10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2018)

Apakah anak Anda mengenakan helm saat bersepeda? Walaupun tidak ada keharusan untuk selalu mengenakan helm, ingatlah akan fungsi utama helm, yaitu untuk melindungi keselamatan diri anak. Kini, banyak produk helm sepeda yang beredar di pasaran. Ada yang memiliki gambar karakter, beragam desain, bentuk dan ukuran.

Anda tidak perlu bingung dalam memilihnya. Kami akan memberitahu cara memilih helm sepeda untuk anak dengan baik, serta merekomendasikan helm sepeda terbaik untuk anak Anda.

Daftar isi

Pentingnya memakai helm saat anak Anda bersepeda

Sepeda dapat Anda gunakan sebagai alat transportasi untuk ke tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah Anda. Anda dapat membawa si kecil di bangku belakang sepeda, atau ia dapat mengendarai sepedanya sendiri. Namun, ada risiko untuk jatuh ketika Anda atau anak Anda sedang mengendarai sepeda. Kecelakaan ini dapat mengancam keselamatan Anda dan anak Anda, ketika ada kesalahan fatal yang Anda lakukan.

Kecelakaan yang paling membahayakan ketika mengendarai sepeda adalah terjadinya benturan pada kepala si pengendara. Di sinilah pentingnya fungsi penggunaan helm pada saat berkendara. Helm dapat melindungi kepala Anda dari benturan. Masihkah perlu dipertanyakan, apakah wajib menggunakan helm saat bersepeda?

Memang tidak ada peraturan dan tidak ada hukuman apabila Anda tidak menggunakan helm saat bersepeda. Jangan terpatok pada aturan ini, tetapi berpikirlah bahwa helm sepeda berfungsi untuk melindungi nyawa anak Anda tercinta. Sayangi anak Anda, dan selalu kenakan helm ketika berkendara dengan sepeda !

Cara memilih helm sepeda untuk anak

Bagaimana cara memilih helm sepeda yang baik untuk anak Anda? Berikut ini kami akan memberikan beberapa kriteria yang dapat Anda pertimbangkan sewaktu memilih helm sepeda untuk sang buah hati.

Periksa standar keamanannya

Periksa standar keamanannya

Ada berbagai macam standar keamanan helm sepeda di dunia. Di Indonesia sendiri, helm yang sudah memenuhi standar adalah helm yang sudah memiliki SNI (Standar Nasional Indonesia), yang dikeluarkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Helm sepeda yang sudah memiliki SNI memiliki bahan dasar yang kuat, tetapi bukan terbuat dari logam. Selain itu, bahan dasar yang digunakan juga tahan air, tahan lapuk, dan tidak terpengaruh oleh perubahan suhu. Sayangnya masih sulit untuk menemukan helm sepeda, apalagi helm sepeda untuk anak, yang sudah mendapatkan pengakuan dan memperoleh label SNI, karena tidak adanya aturan yang mewajibkan penggunaan helm saat bersepeda.

Pilih yang sesuai dengan ukuran kepala anak Anda

Pilih yang sesuai dengan ukuran kepala anak Anda

Saat memilih helm, pilihlah yang sesuai dengan ukuran kepala anak Anda. Apabila ada keterangan mengenai usia pengguna pada helm tersebut, keterangan tersebut hanyalah panduan saja. Anda pelru menyesuaikannya dengan ukuran kepala anak Anda. Pada umumnya, helm sepeda dilengkapi dengan tali dagu yang dapat disesuaikan, serta pengatur kekencangan tali helm. Untuk mendapatkan helm sepeda yang nyaman, cobalah helm sepeda tersebut sebelum membelinya.

Pada saat Anda membeli secara online dan tidak bisa mencobanya, perhatikanlah dengan benar ukuran helm tersebut dan bandingkanlah dengan ukuran kepala anak Anda. Pertama-tama, ukurlah kepala anak Anda terlebih dahulu, dari atas telinga hingga ke pusat dahi anak Anda, melingkari bagian belakang kepala, hingga ke atas telinga, ke titik awal pengukuran tadi. Sebagai contoh, jika ukuran kepala anak Anda adalah 48 cm, pilihlah helm sepeda dengan ukuran 46-52 cm, yang dapat disesuaikan dengan adjuster pada helm.

Pada umumnya, masa penggunaan helm sepeda adalah sekitar tiga tahun. Gantilah helm sepeda secara berkala untuk selalu mendapatkan kualitas yang terbaik.

