anda ingin cooler pad laptop bekerja dengan kekuatan penuh. Hal ini berbeda saat Anda menggunakan laptop di area bersuhu dingin. Cooling pad laptop tidak perlu mengeluarkan performa maksimalnya. Untuk itu, pilihlah produk dengan operasi kipas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


Cooler pad laptop yang seperti ini biasanya terdiri dari dua tipe. Tipe pertama mengurangi performa pendinginan dengan menurunkan kecepatan putaran kipas. Jika Anda ingin mengurangi kebisingan saat cooling fan laptop bekerja tanpa kekuatan penuh, Anda bisa memilih tipe pertama.


Tipe kedua dapat mematikan sebagian kipasnyaTipe ini tepat digunakan untuk laptop yang panas pada bagian tertentu saja. Anda bisa menyalakan kipas di area yang mudah menjadi panas. Dengan demikian, cooling pad laptop dapat bekerja lebih efisien.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Cooling pad dengan fitur pengaturan kipas atau pendingin akan sangat berguna untuk pengguna yang sering berpindah-pindah area kerja. Contohnya, ruangan kerja dengan AC dan non-AC. 


Selain itu, fitur mengurangi kecepatan putaran kipas akan sangat membantu Anda ketika menjalani kegiatan video call. Dengan putaran kipas yang lebih rendah, tingkat kebisingan cooling pad akan menurun. Jadi, suara dari cooling pad tidak akan terdengar oleh lawan bicara Anda di video call.

3

Pastikan produk terbuat dari aluminium atau memiliki struktur jaring

Pastikan produk terbuat dari aluminium atau memiliki struktur jaring
Sumber: deepcool.com

Agar performa cooling pad dalam mendinginkan laptop menjadi maksimal, perhatikanlah material dan struktur produknya. Pilihlah produk yang memungkinkan panas di bagian bawah laptop dapat keluar dengan mudah


Kami merekomendasikan cooler pad laptop yang terbuat dari aluminium. Material ini punya konduktivitas termal yang tinggi sehingga dapat melepaskan panas dengan cepat. Jika Anda memilih produk yang terbuat dari logam, pilih yang mesh atau polanya berjaring. Dengan begitu, panas akan keluar dengan lancar dari sela-sela jaring.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Cooling pad yang material penampangnya terbuat dari aluminium memiliki kinerja yang lebih baik dibanding dengan yang terbuat dari plastik. Penampang aluminium memiliki performa disipasi panas yang lebih baik sehingga mempercepat proses pendinginan laptop


Struktur penampang yang berbentuk jaring akan membuat cooling pad tetap kokoh menahan laptop Anda. Selain itu, penampang yang berbentuk jaring menjaga kipas cooling pad bersentuhan dengan sisi bawah laptop Anda.

4

Pilih cooling pad dengan ketebalan sekitar 4 cm dan yang bisa diatur sudutnya

Pilih cooling pad dengan ketebalan sekitar 4 cm dan yang bisa diatur sudutnya
Sumber: deepcool.com

Beberapa produk memiliki ukuran yang tipis. Tipisnya struktur cooling pad laptop kadang mengurangi daya pada sistem pendingin sehingga performanya menurun. Karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk memilih cooling fan laptop yang memiliki ketebalan sekitar 4 cm.


Di sisi lain, cooling pad laptop yang terlalu tebal akan menyulitkan Anda saat mengetik. Untuk mengatasinya, buatlah ruang di bawah laptop dengan memilih produk yang bisa diatur sudutnya. Dengan demikian, keyboard laptop akan lebih mudah untuk diketik.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Ketebalan cooling pad perlu Anda perhatikan agar proses pendinginan laptop dapat berjalan optimal. Dengan tinggi yang cukup, udara yang dibuang oleh laptop dan dipercepat cooling pad akan benar-benar terbuang ke luar. Hal ini dapat mencegah udara yang dibuang tidak terperangkap di bawah laptop. 


Pengaturan sudut juga penting, terutama jika Anda ingin mengetik dengan keyboard laptop yang diletakkan di atas cooling pad. Dengan sudut kemiringan yang dapat diatur, Anda dapat merasakan sensasi mengetik yang nyaman.

5

Pertimbangkan produk yang tenang agar konsentrasi terjaga

Pertimbangkan produk yang tenang agar konsentrasi terjaga

Saat bekerja, rotor kipas cooler laptop mengeluarkan suara keras. Jika digunakan di kantor atau perpustakaan, suara ini bisa mengganggu konsentrasi Anda dan orang lain. Pilihlah produk yang mengeluarkan suara tenang untuk meminimalkan dampak yang tidak diinginkan di area sekitar.