Pilihlah yang memiliki gambar karakter favorit anak Anda

Pilihlah yang memiliki gambar karakter favorit anak Anda

Pada awalnya, mungkin anak Anda tidak terbiasa atau bahkan tidak nyaman saat menggunakan helm sepeda. Untuk membuatnya mau menggunakan helm sepeda, cobalah pakaikan helm sepeda yang memiliki gambar karakter favoritnya. Dengan hadirnya Hello Kitty atau binatang favorit anak Anda pada helm sepedanya, mereka akan lebih senang menggunakannya.

Dengan menggunakan helm sepeda yang berwarna-warni terang ini, ada keuntungan lain yang Anda dapatkan. Anak Anda dapat terlihat dengan lebih mudah, terutama di malam hari. Hal ini akan meminimalkan terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan.

10 Rekomendasi helm sepeda terbaik untuk anak

Berbagai jenis helm sepeda akan kami rekomendasikan untuk Anda. Ada yang untuk anak laki-laki dan untuk anak perempuan, serta untuk berbagai macam usia, pilihlah sesuai dengan kesukaan anak Anda. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan standar keamananan yang dimiliki helm sepeda pilihan Anda.

10. Helm Sepeda Anak Hello Kitty

10. Helm Sepeda Anak Hello Kitty

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 128.700

Tampilan imut Hello Kitty untuk anak perempuan Anda

Ingin anak perempuan Anda lebih menyenangi kegiatan bersepeda? Cobalah belikan helm sepeda anak bergambar Hello Kitty ini. Tampilannya yang imut akan memberikan kesan yang sangat girly kepada anak Anda, bahkan pada saat ia sedang bersepeda.

Walaupun memiliki tampilan yang imut, helm sepeda ini tetap nyaman dan aman untuk digunakan. Bagian dalamnya dilapisi oleh busa dan styrofoam, serta dilengkapi lubang untuk sirkulasi udara. Anak perempuan naik sepeda? Kenapa tidak!

9. Kuyou Helm Sepeda Anak

9. Kuyou Helm Sepeda Anak

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 180.700

Untuk anak Anda yang ingin terlihat seperti ABG

Terkadang anak kecil juga ingin tampil lebih besar daripada umurnya. Helm sepeda anak ini akan memberikan kesan sebagai seorang ABG (atau usia remaja) yang terlihat keren, untuk digunakan pada anak Anda yang berusia 3 hingga 8 tahun.

Desain helm sepeda ini pada umumnya lebih disukai oleh anak lelaki Anda. Tampilannya sangat berbeda dibandingkan dengan helm sepeda pada umumnya, dari segi warna maupun bentuknya. Unik dan mampu melindungi kepala anak, perpaduan yang klop!

8. Safety Bicycle Caps

8. Safety Bicycle Caps

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 337.000

Helm sepeda berbentuk binatang 3 dimensi, pilih sesuai dengan kesukaan anak Anda

Ada kalanya anak Anda tidak ingin menggunakan helm pada saat bersepeda. Mungkin ia akan beralasan karena tidak tertarik dengan bentuk helmnya. Tawarkanlah helm sepeda ini untuk anak Anda, karena helm ini memiliki motif binatang, bukan saja gambarnya, tetapi berbentuk secara 3 dimensi. Tentunya anak Anda akan suka, dan ia pun bisa tampil gaya dengan desain uniknya.

Walaupun memiliki bentuk yang sangat menarik, helm ini tetap memiliki standar keselamatan yang baik, ringan, dan memiliki sirkulasi udara untuk kenyamanan pada saat digunakan.

7. Helm Sepeda Anak

7. Helm Sepeda Anak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 390.000

Dengan bentuk seperti topi, muka terlindungi dari panasnya matahari

Salah satu kendala dalam bersepeda di ruang terbuka adalah panas matahari, yang dapat membakar kulit anak Anda. Untuk menjaga kulit anak Anda dari teriknya matahari, selalu kenakanlah sunblock dan helm sepeda dengan bentuk topi ini.

Berbeda dari bentuk helm sepeda pada umumnya, helm sepeda ini memiliki lidah topi yang dapat berfungsi untuk melindungi muka dari sinaran matahari. Keselamatan anak perempuan Anda beserta kulitnya akan selalu terjaga dengan helm sepeda anak ini.

6. London Taxi Kids Helmet

6. London Taxi Kids Helmet

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 498.000

Bagian dalam dapat dilepas dan dicuci dengan mudah, praktis untuk dibersihkan

Anak-anak yang bersepeda tentu akan menghasilkan keringat yang banyak, terutama pada bagian kepalanya. Hal ini akan menyebabkan bagian dalam helm sepeda mereka menjadi lembap, bahkan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bagaimana cara membersihkannya?

Helm sepeda anak London Taxi ini memiliki bagian dalam yang mudah untuk dilepas dan dapat Anda cuci dengan mudah, tanpa khawatir akan merusak kualitas serta fungsinya. Dengan menggunakan helm ini, kebersihan dan keamanan anak Anda tentu akan selalu terjaga dengan baik.