Volume suara umumnya dinyatakan dalam satuan dB. Cooler laptop dengan suara yang tenang biasanya mengeluarkan suara sekitar 20–30 dB. Jumlah tersebut setara dengan suara bisikan atau suasana tengah malam di pinggiran kota. Dengan begitu, ketidaknyamanan karena suara bising dari kipas dapat diredam.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Cooling pad yang Anda pilih sebaiknya tidak menghasilkan suara yang bising dari kipas yang berputar. Dengan tingkat kebisingan yang rendah, Anda akan merasa tetap nyaman menggunakan laptop dengan cooling pad tersebut. Jadi, pekerjaan Anda dapat dikerjakan dengan optimal. Tingkat kebisingan dapat diatur jika cooling pad tersebut memiliki fitur untuk menentukan kipas yang mana yang perlu dinyalakan.

6

Untuk menambah kenyamanan, periksa keberadaan port USB

Untuk menambah kenyamanan, periksa keberadaan port USB

Cooling pad bekerja dengan menggunakan daya dari laptop. Hal ini tentu mengurangi jumlah port USB yang bisa Anda hubungkan ke perangkat lain. Untuk mengatasi hal tersebut, carilah produk yang dilengkapi port USB tambahan.


Dengan port USB tambahan, Anda dapat menghubungkan mouse dan perangkat lain sekaligus menyalakan kipas laptop. Namun, daya port ini biasanya kecil. Jadi, hardisk dan perlengkapan yang membutuhkan daya berjumlah besar lainnya tidak bisa dihubungkan lewat port tersebut.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Sebuah cooling pad umumnya akan mengonsumsi satu buah USB port dari laptop Anda. Dengan adanya USB port yang terpasang di cooling pad, Anda akan tetap memiliki sejumlah port USB untuk kebutuhan lainnya. Contohnya, Anda bisa menggunakannya untuk koneksi mouse ataupun wireless keyboard.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Cooling Pad Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Cooling Pad terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 19 November 2023).
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

CORETECH

Penta-Fan Cooling Pad

CORETECH Penta-Fan Cooling Pad  1

Mulai dari Rp497.500,00

Agak Mahal

Kipas laptop pintar dengan kontrol kecepatan

2

Rexus

Cooling Pad Breeze B150

Rexus  Cooling Pad Breeze  1

Mulai dari Rp425.000,00

Menengah

Ada holder HP agar meja kerja Anda tetap rapi

3

Soru

Cooling Pad Laptop Q3

Soru Cooling Pad Laptop Q3 1

Mulai dari Rp372.500,00

Menengah

Laptop panas? Coba cooling pad dengan enam kipas

4

Deepcool

Multi CoreX6

Deepcool  Multi Core 1

Mulai dari Rp257.000,00

Agak Murah

Bentuknya menarik dengan desain bergaya futuristik

5

UNEED

Stand Holder with Cooling Fan Aluminium AlloyULS902

UNEED  Stand Holder with Cooling Fan Aluminium Alloy 1

Mulai dari Rp499.000,00

Agak Mahal

Modelnya portable, praktis untuk Anda yang mobilitasnya tinggi

6

Orico

14 inch Laptop RadiatorORICO-NA15-SV

Orico 14 inch Laptop Radiator 1

Mulai dari Rp275.000,00

Agak Murah

Posisi kipasnya bisa disesuaikan, pendinginan pun jadi maksimal

7

NYK

X4 Storm Breaker

NYK  X4 Storm Breaker  1

Mulai dari Rp140.000,00

Lebih Murah

Bebas overheating saat gaming dengan kipas ini

8

Fantech

RGB Notebook CoolerNC20

Fantech RGB Notebook Cooler 1

Mulai dari Rp799.000,00

Lebih Mahal

Dilengkapi RGB LED untuk ambiens yang menyenangkan

9

Rokeet

Cooling Pad Laptop

Rokeet  Cooling Pad Laptop 1

Mulai dari Rp299.000,00

Menengah

Bahannya kuat, awet, dan tahan lama

10

JERTECH

Coolerpad KL-330

JERTECH  Coolerpad KL-330 1

Mulai dari Rp249.000,00

Agak Murah

Hadir dengan desain slim yang minimalis dan simpel

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

CORETECHPenta-Fan Cooling Pad

Penta-Fan Cooling Pad  1
Sumber: shopee.co.id
Penta-Fan Cooling Pad  2
Sumber: shopee.co.id
Penta-Fan Cooling Pad  3
Sumber: shopee.co.id
Penta-Fan Cooling Pad  4
Sumber: shopee.co.id
Penta-Fan Cooling Pad  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp497.500,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp497.500,00
Agak Mahal

Kipas laptop pintar dengan kontrol kecepatan

Jika Anda ingin kipas laptop dengan pengaturan yang praktis, kami merekomendasikan produk ini. Coretech Penta-Fan Cooling Pad hadir dengan LED display dengan tombol pengaturan di bagian depannya. Adanya fitur ini membuat Anda mengetahui level kecepatan kipas dan mengaturnya dengan mudah.


Ada lima kipas yang besarnya sama sehingga mampu memberikan pendinginan maksimal. Jadi, Anda tak perlu khawatir laptop mengalami crash dan cepat panas saat harus melakukan komputasi data yang berat. Selain itu, desain kipas laptopnya juga stylish karena memiliki lampu berwarna biru yang menarik. 

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Rexus Cooling Pad Breeze B150

Cooling Pad Breeze  1
Sumber: shopee.co.id
Cooling Pad Breeze  2
Sumber: shopee.co.id
Cooling Pad Breeze  3
Sumber: shopee.co.id
Cooling Pad Breeze  4
Sumber: shopee.co.id
Cooling Pad Breeze  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp425.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp425.000,00
Menengah

Ada holder HP agar meja kerja Anda tetap rapi

Rexus Cooling Pad Breeze B150 dilengkapi dengan holder HP di bagian sampingnya. Anda dapat menjaga meja tetap rapi dan menjangkau HP dengan lebih mudah. Jika Anda tidak bisa lepas dari HP karena ada banyak urusan pekerjaan di dalamnya, kami sarankan untuk memilih produk ini.


Cooling pad ini terbuat dari bahan aluminium yang berkualitas sehingga bisa Anda gunakan dalam waktu yang lama. Tidak hanya itu, bahan aluminiumnya juga memaksimalkan pendinginan karena dapat menyerap panas dan udara dingin. Kemudian, pada bagian bawahnya ada bahan antiselip agar cooling pad tidak mudah geser.

No.3

SoruCooling Pad Laptop Q3

Cooling Pad Laptop Q3 1
Sumber: shopee.co.id
Cooling Pad Laptop Q3 2
Sumber: shopee.co.id
Cooling Pad Laptop Q3 3
Sumber: shopee.co.id
Cooling Pad Laptop Q3 4
Sumber: shopee.co.id
Cooling Pad Laptop Q3 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp372.500,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp372.500,00
Menengah

Laptop panas? Coba cooling pad dengan enam kipas

Jika Anda khawatir kinerja cooling pad tidak maksimal, cobalah kipas laptop ini. Soru Cooling Pad Laptop Q3 hadir dengan enam kipas sehingga dapat melakukan proses pendinginan yang maksimal. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih level kecepatan kipas sesuai dengan kebutuhan.

Penting untuk Anda ketahui jika makin tinggi kecepatan putar kipas, makin keras pula suara yang keluar. Oleh karena itu, jika Anda ingin suasana yang tenang, Anda bisa memilih level yang paling rendah. Mengingat di level ini, tingkat kebisingan pada kipas laptop sangatlah kecil

No.4

Deepcool Multi CoreX6

Multi Core 1
Sumber: deepcool.com
Multi Core 2
Sumber: deepcool.com
Multi Core 3
Sumber: deepcool.com
Multi Core 4
Sumber: deepcool.com
Multi Core 5
Sumber: deepcool.com
Harga referensi
Mulai dari Rp257.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp257.000,00
Agak Murah

Bentuknya menarik dengan desain bergaya futuristik

Jika Anda mempertimbangkan tampilan, produk ini bisa masuk list Anda. Deepcool Multi Core X6 Notebook Cooler hadir dengan bentuk seperti kupu-kupu dengan empat kipas. Ada dua kipas besar di bagian atas dan dua kipas kecil di bagian bawah membuatnya terlihat makin futuristik.


Dengan adanya fitur Multi-Core Control, Anda juga bisa memilih kipas mana saja yang akan dihidupkan. Jadi, Anda bisa memilih salah satu dari empat kombinasi pengoperasian kipas yang berbeda. Misalnya empat kipas hidup, dua kipas atas hidup, dua kipas atas hidup, atau keempat kipasnya mati.