5. Helm Sepeda Gunung Anak

5. Helm Sepeda Gunung Anak

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 147.000

Terlihat sporty dan sangat ringan

Ingin mencoba untuk mengajak anak Anda bersepeda ke gunung? Jangan lupa untuk pakaikan perlengkapan keamanan yang sesuai padanya. Salah satunya adalah helm sepeda gunung untuk anak, yang satu ini. Kesan sporty ini sungguh cocok untuk anak yang gemar berolargara dan ingin tampil keren.

Beratnya yang sangat ringan menjadi keunggulannya sehingga sangat nyaman untuk digunakan. Desainnya juga sangat menarik, sangat terlihat sporty, dilengkapi dengan 17 lubang ventilasi udara untuk memberikan sirkulasi udara pada saat penggunaan.

4. Xzone Helm Anak

4. Xzone Helm Anak

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 198.000

Tak usah takut serangga, ada jaring anti serangga yang akan melindungi anak Anda

Helm sepeda anak merek Xzone ini didesain agar nyaman digunakan oleh anak Anda. Menggunakan bantalan anti bakteri pada bagian dalamnya, memiliki pengaturan untuk menyesuaikan ukuran kepala, dan memiliki 16 lubang ventilasi untuk sirkulasi udara.

Karena adanya lubang ventilasi ini, mungkin timbul rasa khawatir bahwa lubang ini dapat dimasuki oleh binatang kecil atau serangga pada saat anak Anda bersepeda di taman yang memiliki banyak pohon. Tidak perlu khawatir lagi, helm sepeda anak ini dilengkapi dengan jaring anti serangga sehingga kepala anak Anda akan terlindungi dari serangan serangga.

3. Decathlon Helm Sepeda Anak B’Twin

3. Decathlon Helm Sepeda Anak B'Twin

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 170.000

Dengan adjuster ukuran kepalanya, helm dapat digunakan untuk jangka panjang

Keperluan anak-anak memang harus sering diganti, terutama terkait dengan ukurannya. Seiring dengan pertumbuhan anak, barang yang digunakannya bisa dengan mudah menjadi sempit, dan perlu penggantian. Demikian juga dengan helm sepeda.

Helm sepeda anak keluaran Decathlon ini memiliki adjuster yang berfungsi untuk menyesuaikan ukuran kepala anak Anda sehingga helm ini dapat dikenakan dengan nyaman dan aman oleh anak Anda dari usia 3 sampai 10 tahun. Pilihan yang tepat, praktis, dan ekonomis bukan?

2. Polygon Helm Anak Cyclobot

2. Polygon Helm Anak Cyclobot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 138.000

Teknologi glue on untuk melindungi kepala anak Anda secara optimal

Polygon merupakan produsen sepeda serta perlengkapan sepeda yang kualitasnya sudah teruji. Salah satu produk yang dikeluarkannya adalah helm sepeda anak dengan motif robot, cocok untuk anak laki-laki Anda, yang berusia 2 sampai dengan 4 tahun.

Helm sepeda ini menggunakan teknologi glue on, yaitu teknologi yang menggabungkan shell helm dan polisterence dengan menggunakan lem khusus untuk memberi ketahanan dan kualitas yang terbaik. Teknologi ini jauh lebih unggul dibandingkan dengan teknologi tape on.

1. Giro Hex Helm Sepeda Anak

1. Giro Hex Helm Sepeda Anak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.200.000

Sesuaikan visor dan adjuster-nya sesuai kebutuhan dan kepala anak

Helm sepeda anak merek Giro ini memiliki desain yang terlihat kokoh dan tangguh, seperti bahan yang digunakannya. Dilengkapi dengan lubang ventilasi udara sebanyak 21 lubang, membuat kepala anak Anda tidak terasa panas.

Banyak penyesuaian yang dapat dilakukan oleh helm sepeda ini, tanpa menggunakan alat bantuan apapun. Visor pada helm ini dapat dinaikkan hingga 15 derajat atau dapat dilepas, sesuai kebutuhan. Ukuran helm ini juga dapat disesuaikan, dengan adanya adjuster pada bagian belakang helm, tentunya anak Anda akan merasa lebih nyaman.

Kesimpulan

Untuk anak Anda yang masih duduk di bangku TK dan SD, tentunya ia lebih memilih helm sepeda dengan gambar karakter dan warna-warni yang menarik. Namun untuk anak Anda yang sudah lebih besar, desain yang keren akan menjadi pilihannya.

Pilihlah helm sepeda yang pas pada kepala anak Anda. Selalu gunakan helm sepeda untuk keamanan anak Anda, dan selamat bersepeda!