No.5

UNEED Stand Holder with Cooling Fan Aluminium AlloyULS902

Stand Holder with Cooling Fan Aluminium Alloy 1
Sumber: shopee.co.id
Stand Holder with Cooling Fan Aluminium Alloy 2
Sumber: shopee.co.id
Stand Holder with Cooling Fan Aluminium Alloy 3
Sumber: shopee.co.id
Stand Holder with Cooling Fan Aluminium Alloy 4
Sumber: shopee.co.id
Stand Holder with Cooling Fan Aluminium Alloy 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp499.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp499.000,00
Agak Mahal

Modelnya portable, praktis untuk Anda yang mobilitasnya tinggi

Apakah Anda seorang yang memiliki mobilitas tinggi dan harus bepergian ke banyak tempat? Atau pekerja komuter? Agar lebih praktis dan tidak membebani bawaan Anda, kami sarankan untuk memilih produk UNEED ini. Kipas laptop ini praktis karena bisa dilipat kecil sehingga tidak perlu ruang luas di dalam tas.


Rangka kipas ini menggunakan material aluminium alloy yang ringan dan juga kukuh sehingga memberikan daya topang yang baik saat digunakan. Dengan begitu, kipas laptop ini tidak mudah bergetar saat Anda menggunakan laptop untuk mengetik.

No.6

Orico14 inch Laptop RadiatorORICO-NA15-SV

14 inch Laptop Radiator 1
Sumber: orico.cc
14 inch Laptop Radiator 2
Sumber: orico.cc
14 inch Laptop Radiator 3
Sumber: orico.cc
14 inch Laptop Radiator 4
Sumber: orico.cc
14 inch Laptop Radiator 5
Sumber: orico.cc
Harga referensi
Mulai dari Rp275.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp275.000,00
Agak Murah

Posisi kipasnya bisa disesuaikan, pendinginan pun jadi maksimal

Kipas laptop Orico ini hadir dengan fleksibilitas tinggi sehingga posisi kipas dapat dipindahkan. Dengan begitu, Anda bisa meletakkan kipasnya tetap di bagian mesin laptop yang paling panas. Berkat fleksibilitas penempatan kipas ini, proses pendinginan laptop pun bisa makin efisien. Jika Anda ragu proses pendinginan tidak maksimal karena posisi kipas yang tidak pas, pilihlah produk ini!

No.7

NYK X4 Storm Breaker

X4 Storm Breaker  1
Sumber: nyk.co.id
X4 Storm Breaker  2
Sumber: shopee.co.id
X4 Storm Breaker  3
Sumber: shopee.co.id
X4 Storm Breaker  4
Sumber: shopee.co.id
X4 Storm Breaker  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp140.000,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp140.000,00
Lebih Murah

Bebas overheating saat gaming dengan kipas ini

Untuk Anda yang sedang mencari kipas laptop gaming, silakan cek NYK X4 Storm Breaker. Produk ini didesain khusus untuk kebutuhan gaming pada laptop. Desainnya memiliki lima level kemiringan yang bisa Anda atur sendiri sesuai kenyamanan.

Ada empat kipas yang terdiri dari dua kipas besar di sisi kiri dan kanan serta dua kipas kecil di tengah-tengahnya. Kipasnya ini memiliki tingkat perputaran 1.500 rpm. Suara yang keluar dari kipas juga tidak terlalu berisik agar Anda bisa tetap fokus dalam pertandingan.

No.8

FantechRGB Notebook CoolerNC20

RGB Notebook Cooler 1
Sumber: fantech.id
RGB Notebook Cooler 2
Sumber: fantech.id
RGB Notebook Cooler 3
Sumber: fantech.id
RGB Notebook Cooler 4
Sumber: fantech.id
RGB Notebook Cooler 5
Sumber: fantech.id
Harga referensi
Mulai dari Rp799.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp799.000,00
Lebih Mahal

Dilengkapi RGB LED untuk ambiens yang menyenangkan

Jika Anda membutuhkan rekomendasi cooling pad laptop dengan fitur yang unik, pilihlah produk ini. Fantech NC20 dilengkapi sepuluh sistem pencahayaan RGB LED. Dengan begitu, cooling pad ini tampil makin estetis saat malam hari atau ketika digunakan di ruangan gelap.


Produk lain umumnya hanya mengaplikasikan fitur tersebut pada bagian kipas saja. Namun, LED produk ini tersebar pada kedua sisinya. Pancaran cahaya yang dihasilkan cooling pad RGB ini pun terlihat lebih optimal.

No.9

Rokeet Cooling Pad Laptop

Cooling Pad Laptop 1
Sumber: shopee.co.id
Cooling Pad Laptop 2
Sumber: shopee.co.id
Cooling Pad Laptop 3
Sumber: shopee.co.id
Cooling Pad Laptop 4
Sumber: shopee.co.id
Cooling Pad Laptop 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp299.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp299.000,00
Menengah

Bahannya kuat, awet, dan tahan lama

Rokeet Cooling Pad Laptop terbuat dari material besi yang kuat, tetapi ringan. Jenis kipas laptop ini cocok untuk Anda yang mencari produk yang awet untuk penggunaan jangka panjang. Karena bobotnya yang ringan, dibawa bepergian pun tidak terasa merepotkan. Keunggulan lainnya, cooling pad memiliki suara kipas yang tenang sehingga tidak mengganggu fokus Anda. Kemudian, ada tripod support agar cooling pad tetap stabil di permukaan meja.

No.10

JERTECH Coolerpad KL-330

Coolerpad KL-330 1
Sumber: shopee.co.id
Coolerpad KL-330 2
Sumber: shopee.co.id
Coolerpad KL-330 3
Sumber: shopee.co.id
Coolerpad KL-330 4
Sumber: shopee.co.id
Coolerpad KL-330 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp249.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp249.000,00
Agak Murah

Hadir dengan desain slim yang minimalis dan simpel

Apabila Anda suka dengan desain yang minimalis dan mencari cooling pad yang simpel, kami merekomendasikan produk ini. JERTECH Coolerpad KL-330 memiliki bentuk yang tipis dengan desain simpel satu warna saja. Dengan desain tersebut, cooling pad terlihat sangat elegan jika ditempatkan di desk yang minimalis. Dilengkapi dengan dua kipas yang kencang, performa cooling pad ini juara dalam mendinginkan mesin laptop yang panas.

Jangan lupa bersihkan debu yang menempel di laptop Anda!

Jangan lupa bersihkan debu yang menempel di laptop Anda!

Debu yang menempel pada laptop Anda dapat menjadi salah satu penyebab kenaikan suhunya. Karena itu, jangan lupa untuk membersihkan debu yang melekat di ventilasi laptop. Selain menggunakan cooling pad, bersihkan juga laptop Anda untuk menjaga umurnya, ya. Jadi, Anda dapat bekerja dengan lebih nyaman.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Kegiatan membersihkan debu di dalam laptop perlu dilakukan secara rutin tergantung seberapa sering Anda bekerja di lingkungan outdoor ataupun berdebu. Jika debu di dalam laptop tidak dibersihkan secara berkala, penggunaan cooling pad tidak akan membantu pendinginan laptop. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi udara di dalam laptop tersebut sudah kurang bagus. Debu di dalam laptop dapat menutup area yang seharusnya menjadi lubang keluar udara panas.

Baca juga rekomendasi aksesori laptop lainnya di sini

Selain cooling pad, stand laptop dapat Anda pertimbangkan untuk menjaga suhu laptop. USB hub dan Bluetooth keyboard juga bisa dipilih untuk melengkapi cooling pad. Rekomendasi produknya sudah kami siapkan untuk Anda, lho. Simak ulasan selengkapnya di artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Sudah menemukan cooling pad laptop yang Anda inginkan? Saat bekerja keras, CPU menghasilkan panas yang bisa merusak komponen laptop. Hal ini pun berlaku saat laptop digunakan di area bersuhu panas. Anda dapat mengatasinya dengan cooling fan laptop.


Produknya perlu disesuaikan dengan laptop Anda. Dari ukuran, bahan, hingga fitur, semuanya penting untuk dicek. Gunakanlah artikel ini untuk menemukan cooling pad terbaik. Dengan produk yang tepat, performa laptop Anda akan meningkat!

5 Rekomendasi Cooling Pad terbaik

No. 1: CORETECHPenta-Fan Cooling Pad

No. 2: Rexus Cooling Pad Breeze B150

No. 3: SoruCooling Pad Laptop Q3

No. 4: Deepcool Multi CoreX6

No. 5: UNEED Stand Holder with Cooling Fan Aluminium AlloyULS902

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.